BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/03/2023

Read

Cabe Nero Tavi Benih Cabai Berkualitas Terbaik - LMGA AGRO

cabe nero tavi,cabe,nero tavi,f1,cabe nero tavi f1
Cabe Nero Tavi

Cabe Nero Tavi Benih Cabai Berkualitas Terbaik. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual berbagai macam kebutuhan pertanian terlengkap harga terjamin terjangkau.

LMGA AGRO ialah toko pertanian online terpercaya yang berlokasi di Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Kami merupakan agen, distributor, reseller, serta dropshipper produk pertanian lengkap dengan konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

LMGA AGRO sudah sedari lama dikenal mempunyai reputasi terpercaya. Jadi, konsumen tak usah merasa ragu bila konsumen ingin membeli produk pertanian dari LMGA AGRO.

Ingin membeli produk pertanian dari LMGA AGRO ? Segera hubungi kami dan dapatkan produk pertanian lengkap hanya di LMGA AGRO.

Produk benih cabe Nero Tavi tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk bibit Nero Tavi original produksi CV Halbanero. Dapatkan segera produk benih cabe Nero Tavi harga murah hanya di LMGA AGRO.

Komoditi hortikultura menjadi salah satu komoditi pertanian penting untuk Indonesia. Kenapa ? Karena komoditi ini kedepannya mempunyai masa depan cukup cerah.

Melihat banyaknya penduduk yang bekerja di sektor pertanian, maka Pemerintah terus berupaya dalam mengembangkan sektor ini. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan pembudidayaan tanaman hortikultura secara berkelanjutan.

Tanaman hortikultura sendiri terbagi jadi beberapa jenis tanaman. Contohnya seperti tanaman hias, obat – obatan (biofarmaka), buah – buahan, dan sayur – sayuran.

Industri berbahan dasar komoditi hortikultura sendiri tergolong punya prospek cukup menjanjikan. Hal itu sangat beralasan karena konsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran tergolong cukup besar.

Salah satu komoditi menguntungkan dari hortikultura adalah cabai. Sebagai salah satu komoditi menguntungkan, si penghasil cita rasa pedas dalam makan ini tergolong cukup menjanjikan.

Tak hanya untuk bahan dasar utama bumbu dapur, cabai juga banyak dimanfaatkan jadi aneka macam olahan. Olahan tersebut contohnya yaitu minyak, obat farmasi, pasta, abon, dan lain sebagainya.

Biasanya, mendekati hari besar keagamaan harga cabai mengalami kenaikan harga cukup signifikan. Jika petani menjual hasil panen cabe dalam waktu tersebut, maka petani mampu mendapatkan keuntungan sampai berkali – kali lipat.

Baca Juga : Jual Bibit Gambas Unggulan Berkualitas Terbaik

Potensi Peluang Agribisnis Budidaya Cabe Keriting

potensi,peluang,agribisnis,agrobisnis,budidaya cabe keriting
Potensi Peluang Agribisnis Budidaya Cabe Keriting

Di Indonesia ada beberapa varietas cabe yang banyak petani budidayakan. Salah satu varietas cabe tersebut adalah varietas cabe keriting.

Cabe keriting ialah cabe – cabean dengan bentuk buah yang ramping memanjang dengan tekstur keriting. Biasanya warna buahnya merah, namun ada pula yang berwarna hijau.

Petani Indonesia sendiri cukup banyak menanam jenis cabai ini. Dengan jumlah konsumsi cabai yang tergolong cukup besar, maka tak salah bila seharusnya banyak petani menanam cabe keriting.

Agar mendapatkan hasil panen memuaskan, pemilihan benih cabe keriting tentunya perlu mempunyai kualitas baik serta unggul.

Biasanya, cabe keriting banyak ditanam pada lahan luas karena semakin besar lahan tanam maka semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan.

Peningkatan permintaan terhadap cabai jadi sebuah peluang bisnis menjanjikan. Cabe keriting biasanya diproduksi dan dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan saos sambal. Selain itu, juga sebagai pemenuh kebutuhan bumbu dapur ketika memasak.

Tentunya bisnis restoran atau rumah makan membutuhkan cabe dalam jumlah besar. Selain memanfaatkan cabe keriting, jenis cabe lain pun juga banyak dimanfaatkan dalam bisnis ini.

Jika dibandingkan dengan varietas cabe lainnya, varietas cabe keriting mempunyai waktu panen lebih cepat. Proses pemanenannya dapat Anda lakukan tiap 1 minggu sekali dengan hasil panen yang menjanjikan.

