TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/09/22

Jual Benih Berkualitas Untuk Jarak Tanam Tomat yang Ideal - LMGA Agro

jual benih, tomat, panah merah, benih berkualitas, benih terbaik, harga murah, jarak tanam tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Jarak Tanam Tomat yang Ideal

Jual Benih Berkualitas Untuk Jarak Tanam Tomat yang Ideal - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih tomat hibrida berkualitas harga murah. 

Jual benih tomat berkualitas terbukti hasil produksi tinggi dengan jarak tanam tomat yang ideal. Budidaya tanaman menguntungkan dan menghasilkan jarak tanam tomat yang ideal. 

Beli benih tomat terdekat dan berkualitas harga murah di Toko Pertanian LMGA Agro. Tersedia benih tomat unggul terlengkap. 

Harga murah produk pertanian berkualitas benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT sampai alat pertanian untuk sarana prasarana. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Jarak tanam tomat yang ideal dengan benih berkualitas harga murah di Toko Pertanian LMGA Agro online. Belanja online mudah, cepat dan praktis terjamin barang tiba sampai tujuan. 

Jarak tanam tomat yang ideal faktor penting mendapatkan hasil panen maksimal. Jarak tanam tomat yang ideal menentukan pertumbuahan tanaman berkaitan dengan hasil panen nanti. 

Jarak tanam tomat yang ideal penting menjadi perhatian karena berkaitan dengan produksi buah tomat. Jarak tanam tepat pertumbuhan tanaman mulai dari akar, batang, daun hingga pertumbuhan bunga akan maksimal. 

Budidaya tomat mudah tumbuh mulai ketinggian tempat yang rendah, menengah hingga tinggi lebih dari 700 m dpl. Tanaman tomat tumbuh baik pada tanah yang gembur dengan pH tanah 5 - 6. 

Tanam tomat dengan benih berkualitas tahan penyakit menjadikan pemeliharaan lebih mudah dan hasil panen pasti terbaik. 

Benih berkualitas buah tomat tersedia lengkap dan beragam pilihan sesuai lokasi tanam. Tanaman tomat umumnya menyukai suhu udara antara 24 - 28 derajat Celcius membuat buah berwarna merah merata. 

Tomat, Buah dan Juga Sayur

jual benih, tomat, panah merah, benih berkualitas, benih terbaik, harga murah, jarak tanam tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Tomat, Buah Sayuran

Tomat mempunyai nama lmiah Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum. Termasuk tumbuhan dari keluarga Solanaceae. 

Tomat merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko hingga Peru. Tomat merupakan tumbuhan dangan siklus hidup pendek. 

Tumbuhnya dapat mencapai tinggi hingga 1 - 3 meter. Tanaman tomat menghasilkan buah berwarna hijau, kuning hingga berubah merah saat matang. 

Meski sebutannya buah tomat namun lebih banyak berperan sebagai sayuran dalam masakan. Buah tomat juga dapat dimakan mentah atau langsung tanpa proses terlebih dahulu. 

Tanaman tomat memiliki batang dan daun yang tak bisa untuk konsumsi. Hal ini sama dengan anggota famili lain yaitu kentang dan terung karena mengandung alkaloid. 

Cara menanam tomat perbanyakan melalui persemaian lebih dahulu sampai tumbuh 4 daun sejati. Selanjutnya tanaman melalui pemindahan tanam menjadi bibit tomat. 

Panen buah tomat setelah umur 9 minggu setelah tanam. Pemetikan buah tomat setiap 5 hari sekali hingga buah habis.   

Sebagai buah, tomat juga memiliki manfaat tinggi terutama bagi kesehatan manusia. Manfaat buah tomat yaitu menjaga keseimbangan gula darah tubuh kita. 

Tomat menjadi kunci dalam penurunan berat badan. Buah tomat mengandung kromium guna membantu mengatur kadar gula darah tubuh. 

