BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/10/2023

Read

Semangka Lentera Produk Terbaik Berkualitas Unggul

Semangka Lentera,semangka,lentera,bisi,cap kapal terbang,lentera f1,f1,lmga agro
Semangka
Lentera

Semangka Lentera Produk Terbaik Berkualitas Unggul. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual beraneka macam kebutuhan pertanian online dengan harga murah.

Kota Kediri, Jawa Timur ialah tempat dimana toko pertanian online LMGA AGRO berada. Kami merupakan supplier, agen, distributor, serta reseller produk pertanian paling lengkap di Indonesia.

LMGA AGRO telah lama dikenal oleh konsumen serta mempunyai reputasi yang telah terpercaya. So, calon konsumen tentunya tak perlu merasa ragu jika ingin bertransaksi dengan LMGA AGRO.

Ingin mendapatkan produk pertanian unggulan dengan jaminan harga murah ?? Segera hubungi LMGA AGRO sekarang juga dan penuhi kebutuhan pertanian Anda.

Semangka Lentera F1 produk Bisi bisa konsumen peroleh di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual benih semangka Lentera F1 bisa konsumen beli dengan harga terjangkau. Segera dapatkan bibit semangka Lentera F1 Cap Kapal Terbang hanya di LMGA AGRO.

Masyarakat Indonesia menyukai beraneka ragam buah. Salah satu dari buah yang masyarakat Indonesia gemari itu adalah buah semangka.

Kenapa masyarakat Nusantara menyukai buah semangka ? Karena buah semangka sangat mudah diperoleh, mempunyai rasa yang manis, dan mempunyai beraneka nutrisi yang bagus untuk tubuh.

Pinggir jalan, pasar tradisional, sampai pasar modern pun dapat menjadi tempat dimana Anda bisa mendapatkan buah satu ini.

Tanaman semangka sendiri memiliki nama penyebutan lain, contohnya seperti tembikai dan mendikai. Tumbuhan ini sendiri termasuk ke dalam golongan hortikultura serta cukup banyak petani Indonesia budidayakan.

Varietas yang dibudidayakan sendiri sangatlah bervariasi, dan salah satunya adalah varietas semangka non biji / tanpa biji.

Selama kurun waktu beberapa tahun terakhir, varietas ini tergolong naik kepopulerannya bahkan mengalahkan tingkat kepopuleran semangka berbiji. Maka tak mengherankan jika sekarang varietas semangka non biji semakin banyak petani budidayakan.

Prospeknya sendiri termasuk cukup menjanjikan dan proses pembudidayaannya pun cukup mudah. Faktor – faktor itu tentunya menjadikan semakin banyak petani tertarik untuk membudidayakan varietas semangka non biji.

Varietas semangka tanpa biji ialah varietas semangka hasil persilangan antara semangka tetraploid betina serta semangka diploid jantan.

Tanaman ini sendiri mempunyai bunga yang lengkap (jantan maupun betina). Tetapi, bijinya tidak terbentuk karena bekal biji maupun benang sari yang mandul.

Buah semangka tanpa biji sendiri mempunyai manfaat yang sama dengan buah semangka varietas lainnya. Beberapa contoh misalnya yaitu seperti :

  • Menyehatkan kondisi tulang

Di dalam buah semangka terkandung beraneka nutrisi bagus untuk tubuh, dan salah satunya adalah kalsium. Kandungan nutrisi ini sangat bagus untuk tubuh dalam menyehatkan tulang, salah satunya adalah dalam menguatkan struktur tulang tubuh.

  • Meredakan nyeri otot

Seringkali nyeri otot menyerang masyarakat setelah menjalani rutinitas sehari – hari. Kandungan nutrisi asam amino serta citrulin dalam buah tembikai bisa meredakan nyeri otot, sehingga nyeri otot bisa teratasi.

  • Menurunkan resiko tubuh terkena penyakit kanker

Para peneliti telah mempelajari bahwa mendikai kaya dengan nutrisi likopen serta lainnya yang mempunyai khasiat anti kanker.

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan fakta bahwa kombinasi antara zat – zat itu mampu menurunkan resiko tubuh terserang penyakit kanker.

Baca Juga : Bibit Pepaya Unggul Kualitas Terjamin

Peluang Usaha Agrobisnis Budidaya Semangka Tanpa Biji

peluang,usaha,agrobisnis,budidaya,budidaya semangka tanpa biji,lmga agro
Peluang Usaha Agrobisnis Budidaya Semangka Tanpa Biji

Tentu saja dengan begitu banyaknya manfaat diatas, maka sudah jelas maka peluang agrobisnis budidaya semangka tanpa biji punya prospek menjanjikan. Terlebih lagi, proses pembudidayaannya pun termasuk relatif mudah.

