BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

20/06/2023

Read

Bayfolan Untuk Cabe Pupuk Unggul Pilihan Terbaik Bagi Petani - LMGA AGRO

Bayfolan Untuk Cabe,bayfolan,cabe,cabai,pupuk,lmga agro
Bayfolan Untuk Cabe

Bayfolan Untuk Cabe Pupuk Unggul Pilihan Terbaik Bagi Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online terbaik yang menjual beraneka kebutuhan pertanian dengan harga terjamin murah.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO ialah toko tani unggul yang tepatnya berlokasi di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami telah lama berkecimpung di sektor pertanian Nasional dan sudah mempunyai berbagai konsumen di semua penjuru Nusantara.

LMGA AGRO merupakan reseller, distributor, supplier, agen, dan dropshipper aneka produk pertanian unggulan dengan jaminan harga terjangkau.

LMGA AGRO memberikan jaminan apabila seluruh pesanan konsumen akan kami kirimkan ke alamat tujuan konsumen dengan jaminan pasti sampai ke alamat konsumen.

Bayfolan untuk cabe tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual Bayfolan untuk cabe dengan jaminan harga yang pastinya murah. Dapatkan segera Bayfolan untuk cabe hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Orang – orang Indonesia terkenal telah terbiasa mengkonsumsi berbagai jenis makanan, salah satunya ialah makanan dengan cita rasa pedas.

Hal itu sudah menjadi rahasia umum serta seakan menjadi rahasia umum serta seakan menjadi kebiasaan sehari – hari untuk masyarakat Indonesia.

Cita rasa pedas dari makanan umumnya berasal dari cabai. Selain bisa membuat nafsu makan bertambah, cita rasa pedas dapat membuat makanan jadi lebih lezat serta nikmat ketika dikonsumsi.

Cabe merupakan rempah – rempah berlimpah di Nusantara sedari zaman dahulu. Namun, berdasarkan catatan sejarah Indonesia bukanlah tempat darimana tanaman ini berasal.

Catatan para ahli menunjukkan bahwa cabai merupakan tumbuhan asli dari benua Amerika. Penyebarannya sendiri terjadi pada abad ke 16 melalui perantara pelaut berkebangsaan Spanyol dan Portugis saat masuk ke Asia Tenggara.

Berbagai macam nutrisi terdapat di dalam buah cabe. Contoh nutrisi tersebut yakni seperti karbohidrat, protein, kalium, capsaicin, vitamin A, serat, vitamin C, zat besi, lemak, dan sebagainya.

Selain mempunyai berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, cabai tergolong nilai jual bagus di pasaran. Tetapi, harga jual bagus tersebut hanya dapat diperoleh dari pembudidayaan secara tepat mulai awal sampai akhir.

Budidaya Cabai Sebagai Peluang Agribisnis

budidaya,cabai,agrobisnis,agribisnis,budidaya cabai,lmga agro
Budidaya Cabai Sebagai Peluang Agribisnis

Dari penjelasan sebelumnya, peluang agrobisnis cabe termasuk sangat menjanjikan. Apabila Anda tertarik, LMGA AGRO siap untuk membantu Anda dalam proses budidayanya.

Kami siap membantu dengan cara memberikan tahapan budidaya cabe sedari awal hingga akhir. Sebelum memulai proses pembudidayaan, ada beberapa persiapan yang perlu untuk disiapkan terlebih dulu. Contohnya saja semisal jenis benih cabe apa yang akan Anda tanam.

Jika semuanya sudah Anda siapkan, maka tahapan budidaya cabe sudah dapat Anda jalankan. Tahapan cara budidaya cabe secara baik serta benar sedari awal sampai akhir yaitu :

  • Persiapan Lahan Tanam

Bersihkan lahan tanam lebih dulu dari gulma, bebatuan, kerikil, dan lainnya sampai benar – benar bersih. Jika sudah benar – benar bersih, selanjutnya olah lahan tanam menggunakan cangkul sampai gembur.

Sesudah lahan tanam dibuat dengan tinggi ± 30 – 40 centimeter, lebar ± 100 centimeter, dan panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Jangan lupa untuk memberikan jarak ± 60 centimeter setiap 1 bedengan dengan 1 bedengan lainnya. Buatkan juga untuk membuat saluran drainase di sekitar bedengan.