Banyak orang memiliki anggapan jika budidaya cabe keriting tergolong sulit serta mempunyai waktu lama. Padahal, faktanya pembudidayaannya termasuk mudah serta hasilnya terjamin menjanjikan.

Bila Anda mempunyai lahan berukuran cukup luas, Anda dapat menanami lahan tersebut dengan cabai keriting. Sesudah berusia 3 bulan, biasanya proses pemanenan telah bisa Anda lakukan dengan proses panen tiap 1 minggu sekali.

Buahnya berbentuk kurus dengan lekukan. Panjang buahnya sendiri rata – rata lebih panjang daripada varietas cabe lainnya. Rasanya pun lebih pedas ketimbang cabai biasa, sedangkan teksturnya cenderung padat sehingga lebih berbobot.

Penanaman memakai metode tanam tumpang sari cenderung lebih menjanjikan. Budidaya cabe keriting perlu biaya yang tak sedikit, namun jika harga jualnya tinggi maka keuntungannya akan lebih banyak.

Ancaman OPT Saat Menanam Cabe Keriting

Supaya bisa menghasilkan hasil panen berkualitas terbaik serta punya nilai jual tinggi, tentunya petani harus menanam cabe keriting secara baik juga benar. Salah satu tahapan yang penting dilakukan dalam menanam cabe keriting ialah pengendalian opt.

OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) merupakan organisme yang keberadaannya tak dikehendaki dan umumnya menyebabkan kerusakan pada tanaman. Karena serangan OPT, petani pada akhirnya mengalami kerugian.

Bentuk opt sendiri bermacam – macam, namun yang banyak petani kenali yaitu seperti hama dan penyakit. Serangan hama serta penyakit tentunya cukup masif hingga sekarang, oleh karena itu petani harus melakukan tindakan untuk menanganinya.

Beberapa contoh hama serta penyakit yang harus diwaspadai dalam menanam cabe keriting yakni seperti :

Bercak Bakteri

Penyakit bercak bakteri merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai oleh petani. Bakteri Xanthomonas merupakan penyebab dari penyakit ini.

Bercak bakteri cukup menyusahkan petani karena bisa mengakibatkan kerusakan cukup parah. Patogen bakteri Xanthomonas bisa bertahan hidup dalam benih dengan menyatu secara internal ataupun eksternal.

Selain itu, patogen bakteri ini juga dapat bertahan hidup pada gulma – gulma tertentu. Kemudian, bakteri Xanthomonas menyebar lewat media seperti air hujan ataupun irigasi pancur.

Patogen ini mulai menginfeksi ketika mulai masuk ke dalam tanaman lewat pori – pori dan luka daun. Suhu optimal untuk perkembangannya paling bagus pada suhu ± 25 – 30° C.

Sesudah tanaman terinfeksi, penyakit bercak bakteri akan cenderung sulit terkendali serta menyebabkan kerugian besar ketika panen.

Gejala pertama terlihat dengan munculnya luka kecil kuning kehijauan pada daun muda. Biasanya daun muda itu nampak cacat dan juga menggulung.

Sementara itu, pada daun tua terdapat luka – luka yang agak membengkak berwarna hijau gelap dan berminyak.

Luka – luka ini lebih banyak berada pada pinggiran ataupun ujung daun. Pada akhirnya, kumpulan bintik itu terlihat layaknya sebuah lubang bekas tembakan karena bagian tengahnya mengering serta hancur.

Bintik – bintik pada buah (hingga 0,5 cm) berawal dengan adanya warna hijau pucat serta area terlihat berair. Bintik – bintik tersebut pada akhirnya berwujud kasar, berwarna coklat, dan berkeropeng.

Baca Juga : Harga Bibit Pare Lipa F1 Cap Panah Merah

Thrips

Thrips ialah hewan serangga dengan tubuh sepanjang ± 1 – 2 mm. Warna tubuh thrips cukuplah bervariasi, seperti kuning, hitam, atau berbelang.

Beberapa varietasnya tidak memiliki sayap satupun, sementara varietas lain memiliki 2 pasang sayap. Umumnya thrips berhibernasi dalam tanah maupun residu tanaman.

Selain itu, mereka juga jadi vektor untuk banyak virus penyebab penyakit tanaman. Kondisi cuaca kering juga hangat akan makin mendukung tumbuhnya populasi hama thrips.

