BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/10/2023

Read

Benih Semangka Amara F1 Unggulan Petani

Benih Semangka Amara F1,benih,semangka,amara,f1,lmga agro
Benih Semangka
Amara F1

Benih Semangka Amara F1 Unggulan Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual beraneka macam kebutuhan pertanian paling lengkap jaminan harga terjangkau.

LMGA AGRO adalah toko pertanian berbasis online serta berlokasi fisik di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami merupakan toko tani online yang sudah lama beroperasi di Indonesia.

LMGA AGRO memiliki jaminan reputasi terpercaya dan mempunyai konsumen yang tersebar di semua penjuru Indonesia.

Kami menjalin relasi kerjasama dengan berbagai mitra pengiriman terbaik untuk menjamin pesanan konsumen sampai hingga ke tangan konsumen. So, calon konsumen nantinya tidak usah ragu apabila ingin membeli produk dari LMGA AGRO.

Benih semangka Amara F1 bisa Anda pesan di LMGA AGRO. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual benih semangka Amara F1 kualitas original harga terjamin terjangkau. Beli segera benih semangka Amara F1 Cap Panah Merah harga terjangkau hanya di toko LMGA AGRO.

Semangka. Siapa yang tidak mengetahui tanaman buah satu ini ?? Tentunya tumbuhan ini sudah sangat familiar untuk masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat terjadi karena buahnya menjadi salah satu komoditas penting yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Tanaman semangka merupakan tanaman asli yang berasal dari benua Afrika, lalu menyebar secara pesat ke berbagai belahan dunia.

Di Indonesia semangka memiliki nama lain, seperti mendikai dan tembikai. Dari catatan sejarah, tanaman hortikultura ini telah ada semenjak zaman Mesir Kuno ribuan tahun silam.

Saat masa – masa tersebut, semangka telah menjadi buah favorit untuk Fir’aun. Tetapi, semangka liar dari benua Afrika menunjukkan perbedaan dengan varietas semangka yang telah kita ketahui. 

Mendikai liar mempunyai bentuk bulat, berukuran kecil, serta daging buahnya berwarna putih dengan cita rasa pahit. Sedangkan varietas semangka yang kita kenal sekarang ialah varietas semangka yang berasal dari proses domestikasi.

Rasa buahnya tergolong sangat manis. Teksturnya relatif renyah dan sangat cocok untuk dikonsumsi. Selain itu, di dalam buah semangka terkandung berbagai macam nutrisi terbaik untuk tubuh.

Contoh beberapa manfaat mengkonsumsi buah semangka secara teratur dalam jumlah cukup yakni :

  • Menyehatkan mata

Di dalam buah semangka terkandung nutrisi berupa vitamin A dalam jumlah banyak. Nutrisi berupa vitamin A ini sangat bermanfaat untuk tubuh dalam menyehatkan mata. Dengan begitu, maka kondisi kesehatan mata akan selalu terjaga.

  • Menurunkan resiko tubuh terkena penyakit jantung

Kandungan likopen berguna dalam memerangi kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, maka penyakit karena kolesterol jahat (contohnya penyakit jantung) akan bisa dihindari.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C terdapat di dalam buah semangka. Vitamin C ini bermanfaat untuk menguatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh tak akan mudah terserang penyakit.

  • Menjaga kesehatan kulit

Di dalam buah semangka terkandung likopen dalam jumlah cukup besar. Senyawa likopen ini mampu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi penyerapan cahaya ultraviolet saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Baca Juga : Katalog Bibit Bunga Kol & Brokoli Terlengkap

Peluang Agrobisnis Budidaya Semangka Non Biji

Tentunya dengan berbagai manfaat tersebut membuat banyak orang merasa tertarik ingin membudidayakan tanaman semangka. Tidaklah mengherankan apabila sekarang jumlah petani pembudidaya tanaman buah ini tak pernah surut sama sekali.

Selain alasan tersebut, harganya pun terjamin pasti menguntungkan. Dengan begitu, maka potensi hasilnya pun tergolong menjanjikan.

Banyak sekali jenis varietas semangka yang sesuai untuk petani tanam. Salah satu varietas semangka yang cocok petani budidayakan adalah varietas semangka non biji.

Sama seperti namanya, pada buahnya varietas ini tak mempunyai biji sama sekali. Kehadirannya sendiri cukup banyak masyarakat nantikan, sehingga tidak salah jika penjualannya hampir selalu merajai.

