Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/05/2022

Read

Harga Bibit Kacang Panjang Pertiwi Murah dan Terbaik - LMGA Agro

harga bibit, jual benih, kacang panjang, benih pertiwi, harga murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kacang Panjang
Pertiwi

Harga Bibit Kacang Panjang Pertiwi Murah dan Terbaik - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telpon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih bibit kacang panjang Pertiwi terbaik. 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi murah dan terbaik benih andalan dan kepercayaan petani. Beli dan belanja online produk pertanian lengkap di toko pertanian LMGA Agro. 

Jual berbagai kebutuhan bercocok tanam produk yang berkualitas yaitu ada benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisda, ZPT hingga alat pertanian sarana dan prasarana. 

Dapatkan promo menarik harga terjangkau kebutuhan budidaya tanaman di kios pertanian LMGA Agro. Kami melayani konsultasi gratis seputar permasalahan tentang bercocok tanam. 

Kami melayani harga grosir dan eceran terbaik. Kami siap kirim pesanan Anda secara online bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi murah dan terbaik. Benih tahan virus Kuning dan hasil panen tinggi. Polong panjang dan tidak mudah lembek. Tahan penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh. 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi benih berkualitas terbaik hasil panen menguntungkan. Benih kacang panjang dari benih Pertiwi jenis tanaman merambat. 

Kacang panjang Pertiwi menghasilkan polong berwarna hijau dan bentuk gilig. Panjang polong mencapai 69 - 82 cm. Diameter polong 0,6 - 0,8 cm. 

Benih kacang panjang Pertiwi tahan virus kuning. Tanaman tumbuh baik pada tanah lempung berpasir yang subur dan gembur. Tumbuh baik pada ketinggian tempat kurang dari 800 m dpl. 


Kacang Panjang Benih Pertiwi 


Kacang panjang Pertiwi jenis tanaman merambat. Polong kacang panjang Pertiwi berwarna hijau dan berbentuk gilig. 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi murah terbaik menghasilkan polong dengan panjang mulai 69 - 82 cm. Diameternya 0,6 - 0,8 cm. 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi terbaik tahan virus Kuning. Tanaman kacang panjang menyukai tumbuh pada jenis tanah Latosol atau lempung berpasir. Selain itu juga tanah harus gembur dan subur. 

Tanah harus mengandung bahan organik dan memiliki drainase yang baik. Tingkat keasaman tanah pH sekitar 5,5 - 6,5. 

Kebutuhan suhu udara berkisar antara 20 - 30 derajat Celcius dan beriklim kering. Curah hujan cara menanam kacang panjang antara 600 - 1500 mm/tahun. 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi terbaik tumbuh optimal pada ketinggian kurang dari 800 m dpl. Harga bibit kacang panjang Pertiwi terbaik telah terbukti memiliki banyak keunggulan. 

Buah kacang panjang Pertiwi tumbuh lebat dan panjang. Setiap tangkainya tumbuh 2 - 3 buah, bunga tidak cepat rontok dan polong warna lebih hijau . 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi terbaik istimewa polongnya karena polong keras dan tidak mudah lembek. Polong tahan lama tetap segar meski setelah pemetikan 3 - 4 hari. 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi terbaik memiliki umur panen singkat yaitu dalam waktu 42 hari saja, kacang panjang benih Pertiwi sudah dapat dipanen. 

Sehingga keuntungan dapat lebih cepat petani nikmati dari hasil budidaya bibit kacang panjang Pertiwi. Panen polong kacang panjang berkali-kali hingga 15 - 30 kali panen. 

Terbukti sejak panen pertama dan panen-panen berikutnya, hasil yang didapat terus meningkat jumlah ikat kacang panjangnya . Dalam satu ikat panen, jumlah polongnya sebanyak 20 buah. 

Tanaman rajin tumbuh pentil buah calon polong dan sangat rimbun. Petani akan mendapatkan hasil panen yang tinggi dari bibit kacang panjang Pertiwi. 


Baca Juga : Pupuk Gandasil D Meningkatkan Pertumbuhan Vegetatif 


Tanaman Kacang Panjang Benih Pertiwi Produksi Tinggi 


harga bibit, jual benih, kacang panjang, benih pertiwi, harga murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pemasaran Kacang Panjang

Hasil panen benih bibit kacang panjang Pertiwi terbukti tinggi. Karena benih bibit kacang panjang Pertiwi tahan virus Kuning. 

