TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

15/07/20

Jual Benih Tomat Adella 2403 F1 Terbaik dari Known You Seed


tomat adella, cara menanam tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tomat
 Adella 2403 F1
Jual Benih Tomat Adella 2403 F1 Terbaik dari Known You Seed. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online pertanian jual benih terbaik Tomat Adella 2430 F1 Hibrida dari Known You Seed.


Benih tomat Adella 2403 F1 tahan penyakit virus. Buah keras, tidak mudah pecah dan tahan pengangkutan. Produksi panen tinggi dan mudah pemeliharaannya. Tomat Adella 2403 F1 banyak disukai masyarakat sehingga bisa menjadi peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan.

Toko pertanian LMGA Agro online shop menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam petani. Produk lengkap dan berkualitas serta telah berpengalaman sebagai supplier toko pertanian. Kami menerima juga layanan konsultasi pertanian.

Kami mengajak juga bisnis online pertanian para dropship dan reseller benih, pestisida, pupuk dan alat pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bekerja sama dengan jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Benih tomat Adella 2403 F1 produk terbaik Known You Seed. Tomat tipe determinate produksi tinggi dan dapat dipelihara 2 batang per tanaman. Buah tebal dan tahan pengangkutan jarak jauh. 

Tomat Adella 2403 F1 produk Known You Seed dan jenis pertumbuhan determinate. Tomat determinate cocok dibudidayakan secara komersial karena panen biasanya dilakukan serempak. Hal ini karena tomat determinate berbunga sekali, berbuah lalu mati.

Tomat Adella 2403 F1 tahan penyakit virus sehingga membantu petani dalam hal pemeliharaan. Dengan perawatan yang baik dan benar, pemupukan berimbang dan pengendalian yang tepat, produksi buah tomat Adella bisa maksimal.


Karakteristik Tomat Adella 2403 F1 Known You Seed 


Benih tomat Adella 2403 F1 produk Known You Seed merupakan jenis tomat determinate. Bentuk buah lonjong dan berwarna merah saat matang/tua. Berat buah tomat Adella 2403 F1 kurang lebih 100 gram per buah. 

Buah tomat Adella 2403 F1 kulit tebal, keras dan tidak gampang pecah. Tekstur dagingnya baik dan tahan pengangkutan. 

Tomat Adella 2403 F1 tahan penyakit yang disebabkan virus. Dimana penyakit virus ini paling ditakuti Petani tomat dan sangat dihindari. 

Budidaya tomat Adella 2403 F1 mampu tumbuh di suhu udara 15 - 32 derajat Celcius. Pohon tomat Adella 2403 F1 mampu dipelihara sebanyak 2 cabang sehingga bisa menghasilkan buah yang banyak. 

Tomat Adella 2403 F1 Known You Seed tipe pertumbuhannya determinate. Jenis ini pertumbuhan vegetatifnya segera terhenti begitu memasuki fase pembungaan ( generatif ). Dan munculnya bunga hanya terjadi sekali dan muncul secara bersamaan.





Peluang Usaha Menjanjikan Budidaya Tomat Adella F1 


tomat adella, cara menanam tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Tomat
Nama latin tomat adalah Solanum lycopersicum. Tomat jenis buah untuk sayuran dan banyak diminati oleh masyarakat. Masyarakat paham akan manfaat penting dari buah tomat dan kesegaran jus tomat. Manfaat tomat untuk wajah juga menjadikan tomat banyak dicari orang. 

Petani menyukai budidaya tomat karena cara menanam tomat tergolong mudah dan tidak merepotkan. Tomat Adella 2403 F1 memiliki potensi panen tinggi sehingga menguntungkan bagi petani. Saat panen tiba, petani bisa panen setiap hari. 

Tomat Adella 2403 F1 adalah jenis determinate dan umumnya untuk ditanam di dataran rendah. Petani dapat panen 3 hari sekali dengan produksi tinggi. Produksi buah tomat Adella bisa sampai 10 kali panen tomat.     

Produksi tomat di pasar menjadi komoditi penting dan ketersediannya harus memenuhi kebutuhan pasar. Penting sekali petani memanen tomat setiap hari untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sehingga panen dapat meningkat pesat dan petani cepat mendapatkan keuntungan dari usahanya. 

