TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/01/22

Jual Benih Jenis Timun Kecil Semi F1 Cap Bintang Asia Terbaik

jual benih, timun, mentimun, benih semi f1, cap bintang asia, manfaat timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Timun
Semi F1

Jual Benih Jenis Timun Kecil Semi F1 Cap Bintang Asia Terbaik. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih Semi F1 jenis timun kecil cap Bintang Asia harga murah. 

Beli kebutuhan bercocok tanam lengkap di toko pertanian LMGA Agro tersedia promo menarik. Harga murah jual benih hibrida dan unggul berbagai jenis tanaman sayur dan buah. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi pertanian gratis. Jual berbagai jenis pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian sarana prasarana lengkap. 

Harga diskon produk Toko pertanian LMGA Agro terbaik dan terpercaya. Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Jual benih Semi F1 jenis timun kecil cocok sebagai lalapan. Jenis mentimun benih Semi F1 termasuk jenis sayuran pelengkap masakan seperti lalapan atau acar.

Jenis timun kecil juga dipakai sebagai bahan tambahan membuat makanan seperti gado-gado, rujak dan lotek. Ciri khas jenis timun kecil rasanya sangat menyegarkan. 

Jenis timun kecil benih Semi F1 cap Bintang Asia panjang buah 14 cm dengan diameter 3,5 cm. Tipe mentimun lalap dan cocok untuk dataran rendah dan menengah. Hasil panen 3 - 4 kg/tanaman. 

Benih Semi F1 timun dengan kandungan air tinggi. Manfaat timun bagi kesehatan tubuh sangat banyak karena kandungan nutrisinya lengkap. 

Mentimun Semi F1 benih cap Bintang Asia terbaik beli di Toko Pertanian LMGA Agro. Mentimun Semi F1 cap Bintang Asia dengan panjang buah 14 cm dan diameter 3,5 cm. 

Budidaya benih timun Semi F1 panen mulai umur 28 - 30 hari setelah tanam. Potensi hasil panen tinggi yaitu 3 - 4 kg/tanaman. 


Timun Terbaik Semi F1 Cap Bintang Asia


Mentimun Semi F1 benih cap Bintang Asia terbaik jenis timun kecil tipe lalap. Keunggulan benih Semi F1 tahan Gemini Virus. 

Pohon timun benih Semi F1 lebat, buahnya berwarna hijau keputihan. Ukuran buah panjang 14 cm dan dameternya 3,5 cm. 

Rekomendasi budidaya timun Semi F1 untuk dataran rendah sampai menengah. Rasanya menyegarkan karena mengandung air cukup tinggi. 

Timun, mentimun atau ketimun memiliki nama ilmiah Cucumis sativus L. dan termasuk keluarga labu-labuan atau Cucurbitaceae. 

Tanaman timun menghasilkan buah dan dapat dimakan baik mentah atau diolah dulu. Pemetikan buah mentimun panen biasanya ketika masih setengah masak dan bijinya belum masak fisiologis. 

Buah timun meski buah namun lebih banyak sebagai sayuran, penyegar atau asinan tergantung jenisnya. 

Timun banyak ditemui pada berbagai hidangan dari seluruh dunia. Kandungan air timun cukup banyak dan bersifat menyejukkan bagi tubuh. 

Manfaat timun juga sebagai bahan baku produksi industri farmasi dan kosmetika. Daerah penanaman timun hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Umumnya budidaya timun dilakukan pada dataran rendah dan dataran menengah. Yaitu pada ketinggian tempat antara 200 - 800 m dpl. 

Tanaman timun tumbuh optimal pada ketinggian tempat 400 m dpl. Tekstur tanah ideal berkadar liat rendah dengan pH tanah sekitar 6 - 7. 

Jenis timun dikelompokkan menjadi 2 berdasarkan permukaan kulitnya. Yaitu jenis timun kulit berbintil dan jenis timun berkulit hakus. 

