Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

12/03/2023

Read

Daun Bawang Fragrant Terbaik Potensi Hasil Menjanjikan - LMGA AGRO

daun bawang fragrant,daun,bawang,fragrant,bawang daun
Daun Bawang Fragrant

Daun Bawang Fragrant Terbaik Potensi Hasil Menjanjikan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.
LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual aneka sarana dan prasarana pertanian terbaik kualitas unggul harga terjangkau.

Toko online LMGA AGRO merupakan toko online yang berlokasi di Kediri, Jawa Timur. Kami memiliki reputasi terpercaya dan konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

So, kini konsumen tak perlu merasa bingung lagi. Cukup buka web LMGA AGRO dan dapatkan berbagai kebutuhan pertanian lengkap dengan harga terjamin terjangkau.

Benih daun bawang Fragrant F1 kini sudah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk benih daun bawang Fragrant original produksi Known You Seed. Dapatkan segera benih Fragrant F1 harga terjangkau di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Sampai sekarang, sudah ada banyak tanaman yang menjadi andalan petani Indonesia. Salah satu tanaman andalan itu ialah tanaman bawang.

Di Indonesia sendiri, jenis bawang yang dibudidayakan oleh 3 varietas. Contohnya yakni seperti bawang merah, bawang putih, serta daun bawang.

Kali ini, LMGA AGRO akan membahas mengenai salah satu dari 3 jenis bawang itu, yakni daun bawang. Daun bawang merupakan tumbuhan sayuran dari golongan bawang dengan nama latin Allium fistulosum.

Tanaman ini memiliki bentuk pada umumnya panjang dengan warna hijau. Pada  bagian ujungnya, daun bawang mempunyai warna hijau tua. Sedangkan, bagian batangnya memiliki warna hijau muda dengan tekstur sedikit keras.

Proses pemanenannya dilakukan dengan cara mencabutnya sampai bagian akar, sama persis dengan tanaman bawang pada umumnya.

Daun bawang memiliki rasa dan aroma yang cukup khas. Meskipun begitu, aromanya tidaklah sekuat bawang putih maupun bawang merah.

Aroma khas tersebut membuatnya sangat sesuai dimanfaatkan menjadi bumbu masakan. Meskipun banyak dianggap sebagai bumbu pelengkap saja, namun daun bawang tetap menjadi salah satu faktor penting dalam menambahkan tingkat kelezatan cita rasa masakan.

Bahkan, hampir semua masakan khas Indonesia memanfaatkannya. Pemakaiannya umumnya dengan cara mengiris – iris daun bawang secara kecil – kecil. Lalu, irisan tersebut dimasukkan ke dalam masakan.

Prospek Agrobisnis Budidaya Daun Bawang

prospek,agrobisnis,agribisnis,budidaya,budidaya bawang daun
Prospek Agrobisnis Budidaya Daun Bawang

Bawang daun tergolong sebagai salah satu sayur yang populer dan menjadi kebutuhan pokok masyarakat umum. Potensi dari tumbuhan ini menjadikannya banyak dibudidayakan serta dikembangkan secara intensif supaya menghasilkan keuntungan.

Pengembangan budidaya daun bawang di Indonesia sendiri sekarang sudah meluas. Tetapi, biasanya hal itu hanya bersifat sebagai sampingan / sambilan saja.

Maksudnya adalah komoditas ini petani budidayakan dari satu lahan yang banyak dikombinasikan bersama tanaman utama menggunakan pola tanam tumpangsari.

Pola tanam ini ialah teknik budidaya yang cukup banyak dipakai dalam budidaya daun bawang. Hingga sekarang pun belum banyak petani Indonesia yang cukup intensif membudidayakannya dalam 1 lahan pertanian.

Padahal, potensi pengembangan daun bawang tergolong sangat bagus. Alasannya karena tumbuhan ini memiliki banyak manfaat dan termasuk komoditi sayur populer untuk beraneka macam bahan masakan.

