TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

19/01/22

Harga Bibit Pare Panah Merah Jual Benih Lipa F1 Terbaik


harga bibit, jual benih, pare, paria, Lipa F1, cap Panah Merah, pohon pare, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Pare
Lipa F1

Harga Bibit Pare Panah Merah Jual Benih Lipa F1 Terbaik. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih Lipa F1 cap Panah Merah. 

Harga bibit pare Panah Merah murah dan dapatkan promo menarik. Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam harga murah produk lengkap dan diskon menarik. 

Tersedia benih berkualitas terbaik hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Jual pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak pula sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Harga bibit pare Panah Merah benih terbaik Lipa F1 hasil maksimal. Buah pare berwarna hijau segar. Benih memiliki adaptasi sangat luas. 

Benih Lipa F1 cocok untuk dataran rendah sampai menengah dan tanah yang berpasir atau liat. Harga bibit pare Panah Merah murah terbaik benih Lipa F1 memiliki vigor bagus. 

Harga bibit pare Panah Merah benih Lipa F1 terbaik dan murah. Benih Lipa F1 pare dengan bobot 250 gram dan panen sebanyak 4 kg per tanaman. Sayuran berasa pahit namun sangat baik untuk kesehatan. 

Tanaman pare Lipa F1 mampu tumbuh dengan baik di segala musim yaitu baik musim kemarau maupun musim hujan. Bentuk buah pare Lipa F1 silindris dengan ujung menumpul. 

Bobot buah sekitar 200 - 250 gram per buah. Kulitnya keras dan tahan retak. Tanaman cukup tahan dari serangan penyakit Layu Fusarium, embun bulu dan penyakit lainnya. 

Harga bibit pare Panah Merah terbaik Lipa F1 panen mulai umur 42 - 45 hari setelah tanam dan menghasilkan panen sebanyak 3 - 4 kg per tanaman. Total hasil panen sebanyak 35 - 40 ton per hektar. 


Pohon Pare Lipa F1 Benih Terbaik Cap Panah Merah


Pare mempunyai nama lain yaitu Paria atau Peria. Nama ilmiah atau latinnya yaitu Momordica charantia L. Pohon pare anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. 

Harga bibit pare Panah Merah murah tumbuh merambat. Tanaman berasal dari wilayah Asia tropis. Terutama daerah India bagian barat yaitu Assam dan Burma. 

Pohon pare atau paria dimanfaatkan sebagai sayuran dan pengobatan. Harga bibit pare Panah Merah terbaik merupakan salah satu sayuran yang banyak ditanam di pekarangan rumah. 

Harga bibit pare Panah Merah terbaik memilki batang panjang mencapai lebih dari 2 meter. Pertumbuhannya merambat dengan bantuan alat sulurnya berbentuk pilin. 

Ukuran batang tanaman pare kecil dan membentuk cabang sangat banyak. Harga bibit pare Panah Merah Lipa F1 benih terbaik. 

Cocok tumbuh di dataran rendah dan menengah. Pohon pare mudah ditemui di daerah tropis bahkan dapat tumbuh liar di tanah terlantar atau tegalan. 

Budidaya pare biasanya pada pekarangan dengan cara merambat pada pagar lalu diambil buahnya. Bobot buah pare Lipa F1 sekitar 200 - 250 gram dan panen hingga 3 - 4 kg per tanaman. 

Pertumbuhan pare tidak banyak membutuhkan sinar matahari. Dapat tumbuh subur meski pada tempat terlindungi atau ternaungi. Termasuk jenis tanaman setahun. 

Daun pohon pare tunggal, berbentuk bulat panjang dan pangkal berbentuk jantung berwarna hijau tua. Bunga tanaman pare tunggal namun berkelamin dua dalam satu pohon. 

Bentuk buah pare bulat memanjang. Permukaan kulit berbintil-bintil tidak beraturan. Ciri khas buah pare yaitu rasanya yang pahit berwarna hijau. 

Bila buah dibairkan pada pohon hingga terlalu tua akan berubah warna menjadi oranye. Biji pare sangat banyak dan bentuknya pipih memanjang. 


Tanaman Paria Benih Lipa F1 Mudah Tumbuh 


harga bibit, jual benih, pare, paria, Lipa F1, cap Panah Merah, pohon pare, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Paria 

Benih Lipa F1 tanaman paria hibrida segar berwarna hijau. Adaptasi tanaman paria sangat luas dan cocok tumbuh di iklim tropie seperti Indonesia. 

Tabah ideal tanaman paria adalah tanah berpasir atau liat. Keunggulan tanaman paria Lipa F1 adalah tahan serangan penyakit layu, bercak mata kodok dan embun bulu. 

