BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/01/2022

Read

Harga Bibit Timun Zatavy F1 Murah Cap Panah Merah Tahan Virus

harga bibit, timun zatavy f1, cap panah merah, benih tahan virus, cara menanam timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Mentimun 
Zatavy F1

Harga Bibit Timun Zatavy F1 Murah Cap Panah Merah Tahan Virus. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual online benih timun Panah Merah. Harga bibit timun Zatavy hibrida tahan virus murah.   

Beli segala kebutuhan bercocok tanam dan berkebun tanaman di Toko pertanian LMGA Agro melayani online. Dapatkan harga promo menarik. 

Toko pertanian LMGA Agro jual pupuk, pestisida, ZPT dan sarana prasarana berkebun lengkap. Kami melayani konsultasi gratis seputar pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Jual benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. 

Harga bibit timun Zatavy F1 Cap Panah Merah tahan virus. Mentimun Zatavy F1 jenis benih hibrida tipe buah besar. 

Budidaya bibit timun Zatavy hibrida cap Panah Merah mudah perawatannya. Benih hibrida Zatavy mentimun tahan virus Gemni. Pertumbuhan tanaman sangat vigor. 

Harga bibit timun Zatavy F1 cap Panah Merah terbaik murah. Pertumbuhan vigor sangat baik dan potensi panen tinggi. Umur panen mulai 34 HST dan bobot buah 270 gr/buah. Buah paling banyak muncul bagian atas. 

Mentimun tumbuh merambat dan selama pertumbuhannya membutuhkan lanjaran. Warna kulit buah mentimun Zatavy F1 hijau gelap. 

Panjang buah kurang lebih 25 cm dengan berat kurang lebih 270 gram per buah. Budidaya timun Zatavy F1 direkomendasikan untuk dataran rendah dan menengah. 

Umur panen bibit timun Zatavy hibrida yaitu 34 hari setelah tanam dan munculnya buah paling banyak bagian atas. Sebaiknya lanjaran berbentuk para-para agar kuat menopang tanaman. 


Mentimun Hibrida Cap Panah Merah Zatavy F1


Harga bibit timun Zatavy F1 produk terbaik PT East West Seed Indonesia ( EWINDO ). Benih Zatavy F1 mentimun hibrida tipe buah besar atau rujak. 

Timun Zatavy disebut sebagai jenis timun rujak dan jenis ini biasanya dijadikan acar. Ciri jenis timun untuk acar yaitu ukuran buah besar dan panjang. 

Buah timun juga memiliki daging tebal dan tidak pahit. Bibit timun Zatavy tahan virus Gemini. Pertumbuhan tanaman timun Zatavy sangat vigor. 

Benih cepat berkecambah dan tumbuh seragam. Pertumbuhan vigor ini untuk lahan luas sangat menjanjikan. 

Mentimun Zatavy F1 mudah bergerak dan merambat. Timun Zatavy F1 warna buahnya hijau gelap. Panjang buah kurang lebih 25 cm dan berat sekitar 270 gram per buah. 

Bibit timun Zatavy F1 cocok untuk tanam di dataran rendah dan menengah. Umur panen yaitu 34 hari setelah tanam. Potensi hasil panen sampai 55 ton/hektar. 

Pertumbuhan timun Zatavy cap Panah Merah sangat vigor. Sebaiknya memasang lanjaran untuk tempat merambatnya. 

Lanjaran berupa para-para dan pergola untuk timun Zatavy F1 dengan banyak buah bagian atas tanaman. Pergola akan merangsang tanaman lebih banyak berbuah. 

Mentimun atau timun atau ketimun memiliki nama ilmiah yaitu Cucumis sativus dan termasuk dalam keluarga labu-labuan ( Cucurbitaceae ). 

Tanaman mentimun memiliki ciri-ciri umum seperti pada keluarga labu-labuan lainnya antara lain melon ( Cucumis melo ). Menurut sejarahnya, mentimun berasal dari benua Asia yaitu Asia Utara. 

Bibit timun Zatavy merupakan golongan sayuran murah meriah dan mudah didapat sepanjang musim. 

Mentimun tergolong tumbuhan jenis melon atau labu, sayuran berbentuk buah. Mentimun dimakan mentah atau dimasak dulu. 

Tanaman timun dapat dipanen ketika belum terlalu masak/matang untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung dari jenisnya. 


Cara Menanam Timun di Polybag Praktis 


harga bibit, timun zatavy f1, cap panah merah, benih tahan virus, cara menanam timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor Tanaman 

Harga bibit timun Zatavy murah masuk kategori sayuran berwarna hijau tinggi antioksidan dan rendah kalori. Antioksidan berfungsi mencegah berbagai penyakit. 