Hal tersebut mempunyai tujuan untuk memudahkan pemeliharaan serta mencegah kemunculan genangan air pada bedengan. Berikutnya, ukur pula tingkat keasaman tanah.

Jika tingkat pH tanah terlalu masam, netralkan dengan cara mengaplikasikan dolomite / kapur pertanian dengan dosis secukupnya.

Lalu, gunakan mulsa plastik untuk menutupi bedengan. Apabila mulsa plastik telah menutupi bedengan secara baik, kemudian buatlah lubang tanam pada bedengan.

Buatkan lubang tanam dengan letak secara zig zag sebanyak 2 baris berkedalaman ± 10 centimeter pada setiap bedengan.

Baca Juga : Benih Terong Ungu Kualitas Unggul Dan Terjangkau

  • Penyemaian

Supaya bisa menghasilkan bibit dengan kualitas bagus, maka Anda perlu melakukan proses penyemaian. Selain itu, proses penyemaian dapat pula mengurangi tingkat kematian tanaman, siap dengan kondisi lahan tanam, dan melindungi dai ancaman cuaca.

Untuk memulai proses penyemaian, persiapkan lebih dulu media semai benih berupa campuran antara tanah halus dengan pupuk kompos / kandang.

Kemudian, masukkan kedua bahan itu ke dalam tray semai. Jika sudah, langkah selanjutnya ialah memasukkan benih ke dalam media semai.

Masukkan sebanyak 1 benih untuk setiap lubang semai serta sirami tiap pagi hari dalam jumlah cukup. Apabila bibit sudah mempunyai 3 hingga 4 helai daun, proses penyemaian sudah dapat Anda akhiri.

  • Penanaman

Bibit sudah siap tanam umumnya memiliki 3 hingga 4 helai daun. Ambil bibit yang sudah siap tanam, lalu masukkan bibit ke dalam lubang tanam kemudian tutupi menggunakan tanah sekitarnya. Selanjutnya, sirami menggunakan air dalam jumlah yang jumlahnya cukup.

  • Perawatan

Pertama, sulami bibit yang secara rutin. Lakukanlah proses penyiraman ini secara rutin, terutama saat sedang musim kemarau.

Bila sistem perakaran telah kuat serta cukup dalam, maka proses penyiraman bisa dilakukan setiap 3 hari sekali. Jika di sekitar tanaman cabai mulai muncul gulma, lakukan segera penyiangan gulma sampai benar – benar bersih.

Keberadaan gulma bisa menimbulkan masalah karena nutrisi yang diberikan menjadi terambil dan menjadi sarang bagi organisme pengganggu. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan penyiangan gulma secara rutin.

Dalam proses pemupukan, pakailah pupuk sesuai dengan yang Anda butuhkan. Pastikan Anda mengaplikasikannya memakai prinsip tepat waktu dan tepat dosis. Hal itu bertujuan untuk dapat mencukupi kebutuhan nutrisi cabe.

  • Pengendalian Organisme Pengganggu

Serangan organisme pengganggu selalu saja mengakibatkan kerusakan, entah dalam jumlah kecil sampai besar. Oleh karena itulah organisme pengganggu yang mampu menyerang tanaman cabe (seperti hama dan penyakit) harus petani waspadai serangannya untuk dapat memperkecil kerusakan yang dapat terjadi.

Contoh beberapa organisme pengganggu yang cukup banyak menyerang tanaman cabe umumnya seperti :

1. Bercak Bakteri

Penyakit bercak bakteri terjadi karena serangan infeksi bakteri Xanthomonas. Patogen bakteri ini jadi salah satu penyebab penyakit paling merusak pada banyak tanaman.

Bakteri Xanthomonas mampu bertahan hidup menyatu bersama benih maupun paa jenis gulma tertentu. Penyebarannya sendiri terjadi melalui perantara media air irigasi pancur atau air hujan.

Patogen bakteri Xanthomonas masuk ke dalam tanaman lewat pori – pori dan luka daun. Kisaran suhu paling sesuai untuk perkembangannya berkisar antara 25 hingga 30° C.

Gejala awal penyakit bercak bakteri yakni pada daun muda terdapat luka kecil kuning kehijauan (biasanya terlihat cacat serta menggulung).

