TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/09/22

Jual Benih Terbaik Tomat Servo di Musim Hujan Cap Panah Merah - LMGA Agro

jual benih, tomat servo, menanam tomat di musim hujan, manfaat tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Servo F1
Jual Benih Terbaik Tomat Servo di Musim Hujan Cap Panah Merah - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih Tomat Servo di musim hujan. 

Ketahanan tomat Servo di musim hujan telah terbukti dan menjadi andalan Petani. Beli harga murah benih tomat terbaik di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Benih tomat Servo terbaik cap Panah Merah produk pabrik benih terpercaya. Benih berkualitas tersedia lengkap di kios pertanian online terdekat LMGA Agro. 

Supplier produk pertanian berkualitas terbaik mulai benih beragam varietas tanaman, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian sarana prasarana budidaya tanaman. 

Tomat Servo di musim hujan tumbuh baik dan tetap menghasilkan panen tinggi. Benih tomat Servo F1 jenis tomat hibrida favorit petani karena produktivitas tinggi. 

Benih tomat Servo di musim hujan tahan serangan virus dan rekomendasi untuk dataran rendah sampai menengah. Tanaman tahan penyakit layu bakteri dan Gemini virus. 

Tomat Servo di musim hujan benih berkualitas tahan penyakit dan produktivias tinggi. Tanaman tahan penyakit layu bakteri dan fusarium hingga serangan virus. Tomat Servo di musim hujan perhatikan kebutuhan tanaman dan kondisi tanaman serta lahan. 

Keunggulan tomat Servo di musim hujan juga tahan dengan iklim panas. Tomat servo di musim hujan panen umur 70 hari setelah tanam. 

Budidaya tomat Servo menyenangkan dan memudahkan bagi Petani karena tidak sulit. Asalkan jarak tanam tidak terlalu rapat, produktivitas tomat Servo tetap menguntungkan. 

Jarak tanam 50 x 50 cm memberikan hasil panen paling baik. Pemupukan juga harus berimbang dan menggunakan cara sistem tabur. 

Tomat Servo F1 Benih Berkualitas 


jual benih, tomat servo, menanam tomat di musim hujan, manfaat tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Servo F1
Tomat Servo di musim hujan tetap mampu berproduksi tinggi. Tomat Servo F1 tomat hibrida yang tahan virus dengan buah berukuran cukup besar. 

Benih rekomendasi untuk dataran rendah sampai dataran menengah. Tomat Servo F1 merupakan tipe tomat determinate. 

Tanaman tomat tipe determinate adalah pertumbuhan tanaman akan berhenti pada akhir musim atau setelah kemunculan bunga. Tipe tanaman tomat lainnya yaitu indeterminate. 

Indeterminate yaitu pertumbuhan tanaman tomat tidak terbatas meskipun sudah berbunga dan berbuah banyak. 

Tanaman tomat Servo F1 tahan iklim panas dan toleran. Tanaman tahan penyakit layu bakteri dan Gemini virus. Pertumbuhan dan hasil tanaman tomat Servo menunjukkan hasil tinggi setiap perlakuan. 

Jarak tanam paling baik yaitu 50 x 50 cm dengan hasil bobot buah tinggi. Tomat Servo di musim hujan juga perlu melaksanakan proses pemangkasan. 

Tujuan pemangkasan pohon tomat yaitu untuk mengurangi jumlah tunas dan pucuk batang sehingga perkembangan buah dapat maksimal. 

Bila pohon tomat terlalu rimbun maka buah akan berukuran kecil. Proses pematangan buah tomat juga akan lebih lama. 

Baca Juga : Jual Benih Tomat Hibrida F1 Corona 402 Cap Kapal Terbang

Pohon Tomat Servo Mudah Perawatannya

jual benih, tomat servo, menanam tomat di musim hujan, manfaat tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Tanaman Tomat
Saat Muda

Perawatan pohon tomat antara lain yaitu pemangkasan. Cara pemangkasan pohon tomat Servo di musim hujan dapat membuat buah tumbuh lebat dan ukuran buah besar. 