Pertumbuhan buah juga lebat dan merupakan tipa buah atas. Daun jarang tumbuh menjadikan biaya perawatan pupuk dan pestisida akan hemat. 

Gunakan hanya benih Pertiwi harga bibit kacang panjang pertiwi murah terbaik dan terbukti hasil panennya tinggi. Produktivitas tanaman menjadi meningkat. 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi terbaik merupakan benih kacang panjang anti virus. Terbaru kualitas terbaik produk PT Agri makmur Pertiwi. 

Tanaman kacang panjang Pertiwi vigor tanaman yang kokoh. Tanaman yang memiliki banyak cabang dan semuanya produktif. 

Adaptasi tumbuhnya sangat baik karena dapat tumbuh di dataran rendah hingga menengah dan tahan pada cuaca panas. 

Harga bibit kacang tanah Pertiwi terbaik karena benih yang anti virus yaitu virus dari hama inang kutu kebul. Tahan juga dari infeksi hama thrips, aphids, mite dan serangan penyakit layu. 

Hasil panen tinggi dengan menghasilkan polong yang panjangnya sampai 80 cm. Polong tahan lama, tidak mudah lembek. 

Pembentukan polong dari bibit Pertiwi ini sangat mudah meski kondisi cuaca tidak mendukung. Sehingga banyak petani tertarik budidaya bibit kacang panjang Pertiwi. 

Bentuk polong kacang panjang Pertiwi sangat disukai pedagang dan pengepul sayur. Karena polong sangat lentur sehingga tidak mudah patah/rusak selama pengankutan jarak jauh. 

Tidak banyak kacang panjang yang rusak dan pedagang tidak banyak mengalami kerugian. Umur panen juga cepat menjadikan petani akan cepat merasakan keuntungan budidaya kacang panjang Pertiwi. 


Baca Juga : Bibit Cabe Hibrida yang Bagus Benih Kiyo F1 Cap Mutiara Bumi


Ciri-Ciri Kacang Panjang Tanaman Sayur Favorit


Kacang panjang merupakan salah satu tanaman semusim berbentuk perdu. Batangnya panjang, liat dan sedikit berbulu. Bunga mirip kupu-kupu, polong bulat panjang dan ramping. 

Panjang polong tergantung varietas dan maksimal mencapai 80 cm. Polong muda mudah dipatahkan namun setelah tua menjadi liat karena banyak serat dan menjadi lemas kering. 

Nama ilmiah kacang panjang yaitu Vigna unguiculata L. dan dari famili Papilionaceae. Ciri-ciri kacang panjang : 

Akar 

Sistem perakarannnya tunggang. Akarnya dapat menembus lapisan olah tanah sampai kedalaman 60 cm. 

Cabang-acabang akarnya melakukan simbiosis dengan bakteri Rhizobium sp untuk mengikat Nitrogen ( N2 ) dari udara sehingga dapat bermanfaat menyuburkan tanah. 

Batang

Ciri-ciri kacang panjang batangnya liat, tak berambut, bentuknya bulat dan panjang. Tekstur batang keras namun diameter sekitar 0,6 - 1 cm. 

Batang tanaman berwarna hijau  dan bercabang banyak menyebar rata hingga tanaman rindang. 

Daun

Ciri-ciri kacang panjang  memiliki daun majemuk bersusun tiga helai. Daun berbentuk lonjong dan ujung daun runcing, tepi daun rata, tidak berbentuk dan tulang daunnya menyirip. 

Panjang daun 9 - 13 cm dan panjang tangkai daun 0,6 cm dan lebar antara 5 - 8 cm. 

Bunga

Letak bunga pada ketiak daun, bunga majemuk, tangkai silindris panjang kurang lebih 12 cm. Warna bunga hijau keputihan, mahkota berbentuk kupu-kupu dan warna putih keunguan. 

Benang sari bertangkai dan panjang kurang lebih 2 cm warna putih. 

Buah

Buah berbentuk polong, bulat dan ramping ukuran panjang mencapai 80 cm tergantung varietas. Polong muda warna hijau keputih-putihan. 

Polong telah tua  berwarna kekuningan dan isi polong sebanyak sampai 20 biji. 

Biji

Biji bulat panjang  dan agak pipih serta kadang sedikit melengkung. Biji yang tua berwarna kuning, coklat, kuning kemerahan, putih, hitam tergantung jenis dan varietas. Ukuran bij 8 mm dan lebar 6 mm. 


