BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

17/10/2023

Read

Cabe Imperial Hijau Benih Terbaik Pilihan Petani

Cabe Imperial Hijau,cabe,imperial hijau,imperial ijo,lmga agro
Cabe
Imperial Hijau 

Cabe Imperial Hijau Benih Terbaik Pilihan Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian terbaik dengan jaminan harga terjangkau.

Kota Kediri, Jawa Timur merupakan tempat fisik dimana LMGA AGRO berada. Kami ialah toko tani berbasis online yang telah lama beroperasi di Indonesia.

LMGA AGRO memiliki jaminan reputasi terpercaya serta memiliki konsumen yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Kami menjalin relasi kerjasama dengan beraneka mitra pengiriman terbaik untuk menjamin pesanan sampai hingga ke alamat konsumen. Jadi, calon konsumen tidak perlu ragu apabila ingin melakukan transaksi dengan LMGA AGRO.

Cabe Imperial Hijau kini sudah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual benih cabe Imperial Hijau kualitas terbaik serta original. Segera dapatkan bibit cabe Imperial Hijau F1 harga terjangkau hanya di LMGA AGRO.

Untuk masyarakat Indonesia, terdapat banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari – hari. Kebutuhan tersebut salah satunya ialah cabai.

Hal tersebut dapat terlihat dengan semakin meningkatnya permintaan masyarakat terhadap komoditas hortikultura satu ini.

Kenaikan permintaan masyarakat tersebut berbanding lurus dengan jumlah masyarakat penggemar makanan bercita rasa pedas. Ayam betutu, ayam penyet, dan seblak merupakan beberapa contoh makanan bercita rasa pedas tersebut. 

Selain nikmat dan juga lezat, ternyata mengkonsumsi juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Namun, tentu saja manfaat – manfaat tersebut hanya bisa diperoleh jika cabai dikonsumsi seperlunya saja.

Contoh beberapa manfaat – manfaat tersebut yakni seperti :

  • Membunuh sel kanker dalam tubuh

Zat capsaicin dalam cabai sudah terbukti memberikan berbagai manfaat. Salah satunya ialah bisa menekan pertumbuhan tumor kanker prostat. Dengan begitu, maka tubuh pun dapat terhindar dari kanker.

  • Meredakan rasa sakit

Hormon endorfin akan tubuh hasilkan saat mengkonsumsi cabe. Hormon ini bisa mengurangi rasa sakit pada tubuh, sehingga rasa sakit seperti kejang otot atau nyeri dapat segera reda.

  • Mengatasi hidung tersumbat

Ketika musim hijau, seringkali penyakit seperti flu akan lebih menyerang. Akibatnya, hidung pun pada akhirnya menjadi tersumbat.

Mengkonsumsi cabai yang mempunyai kandungan zat capsaicin bisa membantu melegakan saluran hidung yang sedang tersumbat.

Selain itu, zat capsaicin juga bisa membuat lendir penyumbat jadi lebih encer. Hal tersebut tentu saja membuat saluran pernafasan menjadi lebih lancar.

Peluang Usaha Budidaya Cabe Besar Di Indonesia

peluang,usaha,budidaya,cabe besar,cabe merah besar,lmga agro
Peluang Usaha Budidaya Cabe Besar Di Indonesia

Tak semua orang memiliki naluri bisnis tajam dalam memanfaatkan sebuah peluang usaha, salah satunya adalah peluang usaha budidaya cabai besar.

Padahal, cabai besar tergolong komoditas pertanian dengan nilai jual tinggi di pasaran dan memiliki berbagai manfaat seperti penjelasan sebelumnya. Maka tak mengherankan jika sekarang cabai besar banyak petani budidayakan sebagai peluang usaha untuk menambah penghasilannya.

Di waktu harga cabai besar sedang tinggi, maka petani pun dapat merasakan keuntungan sampai berkali – kali lipat. Kenaikan harga cabai besar umumnya terjadi saat musim hujan, sedangkan penurunan harganya biasanya terjadi saat musim kemarau.

Ketika musim hujan banyak sekali hama penyakit yang dapat menyerang, sehingga petani lebih memilih pembudidayaan di musim kemarau walaupun harga jualnya menjadi jauh kecil.

Agar lebih bisa memanfaatkan peluang agribisnis budidaya cabai besar, tentunya petani harus lebih memahami terlebih dulu apa yang harus dipersiapkan sebelum menanamnya.