Ukuran buah besar sampai buah bagian atas. Teknik pemangkasan yaitu memangkas tunas air yang tumbuh banyak pada bawah cabang utama. 

Buang cabang tidak produktif dan sisakan satu cabang bila cabang tersebut tumbuh subur dan berbatang besar. 

Tomat Servo dapat Anda tanam di segala musim bahkan dapat berbuah lebat saat musim kemarau. Faktor cuaca menentukan pertumbuhan pohon tomat berkaitan dengan kondisi tanaman. 

Tanaman tomat tumbuh baik pada curah hujan antara 750 - 1250 mm per tahun. Pemupukan tomat menggunakan cara sistem tabur. 

Namun bila menggunakan mulsa plastik hitam perak maka pemupukan efektif menggunakan cara kocor. Pemupukan menggunakan pupuk NPK sebanyak 2 - 3 kali selama pertumbuhan tomat. 

Cara tugal atau tabur setiap tanaman sebanyak dosis 2 gram/tanaman. Persiapan tanam sebelumnya yaitu membuat lubang tanam pada mulsa dengan alat pelubang mulsa. 

Diameter lubang tanam 5 - 7 cm dan dalam satu bedengan terdapat dua lajur lubang tanam. Jarak antar lajur 70 - 80 cm dan jarak antar lubang dalam satu lajur 40 - 50 cm. 

Kedalaman lubang tanam sekitar 5 - 7 cm. Pemupukan susulan pertama yaitu mulai umur 5 hari setelah pindah tanam atau Anda dapat lakukan 7 hari setelah tanam. 

Baca Juga : Jual Bibit Tanaman Tomat Buah Hibrida F1

Budidaya Tomat Servo Menguntungkan 

Budidaya Servo menguntungkan dan menjadi andalan Petani karena benih tahan virus dan hasil buah tomat mudah pemasarannya. Tekstur buah padat sehingga tidak mudah rusak. 

Tomat mempunyai nama ilmiah Solanum lycopersium syn Lycopersicum esculentum ) merupakan tumbuhan dari Keluarga Solanaceae. Tanaman tomat tumbuhan asli Amerika tengah dan Selatan. 

Siklus hidup tomat singkat dan tumbuh setinggi 1 - 3 meter. Budidaya tomat Servo mampu bertahan dari iklim ekstrim dan hasil produksi tetap tinggi. 

Hasil semakin bertambah dengan melakukan teknik tumpang sari. Teknik tumpang sari sudah sejak lama menjadi pilihan Petani Indonesia karena manfaatnya besar. 

Prinsip teknik tumpang sari yaitu menanam sekaligus memadukan dua tanaman. Perpaduan dua tanaman menjadi tanaman tumpang dan tanaman sari. 

Keyakinan menggunakan teknik tumpang sari karena mampu mengoptimalkan pengolahan lahan dan meningkatkan hasil. 

Bahkan teknik tumpang sari turut menyuburkan tanaman. Menanam tomat Servo di musim hujan rentan ancaman serangan penyakit bila belum paham cara budidayanya.   

Contoh serangan penyakit tomat Servo di musim hujan yaitu serangan penyakit hawar daun oleh Phythoptora infestans dan penyakit bercak daun oleh Alternaria solani. 

Sedangkan penyakit buah tomat Servo di musim hujan yaitu serangan Antraknosa dan penyakit yang menyerang akar tanaman tomat, Layu Fusarium. 

Langkah menanam tomat Servo di musim hujan yaitu menggunakan benih berkualitas yaitu benih Servo. Sesuaikan dengan syarat tumbuhnya dan keunggulan masing-masing varietas. 