Mentimun rendah kalori, banyak mengandung air dan serat larut. Keunggulan buah timun Zatavy tepat sebagai buah penambah hidrasi tubuh. Sekaligus juga mengontrol berat badan. 

Harga bibit timun Zatavy terbaik cukup mudah perawatannya. Tanaman tumbuh baik dan subur serta menyukai sinar matahari dan air. 

Bibit timun Zatavy tumbuh cepat bila rajin menyiramnya. Segera petik buah bila sudah cukup umur dan jangan tunggu sampai terlalu besar. Bila terlambat panen, rasa timun akan sedikit pahit. 

Cara menanam timun dalam polybag. Penting untuk selau diperhatikan yaitu media tanamnya. Cara menanam timun dalam polybag menggunakan media tanah dan pupuk kandang. 

Pilih tanah atas atau top soil sebagai tempat tumbuh bibit timun Zatavy. Top soil juga dapat mengambil dari tempat pembakaran sampah. 

Bersihkan media dari sisa akar, dari plastik atau batu. Campurkan tanah dengan pupuk kandang/kompos, arang sekam dan sekam mentah.   

Sebaiknya pilih pupuk kandang kering dan sudah lama. Jangan gunakan pupuk kandang yang masih basah dan baru jadi/matang.

Pupuk kandang masih basah bersifat panas bagi tanaman dan tanaman menjadi gagal tumbuh. Selanjutnya buat larutan kapur pertanian dari Dolomit. 

Ambil 1 sendok makan Dolomit dan masukkan ke ember ukuran 10 liter. Campurkan tanah seember penuh dan biarkan 7 - 10 hari. 

Proses diatas tadi dapat mendinginkan media tanam dan campuran lebih merata. Setelah persiapan media tanam, selanjutnya menyiapkan polybagnya. 


Baca Juga : Manfaat Terong Ungu dari Benih F1 Prince 


Tanam Timun Benih Zatavy F1 


harga bibit, timun zatavy f1, cap panah merah, benih tahan virus, cara menanam timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Pupuk Berkualitas
LMGA Agro

Tanam timun dalam pot atau polybag sama-sama bagusnya. Pilih wadah untuk tanam bibit timun Zatavy diameter 25 cm atau lebih. 

Masukkan media tanam yang sudah siap ke dalam polybag dan tekan-tekan hingga padat namun jangan terlalu padat. 

Pengisian ke polybag tidak sampai penuh, sisakan kurang lebih 5 cm agar air tidak tumpah saat penyiraman. 

Bila perlu taburkan insektisida secukupnya untuk mencegah datangnya hama dan penyakit. Letakkan polybag pada tempat yang kena sinar matahari langsung paling sedikit 8 jam per hari. 

Harga bibit timun Zatavy F1 cap Panah Merah terbaik untuk penanaman di polybag. Sebelum tanam benih, siram media tanahnya hingga basah. 

Pastikan bagian bawah polybag atau pot sudah ada lubang di bagian bawah. Air nanti akan mengalir keluar lewat lubang pada dasar polybag. 

Agar bibit timun Zatavy aman dari gigitan serangga maka gunakan botol atau plastik untuk melindungi bibit. Satu polybag ditanam satu benih. 

Benih bibit timun Zatavy akan berkecambah dalam 5 hari ke depan. Pada awal pertumbuhan, tanaman membutuhkan penyiraman rutin setiap hari pagi dan sore. 

Begitu memasuki fase generatif, penyiraman cukup sekali sehari yaitu sore hari. Jangan sampai tanah kekeringan atau terlalu basah karena air. Media terlalu lembab mudah terserang jamur dan mati. 

Pemupukan tanam bibit timun Zatavy pada polybag mulai umur 10 hari setelah tanam. Pupuk NPK sebanyak 1 sendok makan dan larutkan dengan air sebanyak 5 liter. 

Aduk hingga larut dan siramkan ke tanaman sebanyak 200 ml. Lakukan pengocoran pupuk setiap 3 hari sekali. Berikan juga pupuk kandang/kompos segenggam tangan ke tiap tanaman. 


Baca Juga : Jual Benih Cabe Besar Panex 100 F1 Terbaik Cap Panah Merah


Harga Bibit Timun Zatavy Benih Terbaik Cap Panah Merah


harga bibit, timun zatavy f1, cap panah merah, benih tahan virus, cara menanam timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Mentimun

Tanaman timun termasuk tanaman semusim ( Annual ), bersifat menjalar atau memanjat dengan cara memilin lanjaran dengan sulurnya. 

