TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

02/04/22

Harga Bibit Melon Madu Murah Terbaik Buah Sangat Manis - LMGA Agro

harga bibit, melon madu, benih, gracia, alina, erna, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah melon terbaik

Harga Bibit Melon Madu Murah Terbaik Buah Sangat Manis - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih harga bibit melon madu terbaik terlengkap. 

Harga bibit melon madu termurah benih terbaik produksi pabrik benih terpercaya favorit Petani. Dapatkan harga promo menarik dan diskon produk pertanian lengkap di toko pertanian LMGA Agro. 

Beli kebutuhan bercocok tanam lengkap untuk usaha Anda dan menanam di halaman rumah. Jual lengkap mulai benih harga murah hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana budidaya. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Harga bibit melon madu terbaik murah dengan banyak keunggulan buah melon madu. Harga bibit melon madu terbaik cocok untuk penanaman dataran rendah hingga menegah. 

Harga bibit melon madu termurah berkualitas menghasilkan buah dengan rasa sangat manis dan bobot sampai 3 kg per buah. Pertumbuhan tanaman bebas virus dan hasil panen tinggi. Buah melon madu kaya nutrisi. 

Harga bibit melon madu murah terbaik menghasilkan buah melon dengan daya simpan yang kuat. Tanaman sangat vigor dan tahan virus. 

Rasa buah melon madu sangat manis dan menyegarkan dengan tingkat kemanisan sampai 12% Brix. Bobot buah melon madu mencapai hingga 3 kg per buah. 

Harga bibit melon madu terbaik menghasilkan buah dengan keunggulan istimewa baik rasa maupun manfaatnya. Kaya nutrisi dan kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. 


Melon Madu Buah Istimewa


Melon madu buahnya sangat manis, buah berdaging hijau. Ciri khas melon madu yaitu tekstur kulitnya lebih lembut dan cerah. Harum buahnya sangat tajam bahkan sebelum buah belum dikupas. 

Beli benih harga bibit melon madu termurah berkualitas di Toko Pertanian LMGA Agro. Antara lain ada benih : 

1. Benih Melon Gracia Cap Panah Merah

Benih hibrida, pernukaan kulit memiliki net lembut dengan daya simpan lama sampai lebih dari 10 hari. Benih melon Gracia F1 cap Panah Merah cocok untuk dataran rendah. 

Tanaman sangat vigor dan benih cukup tahan virus Gemini. Buah melon Gracia berbentuk bulat lonjong dengan net rapat dan lembut. 

Warna kulit hijau dan kuning setelah diethrel. Melon Gracia daging buah putih kehijauan dan tekstur buah keras. 

Umur panen setelah hari ke-70 dan buah sudah mengeluarkan aroma harus saat matang. Tingkat kemanisan 11% Brix. Harga bibit melon madu terbaik yang toleran penyakit kresek. 

Bobot buah melon Gracia F1 cap Panah Merah mencapai mulai 1,5 - 3 kg per buah. Potensi hasil mencapai 49 - 58 ton/ha. 

2. Benih Melon Alina 

Benih melon Alina cocok untuk dataran rendah. Benih hibrida yang tahan virus gemini. Umur panen mulai 70 HST dengan bobot buah yaitu 1,5 - 2,5 kg. 

Potensi hasil benih Alina F1 mencapai 40 - 50 ton/ha. Harga bibit melon madu Alina F1 terbaik cap Panah Merah. 

3. Benih Melon F1 Erna

Benih melon madu hibrida Erna F1 tahan Gemini Virus. Daging buah melon madu Erna berwarna putih kehijauan. 

Harga bibit melon madu Erna F1 terbaik cocok untuk dataran rendah sampai menengah. Buahnya berbobot 2 - 3 kg per buah. 

Tingkat kemanisan buah melon  madu Erna F1 12 - 13% Brix. Umur panen mulai 60 - 70 HST. Kulit buah tebal dan keras sehingga tahan pengiriman jarak jauh. 

Harga bibit melon madu terbaik Erna F1 mudah cara perawatannya. Tanaman mudah dibuahkan lebih dari satu buah per tanaman. 

Net kulit buah Erna F1 terbentuk mulai umur 40 HST dengan bentuk buah bulat semi-oval dan ukuran sangat menarik. 

Buah keras dan tahan pecah, aman untuk jarak jauh. Produksi buah berpotensi 45 - 50 ton/ha. 


