BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

27/04/2023

Read

Bibit Cabe TM 999 Tani Murni Berkualitas Unggulan - LMGA AGRO

Bibit Cabe TM 999,bibit,cabe,tm 999,tani murni
Bibit Cabe TM 999

Bibit Cabe TM 999 Tani Murni Berkualitas Unggulan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko tani terpercaya andalan konsumen yang jual beraneka macam sarana prasarana kebutuhan pertanian lengkap berkualitas unggul.

Toko pertanian LMGA AGRO berlokasi di Kota Kediri, Jatim. Kami sudah lama berkecimpung di sektor pertanian Indonesia serta konsumen yang berada di seluruh penjuru Indonesia.

LMGA AGRO ialah agen, supplier, distributor, reseller, dan dropshipper produk pertanian dengan reputasi terpercaya. Kami berani memberi jaminan seluruh pesanan konsumen akan LMGA AGRO proses secepat mungkin.

LMGA AGRO jual bibit cabe TM 999 original produksi Tani Murni. Pemesanan konsumen terhadap produk bibit cabe TM 999 Tani Murni akan segera diproses sesegera mungkin. Segera order bibit cabe TM 999 Tani Murni harga murah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Perbincangan mengenai kekayaan alam Nusantara seolah tak pernah ada habisnya. Contoh nyata kekayaan alam itu ialah kekayaan alam hayati yang berasal dari sektor pertanian (yang menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar Indonesia).

Salah satu hasil dari kekayaan alam yang berasal dari sektor pertanian ialah cabai. Cabai sendiri tergolong sebagai salah satu tanaman dengan nilai jual tinggi di pasaran.

Tanaman kelompok perdu dari keluarga terong – terongan ini dikenal mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Menurut catatan sejarah, keberadaan tanaman cabai di Indonesia diawali dengan para pelaut berkebangsaan Spanyol dan Portugis yang membawa tanaman ini ke Indonesia bersama 2000 jenis tanaman lainnya.

Terbukti dari ujung barat sampai timur Indonesia, masyarakat Indonesia seolah tidak bisa lepas dari cita rasa pedas khas cabe. Berbagai macam olahan bercita rasa pedas di warung kecil hingga restoran ternama menjadi bukti populernya cabai di Indonesia.

Di Indonesia ada beberapa jenis tanaman cabe yang banyak petani gunakan untuk dibudidayakan. Contohnya saja seperti jenis cabe merah, cabe rawit, dan cabe keriting.

Salah satu yang ingin LMGA AGRO bahas kali ini ialah jenis cabe keriting. Buah cabe keriting ini bentuknya ramping serta panjang dengan tekstur keriting (seperti namanya).

Manfaat yang dapat diperoleh dari buahnya ketika dikonsumsi sangatlah banyak. Hal itu bisa terjadi karena di dalam buah cabe terkandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Contoh beberapa nutrisi itu yakni seperti capsaicin, vitamin C, vitamin A, vitamin C, fosfor, dan sebagainya. Meskipun mempunyai beraneka ragam manfaat bagi tubuh, tetapi bila dikonsumsi berlebihan malah akan berdampak buruk untuk berlebihan (contohnya diare). Oleh karena itu, bila ingin mengkonsumsinya dalam jumlah secukupnya.

Komoditi cabe keriting ialah salah satu komoditi pertanian unggul dengan prospek menjanjikan. Kenapa ? Alasannya yakni besarnya permintaan pasar seiring bertumbuhnya jumlah penduduk dunia. Kadang harganya mampu melambung tinggi hingga berkali – kali lipat. 

Tingkat produktivitas tanaman cabe keriting termasuk cukup tinggi, asalkan juga didukung dengan pembudidayaan memakai benih berkualitas terbaik.

Dalam sekali musim tanam, tingkat produksi rata – rata bisa menghasilkan sebesar ± 20 ton per hektar. Jumlah itu tentunya memperlihatkan prospek masa depan cabe keriting sangatlah cerah. 

Namun, hal itu tentunya perlu ditunjang oleh berbagai macam faktor pendukung di lapangan. Contohnya semisal pemakaian bibit cabe dengan kualitas terbaik.

Baca Juga : Merk Bibit Sawi Berkualitas Unggulan

Bibit Cabe TM 999 Produk Unggul Cocok Petani Tanam

bibit cabe,cabe tm 999,tm 999 tm seeds,tm seeds,tani murni,cabai
Bibit Cabe TM 999 Produk Unggul Cocok Petani Tanam

Apabila Anda ingin memanfaatkan peluang agrobisnis budidaya cabe keriting, Anda pastinya harus memakai bibit cabe berkualitas unggulan.

Di masa kini pemakaian produk bibit berkualitas sudah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk memperoleh hasil unggul.