Apakah Anda tertarik untuk memulai agrobisnis budidaya semangka tanpa biji, maka pembaca dapat segera memulainya sesegera mungkin.

Mengapa perlu untuk segera memulainya ?? Karena usaha agribisnis ini memiliki prospek menguntungkan serta menjadi usaha yang tidak ada matinya.

Apabila Anda hanya mempunyai modal berjumlah sedikit, hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah. Tempat budidaya semangka tanpa biji bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah milik Anda sendiri.

Usaha budidaya mendikai tanpa biji bisa serta sangat cocok untuk semua orang jalankan. Pilihan usaha agribisnis ini tentunya sudah sangat cocok untuk Anda semua.

Asalkan memiliki kemauan dan niat besar untuk terus belajar, maka usaha budidaya semangka bisa berjalan dengan mudah.

Tentunya dalam melakukan usaha agribisnis semangka tanpa biji membutuhkan beraneka peralatan penunjang. Contoh beberapa peralatan penunjang itu yakni seperti golok, benih, sabit, gunting, sprayer, selang air, dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan berbagai alat pertanian tersebut, maka usaha agribisnis budidaya semangka non biji bisa menjadi lebih optimal. Sesudah waktu panen, maka hasil panen berikutnya bisa langsung Anda pasarkan ke berbagai tujuan.

Untuk memasarkannya, Anda dapat segera menjualnya ke pasar maupun pengepul secara langsung. Nah, apabila Anda ingin tau mengenai cara – cara budidaya semangka tanpa biji secara baik dan benar LMGA AGRO siap untuk membantu Anda.

Kami mempunyai tahapan cara budidaya semangka non biji secara dan benar mulai dari awal hingga akhir. Tahapan budidaya semangka tanpa biji mulai dari awal hingga akhir secara baik dan benar yakni seperti :

  • Perhatikan pH, suhu, dan juga tipe tanah

Langkah pertama ialah mengetahui terlebih dulu pH, suhu, serta tipe tanah lahan tanam. Biasanya, tipe semangka non biji dapat Anda budidayakan dimana saja.

Tetapi, jika Anda ingin memperoleh hasil maksimal sebaiknya Anda menanamnya di daerah dataran rendah (0 – 200 mdpl).

Tipe tanah paling bagus untuk budidaya tanaman buah ini yakni tipe tanah gembur yang berpasir. Tak hanya itu saja, pohon semangka juga memerlukan asupan cahaya matahari selama ± 7 jam setiap harinya serta iklim hangat bersuhu ± 20 hingga 30° C.

Sementara, pH tanah yang sesuai untuk budidayanya yakni berkisar sekitar 6 hingga 7. Tetapi, apabila dirasa masih kurang Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda.

Curah hujan bisa memberikan pengaruh terhadap proses pertumbuhan tanaman. Apabila curah hujan cukup bagus, maka semangka non biji bisa tumbuh hingga setinggi ± 40 hingga 50 mm setiap bulannya.

  • Persiapan Serta Pengolahan Lahan Tanam

Langkah kedua, lakukan proses penyiapan serta pengolahan lahan tanam. Caranya yaitu dengan cara mencangkul ataupun membajak tanah hingga kondisi lahan tanam semuanya gembur merata.

Selanjutnya, lanjutkan ke proses pembuatan bedengan ganda serta juga parit pada bagian tengah lahan tanam setelah selesai mengolah lahan tanam.

Buatlah lebar bedengan sekitar ± 70 hingga 80 cm, dengan tinggi bedengan yang perlu menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Kondisi lahan tanam perlu Anda perhatikan baik – baik agar air tak menggenang pada bedengan. Caranya yakni bedengan harus diberikan jarak antar bedengan antara satu dengan lainnya sekitar 3 sampai 4 meter.

Setelah selesai pembuatan bedengan, proses berikutnya adalah mengaplikasikan pupuk dasar. Pupuk dasar yang dapat diaplikasikan yakni berupa dolomit jika tingkat pH < 6. Selanjutnya, biarkan selama kurun waktu 7 sampai 10 hari. 