Thrips dewasa maupun larvanya menyerang tumbuhan dengan memakan jaringan tumbuhan. Selain itu, mereka juga menyebabkan efek silvering (bercak kecil berwarna perak pada sisi atas daun). Bercak yang sama muncul pula pada kelopak yang kehilangan pigmennya.

Larva beserta thrips dewasa hidup bersama dalam kelompok pada bagian bawah daun di samping bintik kotoran hitam. Daun yang sebelumnya sudah terinfeksi warnanya menjadi kuning, layu, cacat, ataupun berkerut.

Makan selama perkembangan tunas ataupun bunga berikutnya mampu mengakibatkan rusaknya bunga maupun buah. Selain itu, serangannya juga mengakibatkan pertumbuhan tanaman terhambat ataupun cacat, bahkan menyebabkan hasil panen hilang.

Bercak Serkospora

Penyakit bercak serkospora terjadi karena infeksi cendawan Cercospora capsici. Cendawan ini bisa menyerang tanaman saat masih di persemaian maupun pada lahan tanam.

Jamur Cercospora bisa bertahan hidup pada tanah, sisa – sisa tanaman, dan dalam maupun sekitar biji. Cendawan ini bisa menyebar melalui banyak media, contohnya air, angin, air hujan, peralatan kerja, dan kontak antara daun ke daun lainnya.

Daun basah berkepanjangan cenderung lebih mudah terinfeksi. Kondisi maksimal untuk infeksi cendawan Cercospora yaitu dalam suhu hangat ± 23° C dalam tingkat kelembaban berkisar ± 77 – 85 %.

Jika kondisi tersebut terpenuhi, hasil panen bisa saja terpengaruh secara signifikan. Terutama, jika infeksi terjadi ketika awal musim pembudidayaan tanaman.

Selama tahapan awal infeksi, pada daun tanaman muncul bercak berbentuk lingkaran kecoklatan bertitik pusat berwarna abu – abu muda. Selanjutnya, bercak itu berkembang jadi bercak coklat bundar hingga ukurannya berkisar ± 1,5 cm.

Cincin gelap cukup tebal dan lingkaran kuning memberi tampilan layaknya seperti mata katak. Bercak – bercak itu selanjutnya bergabung menjadi satu membentuk luka daun dengan ukuran lebih besar.

Titik pusat berwarna putih kadang nampak kering dan pecah, menyisakan sebuah bekas seperti lubang bekas tembakan. Dalam tahap infeksi berikutnya, daun menjadi menguning serta layu atau rontok, seringkali mengakibatkan busuk pada ujung batang.

Penyakit Keriting / Kuning

Gemini virus atau virus kuning merupakan salah satu ancaman cukup berbahaya bagi tanaman cabai. Bagaimana tidak, Gemini virus mampu menyerang berbagai tanaman cabai pada berbagai umur.

Serangan virus Gemini mengakibatkan terjadinya penyakit keriting / kuning. Gejala yang timbul pada tanaman cukup beragam, contohnya seperti daun menguning, mengeriting, kuning berpola, serta mengakibatkan bunga rontok.

Dalam beberapa kasus, Gemini virus pun juga menyerang tanaman dari famili lainnya, contohnya seperti timun dan melon. Umumnya, Gemini virus ditularkan lewat vektor kutu kebul (Bemisia tabaci).

Kutu kebul mempunyai ciri – ciri berwarna putih berukuran kecil (1 – 1,5 mm) serta sayapnya ditutupi oleh lapisan lilin bertepung.

Serangga ini biasanya dijumpai di bagian bawah daun serta mempunyai siklus hidup sekitar ± 21 hari. Kutu kebul biasanya lebih menyukai cuaca panas, sehingga penyebarannya lebih tinggi ketimbang musim kemarau.

Hama ini hanya menyerang tanaman cabai untuk dimakan saja serta cenderung menyukai gulma berdaun lebar sebagai inang hidup serta tempat bereproduksi.

Cabe Nero Tavi Produk Benih Terbaik Untuk Petani

cabai,bibit,cabe keriting,cmk,halbanero
Cabe Nero Tavi Produk Benih Terbaik Untuk Petani

Dengan berbagai ancaman – ancaman OPT diatas tentunya petani harus mewaspadainya. Dan tentu saja butuh cara jitu dan efektif untuk bisa mengatasi masalah serangan OPT.

Ada beberapa cara yang bisa petani lakukan dalam mengatasi ancaman serangan OPT. Contohnya seperti  merotasi tanaman, menyiangi gulma secara rutin, mengaplikasikan pestisida, menggunakan benih tahan hama penyakit.