Supaya makin mudah, LMGA AGRO akan merekomendasikan produk bibit cabe untuk petani pilih serta budidayakan. Produk yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan kali ini ialah TM 999 F1.

TM 999 F1 ialah produk bibit terbaik berkualitas unggulan hasil produksi PT Tani Murni Indonesia (TM Seeds). LMGA AGRO jual bibit TM 999 F1 original produksi TM Seeds.

Produk ini sangat cocok jadi pilihan utama petani untuk ditanam karena punya banyak karakteristik dan kelebihan ketimbang pesaing – pesaingnya.

Contoh karakteristik dan keunggulan dari bibit cabe TM 999 yang bisa menguntungkan petani yakni seperti :

Daya adaptasinya bagus apabila ditanam di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi pada musim kemarau maupun musim hujan

Vigor tanaman cabe TM 999 tegak, kokoh, mempunyai banyak percabangan, dan ruasnya pendek

Bibit cabe TM 999 tahan serangan hama thrips, Aphid, mite, dan penyakit layu bakteri, antraknosa, dan layu fusarium

Meskipun dalam kondisi cuaca buruk, proses terbentuknya buah cabe keriting TM 999 tetap mudah, sehingga petani menggemari makin menggemari produk TM 999

Bibit cabe TM 999 mampu menghasilkan buah sepanjang ± 15 centimeter, berat 7 gram, dan berdiameter ± 0,7 cm

Warna kulit buahnya hijau gelap ketika muda dan berubah menjadi berwarna merah mengkilat dengan cita rasa pedas

Tekstur buah cabe TM 999 tergolong lentur, sehingga jumlah buah rusak karena proses pengepakan dan pengangkutan jarak jauh bisa berkurang drastis

Buah cabe TM 999 sudah bisa dipanen saat telah berumur ± 83 hari sesudah pindah tanam

Potensi hasil panen bibit TM 999 sangat menjanjikan, yaitu dalam kisaran ± 23 ton per ha

Hasil panen memakai bibit cabe TM 999 mudah terjual ke berbagai tujuan, seperti ke pedagang kaki lima, pedagang besar, hingga ke pasar induk secara mudah

Nilai jual cabe TM 999 tergolong cukup menguntungkan, sehingga petani terjamin memperoleh untung

Deretan karakteristik maupun keunggulan diatas telah memperlihatkan kualitas unggulan produk bibit produksi Tani Murni ini. Maka tak heran apabila produk bibit cabai TM 999 masuk ke jajaran pilihan utama petani saat menanam cabe keriting.

Peluang Bisnis Menjanjikan Budidaya Cabe TM 999

peluang,bisnis,menjanjikan,budidaya,budidaya cabe
Peluang Bisnis Menjanjikan Budidaya Cabe TM 999

Bila Anda tertarik menanam cabe memakai bibit TM 999, maka Anda telah berada pada tempat yang sesuai. LMGA AGRO akan membantu Anda dalam memanfaatkan peluang agrobisnis budidaya cabe memakai bibit TM 999 Tani Murni.

Saat ingin memulai agrobisnis ini, syarat tumbuhnya perlu terpenuhi terlebih dahulu. Syarat tumbuhnya yakni seperti penanaman dilakukan di dataran rendah – tinggi, kondisi tanah gembur dan subur, kaya unsur organik, pH tanah ± 5,5 – 6,8, dan sebagainya.

Bila syarat – syarat tumbuh itu telah terpenuhi, maka proses pembudidayaan sudah bisa Anda jalankan. Proses budidaya cabe memakai bibit TM 999 Tani Murni secara benar dari awal hingga akhir yaitu :

Penyemaian Benih

Proses penyemaian benih bisa memanfaatkan media tanah dicampur kompos halus yang sebelumnya sudah diayak dan memakai wadah semai polybag.

Bila semuanya sudah siap, masukkan bibit cabe TM 999 ke dalam media semai. Letakkan pada tempat teduh serta terlindungi oleh naungan. Lakukan juga penyiraman setiap harinya.

Bila bibit telah berusia ± 20 – 24 hari atau sudah mempunyai 3 – 4 helai daun, maka bibit telah siap dipindah tanam ke bedengan.

Persiapan Lahan Tanam

Persiapan lahan tanam dilakukan secara bersamaan dengan persemaian benih. Proses persiapan lahan tanam sudah mulai dapat dilakukan 30 hari sebelum memulai proses penanaman.

Pertama, bersihkanlah lahan tanam lebih dulu dari gulma dan kotoran lainnya. Caranya bisa dengan menyemprotkan herbisida atau bisa pula dicabuti langsung hingga benar – benar bersih.

Bila benar – benar sudah bersih, selanjutnya lakukan pembajakan tanah. Pembajakan tanah akan membuat tanah menjadi gembur serta lapisan bawah tanah akan terangkat hingga ke bagian atas.