Selain dolomite, Anda juga bisa menaburkan pula pupuk kandang sebagai pupuk dasar pada tanaman. Taburkan pupuk kandang dengan kisaran dosis ± 1 – 1,5 kg per tanaman. Sementara, untuk pupuk kimianya yang perlu Anda persiapkan adalah ZA, KCl, serta TSP/SP-36.

Aplikasikan pupuk TSP/SP-36 sebesar ± 100 g/tanaman, KCl sebesar ± 200 g/tanaman, serta ZA sebesar ± 100 g/tanaman.

Langkah selanjutnya adalah mengaduk serta mencampurkan pupuk dengan tanah hingga benar – benar tercampur merata. Biarkan campuran tersebut selama beberapa waktu supaya terlarut hingga rata bersama air hujan.

Sesudah tanah serta pupuk larut semuanya, biarkan tanah dalam kurun waktu 10 hingga 15 hari sebelum penanaman dimulai. Jika tidak terdapat air hujan, maka Anda harus melakukan proses penyiraman.

  • Pemilihan Benih

Ambillah benih semangka yang nantinya akan Anda pergunakan, kemudian rendamlah dalam air hangat. Rendam dalam air hangat selama 1 jam supaya tekstur benih menjadi lebih lunak.

Sesudah kondisi benih sudah lunak, tiriskan dan jepit ujung benih supaya kulit benih menjadi sedikit terbuka. Hal tersebut bertujuan agar air mudah terserap serta benih menjadi lebih mudah berkecambah.

Lalu, peram memakai kertas merang serta handuk basah agar menjadi lebih seragam. Apabila benih telah berkecambah, maka semai segera benih pada polybag. Semai pada media tanah dan pupuk kandang dengan memakai perbandingan 5 banding 1.

  • Penanaman Bibit

Proses budidaya semangka non biji berikutnya adalah pemindahan bibit ke lahan tanam. Bibit sudah siap untuk dipindahkan ke lahan tanam jika sudah berumur 7 hingga 10 hari setelah penyemaian.

Cara memindahkan bibit ke lahan tanam yakni pertama Anda harus menyobek polybag terlebih dulu. Berikutnya, tanam bibit serta juga pastikan kondisi lahan tanam tetap basah dengan cara menyiraminya.

Anda sebaiknya melakukan proses pindah tanam bibit ketika sore hari. Setelah proses pemindahan bibit telah selesai Anda lakukan, pastikan agar bedengan dalam kondisi yang basah.

  • Pemeliharaan / Perawatan

Budidaya semangka non biji tentunya membutuhkan cara penanganan yang bagus. Salah satunya ialah dengan cara melakukan tahapan perawatan / pemeliharaan secara teratur.

Dengan melakukan proses pemeliharaan / perawatan secara teratur, maka hasil maksimal nantinya bisa didapatkan.

Pertama, lakukanlah proses penyiraman. Lakukanlah proses penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali setiap hari, yaitu saat pagi dan sore hari. Proses penyiraman bisa juga Anda sesuaikan dengan kondisi lahan tanam.

Kedua, lakukanlah proses perempelan. Lakukan perempelan dengan cara membuang ranting serta tunas yang tumbuh selain ranting serta tunas baik pada daun pertama serta kedua. 

Ketiga, lakukanlah pemupukan susulan. Apabila bibit telah berumur ± 10 hari sesudah tanam, lakukan pengaplikasian pupuk susulan. Aplikasikanlah pupuk NPK dengan dosis sebesar ± 5 gram per 300 ml air per 1 tanaman.

Keempat, Anda harus melakukan penyiangan gulma. Lakukanlah proses penyiangan gulma secara rutin supaya gulma dapat terkendali.

Gulma bisa merebut nutrisi dan menjadi inang bagi virus dan juga hama. Oleh karena itu, gulma perlu dikendalikan agar nantinya tidak mengganggu pertumbuhan serta perkembangan tanaman.

Baca Juga : Jual Benih Timun Kecil Semi F1 Harga Murah

  • Pengendalian OPT

OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) menjadi salah satu ancaman utama petani saat membudidayakan tanaman, tak terkecuali dengan semangka tanpa biji.

Oleh karena itu, mewaspadai serangan opt tentunya harus benar – benar petani lakukan. Dengan begitu, maka petani bisa melakukan tindakan pengendalian secara tepat.

Beberapa contoh opt yang perlu diwaspadai saat membudidayakan semangka non biji yakni seperti :

1. Kutu Kebul

Kutu kebul (Bemisia tabaci) ialah hama utama untuk beraneka tanaman di Indonesia, tidak terkecuali dengan mendikai.