Peluang usaha mentimun merupakan komoditas potensial. Namun belum berkembang sebagai komoditas hortikultura utama seperti cabai dan tomat


Baca Juga : Timun Pesona 20, Tahan Virus Gemini dan Buah Manis


Mentimun Peluang Usaha Menjanjikan 


jual benih, timun, mentimun, benih semi f1, cap bintang asia, manfaat timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Menjanjikan

Mentimun merupakan salah satu komoditas sayuran bernilai ekonomis tinggi. Selain sangat penting untuk kebutuhan dalam negeri, mentimun juga berprospek cukup besar untuk ekspor hortikultura. 

Negara yang berpotensial sebagai tujuan ekspor mentimun antara lain Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand, Hongkong dan hingga benua Eropa seperti Ingris dan Perancis. 

Mentimun tujuan ekspor negara Jepang khusus meminta berupa mentimun asinan. Baik dalam bentuk setengah jadi atau sudah bentuk kemasan. 

Jenis timun kecil benih Semi F1 cap Bintang Asia berprospek menjanjikan bagi Anda yang tertarik menjalani investasi pertanian dan perkebunan serta usaha agrobisnis. 

Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran cukup populer. Jenis timun kecil disukai sebagai jenis timun lalap dan sebagai sayuran acar. 

Jenis timun kecil dapat dipadukan dengan cabai menjadi menu tumis mentimun. Buah timun terdiri dari 95,2% air sehingga banyak disukai karena bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Selain itu, jenis timun kecil seperti mentimun lainnya juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin. 

Menanam jenis timun kecil di rumah juga dapat menjadi hobi berkebun yang menyenangkan. Banyak manfaat akan dinikmati dengan menanam sayur-sayuran seperti timun di pekarangan rumah. 

Menanam jenis timun kecil di rumah relatif mudah perawatannya. Cukup tanam sekali, Anda akan dapat memetik hasil panen mentimun berkali-kali. 

Sebagai peluang usaha rumahan, berkebun jenis timun kecil bermanfaat untuk memenuhi pangan dan gizi keluarga. 

Manfaat berkebun di rumah juga untuk menghemat karena cukup memetik sayuran dari kebun sendiri. Bila hasil panen berlebih, dapat dijual ke pasar sehingga menambah pemasukan keluarga. 


Baca Juga : Timun Harmony Tahan Virus Sumber Sukses Petani


Jenis Timun Kecil Kaya Nutrisi 


Jenis timun kecil bersifar diuretik sehingga berkhasiat membantu kesehatan ginkal. Buah timun dari jenis timun kecil benih Semi F1 cap Bintang Asia mampu memicu produksi air seni. 

Sehingga buah timun berperan sebagai detoksifikasi tubuh dan racun dalam tubuh berkurang. Serat dan kandungan rendah kalori cocok sebagai menu makan penurun berat badan. 

Kandungan air timun untuk mencegah hipertensi. Kaya vitamin antara lain B1, B2, B3, C, Zat besi, Seng dan Asam Folat. Vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil terutama kesehatan janin bayi. 

Timun mengandung vitamin K yang berfungsi untuk menyerap kalsium pada tulang. Kandungan mineral seperti kalium, magnesium dan mangan berfungsi untuk menyehatkan kulit. 

Timun kecil Semi F1 berukuran 14 cm dan diameter 3,5 cm memiliki tekstur buah sangat renyah. Jenis timun kecil ringan dan mudah dikunyah sehingga sering dimakan sebagai sayur lalapan. 

Jenis timun kecil cocok sebagai tanaman hias untuk pekarangan rumah. Tanaman timun Semi F1 mempunyai ciri khas dengan bunga dan bakal buah tumbuh di setiap ruasnya. 

Manfaat menanam mentimun adalah untuk menikmati kesegaran buahnya. Sekaligus bunganya menghiasi dan mempercantik halaman rumah kita. 