Komoditi daun bawang pun jadi salah satu favorit dalam menembus pasar ekspor. Selain itu, komoditas ini juga mampu memberikan keuntungan besar jika dibudidayakan secara intensif dengan orientasi sistem agribisnis.

Potensi daun bawang itu mampu membuat peluang agribisnis budidayanya menjadi cerah serta menjanjikan karena komoditas ini cukup masyarakat butuhkan.

Seiring jumlah penduduk bertambah, tentu saja membuat jumlah konsumsi makanan menjadi meningkat. Selain itu, gaya hidup masyarakat yang menggemari mengkonsumsi obat – obatan herbal menjadi sebuah peluang bagi daun bawang.

Daun bawang dapat dijadikan sebagai bahan obat – obatan herbal serta bahan masakan dengan bahan dasar daun bawang. Tidak salah jika kedepannya daun bawang mempunyai potensi bisnis yang sangat baik.

Baca Juga : Bibit Semangka Kualitas Unggul Hasil Memuaskan

Daun Bawang Fragrant Produk Unggul Known You Seed

f1,bawang daun,fragrant f1,known you seed,fragrant known you seed
Daun Bawang Fragrant Produk Unggul Known You Seed

Hingga sekarang, sudah cukup banyak benih bawang daun beredar. Namun, ada salah satu benih yang menjadi salah satu rekomendasi unggulan.

Benih rekomendasi dari LMGA AGRO itu adalah Fragrant F1. Benih daun bawang Fragrant F1 merupakan benih daun bawang hibrida kualitas unggulan hasil produksi PT Known You Seed.

Fragrant Known You Seed cocok petani gunakan karena memiliki beraneka macam karakteristik serta kelebihan. Beberapa contoh karakteristik dan kelebihan dari Fragrant Known You Seed yakni seperti :

Daun bawang Fragrant Known You Seed memiliki vigor kokoh, tegak, serta tangkai panjang dan produktif

Fragrant Known You Seed mempunyai daya adaptasi tinggi pada daerah dataran rendah sampai menengah baik ketika musim kemarau maupun penghujan

Benih daun bawang Fragrant tahan terhadap penyakit layu fusarium serta layu bakteri

Budidaya daun bawang Fragrant lebih aman serta mudah karena lebih tahan terhadap serangan opt

Tinggi bawang daun Fragrant mampu mencapai ± 60 cm dengan berat per tanaman mencapai ± 300 gram

Daya bercabang Fragrant cukup kuat serta warna daunnya yakni hijau tua

Fragrant memiliki tangkai kokoh, tak berserat, lambat berbunga, serta bisa dipanen dengan dicabut ataupun dipetik

Daun bawang Fragrant sudah bisa panen ketika berumur ± 105 hari sesudah tanam

Potensi hasil panen Fragrant cukup tinggi, yakni berkisar ± 20 ton per ha

Hasil panen daun bawang Fragrant mempunyai nilai jual lebih tinggi baik di pasaran maupun supermarket

Dengan berbagai kelebihan dari Fragrant F1, maka tentu sangatlah cocok petani pilih serta budidayakan. Jadi, apakah pembaca tertarik membuktikan sendiri kualitas produk benih Fragrant Known You Seed ??

Budidaya Daun Bawang Fragrant Secara Benar

Budidaya daun bawang sekarang telah bisa Anda jalankan secara mudah. Memakai benih Fragrant petani terjamin mempunyai hasil panen menjanjikan.

Terlebih lagi, reputasi dari Known You Seed telah terbukti dari dulu sampai sekarang. LMGA AGRO siap mendukung Anda dalam menanam bawang daun Fragrant.

Kami akan memberikan kiat – kiat tahapan budidaya daun bawang Fragrant secara benar mulai awal sampai akhir.

Cara budidaya daun bawang Fragrant secara benar dari awal hingga akhir yakni :

Persiapan Serta Penyemaian Benih

Langkah pertama, persiapkan media semai, benih, serta wadah semai (tray semai ataupun lainnya) terlebih dahulu.