Baca Juga : Amara F1 Benih Semangka Unggulan Petani

Cabe Imperial Hijau Benih Unggul Produksi Bisi

cabai,cabai besar,f1,imperial ijo f1,cap kapal terbang,bisi,chia tai seed,lmga agro
Cabe Imperial Hijau Benih Unggul Produksi Bisi

Mengingat peluang usaha menjanjikan dari budidaya cabe besar, maka semakin banyak petani yang tertarik untuk membudidayakan cabe besar.

Di kalangan petani sudah banyak beredar produk benih cabe besar yang cukup banyak dikenal. Nah, oleh karena itu LMGA AGRO akan memberikan rekomendasi mengenai salah satu produk benih yang cocok petani pergunakan.

Produk tersebut adalah benih cabe besar Imperial Ijo F1. Imperial Ijo atau Imperial Hijau F1 merupakan produk benih cabe merah hasil produksi produsen PT Bisi International, Tbk dengan merek dagang Cap Kapal Terbang.

Imperial Ijo F1 merupakan benih cabe merah besar hibrida yang memiliki beraneka macam keunggulan ketimbang produk pesaingnya.

Contoh beberapa kelebihan dari cabe besar Imperial Hijau Cap Kapal Terbang yakni seperti :

  1. Cabe merah besar Imperial Hijau mempunyai fisik kokoh, tegak, dan mempunyai banyak percabangan.
  2. Imperial Hijau memiliki kemampuan adaptasi yang baik untuk daerah dataran rendah.
  3. Daya tumbuh Imperial Hijau tergolong sangat tinggi, yaitu mencapai ± 95 %.
  4. Tingkat kemurnian benih Imperial Hijau sangat besar, yaitu mencapai ± 99,5 %.
  5. Bibit cabai Imperial Hijau memiliki ketahanan terhadap serangan penyakit layu bakteri serta juga Begomovirus.
  6. Pembudidayaan cabe besar Imperial Hijau lebih mudah karena telah tahan terhadap serangan opt.
  7. Pembentukan buah cabai Imperial Hijau F1 tetap mudah walaupun dalam kondisi cuaca buruk.
  8. Buah cabe Imperial Hijau mempunyai panjang ± 17 cm dan berdiameter ± 1,2 cm.
  9. Kulit buah Imperial Hijau memiliki warna hijau tua saat muda dan menjadi berwarna merah mengkilap ketika telah tua.
  10. Tekstur buah cabe Imperial Hijau Cap Kapal Terbang tergolong relatif lentur, sehingga jumlah buah rusak karena proses pengepakan serta pengangkutan jarak jauh menjadi lebih berkurang.
  11. Potensi hasil panen Imperial Hijau tergolong cukup tinggi, yakni berkisar ± 18 sampai 26 ton per ha.
  12. Hasil panen cabai besar Imperial Hijau tergolong mudah terjual ke pedagang.
  13. Produk benih cabe Imperial Hijau telah terdaftar resmi di Kementan RI melalui Kepmentan No. 168/Kpts/PV.240/D/V/2022.

Baca Juga : Katalog Sarana Pertanian Terlengkap Harga Terjamin Murah

Cara Menanam Cabe Imperial Hijau Secara Tepat

Menanam cabe besar Imperial Hijau Cap Kapal Terbang bisa menjadi salah satu cara efektif untuk petani dalam usaha memanfaatkan peluang dan memperoleh tambahan pendapatan.

Untuk itulah agar hasil yang didapatkan dari pembudidayaan cabe besar Imperial Hijau Cap Kapal Terbang bisa maksimal maka cara pembudidayaannya harus dilakukan secara baik dan benar.

Cara pembudidayaan cabe besar Imperial Hijau F1 Cap Kapal Terbang secara baik dan benar yaitu :

  • Penyemaian Benih Serta Pembibitan

Pertama, siapkan campuran pupuk kandang / pupuk kompos, arang sekam, serta tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 2. Sebelum dicampurkan, pastikan apabila media semai tersebut diayak terlebih dahulu supaya menjadi lebih halus.

Selanjutnya, buatlah naungan untuk tempat penyemaian dan menghindari hujan serta terik sinar matahari.

Pasanglah pula jaring pelindung dari ancaman serangan hama. Setelahnya, susunlah polybag yang berisikan media semai di dalam naungan.

Selanjutnya, rendamlah benih cabe besar Imperial Hijau Cap Kapal Terbang dalam air hangat selama ± 3 jam. Sesudah 3 jam, cobalah untuk mengecek kondisi benih.

Jika terdapat benih yang mengambang, maka buanglah benih mengapung tersebut karena kualitasnya tergolong kurang baik.

Selanjutnya, masukkan benih yang memiliki kualitas baik ke dalam polybag sedalam ± 0,5 cm, kemudian tutupi menggunakan pupuk kompos. Basahilah dengan air supaya tingkat kelembaban media tanam tetap terjaga.

