TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

12/09/22

Jual Benih Harga Bibit Tomat TM Marvel Murah dan Terbaik - LMGA Agro

jual benih, tomat, TM Marvel, Tani Murni, Cara menanam tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih TM Marvel 

Jual Benih Harga Bibit Tomat TM Marvel Murah dan Terbaik - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih harga bibit tomat TM Marvel murah.

Harga bibit tomat TM Marvel terbaik dan benih berkualitas dari Tani Murni Indonesia. Beli benih terbaik di kios pertanian terdekat secara online di LMGA Agro. 

Harga murah kebutuhan bercocok tanam lengkap mulai benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian untuk sarana prasarana. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia barang aman dan pasti sampai. 

Beli produk pertanian lengkap kualitas terpercaya hingga kini dan produk pabrik pertanian terkemuka di Indonesia. Produk kepercayaan Petani dan terjamin kualitasnya. 

Benih TM Marvel benih tomat unggulan. Beli harga bibit tomat TM Marvel terbaik merupakan tomat tipe indeterminate. Benih tomat TM Marvel beradaptasi tinggi. 

Harga bibit tomat TM Marvel produk terbaik tomat tipe indeterminate dari pabrik Tani Murni Indonesia. Benih tomat yang tahan serangan penyakit virus Gemini, penyakit layu hingga iklim ekstrem. 

Benih rekomendasi untuk dataran menengah hingga dataran tinggi. Harga bibit tomat TM Marvel terbaik dengan penampilan buah berbentuk bulat oval. 

Buah tomat muda berwarna hijau keputihan dan berubah berwarna merah cerah saat matang. Buah tomat TM Marvel bobot mencapai 90 - 120 gram per buah. 

Tomat TM Marvel dari Tani Murni potensi hasil kurang lebih 4 - 6 kg/tanaman. Tanaman tahan dari virus Gemini dan penyakit layu.  

Tomat TM Marvel dari Tani Murni Indonesia

jual benih, tomat, TM Marvel, Tani Murni, Cara menanam tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Tomat
Tumbuh Subur
Tanaman tomat TM Marvel favorit Petani karena keunggulannya. Harga bibit tomat TM Marvel murah dan grosir di Toko pertanian LMGA Agro. 

Tomat TM Marvel merupakan salah satu buah tomat unggulan. Tomat dari tipe indeterminate memiliki karakter khas. 

Tomat tipe indeterminate, pertumbuhan batang tidak berhenti meski bunga dan buah sudah muncul. Batang tetap tumbuh hingga batas akhir pertumbuhan.

Karena itu umur panennya lebih lama dan pertumbuhan batang lambat. Tinggi tanaman mencapai 2,5 - 3,2 meter sehingga wajib pasang ajir atau lanjaran agar tanaman tidak roboh. 

Tomat indeterminate tumbuh baik pada media tanah maupun bukan tanah atau sistem hidroponik. 

Tomat tipe indeterminate mudah beradaptasi naik tanam pada lahan terbuka maupun dalam green house  atau rumah kaca. 

Tipe indeterminate lebih cocok tanam pada dataran tinggi karena tanaman ini lebih toleran serangan virus. Tomat TM Marvel rekomendasi untuk dataran menengah sampai tinggi. 

Harga bibit tomat TM Marvel terbaik dengan bentuk buah bulat oval, buah berwarna hijau saat muda. Lalu berubah berwarna merah cerah bila matang. Pertanda buah siap untuk pemetikan. 

Bobot buah mencapai 90 - 120 gram per buah. Potensi hasil panen tinggi mencapai sekitar 4 - 6 kg per tanaman. Benih TM Marvel andalan Petani dan sangat menyukai budidaya benih tomat TM Marvel. 

Harga bibit tomat TM Marvel murah andalan petani karena ketahanannya dari virus Gemini, penyakit layu bakteri dan layu fusarium. Cara menanam TM Marvel mudah. 

Tekstur buah keras dan padat sehingga tahan simpan dan pengiriman jarak jauh. Cocok untuk ketinggian tempat mulai 700 - 1500 m dpl. Umur panen mulai 85 - 90 HST. 

Baca Juga : Jual Benih Tomat Lumina Cap Panah Merah Tahan Virus

Harga Bibit Tomat TM Marvel Kualitas Terbaik

Harga bibit tomat TM Marvel murah merupakan benih andalan petani. Tomat ( Solanum lycopersicum ) sayuran buah sangat terkenal hingga belahan dunia. 

Tomat sayuran buah favorit masyarakat Indonesia. Tomat merupakan sayuran segar untuk konsumsi langsung dalam keadaan mentah atau olahan jus tomat. 

Buah tomat juga menjadi bahan dasar utama bagi pabrik olahan makanan membuat saos tomat dan sambal tomat. 