Seekor kutu kebul mempunyai tubuh berukuran kecil dengan warna putih. Kutu kebul mampu menyerang beraneka tanaman, seperti palawija, sayur – sayuran, cabai, buah – buahan, dan sebagainya.

Hama kutu kebul biasanya lebih suka berdiam diri dibalik daun secara berkelompok. Hewan ini ketika merusak tanaman akan kerusakan dengan efek ganda pada tanaman yang mereka serang.

Selain menyebabkan kerusakan tanaman secara langsung, serangan kutu kebul juga dapat menyebabkan kerusakan secara tidak langsung pada tanaman.

Kerusakan secara langsung dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti belang (mosaik), klorosis, serta keriting daun.

Apabila serangan cukup parah, maka serangannya dapat mengakibatkan tanaman menjadi tidak produktif serta juga berukuran kerdil.

Untuk kerusakan secara tidak langsung yaitu kutu kebul bisa menjadi vektor penyebar virus pada tanaman, dan virus itu bernama Gemini virus. Patogen virus ini sendiri bisa menular secara persisten.

Hal itu berarti kutu kebul sebelumnya telah pernah memakan tanaman yang terinfeksi Gemini virus, maka seumur hidupnya mereka mampu menyebarkannya ke tumbuhan – tumbuhan lain.

2. Embun Tepung

Serangan patogen jamur Erysiphaceae mengakibatkan terjadinya penyakit embun tepung. Penyakit bernama lain Powdery mildew tergolong cukup menyulitkan petani karena termasuk sulit dikendalikan.

Di dalam kuncup maupun sisa – sisa tanaman ialah tempat dimana patogen jamur Erysiphaceae bisa bertahan hidup.

Angin, air, serta serangga menjadi media yang bisa memindahkan spora jamur ini ke tanaman terdekat. Jamur Erysiphaceae mampu bertahan hidup dalam suhu 10 hingga 12 C, namun kondisi optimalnya berkisar pada suhu berkisar ± 30° C.

Gejala awal penyakit embun tepung berawal dengan munculnya sebuah bintik kuning pada sisi atas daun. Dalam tahap berikutnya, bintik tersebut akan berubah menjadi lapisan tepung berwarna putih. Lapisan tersebut kemudian menutupi serta menyebar pula pada bagian daun, batang, dan juga buah.

Patogen jamur Erysiphaceae memperoleh nutrisi dari tanaman dan lapisan yang nampak seperti debu ini akan mengganggu berjalannya proses fotosintesis pada tanaman. Hal tersebut membuat perkembangan serta pertumbuhan tanaman menjadi terhambat.

Ketika penyakit embun tepung berkembang, bagian yang terinfeksi akan berkerut, daun rontok, dan pada akhirnya tanaman akan mati.

  • Pemanenan

Proses pemanenan dapat Anda lakukan saat tumbuhan sudah berumur ± 65 hingga 70 hari sesudah tanam. Tanda – tanda buah telah siap panen bisa terlihat sekali dengan warna buah serta sulur yang pudar ada pada bagian pangkal tangkai buah.

Cara panen semangka yakni pertama Anda perlu menggunakan sarung tangan kain beserta gunting. Sarung tangan bermanfaat dalam mencegah kerusakan mekanis pada buah serta juga untuk membuat tangan terlindung.

Berikutnya, pilihlah buah yang telah memiliki kriteria siap panen. Selanjutnya, potonglah tangkai buah sekitar ± 3 sampai 5 cm dari bagian pangkalnya.

Semangka yang sudah dipotong berikutnya bisa Anda masukkan ke dalam keranjang. Mendikai dapat dipanen secara serempak jika memenuhi kriteria tingkat ketuaan yang cocok. Namun, jika tak cocok maka proses pemanenan dapat dilakukan dalam 2 tahapan.

Tahapan pertama, panenlah buah yang sudah matang secara fisiologis. Sementara itu, untuk tahapan kedua yakni panenlah sekaligus dalam beberapa hari sesudahnya.

Proses panen sebaiknya Anda lakukan saat pagi (jam 8 hingga 10 pagi) ataupun ketika sore hari (jam 4 hingga 5 sore) saat kondisi cuaca tengah cerah.

Hal ini bertujuan agar terhindar dari tumbuhnya cendawan penyebab penyakit yang bisa merusak buah saat disimpan ataupun diangkut.