Buah tomat bersifat antioksidan yaitu likopen yang turut membantu mencegah masuknya radikal bebas, dapat melindungi tubuh dari nasalah pernapasan. 

Likopen buah tomat lebih tinggi dari jenis sayuran lain. Satu tomat berukuran sedang mengandung likopen sebesar 2 - 3 gram. 

Mengkonsumsi tomat setiap hari memberikan manfaat kesehatan tak terpikirkan sebelumnya. Manfaat buah tomat sebagai perlindungan tubuh dari sinar UV yang berbahaya. 

Baca Juga : Bercocok Buah dan Sayuran Jadi Hobi Menguntungkan

Cara Menanam Tomat Mudah Bagi Pemula

jual benih, tomat, panah merah, benih berkualitas, benih terbaik, harga murah, jarak tanam tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Tomat Berkualitas

Cara menanam tomat yaitu pada permukaan bedengan dan ada lubang tanam dengan jarak tanam tomat yang ideal. Lubang antar baris 60 - 80 cm dan jarak lubang dalam baris 40 - 50 cm. 

Total jumlah populasi dengan jarak tanam tomat yang ideal yaitu sekitr 25.000 - 30.000 tanaman. Persiapan lahan cara menanam tomat yaitu bersihkan lahan dari gulma dan rumput liar. 

Selanjutnya bajak tanah sampai teksturnya gembur. Setelah gembur kemudian membuat bedengan dengan lebar 1 - 1,2 meter dan panjang sesuaikan kondisi lahan. 

Tinggi bedengan sekitar 20 - 40 cm bila lahan kering atau tegalan. Pada lahan sawah, tinggi bedengannya lebih tinggi yaitu 50 - 60 cm. Jarak antar bedeng 40 cm sebagai drainase air. 

Langkah selanjutnya kedua yaitu melakukan penyemaian benih tomat. Siapkan tempat untuk persemaian yaitu tray semai atau polybag kecil. 

Media untuk menyemai benih yaitu tanah dan pupuk kandang ayak halus. Perbandingan 1 : 1 lalu campur merata dan masukkan ke tray semai atau wadah polybag. 

Masukkan benih satu per satu dalam lubang tray semai. Sebelumnya rendam benih dalam air hangat untuk mempercepat perkecambahan selama 5 - 6 jam. 

Tiriskan benih keringkan dengan angin lalu tanamkan ke media persemaian. Gunakan benih berkualitas dan terbukti keunggulannya. Benih terbaik tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro

Waktu untuk menyemai benih yaitu 25 - 30 hari semai. Penanaman bibit tomat untuk jarak tanam tomat yang ideal sebaiknya pada sore hari agar tanaman tidak layu dan beradaptasi dengan mudah. 

Saat penanaman bibit tomat, usahakan agar daun tomat tidak menyentuh tanah. Hal tersebut untuk menghindari daun kena penyakit busuk daun. 

Baca Juga : Jual Benih Tomat Adella 2403 F1 Terbaik dari Known You Seed

Pemeliharaan Tanaman Tomat Hingga Panen

jual benih, tomat, panah merah, benih berkualitas, benih terbaik, harga murah, jarak tanam tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Tanaman Tomat Buah Lebat

Pemeliharaan tanaman tomat meliputi penyulaman, penyiangan, penyiraman dan pemupukan susulan. Segera lakukan penyulaman begitu mengetahui ada tanaman mati atau layu. 

Penyulaman harus sampai bibit tomat umur 7 HST agar tanaman tomat dapat panen bersamaan. Penyiangan dengan mencabut rumput liar sekitar tanaman dan gunakan dengan tangan saja lebih aman. 

Lakukan penyiraman setiap hari atau sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jangan sampai tanaman kekeringan dan berikan air sesuai kondisi cuaca. 

Pemupukan susulan penting untuk menambah unsur hara dalam tanah dan tersedia bagi tanaman. Pemupukan tanaman tomat menggunakan cara tabur bila bedengan tidak tertutup mulsa plastik. 

