BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

31/10/2023

Read

Benih Timun Batara Benih Unggul Kualitas Terbaik

Benih Timun Batara,benih,timun,batara,f1,hibrida,lmga agro
Benih Timun
Batara

Benih Timun Batara Benih Unggul Kualitas Terbaik. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual beraneka macam kebutuhan pertanian harga murah.

LMGA AGRO ialah toko pertanian berlokasi fisik di Kota Kediri serta berbasis online. Kami merupakan distributor, agen, supplier, serta reseller produk pertanian terbaik dengan jaminan harga murah.

LMGA AGRO telah melayani konsumen sedari lama serta mempunyai konsumen di semua penjuru Indonesia.

Kami menjamin bahwa semua produk pertanian yang kami jual harganya terjamin terjangkau serta pastinya terjamin pasti sampai hingga ke alamat konsumen.

Jadi, calon konsumen tentunya tak perlu ragu apabila ingin bertransaksi dengan LMGA AGRO. Hubungi kami segera dan order produk pertanian yang ingin Anda beli !!

Benih timun Batara memiliki kualitas terbaik dan bisa menjadi andalan petani saat melakukan kegiatan budidaya tanaman. Batara F1 Cap Panah Merah memiliki beraneka keunggulan yang bisa menjadi petani untung. Beli sekarang juga benih timun Batara harga murah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO !!

Mentimun. Banyak orang tentunya yang sudah tau mengenai tumbuhan ini kan ? Mentimun merupakan tanaman sayur yang tergolong ke dalam kelompok Cucurbitaceae.

Berdasarkan catatan sejarah, mentimun diperkirakan berasal dari daratan Asia, tepatnya yakni di India (lereng gunung Himalaya).

Mentimun, timun, atau ketimun ialah tumbuhan 1 musim yang tumbuh secara menjalar. Tumbuhan ini memiliki batang berwarna hijau berbulu dan panjang batangnya mencapai ± 1,5 meter, serta tekstur batang lunak dan mengandung air.

Di Indonesia, buah timun banyak dimanfaatkan di dalam kehidupan sehari – hari. Mengapa ? Karena di dalam buah timun terkandung berbagai macam nutrisi bermanfaat untuk tubuh kita.

Mulai dari produk olahan minuman, makanan, serta produk kecantikan merupakan bentuk pemanfaatan timun. Selain itu, ada banyak manfaat yang terkandung di dalam buah ketimun untuk tubuh kita ketika mengkonsumsinya.

Contoh beberapa manfaat yang bagus untuk tubuh kita ketika mengkonsumsi timun yaitu seperti :

  • Menurunkan kadar kolesterol

Ada nutrisi bernama sterol di dalam mentimun. Sterol merupakan senyawa yang mengurangi kadar kolesterol, sehingga tubuh dapat terhindar dari kolesterol berlebih yang tak baik untuk tubuh.

  • Menurunkan resiko tubuh terkena penyakit kanker

Kandungan polifenol yang disebut dengan lignan di dalam buah mentimun dapat terhindar dari penyakit kanker. Contohnya saja seperti kanker rahim, kanker prostat, dan sebagainya.

  • Memperkuat tulang

Di dalam timun terkandung nutrisi berupa vitamin K. Vitamin K ini mampu menguatkan tulang, sehingga membuat kondisi kesehatan tulang dapat selalu terjaga.

  • Menjaga kesehatan kulit

Beberapa produk perawatan kulit dan kosmetik di pasaran memiliki kandungan nutrisi bermanfaat yang berasal dari mentimun. Nutrisi bermanfaat tersebut contohnya seperti silikon, potasium, serta magnesium.

Berbagai kandungan nutrisi tersebut dapat membuat kesehatan kulit lebih terjaga serta menjadi lebih bercahaya, sehingga kulit pun mampu terhindar dari serangan penyakit kulit.

Potensi Budidaya Timun Di Indonesia

potensi,budidaya,mentimun,ketimun,budidaya timun,lmga agro
Potensi Budidaya Timun Di Indonesia

Buah mentimun seringkali banyak ditemui di pasar – pasar tradisional maupun supermarket – supermarket. Buah segar dengan daging berwarna hijau keputihan ini memiliki rasa yang segar.