Agar dapat panen setiap hari, sebaiknya tidak menanam tomat secara bersamaan. Tetapi ditanam 1 bulan kemudian untuk penanaman berikutnya. Hal ini karena produksi panen pertama dan kedua tomat yaitu sekitar 5 - 10% dari total. Puncak produksi yaitu panen ke-4 dan ke-5.

Bila penanaman serentak, besar kemungkinan panen di bulan pertama masih sedikit dan tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun jika penanaman tidak serempak maka Petani mendapatkan panen maksimal. Terutama saat puncak produksi dan bisa panen lagi untun kebun tomat lainnya. Dengan begitu, petani dapat panen setiap hari.

Tomat Adella 2403 F1 dikenal mengandung banyak vitamin dan mineral. Buah dengan ciri khas rasa agak masam ini kerap digunakan untuk bumbu masakan bahkan untuk sambal tomat. Tomat Adella 2403 F1 juga bagus untuk kecantikan wajah dan kulit sebagai masker kecantikan. 



Manfaat Tomat Adella 2403 F1 Known You Seed


Tomat Adella 2403 F1 kaya akan kandungan air dan mengandung zat gizi penting untuk tubuh kita. Kadar air dalam buah tomat Adella 2403 F1 mencapai 95% dan sisanya terdiri atas karbohidrat dan serat tak larut air. 

Buah tomat Adella 2403 F1 memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Mengandung vitamin C, K1, K, B9 ( folat ), B dan kalium. Tomat Adella 2403 F1 mengandung antioksidan penting seperti likopen, beta-karoten, naringenin, asam klorogenik, klorofil dan karotenoid. 

Tomat Adella 2403 F1 merupakan sumber vitamin C dan antioksidan. Bermanfaat membantu melawan radikal bebas pemicu kanker. Tomat Adella mengandung beta karoten tinggi mampu mencegah perkembangan tumor pada kanker prostat. 

Likopen pada buah tomat Adella 2403 F1 merupakan senyawa polifenol penyusun warna merah pada tomat dan pencegah penyakit kanker. Penelitian ahli Jepang bahwa konsumsi tomat dan sayur lainnya yang kaya beta karoten dapat mengurangi risiko kanker usus besar. 

Manfaat tomat Adella 2403 F1 mampu mengontrol tekanan darah. Konsumsi garam dan natrium dapat mengontrol tekanan darah untuk tetap ideal dan stabil. Tomat mengandung Kalium tinggi dapat menjaga tekanan darah agar stabil. 

Kandugan serat, kalium. vitamin C dan kolin bermanfaat menunjang kesehatan jantung. Asupan tinggi kalium pada tomat dan mengurangi asupan natrium dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Tomat Adella 2403 F1 mengandung Folat bermanfaat membantu menyeimbangkan kadar homosistein. Homosistein adalah asam amino dari hasil pemecahan protein. Pemecahan protein ini menjadi penyebab tingginya risiko serangan jantung dan stroke. 

Peran kalium dalam tomat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Juga dapat mencegah rusaknya otot, menjaga kepadatan tulang dan mencegah gagal ginjal. 

Asupan tomat Adella 2403 F1 yang kaya serat mampu membantu mengelola kadar gula darah, lipid dan insulin penederita diabetes tipe 2. 



Manfaat Tomat dan Jus Tomat Untuk Wajah


Tomat Adella 2403 F1 banyak dikonsumsi dalam bentuk jus tomat, baik untuk wajah sekaligus kecantikan. Juga baik untuk kesehatan tubuh kita keseluruhan. 

Tomat Adella 2403 F1 mengurangi risiko berbagai kanker. Termasuk risiko kanker kulit. Adanya kandungan likopen yaitu senyawa karotenoid yang bersifat antikanker. Tomat banyak dimanfaatkan sebagai masker wajah. Namun cara terbaik mendapatkan manfaat tomat adalah memakannya langsung.

Likopen, betakaroten, lutein, vitamin E dan vitamin C dalam tomat memiliki sifat anti-radang. Bermanfaat meredakan inflamasi dan iritasi kulit.

Kolagen adalah sejenis protein penyusun bagian tubuh termasuk kulit. kadar kolagen cukup maka elastisitas kulit bisa terjaga. Vitamin C dalam tomat salah satu zat perangsang produksi kolagen dalam tubuh. Sehingga vitamin C dapat meningkatkan elastisistas kulit. 