Bila bedeng tertutup mulsa plastik maka pemupukan menggunakan cara kocor. Paling efektif menggunakan pupuk NPK dan berikan sebanyak 2 - 3 kali. Buat lubang pupuk samping tanaman. 

Dosis pupuk NPK 2 gram/tanaman dan mulai pertama yaitu umur 7 HST dan ulangi setiap 14 hari sekali. Atau bisa menggunakan pupuk tunggal ZA, TSP dan KCL dengan perbandingan 1 : 1 : 1/2. 

Panen tomat pertama yaitu umur 70 HST dan panen selanjutnya setiap 5 hari sekali sampai buahnya habis. Pemasaran buah tomat panen untuk jarak jauh sebaiknya pemetikan saat matang 75%. 

Yaitu tomat masih hijau dan perkiraan dalam 5 hari ke depan akan matang dan berwarna merah. Panen buah tomat untuk pemasaran jarak dekat dalam kota maka panen saat matang 90%. 

Yaitu buah tomat berwarna kuning kemerahan. Cara memetik menggunakan gunting panen bersih dan tajam lalu letakkan pada tempat teduh. Pisahkan buah sehat dengan buah yang busuk. 

Baca Juga : Jual Benih Tomat Betavila Buah Padat Hasil Tinggi

Syarat Tumbuh Ideal Pohon Tomat  

jual benih, tomat, panah merah, benih berkualitas, benih terbaik, harga murah, jarak tanam tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Alat Siram Tanaman

Pohon tomat mudah tumbuh pada segala tempat mulai ketinggian tempat kurang dari 200 m dpl hingga dataran tinggi lebih dari 700 m dpl. 

Untuk pertumbuhannya, pohon tomat menghendaki tanah gembur, humus dan mengandung pasir. Tanah memiliki pH sekitar 5 - 6 dengan pengairan teratur dan cukup. 

Bila tumbuh pada suhu tinggi lebih dari 32 derajat Celcius maka buah akan cenderung berwarna kuning. Dan suhu udara tidak stabil menyebabkan warna buah tidak merata. 

Suhu ideal dan pengaruhnya pada warna buah merah cerah yaitu suhu antara 24 - 28 derajat Celcius. Suhu dan kelembaban tinggi berpengaruh kurang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Produksi buah rendah dan kualitas buah juga menurun. Kelembaban ideal pohon tomat yaitu sekitar 80%. Pohon tomat tumbuh menyukai sinar matahari penuh selama 10 jam sepanjang hari. 

Jarak tanam tomat mampu meningkatkan bobot segar dan laju pertumbuhan tanaman. Tomat Servo berdasarkan penelitian menunjukkan pertumbuhan dan hasil baik semua jarak tanam. 

Jarak tanam tomat yang ideal yaitu 50 x 50 cm memberikan hasil bobot buah paling baik dan tinggi. Agar buah tomat lebat, tujuh langkah ini tidak boleh terlewatkan. 

1. Penyiraman Teratur

Penyiraman terkadang terlupakan meski sebenarnya sangat penting bagi tanaman. Siramlah tanaman tomat setiap hari dan jangan biarkan tanaman kekringan karena tidak mendapatkan air. 

Adanya air, tanaman dapat menyerap unsur hara dengan mudah dan unsur hara mudah bergerak ke bagian tanaman yang membutuhkan. 

Idealnya penyiraman sebanyak dua kali sehari namun bila turun hujan maka tunda dahulu penyiramannya. Karena bila terlalu basah juga membahayakan tanaman.  

Baca Juga : Jual Benih Tomat Sakura F1 Panah Merah 

2. Berikan Pupuk

Pohon tomat mudah tumbuh bahkan tanpa perawatan khusus. Namun akan berbuah lebat bila Anda menambahkan pupuk terbaik dan takaran yang tepat. 

Petani biasanya memberikan pupuk untuk tomat yaitu pupuk NPK, TSP atau SP-36. Bila tanaman mulai berbuah, intensitas pemberian pupuk harus meningkat agar hasil buah meningkat. 