Masyarakat cukup menyukai semangka tanpa biji karena saat mengkonsumsinya menjadi semakin mudah karena tak adanya biji di dalam mulut.

Di pasaran Indonesia sendiri, harga varietas mendikai ini tergolong lebih tinggi ketimbang varietas lainnya. Terlebih lagi, permintaan masyarakat sendiri juga termasuk sangat tinggi serta besar.

Maka tidaklah salah apabila peluang usaha agribisnis budidaya semangka non biji tergolong sangat menjanjikan.

Potensi dari agribisnis budidaya semangka non biji memang tergolong sangat baik dengan prospek bisnis tergolong cukup cerah.

Semua orang bisa melakukan usaha agribisnis budidaya semangka non biji. Asalkan memiliki minat serta kemauan belajar tinggi, maka usaha agribisnis ini dapat berjalan dengan baik.

Untuk memulai usaha agribisnis budidaya semangka non biji tidaklah terlalu susah. Menggunakan modal tak terlalu besar pun tak menjadi masalah sama sekali.

Lahan berukuran kecil atau pekarangan rumah dapat menjadi opsi jika tak memiliki lahan berukuran besar. Untuk menunjang proses budidayanya, petani memerlukan peralatan – peralatan penting agar proses budidaya bisa berjalan secara lancar.

Peralatan penunjang itu contohnya seperti sabit, timbangan, sprayer, pompa air, cangkul, dan sebagainya.

Selanjutnya, lakukan proses budidaya secara tepat sedari awal hingga akhir. Setelah proses panen, maka buah semangka pun sudah siap untuk dipasarkan ke berbagai tujuan.

Tujuan pemasarannya bisa menyasar ke pengepul dan berbagai tempat. Misalnya seperti restoran, hotel, pasar tradisional, rumah makan, dan swalayan (minimarket dan supermarket).

Cara Budidaya Semangka Non Biji Secara Tepat

cara,budidaya,semangka non biji,budidaya semangka non biji,lmga agro
Cara Budidaya Semangka Non Biji Secara Tepat

Sebelum memulai proses budidaya semangka non biji, pertama tentu syarat tumbuhnya harus terpenuhi lebih dulu.

Tanaman semangka non biji sangat cocok petani budidayakan, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal tanaman semangka varietas semangka non biji direkomendasikan untuk dataran berketinggian 0 – 200 mdpl.

Tanah yang cocok untuk budidaya tanaman ini ialah jenis tanah gembur berpasir. Sementara, iklim paling sesuai yaitu iklim hangat dengan kisaran suhu ± 20 hingga 30° C.

Semangka non biji membutuhkan cahaya matahari sepanjang hari selama ± 7 jam setiap harinya. Untuk tingkat keasaman tanah, pH tanah yang cocok berkisar sekitar ± 6 hingga 7.

Jika masih terasa kurang, maka perlu dilakukan proses pengapuran hingga memperoleh pH yang sesuai. Sementara, curah hujan yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman hortikultura ini berkisar sekitar ± 40 – 50 mm setiap bulannya.

Jika syarat – syarat tumbuh tersebut telah terpenuhi semua, maka proses budidaya bisa dilakukan. Tahapan cara budidaya semangka non biji secara tepat dari awal hingga akhir yakni :

  • Persiapan Lahan Tanam

Persiapkan lahan tanam yang Anda akan gunakan. Caranya yakni dengan membajak ataupun mencangkul tanah hingga benar – benar gembur.

Langkah berikutnya, buatlah bedengan berlebar ± 70 hingga 80 cm dengan tinggi menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Untuk lahan datar, rekomendasi tinggi bedengan yakni berkisar ± 30 cm. Sementara, untuk lahan landai tinggi bedengan tak perlu terlalu tinggi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan bedengan ialah bagaimana supaya lahan tak tergenang air. Jangan lupa pula untuk memberikan jarak antar bedengan berkisar ± 3 hingga 4 meter.

  • Pengaplikasian Pupuk Dasar Dan Pemasangan Mulsa

Pengaplikasian pupuk dasar bisa memanfaatkan dolomite jika tingkat pH tanah masih belum pas (<6). Cara aplikasinya yakni dengan menaburkan pupuk pada lahan tanam. Setelah penaburan, biarkan lahan tanam selama 7 hingga 10 hari setelahnya.