Pada dedaunan lebih tua, luka – lukanya agak membengkak, berwarna hijau gelap, berminyak, serta seringkali dikelilingi lingkaran kuning. Luka – luka tersebut umumnya lebih banyak berkumpul pada ujung ataupun pinggiran daun.

Pada akhirnya, bintik – bintik tersebut terlihat seperti lubang bekas tembakan karena bagian tengahnya mengering serta hancur.

Munculnya bintik – bintik pada buah berawal dengan adanya warna hijau pucat, area berair, kemudian akhirnya berwujud kasar berwarna coklat dan juga berkeropeng.

2. Busuk Batang

Infeksi jamur Sclerotinia sclerotiorum menyebabkan terjadinya penyakit busuk batang. Patogen cendawan ini bisa bertahan hidup dalam waktu lama dalam sisa – sisa tanaman maupun dalam tanah sebagai sclerotia yang tidur.

Sebagian besar siklus hidupnya terjadi di dalam tanah. Ketika kondisi lingkungan mendukung, pertumbuhannya akan ia lanjutkan pada bahan organik dan terkadang menginfeksi jaringan tanaman.

Ketika cendawan menjajah seluruh bagian tanaman, benih juga akan mengandung patogen, baik pada kulit biji ataupun secara internal.

Kumpulan spora cendawan baru yang dihasilkan pada tanaman akan beterbangan ke udara. Penyebaran spora ke bagian batang akan semakin terdukung dengan adanya iklim mikro yang lembab.

Perkembangan awal membutuhkan basahnya daun hingga beberapa jam dan suhu berkisar 15 hingga 24° C. Kehadiran unsur hara eksogen juga makin mendukung pertumbuhan cendawan.

Gejala awal penyakit busuk batang yakni muncul bercak basah dengan bentuk tak beraturan pada bagian daun, tangkai daun, serta daun. Ketika bercak tersebut membesar, daerah yang terkena akan tertutupi oleh cendawan berkapas putih yang banyak.

Pada tahap berikutnya tersebar menjadi struktur reproduksi seperti kutil keabu – abuan maupun hitam yang dapat terlihat (sclerotia). Lesi kering dapat berkembang pada bagian pangkal batang dan cabang, terbatasi secara jelas dari jaringan tanaman yang sehat.

Pada beberapa spesies, lesi kering akan terlihat cukup mencolok pada bagian mahkota dasar. Selama tahapan berikutnya, cendawan akan mengelilingi batang dan bagian atas tanaman cenderung layu, lalu berubah kecoklatan dan mati.

Sclerotia terbentuk di dalam bagian batang tanaman serta juga menggantikan jaringan tanaman. Hal ini dapat menyebabkan kematian dan robohnya tanaman.

Polong serta benih yang telah terinfeksi dapat menyusut atau terganti oleh pertumbuhan cendawan hitam.

3. Ulat Grayak

Tubuh ulat grayak berwarna coklat muda atau hijau mendekati hitam bergaris memanjang di sepanjang sisi dan garis kekuningan pada bagian punggungnya.

Ngengat memiliki sayap depan coklat berbintik serta sayap belakang dengan warna putih transparan. Setiap sayap depan punya titik dengan warna putih yang dapat terlihat dekat pada bagian ujung paling atas.

Makanan dan suhu menentukan berapa lama fase siklus hidup yang berbeda. Larva ulat grayak (Spodoptera frugiperda) menyebabkan kerusakan dengan cara memakan seluruh tanaman.

Awalnya larva muda hanya memakan daun dari jaringan daun pada 1 sisi saja, sementara pada sisi lainnya akan tetap utuh. Bibit bisa dimakan sampai mencapai tunas, bahkan hingga titik tumbuhnya pun akhirnya menjadi rusak.

Larva juga bisa melukai pangkal tanaman maupun menyerang struktur reproduktif serta buah muda. Dalam tingkat serangan yang serius, larva ulat grayak akan mengakibatkan kerontokan yang meluas.

  • Pemanenan

Proses pemanenan merupakan tahapan akhir dari pembudidayaan tanaman. Proses pemanenan cabe sudah dapat dilakukan jika pada buah cabe sudah muncul ciri – ciri tertentu.

Ciri – ciri tersebut contohnya seperti buahnya utuh dan padat, warnanya berubah jadi kuning kemerahan, dan lainnya.