Buatlah media semai dari campuran antara tanah yang gembur serta pupuk kandang memakai perbandingan 1 : 1. Berikutnya, sebarkan benih secara merata pada wadah semai.

Lalu, tutup memakai tanah tipis – tipis hingga sedalam 0,5 cm – 1 cm. Jangan lupa juga untuk menyirami benih dengan air secukupnya saja.

Jika bibit berumur ± 35 hari serta mempunyai 2 – 3 helai daun, maka bibit telah siap dipindahkan ke lahan tanam.

Pengolahan Lahan Tanam

Lakukan proses pengolahan lahan tanam lebih dulu sebelum mulai ditanami bibit. Caranya yakni dengan mencangkul atau bajak tanah sampai sedalam ±30 – 40 cm.

Kemudian, tambahkan pula pupuk kandang agar kandungan unsur hara dalam tanah menjadi meningkat. Berikutnya, di atas lahan tanam buatlah bedengan.

Buatlah dengan rincian ukuran lebar 100 – 120 cm, tinggi 30 cm, dan panjang disesuaikan dengan lahan tanam.

Selanjutnya, pastikan agar Anda memberikan jarak antar bedengan berkisar ± 30 cm. Lubangilah bedengan sebagai tempat bibit tumbuh berikutnya.

Jangan lupa pula untuk memberikan pupuk dasar sesudah bedengan selesai terbuat. Anda bisa menggunakan pupuk organik atau anorganik pada pemberian pupuk dasar ini.

Berikan dengan dosis tepat agar mendapatkan hasil optimal. Cek pula tingkat keasaman (pH) tanah.

Jika Anda merasa pH tanah terlalu asam, maka aplikasikan dolomit / kapur pertanian secukupnya untuk menetralkannya. Jika pH tanah sudah netral, maka lahan tanam pun telah siap ditanami.

Baca Juga : Jual Aneka Macam Sarana Pertanian Lengkap

Penanaman

Ambillah bibit hasil penyemaian secara hati – hati, kemudian masukkan ke dalam lubang tanam yang Anda buat pada bedengan.

Masukkan secara tegak lurus, lalu tutupi memakai tanah secukupnya. Berikutnya, sirami bibit memakai air sampai nampak basah.

Sebaiknya Anda melakukan proses penanaman saat pagi atau sore hari. Hal tersebut memiliki tujuan agar terhindar dari terik sinar matahari ketika siang hari.

Perawatan

Jangan lupa pula untuk melakukan proses pemeliharaan atau perawatan supaya tanaman mampu tumbuh dengan baik.

Beberapa contoh proses pemeliharaan atau perawatan tanaman daun bawang Fragrant F1 yakni seperti :

1. Penyiraman / Pengairan

Anda harus melakukan proses pengairan / penyiraman secara rutin ketika pagi serta sore hari, terutama saat musim kemarau.

Bila di musim penghujan, tidak usah melakukan pengairan / penyiraman terlalu sering. Hal ini karena tanaman sudah mendapatkan kebutuhan airnya dari air hujan.

2. Penyiangan Gulma

Lakukan proses penyiangan gulma secara rutin. Hal tersebut bisa membuat Fragrant tumbuh secara sempurna. Selain itu, proses penyerapan nutrisi yang diberikan pun menjadi lebih sempurna.

3. Pemupukan Susulan

Proses pemupukan susulan juga penting untuk Anda lakukan. Mengapa ? Karena Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh Fragrant.

Dalam proses pemupukan susulan Anda bisa memanfaatkan pupuk seperti urea, SP – 36, dan KCl. Aplikasikan pupuk susulan ketika tanaman telah berumur ± 21 hari dan berumur 42 hari.

Aplikasikan pupuk urea dengan dosis sebanyak 200 kg per ha sebanyak 2 kali. Berikan pula pupuk KCL dan SP 36 sebanyak 2 kali.