Manfaat Kacang Panjang


harga bibit, jual benih, kacang panjang, benih pertiwi, harga murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Kacang Panjang 

Kacang panjang sumebr vitamin dan mineral. Kaya kandungan vitamin A, B dan C pada polong mudanya. Bijinya kaya kandungan protein, lemak dan karbohidrat. 

Sayuran kacang panjang rendah kalori dan kaya antioksidan. Di Indonesia kebanyakan kacang panjang dimasak tumisan, sup atau gulai. 

Manfaat kacang panjang dapat mengontrol berat badan. Karena rendah kalori maka mengkonsumsinya secara rutin tidak akan menambah berat badan secara signifikan. Justru baik untuk menontrol berat badan. 

Kandungan protein dan serat dalam kacang panjang berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan mengontrol nafsu makan. 

Manfaat kacang panjang dalam menurunkan tekanan darah terutama untuk mengontrol tekanan darah tinggi ( hipertensi ). 

Manfaat ini berasal dari kandungan mineral seperti kalium didalamnya. Selain itu serat kacang panjang  mampu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Secara otomatis mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. 

Manfaat kacang pajang dalam mengontrol kadar gula darah. Peran kandungan serat mampu memperlambat penyerapan gula dalam darah. 

Sayuran kacang panjang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak menaikkan gula darah secara drastis. 

Kacang panjang aman dikonsumsi rutin penderita diabetes baik yang beresiko maupun yang telah menderitanya. 


Cara Menanam Kacang Panjang


Harga bibit kacang panjang Pertiwi terbaik benih Pertiwi untuk kebutuhan menanam sebanyak 20 kg per hektar. Kemasan benih berat 500 gram. 

Jarak tanam rekomendasi yaitu 50 x 50 cm. Benih terbaik kacang panjang penampilan bernas/kusam dan daya kecambah tinggi lebih dari 85%. 

Benih tidak rusak/cacat dan bebas virus, tidak mengandung wabah hama. Beli harga bibit kacang panjang Pertiwi murah dan terbaik. 

Cara menanam kacang panjang tidak membutuhkan persemaian khusus namun langsung ditanam pada lubang tanam baik pada bedengan atau polybag. 

Persiapan Lahan

harga bibit, jual benih, kacang panjang, benih pertiwi, harga murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH meter

Bersihkan lahan dari rerumputan liar, gulma pada lahan kebun. Bajak atau cangkul tanahnya hingga menjadi gembur. 

Selanjutnya buat bedengan dengan ukuran lebar 60 - 80 cm, jarak antar bedengan 30 cm, tinggi 30 cm dan panjang sesuaikan luas lahan. 

Sistem guludan cara menanam kacang panjang lebar dasar 30 - 40 cm dan lebar atas 30 - 50 cm. Tinggi 30 cm dan jarak antar guludan 30 - 40 cm. 

Lakukan cek pH menggunakan pH meter. Bila pH kurang dari 5,5 maka lakukan pengapuran menggunakan Dolomit sebanyak 1 - 2 ton/ha. 

Campurkan merata kapur pada tanah sampai kedalaman 30 cm. Lakukan menggunakan cangkul hinga tercampur rata. 

Cara Menanam Bibit Kacang Panjang Pertiwi

Harga bibit kacang panjang Pertiwi terbaik termasuk tipe kacang panjang merambat. Jarak tanam untuk tipe merambat yaitu 20 x 50 cm, 40 x 60 cm dan 30 x 40 cm. 

Jenis kacang panjang tipe tegak menggunakan jarak tanam 20 x 40 cm dan 30 x 60 cm. Waktu tanam terbaik yaitu awal musim kemarau atau awal musim hujan. 

Pada dasarnya budidaya kacang panjang dapat dilakukan sepanjang musim asal ketersediaan air selalu ada. Masukkan sebanyak 2 benih dalam lubang tanam. 

Tutup lubang tanah dengan tanah tipis saja atau pupuk kandang. Nanti benih akan tumbuh dalam 3 - 5 hari. Benih yang tidak tumbuh segera ganti dan sulam. Lalu lakukan penanaman kembali. 

Pemasangan Mulsa

harga bibit, jual benih, kacang panjang, benih pertiwi, harga murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak

Pasang mulsa plastik hitam perak saat matahari sedang terik-teriknya agar mulsa dapat menurup rapat permukaan bedengan. Pemasangan siang hari membuat mulsa erat, rapi dan kencang. 

