TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/04/22

Harga Bibit Tomat Tymoti F1 Benih Murah Panah Merah - LMGA Agro

jual benih, tomat, tymoti f1, harga bibit murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tymoti F1

Harga Bibit Tomat Tymoti F1 Benih Murah Panah Merah - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih tomat terbaik. Tersedia harga bibit tomat Tymoti F1 termurah. 

Dapatkan produk pertanian berkualitas termurah terdekat di Toko pertanian LMGA Agro. Melayani belanja online kebutuhan bercocok tanam promo menarik harga diskon. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan mulai benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian sarana prasarana. 

Melayani konsultasi gratis seputar permasalahan pertanian. Produk pertanian berkualitas terpercaya dari perusahaan terkemuka dan telah diakui keunggulan produknya. 

Siap kirim pesanan Anda bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Beli segera dengan harga termurah produk benih terbaik dari perusahaan benih terkemuka. 

Harga bibit tomat Tymoti F1 termurah benih hibrida terbaik Cap Panah Merah. Rekomendasi untuk budidaya pada dataran rendah hingga menengah. 

Harga bibit tomat Tymoti F1 murah benih terbaik cap Panah Merah tahan virus Gemini. Potensi hasil per tanaman 3 - 3,5 kg dan panen mulai umur 55 - 60 HST. Tomat kandungan serat dan air tinggi baik untuk pencernaan. 

Harga bibit tomat Tymoti F1 terbaik tipe tomat determinate yang tahan virus Gemini dan layu bakteri. Benih tomat Tymoti F1 sangat toleran iklim panas. 

Tomat Tymoti F1 berbentuk bulat dan memiliki bobot 60 gram per buah. Buah toleran busuk ujung buah. Umur panen mulai 55 - 60 HST dan potensi hasil mencapai 3 - 3,5 kg per tanaman. 

Tomat Tymoti F1 cap Panah Merah produk PT East West Seed Indonesia ( EWINDO ) buah tumbuh lebat. Perawatan mudah dengan penjualan buah tomat yang cepat baik di pasar tradisonal maupun modern. 


Tomat Terbaik Tymoti F1 Cap Panah Merah


Harga bibit tomat Tymoti F1 terbaik cocok untuk dataran rendah sampai dataran menengah. Tymoti F1 tipe tomat determinate, tahan virus Gemini dan layu bakteri. 

Benih tomat Tymoti F1 sangat toleran iklim panas dan mampu tumbuh baik dengan bentuk buah bulat berbobot 60 gram per buah. 

Buah tomat Tymoti F1 toleran busuk ujung buah. Panen tomat Tymoti F1 mulai umur 55 - 60 HST dan potensi hasil sebesar 3 - 3,5 kg per tanaman. Potensi panen per hektar sebesar 60 - 70 ton/ha. 

Benih tahan layu bakteri Ralstonia solanacearum dan memiliki umur genjah. Penyakit lainnya yang juga tahan dari busuk pantat ( Blossom End Rot ). 

Buah tomat banyak disukai pedagang karena mudah dijual eceran dan cepat laku. Saat harga tomat mahal, buah tomat tetap banyak yang mencari. 

Semprotkan fungisida dan bakterisida sedari dini untuk mencegah serangan infeksi jamur dan bakteri. Hingga mengakibatkan adanya penyakit pada daun ( foliar diseases ). 

Tomat merupakan tanaman yang mampu tumbuh di segala kondisi. Tomat juga mampu tumbuh baik di dataran tinggi atau ketinggian tempat lebih dari 700 m dpl. 

Dataran menengah yaitu antara 200 - 700 m dpl dan dataran rendah yaitu kurang dari 200 m dpl. Tanaman Tomat akan tumbuh maksimal pada tanah gembur dengan pH tanah 5 - 6. 

Tanaman tomat juga menyukai tumbuh pada tanah sedikit berpasir namun kaya humus dan saluran air yang cukup teratur.   


Baca Juga : Jual Benih Terong Raja Ijo Namdhari Seed 


Gambar Tomat Buah Bulat Tymoti F1


jual benih, tomat, tymoti f1, harga bibit murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tomat Buah Bulat

Gambar tomat merupakan buah dengan warna cenderung kuning bila suhu sangat tinggi yaitu >32 derajat Celcius. Bila tomat pada suhu yang tidak tetap cenderung berubah-ubah. 

Menyukai suhu ideal yaitu 24 - 28 derajat Celcius dan akan membuat warna merah merata pada buah tomat. Pertumbuhan tomat akan terganggu bila berada pada suhu dan kelembaban yang tinggi. 