Buah ketimun seringkali dipergunakan untuk berbagai produk olahan makanan. Contoh olahan makanan itu yakni seperti rujak, pecel, lalapan, acar, manisan, dan sebagainya.

Buah mentimun termasuk dalam golongan suku labu – labuan, sehingga masih berkerabat dengan melon serta semangka. Tampilannya berbentuk lonjong berwarna kehijauan serta memiliki getah yang berwarna hijau juga.

Buah mentimun ini tergolong mudah dipelihara / dirawat. Tak salah apabila peluang usaha agribisnis budidaya mentimun tergolong memiliki prospek yang tergolong menjanjikan.

Dimana cara pembudidayaan dari buah ketimun memang tergolong sangat mudah dan masa tanamnya pun termasuk relatif singkat.

Cara pemasaran hasil panen mentimun sendiri tergolong sangat mudah. Dijual di pasar pun sudah banyak pedagang sayur yang siap untuk menampung hasil panen ketimun.

Sehingga, jika Anda menjalankan budidaya timun ini tentunya akan sangat menguntungkan dan juga menjanjikan. Untuk itulah Anda dapat membaca artikel kali ini untuk dapat berhasil dalam membudidayakan mentimun.

Bisnis budidaya mentimun ini bisa serta cocok dijalankan oleh semua orang. Asalkan mempunyai kemauan dan minat tinggi untuk berhasil, maka bisnis budidaya mentimun dapat Anda jalankan secara mudah.

Bisnis budidaya mentimun menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitu juga dengan bisnis budidaya ketimun yang menjadi salah satu agrobisnis berprospek menjanjikan.

Untuk memulai bisnis budidaya mentimun bisa Anda mulai dengan jumlah modal yang kecil. Selain itu, apabila Anda tak mempunyai lahan berukuran besar, Anda dapat memanfaatkan lahan berukuran kecil lebih dulu untuk memulainya.

Nah, dalam proses pembudidayaan timun memerlukan peralatan – peralatan penting. Alat – alat pertanian penting itu contohnya seperti keranjang panen, gunting, cangkul, pompa air, golok, timba, dan sebagainya.

Dengan berbagai macam peralatan tersebut, maka proses budidaya mentimun nantinya dapat menjadi lebih maksimal.

Apabila telah masuk rasa panen, proses pemanenan bisa segera Anda lakukan. Apabila sudah, maka berikutnya ialah memasarkan hasil panen.

Anda dapat memasarkan hasil panen timun Batara ke berbagai tujuan. Tujuan itu contohnya seperti pasar tradisional, supermarket, restoran, rumah makan, dan hotel. 

Baca Juga : Tanaman Musim Hujan Berprospek Menguntungkan

Benih Timun Batara Produk Unggulan Produksi Panah Merah

benih timun,timun batara,batara f1,ewindo,eastwestseed,panah merah,cap panah merah,lmga agro
Benih Timun Batara Produk Unggulan Produksi Panah Merah

Nah, untuk bisa memperoleh hasil panen secara lebih maksimal, maka petani membutuhkan produk benih – benih timun unggul. Di pasaran Indonesia, telah banyak beredar produk benih – benih timun terbaik dengan kisaran harga yang bervariasi.

Untuk lebih mempermudah Anda, LMGA AGRO akan memberikan rekomendasi produk benih – benih timun terbaik dengan harga murah. Produk benih yang ingin kami rekomendasikan ialah Batara F1.

Benih timun Batara F1 ialah benih mentimun hibrida berkualitas terbaik yang diproduksi oleh PT East West Seed Indonesia (Cap Panah Merah).

Batara ialah benih bertipe besar dengan cara pemeliharaan yang relatif mudah. Benih Batara memiliki berbagai kelebihan, seperti telah antivirus, cocok dibudidayakan di dataran rendah hingga menengah, potensi hasil panen besar (± 70 ton per ha), dan sebagainya.