Benih tomat Servo di musim hujan terbukti mampu tumbuh baik. Benih tahan penyakit utama yang muncul saat musim hujan seperti penyakit karena serangan cendawan, bakteri dan virus. 

Baca Juga : Cara Menanam Tomat Berbuah Lebat Bebas Virus

Pemeliharaan Tomat Servo Agar Buah Lebat

jual benih, tomat servo, menanam tomat di musim hujan, manfaat tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Tanaman Tomat
Panen

Tomat Servo di musim hujan dapat rentang tanaman terendam air. Jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu lama maka mengakibatkan tanaman kena penyakit busuk akar. 

Selain itu, tanaman yang lama terendam air akan memicu berbagai jenis penyakit karena datangnya air hujan. Segera lakukan perbaikan drainase agar air tidak menggenangi bedengan dan saluran tanaman. 

Jangan sampai tanaman terlalu becek karena salauran air tidak cepat Anda perbaiki. Tata kembali saluran air agar air mengalir lancar. Air hujan dapat cepat meresap dalam tanah. 

Tomat Servo di musim hujan perlu menggunakan bedengan yang lebih tinggi yaitu lebih dari 30 cm. Rutin  melakukan pengawasan terhadap perkembangan tanaman agar tidak tergenang air. 

Awasi juga salauran air setelah turun hujan deras karena saluran air tidak boleh tersumbat. Padatkan juga sisi pinggir bedengan dan saluran agar tidak terjadi longsor. 

Guna mencegah perkembangan penyakit pada tomat Servo di musim hujan, lakukan aplikasi fungisida yang sesuai dengan jenis penyakit. Cara aplikasi harus sesuai takaran anjuran. 

Kendalikan penyakit bercak daun dengan fungisida dan dosis sesuai takaran. Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis seputar aplikasi fungisida pada tomat Servo di musim hujan. 

Fungisida harus mampu mengurangi perkembangan spora sehingga tidak ada penyebaran penyakit kembali. Demikian juga dengan penyakit antraknosa gunakan fungsida yang sesuai. 

Gunakan jarak tanam tidak terlalu rapat menanam tomat Servo di musim hujan. Jarak tanam lebar menyebabkan sirkulasi udara berjalan baik. 

Jarak tanam tidak terlalu dekat dapat mencegah terjadinya pecah buah atau fruit cracking tomat. Tomat Servo di musim hujan seringkali tanaman kena air hujan setiap hari.

Baca Juga : Benih Tomat Servo Andalan Petani dan Pedagang Sayur

Tanaman Tomat di Musim Hujan

Lakukan penyiraman setelah tanaman kena air hujan dan jangan biarkan tanaman begitu saja setelah kena air hujan. Usahakan untuk menyiram dan membilas tanaman menggunakan air bersih. 

Air hujan berbahaya bagi tanaman karena berpotensi membawa mikroba patogen penyebab penyakit. Hal ini karena air hujan mengandung Nitrogen tinggi dan menyebabkan patogen cepat berkembang. 

Setelah turun hujan, tanaman segera bersihkan dan siram menggunakan air bersih. Pakai pompa sprayer agar air kena seluruh bagian tanaman. 

Menggunakan air bersih untuk membilas tanaman setelah hujan turun berkaitan dengan masa inkubasi dan perkembangan bakteri atau jamur penyebab penyakit. 

Tomat Servo di musim hujan harus menggunakan bedengan yang lebih tinggi. Bedenga lebih tinggi membuat air hujan dapat segera meresap dalam tanah dan tidak sampai menggenang lama. 

Penyebaran spora dari patogen seperti penyakit antraknosa dapat menyebar melalui percikan air hujan mengenai tanaman. 

Atau genangan air yang lama pada drainase sehingga jamur dan bakteri cepat berkembang. Tinggi bedengan sebaiknya lebih dari 30 cm. 