Pengaruhnya juga pada kualitas buahnya. Kelembaban ideal tanaman tomat yaitu sekitar 80%. Menyukai juga cahaya matahari sekitar 10 - 12 jam per hari. 

Gambar tomat mempunyai anatomi daun bentuknya oval dan bergerigi pada bagian tepinya. Bentuk daun gambar tomat cenderung menyirip dan menelungkup bagian dalamnya. 

Harga bibit tomat Tymoti F1 terbaik mempunyai bunga dengan warna mahkota kuning cerah. Tanaman tomat adalah tanaman herba semusim dari keluarga Solanaceae.

Harga bibit tomat Tymoti F1 terbaik memiliki batang tegak-menjalar, padat dan merambat. Batang berwarna hijau berbentuk silinder dan tumbuh rambut halus terutama pada bagian berwarna hijau. 

Gambar tomat memiliki akar tunggang, akar cabang dan akar serabut. Akar berwarna keputih-putihan dengan bau yang khas. 

Buah tomat muncul sebanyak 12 - 13 kali dalam satu tahun. Satu pohon tomat menghasilkan 4 kilogram buah tomat. 

Pemupukan tomat menggunakan cara ditabur bila tidak menggunakan mulsa plastik hitam perak. Jika menggunakan mulsa, pupuk dengan cara sistem kocor. 

Berikan pupuk NPK sebanyak 2 - 3 kali selama pertumbuhan pohon tomat. Aplikasi yaitu cara tugal setiap tanaman dosisnya 2 gram per tanaman. 


Baca Juga : Jual Benih Cabe Merah OR Beautiful 497 F1 Oriental Seed


Manfaat Buah Tomat


Manfaat buah tomat mengandung lutein dan likopen berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). Juga menurunkan risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. 

Khasiat buah tomat ini menjadikan buah tomat salah satu makanan baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. 

Berikut beberapa manfaat buah tomat : 

1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan tomat yaitu likopen nerupakan zat antioksidan berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis kanker. Seperti jenis kanker prostat, paru-paru dan lambung. 

Kandungan tomat yaitu karotenoid merupakan pemberi warna buah tomat dipercaya mampu menghambat penyebaran kanker payudara. Namun perlu penelitian lebih dalam mengenai manfaat ini. 

2. Menurunkan dan Mengontrol Tekanan Darah

Mengkonsumsi makanan kaya kalium alami seperti tomat bermanfaat menjaga tekanan darah tetap normal. Kalium dalam buah tomat mampu mengurangi efek natrium penyebab naiknya tekanan darah. 

Natrium biasa terdapat dalam bentuk garam dapur. 

3. Bermanfaat Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan tomat yaitu lutein dan likopen mampu menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. 

4. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Karotenoid dan likopen dalam buah tomat berperan mencegah penurunan produksi kolagen dalam tubuh. Vitamin C pada tomat berfungsi perangsang kolagen. 

Kolagen akan mencegah penuaan dini dan kusamnya kulit. Selain itu cukup kolagen membuat kulit bebas kerutan, kulit keriput dan garis-garis halus tanda penuaan. 

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat buah tomat mengandung lutein dan zeaxanthin baik untuk kesehatan mata karena keduanya adalah jenis vitamin A. Dimana fungsi vitamin A adalah berperan penting mencegah kerusakan mata. 

Mengkonsumsi rutin tomat menjaga kesehatan mata akibat bertambahnya usia dan terjadinya degenerasi makula. Mencegah juga dari rusaknya mata dari radiasi sinar biru posel atau komputer. 

6. Manfaat Buah Tomat Pengontrol Gula Darah

Tomat kaya serat yang baik untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh setelah makan. Tomat mempunyai indeks glikemik rendah dan aman bagi penderita diabetes. 

7. Pengontrol Tingkat Emosi

Tomat mengandung asam folat dan asam alfa-lipoat yang berkhasiat melawan depresi. Asam folat mampu mencegah kelebihan asam amino homosistein penyebab menurunnya produksi hormon penting. 

Hormon penting tersebut antara lain serotonin dan dopamin yang mampu mengendalikan suasana hati. Saat sedang depresi, makan tomat dapat meringankan rasa depresi. 

8. Melancarkan Pencernaan

Peran serat dan air juga dapat melancarkan pencernaan selain mampu mengontrol kadar gula darah. Serat menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. 

9. Menurunkan Berat Badan

Kandungan tomat rendah kalori, rendah karbohidrat dan lemak. Sehingga mengkonsumsi tomat membuat stabil berat badan. Kandungan tomat juga mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet. 

Tomat aman dikonsumsi dan jarang menimbulkan alergi. Namun karena rasanya asam sebaiknya batasi mengkonsumsi tomat dan produk olahan tomat. Terutama bagi penderita sakit lambung/maag. 