Tutup bedengan menggunakan mulsa dan lubang tanam dapat dibuat menggunakan alat pelubang mulsa. Anjuran lubang tanam 30 cm dalam barisan dan 70 cm antar barisan. 

Lalu biarkan bedengan tertutup mulsa selama 3 - 5 hari sebelum membuat lubang tanam. Tujuannya agar pupuk dasar tidak menguap. 

Pemupukan

Pemupukan cara menanam kacang panjang terbagi menjadi dua yaitu pemupukan dasar dan susulan. Pemupukan dasar bersamaan pengolahan tanah berikan pupuk kandang dan pupuk kimia. 

Pupuk dasar menggunakan pupuk kimia menggunakan Urea 50 kg/ha, TSP 75 kg/ha dan KCl 25 kg/ha. 

Pemupukan susulan berikan saat umur tanaman 45 HST. Gunakan pupuk Urea 50 kg/ha, TSP 25 kg/ha dan KCl 75 kg/ha. 

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama utama tanaman kacang panjang yang harus dikendalikan yaitu lalat buah kacang, kutu daun, ulat grayak, penggerek biji dan ulat bunga. 

Penyakit utama kacang panjag yang harus dikendalikan yaitu cendawan dan bakteri penyebab penyakit Antraknosa, penyakit sapu dan layu bakteri. 

Hama utama tanaman kacang panjang sering meneyrang pada musim kemarau dan pengendalian dengan menyemprotkan pestisida. 

Yaitu berbahan aktif sihalotrin, deltametrin, profenofos, beta siflutrin. Aplikasi penyemprotan yaitu setiap seminggu sekali. Bila masing kurang efektif dapat diintensifkan 3 hari sekali.

Gunakan dosis dan takaran pestisida sesuai anjuran dari kemasan produknya. Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi mengenai pengendalian hama dan penyakit kacang panjang. 

Panen dan Pasca Panen

Panen dan pasca panen kacang panjang memiliki ciri-ciri yaitu ukuran polong telah maksimal. Polong muda siap panen mudah dipatahkan. Biji-biji dalam polong tidak menonjol. 

Waktu panen paling baik yaitu pagi hari atau sore dan umur panen siap adalah 3,5 - 4 bulan. Cara panen polong kacang panjang tipe merambat yaitu dengan memotong tangkai buah menggunakan pisau. 

Selesai pemetikan letakkan kacang panjang pada tempat penampungan dan tempat yang teduh. Lakukan sortasi untuk memilah mana kacang panjag yang baik dan mana yang rusak. 

Ikat menjadi satu kacang panjang seberat 1 kg dan siap untuk dipasarkan. 

Panen budidaya kacang panjang setiap dua hari sekali dan pemanenan kacang panjang bisa mencapai hingga 20 kali panen.  


Harga Bibit Kacang Panjang Pertiwi Murah dan Terbaik 

Harga bibit kacang panjang Pertiwi tersedia di toko pertanian LMGA Agro harga terjangkau. Kami menyediakan juga benih hibrida dan unggul lainnya. 

Keunggulan benih bibit kacang panjang Pertiwi telah berhasil merebut hati petani karena telah merasakan langsung keberhasilan menanam benih kacang panjang Pertiwi. 

Hasil panen tinggi dan mudah saat dijual ke pasar induk maupun pasar tradisional. Kebutuhan kacang panjang di pasar cukup laris karena harga jualnya stabil. 

Kacang panjang cukup digemari masyarakat dan banyak olahan masakan berbahan sayuran ini baik untuk sayuran matang maupun sebagai lalapan. 

Panen polong muda paling digemari karena mudah dipatahkan dan serat cukup bagi kebutuhan tubuh kita. Kacang panjang biasanya diolah untuk ditumis, sayur asam hingga sayur bersantan. 

Demikian artikel Kami judul : Harga Bibit Kacang Panjang Pertiwi Murah dan Terbaik - LMGA Agro. Toko pertanian LMGA Agro online melayani beli benih hibrida dan unggul lengkap. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Kami menerima layanan konsultasi gratis mengenai seputar bercocok tanam berbagai jenis tanaman.

Juga konsultasi bila ada masalah dalam melakukan budidaya tanaman. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. 

Pengiriman oleh mitra Kami dari JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan tentang bibit kacang panjang Pertiwi.

Dapatkan harga bibit kacang panjang Pertiwi ternurah kaulitas terbaik dan produk pertanian Kami lainnya. Salam sukses....


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.