Nah, dari cara itu salah satu cara praktis yang ingin LMGA AGRO ialah memakai benih terbaik serta tahan serangan hama penyakit.

Aneka ragam benih sudah banyak beredar, tetapi tidak semua sesuai petani gunakan karena kualitasnya belumlah teruji. Nah, supaya petani tidak salah pilih LMGA AGRO akan membantu dengan merekomendasikan benih cabe keriting berkualitas unggulan.

Salah satu benih cabe keriting yang cocok petani pilih dan pakai adalah Nero Tavi F1. Nero Tavi F1 merupakan benih cabe merah keriting (cmk) hibrida kualitas terbaik keluaran dari CV Halbanero.

Cabe Nero Tavi F1 kualitasnya sudah teruji bagi konsumen. Terlebih lagi, reputasi Halbanero sebagai salah satu penghasil produk benih terbaik pun jadi jaminannya.

Beberapa contoh lain dari karakteristik kelebihan dari Nero Tavi F1 yakni seperti :

Nero Tavi F1 cocok dibudidayakan pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi

Daya tumbuh benih cabe Nero Tavi tergolong tinggi, yaitu berkisar ± 90 %

Daya adaptasi Nero Tavi sangatlah baik saat musim hujan maupun musim kemarau

Vigor Nero Tavi tegak, kokoh, serta percabangannya produktif, sehingga hasil produksinya bisa tinggi

Pembudidayaan cabe Nero Tavi cenderung lebih mudah karena mempunyai ketahanan terhadap serangan hama serta penyakit

Nero Tavi F1 tahan terhadap serangan penyakit layu jamur serta penyakit layu bakteri

Buah cabe Nero Tavi berdiameter 1 – 1,2 cm dan mempunyai panjang ± 16 – 18 cm

Proses pembentukan buah cabe Nero Tavi tetap mudah terbentuk meskipun kondisi cuaca sedang buruk

Buah cabai Nero Tavi berkualitas unggul dengan tekstur cukup elastis

Buah cabe Nero Tavi tidak mudah rusak saat pengemasan maupun pengiriman jarak jauh

Nero Tavi telah bisa dipanen saat telah berumur ± 84 – 87 hari sesudah tanam

Potensi hasil panen Nero Tavi Halbanero cukup tinggi, yakni mencapai ± 25 ton per ha

Dengan berbagai karakteristik ataupun kelebihan – kelebihan dari Nero Tavi, tidaklah salah jika produk ini cocok petani manfaatkan. Jadi, tertarik ingin membeli kemudian merasakan sendiri kualitas Nero Tavi F1 ?

Baca Juga : Jual Benih Selada Dan Sawi Terbaik Harga Terjangkau

Jual Benih Cabe Nero Tavi Original Halbanero Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabe Nero Tavi Original Halbanero Harga Murah

Bila pembaca sedang mencari produk benih cabe Nero Tavi, maka LMGA AGRO merupakan jawaban paling tepat. LMGA AGRO jual bibit cabe Nero Tavi Halbanero berkualitas terbaik.

LMGA AGRO juga memiliki beraneka tips maupun trik untuk petani dalam membudidayakan cabe Nero Tavi F1. Sehingga, hasil panen cabe Nero Tavi nantinya bisa petani peroleh secara maksimal.

Kelebihan dari varietas cabe Nero Tavi tentunya menjadikan petani tak usah merasa ragu dengan kualitas Nero Tavi F1.

LMGA AGRO jual benih cabe Nero Tavi original produksi Halbanero kemasan sachet berisi bersih 10 gram. Harganya pun terjamin murah tetapi kualitasnya tetaplah menjanjikan.

Untuk memastikan pesanan Nero Tavi sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan mitra pengiriman terpercaya.

Beberapa contoh rekanan mitra pengiriman LMGA AGRO yakni seperti KI8, Pos Indonesia, JNE, serta JNT. Dengan memanfaatkan jasa rekanan pengiriman tersebut, LMGA AGRO menjamin bahwa pesanan benih cabe Nero Tavi sampai ke alamat tujuan.

Ingin membuktikan sendiri kualitas produk benih cabe Nero Tavi F1 ? Hubungi segera LMGA AGRO dan segera pesan produk Nero Tavi F1 Halbanero sebelum Anda kehabisan stok !!

Nah, itulah dia artikel bertema cabe Nero Tavi ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat untuk seluruh pembaca.

Bila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Cabe Nero Tavi Benih Cabai Berkualitas Terbaik ini, hubungi segera  melalui no. telepon  (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dalam artikel – artikel terbaru kami berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.