Semangka Lentera Produk Bisi Unggul Cocok Petani Budidayakan

semangka lentera f1,lentera f1 cap kapal terbang,chia tai seed,benih semangka lentera,bibit semangka lentera,lmga agro
Semangka Lentera Produk Bisi Unggul Cocok Petani Budidayakan

Tentu saja untuk membudidayakan semangka non biji Anda membutuhkan benih atau bibit berkualitas terbaik. Dengan memakai benih berkualitas terbaik, maka hasil budidayanya dapat menjadi lebih optimal.

Supaya Anda lebih mudah memperoleh bibit semangka non biji berkualitas unggulan, LMGA AGRO mempunyai berbagai rekomendasi menarik untuk pembaca.

Salah satu benih semangka varietas non biji unggul berkualitas terbaik rekomendasi LMGA AGRO adalah Lentera F1. Lentera F1 merupakan benih mendikai tanpa biji terbaru kualitas terbaik produksi produsen PT Bisi International, Tbk.

Bibit Lentera memiliki beraneka karakteristik unggulan, sehingga sangat cocok petani pergunakan. Beberapa contoh kelebihan dari produk bibit semangka Lentera F1 Cap Kapal Terbang yaitu :

  1. Vigor semangka Lentera tergolong kokoh dengan percabangan seragam berukuran sama besar
  2. Semangka Lentera cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah
  3. Varietas benih semangka Lentera sudah tahan terhadap penyakit layu bakteri serta toleran kekurangan kalsium
  4. Tingkat kemurnian benih Lentera tergolong sangat besar, yakni mencapai ± 99,8 %
  5. Daya tumbuh benih Lentera termasuk relatif tinggi, yaitu berkisar ± 90 %
  6. Proses pembentukan buah tembikai Lentera tetap bagus meskipun dalam kondisi cuaca buruk
  7. Buah semangka Lentera memiliki berat 6 sampai 9 kg, dan bisa dibuahkan sebanyak lebih dari 1 buah per tanaman
  8. Kulit semangka Lentera berwarna hijau gelap dan juga bergaris - garis
  9. Buah semangka Lentera lebih mudah terjual ke pedagang karena buahnya lebih tahan simpan dan tahan pengangkutan
  10. Buah tembikai Lentera F1 menjadi idola pedagang dan juragan semangka pasar induk sayur
  11. Buah mendikai Lentera sudah bisa panen saat sudah berumur ± 65 hari sesudah pindah tanam
  12. Hasil panen semangka Lentera tergolong sangat tinggi, yakni mencapai ± 30 – 35 ton/ha
  13. Cara menanam semangka Lentera Cap Kapal Terbang lebih aman dan mudah karena tahan serangan opt (organisme pengganggu tanaman)
  14. Bibit semangka Lentera F1 bisa Anda beli secara online melalui toko online LMGA AGRO
  15. Benih semangka Lentera produksi Bisi tersedia dalam kemasan sachet bernetto 20 gram
  16. Produk bibit Lentera F1 Cap Kapal Terbang telah terdaftar resmi di Kementan RI melalui Kepmentan No. 105/Kpts/TP.240/12/97 (Setabindo – 2)

Baca Juga : Herbisida Terbaik Untuk Padi Cocok Petani Gunakan

Jual Benih Semangka Lentera Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Semangka Lentera Harga Terjangkau

Apabila pembaca sedang mencari benih semangka tanpa biji Lentera berkualitas terbaik, maka LMGA AGRO merupakan tempat paling cocok. Kami menjual bibit tembikai Lentera berkualitas unggul yang terjamin terbaik.

Selain itu, LMGA AGRO juga menjual berbagai macam kebutuhan pertanian terlengkap selain bibit mendikai Lentera. Harga jual Lentera di pasaran pun tergolong murah tetapi kualitasnya tidaklah murahan sama sekali.

Untuk memastikan pesanan Lentera sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menggandeng berbagai mitra pengiriman dengan jaminan reputasi terpercaya.

Pos Indonesia, J&T, KI8, serta JNE merupakan beberapa nama – nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO. Dengan menggunakan jasa mitra pengiriman tersebut, maka pesanan benih semangka Lentera F1 pastinya terjamin pasti sampai ke alamat tujuan.

So, order segera bibit tembikai Lentera F1 dari LMGA AGRO dan dapatkan bibit semangka non biji Lentera F1 original produksi dari Bisi Cap Kapal Terbang dengan harga terjangkau.

Nah, itulah dia artikel bertema semangka Lentera ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Semangka Lentera Produk Terbaik Berkualitas Unggul ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai berjumpa kembali dalam artikel terbaru LMGA AGRO berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.