Harga bibit pare Panah merah Lipa F1 ini mulai panen umur 42 - 45 hari setelah tanam. Hasil pare per tanaman 3 - 4 kg per tanaman. Harga bibit pare Panah Merah terbaik potensi hasil panen 35 - 40 ton/ha.

Langkah cara menanam pare cukup mudah. Anda dapat membuat lubang tanam sedalam 3 - 5 cm lalu masukkan benih pare dalam lubang tanam dan tutup dengan tanah. 

Menanam tanaman paria pada pekarangan rumah biasanya menggunakan wadah pot. Letakkan pot pada tempat tidak kena panas langsung namun cukup kena sinar matahari terutama pagi hari. 

Selama 1 minggu setelah penanaman, benih pare tidak perlu penyiraman setiap hari. Penyiraman cukup pada penanaman agar tetap lembab saja. 

Tanaman merambat ini masuk keluarga labu sehingga berkerabat dekat dengan labu dan mentimun juga zucchini. Meski pahit, masyarakat menyukai untuk tanam paria di rumah. 

Karena kandungan gizinya sangat baik maka pare ditanam untuk memenuhi kebutuhan akan sayuran. Banyak jenis masakan khas Asia menggunakan bahan dasar sayuran pare. 

harga bibit pare Panah Merah terbaik dengan rasa buah yang tajam dan pahit. Penampilan buahnya khas. Buah pare menjadi obat untuk kesehatan tubuh. 


Baca Juga : Toko On Line LMGA Agro Membuat Petani Mudah dan Cepat


Harga Bibit Pare Panah Merah Lipa F1 Terbaik Mudah Budidayanya


Persiapan Lahan Tanam Paria Lipa F1

harga bibit, jual benih, pare, paria, Lipa F1, cap Panah Merah, pohon pare, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH-meter

Pengolahan lahan mulai 3 - 4 minggu sebelum kita menanam benihnya. Cara pengolahan lahan dengan cara membajak dan mencangkul, membolak-balikkan tanah. 

Tujuan pengolahan lahan ini untuk memperbaiki struktur tanah, perbaikan aerasi tanah dan dekomposisi gulma. Pengolahan tanah hingga gembur sehingga mudah nanti membuat bedengan. 

Ukuran bedengan lebar 110 - 120 cm dan tinggi bedengan 30 - 50 cm. Jarak antar bedengan yaitu 40 - 60 cm. Selanjutnya berikan pupuk kandang dengan dosis 1 kg per lubang tanam. 

Cek pH tanah menggunakan alat pH meter. Alat dapat beli di Toko Pertanian LMGA Agro. Bila pH tanah kurang dari 6 maka berikan kapur Dolomit sebanyak 2 ton/hektar. 

Selanjutnya biarkan selama 1 minggu dan kemudian lakukan pemupukan dasar menggunakan pupuk kimia. Yaitu dosis per tanaman Urea 20 gram, TSP 20 gram dan KCl 10 gram. 

Persemaian tanaman paria menggunakan polybag. Media tanam semai yaitu tanah dicampur kompos dengan perbandingan 2 : 1. Ayak hingga halus dan kemudian masukkan dalam polybag. 

Tahapan cara menyemai adalah Anda sebaiknya potong bagian samping atau tepi benihnya agar benih cepat berkecambah. Lalu lakukan perendaman dalam air selama 24 jam. 

Setelah 24 jam, peram benih dan tiriskan, letakkan di kertas koran atau kain lembut yang basah. Benih nanti akan berkecambah dalam 2 hari. 

Setelah muncul kecambah, tanam dalam media polybag atau bisa Anda tanam langsung pada lahan. Benh yang baru ditanam berikan air rutin setiap pagi dan sore. 

Persemaian benih Lipa F1 selama 12 - 15 hari. Cara tanam paria terdapat 2 cara yaitu tanam langsung yaitu benih berkecambah saat diperam langsung tanam pada lahan kedalaman 2/3 bagian benih. 

Tutup benih menggunakan pelepah pisang sampai bibit tumbuh ke atas. Cara kedua yaitu dengan persemaian selama 16 hari sampai tumbuh 2 - 3 helai daun. 

Jarak Tanam Pohon Pare

Penanaman pare menggunakan jarak tanam 0,75 x 0,75 m dan buat lubang tanam kedalamannya 3 - 5 cm. Masukkan benih dalam lubang tanam sebanyak 2 - 3 benih. 