Tomat mengandung vitamin B kompleks dan mermanfaat memperlambat penuaan kulit. Tomat Adella 2403 F1 mengandung kalium dan kalium rendah dalam tubuh menyebabkan kulit kita kering. 

Jus tomat mengandung banyak air dan serat membantu melancarkan saluran pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan melancarkan BAB. Jus tomat baik untuk kesehatan mata dan melindungi mata dari kerusakan ringan akibat paparan cahaya dan katarak. 

Bagi ibu hamil, jus tomat kaya kandungan folat dan baik untuk kesehatan janin. Folat dapat mencegah cacat syaraf pada bayi baru lahir. Namun hati-hati bagi orang yang sensitif zat terlalu asam pada tomat. Karena bisa menyebabkan rasa mulas sehingga dianjurkan tidak makan berlebihan. 

Mengkonsumsi tomat dalam bentuk jus tomat lebih baik karena likopen lebih cepat dan mudah dicerna oleh tubuh. Likopen merupakan jenis lemak yang larut dan kadar lebih tinggi pada tomat yang diolah dibandingkan dimakan segar. 





Tanaman Tomat Adella 2403 F1


tomat adella, cara menanam tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tomat Adella 2403 F1 Cocok untuk Hobi Berkebun
Tomat merupakan tanaman asli dari Peru dan Equador kemudian dibawa orang Spanyol hingga menyebar ke Eropa dan berbagai negara. Syarat tumbuh cara menanam tomat antara lain : 

- Tomat dapat tumbuh disemua ketinggian tempat. 
- Suhu optimum ideal adalah 15 - 24 derajat Celcius. 
- Tomat sensitif terhadap suhu panas akibatnya produksi akan rendah. Terkhusus saat malam hari untuk pembentukan bunga. 
- Curah hujan optimum adalah 750 - 1250 mm/tahun. 
- Menyukai kondisi tanah yang berdrainase baik, tanah subur, gembur dan pH 6 - 7. 

Tanaman tomat Adella 2403 F1 lebih baik ditanam di dataran rendah. Tanaman tomat peka dan segera menunjukkan gejala bila tanah kekurangan zat unsur hara. Tanaman tomat Adella 2403 F1 tidak tahan terhadap hujan. Sebaiknya menanam tomat 2 bulan sebelum dan awal musim kemarau. 

Pemakaian mulsa plastik hitam perak pada budidaya tanaman tomat Adella 2403 F1 menjadikan perawtan tomat semakin mudah. Hasil dan kualitas tomat juga bagus karena kondisi tanah terjaga kelembabannya. Pupuk juga lebih banyak diserap tanaman. Pertumbuhan gulma minim sehingga persaingan unsur hara kecil. 

Mulsa plastik hitam perak dapat mencegah pencucian pupuk oleh air hujan maupun air siram. Tanah terjaga kelembabannya. Tanaman tomat Adella bisa terhindar dari percikan air. Pertumbuhan gulma bisa ditekan.  

Bila lokasi di daerah basah dan berudara lembab sebaiknya menanam tomat Adella 2403 F1 pada musim kemarau. Tanaman tomat menghendaki iklim kering dengan suhu siang 18 - 27 derajat Celcius. Dan suhu malam hari 15 - 20 derajat Celcius. 

Tanam tomat Adella 2403 F1 membutuhkan penyinaran penuh sepanjang hari namun terlalu terik juga tidak disukai. Penyinaran matahari minimal 8 jam per hari. 



Persemaian Cara Menanam Tomat Adella 2403 F1


Berdasar tipe tumbuhnya, jenis tomat dibedakan menjadi 3 tipe, yaitu : 

- Tipe In-determinate. Tanaman tomat akan terus tumbuh fase vegetatifnta meskipun sudah muncul bunga. tanaman akan terus bertambah tingginya dan muncul banyak tunas samping. Pembungaan tidak serempak sehingga masa panen lebih panjang. Cocok ditanam sebagai usaha rumahan di pekarangan karena masa berbuahnya bertahap. 

- Tipe Semi-determinate. Tanaman tomat lebih sedikit menghasilkan wiwilan atau tunas samping. 