Tomat servo di musim hujan harus menggunakan mulsa plastik hitam perak untuk menutup permukaan bedengan. Adanya mulsa plastik menyebabkan turunnya air hujan tidak langsung mengenai tanaman. 

Air hujan jatuh akan mengalir pada permukaan mulsa plastik dan turun ke drainase. Tanah bedengan tempat tanaman tumbuh juga tidak becek dan basah. Tanah juga tidak akan cepat padat. 

Pupuk Tomat Servo di Musim Hujan

Pemupukan dasar tomat Servo di musim hujan sebaiknya kurangi dosis pupuk Nitrogen. Karena saat musim hujan, kandungan Nitrogen bebas udara cukup tinggi. 

Yaitu akibat rekasi kimia dari awan berisi air hujan. Dan Nitrogen berlebihan udara bila tidak terserap tanaman dapat menubutkan cendawan seprti antraknosa. 

Oleh karena itu, tomat Servo di musim hujan pemberian pupuk ZA dan Urea tidak terpakai. Petani biasanya menggunakan pupuk majemuk seperti pupuk NPK 15-15-15. 

Pupuk NPK campur dengan pupuk TSP dan KCL sebagai pupuk dasar. Selaim itu juga menggunakan pupuk kandang atau kompos secukupnya. 

Pupuk Kalsium penting untuk tomat Servo di musim hujan. Peran pupuk Kalsium untuk meningkatkan imunitas tanaman dari serangan hama dan penyakit saat musim hujan. 

Pemupukan berimbang juga penting saat musim hujan. Pupuk dengan kandungan Fosfor sekitar 60% berperan merangsang buah agar tetap mulus. Batang pohon tomat juga lebih kuat. 

Pupuk KNO3 membuat bobot buah bertambah lebih berat. Pupuk KNO3 Merah berfungsi meningkatkan produktivitas buah tomat. 

Larutkan semua bahan pupuk pada air bersih dan dosis sesuai dengan anjuran pada kemasan. Selanjutnya kocorkan pada tanaman sebanyak 250 ml per tanaman. 

Baik juga bila memupuk dimana kandungan Nitrogennya lebih rendah dari unsur P dan K. Pupuk N penting bagi tanaman terutama untuk fase pertumbuhan vegetatif. 

Namun bila pemberian berlebihan dapat berakibat buruk bagi tanaman. Antara lain mengakibatkan kulit batang tanaman menipis, batang menjadi rapuh dan menjadi mudah patah. 

Baca Juga : Tomat Permata F1, Tomat Dataran Rendah, Ekonomis Hasil Melimpah

Tomat Servo di Musim Hujan Rentan Serangan Penyakit

Serangan hama dan penyakit dapat terjadi karena pemeliharaan tanaman kurang tepat terutama saat musim hujan. 

Tanaman tomat bila mendapatkan unsur Nitrogen berlebihan maka tanaman akan rentan penyakit. Karena tanaman mengalami sukulensi. 

Agar pemupukan berimbang maka berikan sesuai fase tanaman saat memasuki fase generatif. Tanaman kekurangan unsur P membuat batang lemah dan mudah patah. 

Salah satu fungsi unsur P yaitu membuat tanaman lebih kuat, kokoh dan batang tidak mudah patah. 

Pemberian unsur Fosfat dan Kalium tambahan di luar pemupukan utama maka bertujuan untuk menstabilkan tanaman saat mengalami fase perubahan iklim. 

Pupuk mengandung Fosfor dan Kalim membantu memperkuat batang tanaman sehingga tidak mudah patah karena angin atau turunnya hujan deras. 

Pemupukan P dan K dengan dosis tepat mampu menurunkan resiko rontoknya bunga dan membuat warna buah tomat merata. 

Pemupukan tepat dapat meningkatkan bobot buah mulai dari bawah hingga buah bagian atas saat panen. Perawatan utama tomat Servo di musim hujan yaitu pengaturan drainase air. 

