Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/10/2023

Read

Timun Batara F1 Benih Unggul Kualitas Terjamin

Timun Batara F1,timun,batara,f1,batara f1,lmga agro
Timun
Batara F1

Timun Batara F1 Benih Unggul Kualitas Terjamin. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual berbagai kebutuhan pertanian terlengkap dengan jaminan harga murah dan berkualitas terbaik.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian di Kota Kediri dan berbasis online. Kami merupakan agen, reseller, supplier, dan distributor produk pertanian terbaik dengan jaminan harga terjangkau.

LMGA AGRO sudah melayani konsumen sejak lama dan memiliki konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

Kami menjamin bahwa semua produk pertanian yang kami jual harganya terjamin murah dan pastinya terjamin pasti sampai hingga ke alamat konsumen.

So, calon konsumen tentunya tidak usah ragu bila ingin melakukan transaksi dengan LMGA AGRO. Segera hubungi kami dan order produk pertanian yang ingin Anda beli !!

Timun Batara F1 mempunyai kualitas terbaik serta bisa menjadi andalan petani ketika melakukan kegiatan budidaya tanaman. Batara F1 Cap Panah Merah mempunyai berbagai keunggulan yang bisa membuat petani untung. Beli sekarang juga timun Batara F1 harga terjangkau hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Mentimun. Tentunya banyak orang yang sudah tau tentang tanaman ini bukan ?? Mentimun ialah tanaman sayur yang termasuk dalam kelompok Cucurbitaceae.

Berdasarkan catatan sejarah, mentimun diperkirakan berasal dari daratan Asia, tepatnya yaitu di India (lereng gunung Himalaya).

Mentimun, ketimun, atau timun merupakan tanaman semusim yang tumbuh secara menjalar. Tanaman ini mempunyai batang berwarna hijau berbulu serta panjang batangnya mencapai ± 1,5 meter, dan tekstur batang lunak serta mengandung air.

Di Indonesia, buah timun banyak dimanfaatkan di dalam kehidupan sehari – hari. Kenapa ?? Karena di dalam buah timun terkandung beraneka macam nutrisi bermanfaat untuk tubuh kita.

Mulai dari produk kecantikan, olahan minuman serta makanan ialah bentuk pemanfaatan timun. Selain itu, terdapat banyak manfaat yang terkandung di dalam buah mentimun untuk tubuh kita saat mengkonsumsinya.

Beberapa contoh manfaat yang baik untuk tubuh kita saat mengkonsumsi timun yakni seperti : 

  • Menjaga kesehatan kulit

Beberapa produk perawatan kulit serta kosmetik diklaim mempunyai kandungan nutrisi bermanfaat dari mentimun, contohnya magnesium, potasium, dan silikon.

Kandungan nutrisi tersebut bisa membuat kulit lebih bercahaya serta kesehatannya tetap terjaga, sehingga kulit pun bisa terhindar dari ancaman penyakit kulit.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Di dalam mentimun terdapat nutrisi bernama sterol. Sterol ialah senyawa yang mengurangi kadar kolesterol, sehingga tubuh bisa terhindar dari kolesterol berlebih yang tidak bagus untuk tubuh.

  • Menguatkan tulang

Kandungan vitamin K di dalam timun bisa menguatkan tulang, sehingga kondisi kesehatan tulang akan selalu terjaga.

  • Menurunkan resiko tubuh terserang kanker

Kandungan polifenol yang disebut dengan lignan bisa membuat tubuh terhindar dari penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker rahim, dan sebagainya.

Baca Juga : Cabe Arimbi Produk Unggul Cap Kapal Terbang

Potensi Budidaya Timun Di Indonesia

potensi,budidaya,budidaya timun,indonesia,lmga agro
Potensi Budidaya Timun Di Indonesia

Buah ketimun seringkali dijumpai di pasar – pasar tradisional maupun supermarket. Buah segar berwarna daging hijau keputihan ini mempunyai rasa yang segar.