- Tipe determinate. Tanaman tomat akan berhenti pertumbuhan vegetatifnya ketika memasuki fase generatif ( pembungaan ). Bunga muncul sekali dan bersamaan. Tipe ini cocok untuk budidaya komersial karena panen terjadi serempak. 

Tomat Adella 2403 F1 rekomendasi untuk tipe determinate. Sebelum ditanam, benih harus disemaikan dalam pembibitan dengan media yang subur dan gembur. 

Persemaian tomat Adella 2403 F1 dibuat berbaris atau menggunakan tray semai sesuai jumlah kebutuhan bibitnya. Kebutuhan bibit untuk lahan 1 hektar sebanyak 300 - 400 gram benih. Benih disemai dalam bedeng atau dalam polybag atau menggunakan tray semai. 

Letakkan pada tempat ada naungan atau tutu plastik yang bisa dibuka tutup. Tujuan tutup persemaian untuk mempertahankan kelembabannya.

Media semai menggunakan pasir, sekam bakar atau abu dapur. Siram secara rutin setiap pagi agar kelembaban terjaga. Sebar benih merata dan tidak saling bertumpuk. Media tanam pembibitan berupa tanah gembur dan dicampur pupuk organik. 

Bibit umur 2 - 3 minggu dan 3 - 4 helai daun, bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan tetap. 





Persiapan Lahan Menanam Tomat Adella 2403 F1


tomat adella, cara menanam tomat, jual benih tomat, toko pertanian, online shop, lmga agro
Alat Pelubang Mulsa
Pemilihan lahan menanam bibit tomat Adella 2403 F1 tidak menggunakan lahan yang sebelumnya ditanami kentang, terong, tomat ( satu famili ). Karena tanaman satu famili, hama dan penyakit penyerangnya adalah sejenis. Sehingga hama dan penyakit mudah berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain. 

Selanjutnya adalah membuat bedeng, lebar 120 cm untuk 2 baris tanam atau lebar 50 - 60 cm untuk barisan tunggal. Lalu lahan diolah dengan cara dicangkul atau dibajak sedalam 15 - 20 cm. Gemburkan lalu beri pupuk organik. 

Jarak tanam menanam tomat mempertimbangkan jumlah batang dalam satu tanaman yang akan kita tumbuhkan. Tomat Adella 2403 F1 dapat ditumbuhkan 2 batang satu tanaman sehingga jarak tanam 70 x 70 cm. Jarak tanam pangkasan berbatang tunggal 50 x 70 cm. 

Pemakaian mulsa plastik hitam perak memudahkan dalam pemeliharaannya. Pemasangan mulsa sebaiknya saat matahari bersinar sangat terik sehingga mulsa mudah memuai dan menutup rapat. 

Mulsa dipasang dengan bagian perak menghadap ke atas karena akan membantu pemantulan cahaya matahari. Juga dapat berfungsi sebagai sumber cahaya bagi daun-daun tomat bagian bawah berfotosintesis. 

Pantulan cahaya dari mulsa tidak disukai oleh hama kutu pembawa virus, seperti Aphids dan Thrips. Hama-hama tersebut suka bersembunyi di daun bagian bawah tomat. 

Pemasangan mulsa butuh minimal 4 orang karena masing-masing memegang ujung mulsa di tiap sisi ujung bedengan. Dan dua lainnya memegang di sisi samping bedengan. Tiap ujung dan tengah dipasang pasak untuk mengunci erat mulsa. Lalu biarkan selama 2 minggu untuk proses dekomposisi tanah. 

Lubang tanam dapat dibuat di permukaan mulsa mengguanakan alat pelubang mulsa. Alat tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro. Gunakan jarak tanam 60 x 70 cm atau 70 x 70 cm dan tidak terlalu rapat agar sirkulasi udara bisa merata ke seluruh tanaman. 



Pemeliharaan Budidaya Tomat Adella 2403 F1


Lanjaran Tanaman Tomat

Lanjaran tanaman tomat dikhususkan untuk tipe pertumbuhan in-determinate dimana tanaman masih bertambah tinggi meski sudah muncul bunga dan buah. Tomat in-determinate banyak ditanam di dataran tinggi. Lanjaran berupa kayu atau bambu.  

Lanjaran membuat tanaman tumbuh tegak dan tidak mudah roboh. Juga mampu memperpanjang umur tomat untuk terus menghasilkan buah. Tanaman tomat Adella 2403 F1 tipe pertumbuhan determinate. 