3. Tanaman Cukup Mendapatkan Cahaya Matahari 

Pastikan bahwa tanaman tomat mendapatkan sinar matahari cukup agar buah tumbuh lebat. Cahaya matahari penting untuk proses fotosintesis tanaman dan pembentukan buah. 

Usahakan bahwa lahan tempat menanam tomat tidak ada pohon besar yang menaungi sehingga tanaman mendapatkan sinar maksimal. 

4. Pasang Mulsa Plastik Hitam Perak

Pemasangan mulsa plastik hitam perak pada bedengan lahan pohon tomat terbukti dapat meningkatkan hasil buah. Buah akan tumbuh lebih lebat pada bedengan yang tertutup mulsa. 

Peran mulsa plastik sebagai penutup bedengan dapat menjaga suhu tanah selalu stabil. Air jatuh ke permukaan mulsa tidak langsung mengenai tanaman. 

Sehingga tanaman aman dari penyakit dalam tanah dan tanah tidak terlalu lembab. Untuk pohon tomat dalam pot, gunakan jerami atau sekam mentah untuk menutupi permukaan tanah. 

Baca Juga : Tomat Gustavi Produk Panah Merah Tahan Virus

5. Rajin Memangkas Daun Paling Bawah

Jenis daun tomat ini harus segera pangkas saat tanaman mulai berbuah. Pertama yaitu daun bagian bawah karena bagian daun nawah tidak mendapatkan sinar matahari secara optimal. 

Justru daun paling bawah paling dekat dengan permukaan tanah sehingga rentan menyebarkan penyakit. Apalgi bila daun tersebut sudah tampak menguning dan mulai busuk. 

Kedua yaitu daun pada sendi antara 2 cabang tanaman. Daun tersebut harus Anda potong karena tidak akan berbuah. Justru daun tersebut menghabiskan nutrisi yang seharusnya untuk membesarkan buah. 

Buang juga daun-daun yang sudah layu dan rusak karena dapat menyebarkan penyakit pada seluruh tanaman.  

6. Batang Harus Tertanam dengan Benar

Batang pohon tomat harus tertanam dalam tanah sehingga pohon akan tegak berdiri dan kokoh. Setelah bibit tomat semakin besar maka pindahkan ke media pot yang lebih besar. 

Saat pemindahan, pastikan bahwa batang retanam dengan benar dan tidak mudah roboh karena angin dan hujan. 

Bila batang tertanam baik maka akar akan berkembang lebih kuat sehingga buah akan tumbuh lebat dan berukuran maksimal. 

7. Usahakan Lingkungan yang Banyak Angin

Agar buah tumbuh lebat maka tanamlah tomat pada area yang banyak kena angin. Karena pohon tomat yang sering bergerak karena angin akan lebih kokoh dan buah akan lebat. 

Idealnya pohon tomat letakkan pada luar ruangan agar mendapatkan supai angin cukup dan secara alami.  

Buah Tomat Sehat Karena Jarak Tanam Tomat yang Ideal

jual benih, tomat, panah merah, benih berkualitas, benih terbaik, harga murah, jarak tanam tomat, toko pertanian, online, lmga agro
Buah Tomat Matang

Buah tomat sehat bila penanaman dan perwatan tanaman tepat. Salah satu faktor penting menghasilkan buah tomat sehat yaitu jarak tanam tomat yang ideal. 

Jarak tanam tomat terlalu dekat dapat berakibat produksi buah yang sedikit. Jarak tanam tomat yang ideal harus teratur pelaksanaannya. 

Meski tampak sepele namun bila jarak tanam tomat yang ideal tidak teratur maka menimbulkan kerugian untuk tanaman dan produksi buah tomat. 

Jarak tanam tomat yang ideal menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan optimal dan produksi buah tinggi. Petani biasanya menerapkan jarak tanam tomat yang ideal yaitu 40 x 50 cm. 