Jangan lupa juga untuk menyirami polybag dengan air secara rutin setiap pagi serta sore hari sampai polybag basah. Setelah 3 hari, jika bibit telah siap tanam maka plastik tutup polybag sudah dapat Anda buka.

Bibit sudah siap dipindahkan ke lahan tanam setelah memiliki 3 sampai 4 helai daun atau sudah berumur ± 21 sampai 24 hari setelah semai.

  • Pengolahan Lahan Tanam

Pertama, lakukan pembersihan lahan tanam dari gulma, batu, kerikil, sisa- sisa tanaman, dan lainnya. Selanjutnya, bajak atau cangkullah lahan tanam sampai kedalaman ± 20 sampai 40 cm.

Sesudah itu, buatlah lahan tanam pada bedengan. Ukuran bedengan yang dibuat yaitu tinggi ± 30 – 40 cm, lebar ± 1 meter, serta panjang menyesuaikan lahan tanam. Jangan lupa pula untuk memberikan jarak antar bedengan sekitar ± 60 centimeter.

Setelah itu, buatlah saluran drainase supaya air pada bedengan nantinya tak menggenang. Sesudah pembuatan bedengan selesai, maka lakukan pengecekan kondisi keasaman tanah. Tingkat keasaman tanah yang cocok untuk budidaya cabe besar Imperial Hijau adalah pH 6 hingga 7.

Jika tanah cenderung asam, aplikasikan dolomit / kapur pertanian sebanyak 2 sampai 4 ton per ha supaya ternetralisir.

Selanjutnya, campurkan pupuk organik (pupuk kandang / kompos) diatas bedengan secara merata dengan dosis sebanyak 20 ton / hektar.

Kemudian, tutupi bedengan menggunakan mulsa plastik hitam perak untuk menekan erosi, mengendalikan gulma, mempertahankan tingkat kelembaban, dan lainnya.

Setelah tertutupi mulsa, buatlah lubang tanam sebanyak 2 baris per bedengan secara zig zag dengan jarak berkisar ± 60 hingga 70 cm. Pembuatan lubang tanam secara zig zag tersebut bertujuan supaya penetrasi cahaya matahari dan sirkulasi angin menjadi lebih teratur.

Kedalaman lubang tanam serta diameter lubang tanam yakni sedalam ± 10 cm, atau dapat pula menyesuaikan ukuran polybag semai.

  • Penanaman

Supaya tanaman terhindar dari stress, lakukan penanaman saat pagi ataupun sore hari secara serentak dalam 1 hari. Untuk proses penanaman ini, caranya yaitu dengan membuka polybag semai dengan cara menyobeknya.

Selanjutnya, masukkan bibit cabe besar Imperial Hijau Cap Kapal Terbang beserta media tanamnya ke dalam lubang tanam. Setelah itu, sirami air secukupnya supaya bibit tetap terjaga kelembabannya.

  • Pemeliharaan

Saat musim kemarau, jangan lupa pula untuk melakukan penyiraman secara rutin. Lakukanlah pengairan / penyiraman secara hati – hati supaya tidak mengakibatkan kerusakan.

Nah, apabila terdapat bibit yang tumbuh secara tak sempurna ataupun mati, maka penyulaman bibit perlu Anda lakukan segera. Sulami serta gantikan dengan bibit baru berkualitas yang bagus.

Selanjutnya, pasanglah lenjeran atau ajir untuk menopang berdirinya tanaman cabe besar Imperial Hijau. Tancapkan ajir ke bedengan serta berikan jarak sekitar ± 4 cm dari bagian pangkal batang tanaman.

Lakukanlah proses penancapan ajir saat hari ketujuh setelah pemindahan bibit agar bagian akar tidak terluka.

Setelah memasang lenjeran, ikat lenjeran dengan cabe besar Imperial Hijau F1 Cap Kapal Terbang menggunakan tali rafia ketika sudah berusia > 1 bulan.

Selanjutnya, lakukan perempelan tunas setelah berumur 1 bulan jika ditanam di daerah dataran tinggi dan 3 minggu jika ditanam di daerah dataran rendah.

Potonglah tunas yang berada di sekitar bagian ketiak daun. Lakukan perempelan sampai cabang utama akan terbentuk. Selanjutnya, lakukan pengaplikasian pupuk susulan.

Pemupukan susulan bisa Anda lakukan setiap 2 minggu sekali. Atau bisa juga Anda melakukannya minimal sebanyak 8 kali sampai proses panen selesai dengan cara dikocorkan ke setiap lubang tanam.