Penyiraman

Tanaman tomat Adella 2403 F1 membutuhkan air cukup dan selalu tersedia. Penyiraman dilakukan sesuai kondisi lahan. Jika penanaman di musim hujan maka penyiraman tidak dilakukan setiap hari. Perhatian lebih terhadap saluran drainase dan pastikan air hujan tidak menggenang di sekitar tanaman.  


Pemupukan


Pemupukan susulan tanaman tomat pertama diberikan pada hari ke-10 setelah penanamanan. Pemupukan NPK dosis 25 gr/liter air, KNO3 Merah dosis 2 - 5 gram/liter air dan Ultradap 5 - 10 gram/liter air. Pemupukan diulang tiap 10 hari sekali.


Jika menanam tomat pada musim hujan, tambahkan pupuk Kalsium dosis 1 gram/liter air untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Campurkan pupuk dan aduk sampai benar-benar larut.

Larutan pupuk dikocorkan ke tanaman sebanyak 220 ml/tanaman pada lubang disamping pohon tomat. Lubang pupuk dibuat berjarak 10 - 15 cm dan kedalaman 10 - 15 cm. Tutup lubang pupuk menggunakan tanah dan jangan sampai daun terkenan kocoran pupuk.


Pemangkasan ( Pruning )

Tujuan pemangkasan adalah untuk memaksimalkan penerimaan cahaya bagi proses fotosintesis. Pemangkasan dapat meminimalkan penyebaran penyakit. Jika tanaman terlalu rimbun dan bersentuhan antar tanaman, sirkulasi udara terganggu. Kelembaban udara meningkat dan penyakit mudah muncul.

Pemangkasan tomat Adella 2403 F1 sebagai tipe determinate yaitu pangkas semua wiwilan/tunas samping yang tumbuh dibawah cabang buah paling bawah. Setelah itu, wiwilan akan tumbuh dan biarkan saja untuk produksi buah.



Pohon Tomat Adella 2403 F1


Pohon tomat Adella 2403 F1 bisa dipelihara 2 batang per tanaman untuk mendapatkan produksi buah yang melimpah. Tipe tomat determinate seperti tomat Adella 2403 F1 tidak banyak dilakukan pemangkasan seperti tipe tomat in-determinate. 

Pemangkasan tomat in-determinate harus dilakukan terutama pada tunas samping atau wiwilannya agar pohon tomat dapat memproduksi buah. Pertumbuhan vegetatif tanaman in-determinate terus terjadi meski sudah muncul bunga. 

Bila tunas samping tidak dipangkas maka nutrisi yang seharusnya fokus untuk pembesaran buah jadi terserap ke pertumbuhan vegetatif. Akibatnya nutrisi hanya sedikit tersimpan menjadi buah dan buah menjadi kecil-kecil. 

Jika menginginkan berbatang tunggal, buang semua daun dan wiwilan di bawah cabang buah paling bawah. Seiring bertambahnya tinggi pohon tomat, wiwilan yang tumbuh harus disingkirkan. 

Jika ingin dipelihara 2 batang ( batang ganda ), satu wiwilan dibawah cabang buah paling bawah harus dibiarkan tumbuh. Semua tunas samping di kedua batang dibuang. Keuntungan batang ganda ini jika salah satu rusak masih ada batang lain. 

Sama halnya jika ingin menumbuhkan 3 batang maka 2 tunas samping di bawah cabang buah terbawah dibiarkan tumbuh. Tunas samping lainnya harus disingkirkan. 





Hama Tanaman Tomat


tomat adella, cara menanam tomat, jual benih tomat, toko pertanian, online shop, lmga agro
Hama dan Penyakit Tanaman Tomat
Tanaman tomat perlu pemeliharaan khusus karena tanaman ini rentan terkena hama dan penyakit. Hama yang umum menyerang adalah ulat dan kutu. Dibawah ini beberapa hama pada tanaman tomat. 


Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon )

Ulat ini menyerang tanaman tomat di malam hari. Siang hari ulat tanah bersembunyi dalam tanah atau diballik mulsa plastik. Cara menyerangnya dengan memotong sehingga terkenal sebagai ulat pemotong. Pengendalian : insektisida berbahan aktif karbofuran 1 gram pada lubang tanam. 