Buah mentimun seringkali dipergunakan untuk beraneka produk olahan makanan. Olahan makanan tersebut contohnya seperti lalapan, pecel, acar, manisan, rujak, dan sebagainya.

Buah mentimun masuk ke dalam golongan labu – labuan, sehingga masih berkerabat dengan semangka dan melon. Tampilannya berbentuk lonjong dengan warna kehijauan dan mempunyai getah yang juga berwarna hijau.

Buah mentimun ini termasuk mudah untuk dirawat / dipelihara. Tak salah jika peluang usaha agrobisnis budidaya ketimun tergolong punya prospek menjanjikan.

Dimana cara pembudidayaan dari buah mentimun memang terbilang sangat mudah serta masa tanamnya pun tergolong relatif singkat.

Cara pemasaran budidaya mentimun sendiri terbilang sangat mudah. Dijual di pasar pun telah banyak pedagang sayur yang siap untuk menampung hasil panen mentimun.

Sehingga bila Anda menjalankan budidaya timun ini tentunya akan sangat menguntungkan juga menjanjikan. Untuk itulah Anda bisa membaca artikel kali ini untuk bisa berhasil dalam membudidayakan ketimun.

Bisnis budidaya ketimun ini dapat dan cocok dijalankan oleh semua orang. Asalkan memiliki kemauan serta minat tinggi untuk berhasil, maka bisnis budidaya ketimun bisa Anda jalankan secara mudah.

Bisnis budidaya mentimun menjadi salah satu bisnis yang tak ada matinya. Begitu pula dengan bisnis yang budidaya ketimun yang menjadi salah satu agribisnis berprospek menjanjikan.

Untuk memulai bisnis budidaya ketimun bisa Anda mulai dengan jumlah modal yang kecil. Selain itu, jika Anda tidak memiliki lahan berukuran besar, Anda bisa memanfaatkan lahan berukuran kecil terlebih dulu untuk memulainya.

Nah, dalam proses pembudidayaan timun membutuhkan peralatan penting. Beberapa alat pertanian penting tersebut contohnya seperti timba, golok, keranjang panen, gunting, selang air, pompa air, cangkul, dan sebagainya.

Dengan beraneka ragamnya peralatan tersebut, maka proses budidaya mentimun bisa menjadi lebih optimal.

Jika sudah masuk masa panen, maka segera lakukan proses pemanenan. Jika sudah, maka selanjutnya adalah memasarkan hasil panen.

Anda bisa memasarkannya ke berbagai tujuan. Contohnya saja seperti pasar tradisional, supermarket, rumah makan, restoran, serta hotel.

Timun Batara F1 Produk Unggul Panah Merah

mentimun,ketimun,cap panah merah,panah merah,ewindo,lmga agro
Timun Batara F1 Produk Unggul Panah Merah

Nah, tentu untuk bisa memperoleh hasil panen secara optimal petani membutuhkan produk benih timun terbaik. Di pasaran Indonesia udah banyak beredar produk bibit timun terbaik dengan harga yang beragam.

Untuk lebih mempermudah Anda, LMGA AGRO akan memberikan rekomendasi produk benih timun terbaik dengan harga terjangkau. Produk yang ingin kami rekomendasikan adalah Batara F1.

Timun Batara F1 merupakan benih mentimun hibrida berkualitas unggul yang diproduksi oleh produsen PT East West Seed Indonesia (Cap Panah Merah).

Batara F1 benih bertipe besar dengan cara perawatan yang tergolong mudah. Benih Batara F1 mempunyai beraneka keunggulan, seperti sudah antivirus, cocok dibudidayakan di dataran rendah sampai menengah, potensi hasil panen tinggi (± 70 ton per ha), dan lainnya.