Pupuk dasar yang digunakan bisa memanfaatkan pupuk organik dan anorganik. Pupuk organik bisa memanfaatkan pupuk kandang dengan cara aplikasi penaburan untuk 1 tanaman yakni sebesar 1 sampai 1,5 kg.

Sementara, pupuk anorganik yang dapat diaplikasikan yakni pupuk ZA, KCl, serta TSP/SP-36. Dosis pengaplikasian ZA yaitu sebesar ±100 g/tanaman, KCl sebesar ±200 g/tanaman, dan TSP/SP-36 sebesar ± 100 g/tanaman.

Aduk serta campurkan pupuk beserta tanah sampai merata lalu biarkan larut bersama air hujan. Berikutnya, biarkan tanah selama kurun waktu 10 hari sampai dengan 15 hari sebelum penanaman Anda lakukan.

Begitu lahan bedengan telah tersirami air hujan ataupun telah dilakukan penyiraman, maka bedengan bisa Anda tutup menggunakan mulsa.

Selanjutnya, buatlah lubang tanam dengan jarak tanam berkisar ± 50 – 60 cm pada bagian tengah bedengan.

  • Persiapan Benih

Setelah mendapatkan benih, rendamlah benih dengan air hangat – hangat kuku selama ± 1 jam. Hal itu mempunyai tujuan agar tekstur benih nantinya menjadi lebih lunak.

Sesudah ditiriskan, jepitlah ujung benih agar kulit benih sedikit terbuka supaya mudah terserap serta benih semakin mudah berkecambah.

Selanjutnya, peram benih menggunakan kertas merang serta handuk basah. Proses pemeraman bertujuan untuk mendapatkan benih yang lebih seragam.

Bakal kecambah lalu disemai pada polybag semai dengan memanfaatkan media tanah serta pupuk kandang matang menggunakan perbandingan 5 : 1.

  • Penanaman

Bibit telah bisa Anda pindahkan ke lahan tanam ketika berumur ± 7 hingga 10 hari setelah semai atau sudah muncul sebanyak 2 hingga 3 helai daun.

Sebaiknya, lakukan proses pemindahan tanam ketika sore hari. Sebelum penanaman, sebaiknya Anda memastikan kondisi lubang tanam pada bedengan basah ataupun sirami terlebih dulu.

Ambillah bibit yang akan dipindahkan ke lahan tanam, kemudian sirami kembali dengan air secukupnya hingga cukup basah.

  • Pemeliharaan

Proses pemeliharaan atau perawatan perlu dilakukan secara teratur serta berkelanjutan. Dengan melakukan pemeliharaan secara teratur, maka nantinya tanaman bisa tumbuh secara sempurna.

Pertama, siramilah tanaman secara teratur. Sebaiknya, Anda menyiraminya sebanyak 2 kali setiap hari, atau Anda bisa menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Kedua, siangilah gulma secara teratur. Jika gulma dibiarkan terus tumbuh serta tidak dibasmi, maka permasalahan gulma tidak akan terselesaikan. Oleh karena itu, siangilah gulma secara rutin.

Ketiga, lakukan pengaplikasian pupuk susulan. Pengaplikasian pupuk susulan dapat diberikan saat berumur ± 10 hst memakai pupuk NPK dengan dosis sebesar ± 5 gram/300 ml air untuk 1 tanaman.

Cara aplikasinya yakni dengan mengocorkannya pada tanaman. Keempat, lakukan pula perempelan ranting dan juga tunas.

Peliharalah ranting serta tunas yang tumbuh pada daun pertama dan kedua. Sementara, ranting serta tunas lainnya dapat Anda rempeli.

Baca Juga : Jual Bibit Helix Siap Tanam Harga Terjangkau

  • Pengendalian OPT Pengganggu

Ketika membudidayakan semangka, seringkali muncul gangguan dari OPT (organisme pengganggu tanaman). Apabila serangan terus terjadi serta tak ada tindakan nyata dari petani untukk menanganinya, maka hal tersebut bisa menyebabkan kerugian besar. Oleh karena itu, selalu waspadalah terhadap ancaman serangan OPT pengganggu.

Walaupun benih yang Anda gunakan sudah memiliki ketahanan terhadap serangan OPT, tetapi Anda tidak boleh meremehkan serangan OPT pengganggu.

Untuk mengatasi ancaman serangan OPT pengganggu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Caranya yaitu dengan memotong dan membakar tanaman terinfeksi, menyiangi gulma secara teratur, mengaplikasikan pestisida tepat dosis, dan sebagainya.