Ulat Grayak ( Spodoptera litura )

Menyerang daun tomat serempak dan jumlah banyak. Penyerangan dilakukan malam hari dengan sistim memakan daun dan buah tomat. Gejala : bercak-bercak putih berlubang. Pada buah ditemui adanya lubang tak beraturan pada permukaannya. Pengendalian insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin dan lain-lain. 


Ulat Buah ( Heliothis armigera )

Serangannya dengan cara melubangi buah lalu memakannya. Pengendalian mengguankan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos dan lain-lain. 


Kutu Daun ( Myzus persiceae )

Kutu menghisap cairan pada tanaman tomat terutama daun muda. Kotoran kutu daun berasa manis dan disukai semut. Inilah tanda bila ada semut disekeliling tanaman pertanda ada kutu daun. Serangan parah : daun klorosis, menggulung dan mengeriting. Pohon tomat menjadi kerdil. Pengendalian insektisida berbahan aktif abamectin


Kutu Kebul ( Bemisia tabaci )

Hama berwarna putih, bersayap dan tubuhnya diselimuti serbuk putih mirip lilin. Kutu kebul menyerang dengan cara menghisap cairan sel daun tomat sehingga sel-sel dan jaringan daun. Pengendalian : insektisida berbahan aktif abamectin, tiametoksam, imidakloprid dan lain-lain.


Lalat Buah ( Dacus dorsalis )


Lalat betina dewasa menyerang buah, menyuntikkan telurnya masuk ke dalam tomat. Telur nanti akan menjadi larva dan menggerogoti buah sampai buah menjadi busuk. Pengendalian dengan membuat perangkap lalat buah. Toko pertanian LMGA Agro jual perangkap lalat buah Yellow Trap.




Penyakit Tanaman Tomat


Penyakit layu bakteri, layu fusarium, busuk phytopthora atau cendawan lain yang menyerang akar. Kesemuanya biasanya juga disebabkan bekas gigitan cacing atau nematoda. Nematoda pada tanaman tomat adalah Meloidogyne incognita. 

Serangannya ditandai adanya bintil-bintil pada akar. Ukuran cacing tanah ini sangat kecil dan merupakan jenis cacing parasit yang menyerang akar tomat. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif karbofuran 1 gram/lubang. 

Tanaman tomat akan mudah terserang penyakit saat musim hujan. Karena saat hujan, kondisi lingkungan sangat lembab. Dibawah ini penyakit tanaman tomat. 


Layu Fusarium

Gejala layu fusarium : tanaman tiba-tiba layu, segar kembali sore hari dan pagi hari. Hingga akhirnya tanaman mati. Penyebabnya adalah cendawan patogen Fusarium oxysporum. Cendawan awalnya menyerang akar dulu lalu naik ke atas menyebar ke seluruh tanaman. 

Pencegahan : penggunaan benih tahan penyakit Fusarium, pemakaian mulsa plastik dan menjaga kelembaban. Cendawan berkembang cepat di musim hujan dan kelembaban tinggi. Aplikasi agen hayati Trichoderma sp. saat pengolahan tanah. Tanaman terserang segera dicabut dan dimusnhkan. 


Bercak Daun

Penyebab : cendawan Cercospora capsici. Menyerang daun dan timbul bintik-bintik bulat berwarna hitam kecoklatan. Selanjutnya daun akan menguning dan kemudian rontok. 

Pengendalian : jaga selalu kebersihan kebun, bersihkan gulma, pemakaian mulsa plastik terutama penanaman di musim hujan. Jarak tanam tidak terlalu rapat saat musim hujan. Penyemprotan fungisida berbahan aktif mankozeb, antracol, score dan lain-lain. 


Layu Bakteri ( Pseudomonas solanacearum )


Gejala terkena yaitu layu pada pucuk tanaman atau daun tua menguning. Bila batang dipotong tampak cairan berwarna susu seperti lendir. Layu bakteri banyak menyerang tanaman tomat di dataran rendah dan di musim hujan. Serangan berat menyebabkan kelayuan dan mematikan seluruh tanaman.