Batara F1 Cap Panah Merah memiliki karakteristik serta keunggulan yang menjadi faktor utama petani memanfaatkannya. Beberapa contoh karakteristik serta keunggulan dari benih mentimun Batara F1 yaitu seperti :

  1. Benih timun Batara memiliki vigor kokoh serta kuat
  2. Benih timun Batara sudah tahan terhadap serangan virus Gemini serta penyakit kresek
  3. Kulit buah timun Batara berwarna hijau gelap serta warna daging buahnya berwarna hijau keputihan
  4. Buah timun dari benih Batara F1 memiliki berat berkisar ± 320 gram dengan cita rasa yang tergolong agak pahit sedikit
  5. Ukuran buah timun dari benih Batara tergolong besar
  6. Buah timun dari benih Batara lebih tahan simpan dan tahan pengangkutan jarak jauh
  7. Benih Batara produksi Ewindo tergolong sebagai salah satu benih timun terbaik yang beredar di pasaran
  8. Batara Cap Panah Merah bisa Anda panen setelah berumur ± 45 hari setelah tanam
  9. Potensi hasil panen dari benih Batara F1 Eastwestseed termasuk cukup besar, yakni berkisar ± 70 ton per ha

Karakteristik serta keunggulan dari benih Batara diatas tentunya membuat banyak petani menggunakan produk benih produksi East West Seed ini. Maka tidaklah mengherankan apabila petani tertarik serta ingin menggunakan benih Batara untuk kegiatan budidaya tanaman.

Budidaya Timun Batara F1 Hasil Maksimal

Budidaya timun menggunakan benih Batara menjadi salah satu sumber pendapatan yang menjanjikan untuk petani. Namun, proses budidaya timun memakai benih Batara akan menghasilkan hasil panen maksimal apabila dilakukan secara baik & benar.

Agar lebih mempermudah petani mendapatkan hasil panen timun Batara yang maksimal, LMGA AGRO akan memberikan cara budidaya timun memakai benih Batara F1 secara baik juga benar.

Cara menanam timun memanfaatkan benih Batara F1 secara baik dan benar yakni seperti :

  • Persiapan Lahan Tanam

Proses penyiapan lahan tanam bertujuan agar kondisi struktur tanah dan sistem airase tanah menjadi lebih baik. Selain itu, persiapan lahan tanam juga bertujuan supaya pembentukan bedengan semakin mudah dan mendekomposisikan gulma.

Lakukan pengolahan lahan tanam terlebih dulu sebelum berlanjut ke proses penanaman. Sebaiknya, proses pengolahan lahan tanam dilakukan sekitar 3 sampai 4 minggu sebelum proses penanaman Anda lakukan.

Setelah melakukan proses pengolahan lahan tanam, langkah selanjutnya adalah membentuk bedengan dengan ukuran tertentu. Lakukanlah pembuatan bedengan setelah seminggu sebelumnya selesai mengolah lahan tanam.

Buatlah bedengan dengan lebar ± 120 cm, tinggi ± 40 cm, dan panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam. Jangan lupa juga untuk memberikan lebar parit antar bedengan sekitar ± 50 centimeter.

Jika pembuatan bedengan telah selesai, selanjutnya aplikasikan pupuk dasar diatas bedengan. Pupuk dasar yang digunakan yaitu berupa pupuk KCl, NPK, SP – 36, pupuk kandang, serta dolomit.

Dosis yang diberikan yaitu dolomit sebanyak ± 200 kg/ha, KCl sebanyak ± 100 kg/ha, NPK sebanyak ± 300 kg/ha, SP – 36 sebanyak ± 100 kg/ha, serta 5 kg/m pupuk kandang.

Aduk sampai merata dengan tanah, lalu rapikan. Selanjutnya, tutupi bedengan menggunakan mulsa plastik.

  • Penanaman

Pertama, buatkan lubang tanam diatas bedengan dengan kisaran jarak 100 x 60 cm. Selanjutnya, masukkan benih timun Batara ke dalam lubang tanam dengan kedalaman ± 1 cm. 1 lubang tanam cukup Anda masukkan 1 benih ke dalam lubang tanam.

Setelah dimasukkan, tutuplah kembali memanfaatkan tanah di sekitarnya. Anda dapat juga memanfaatkan kompos supaya kandungan bahan organik dalam tanah menjadi meningkat.