Contoh beberapa OPT pengganggu yang harus petani waspadai serangannya yakni :

1. Bercak Bakteri

Penyakit bercak bakteri terjadi karena sebuah infeksi patogen bakteri Xanthomonas spp. Penyakit ini sendiri tergolong sebagai salah satu penyakit paling merusak pada beraneka macam tanaman.

Patogen bakteri Xanthomonas mampu bertahan hidup pada biji maupun di dalam biji, pada gulma tertentu, serta pada puing – puing tanaman.

Ketika kondisi mendukung, bakteri menyebar melalui percikan air hujan atau irigasi pancur ke tanaman berkondisi masih sehat.

Bakteri Xanthomonas masuk menginfeksi ke jaringan tanaman lewat pori – pori dan luka pada daun. Kisaran suhu optimal untuk penyebarannya yakni pada suhu ± 25 hingga 30° C.

Bagian daun, batang, dan buah dapat terinfeksi. Gejala awalnya yakni pada daun muda terdapat luka kecil berwarna kuning kehijauan yang biasanya nampak cacat dan juga menggulung.

Pada daun – daun lebih tua, luka dibatasi oleh vena serta seiring berjalannya waktu akan menjadi kaku. Pada awalnya, warna luka hijau tua, nampak berminyak, dan dikelilingi oleh lingkaran sinar kuning.

Luka – luka ini umumnya cenderung berada pada tepian ataupun ujung daun. Dalam kondisi yang mendukung, luka akan membesar secara cepat hingga ukuran lebarnya mencapai ± 0,25 hingga 0,5 cm.

Pada akhirnya, bercak – bercak terlihat seperti sebuah lubang bekas tembakan karena bagian tengahnya mengering serta hancur.

Bercak pada buah berawal dengan warna hijau pucat, area berair, serta dikelilingi oleh lingkaran cahaya berwarna kuning. Bercak tersebut akhirnya berwujud kasar, berwarna kecoklatan, dan juga berkeropeng.

2. Ulat Tanah

Bentuk dewasa ulat tanah yakni berupa ngengat kuat dengan tubuh berbintik coklat kelabu. Warna sayap depannya coklat muda dan coklat tua, dan sayap belakang berwarna putih.

Mereka cenderung aktif ketika malam hari serta meletakkannya pada celah – celah tanah, tanah lembab, dan sebagainya.

Telur tersebut akan menetas menjadi larva dari 3 hingga 24 hari (tergantung oleh faktor suhu serta lingkungan).

Larva muda berwarna abu – abu muda, halus, berminyak, serta panjangnya berkisar ± 5 hingga 10 mm. Sementara itu, larva berumur lebih tua berwarna coklat tua dengan panjang ± 40 mm dengan 2 garis putus – putus kuning memanjang pada punggungnya.

Meskipun dapat menyerang dalam semua fase pertumbuhan tanaman, ulat tanah lebih menyukai bibit muda.

Kerusakan parah dapat terjadi akibat munculnya ulat dalam jumlah besar bertepatan dengan kemunculan bibit dan lingkungan lahan bergulma.

Ulat muda mencari makan dekat tanah pada gulma, meninggalkan bekas berupa lubang kecil tidak beraturan pada daun lembut.

Ulat lebih tua akan menguburkan dirinya ke dalam tanah ketika siang hari dan baru akan muncul ketika malam hari untuk mencari makan. Sementara itu, tanaman berumur muda akan mereka seret ke bawah tanah.

Batang dapat diputus pada permukaan tanah, mengakibatkan jaringan yang tumbuh mengalami kerusakan, serta gangguan pertumbuhan bahkan kematian.

Ulat tanah juga dapat menggali ke dalam batang yang dapat menyebabkan layu dan tumbangnya tanaman berumur lebih tua.

  • Pemanenan

Masa panen budidaya semangka tanpa biji biasanya berada pada kisaran umur ± 65 hingga 70 hst. Buah semangka tidak berbiji yang telah matang bisa terlihat dengan memudarnya warna buah serta sulur pada pangkal tangkai buah mengering.

Benih Semangka Amara F1 Cap Panah Merah Cocok Petani Budidayakan

amara f1,benih semangka,cap panah merah,panah merah,ewindo,eastwestseed,lmga agro
Benih Semangka Amara F1 Cap Panah Merah Cocok Petani Budidayakan

Tentunya supaya bisa mendapatkan buah semangka non biji dengan kualitas bagus, maka petani membutuhkan benih berkualitas unggul.