Harga bibit tomat TM Marvel terbaik penghasil buah yang kaya vitamin A dan C serta kandungan likopen. 

Tomat menjadi salah satu komoditas utama Indonesia sehingga setiap tahun permintaan tomat terus meningkat dan menguntungkan bagi Petani dan juragan tomat. 

Tanaman tomat biasanya panen setelah 2 - 3 bulan masa tanam. Waktu panen tomat mulai bila kulit buah berwarna kemerahan. Tekstur buah juga sudah keras. 

Petani melakukan panen tomat dalam setahun sebanyak 12 - 13 kali dan satu pohon panen sebanyak 4 kg buah tomat. 

Pemupukan tomat berlangsung lebih dulu sebelum penanaman bibit tomat TM Marvel. Selanjutnya amati pertumbuhan tanaman sampai menghasilkan buah kemudian berikan pupuk lagi. 

Harga bibit tomat TM Marvel murah dengan hasil panen tinggi. Potensi hasil panen tomat mencapai 30 - 35 ton/hektar. 

Buah tomat padat tahan simpan selama 8 - 9 hari. Bobot buah tomat rerata 35 - 60 gram/buah. 

Baca Juga : Tomat TM Marvel Pilihan Petani Dataran Tinggi

Bibit Tomat TM Marvel 

jual benih, tomat, TM Marvel, Tani Murni, Cara menanam tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Tray Semai 
Persemaian Benih

Bibit tomat TM Marvel berasal dari hasil penyemaian benih tomat. Tempat persemaian benih tomat harus ada naungan atau atap dari plastik bening. 

Setelah benih berkecambah, buka tutup plastik dan pelihara bibit tomat TM Marvel selama lebih kurang satu minggu. 

Persiapan lahan tanam tomat atau menggunakan media tanah bila Anda tanam tomat dalam polybag atau pot. Jika tanam tomat dalam kebun, maka gemburkan tanah menggunakan alat cangkul. 

Bersihkan kebun dari gulma rumput liar. Ratakan dan haluskan kembali tanah. Buat bedengan menanam tomat dengan lebar 1 - 1,2 meter dan panjang tergantung kondisi lahan. 

Tinggi bedengan 20 - 40 cm dan bila Anda menanam saat musim hujan, buatlah tinggi bedengan lebih dari 30 cm. Buat lubang tanam menggunakan tugal sedalam 5 cm. 

Jarak tanam tomat yaitu 50 x 70 cm. Berikan pupuk dasar menggunakan pupuk kandang atau kompos telah matang dan masukkan ke dalam lubang tanam. 

Dosis pupuk kandang atau kompos sebanyak 10 - 15 ton/hektar. Tambahkan juga pupuk SP-36 sebanyak 200 - 250 kg/hektar. Kemudian tutup lubang tanam menggunakan tanah. 

Biarkan pupuk meresap pada tanah selama 7 hari dan Anda bisa melanjutkan mempersiapkan bibit tomat TM Marvel. 

Bibit TM Marvel siap untuk pindah tanam setelah umur 2 minggu. Hati-hati dalam memindahkan bibit tomat ke lahan tetap. Keluarkan bibit beserta tanahnya dan usahakan akar tidak rusak. 

Baca Juga : Trik Mencegah dan Mengatasi Kekurangan Kalsium Tanaman Tomat

Pemeliharaan Tanaman Tomat Agar Buah Lebat

jual benih, tomat, TM Marvel, Tani Murni, Cara menanam tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak

Pemeliharaan tanaman tomat agar berbuah lebat dengan memberikan pupuk mulai satu pekan setelah tanam. Tanaman tomat membutuhkan pupuk Urea dan KCl. 

Berikan pupuk yang sama saat tanaman berumur satu bulan. Dosis pupuk sebanyak 200 kg/hektar dan pupuk KCl sebanyak 100 kg/hektar. 

Pemberian pupuk sebanyak dua kali dan jumlahnya 1/2 dosis. Yaitu umur 1 minggu dan 4 minggu setelah tanam. 

Cara pemupukan tomat yaitu buat alur melingkar sedalam 3 cm dan jarak 10 cm dari pangkal batang. Sebarkan pupuk merata dalam alur lalu tutup dengan tanah secukupnya. 

Siram dengan air bersih tanaman tomat hingga basah namun tidak becek. Aliran air akan meresapkan pupuk dan membantu perakaran untuk dapat menyerap unsur hara. 

Lakukan penyiraman rutin setiap hari. Bila turun hujan, tanaman juga harus segera Anda bilas dengan air untuk menghindari tanaman terserang penyakit Antraknosa. 

