TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/05/22

Harga Bibit Sawi Sendok Murah dan Terbaik Benih Pakcoy - LMGA Agro

jual benih, harga murah, sawi sendok, pakcoy, sawi, sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Nauli F1

Harga Bibit Sawi Sendok Murah dan Terbaik Benih Pakcoy - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telpon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih bibit sawi sendok harga murah. 

Harga bibit sawi sendok murah dan terbaik beli di toko pertanian LMGA Agro. Berbagai macam benih bibit sawi sendok produk pabrik benih terkemuka. 

Harga bibit sawi sendok terbaik dengan keunggulan penampilan tanaman seragam dan kompak. Daun berwarna hijau segar dan rasa renyah. 

Jual berbagai produk pertanian untuk bercocok tanam lengkap mulai dari benih hibrida dan unggul. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian sarana prasarana. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Dapatkan promo menarik harga diskon produk pertanian andalan petani di kios pertanian LMGA Agro. 

Beli benih bibit sawi sendok harga murah juga dikenal dengan bibit pakcoy murah. Harga bibit sawi sendok terbaik direkomendasikan untuk tanaman dataran rendah hingga dataran tinggi. 

Harga bibit sawi sendok murah dan terbaik benih berkualitas. Keunggulan sawi sendok daun renyah dan manis, daging batnag dapat dikonsumsi dan tebal. Umur panen cepat yaitu 25 HST. Hasil panen tinggi dan tahan pengangkutan jauh. 

Harga bibit sawi sendok benih terbaik dapat ditanam di lahan luas maupun sempit pada pekarangan rumah. Menanam benih bibit sawi sendok juga dapat dilakukan di wadah polybag atau pot.

Benih bibit sawi sendok cocok untuk penanaman sistem hidroponik, aquaponik dan organik cara sederhana maupun modern. Daun tanaman sawi sendok sebagai hasil utama harus sehat dan hijau segar. 

Saat dikonsumsi berasa renyah dan berair. Daun sawi mengandung nutrisi tinggi, kaya serat, protein, vitamin, mineral hingga antioksidan. 


Sawi Sendok Benih Terbaik LMGA Agro 


1. Sawi Sendok Pakcoy ( Pakchoy ) Nauli F1 

Harga bibit sawi sendok benih berkualitas sawi sendok/pakcoy cap Panah Merah di Toko Pertanian LMGA Agro. Cocok untuk dataran rendah sampai dataran tinggi. 

Cocok juga untuk penanaman sistem hidroponik, aquaponik, organik dan cara tradisional. Kemasan benih Nauli F1 10 gram, daun sawi sendok warna hijau, padat dan kompak. 

Rasa sayuran sawi sendok Nauli F1 manis. Umur panen 25 - 27 hari setelah tanam dan potensi hasil panen sebesar 37 - 40 ton/hektar. 

Penanaman pada bedengan lahan luas atau menggunakan wadah pot atau polybag ukuran diameter 25 - 30 cm. Jarak tanam sawi sendok Nauli F1 25 - 30 cm. 

2. Sawi Pakcoy White

jual benih, harga murah, sawi sendok, pakcoy, sawi, sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih White
Pakcoy

Harga bibit sawi sendok terbaru kualitas terbaik produk PT Takii Seed Indonesia jual benih sawi di Toko pertanian LMGA Agro.  

Sawi sendok White Takii Seed mempunyai vigor tanaman kokoh. tumbuh seragam dan tidak cepat berbunga. 

Beradaptasi baik pada dataran rendah sampai dataran tinggi baik musim kemarau maupun musim penghujan. Tanaman tahan penyakit busuk hitam dan busuk lunak penyakit utama sawi. 

Sawi Sendok White Takii Seed berbatang putih, tegak, tebal dan bertekstur lembut. Daun menyerupai sendok. 

Cara menanam sawi sendok mudah, tahan tunda panen dan bunga lambat muncul. Produk sawi sendok White dari PT Takii Seed tahan pengangkutan jarak jauh untuk pengiriman pasar induk. 

Umur panen 27 HST dan potensi hasil panen kurang lebih 40 ton/hektar. Penjualan sawi sendok mudah karena merupakan sayuran favorit para pedagang pengepul sawi di pasar induk. 

3. Sawi Sendok Flamingo Benih Pertiwi


Harga bibit sawi sendok pakcoy Flamingo produk PT Agri Makmur Pertiwi ( Benih Pertiwi ). Vigor tanaman kokoh, tanaman pendek dan kompak. 