Batara F1 Cap Panah Merah mempunyai karakteristik dan keunggulan yang menjadi faktor utama petani menggunakannya. Contoh karakteristik dan keunggulan dari mentimun Batara F1 yakni seperti :

  1. Batara F1 mempunyai vigor kokoh dan kuat serta tahan serangan virus Gemini dan penyakit kresek
  2. Buah timun Batara F1 mempunyai kulit buah berwarna hijau gelap dan warna daging buahnya berupa hijau keputihan
  3. Buah timun Batara F1 mempunyai berat sekitar ± 320 gram serta rasanya tergolong agak sedikit pahit
  4. Ukuran buah timun Batara F1 termasuk besar dan lebih tahan simpan
  5. Batara F1 dari Ewindo termasuk sebagai salah satu produk benih timun terbaik yang terdapat di pasaran
  6. Batara F1 Cap Panah Merah bisa Anda panen sesudah berumur ± 45 hari sesudah tanam
  7. Potensi hasil panen timun Batara F1 Eastwestseed tergolong cukup tinggi, yakni mencapai ± 70 ton per ha

Karakteristik dan keunggulan dari timun Batara F1 diatas tentunya membuat banyak petani memakai produk East West ini. Maka tak heran jika petani tertarik dan ingin memakai benih Batara F1 untuk kegiatan budidaya tanaman.

Baca Juga : Jual Pestisida, Pupuk, & ZPT Berkualitas Unggulan

Budidaya Timun Batara F1 Hasil Optimal

Budidaya timun Batara F1 berpotensi menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan bagi petani. Tetapi, proses budidaya timun Batara F1 hanya akan menghasilkan hasil panen optimal jika dilakukan secara baik serta benar.

Supaya lebih memudahkan petani memperoleh hasil panen timun Batara F1 yang optimal, LMGA AGRO akan memberikan cara budidaya timun Batara F1 secara baik juga benar.

Cara menanam timun Batara F1 secara baik serta benar yakni :

  • Persiapan Lahan Tanam

Proses penyiapan lahan tanam bertujuan supaya kondisi struktur tanah juga sistem airasi tanah menjadi lebih bagus. Selain itu, persiapan lahan tanam juga bertujuan agar pembentukan bedengan semakin mudah dan mendekomposisikan gulma.

Lakukan pengolahan lahan tanam terlebih dulu sebelum melanjutkan ke proses penanaman. Sebaiknya proses pengolahan lahan tanam dilakukan sekitar 3 hingga 4 minggu sebelum proses penanaman Anda lakukan.

Sesudah melakukan proses pengolahan lahan tanam, langkah berikutnya ialah membentuk bedengan dengan ukuran tertentu. Lakukan pembuatan bedengan sesudah 1 minggu sebelumnya selesai mengolah lahan tanam.

Buatlah bedengan berukuran lebar ± 120 cm, tinggi ± 40 cm, serta panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam. Jangan lupa pula untuk memberikan lebar parit antar bedengan sekitar ± 50 cm.

Bila pembuatan bedengan sudah selesai, berikutnya aplikasikan pupuk dasar diatas bedengan. Pupuk dasar yang digunakan yakni berupa pupuk SP – 36, NPK, KCL, pupuk kandang, dan dolomit.

Dosis yang diberikan yakni sebesar ± 200 kg/ha dolomit, NPK sebesar ± 300 kg/ha, SP – 36 sebesar ± 100 kg/ha, KCL sebesar ± 100 kg/ha, dan 5 kg/m pupuk kandang.

Aduk hingga merata dengan tanah, kemudian rapikan. Berikutnya, tutupi bedengan memakai mulsa plastik.

  • Penanaman

Pertama, buatkan lubang tanam diatas bedengan dengan jarak berkisar 100 x 60 cm. Berikutnya, masukkan benih timun Batara F1 ke dalam lubang tanam sedalam 1 centimeter. 1 lubang tanam cukup Anda masukkan 1 benih ke dalamnya.

Sesudah dimasukkan, tutup kembali menggunakan tanah di sekitarnya. Anda bisa pula memanfaatkan kompos agar kandungan bahan organik dalam tanah menjadi meningkat.