Tanaman juga perlu pembumbunan dan penyiangan bersamaan dengan pemupukan yang kedua. Agar kualitas buah baik maka lakukan pemangkasan tunas. 

Cara menanam tomat pada musim kemarau, untuk mempertahankan kelembaban tanah, perlu kiranya pemasangan mulsa plastik hitam perak. 

Mulsa dapat membantu menjaga kelembaban tanah, menekan pertumbuhan gulma dan mencegah serangan penyakit akibat siraman air atau hujan yang terpercik mengenai daun atau batang tanaman. 

Pemangkasan tanama tomat bertujuan mengurangi jumlah tunas dan pucuk batang sehingga buah dapat besar maksimal. Apabila buah terlalu rimbun, kemungkinan ukuran buah akan kecil. 

Proses pematangan buah juga akan lebih lama karena tanaman terlalu rimbun. Bila pemeliharaan budidaya tomat tepat maka panen dapat berlangsung 10 kali. 

Baca Juga : Manfaat Tomat Dahsyat Bagi Tubuh dapat Ditanam Dalam Pot

Tanaman Tomat Tumbuh Sehat

Tanaman tomat dapat berproduksi dengan panen sebanyak 10 kali. Tomat jenis indeterminate panen setiap 3 hari sekali. 

Jumlah buah tomat panen sebanyak 10 - 16 kali. Cara agar tanaman tomat berbuah banyak yaitu dengan pemupukan sebanyak dua kali. 

Pemupukan tanaman tomat pertama saat satu minggu setelah tanam tomat dan kedua yaitu umur 25 HST saat tanaman mulai berbunga. 

Bila tumbuh pada alam bebas, tanaman tomat berbentuk seperti perdu. Ketinggian pohon tomat dapat mencapai 3 meter. 

Namun setelah tanaman tomat Kita budidayakan maka tingginya tidak lebih dari 2 meter. Tumbuhnya pun kadang kali kita harus menopangnya menggunakan ajir.

Ajir atau lanjaran berguna untuk menopan tegaknya pohon tomat agar tidak roboh karena angin dan hujan. Saat tanaman tomat mulai tumbuh semakin besar maka tempat tumbuhnya harus berganti. 

Bila menanam tanaman tomat da;am pot maka pindahkan ke pot berukuran lebih besar dari sebelumnya. Hal ini bertujuan agar akar tanaman dapat berkembang lebih sehat. 

Tanah tempat tumbuh tomat harus mengandung unsur hara cukup untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman. 

Pemakaian pupuk kandang atau kompos dalam jumlah cukup dapat memberikan asupan nutrisi tanaman. 

Tanaman tomat juga haris melalui proses pruning  atau pemangkasansecara berkala untuk menjaga tingkat produktivitasnya. 

Tanaman terlalu rimbun dan terlalu banyak daun justru menunjukkan pertumbuhan yang tidak baik. Hal tersebut karena saat akar menyerap nutrisi dalam tanah justru untuk daun. 

Sehingga perkembangan buah tidak mendapatkan asupan nutrisi cukup dan buah menjadi kecil-kecil. Sehingga perlu adanya pemangkasan agar jumlah daun tidak terlalu banyak. 

Pertumbuhan Pohon Tomat Agar Sehat

jual benih, tomat, TM Marvel, Tani Murni, Cara menanam tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah Tomat Muda

Pohon tomat agar tumbuh sehat harus melewati proses pemangkasan. Pada pohon tomat biasanya tumbuh tunas air. 

Tunas air adalah cabang kecil tumbuh pada ketiak batang. Meski tumbuh tunas batang baru namun tunas air tersebut tidak akan tumbuh besar dan justru akan menghabiskan nutrisi. 

Pohon tomat dapat tumbuh sehat dengan tidak terlalu membutuhkan banyak air. Namun jangan sampai tanaman kekurangan air atau tanah menjadi kering. 

Petani dapat menyiram pohon tomatnya selama dua hari sekali. Dan untuk pemupukan pohon tomat yaitu mulai umur satu minggu setelah penanaman bibit. 

Harga bibit tomat TM Marvel murah kulaitas terbaik. Bibit tomat TM Marvel tumbuh sehat bila mendapatkan sinar matahari penuh sebanyak 6 - 8 jam. 

Cahaya matahari mengenai langsung tanaman tanpa penghalang setiap harinya. Tanaman tomat juga tanaman lain membutuhkan sinar matahari berjam-jam untuk membuat bunga mekar dan berbuah. 

Pohon tomat dimana buahnya lama berbuah dikarenakan suhu yang kurang sesuai untuk tanaman. Tanaman timat menyukai suhu yang hangat untuk bisa berbuah. 

Suhu ideal pohon tomat yaitu 18 - 21 derajat Celcius untuk siang hari dan suhu 13 derajat Celcius malam hari. 