Harga bibit timun Zatavy murah dengan tekstur batang lunak dan berair. Berbentuk pipih, berambut halus, berbuku-buku dan berwarna hijau segar. Tinggi mulai 50 - 250 cm, bercabang dan bersulur.  

Harga bibit timun Zatavy murah memiliki daun tunggal. Letak daun berseling dan bertangkai panjang. Daun berbentuk bulat lebar, bersegi mirip jantung dan ujung meruncing, tepi bergerigi. 

Perakarannya tunggang dan ada rambut-rambut akar. Meski akar tunggang namun daya tembusnya relatif dangkal ( 30 - 60 cm ). 

Akar mentimun peka terhadap kekurangan atau kelebihan air. Tanaman timun menyukai air terutama saat berbunga namun tidak sampai menggenang. 

Bunga timun berumah satu yaitu bunga jantan dan bunga betina dalam satu tanaman. Letak bunga jantan terpisah dengan bunga betina namun masih dalam satu tanaman ( monoecious ). 

Buah mentimun letaknya menggantung pada ketiak antara daun dan batang. Bentuk bermacam-macam ada bulat panjang atau bulat pendek. 

Kulit buah ada yang berbintil, ada pula yang halus. Warna buah antara hijau keputihan, hijau muda dan hijau gelap. 

Harga bibit timun Zatavy terbaik untuk dataran rendah dan biasa dipakai dalam pola pergiliran tanaman. Daya adaptasi tanaman pada berbagai iklim cukup tinggi. 

Harga bibit timun Zatavy tumbuh optimum dan ideal untuk iklim kering dan sinar matahari yang cukup serta tidak ternaungi. 

Harga bibit timun Zatavy murah menghendaki suhu ideal 21,1 - 26,7 derajat Celcius dan tidak banyak hujan. 

Cocok tumbuh pada semua jenis tanah namun sangat menghendaki tanah yang subur, gembur, kaya humus, tata airnya baik, porositas tinggi dan pH antara 6 - 7. 

Curah hujan optimal yaitu 200 - 400 mm/bulan. Curah hujan tinggi tidak baik bagi pertumbuhan terutama saat mulai berbunga. 

Hujan tinggi akan banyak menggugurkan bunga dan tidak menjadi buah. Bila suhu siang dan malam sangat ekstrem maka akan mudah terserang penyakit embun tepung dan busuk daun.  


Budidaya Timun di Lahan 


Pengolahan lahan persiapan selama 3 - 4 minggu sebelum tanam. Dengan cara membajak, membalikkan atau mencangkul tanah. 

Tujuan pengolahan lahan yaitu untuk memperbaiki struktur tanah, aerasi tanah,  mendekomposisi gulma, dan mempermudah membentuk bedengan. Biarkan selama 1 minggu.

Setelah 1 minggu saatnya membuat bedengan lebar 120 cm dan tinggi 40 cm. Lebar antar bedengan sebagai parit yaitu 50 cm. 

Permukaan bedengan beri pupuk dasar berupa pupuk kandang 5 kg/m2. Tambahkan juga pupuk NPK 300 kg/ha, TSP 100 kg/ha, KCL 100 kg/ha. Untuk meningkatkan pH tanah beri Dolomit 200 kg/ha.

Aduk pupuk tercampur tanah secara merata dan bedengan dirapihkan. Selanjutnya bedengan ditutup dengan mulsa plastik. 

Biarkan selama 2 hari agar pupuk tercampur merata pada tanah. Selanjutnya membuat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa dapat beli di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Lubang tanam dengan jarak 50 cm x 60 cm. Dua hari kemudian mulai melakukan penanaman benih bibit timun Zatavy F1. 

Budidaya timun dapat dengan proses menyemai benih dulu atau langsung tanam. Persemaian benih timun Zatavy menggunakan media polybag kecil.

Isi polybag dengan tanah campur pupuk kandang yang sudah diayak halus. Satu per satu tanam benih dalam polybag kemudian letakkan di tempat teduh namun mendapatkan sinar cukup. 

Siram benih semai setiap hari. Benih akan mulai tumbuh setelah 2 hari kemudian. Benih siap pindah tanam setelah berumur 19 hari. 

Cara pemindahan bibit timun Zatavy yaitu sobek plastik polybag dan keluarkan bibit beserta tanahnya dan masukkan ke lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. 

Siram bibit untuk menjaga kelembabannya. Sebaiknya penanaman dilakukan sore hari untuk mencegah kelayuan tanaman. 