Dosis pemupukan susulan pertama yakni KCl 50 kg dan SP – 36 50 kg. Sedangkan untuk dosis pemupukan susulan kedua yakni dengan cara ditaburkan pada larikan.

Caranya yaitu pertama buatlah larikan terlebih dulu. Buat larikan tersebut di sepanjang kanan dan kiri barang sepanjang ± 5 cm, lalu taburkan pada larikan tersebut. Terakhir, tutupi larikan dengan tanah sekitar.

Penanganan Hama Serta Penyakit

Munculnya hama serta penyakit tentu saja menjadi ancaman serius dalam budidaya bawang daun. Walaupun sudah memiliki ketahanan terhadap hama maupun penyakit, tetapi jangan meremehkan keberadaan hama serta penyakit.

Beberapa contoh hama serta penyakit bagi tanaman bawang daun yakni seperti :

1. Bercak Ungu

Penyakit bercak ungu terjadi karena infeksi cendawan Alternaria porri. Cendawan ini bisa bertahan hidup di dekat permukaan tanah ataupun sisa – sisa tanaman yang terinfeksi.

Air irigasi, percikan air hujan, serta angin bisa menyebarkan spora ke tanaman serta lahan lainnya. Penyakit bercak ungu terjadi dalam kondisi menguntungkan, seperti kelembaban relatif ± 80 – 90 % serta suhu 21 – 30° C.

Kejadian penyakit serta intensitas gejala tergantung oleh musim serta kondisi lahan tanam. Gejalanya sendiri sangat tergantung pada tingkat kelembaban relatif (RH) lingkungan sekitar.

Bintik – bintik berukuran kecil, cekung, tak beraturan, serta keputihan pertama kali muncul pada daun serta tangkai bunga lebih tua.

Bila RH tetaplah rendah, maka tak ada perkembangan lebih lanjut yang nampak. Akan tetapi, pada RH tinggi lesi – lesi ini berkembang jadi bercak elips berwarna ungu atau coklat.

Seiring berjalannya waktu, lesi – lesi tersebut bisa menyebar sampai beberapa cm serta mempunyai batas berwarna kekuningan.

Lesi mampu menyatu dan mengelilingi daun atau tangkai bunga, sehingga mengakibatkan layu dan matinya tanaman. Umbi pun juga dapat terserang, terutama di leher bila terluka ketika panen.

Gejala selama penyimpanan muncul sebagai busuk layaknya spons kuning gelap sampai kemerahan di kulit luar maupun dalam umbi.

2. Antraknosa

Infeksi jamur dari genus Colletotrichum merupakan penyebab terjadinya penyakit antraknosa. Jamur ini bertahan hidup di tanah, biji, serta sisa – sisa tanaman.

Ada 2 cara penularan infeksi ke tanaman baru, yakni secara primer serta sekunder. Infeksi primer terjadi saat tanah ataupun benih yang mengandung spora menginfeksi bibit selama perkecambahan dan tumbuh sistemik di dalam jaringan.

Dalam kasus lainnya, spora terciprat ke daun bagian bawah oleh percikan air hujan serta memulai infeksi yang menyebar ke arah atas.

Untuk infeksi sekunder sendiri mulai terjadi saat spora yang dihasilkan di dalam daun atau luka buah menyebar ke bagian atas tanaman.

Penyebarannya sendiri bisa melalui media seperti percikan air hujan, embun, serangga penghisap, ataupun pekerja lahan.

Suhu dingin sampai hangat, tanah berpH tinggi, basah daun berkepanjangan, curah hujan tinggi, serta kanopi lebat makin mendukung penyakit antraknosa.

3. Thrips

Thrips (Thysanoptera) merupakan hewan serangga dengan tubuh sepanjang 1 – 2 mm. Warna tubuhnya sendiri cukup beragam, seperti hitam, kuning, ataupun berbelang.