Pengaturan drainase tanaman tomat yaitu sistem buka dan tutup hingga membuat akses aliran air yang baik. Apabila turun hujan deras, tidak terjadi genangan air hingga berlebihan. 

Lakukan juga penyiangan gulma liar pada sisi pinggir bedengan. Pemakaian mulsa plastik dapat menekan pertumbuhan gulma dekat tanaman. 

Saat musim hujan, gulma akan tumbuh subur dan cepat sekali berkembang. Lakukan juga pembumbunan dengan memperbaiki lahan bedengan yang tergerus air hujan. 

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

jual benih, tomat servo, menanam tomat di musim hujan, manfaat tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Buah Tomat Kaya Manfaat

Manfaat tomat bagi kesehatan dapat meningkatkan kesehatan tulang. Buah tomat merupakan sumber penting untuk menguatkan tulang yaitu vitamin K dan Kalsium. 

Manfaat tomat selain menjaga kondisi tulang dalam keadaan baik juga membantu memperbaiki jaringan tulang. 

Satu porsi tomat dengan berat 150 gram memiliki kandungan 26,8 gram Kalori dan 5,8 gram Karbohidrat. Selain itu juga terdapat serat, protein, berbagai vitamin dan mineral penting. 

Buah tomat kaya kandungan nutrisi, antioksidan dan senyawa bermanfaat lain. Manfaat tomat dapat mencegah atau membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh kita. 

Mengkonsumsi buah tomat mentah dapat membantu meringankan gejala menopause dan menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida. 

Diet kaya buah tomat terbukti mengurangi kolesterol jahat sehingga meningkatkan kesehatan arteri dan jantung kita. Mengkonsumsi buah tomat meningkatkan zat pengatir suasana hati, nyeri dan lain-lain. 

Kandungan utama tomat yaitu likopen yang mempunyai peran penting dalam membantu kesehatan manusia. Likopen pada tomat lebih tinggi dari jenis sayuran lain. 

Satu buah tomat ukuran sedang mengandung sebanyak 2 - 3 gram likopen. Konsumsi buuah tomat setiap hari bermanfaat menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker dan diabetes. 

Manfaat tomat untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, kulit dan penting bagi ibu hamil dan janinnya. 

Beli Benih Tomat Servo Cap Panah Merah

Benih tomat servo tahan penyakit bersama dengan melakukan pemeliharaan selama pertumbuhannya. Tomat Servo di musim hujan penting dalam melakukan aplikasi fungisida. 

Sebelum penyemprotan fungisida, potong bagian tanaman terserang penyakit untuk memutus rantai penyakit dan mencegah penularan. Sehingga tanaman lain sekitarnya tidak tertular penyakit. 

Petani biasa melakukan pengendalian penyakit paling lambat 10 hari sekali. Menjelang panen buah tomat, penyemprotan terakhir adalah satu minggu sebelum panen. 

Tomat adalah keluarga Solanaceae atau terung-terungan dan satu keluarga dengan kentang, cabai dan kelas terung lainnya. Namun batang tomat tidak berkayu seperti cabai. 

Batngnya bulat saat masih muda dan berubah persegi seiring bertambahnya umur tanaman. Saat musim hujan, pemupukan Nitrogen berlebihan menyebabkan pecah batang dan semakin parah. 

Pecah batang dapat Anda atasi dengan memasang ajir atau lanjaran sehingga batang tanaman selalu tegak. Bila batang tertekuk maka lama kelamaan akan rusak karena kena angin atau hujan deras. 

Demikian artikel Kami tentang tomat Servo di musim hujan. Cukup banyak tindakan untuk membantu pertumbuhan tomat Servo di musim hujan dan tetap berproduksi baik. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro melayani online belanja produk pertanian berkualitas terbaik. 

Kami juga menerima layanan konsultasi gratis. Jual kebutuhan bercocok tanam lengkap harga murah dan grosir produk terbaik. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.