  • Pemeliharaan

Proses pemeliharaan timun Batara F1 perlu dilakukan secara teratur supaya mentimun Batara F1 bisa tumbuh dengan baik. Dalam proses pemeliharaan ini menjadi sangat krusial dan perlu dilakukan secara baik juga benar.

Contoh beberapa proses pemeliharaan dalam budidaya timun Batara F1 yakni seperti :

1. Pemasangan Ajir / Lanjaran

Ajir ialah sebuah penegak yang terbuat dari bahan berupa bilah bambu atau batang kayu yang berfungsi sebagai penyangga batang tanaman ataupun berperan tempat tanaman merambat.

Pemasangan ajir bertujuan supaya tanaman timun tetap tegak serta tak mudah tertiup angin. Selain itu, pemasangan ajir juga mempunyai tujuan supaya proses fotosintesis menjadi lebih cepat.

2. Pengairan / Penyiraman

Proses pengairan atau penyiraman bertujuan supaya tanaman timun Batara F1 memperoleh air yang diperlukan untuk pertumbuhan mentimun Batara F1.

Lakukan pengairan / penyiraman setidaknya sekali seminggu serta pastikan tersirami secara merata. Dengan begitu, tanaman timun Batara F1 tak akan mengalami stress serta rasa buahnya tidak pahit.

3. Penyiangan Gulma

Gulma ialah ancaman yang selalu ada ketika melakukan budidaya tanaman. Oleh karena itu, penyiangan gulma sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan gulma.

Lakukan penyiangan gulma secara teratur untuk segera membasmi gulma pertumbuhan tanaman.

4. Pemupukan Susulan

Jangan lupa pula untuk melakukan proses pemupukan susulan untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh timun Batara F1.

Waktu pengaplikasian dan jenis pupuk yang dipakai dalam pemupukan susulan Batara F1 yakni seperti :

a) 14 hst = Gunakan pupuk KCL dengan dosis sebesar ± 10 gram/tanaman serta NPK dengan dosis sebanyak ± 20 gram/tanaman

b) 28 hst = Gunakan pupuk KCL dengan dosis sebesar ± 10 gram/tanaman, NPK dengan dosis sebanyak ± 20 gram/tanaman, serta SP-36 sebesar ± 10 gram/tanaman

c) 35 hst = Gunakan pupuk KCL dengan dosis sebesar ± 10 gram/tanaman, NPK dengan dosis sebanyak ± 10 gram/tanaman, serta SP-36 sebesar ± 10 gram/tanaman

d) 40 hst = Gunakan pupuk KCL dengan dosis sebesar ± 10 gram/tanaman, NPK dengan dosis sebanyak ± 10 gram/tanaman, serta SP-36 sebesar ± 10 gram/tanaman

e) 60 hst = Gunakan pupuk KCL dengan dosis sebesar ± 10 gram/tanaman serta SP-36 sebesar ± 30 gram/tanaman

  • Pengendalian Hama & Penyakit

Proses pengendalian hama serta penyakit harus selalu dilakukan untuk mengatasi permasalahan serangan hama dan juga penyakit.

Serangan hama maupun penyakit tentu saja sangat berdampak negatif untuk kelangsungan budidaya tanaman. Sehingga, petani perlu segera mengatasi hal tersebut supaya tidak menjadi lebih besar.

Beberapa contoh hama dan penyakit tanaman yang perlu diwaspadai serangannya pada tanaman yakni :

1. Embun Tepung

Serangan jamur Ersysiphaceae merupakan penyebab terjadinya penyakit embun tepung. Embun tepung bisa bertahan pada sisa – sisa tumbuhan lainnya.

Penyebaran jamur Erysiphaceae dapat melalui berbagai media, seperti angin, air, dan serangga vektor.

Patogen jamur ini mampu bertahan dalam suhu 10 hingga 12° C, namun akan lebih optimal perkembangannya dalam suhu 30° C.

Gejala awal terjadinya penyakit embun tepung berawal dengan kemunculan bintik – bintik kuning pada sisi atas daun.