Bila suhu terlalu tinggi seperti sampai 29 derajat Celcius menyebabkan tanaman sulit berbunga dan sulit berbuah. 

Tanaman tomat menyukai tumbuh pada tanah subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik. Tingkat keasaman pH tanah berkisar antara 6 - 7,2. 

Baca Juga : Tomat Fortuna 23 Tahan Gemini Virus

Buah Tomat Tumbuh Sehat dan Segar

Agar buah tumbuh sehat dengan harga bibit tomat TM Marvel terbaik. Maka perlu pemeliharaan tanaman salah satunya yaitu pengendalian serangan penyakit. 

Pengendalian penyakit pada tanaman secara teknis yaitu dengan mencabut tanaman lalu membakar tanaman. Lakukan sistem tumpangsari atau rotasi tanaman selama 1 - 2 tahun. 

Gunakan mulsa plastik hitam perak, pasang lanjaran agar buah tomat tidak menyentuh permukaan bedengan. 

Gunakan bibit dengan tingkat ketahanan tinggi dari serangan hama dan penyakit. Pilih bibit tomat TM Marvel karena tahan penyakit akibat serangan virus, bakteri maupun jamur. 

Layu bakteri merupakan penyakit utama pada buah tomat. Tips bila menyerang buah tomat yaitu hindari genangan air pada bedengan tanaman tomat. 

Genangan air mempercepat penyebaran patogen penyakit. Kurangi pemberian pupuk Nitrogen karena pupuk Nitrogen berlebihan dapat mempercepat perkembangan patogen dalam tanah. 

Penyakit utama lain yang kadang muncul yaitu bercak daun pada tanaman tomat. Bercak daun berwarna abu-abu pada daun tomat penyebabnya adalah jamur Stemphylium solani.

Serangan jamur tersebut menyebabkan lesi pada daun, berwarna mengkilap bagian tengah daun dan ada retak. Semakin parah hingga menimbulkan lubang dan merusak daun. 

Lesi tumbuh membesar hingga 31 cm, menyerang daun hingga daun mati lalu rontok. Gangguan lain yaitu busuk buah tomat penyebabnya adalah kondisi cuaca yang kurang bagus. 

Cuaca tiba-tiba panas dan mendadak hujan menyebabkan buah tomat pecah. Penggunaan bibit tomat TM Marvel tahan pecah buah karena iklim ekstrem. 

Bercak putih daun karena serangan jamur Septoria. Menyebabkan timbulnya bercak melingkar kecil dan bagian tengahnya berwarna putih keabuan. Pinggiran daun berwarna gelap. 

Selanjutnya daun akan menguning, layu dan rontok. Penyebab daun menguning karena penyiraman air yang berlebihan atau air terlalu sedikit. Berikan air sesuai cuaca dan jenis tanah. 

Bibit Tomat TM Marvel Tahan Penyakit

Penyakit utama tomat yaitu penyakit layu tanaman. Penyebabnya yaitu jamur Fusarium oxysporum dan menyerang daun muda. 

Gejala serangan jamur Fusarium yaitu daun muda menjadi layu dan daun tua mengering. Kondisi lebih parah yaitu pertumbuhan tomat terhenti dan tanaman mati. 

Secara umum penyebab tanaman tomat layu karena kekeliruan saat menyiraman. Tanaman tomat membutuhkan air untuk kebutuhan batang dan daun tomat. 

Jika terlalu sedikit kita memberikan air atau jaral terlalu lama penyiramannya maka daun akan lemas dan lebih tipis. Daun mudah rusak, terserang penyakit dan rontok. 

Buah tomat akan berbuah hingga panen sebanyak 4 kali dalam setahun atau panen 3 bulan sekali. Hal ini sesuai nila umur panen 90 hari. 

Cara panen tomat yaitu dengan memotong tangkai buah menggunakan alat pisau. Potong buah sambil Anda pegang ujung buah menggunakan telapak tangan. 

Jaga agar kelopak bunga masih utuh dan harus hati-hati agar buah tidak rusak. Lama proses panen tomat hingga umur 100 hari. 

Buah tomat siap petik dapat Anda lihat dari ukuran buah, warna kulit, batang menguning dan tepi daun tua mengering. 

Demikian artikel Kami tentang Harga Bibit Tomat TM Marvel murah dan terbaik. Beli sekarang benih tomat terbaik di Toko pertanian LMGA Agro. 

Hubungi Kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Jual berbagai produk pertanian berkualitas lengkap mulai dari benih, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Harga bibit tomat TM Marvel murah dan tahan penyakit. Semoga artikel Kami menambah wawasan tentang cara menanam tomat dan pilih benih berkualitas untuk hasil terbaik. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.