Tinggi tanaman 20 cm beradaptasi baik pada dataran rendah sampai menengah. Baik untuk musim hujan dan kemarau. 

Harga bibit sawi sendok Flamingo benih Pertiwi terbaik tahan penyakit busuk hitam dan busuk lunak. Sawi sendok Flamingo bentuk daun oval berwarna hijau dengan tulang daun hijau keputihan. 

Sawi sendok Flamingo tahan tunda panen dan tanaman tidak cepat berbunga. Tahan pengangkutan jarak jauh sehingga cocok untuk pasar kiriman.  

Pemasaran sayur sawi mudah laku karena sudah dikenal pedagang pengepul sawi di pasar induk sayur. Umur panen 28 hari setelah pindah tanam dan potensi hasil panen sekitar 30 ton/hektar.  


Baca Juga : Manfaat Kembang Kol, Sayuran Kaya Nutrisi Mudah Cara Tanamnya


Sayur Pakcoy Nama Lain Sawi Sendok


jual benih, harga murah, sawi sendok, pakcoy, sawi, sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sayuran dalam Polybag

Sayur pakcoy nama lain dari sayur sawi sendok merupakan sayuran favorit petani paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Sayur pakcoy ini cukup banyak penggemarnya. 

Hal ini karena sayur pakcoy sawi sendok rasanya manis, mudah pula pengolahannya menjadi siap santap. Cukup dilayukan menggunakan air panas dan jadilah sawi sendok siap dinikmati. 

Bila Anda menyukai menyantap sawi sendok, tak ada salahnya mencoba menanamnya sendiri di rumah. Karena mudah cara menanamnya dan cukup mengguakan wadah pot atau polybag

Menikmati sayuran hasil usaha rumahan Anda pasti sangat memuaskan dan membanggakan. Karena mengkonsumsi sayuran juga baik untuk kesehatan tubuh. 

Cara menanam sawi sendok tidak membutuhkan banyak persyaratan penanaman dan perwatan yang rumit. Sayur pakcoy ini juga dapat tanam pada areal persawahan atau lahan sempit di rumah misalnya. 

Sayur pakcoy mengandung vitamin A dan sangat baik untuk kesehatan mata. Juga mengandung vitamin K untuk membantu proses pembeluan darah pada tubuh.

Vitamin C pada sayuran sejenis sawi ini bersama antioksidan dapat menjaga kekebalan tubuh sekaligus menangkal radikal bebas. Peran vitamin C juga membantu pembentukan kolagen guna mencegah penuaan dini. 

Sayur pokcoy sayur sawi yang berukuran kecil namun rasanya lezat juga mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Sayur pokcoy ini dapat Anda olah dalam berbagai bentuk tumisan, sup hingga asinan.  


Sawi Daging 


jual benih, harga murah, sawi sendok, pakcoy, sawi, sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman sawi

Sawi daging sebutan lain dari sawi sendok karena sayur dari suku sawi-sawian ini berdaging tebal. Memiliki adaptasi tumbuh yang baik mulai dataran rendah hingga dataran tinggi. 

Daerah berhawa sejuk menyebabkan tanaman lebih cepat berbunga. Karena cepat panen biasanya banyak dipergunakan sebagai tanaman percobaan untuk pemupukan dan kesuburan tanah. 

Juga percobaan respon sawi daging terhadap gangguan tanah akibat kekurangan hara. Sawi daging awalnya sayuran populer di wilayah Tiongkok, China. 

Sawi daging pakcoy biasanya dimanfaatkan seluruh bagian tanaman mulai daun dan batangnya. Olahan sawi daging di Indonesia juga demikian karena batangnya tidak pahit dan tebal seperti daging. 

Sayuran pakcoy memiliki banyak sebutan seperti bok choy, sawi hijau, sawi sendok dan sawi daging. Di Indonesia, pengolahan pakcoy yaitu sebagai sayuran tumis. 

Juga sebagai sayur lalapan yang dilayukan dulu atau menjadi sayur asinan. Sawi daging memiliki warna mirip sawi hijau biasa namun panjang tanaman yang berbeda. 

Tekstur sawi daging lebih kaku, lebih kecil, pendek dan meroset. bentuk daunnya sedikit menguncup mirip sendok. 

Daun sawi daging menyusun membentuk spiral yang rapat dan rapi. Daunnya melekat pada batang yang tebal. Ukuran panjang adalah 15 - 30 cm. 

Adaptasi dapat tumbuh mulai dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun kualitas sawi daging terbaik bila tumbuh di dataran tinggi dan suhu rendah. 