Harga bibit pare Panah Merah Lipa F1 benih berkualitas tahan penyakit. Setelah benih masuk, tutup dengan tanah. Selang 4 - 7 hari kemudian, benih akan tumbuh. 

Perawatan setelah tanam benih yaitu penyiraman rutin setiap hari pagi dan sore hari. Harga bibit pare Panah Merah terbaik benih Lipa F1. Pare juga disebut Paria atau Peria. 

Langkah pemeliharaan seperti penyiraman untuk tanam di musim kemarau yaitu rutin setiap pagi dan sore hari. 

Pemupukan tanaman pare dilakukan beberapa kali agar hasil panen optimal. Cara pemupukan bisa cara kocor atau dibenamkan pada lubang tanam. 

Penyulaman dilakukan secepat mungkin untuk tanaman yang mati sehingga tanaman nanti akan tumbuh bisa seragam. Paling lambat penyulaman yaitu sampai 1 minggu setelah tanam. 

Pemupukan setelah tanam mulai saat umur pare 1 minggu setelah tanam. Pupuk menggunakan Urea 5 gram/tanaman, KCl 3 gram/tanaman dan TSP 4 gram/tanaman. 

Pemupukan kedua setelah 2  minggu kemudian dan dosisnya dan jenis pupuk sama. Sedangkan untuk pupuk daun berikan 1 minggu sekali. 


Baca Juga : Jual Bibit tanaman Tomat Buah Hibrida F1


Turus untuk Menopang Tanaman Pare

harga bibit, jual benih, pare, paria, Lipa F1, cap Panah Merah, pohon pare, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tali Salaran Mengikat Turus

Turus tanaman pare dimaksudkan untuk menopan pohon pare dan sebagai media rambatan batangnya. Pembuatan turus jangan terlambat karena akan berpengaruh pada produksi pare. 

Sistem turus rambatan pare ada beberapa yaitu sistem turus tunggal. Yaitu turus ditancapkan pada tiap-tiap barisan dengan posisi berdiri sejajar samping tanaman. 

Pada ujung bedengan, pasang bambu penguat dan ikat kuat dengan kawat. Turus sistem ganda yaitu pemasangan turus pada 2 baris tanaman. Hubungkan dengan turusnya antara sisi kanan dan kiri. 

Turus sistem ganda membutuhkan banyak bambu. Turus sistem para-para merupakan cara paling efektif dan tanama akan banyak berproduksi dan berbuah lebat. 

Untuk menghemat pemakaian kayu atau bambu maka pemasangan turus atau lanjaran bisa menggunakan bahan lain. Seperti tali plastik dan tali salaran. Tali dapat beli di Toko pertanian LMGA Agro. 

Para-para terbuat dari tali cukup murah dan praktis. Tali salaran tahan cuaca, tidak mudah lapuk bila cuaca panas dan hujan. Cuma butuh kreativitas dan trik sederhana agar tali kuat dan awet. 

Caranya, tali dipilin/dipelintir ini terbukti tahan hingga 3 kali musim tanam pare. Bahan yang diperlukan antara lain, kayu/bambu, tali, benang obras, penggulung benang dan gunting. 

Langkah-langkah membuat para-para : pasang tiang lanjaran pada sisi bedengan dan pasang penyangga supaya kuat untuk 2 ujung bedengan. 

Jarak antar bedengan dan jarak antar lanjaran sama yaitu 2,5 - 3 meter. Bentangkan tali plastik di bagain atasnya lalu belitkan pada tiang-tiang lanjaran. Bentangkan juga pada bagian tengah dan bawah. 

Kaitkan benang secara zig-zag jarak 25 - 30 cm pada bagian samping kiri dan kanan. Pasang bambu bagian atas pada setiap tiang lanjaran. Bentangkan tali panjangnya 50 cm. 

Terakhir, pasang benang seperti pada samping lanjaran. Pembuatan turus cara ini mampu menghemat penggunaan bambu/kayu hingga 50%. Biayanya murah, mudah didapat dan mudah pembuatannya. 


Baca Juga : Cabe Rawit Hijau Tetap Pedas dan Favorit


Hama dan Penyakit Tanaman Pare


1. Ulat daun 

Gejalanya tampak bekas gigitan ulat pada daun pare. Pengendalian menggunakan insektisida Confidor, Pegasus, Decis, Curacron dan lain-lain. 

2. Lalat Buah

Larva lalat buah atau ulat terdapat dalam buah pare dan menggerogoti buah sampai buah menjadi busuk. Pengendalian lalat buah dengan membuat perangkap atau insektisida yang sesuai. 