Manfaat Melon Untuk Tubuh Sehat


harga bibit, melon madu, benih, gracia, alina, erna, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Melon dalam Pot

Melon madu sangat digemari karena rasa yang manis dan kaya kandungan air menyegarkan bila matang sempurna. Umumnya melon madu lezat dikonsumsi langsung atau dijadikan salad, rujak buah dan es. 

Manfaat melon karena mengandung banyak vitamin dan mineral baik untuk tubuh. Manfaat melon mengandung vitamin A, B6, C, K, potasium, magnesium, protein, serat dan folat.

Kaya vitamin dan mineral sehingga konsumsi melon madu sebaiknya rutin setiap hari. Manfaat melon mampu menurunkan tekanan darah. Melon madu baik untuk konsumsi orang pederita hipertensi. 

Maelon madu mengandung sodium yang rendah namun kaya potasium untuk menjaga tekanan darah. Manfaat melon baik untuk kesehatan tulang arena mengandung folat, magnesium dan vitamin K. 

Manfaat buah melon mengontrol kadar gula darah berkaitan dengan menurunkan resiko penyakit diabetes dan komplikasi masalah kesehatan lainnya. Melon madu kaya serat untuk mengontrol gula darah. 

Perannya dalam menghidrasi tubuh karena kaya kandungan air sekitar 90%. Dalam airnya mengandung elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium. 

Kombinasi air dan elektrolit berkhasiat menghidrasi tubuh terutama setelah berolahraga atau saat sakit. Khasiat melon mampu membuat kulit sehat dan bercahaya. 

Buah melon mengandung vitamin C tinggi dan bertugas memproduksi kolagen. Peran kolagen yaitu memperbaiki dan memelihara jaringan kulit. 

Vitamin C berperan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Vitamin C dalam buah melon juga berperan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Kandungan serat dalam buah melon membantu memperbaiki organ pencernaan kita. Satu cangkir buah melon mengandung 1.5 gram serat. 


Baca Juga : Jual Produk Panah Merah Lengkap


Pohon Melon Cocok di Daerah Tropis


harga bibit, melon madu, benih, gracia, alina, erna, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Alina F1

Pohon melon menyukai tumbuh pada ketinggian tempat mulai 300 - 900 m dpl. Budidaya melon di ketinggian tempat >900 m dpl, tidak menghasilkan panen dengan optimal. 

Nama ilmiah melon Cucumis melo L termasuk buah dalam famili Cucurbitaceae dan berasal dari lembah panas Persia atau di daerah Mediterania. 

Pohon melon tersebar luas ke Timur Tengah, Eropa dan Amerika hingga ke seluruh penjuru dunia, daerah tropis dan subtropis termasuk Indonesia. 

Pohon melon tidak dapat tumbuh pada daerah dengan angin cukup keras karena dapat merusak tanaman, mematahkan tangkai daun, tangkai buah hingga batangnya. 

Hujan terus menerus dapat menggugurkan calon buah yang sudah terbentuk. Curah hujan tinggi menguntungkan bagi patogen pengganggu tanaman. 

Terutama bila menjelang panen, hujan dapat mengurangi kadar gula buah melon. Harga bibit melon madu terbaik menyukai penyinaran matahari penuh sepanjang hari. 

Harga bibit melon madu terbaik menyukai suhu sejuk dan kering. Suhu idealnya antara 25 - 30 derajat Celcius. Harga bibit melon madu terbaik tidak dapat tumbuh pada suhu <18 derajat Celcius. 

Kelembaban tinggi menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit. Harga bibit melon madu terbaik menyukai tipe tanah liat berpasir dan mengandung bahan organik. 

Hraga bibit melon madu murah menyukai tanah dengan pH 5,8 - 7,2. Pada dasarnya membutuhkan air cukup banyak, sebaiknya air berasal dari irigasi bukan air hujan. 

Pohon melon merupakan tanaman berumur pendek, banyak membutuhkan air, unsur hara makro dan juga mikro dalam jumlah banyak. 

Biasanya satu tanaman dibesarkan 2 - 4 tanaman dan bobot buah rerata 2 kg. Harga bibit melon madu terbaik selama tumbuhnya membutuhkan penyangga lanjaran agar tanaman tidak roboh. 