Selanjutnya, lakukan penyiangan gulma agar tidak menimbulkan gangguan untuk cabe besar Imperial Hijau. Gulma bisa Anda basmi secara langsung melalui cara pengendalian secara manual, atau dapat juga Anda basmi melalui pengaplikasian pestisida jenis herbisida.

  • Pengendalian Hama Serta Penyakit

Hama dan penyakit sudah menjadi ancaman umum ketika melakukan kegiatan pembudidayaan tanaman.

Walaupun tanaman cabe besar Imperial Hijau sudah memiliki ketahanan terhadap serangan opt, maka petani tentu perlu selalu waspada terhadap ancaman ini.

Contoh beberapa serangan OPT yang harus diwaspadai yaitu seperti :

1. Layu Bakteri

Serangan patogen bakteri bernama Ralstonia solanacearum menjadi penyebab utama penyakit layu bakteri. Patogen bakteri ini mampu bertahan hidup di dalam tanah dan sisa tanaman ataupun inang alternatif.

Luka dalam sistem akar menjadi jalan masuknya bakteri Ralstonia solanacearum ke dalam tanaman untuk menginfeksi.

Tingginya tingkat kelembaban tanah serta peningkatan temperatur udara menjadi beberapa faktor pendukung berkembangnya penyakit layu bakteri.

Gejala serangan penyakit layu bakteri diawali dengan layunya daun muda saat siang hari. Saat suhu sekitar lahan tanam menjadi lebih dingin, sebagian daun akan menjadi normal kembali.

2. Lalat Pengerek Daun

Lalat pengerek daun termasuk ke dalam famili Agromyzidae. Hama ini banyak menyebabkan keresahan bagi petani karena serangannya mampu mengakibatkan kegagalan panen.

Potensi kehilangan hasil panen serangan hama lalat pengerek daun mampu mencapai ± 20 sampai 100 %.

Semua helai daun bisa penuh dengan korokan, sehingga terlihat kering dan berwarna coklat (mirip seperti terbakar).

Gejala serangan hama lalat pengerek daun yaitu muncul garis – garis berwarna abu – abu pucat tak beraturan pada 2 sisi, daun menjadi rontok, dan lainnya.

  • Pemanenan

Proses pemanenan bisa dilakukan setelah cabe besar Imperial Hijau F1 setelah berumur ± 75 hari setelah pindah tanam.

Untuk proses pemanenan kedua, bisa Anda lakukan setelah pemanenan pertama. Potensi hasil panen dari cabai Imperial Hijau berkisar sekitar ± 20 sampai 27 ton/ha.

Untuk memanen cabai Imperial Hijau, petik sampai ke bagian tangkainya. Hal tersebut memiliki tujuan supaya kesegarannya bisa lebih tahan lama.

Pastikan supaya Anda melakukan pemanenan saat pagi hari agar kondisi cabai Imperial Hijau F1 tetap dalam kondisi segar.

Baca Juga : Bibit Kacang Panjang Pertiwi Kualitas Terbaik

Jual Benih Cabe Besar Imperial Hijau Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabe Besar Imperial Hijau Harga Terjangkau

Jika pembaca sedang mencari produk benih cabe Imperial Hijau F1, maka jawabannya adalah LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit cabe Imperial Hijau F1 berkualitas terbaik.

Toko online LMGA AGRO jual benih cabai Imperial Hijau Cap Kapal Terbang original produksi PT Bisi International, Tbk. Selain itu, kami pun juga memiliki beraneka tips serta trik dalam memaksimalkan potensi hasil panen Imperial Hijau.

Sehingga, petani tak perlu lagi merasa khawatir dalam usaha memaksimalkan budidaya cabe Imperial Hijau.

Kami berani memberikan jaminan bahwa semua produk yang LMGA AGRO jual terjamin original dari Bisi namun harganya terjamin terjangkau.

Untuk memastikan pesanan cabe Imperial Hijau terjamin sampai hingga ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan berbagai mitra pengiriman terbaik.

KI8, Pos Indonesia, JNE, serta J&T merupakan beberapa nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO. Konsumen tak perlu ragu menggunakan jasanya karena kualitas mitra pengiriman kami telah teruji. Pesanan benih cabe Imperial Hijau F1 pun pastinya terjamin sampai hingga ke alamat konsumen.

Jadi, sekarang tunggu apalagi ?? Segera order produk benih cabe Imperial Hijau maupun produk lainnya dari LMGA AGRO sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema cabe Imperial Hijau ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga seluruh pembaca bisa mengambil manfaat dari artikel terbaru LMGA AGRO kali ini.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas dari artikel berjudul Cabe Imperial Hijau Benih Terbaik Pilihan Petani ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.