Baca Juga : Jual Benih Buah Semangka Inul Redin 09


Harga Bibit Tomat Tymoti F1 Benih Murah 


jual benih, tomat, tymoti f1, harga bibit murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Bibit Benih Tomat Tymoti F1

Harga bibit tomat Tymoti F1 cap Panah Merah murah benih berkualitas dan banyak keunggulannya. Menanam tomat memrlukan sinar matahari yang cukup. 

Kekurangan sinar matahari membuat tanaman tomat mudah terserang penyakit baik parasit maupun non-parasit. 

Harga bibit tomat Tymoti F1 terbaik dapat Anda tanam di segala jenis tanah, mulai tanah pasir hingga jenis tanah lempung. 

Budidaya tomat musim panas, tanaman memrlukan banyak air. Bila kekurangan air, daun dan bunganya menjadi kering. 

Saat musim panas, pohon tomat yang sudah dewasa perlu penyiraman sekali sehari bahkan terkadang dua kali. Untuk penanaman menggunakan pot, pastikan air benar-benar terserap sampai dasar pot. 

Penyiraman tanaman sebaiknya sekali sehari, pagi atau sore hari. Namun saat musim kemarau penyiraman bisa dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. 

Persemaian pada bedengan semai yaitu perlu dicangkul sampai tanahnya gembur. Pencangkulan sedalam 20 - 30 cm, berikan kompos atau pupuk kandang. Dosisnya 100 - 200 gr/m lalu sebarkan merata. 

Buat bedeng semai membujur arah utara ke selatan. Buat naungan bedeng semai dari plastik atau atap lainnya. Tinggi naungan sebelah timur kurang lebih 1 meter, sebelah barat 0,75 meter. 

Letakkan benih dengan rapi sedalam 1 cm lalu tutup tanah tipis saja. Berikan air hingga basah lalu tutup dengan daun pisang dan buka daun pisang saat benih bibit tomat Tymoti sudah berkecambah. 

Sebelum benih disemai, semprot tanah dengan insektisida dan fungisida. Bibit akan tumbuh dalam 4 - 7 hari. Dan agar bibit tumbuh seragam di lahan tetap, pindahkan saat bibit sudah berumur 14 HST. 


Baca Juga : Online Shop Pertanian Penuhi Kebutuhan Budidaya Pertanian


Persiapan Tanam Tomat Bibit Tymoti F1


Persiapan tanam berupa pengolahan tanah dan lakukan 2 minggu sebelum tanam untuk mendapatkan struktur tanah yang baik. 

Caranya cangkul tanah sampai dalamnya 30 cm dan lakukan penggemburan tanah hingga 2 kali. Setelah tanah gembur, buat bedengan yang lebarnya 1,2 meter dan tinggi 30 cm. 

Panjang sesuai luas lahan. Biarkan selama 1 minggu. Setelah seminggu, buat lubang tanam berukuran 30 x 40 cm. Berikan tiap lubang tanam pupuk kandang sebanyak 100 - 250 gram per lubang. 

Sambil membuat persiapan lahan, Anda juga melakukan perawatan bibit secara intensif dan pengawasan setiap harinya. Amati terus perkembangan bibit tumbuh.

Perawatan bibit di persemaian yaitu rajin penyiraman sejak benih ditanam. Penyiraman secukupnya setiap hari dan dilakukan hati-hati karena tanaman masih kecil. 

Cabut rumput yang tampak tumbuh di sekitar tanaman. Tujuannya untuk menjaga kebersihan dan kekuatan bibit. Rumput juga biasanya menjadi inang penyakit bagi tanaman. 

Berikan pupuk NPK secukupnya selama bibit tumbuh. Lakukan pencegahan dan pemberantasan bila tampak hama. Anda bisa mengambil dan mematikan langsung hama seperti ulat. 

Hama yang menyerang benih biasanya dari golongan serangga seperti semut atau cacing tanah. Bila perlu semprotkan pestisida juga menjaga bibit tetap sehat sampai pemindahan tanam ke lahan tetap.  


Cara Menanam Sampai Pemeliharaan


jual benih, tomat, tymoti f1, harga bibit murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Tomat 

Bibit tomat Tymoti F1 di persemaian mulai dipindah tanam umur 30 - 45 HST. Pilih bibit yang tampak segar dan daun tidak rusak. 

Waktu pemindahan bibit ke lahan tetap yaitu pagi atau sore hari. Yaitu saat cuaca belum panas sehingga kelayuan bibit dapat dicegah. 

Saat memindahkan bibit juga dengan hati-hati dan jangan sampai pemindahan bibit merusakkan akarnya. Sehingga bibit tidak tumbuh atau menjadi rusak atau mati. 