Beberapa varietasnya mempunyai 2 pasang sayap, namun varietas lainnya tidak memiliki sayap satu pun. Mereka berhibernasi dalam residu tanaman, di tanah, ataupun pada inang alternatif.

Thrips juga menjadi vektor untuk virus penyebab penyakit. Kondisi cuaca kering serta hangat semakin mendukung jumlah populasinya bertambah.

Larva serta imago (serangga dewasa) memakan jaringan tanaman serta menghasilkan bercak perak kecil pada sisi atas daun (silvering).

Bercak yang sama bisa saja muncul pada kelopak yang telah kehilangan pigmen warnanya. Pada bagian bawah daun, thrips beserta larvanya tinggal bersama dalam kelompoknya di samping bintik hitam kotoran mereka.

Daun tanaman yang terinfeksi menguning, layu, cacar, atau mengerut. Tunas ataupun bunga yang dimakan selama perkembangan hama ini bisa menghasilkan bunga / buah yang rusak, terhambat ataupun cacat, serta kehilangan hasil panen.

Pemanenan

Biasanya, Fragrant telah siap panen saat berumur 105 hari sesudah tanam. Nah, bila dalam kurun waktu itu sudah muncul ciri – ciri tertentu, maka Anda sudah bisa melakukan tahapan pemanenan.

Ciri – ciri Fragrant F1 telah siap panen yakni seperti :

1. Sebagian warna daun bawang Fragrant telah menguning

2. Fragrant telah memiliki rumpun dalam jumlah banyak

Jika ciri – ciri itu telah nampak, maka proses pemanenan daun bawang Fragrant telah bisa Anda lakukan. Cara panennya, yakni lakukan dengan cara mencabut semua bagian tumbuhan mulai dari bagian akar.

Berikutnya, bersihkan memakai air mengalir kemudian sortir. Terakhir, hasil panennya pun telah siap Anda jual ke pasaran.

Baca Juga : Benih Tomat Kinanti Royal Kaya Vitamin

Jual Benih Daun Bawang Fragrant Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Daun Bawang Fragrant Harga Terjangkau

Bila pembaca sedang mencari produk benih daun bawang Fragrant, maka LMGA AGRO ialah jawaban paling tepat. LMGA AGRO jual produk benih Fragrant Known You Seed berkualitas terbaik.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO juga menyediakan aneka ragam sarana prasarana pertanian lengkap berkualitas unggul.

Kami juga mempunyai banyak tips serta trik dalam budidaya daun bawang Fragrant. Dengan begitu, maka Anda bisa memperoleh hasil panen daun bawang Fragrant F1 secara lebih maksimal. 

Keunggulan dari varietas Fragrant F1 yang LMGA AGRO jual tidak usah Anda ragukan. Sehingga, Anda bisa langsung membeli benih Fragrant F1 serta membuktikan sendiri kualitasnya.

LMGA AGRO jual benih Fragrant kemasan sachet netto 10 gram original produksi Known You Seed. Produk Fragrant terjamin original serta telah siap untuk Anda budidayakan.

Untuk memastikan pesanan benih Fragrant sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan mitra pengiriman terpercaya.

Rekanan pengiriman LMGA AGRO yakni KI8, Pos Indonesia, JNE, dan JNT. Reputasi mitra pengiriman kami telah teruji, sehingga Anda tak perlu khawatir jika pesanan benih Fragrant maupun pesanan lainnya tak akan sampai.

Ingin membeli produk benih daun bawang Fragrant ? Beli segera dari LMGA AGRO dan buktikan sendiri kualitas produk daun bawang Fragrant original Known You Seed.

Jadi, tunggu apalagi sekarang ? Pesan segera benih Fragrant Known You Seed di LMGA AGRO sebelum Anda kehabisan !

Nah, itulah dia artikel bertema daun bawang Fragrant ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa banyak bermanfaat untuk seluruh pembaca.

Bila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Daun Bawang Fragrant Terbaik Potensi Hasil Menjanjikan ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai bertemu kembali dalam artikel – artikel terbaru kami berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.