Jarak tanam lebih lebar juga Petani memperoleh banyak keuntungan dan kemudahan. Jarak tanam 70 x 50 cm, buah tomat tidak mudah busuk. 

Lakukan tanam bibit tomat sebatas leher akar atau pangkal batang tanpa menyertakan batangnya. Pengertian jarak tanam adalah jarak panjang antara satu dengan tanaman lainnya. 

Jarak tanam menjadi jarak yang sesuai untuk perkembangan bagian atas tanaman dan perakaran cukup tersedia ruang tumbuh. Sehingga pilih jarak tanam tomat yang ideal untuk pertumbuhan tomat. 

Juga berkaitan degan tersedianya unsur hara dan kesuburan tanah. Ingin produksi tomat optimal, maka perhatikan jarak tanam tomat yang ideal dan tepat. 

Terbukti hasil penelitian, dengan jarak tanam tomat 70 x 50 cm tanaman lebih leluasa tumbuh dan terpenuhi semua unsur hara dalam tanah bagi tanaman. 

Tanaman juga mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup. Namun bila jarak tanam tomat terlalu dekat otomatis jumalah populasi tanaman semakin banyak. 

Berakibat pada perakaran tidak lelauasa dan tidak tumbuh dan bergerak dengan maksimal. Penyerapan unsur hara tidak maksimal sehingga pertumbuhan tanaman terganggu. 

Baca Juga : Jual Benih Tomat Hibrida F1 Corona 402 Kapal Terbang

Benih Tomat Berkualitas Hasil Produksi Tinggi

Tomat Servo F1

Benih tomat Servo cap Panah Merah hibrida tahan penyakit gemini virus. Umur panen 62 - 65 HST dengan hasil panen bobot buah yaitu 2 -3,5 kg/tanaman. Potensi hasil 45 - 73 ton/hektar. 

Benih tomat Servo produksi tinggi, buahnya keras dan bulat. Jumlah buah per tanaman mencapai 31 - 53 buah. 

Tanaman sangat vigor, tahan penyakit juga sangat toleran iklim panas. Berat per buahnya sekitar 80 gram, buah juga tahan busuk ujung buah. 

Tomat Lumina F1 

Benih tomat Lumina hibrida cap Panah Merah. Umur panen mulai 70 - 75 HST dan bobot per buah sekitar 70 - 80 gram/buah. Potensi hasil panen tinggi yaitu 50 - 60 ton/hektar. 

Tomat Tantyna F1

Benih Tomat Tantyna F1 hibrida cap Panah Merah untuk dataran rendah-menengah. Jenis tomat determinate dan tanaman sangat vigor. 

Tanaman tahan Geminivirus dan layu bakteri serta sangat toleran iklim panas. Bentuk buah bulat, berpundak hijau dengan bobot 80 g/buah. 

Tekstur buah keras dan toleran busuk ujung buah (BER). Panen mulai umur 70-75 HST dengan potensi hasil 50-60 ton/ha.

Tomat Betavila F1

Benih tomat Betavila F1 varietas hibrida cap Panah Merah tahan serangan virus. Ukuran buah lebih besar dari benih tomat lain cap Panah Merah. 

Berat rata-rata 90 gram. Persentase bunga menjadi buah cukup tinggi dan bunga tidak mudah rontok. Panen perdana buah yaitu umur 65 HST dengan interval 5 hari sekali. 

Buah keras cocok untuk pengiriman jarak jauh. Potensi hasil apanen mencapai 70 ton/hektar. 

Demikian artikel Kami tentang jarak tanam tomat yang ideal penting mengetahuinya untuk produksi panen maksimal. Jual benih tomat berkualitas harga murah dan lengkap di Toko pertanian LMGA Agro. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Beli produk pertanian lengkap terbaik harga murah. 

Tersedia produk beragam benih terbaik, pupuk, pestisida, ZPT sampai alat pertanian untuk sarana prasarana. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. Semoga bermanfaat dan salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.