Baca Juga : Cap Panah Merah Benih Petani Indonesia


Budidaya Melon dari Benih Melon Madu Terbaik


harga bibit, melon madu, benih, gracia, alina, erna, toko pertanian, toko online, lmga agro
Melon Gracia F1

Budidaya melon diperbanyak secara generatif atau dari benih. Budidaya melon luas satu hektar menghasilkan jumlah populasi sebanyak 16.000 - 20.000 pohon. 

Kebutuhan benih setara dengan 500 - 700 gram untuk satu hektar. Budidaya melon diawali dengan penyemaian benih untuk bibit melon madu. 

Sebelumnya benih melon madu direndam dalam air hangat selama 6 - 8 jam. Bila benih belum mengandung fungisida maka tambahkan fungisida dalam air rendaman dengan dosis sesuai anjuran. 

Persiapan persemaian benih dalam budidaya melon, siapkan polybag kecil atau menggunakan tray semai. Beli tray semai harga murah di Toko pertanian LMGA Agro untuk menyemai benih melon. 

Media pernyemaian menggunakan campuran tanah, kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Benamkan benih melon pada media semai sedalam 1 - 2 cm. 

Sebaiknya tempat untuk persemaian menggunakan plastik pelindung atau sungkup bening dan dapat buka-tutup. Bibit melon madu muda masih harus dilindungi dari sinar matahari dan air hujan.  

Media persemaian selama bibit melon madu belum kuat, harus terus dikontrol dan diperhatikan kelembabannya. Sirami secara rutin setiap hari tetapi tidak sampai terlalu basah. 

Harga bibit melon madu terbaik melalui proses penyemaian biasanya memakan waktu 10 - 14 hari. Tanda pertumbuhan bibit melon madu baik yaitu tumbuhnya 2 - 3 helai daun dan siap dipindahkan. 

Budidaya bibit melon madu dapat dilakukan pada lahan khusus menanam bibit melon madu. Sebaiknya budidaya melon madu menggunakan mulsa plastik hitam perak. 

Atau menanam bibit melon madu pada polybag atau menanam di lahan sawah bekas tanaman padi. Masih tidak banyak petani menanam melon madu ketika selesai musim tanam padi. 

Kebanyakan lahan setelah padi diberakan atau ditanami komoditas semangka, bawang merah, kacang-kacangan atau menanam sayuran.  


Cara Menanam Melon dan Persiapan Lahan


Persiapan Lahan 

harga bibit, melon madu, benih, gracia, alina, erna, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Erna F1

Bajak lahan terlebih dahulu, haluskan tanah yang masih dalam bentuk bongkahan. Setelah gembur dan rata, buatlah bedengan cara menanam melon. 

Lebar bedengan 100 - 120 cm, tinggi 30 - 50 cm dan panjang maksimal 15 meter. Jarak antar bedengan 50 - 60 cm sebagai tempat saluran air. 

Berikan pupuk dasar mennggunakan pupuk kandang 15 - 20 ton/hektar. Tambahkan ZA 375 kg/ha, KCl 375 kg/ha dan SP-36/TSP 250 kg/ha. 

Campur jadi satu semua bahan pupuk dan aduk merata. Lalu berikan ke permukaan bedengan dan bolak balik tanah agar pupuk tercampur tanah. Biarkan lahan selama 4 - 5 hari. 

Cek pH tanah, bila <5 maka taburkan kapur Dolomit sebanyak 2 ton/ha. Berikan Dolomit sebelum pemupukan dasar dan lalu biarkan selama 3 hari lalu lakukan pemupukan. 

Agar lebih efisien dalam pemeliharaannya, tutup bedengan menggunakan mulsa plastik hitam perak. Warna hitam menghadap ke tanah, warna perak untuk bagian luarnya. 

Buat lubang tanam pada permukaan mulsa menggunakan alat pelubang mulsa. Setiap bedengan dibuat 2 baris lubang tanam dengan jarak antar baris 60 cm dan jarak antar lubang 50 - 60 cm. 

Setelah tertutup mulsa plastik dan membuat lubang tanam, biarkan bedengan selama 2 hari sebelum penanaman. Satu lubang untuk satu bibit melon madu. 

Penanaman Bibit Melon Madu

Sehari sebeleum penanaman, sebaiknya lakukan penggenangan bedengan terutama pada saluran airnya. Penggenangan selama 5 jam saja kemudian buang airnya lewat saluran pembuangan. 