Bagi masyarakat Indonesia mengkonsumsi jenis timun kebanyakan untuk sayuran lalap ayam dan ikan goreng atau bakar. Untuk masakan olahan, umumnya buah timun masak acar dan asinan. 

Kaya nutrisi lengkap selain berkhasiat bagi kesehatan tubuh, buah timun bermanfaat untuk kesegaran dan kecantikan wajah. Kandungan airnya kaya nutrisi digunakan sebagai masker wajah. 


Baca Juga : Timun Komando F1 Tahan Virus dan Buah Tidak Pahit


Manfaat Timun Meningkatkan Kesehatan Tubuh


jual benih, timun, mentimun, benih semi f1, cap bintang asia, manfaat timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mentimun Kaya Manfaat

Jenis timun kecil merupakan buah rendah kalori namun kandungan vitamin dan mineralnya banyak. Dalam 300 gram buah timun belum dikupas terdapat 11 gr karbohidrat, 2 gr protein dan 2 gr serat. 

Selain itu juga terdapat kandungan vitamin C, vitamin K, magnesium, mangan dan kalium. Sebaiknya mengkonsumsi buah timun tanpa kulitnya dikupas. 

Tujuannya untuk memaksimalkan manfaat kandungan gizi dalam buah timun.  

Jenis timun kecil kaya antioksidan dan fungsi antioksidan yaitu sebagai penangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit kronis. 

Mengkonsumsi rutin mentimun, tubuh akan berpeluang lebih kecil terkena penyakit kronis seperti sakit jantung, paru hingga kanker.  

Dehidrasi pada tubuh suatu kondisi yang harus kita cegah yaitu salah satunya mengkonsumsi makanan sehat kaya air. 

Dehidrasi tubuh dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh hingga menggangu metabolisme. Cairan tubuh bukan saja berasal dari air minum yang kita minum. 

Namun juga diperoleh dari cairan buah-buahan sekitar 40% kebutuhannya selama sehari. Buah dan sayur bisa menjadi sumber cairan untuk tubuh kita. 

Sebagai jenis buah, timun memiliki kandungan 96% air. Perannya sabgat efektif meningkatkan hidrasi dan memenuhi cairan tubuh harian. 

Penelitian menyebutkan adanya keterkaitan signifikan antara buah dengan kandungan air tinggi dan rendah kalori dengan penurunan berat badan. Dalam 300 gr mentimun terdapat 45 kalori. 

Sehingga meski banyak makan ketimun, kalori tetap terjaga tanpa mengurangi energi kebutuhan tubuh, perut pun tetap terasa kenyang. Kandungan air timun tinggi dapat membantu menurunkan berat badan. 


Pohon Timun Benih Terbaik Semi F1


jual benih, timun, mentimun, benih semi f1, cap bintang asia, manfaat timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Toko Pertanian LMGA Agro

Pohon timun akan berbunga setelah 60 - 70 hari masa tanam. Tanda pohon timun sudah bisa panen yaitu tangkai buah mulai mengering hingga buah terlepas. 

Langkah awal menanam jenis timun kecil yaitu persiapan bibit, penentuan media tanam dan lokasi tanam. 

Semi F1 benih terbaik jenis timun kecil cap Bintang Asia. Benih buah mentimun yang bagus untuk membuat bibit yang sehat, Ada beli di toko Pertanian LMGA Agro. 

Dapatkan cara beli benih secara online dan mudah terdekat. Banyak keuntungan membeli benih secara online dan Toko Pertanian LMGA Agro terpercaya. 

Bibit jenis timun kecil kemurnian benih 99% dan daya tumbuh 98% menjadi salah satu spesifikasi bibit sehat. Bibit tumbuh dengan baik bila dipilih sesuai rekomendasi tempat tumbuhnya.

Pilih benih jenis timun sesuai lokasi tanam nantinya, apakah di dataran rendah atau tinggi, Jenis timun kecil biasanya untuk dataran rendah hingga menengah. 