3. Penyakit Busuk Batang

Penyebabnya adalah jamur Fusarium. Gejala serangan terdapat busuk pada batang tanaman pare hingga tanaman menjadi layu hingga mati. Pencegahannya dengan membuat drainase yang baik.

Lakukan penyemprotan fungisida yang sesuai dengan dosis sesuai anjuran. waktu pemanenan tanaman paria yaitu umur 50 - 60 hari setelah semai ( HSS ). Atau umur 45 - 50 hari setelah tanam. 

Pemanenan pare yaitu interval 3 - 5 hari sekali dan pemetikannya tergantung kebutuhan pasar. Biasanya buah pare panen yang belum terlalu matang. Warna buah masih hijau. 

Buah pare yang masih muda paling disukai konsumen karena rasanya renyah. Jika buah pare matang dan terlalu tua berubah warna menjadi oranye. 

Cara memetik buah pare dengan memotong pada bagian tangkai buah menggunakan gunting atau pisau tajam. Saat memotong buah pare, sebaiknya gunting atau pisau dalam kondisi bersih. 

Ciri buah pare boleh dipetik bila sudah mulai berwarna hijau. Bagian dalamnya berwarna putih, rasa pahit dan berair, saatnya pemetikan buah pare. Rata-rata waktu panennya 3 - 4 bulan setelah tanam. 


Baca Juga : Tanam Sayur Kubis Green Gem Mudah Untuk Usaha Rumahan


Buah Pare Kaya Gizi


harga bibit, jual benih, pare, paria, Lipa F1, cap Panah Merah, pohon pare, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah Pare Kaya Gizi

Takaran semangkuk dengan berat 94 gram pare mengandung 20 kalori, 4 gram karbohidrat dan 2 gram serat. Buah pare mengandung vitamin C 93% kebutuhan harian dan vitamin A 44 %  kebutuhan harian. 

Buah pare mengandung mineral seperti Folat, Kalium, seng dan zat besi. Vitamin C buah pare berupa mikronutrien penting berperan sebagai pencegahan penyakit, pembentuk tulang dan penyembuh luka. 

Sedangkan untuk peran vitamin A yaitu merupakan vitamin larut dalam lemak. berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mata. 

Kandungan Folat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bersama mineral lainnya dalam jumlah kecil seperti kalium, seng dan besi. 

Buah pare ternyata sayuran sumber katekin, asam galat, epikatein dan asam klorogenat yang baik. Kelompok antioksidan tersebut dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan. 

Buah pare bermanfaat sebagai obat pengontrol gula darah. Saat diujikan bagi penderita diabetes, terbukti terjadi penurunan sedang pada tingkat gula darah selama 4 minggu mengkonsumsi pare. 

Buah pare mampu menekan serapan glukosa dalam usus dan meningkatkan penggunaannya pada otot. Ekstrak pare dapat melindungi sel pankreas dari sel serta merupakan senyawa pemicu inflamasi. 

Pare mengandung senyawa tertentu yang berkhasiat sebagai pelawan sel kanker. Pare dapat menurunkan tingkat kolesterol dan mendukung kesehatan jantung secara menyeluruh.

Pare merupkan makanan yang tepat untuk menu penurun berat badan. Kalori pare rendah dan tinggi serat. Serat bisa membuat perut cepat kenyang dalam waktu lama dan mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. 

Sayuran pare mengandung vitamin A membantu mencegah penyakit mata. Manfaat buah pare berperan menyehatkan bagian kardiovaskular tubuh. 

Mampu menekan tingkat kolesterol dengan menaikkan pengeluaran kolesterol lewat asam empedu. 

Kandungan gizi pare mampu mencegah organ hati dari kerusakan, berperan sebagai penawar obesitas, diabetes dan makanan lemak tinggi. 


Harga Bibit Pare Panah Merah 


Harga bibit pare Panah Merah benih terbaik jual di Toko pertanian LMGA Agro. Benih Lipa F1 bibit pare Panah Merah harga murah. 

Toko pertanian LMGA Agro distributor kios pertanian online terdekat melayani cepat pesanan Anda. Kami menyediakan kebutuhan bercocok tanam seperti benih hibrida dan unggul tanaman. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan juga pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Dapatkan promo menarik harga diskon produk pertanian lengkap. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Kami mengajak jual online sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis seputar pertanian dan permasalahan di lapangan. 

Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telep ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang bibit benih Pare Lipa F1. 

Dapatkan harga bibit pare Panah Merah terbaik hanya di Toko pertanian LMGA Agro. Benih Lipa F1 bibit pare tahan penyakit. Cara menanam pare tidak sulit dan peluang usaha menjanjikan. Salam sukses....


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.