Selain itu, lakukan pembajakan tanah supaya organisme pengganggu tanaman (opt) di dalam tanah bisa terbasmi. Pembajakan tanah juga bertujuan untuk menciptakan ruang untuk udara di dalam tanah.

Pembajakan tanah dilakukan dengan cara mencangkul tanah hingga sedalam 20 – 40 centimeter hingga gembur. Lalu, berikan pupuk dasar berupa pupuk kandang atau pupuk kompos. Dosisnya yaitu sebanyak 2 hingga 4 kg untuk setiap tanaman.

Langkah berikutnya yakni buatkan bedengan dengan rincian ukuran tertentu. Buatkan bedengan dengan tinggi 50 centimeter, lebar 1 meter, serta panjang menyesuaikan lahan tanam.

Beri pula jarak antar setiap bedengan sekitar 60 centimeter. Selain itu, buatlah saluran air dengan baik agar tak menimbulkan genangan air.

Baca Juga : Jual Sarana Prasarana Pertanian Lengkap LMGA AGRO

Penanaman

Siapkan bibit yang telah siap tanam, kemudian masukkan bibit itu dengan hati – hati ke dalam lubang tanam pada bedengan. Tutupi lubang tanam itu secara sempurna dengan memanfaatkan tanah sekitar.

Berikutnya, siramilah secukupnya dengan air. Hal itu bertujuan agar tingkat kelembabannya terjaga selalu.

Pemeliharaan

Pertama, lakukan proses penyiraman secara rutin dan juga merata. Proses penyiraman di musim kemarau perlu dilakukan secara lebih intensif daripada ketika musim kemarau.

Kedua, bila terdapat bibit tumbuh abnormal atau justru mati, maka segera gantikan dengan bibit berkualitas bagus. Ketiga, persiapkan lenjeran / ajir sebagai tempat mengikatkan bibit. Bahan untuk lenjeran / ajir bisa memanfaatkan kayu / bambu sepanjang 2 meter.

Keempat, lakukan proses pemangkasan atau perempelan. Proses ini dilakukan pada daun dan tunas yang berada di bawah percabangan.

Kelima, lakukan penyiangan gulma secara rutin hingga gulma sudah tumbuh. Bedengan yang ditutupi oleh mulsa plastik akan membuat pertumbuhan gulma menjadi jauh sedikit jumlahnya.

Keenam, lakukan pengaplikasian pupuk tambahan secara tepat waktu. Jenis pupuk yang diaplikasikan bisa memanfaatkan pupuk kimia atau memanfaatkan pupuk organik. Cara aplikasinya yaitu dengan cara ditabur atau dikocorkan pada tanaman (tergantung kondisi cuaca).

Pengendalian Serangan Organisme Pengganggu Tanaman

Meskipun varietas cabai keriting TM 999 memiliki ketahanan terhadap serangan opt, namun mewaspadai serangan organisme pengganggu tetaplah penting.

Untuk cara penanganannya sendiri biasanya dapat memanfaatkan cara alami atau secara kimia (memakai pestisida). Cara – cara itu mempunyai kekurangan dan kelebihan masing – masing.

Sementara itu, contoh organisme pengganggu yang perlu diwaspadai ketika menanam cabe keriting yakni seperti :

1. Bercak Bakteri

Serangan bakteri Xanthomonas menyebabkan gangguan berupa penyakit bercak bakteri. Karena penyakit bercak bakteri mampu menyebabkan kerusakan pada banyak tanaman, sehingga petani perlu mewaspadainya.

Patogen bakteri Xanthomonas mampu bertahan hidup menyatu bersama benih (baik secara internal atau secara eksternal). Selain itu, bakteri ini bisa bertahan pada gulma tertentu lalu menyebar melalui air hujan atau irigasi pancur.

Pori – pori atau luka daun merupakan jalan masuk untuk menginfeksi tanaman. Kisaran suhu optimal untuk perkembangannya berkisar pada suhu 25 sampai 30° C.

Sesudah tanaman terinfeksi, penyakit ini sangat susah dikendalikan serta mampu menyebabkan kerugian total pada hasil panen.

Gejala awal penyakit bercak bakteri yakni berupa luka kecil pada daun muda berwarna kuning kehijauan, yang umumnya nampak cacat serta menggulung.

Pada daun tua akan terdapat luka yang sama. Namun, luka tersebut terlihat agak membengkak, berminyak, berwarna hijau gelap, serta dikelilingi lingkaran kuning.

Luka – luka ini lebih banyak berkumpul pada pinggir / ujung daun. Pada akhirnya, bintik – bintik ini nampak seperti sebuah lubang bekas tembakan karena bagian tengah kering serta hancur.