Baca Juga : Semangka Lentera Produk Terbaik Berkualitas Unggulan

  • Pemeliharaan

Proses pemeliharaan timun Batara harus dilakukan secara teratur agar mentimun Batara F1 dapat tumbuh dengan baik. Dalam proses pemeliharaan ini menjadi sangat penting serta perlu dilakukan secara baik serta benar.

Beberapa proses perawatan / pemeliharaan dalam budidaya timun Batara F1 yaitu seperti :

1. Pemasangan Lanjaran / Ajir

Ajir atau lenjeran merupajan sebuah penegak yang terbuat dari bahan berupa bilah bambu ataupun batang kayu yang berfungsi sebagai penyangga batang tanaman atau berperan sebagai tempat tanaman merambat.

Pemasangan ajir atau lenjeran bertujuan agar tanaman timun Batara tetap tegak dan tidak mudah tertiup oleh angin. Selain itu, pemasangan ajir juga memiliki tujuan agar proses fotosintesis menjadi lebih cepat.

2. Penyiraman / Pengairan

Proses pengairan atau penyiraman bertujuan agar tanaman timun Batara F1 mendapatkan air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ketimun Batara.

Lakukan penyiraman / pengairan setidaknya sekali seminggu dan pastikan tersirami secara merata. Dengan begitu, maka tanaman timun Batara tidak akan mengalami stress dan rasa buahnya tak pahit.

3. Penyiangan Gulma

Gulma merupakan ancaman yang hampir selalu ada saat melakukan budidaya tanaman. Oleh karena itu, penyiangan gulma sangat diperlukan dalam mengatasi permasalahan gulma.

Lakukan penyiangan gulma secara teratur untuk segera membasmi gulma pengganggu pertumbuhan tanaman.

4. Pemupukan Susulan

Jangan lupa juga untuk melakukan proses pemupukan susulan agar nutrisi yang dibutuhkan oleh timun Batara bisa terpenuhi.

Waktu pengaplikasian serta jenis pupuk yang digunakan dalam pemupukan susulan mentimun Batara yaitu ketika berumur 14 hst, manfaatkan pupuk KCL dengan dosis sebanyak ± 10 gram/tanaman dan NPK dengan dosis sebesar ± 20 gram/tanaman.

Saat berumur 28 hst, manfaatkan pupuk KCL dengan dosis sebanyak ± 10 gram/tanaman, NPK dengan dosis sebanyak ± 20 gram/tanaman, serta SP – 36 sebanyak ± 10 gram/tanaman

Ketika berumur 35 hst, manfaatkan pupuk KCL dengan dosis sebanyak ± 10 gram/tanaman, NPK dengan dosis sebanyak ± 10 gram/tanaman, serta SP – 36 sebanyak ± 10 gram/tanaman

Saat berumur 40 hst, manfaatkan pupuk KCL dengan dosis sebanyak ± 10 gram/tanaman, NPK dengan dosis sebanyak ± 10 gram/tanaman, serta SP – 36 sebanyak ± 10 gram/tanaman

Terakhir, ketika berumur 60 hst, manfaatkan pupuk KCL dengan dosis sebanyak ± 10 gram/tanaman serta SP – 36 sebanyak ± 30 gram/tanaman

  • Pengendalian Hama Serta Penyakit

Proses pengendalian hama dan penyakit perlu selalu dilakukan untuk mengatasi masalah serangan hama serta juga penyakit.

Serangan hama maupun penyakit tentu saja sangat berdampak buruk untuk kelangsungan hidup tanaman. Sehingga, petani harus segera mengatasi permasalahan tersebut agar tidak menjadi lebih besar.

Contoh beberapa hama serta penyakit tanaman yang perlu diwaspadai serangannya pada tumbuhan yaitu seperti :

1. Thrips

Thrips (Thysanoptera) ialah serangan hewan serangga berukuran kecil (± 1 sampai 2 mm) dengan warna hitam, belang, ataupun kuning. Beberapa jenis hama thrips memiliki 2 pasang sayap, sementara jenis lainnya tidak memiliki sayap.

Hama thrips mampu bertahan hidup pada sisa – sisa tanaman atau di dalam tanah. Selain itu, thrips juga menjadi vektor penyebar virus.