Penanaman sebaiknya pada sore hari untuk memudahkan bibit melon madu beradaptasi setelah pindah tanam. 

Setelah penanaman, berikan bibit air secukupnya. Dan amati pertumbuhannya setiap hari. Pilih bibit yang sehat untuk penanaman di lahan. 

Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan cara menanam melon sebanyak 4 kali pemupukan yaitu mulai umur 10, 25, saat fase muncul bunga dan pembuahan. Pemupukan menggunakan pupuk NPK Mutiara. 

Kebutuhan pupuk sebanyak 200 kg/hektar. Berikan pupuk dengan cara tabur sekitar tanaman kemudian lakukan penyiraman. 

Pemangkasan

Potong cabang lateral yang tumbuh di pangkal batang hingga ruas ke-8. Cabang tanaman yang dibiarkan yaitu ruas ke-9 sampai ke-11. 

Bila buah sudah sebesar telur maka lakukan seleksi buah. Pilih satu buah terbaik yang akan dibesarkan. 

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit dilakukan sejak pemeliharaan setelah tanam dan pencegahan. Salah satu pencegahan yaitu dengan memilih bibit melon madu yang bebas virus dan penyakit. 

Lakukan semua tahapan budidaya melon dengan baik dan benar. Mulai dari penyemaian benih dan persiapan lahan. Cara pengolahan lahan yang benar dapat mencegah hama dan penyakit. 

Tanaman melon madu sangat rentan dan mudah kena serangan hama dan penyakit. Bila ada satu tanaman saja tampak sakit maka akan cepat menyebar ke tanaman lain yang masih sehat. 

Hama utama tanama melon yaitu kutu daun, lalat buah, thrips, ulat daun hingga tikus. Penyakit utama melon yaitu busuk buah, busuk batang dan antraknosa. 

Usaha pengendalian teknis yaitu lakukan kebersihan lahan dari gulma, daun-daun rontok dan lain-lain. Lakukan pemupukan berimbang. Bila serangan semakin parah, lakukan penyemprotan pestisida. 


Baca Juga : Melon Kuning Tak Kalah Manis dari Melon Hijau


Panen Buah Melon


Panen melon madu umur 65 - 75 HST. Ciri-ciri melon madu matang yaitu warnabuah sudah mulai berubah. Tangkai buah mulai retak-retak dan jaring pada tangkai buah mulai jelas dan tegas. 

Aroma buah melon madu sangat tajam dapat tercium meski buah belum dikupas. Melon madu akan panen sebaiknya memiliki tingkat kematangan 90%. 

Dan perkiraan matang penuh maksimal 3 - 7 hari ke depan. Waktu panen terbaik yaitu pagi hari mulai pukul 08.00 pagi dan sampai pukul 11 siang. 

Cara panen buah melon yaitu menggunakan pisau atau gunting.  Tangkai dipotong seperti huruf T. Harga buah melon cukup mahal di pasaran karena memang rasanya sangat manis dan menyegarkan. 

Agar Petani lebih banyak mendapatkan keuntungan, sebaiknya menjual langsung ke konsumen atau ke pengepul buah. Harga jual melon madu dari petani biasanya Rp. 5.000,- per kilogram. 

Harga tersebut begitu sampai ke tangan konsumen cukup tinggi karena memang buah yang banyak digemari. Biasanya harga melon madu di pasaran sekitar Rp. 12.500,- per kilogram. 

Harga buah melon madu di pasaran memang tidak stabil dan seringkali tiba-tiba naik namun juga tiba-tiba bisa turun. Budidaya melon madu memang mengutungkan. 

Harga bibit melon madu cukup banyak pilihannya sesuaikan dengan tempat tinggal Anda. Harga bibit melon madu terbaik membutuhkan perawatan intensif dan biaya perawatan yang besar. 

Kegagalan budidaya melon juga cukup tinggi karena rentan terhadap serangan hama penyakit. Sehingga penting dalam budidaya melon madu menggunakan bibit dari benih berkualitas terpercaya.   

Demikian artikel Kami tentang harga bibit melon madu benih terbaik termurah produk pabrik benih terpercaya. Beli Benih harga bibit melon madu terbaik di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Kami siap menerima layanan konsultasi gratis pertanian.  Promo menarik dan harga diskon produk tertentu. 

Dapatkan berbagai produk pertanian bercocok tanam terbaik dan berkualitas. Salam sukses.
 

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.