Munculnya bintik pada buah (berukuran sampai 0,5 centimeter) berawal dengan adanya warna hijau pucat, area terlihat berair, lalu akhirnya berwujud kasar, berwarna coklat, serta berkeropeng.

2. Bercak Kering

Serangan cendawan Alternaria solani menjadi penyebab terjadinya penyakit bercak kering. Puing – puing tanaman yang sudah terinfeksi di tanah atau inang alternatif menjadi jalan masuk jamur Alternaria solani untuk menginfeksi tanaman.

Kelembaban tinggi (90 %) dan suhu hangat (24 – 29° C) akan semakin mendukung pengembangan penyakit bercak kering.

Periode basah yang panjang akan membuat produksi spora menjadi meningkat. Spora – spora itu bisa menyebar melalui media air hujan, angin, atau irigasi pancur.

Seringkali cendawan Alternaria solani menyerang sesudah periode curah hujan tinggi serta akan sangat merusak tanaman (baik di daerah subtropis maupun tropis).

Gejala penyakit bercak kering terjadi pada bagian batang, daun, serta buah yang berumur lebih tua. Pada bagian daun, muncul bercak berwarna coklat sampai abu – abu dan secara perlahan tumbuh secara konsentris di bagian tengah yang bersih dengan ciri khas berbentuk mata banteng.

Luka ini dikelilingi oleh lingkaran sinar berwarna kuning cerah. Saat penyakit bercak kering berkembang, seluruh daun bisa mengalami klorosis serta gugur, yang mengarah ke rontoknya daun dalam skala parah.

Ketika daun mati serta berguguran, buah akan lebih rentan terhadap luka bakar matahari. Buah – buah pun membusuk serta terkadang berjatuhan.

Pemanenan

Proses ini ialah tahap akhir budidaya cabe TM 999. Tahap pemanenan ini dapat dilakukan saat tanaman berusia 80 hingga 100 hari.

Tingkat kematangan buah cabe TM 999 yang sesuai saat dipanen yakni berkisar ± 80 – 90 %. Sedangkan, untuk waktu pemanenannya sebaiknya dilakukan saat pagi hari.

Pemanenan dilakukan dengan cara dipetik beserta bagian tangkainya. Pastikan Anda melakukan pemetikan buah secara hati – hati.

Sesudah selesai dipanen, maka kemudian simpan buah cabe TM 999 dan juga tangkainya supaya daya simpannya lebih tahan lama. Letakkan pada tempat teduh yang terlindung terik sinar matahari langsung dan air hujan.

Pemanenan cabe TM 999 Tani Murni bisa dilakukan sampai berkali – kali dengan diberikan interval waktu panen tiap 3 – 5 hari sesudah proses panen pertama dilakukan. Proses panen bisa dilakukan hingga 30 – 40 kali (tergantung kondisi tanaman).

Baca Juga : Pohon Kacang Panjang Benih Pertiwi Unggulan

Jual Bibit Cabe TM 999 Harga Terjamin Terjangkau

jual,murah,bibit cabe keriting,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Cabe TM 999 Harga Terjamin Terjangkau

Bila pembaca memiliki ketertarikan dengan produk bibit cabe TM 999, maka LMGA AGRO merupakan jawaban bagi Anda. LMGA AGRO jual bibit cabe keriting TM 999 Tani Murni dengan jaminan kualitas original.

Toko tani LMGA AGRO juga menyediakan berbagai macam sarana serta prasarana pertanian. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai tips juga trik untuk petani ketika ingin mengembangkan usaha budidaya cabai memanfaatkan bibit TM 999

Berbagai kelebihan varietas bibit TM 999 Tani Murni yang LMGA AGRO jual tidak usah diragukan kembali, sehingga petani tak usah ragu dengan kualitas produk bibit TM 999.

LMGA AGRO jual bibit cabe TM 999 F1 kemasan sachet isi bersih 10 gram original produksi Tani Murni. Harga jual bibit ini pun terjamin kompetitif dengan potensi hasil panen yang terjamin menguntungkan untuk petani.

Bibit cabe TM 999 kualitas terbaik bisa Anda beli di LMGA AGRO. Kami toko pertanian terdekat jual bibit cabe TM 999 terbaik untuk konsumen.

Kualitas bibit cabe TM 999 yang LMGA AGRO jual telah siap untuk ditanam serta terjamin asli produksi Tani Murni Indonesia.

Ingin membeli produk bibit cabe TM 999 F1 Tani Murni ?? Segera dapatkan bibit cabe TM 999 harga murah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO dan buktikan sendiri kualitasnya !!

Nah, itulah dia artikel bertemakan bibit cabe TM 999 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Bila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Cabe TM 999 Tani Murni Berkualitas Unggulan ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai jumpa lagi dalam artikel baru LMGA AGRO lainnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.