Kondisi cuaca kering serta hangat akan semakin menyebabkan perkembangan thrips semakin baik. Hama thrips menyerang tumbuhan sasarannya dengan cara menghisap cairan permukaan bawah daun, terlebih pada dedaunan muda.

Gejala serangan thrips diantaranya pada sisi atas daun terdapat bercak berukuran kecil, pada bagian bawah daun nampak kotoran bintik berwarna hitam, dan lainnya.

2. Oteng - Oteng

Oteng – oteng atau kutu kuya ialah kumbang perusak daun berukuran kecil ± 1 cm serta memiliki sayap berwarna kuning polos.

Hama oteng – oteng mampu menyerang berbagai tanaman, contohnya dedaunan muda sampai dedaunan tua.

Hama oteng – oteng akan memulai serangannya setelah kutu kuya meletakkan telurnya pada tanaman. Setelah telur – telur tersebut menetas, larva akan mulai keluar dan menyerang bagian akar, sehingga menyebabkan tanaman layu dan akhirnya mati.

Setekah berkembang menjadi dewasa, hama oteng – oteng dewasa akan memakan daun dan hanya menyisakan bagian tulang daunnya saja.

Serangan berat hama oteng – oteng bisa terjadi saat tanaman muda tumbuh hingga berumur ± 2 minggu.

Kumbang kuya bisa dijumpai menyerang banyak tumbuhan. Contohnya saja seperti tanaman gambas, mentimun, melon, labu, terong, dan lainnya.

3. Embun Tepung

Infeksi jamur Erysiphaceae ialah penyebab terjadinya penyakit embun tepung. Embun tepung dapat bertahan pada sisa – sisa tanaman lainnya.

Penyebaran cendawan Erysiphaceae bisa melalui berbagai media, contohnya air, angin, serta serangga vektor.

Patogen cendawan ini bisa bertahan hidup dalam suhu 10 sampai 12 derajat Celsius, tetapi akan lebih optimal perkembangannya dalam suhu 30 derajat Celsius.

Gejala awal terjadinya penyakit embun tepung yakni muncul bintik – bintik kuning pada sisi atas daun. Lalu, pada tahap selanjutnya muncul lapisan tepung berwarna keputihan yang menutupi lalu menyebar pada berbagai bagian tanaman, seperti daun, batang, serta buah.

  • Pemanenan

Proses pemanenan timun Batara dapat mulai Anda lakukan setelah tanaman berumur ± 38 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil panen yang bisa diperoleh yakni berkisar ± 62 ton per ha.

Lakukan proses pemanenan saat pagi hari. Petik dengan hati – hati, lalu letakkan pada tempat sejuk agar ukuran mentimun tidak berkurang karena berkurangnya kandungan air di dalamnya.

Baca Juga : Katalog Bibit Sawi & Selada Harga Terjangkau

Jual Benih Timun Batara Cap Panah Merah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Timun Batara Cap Panah Merah

Apabila pembaca tengah mencari produk benih timun Batara Cap Panah Merah, maka LMGA AGRO adalah jawabannya. LMGA AGRO menjual benih timun Batara Cap Panah Merah dengan harga bersaing dengan jaminan kualitas unggul.

Produk benih timun Batara F1 yang LMGA AGRO jual terjamin asli produksi dari produsen Panah Merah. Kami menjamin bahwa kualitas benih timun Batara F1 terbaik dan harganya pun terjamin terjangkau.

Untuk memastikan pesanan sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman logistik terpercaya dan telah terkenal dengan reputasinya.

LMGA AGRO menggandeng JNE, Pos Indonesia, KI8, serta J&T untuk mengirimkan pesanan konsumen. Dengan memanfaatkan jasa mitra pengiriman tersebut, maka pesanan benih timun Batara maupun pesanan lainnya pastinya akan sampai ke alamat tujuan.

So, tunggu apalagi sekarang ? Segera hubungi LMGA AGRO dan pesan benih timun Batara Cap Panah Merah harga terjangkau sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema benih timun Batara ini kami tulis & sampaikan kepada Anda semua. Semoga semua pembaca dapat mengambil manfaat dari artikel LMGA AGRO ini.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Benih Timun Batara Benih Unggul Kualitas Terbaik ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.