Kemudian, pada tahap berikutnya muncul lapisan tepung keputihan yang menutupi kemudian menyebar pada bagian – bagian tanaman seperti daun, batang, dan buah.

2. Thrips

Hama thrips (Thysanoptera) merupakan hewan serangga berukuran kecil (± 1 hingga 2 mm) berwarna belang, hitam, ataupun kuning. Beberapa jenis hama thrips mempunyai 2 pasang sayap, sedangkan jenis lainnya tak mempunyai sayap.

Hama thrips bisa bertahan hidup pada sisa – sisa tanaman ataupun di dalam tanah. Selain itu, thrips juga menjadi vektor untuk berbagai virus penyebab penyakit.

Kondisi cuaca kering dan hangat akan semakin membuat perkembangan thrips semakin baik. Hama thrips menyerang dengan cara menghisap cairan permukaan bawah daun, terutama pada dedaunan muda.

Gejala serangan thrips diantaranya seperti pada sisi atas daun terdapat bercak berukuran kecil, pada bagian bawah daun terdapat kotoran bintik berwarna hitam, dan sebagainya.

3. Oteng - Oteng

Oteng – oteng atau kutu kuya merupakan kumbang perusak daun dengan ukuran kecil ± 1 cm dan mempunyai sayap dengan warna kuning polos.

Hama oteng – oteng umumnya menyerang berbagai bagian tanaman, seperti daun muda hingga daun tua.

Hama oteng – oteng akan memulai serangannya sesudah oteng – oteng meletakkan telurnya pada tanaman. Sesudah telur – telur tersebut menetas, larva akan mulai keluar serta menyerang bagian akar, sehingga mengakibatkan tanaman layu serta akhirnya mati.

Sesudah berkembang menjadi dewasa, hama oteng – oteng dewasa akan memakan daun serta hanya menyisakan bagian tulang daun saja.

Serangan berat hama oteng – oteng dapat terjadi ketika tanaman muda tumbuh sampai berumur ± 2 minggu.

Kumbang kuya dapat dijumpai menyerang banyak tumbuhan. Contohnya saja seperti tumbuhan labu, terong, mentimun, gambas, melon, dan sebagainya.

  • Pemanenan

Proses pemanenan timun Batara F1 bisa mulai Anda lakukan sesudah tanaman berumur ± 38 hari sesudah pindah tanam. Potensi hasil panen yang dapat diperoleh yakni berkisar ± 62 ton per ha.

Lakukan proses pemanenan ketika pagi hari. Petiklah secara hati – hati, kemudian letakkan di tempat sejuk supaya ukuran ketimun tak berkurang karena berkurangnya kandungan air di dalamnya.

Baca Juga : Bibit Cabai Arimbi Harga Terjangkau

Jual Benih Timun Batara F1 Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Timun Batara F1 Harga Terjangkau

Belanja online serta jual benih timun Batara F1 Cap Panah Merah harga terjangkau dapat Anda beli serta dapatkan di toko online LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit timun Batara F1 Cap Panah Merah dengan harga bersaing serta berkualitas unggul.

Produk timun Batara F1 yang LMGA AGRO jual terjamin asli produksi Panah Merah. Kami menjamin bahwa kualitas bibit Batara F1 terbaik serta harganya pun terjamin murah.

Untuk memastikan pesanan sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman logistik terpercaya serta sudah terkenal dengan reputasinya.

LMGA AGRO menggandeng JNE, KI8, Pos Indonesia, dan JNT untuk mengirimkan pesanan, sehingga Anda tak usah khawatir jika memesan produk pertanian dari kami. 

So, sekarang tunggu apalagi ?? Hubungi segera LMGA AGRO dan beli produk timun Batara F1 harga murah sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema bahasan timun Batara F1 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga semua pembaca bisa mengambil manfaat dari artikel kali ini.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Timun Batara F1 Benih Unggul Kualitas Terjamin ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai bertemu kembali dalam artikel – artikel terbaru LMGA AGRO selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.