Cara panennya dilakukan dengan cara dipetik. Petiklah buah yang sudah siap panen secara hati – hati, yakni dengan cara memetik buah dan tangkainya.

Proses pemetikan dilakukan dengan cara tersebut supaya buah tak membusuk. Pastikan Anda memetiknya dengan hati – hati agar cabang / ranting tak patah.

Vitalnya Fase Pemupukan Cabe Dalam Memenuhi Kebutuhan Nutrisinya

Fase pemupukan menjadi salah satu fase sangat vital untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai. Dalam fase pemupukan ini, petani tentu saja harus menyesuaikan umur dan kondisi tanaman untuk terhindar dari dampak negatif.

Dengan pengaplikasian pupuk, maka cabai akan memperoleh nutrisi yang mereka perlukan. Sehingga, cabai nantinya dapat tumbuh dan juga berkembang secara bagus.

Dalam masa awal – awal pertumbuhan, cabe termasuk sangat rentan untuk terserang organisme pengganggu. Kenapa seperti itu ? Karena bagian akar belum terbentuk sempurna, sehingga daya hidupnya masih tergolong kurang bagus.

Supaya cabe dapat berbuah lebat, apabila telah berusia ± 10 – 30 hari direkomendasikan agar diberikan pupuk sesuai dengan kebutuhannya, contohnya semisal pupuk Bayfolan. Hal tersebut memiliki tujuan untuk merangsang pertumbuhan tunas – tunas baru.

Apabila cabai sudah memunculkan bunga, cabe sudah bisa diaplikasikan pupuk untuk membuat buah cabai menjadi lebih lebat. Pemupukan mampu merangsang pembentukan bunga pada cabai, sehingga tentu sangat bermanfaat.

Baca Juga : Harga Bibit Melon Terbaik Harga Terjamin Murah

Bayfolan Untuk Cabe Kaya Manfaat Cocok Petani Gunakan

bayer,pupuk bayfolan,bayfolan bayer,bayfolan untuk cabai,pupuk bayfolan untuk cabe,lmga agro
Bayfolan Untuk Cabe Kaya Manfaat Cocok Petani Gunakan

Mengingat begitu vitalnya peran pupuk untuk cabe, tentu petani perlu menjaga ketersediaan pupuk sebagai prioritas utama. Dengan begitu, maka petani perlu membeli agar petani selalu memiliki stok pupuk yang tersedia.

LMGA AGRO sebagai rekan petani punya rekomendasi menarik mengenai produk pupuk yang bisa petani gunakan. Produk rekomendasi LMGA AGRO itu ialah Bayfolan.

Bayfolan ialah pupuk hasil produksi PT Bayer Indonesia yang tergolong dalam kategori pupuk daun dimana bermanfaat dalam pertumbuhan vegetatif serta pemulihan sesudah fase generatif tanaman.

Bayfolan mempunyai beraneka kandungan yang sangat baik untuk cabe. Contoh kandungan nutrisi itu seperti P2O5 8 %, K2O 6 %, N 11 %, serta unsur mikro (Zn, Bo, Fe, Mo, Mn, Cu, dan Co).

Bentuk formulasi Bayfolan yakni berupa pekatan berwarna hijau jernih yang bisa dilarutkan. Selain untuk tanaman cabe, Bayfolan juga bagus apabila diaplikasikan pada tanaman hias, tanaman perkebunan, tanaman sayur, dan tanaman buah.

Mengapa produk Bayfolan sangat cocok diaplikasikan pada tanaman cabe ? Alasannya karena produk Bayer ini memiliki aneka kelebihan ketimbang produk – produk lainnya.

Secara umum, beberapa contoh keunggulan dari Bayfolan yaitu seperti :

  1. Bayfolan mudah larut bersama air dan tak menimbulkan endapan sama sekali
  2. Pemakaian Bayfolan mampu memperbaiki kualitas buah, menaikkan hasil panen, mencukupi unsur hara melalui daun, dan merangsang pertumbuhan akar agar menyerap unsur hara yang bagus untuk kondisi tanah yang kurang baik
  3. Pemakaian Bayfolan bisa diaplikasikan dengan pestisida (fungisida, insektisida), kecuali campuran alkalis (kapur, belerang)
  4. Penggunaan Bayfolan dapat disemprotkan memakai semua jenis alat semprot tanaman
  5. Pemakaian magnesium sulfat Bayfolan sebagai campuran untuk tanaman yang kurang unsur magnesium dengan berbagai rekomendasi

Dengan beraneka macam kelebihan dari Bayfolan Bayer, maka tak salah apabila menganggap jika kualitas Bayfolan sangatlah bagus. So, apakah Anda mulai tertarik membeli dan membuktikan sendiri kualitas dari Bayer Bayfolan ?