Baca Juga : Semangka Valentino Buah Lonjong 


Pohon Timun Pemeliharaannya Mudah


Harga bibit timun Zatavy F1 terbaik mulai pupuk susulan umur 14 hari setelah tanam. Berikan pupuk NPK 20 gram/tanaman dan KCl 10 gram/tanaman. 

Kedua, umur 28 hari setelah tanam pupuk NPK 20 gram/tanaman, KCl 10 gram/tanaman ditambah TSP 10 gram/tanaman. 

Ketiga, umur 35 hari setelah tanam dan keempat umur 40 hari dosis sama yaitu NPK 10 gram/tanaman, KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman. 

Terakhir pemupukan kelima, umur 60 hari setelah tanam. Berupa pupuk KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman. 

Usahakan penyiraman air secara rutin dan tanah selalu dalam kondisi lembab karena pohon timun sangat menyukai air. 

Bila lahan pohon timun kering menyebabkan tanaman stres dan rasa buahnya menjadi pahit. Pengairan cara di-leb bisa Anda lakukan 1 minggu sekali. 

Membuat lanjaran untuk tempat merambatnya tanaman. Lanjaran dipasang saat tanaman umur 2 minggu dan dibuat para-para. 

Harga bibit timun Zatavy benih terbaik dengan kemunculan buah bagian atas cukup produktif sehingga disarankan perambatan berbentuk pergola. Buah akan menggantung dan tidak menyentuh mulsa. 

Penyiangan untuk memberantas gulma dan tergantung dari pertumbuhan gulma. Pemasangan mulsa plastik dapat menekan pertumbuhan gulma sehingga lebih ringan perawatannya.  

Harga bibit timun Zatavy F1 benih terbaik mulai panen umur 32 - 35 hari setelah semai. Bila panen mentimun untuk lalap dan kondisi timun baby, maka disarankan panen setiap hari. 

Masa panen mentimun dapat berlangsung 1 - 1,5 bulan. Pemanenan setiap hari dan pemetikan 1 - 2 buah per tanaman sekali petik.

Sebaiknya pemanenan pada pagi hari agar buah masih segar karena penguapan masih minim. Dan buah tidak cepat layu. 


Baca Juga : Timun Harmony Tahan Virus, Buah Hijau dan Tidak Pahit


Manfaat Timun Untuk Kesehatan


1. Timun Baik untuk Jantung karena mengandung serat tinggi.

Serat mencegah kardiovaskular ( sakit jantung ) dan mengatur kolesterol. Magnesium dan potassium dalam timun baik untuk kesehatan jantung. 

2. Manfaat timun Mencegah Diabetes. Membantu menurunkan gula darah hingga menghentikan glukosa darah yang naik terlalu tinggi. 

3. Timun Mengandung Anti-inflamasi

Sifat timun adalah anti-inflamasi, berfungsi mencegah peradangan dan menambah sistem kekebalan tubuh, mampu mencegah penyakit jantung, diabetes, autoimun, depresi hingga kanker. 

4. Timun Melancarkan Pencernaan

Peran kalori dan serat mentimun mampu meningkatkan kesehatan usus dan melancarkan buang air besar. Kandungan air timun mencegah makan berlebih dan membuat rasa cepat kenyang. 

5. Timun Mencegah Dehidrasi

Nutrisi dalam mentimun mampu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. Kandungan airnya menambah asupan cairan dalam tubuh hingga terhindar dari dehidrasi. 

6. Mengurangi Berat Badan

Mentimun direkomendasikan dalam menu diet. Sayur mentimun berlemak sehat, protein non-pemak, cepat membuat kenyang dan mengandung sumber energi. 

7. Manfaat Timun Memperkuat Tulang

Mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Vitamin K didalamnya membantu pembekuan darah. 

Demikian artikel tentang Harga Bibit Timun Zatavy F1 Cap Panah Merah dan berbagai keunggulannya. Toko pertanian LMGA Agro jual benih mentimun harga murah terbaik. 

Dapatkan berbagai kebutuhan bercocok tanam dan sara prasarana menanam benih berkualitas di Toko kami. Dapatkan promo menarik dan diskon produk Kami

Tersedia benih hibrida tanaman sayur dan buah, pestisida, ZPT dan alat pertanian beli segera dan hubungi nomer kali di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Kami melayani konsultasi gratis pertanian dan siap kirim pesanan Anda bersama JNE, K8 dan Pos Indonesia. Diskon menarik pada produk tertentu. 

Harga bibit timun Zatavy F1 benih cap Panah Merah tahan virus dan terbaik. Salam sukses....


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.