Baca Juga : Kunci Sukses Budidaya Pertanian Hasilkan Banyak Keuntungan


Manfaat Sawi Sayur Pakcoy


Sayur pakcoy harus disemai hingga tumbuh 3 - 4 daun bibit sejati. Harga bibit sawi sendok terbaik siap panen mulai umur 25 - 30 hari setelah tanam. 

Dalam bentuk benih, harga bibit sawi sendok terbaik langsung sebar dapat panen umur 40 - 60 hari setelah penyebaran benih. 

Harga bibit sawi sendok terbaik mempunyai ciri daun oval, melebar dan tangkai daun berwarna hijau cerah. Cara memetik sawi sendok yaitu potong pangkal batangnya. 

Pemotongan bisa menggunakan pisau tajam dan bersih lalu bersihkan sisa tanah bila ada yang menempel pada akarnya. 

Manfaat sawi sendok sangat baik karena mengandung gizi dan nutrisi lengkap. Sebagai kategori sayuran sehat, sawi sendok menempati peringkat enam kategori buah dan sayuran sehat. 

Kalori rendah sehingga cocok sebagai menu makanan program diet. Dalam 70 gram sawi sendok hanya memiliki 9 kalori. 

Zat gizi dan mineral dalam sawi daging antara lain ada asam folat, serat pangan, vitamin dan antioksidan. 

Asam folat sayur sawi sangat baik bagi iu hamil. Karena manfaat asam folat untuk membentuk sel darah merah dan mencegah cacat pertumbuhan janin bayi. 

Asam folat berperan mencegah kelainan pembentukan otak atau kemungkinan terjadinya kelainan tulang belakang calon bayi. 

Serat daging sawi sendok membantu melancarkan proses pencernaan. Juga mengikat asam empedu penyebab meningkatnya kolesterol. 


Harga Bibit Sawi Sendok Terbaik Benih Berkualitas 


jual benih, harga murah, sawi sendok, pakcoy, sawi, sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sawi Pakcoy

Harga bibit sawi sendok terbaik benih berkualitas merupakan syarat penting sebelum memulai menanam sawi sendok. Kualitas benih mempunyai persentase pertumbuhan tinggi. 

Harga bibit sawi sendok terbaik memiliki ketahanan baik dari serangan hama dan penyakit sehingga hasil panen menjadi maksimal. Beli selalu benih terbaik di toko pertanian LMGA Agro online.   

Buat persemaian untuk bibit sawi sendok. Siapkan media persemaian yaitu campuran tanah gembur dan subur dan pupuk organik. 

Masukkan ke wadah untuk persemaian, bisa polybag, plastik es atau tray semai yang dapat dibeli di Toko LMGA Agro. 

Masukkan benih pada kedalaman 1 - 2 cm lalu beri air secukupnya hingga basah agar benih tidak kekeringan. Lakukan penyiraman rutin setiap hari. 

Bibit sawi sendok siap pindah tanam ke tempat pembesaran setelah muncul daun 2 - 3 atau berumur 15 hari setelah semai. Bibit dapat pindah tanam ke polybag lebih besar atau bedengan. 

Tahap persiapan lahan sebelum bibit sawi sendok pindah tanam. Gemburkan tanah lahan, bersihkan dari gulma dan sisa-sisa tanaman. 

Setelah gembur, berikan pupuk dasar sebelum penanaman yaitu berikan pupuk kandang. Untuk penanaman di polybag, buatkan media untuk pembesaran tanaman. 

Yaitu menggunakan campuran tanah, sekam padi mentah dan sekam bakar. Campurkan merata lalu masukkan ke polybag.Letakkan pada tempat yang terlindungi dari hujan dan sinar matahari. 

Biarkan beberapa saat sambil menunggu kesiapan bibit sawi sendok pindah tanam. Pemindahan tanaman sebaiknya sore hari. 


Baca Juga : Usaha Pertanian Kawasan Perkotaan Untungkan Lingkungan


Cara Perawatan Bibit Sawi Sendok


Pemilihan calon bibit sawi sendok yaitu pilih yang tidak tenggelam saat perendaman di air. Benih tenggelam telah rusak dan pertumbuhan tidak maksimal. 

Cara menanam sawi di polybag gunakan dengan diameter 15 cm. Gunakan media tanah humus atau sub soil bagian bawah tanah lalu campur dengan pupuk kandang. Lalu masukkan ke polybag. 

Hasil terbaik yaitu tambahkan kompos untuk menambah unsur hara tanah. Semaikan benih sawi sendok terbaik masing-masing satu benih satu polybag. 