Cara Pakai Bayfolan Untuk Tanaman Cabe

Untuk dapat memakai Bayfolan untuk tanaman cabe dengan baik serta benar, LMGA AGRO akan membagikan cara pemakaian Bayfolan untuk cabe secara tepat.

Langkah – langkah yang bisa dilakukan dalam mengaplikasikan Bayfolan untuk cabe yaitu seperti :

  1. Dosis yang diaplikasikan dari pemakaian Bayfolan untuk cabe yakni dengan mencampurkan 2 ml cairan Bayfolan dalam 1 liter air
  2. Untuk 1 hektar lahan cabe membutuhkan pupuk Bayfolan sebanyak 2 sampai 4 liter
  3. Pemupukan memanfaatkan Bayfolan untuk cabe sebaiknya dilakukan ketika pagi serta sore hari. Hal ini bertujuan karena pada waktu tersebut stomata tengah terbuka, sehingga pemupukan bisa menjadi lebih efektif
  4. Penyemprotan campuran Bayfolan untuk cabe sebaiknya dilakukan di bagian bawah daun. Mengapa ? Karena bagian itu merupakan bagian yang paling banyak memiliki stomata.
  5. Penyemprotan Bayfolan sebaiknya tak Anda lakukan ketika hujan. Paling tidak yaitu 2 jam sesudah penyemprotan Bayfolan jangan sampai terkena air hujan karena hal ini mampu mengurangi keefektifan penyerapan Bayfolan untuk tanaman cabe
  6. Pengaplikasian Bayfolan untuk cabe sebaiknya juga tak Anda lakukan ketika suhu udara terlalu panas karena membuat konsentrasi larutan pupuk Bayfolan yang sampai ke daun menjadi bertambah. Hal ini bisa mengakibatkan daun tanaman menjadi terbakar

Baca Juga : Katalog Sarana Pertanian Terlengkap LMGA AGRO

Jual Pupuk Bayfolan Untuk Cabe Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Pupuk Bayfolan Untuk Cabe Harga Murah

Toko online LMGA AGRO juga memiliki berbagai solusi terbaru dalam memaksimalkan penggunaan Bayfolan supaya cabe bisa tumbuh secara sempurna.

Selain itu, tips serta trik dari LMGA AGRO bisa membuat petani makin terbantu dalam menanam cabe secara tepat.

LMGA AGRO jual Bayfolan untuk cabe produksi Bayer dengan kualitas original. Produk Bayfolan produksi Bayer yang LMGA AGRO jual tersedia dalam kemasan botol berisi bersih 250 ml, 500 ml, serta 1 liter.

Harga pupuk Bayfolan di LMGA AGRO relatif terjangkau serta murah bagi semua kalangan konsumen. Sangat sesuai untuk petani aplikasikan untuk berbagai macam tanaman.

Agar pesanan Bayfolan untuk cabe sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan mitra pengiriman yang punya reputasi terpercaya di Indonesia.

Kami menjalin relasi kerjasama dengan mitra pengiriman berbagai mitra pengiriman bereputasi terpercaya, sebut saja seperti Pos Indonesia, J&T, serta JNE.

Reputasi mitra pengiriman kami telah terbukti, sehingga pesanan Bayfolan untuk cabe maupun pesanan lainnya terjamin pasti sampai hingga ke tangan konsumen.

Ingin membuktikan sendiri kualitas Bayfolan untuk cabe ?? Segera pesan sekarang pupuk Bayfolan untuk cabe serta aplikasikan sendiri untuk membuktikan sendiri hasilnya !!

Nah, itulah dia artikel bertema bahasan Bayfolan untuk cabe ini kami tulis serta sampaikan kepada Anda semua. Semoga pembaca bisa mengambil manfaat dan juga dampak positif dari artikel kali ini.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bayfolan Untuk Cabe Pupuk Unggul Pilihan Terbaik Bagi Petani ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu untuk Anda semua.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.