Pengendalian : Rotasi tanaman bukan tanaman satu fanili, penggunaan benih tahan penyakit dan perhatikan selalu drainase. Jangan sampai ada air menggenang karena menjadi tempat penyebaran penyakit. Penyemprotan menggunakan bakterisida


Mosaik

Ditandai adanya warna seperti mosaik pada daun. Tanaman menjadi kerdil. Pengendalian : mencabut tanaman terserang lalu dimusnahkan. 


Busuk Buah

Ada 2 jenis cendawan penyebab busuk buah : 

- Cendawan Thanatephorus cucumeris gejalanya adanya bercak kecil berwarna coklat pada buah tomat. Bercak lama kelamaan akan membesar dan cekung. Lalu buah menjadi busuk dan rontok. 

- Cendawan Colletotrichum coccodes gejalanya terdapat bercak kecil, bulat dan berair. Lama kelamaan bercak akan cekung. Terdapat juga bercak ungu pada pangkal buahdekat tangkai buah. 

Pengendalian : rotasi tanaman bukan tanaman sefamili, menjaga kebersihan dari gulma dan mencabut tanaman lalu dimusnahkan. Serangan parah, semprot menggunakan fungisida mankozeb atau kaptafol.


Busuk Daun ( Phytopthora infestans )

Gejala : adanya bercak basah dan berwarna hitam pada ujung daun. Lalu meluas ke seluruh bagian daun sampai tangkai daun. Penyakit mudah menyebar di musim hujan dan kelembaban yang tinggi. 

Pengendalian : mencabut tanaman terserang lalu dimusnahkan dan penggunaan benih tahan penyakit. Penyemprotan menggunakan fungisida mankozeb, antracol, score dan lainnya. 


Tomato Yellow Leaf Curl Virus ( TYLCV )

Yaitu virus penyebab kuning-keriting pada daun tomat. Virus merupakan salah satu anggota virus dari Suku Geminiviridae seperti virus keriting bule pada cabai. Gejala : daun muda mengkerut, keriting dan berwarna kuning. Pada daun tua terjadi penyusutan. Vektor hama penyakit ini adalah kutu kebul. 

Penyakit virus tidak ada obatnya. Pengendalian dengan mencabut dan memusnahkan tanaman terserang. Pengendalian dengan menyemprot insektisida di kutu kebul menggunakan abamectin. 



Panen Tomat Adella 2403 F1


Umur panen tomat Adella 2403 F1 umur 60 HST dan rata-rata bobot buah adalah 100 gram/buah. Tomat Adella 2403 F1 matang berwarna merah mengkilap. Panen tomat tergantung dari kebutuhan pemasaran. Biasanya panen tomat ketika buah masih hijau namun sudah masak penuh. 

Panen disesuaikan juga dengan jarak atau lama penyimpanan sehingga ketika sampai pada pembeli, warna buah telah menjadi merah. Daya tahan penyimpanan tomat adalah 2 - 3 minggu pada suhu 13 derajat Celcius dan kelembaban 90 - 95%. 

Buah tomat telah masak dapat tahan disimpan selama 1 minggu pada suhu 7 derajat Celcius dan kelembaban 90%. Bila suhu lebih rendah lagi, tomat akan mengalami kerusakan akibat suhu rendah atau disebut chilling injury.

Panen tomat Adella 2403 F1 bisa dilakukan bertahap atau serempak karena merupakan jenis tomat determinate.Tipe determinate, tanaman setelah dipanen akan mati karena bunga hanya muncul sekali serempak. 

Sebaiknya waktu panen pada pagi hari dan bisa dilanjutkan sore harinya. Tomat siap panen pada kulit buahnya telah berubah dari hijau menjadi kekuning-kuningan. Bagian tepi juga menguning dan bagian batang mengering.

Demikian artikel kami judul : Jual Benih Tomat Adella 2403 F1 Terbaik dari Known You Seed. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual online benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami juga menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Siap membantu Anda segala permasalahan di lapangan. Kami juga siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, Pos Indonesia, KI8 dan lain-lain. 

Semoga artikel kami dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca, petani dan para hobiis berkebun. Cara menanam tomat Adella 2403 F1 mudah dan tidak rumit asalkan diikuti semua langkah-langkahnya dengan baik dan benar. 

Peluang usaha menguntungkan dan menjanjikan dalam budidaya tomat Adella 2403 F1. Dapat Anda jadikan usaha kecil di rumah baik dijual sendiri langsung maupun tidak. Selamat mencoba dan salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.