Lakukan penyiraman rutin pagi dan sore hari tergantung kondisi cuaca dan lingkungan. Penanaman pada bedengan yaitu menggunakan jarak tanam 20 x 20 cm. 

Jarak tanam tersebut menghasilkan sebanyak 100 tanaman tiap petaknya. Jarak tanam 25 x 25 cm menghasilkan populasi sebanyak 81 tanaman dan 30 x 30 cm menghasilkan 49 tanaman. 

Harga bibit sawi sendok terbaik berkualitas memiliki kemampuan berkecambah yang baik. Kondisi media tanam harus lembab untuk mendukung cepat berkecambah benih sawi sendok. 

Lakukan penyiraman sewajarnya dan jangan terlalu basah. Bila tanah masih tampak basah, lakukan penyiraman 2 hari sekali. 

Tanah terlalu basah menyebabkan jamur atau cendawan mudah tumbuh. Biasanya dalam waktu 2 - 5 hari benih sawi akan berkecambah. 

Harga bibit sawi sendok murah dn terbaik cocok bila tanam pada akhir musim hujan. Tanaman sawi menyukai tanah gembur, kaya kandungan humus, subur dan saluran air mengalir lancar. 


Cara Menanam Sawi Sendok


Buat jarak tanam sesuai kebutuhan dan buat lubang tanam sedalam 5 cm. Masukan benih pada lubang tanm dan setiap lubang satu benih. 

Tutup lubang menggunakan pupuk kandang dan lanjutkan penyiraman. Penyiraman rutin setiap hari tergantung cuaca dan tanah. 

Dalam waktu 5 hari, mulai tampak pertumbuhan bibit sawi sendok. Lakukan penggemburan untuk mempercepat tumbuhnya akar. Lakukan penimbunan sekitar pangkal batang. 

Sekaligus dapat Anda buat saluran air antara baris tanaman sehingga terbentuk gundukan baris tanaman dan air dapat mengalir. 

Satu minggu setelah penanaman, lakukan pemupukan. Gunakan pupuk NPK 16-16-16 dan berikan dengan cara kocor. Campurkan satu sendok pupuk NPK dalam 18 liter air lalu aduk hingga larut. 

Kocorkan sekitar perakaran tanaman dan jangan langsung pada tanamannya. Pemupukan berikutnya yaitu 3 hari ke depan dan lakukan secara rutin. Pemupukan hingga menjelang umur tanaman 20 hari. 

Tanaman sawi dapat panen mulai umur 25 hari setelah tanama. Usahakan untuk meminimalkan pemakaian obat kimia pestisida. Lakukan pengendalian dengan cara mematikan hama langsung. 

Lakukan penyiangan terhadap gulma sekitar tanaman. Gulma dapat mengganggu tanaman, merebut unsur hara dalam tanah dan menjadi inang hama dan penyakit. 


Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Sawi

Hama yang biasa menyerang tanaman sawi yaitu ulat, tritip, siput, cacing bulu dan jenis ulat. Penyakit pada tanaman sawi antara lain disebabkan infeksi bakteri dan cendawan/jamur. 

Berikan pestisida pada waktu yang tepat dan sebaiknya tidak mendekati waktu panen. Karena bagian yang dipanen adalah daun sehingga pemberian bahan kimia dapat tersimpan dalam daun. 

Berikan sesuai dosis takaran anjuran dari kemasan. Toko pertanian LMGA Agro melayani konsultasi untuk permasalahan saat budidaya tanaman juga untuk tanaman sawi sendok. 

Budidaya sawi sendok secara organik menggunakan pupuk organik cair ( POC ) dengan takaran 40 - 50 ml per tangki. Aplikasikan sebanyak 2 - 3 kali untuk sayuran sawi. 

Kurangi pemberian pupuk kimia pada sayuran daun terutama agar tanah tetap tejaga kesuburannya. Sayuran daun juga menghasilkan daun lebih hijau dan segar secara organik. 

Demikian artikel tentang harga bibit sawi sendok mrah dan terbaik. Benih berkualitas ada di toko pertanian LMGA Agro. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Dapatkan promo harga terjangkau produk pertanian Kami.

Menyediakan benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana bercocok tanam. Kami menerima layanan konsultasi gratis seputar pertanian. 

Beli produk pertanian harga terbaik lengkap di toko pertanian LMGA Agro. Harga bibit sawi sendok murah dan terbaik benih terpercaya andalan Petani. Salam sukses...


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.