Ada dua cara pemindahan bibit yaitu menggunakan cara cabut. Yaitu siram bibit dahulu sampai basah lalu cabut perlahan bibit beserta akarnya dan segera masukkan pada lubang tanam. 

Cara kedua yaitu cara putar. Basahi dahulu bibit hingga basah lalu ambil bibit dengan cara memutar tanahnya. Jadi bibit akan tertarik beserta tanahnya juga. 

Bila bibit tomat menggunakan wadah polybag maka cukup mengeluarkan bibit dengan merobek plastik polybag. Sebelumnya, basahi dahulu polybag dan tanam ke lubang tanam di lahan beserta tanahnya. 

Bibit baru tanam harus rutin disiram setiap hari yaitu pagi dan sore hari selama 4 hari pertama. Setelah hari ke-5 cukup pagi hari penyiraman dan sekitar1/2 liter air per tanaman. 

Bila ada tanaman mati sampai hari ke-7 setelah pindah tanam, segera lakukan penyulaman bibit dan ganti dengan bibit baru. Cara penanaman sama dengan penanaman sebelumnya.

Penimbunan bertujuan agar tanaman tetap kokoh, kuat dan tidak roboh. Lanjaran dipasangkan untuk menopan tanaman agar tidak roboh. Tancapkan turus dekat tanaman lalu ikat batang tomat ke turus. 

Penyiangan yaitu mencabut gulma atau rumput liat menggunakan tangan lalu buang rumput menjauh dari kebun. Gulma rumput bila dibiarkan dapat mengganggu pertumbuhan tanaman tomat. 


Baca Juga : Tanaman Semangka Inul Eksotik dan Mudah Budidayanya


Pemupukan dan Pemangkasan Tomat

Pemangkasan tomat yaitu pada tunas agar pertumbuhan batang pokoknya bisa tumbuh kuat dan berpoduksi optimal. 

Potong tunas-tunas yang tumbuh diantara batang hingga tinggal batang utama beserta daunnya. Lakukan pemangkasan 2x dalam satu bulan. 

Lakukan pemangkasan batang pucuk setelah tumbuh 2 helai daun atau ada dompolan buah ke-5. Pemangkasan membuat buah dalam dompolan cepat masak dan besar. 

Tunas yang tumbuh kokoh pada batang utama di sekitar dompolan buah yang ke-5 harus dibiarkan tumbuh. Batang tomat bagus biasanya mempunyai 2 - 3 batang utama. 

Pemupukan tomat setelah pindah tanam dengan cara letakkan pupuk pada lubang pupuk dekat tanaman. Lalu tutup dengan tanah. 

Pemupukan tomat setelah pindah tanam dengan cara letakkan pupuk pada lubang pupuk dekat tanaman. Lalu tutup dengan tanah. Saat pemupukan tanama tomat setelah buah matang, tanaman harus diberi air dulu. 

Pemupukan susulan mulai saat tanaman berumur satu minggu setelah pindah tanam. Pupuk menggunakan Urea dan KCl dengan dosis 1 : 1 dan seriap tanaman sebanyak 1 - 2 gram. 

Berikan pupuk cara tugal berjarak 4 cm dari pangkal batang lalu tutup dengan tanah dan berikan air. Pemupukan tomat sebelum tanam yaitu kompos/pupuk kandang sebanyak 10 - 15 ton/ha. 

Tambahkan SP-36/TSP untuk pupuk dasar sebanyak 200 - 250 kg/ha. Pupuk Urea dan KCl diberikan dua kali setelah tumbuh satu minggu dan umur satu bulan. 

Pemupukan susulan kedua yaitu pupuk Urea dan KCl perbandingan 1 : 1 sebanyak 5 gram per tanaman. Tomat dataran tinggi, pemupukan bisa sebanyak lebih dari 10 kali karena umurnya lebih panjang.

Yaitu umur 5 - 6 bulan sampai tidak muncul buah atau panen telah habis. Tomat dataran rendah, pemberian pupuk sebanyak 5 - 6 kali. 

Beli Harga Bibit Tomat Tymoti F1

Demikian artikel Kami tentang harga bibit tomat Tymoty F1 cap Panah Merah termurah. Beli belanja online kebutuhan bercocok tanam lengkap di toko Pertanian LMGA Agro.

Hubungi kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Dapatkan promo menarik harga diskon produk pertanian disini. 

Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. 

Semoga artikel Kami menambah wawasan tentang benih tomat dan budidaya tomat. Beli harga bibit tomat Tymoti F1 benih berkualitas tomat hasil panen tinggi. Salam sukses....


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.