Jujur saja, sangat mudah untuk mendapatkan benih semangka non biji berkualitas unggulan di pasaran. Namun, pastikan agar benih yang Anda gunakan harganya terjangkau namun kualitasnya terjamin terbaik.

Nah, untuk itu LMGA AGRO akan membantu Anda dalam memperoleh benih semangka tanpa biji berkualitas unggulan.

Salah satu benih semangka berkualitas unggul rekomendasi LMGA AGRO adalah Amara F1. Amara F1 merupakan benih semangka tidak berbiji hibrida terbaru hasil produksi produsen PT East West Seed Indonesia, Tbk.

Benih Amara F1 mempunyai berbagai karakteristik serta keunggulan, sehingga cocok petani pilih untuk dibudidayakan. Contoh beberapa karakteristik serta keunggulan dari benih Amara F1 yakni :

  1. Benih mendikai Amara F1 memiliki vigor kokoh, percabangannya seragam dan juga sama besar
  2. Varietas benih Amara F1 direkomendasikan untuk dibudidayakan di daerah dataran rendah
  3. Semangka Amara F1 Cap Panah Merah tahan terhadap serangan penyakit Gummy Stem Blight, layu bakteri, dan juga toleran kekurangan kalsium
  4. Proses pembentukan buah semangka Amara F1 tetap mudah walaupun dalam kondisi cuaca kurang bagus, sehingga petani sangat menyukai Amara F1
  5. Buah semangka Amara F1 mempunyai berat ± 7 sampai 9 kg, dan bisa kita buahkan lebih dari 1 per tanaman
  6. Buah semangka Amara F1 lebih tahan simpan serta tahan pengangkutan jarak jauh
  7. Semangka Amara F1 sudah bisa dipanen saat sudah berumur ± 62 hari sesudah pindah tanam
  8. Potensi hasil panen Amara F1 tergolong cukup tinggi, yakni mencapai ± 38 ton per ha
  9. Cara budidaya semangka Amara F1 menjadi lebih mudah karena sudah tahan terhadap serangan opt (organisme pengganggu tanaman)
  10. Prospek budidaya Amara F1 termasuk menjanjikan untuk usaha agribisnis
  11. Benih semangka Amara F1 sudah terdaftar resmi di Kementan RI melalui Kepmentan No. 1603/Kpts/SR.120/5/2012

Beraneka macam karakteristik serta keunggulan dari benih Amara F1 membuat produk ini tidak salah apabila menjadi pilihan utama untuk petani. Jadi, tertarik untuk membuktikan sendiri kualitas dari benih Amara F1 Cap Panah Merah ??

Baca Juga : Batara F1 Bibit Unggul Kualitas Terjamin

Jual Benih Semangka Amara F1 Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Semangka Amara F1 Harga Murah

Apabila pembaca sedang mencari produk benih semangka Amara F1, maka LMGA AGRO merupakan tempatnya. LMGA AGRO menjual benih semangka Amara F1 Cap Panah Merah berkualitas terbaik.

Selain itu, LMGA AGRO juga mempunyai tips serta trik dalam memaksimalkan budidaya semangka non biji. Dengan begitu, maka hasil budidaya semangka non biji Amara F1 bisa diperoleh secara optimal.

Beraneka macam keunggulan dari benih semangka Amara F1 tentu saja menjadikan benih ini sangat cocok petani budidayakan. So, tentunya kualitas dari Amara F1 sudah tak perlu lagi Anda pertanyakan.

Toko online LMGA AGRO menjual benih semangka Amara F1 Cap Panah Merah original produksi Panah Merah. Kami menjual benih tembikai Amara F1 dalam kemasan sachet berisikan 360 butir. Harga jual produk benih semangka Amara F1 terjamin terjangkau dengan jaminan kualitas terbaik.

Toko tani LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan benih semangka Amara F1 hingga ke alamat tujuan. Kami bekerja sama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya, sehingga pesanan untuk konsumen pastinya terjamin untuk sampai ke alamat tujuan.

KI8, JNE, Pos Indonesia, serta J&T ialah beberapa nama – nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan. Nama – nama mitra kami tersebut sudah sangat familiar, bukan ??

So, segera order benih semangka Amara F1 sekarang juga dari LMGA AGRO sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema benih semangka Amara F1 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari artikel kali ini.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Benih Semangka Amara F1 Unggulan Petani ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.