Jenis timun kecil serupa dengan tanaman melon yaitu masuk kategori tanaman merambat. Jenis timun kecil dapat tumbuh dengan cara merambat baik pada tanah atau media rambatan ( para-para ). 

Lanjaran atau para-para terbuat dari kayu atau bambu. Tanaman timun salah satu jenis tanaman semusim. Memiliki bunga hermaprodit yaitu bunga jantan dan betina dalam satu tanaman. 

Bila tepat cara budidayanya, hasil buah nanti tidak akan berasa pahit, buah berwarna hijau segar dengan garus putih. Bentuk buah timun sehat yaitu mirip torpedo. 

Pohon jenis timun kecil dapat Anda tanam pada tanah sawah maupun kebun bahkan di halaman rumah. Tanah sawah luas dapat untuk menanam jenis timun kecil tanpa memasang media rambatannya. 

Tanaman dan buahnya akan tergeletak di tanah. Namun tanaman harus terus diawasi untuk mencegah buah busuk terutama setelah turun hujan. 


Baca Juga : Jual Benih Cakra Putih Bibit Cabe Rawit yang Bagus


Jenis Timun Kecil Tanam pada Pot/Polybag


Jenis timun kecil tanam pada wadah pot atau polybag biasanya bila tidak punya tanah kebun yang luas. Mereka memanfaatkan halaman rumah terbatas atau sempit menggunakan wadah pot/polybag. 

Hasil maksimal pada pot/polybag bila menggunakan bibit dari benih berkualitas. Juga teknik pemilihan media tanam yang tepat. Suplai air harus cukup dan pemupukan yang benar. 

Pilih lokasi pekarangan yang mendapat sinar matahari cukup banyak. Letakkan polybag di daerah dimana sinar matahari mengenai tanaman dengan leluasa tidak ternaungi. 

Sebaiknya penanaman memasuki musim hujan. karena suhu saat musim hujan sangat mendukung munculnya buah mentimun yang berkualitas. 

Proses penyemaian benih jenis timun kecil diawali dengan membuat persiapan media tanamnya. Proses persiapan media tanam jenis timun kecil terdiri dari 4 langkah. 

Pertama, pemilihan jenis polybag dengan ukuran tertentu. Isi dasar pot dengan kerikil atau pecahan genteng. Lapisan di atasnya yaitu tanah dan kompos. 

Terakhir persiapan benih untuk penyemaian. Gunakan pot/polybag dengan diameter minimal 40 cm dan tinggi 30 cm. Bila tidak ada lubang pada dindingnya, buat juga beberapa lubang pada dindingnya. 

Guna lubang-lubang tersebut yaitu untuk lewatnya air keluar saat meresap. Kerikil atau pecahan genteng sebagai dasaran menjaga drainase akar pada media tanam bila terlampau lembab. 

Perbandingan media tanah dan kompos adalah 1 : 1 yaitu setengah isi tanah dan setengah isi kompos, diayak hingga halus lalu campur rata. Lebih baik bila menggunakan pupuk organik sendiri. 

Seperti membuat pupuk kandang yang diambil dari kotoran hewan yang sudah lama dibuang. Isi ke dalam wadah dan tanam 2 - 3 benih. Setiap hari lakukan penyiraman benih secara hati-hati. 


Pupuk Timun agar Berbuah Lebat dan Pemeliharaan Lain


jual benih, timun, mentimun, benih semi f1, cap bintang asia, manfaat timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tali Salaran 

Pemupukan jenis timun kecil menggunakan Urea 225 kg/ha, ZA 150 kg/ha, KCl 525 kg/ha dan pupuk kandang 1,5 - 2 kg/tanaman. 

Pemupukan jenis timun kecil sebanyak 2 kali dengan aplikasi 1/2 dosis sebelum tanam dan 1/2  sisanya saat tanaman umur 30 hari setelah tanam. 

Cara pemupukan masukkan pupuk dalam 4 lubang yang dibuat mengelilingi tanaman jaraknya 10 - 15 cm dari tanaman. 

Lubang pupuk diameternya 30 - 60 cm dan dalamnya 3 - 4 cm. Bila musim kering dan tidak hujan sama sekali, sebaiknya pemupukan menggunakan cara kocor. 

Tancapkan lanjaran sebagai media rambatannya 4 - 5 hari setelah penanaman benih langsung atau bibit jenis timun kecil. Bentuk lanjaran atau para-para mentimun banyak sekali. 

Biasanya bentuk rambatan mempertimbangkan kesehatan tanaman, kemudahan pemeliharaan dan kemudahan mencari bahan lanjarannya. 

Pengikatan menggunakan tali salaran dan dapat beli di Toko Pertanian LMGA Agro. Tali untuk mengikat adalah yang permukaannya halus tetapi kuat dan tidak gampang membusuk. 

Pengikatan tiap 2 ruas pada bagian bawah buku-buku batang. Pemangkasan atau perompesan terhadap bunga, daun juga cabang air. Buanglah bunga yang tumbuh sampai ruas ketiga dari bawah. 

Bunga jantan juga dibuang. Bila satu buku terdapat lebih dari satu bunga maka pilih 1 bunga sehat dan biarkan tumbuh.

Pemangkasan daun mulai umur 1,5 - 2 bulan dan buang daun-daun tua dekat permukaan tanah. Buang juga cabang air yaitu tunas atau kuncup daun pada ketiak daun. 

Pengairan penting sekali terutama di musim panas. Penyiraman sebaiknya dilakukan pagi hari. Penyiangan gulma juga penting agar gulma tidak menjadi inang hama dan penyakit. 

Gulma dapat menimbulkan persaiangan merebut unsur hara budidaya jenis timun kecil. Sanitasi lahan dengan membuang bagian tanaman yang rusak atau tanaman mati.  


Hama Penyakit Timun dan Panennya


Beberapa organisme pengganggu tumbuhan mentimun antara lain : 

- Kumbang mentimun ( Aulacophora sp. ) yaitu serangga dewasa maupun larva memakan daun hingga berlubang dan bentuk tidak beraturan. 

- Kumbang totol hitam ( Henosepilachna sp. ) menimbulkan kerusakan yang sama dengan serangan kumbang mentmun. 

- Penyakit utama tanaman timun adalah dumping-off disebabkan oleh Phythium sp. dan penyakit mosaik timun disebabkan virus ( CMV ). 

Cara pengendalian hama dan penyakit timun antara lain mematikan langsung telur, larva, ulat atau bagian tanaman yang menjadi sumber inokulum penyakit. 

Pengendalian kimia secara selektif dan tepat juga menggunakan pestisida sesuai gejala pada tanaman. Dan terpenting gunakan benih tanaman varietas terbaik dan tahan penyakit.

Jenis timun kecil cepat panen dan benih Semi F1 ini mulai petik umur 30 hari setelah tanam. Masa panen berkali-kali berlangsung selama 1,5 bulan. Pemetikan timun dilakukan setiap hari. 

Pemetikan terlalu awal menyebabkan buah mudah keriput tetapi terlambat panen menyebabkan buah terasa pahit. Pemetikan dengan cara memotong tangkai buahnya menggunakan gunting atau pisau tajam. 

Demikian artikel Kami tentang Jenis timun kecil benih Semi F1 cap Bintang Asia. Benih mentimun terbaik harga murah dan beli di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Dapatkan promo menarik produk Kami lainnya jual benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Diskon produk terbaik dan lengkap pupuk, ZPT, pestisida hingga alat pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis. Siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami menambah wawasan tentang jenis timun kecil benih Semi F1 cap Bintang Asia tahan virus. Jual benih Semi F1 jenis timun kecil buah produktif dan hasil panen tinggi. 


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.