BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

10/10/2023

Read

Cabe Rawit Bara Kualitas Terbaik Untuk Petani

Cabe Rawit Bara,cabe,rawit,cabe rawit,bara,lmga agro
Cabe Rawit
Bara

Cabe Rawit Bara Kualitas Terbaik Untuk Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian terbaik dengan harga terjangkau.

LMGA AGRO ialah distributor, reseller, agen, serta supplier kebutuhan pertanian terbaik di Indonesia.

Kami sudah lama berkecimpung di dunia pertanian dan juga memiliki jaminan reputasi terpercaya.

Konsumen di seluruh penjuru Indonesia sudah toko pertanian terdekat LMGA AGRO miliki. Jadi, tentunya Anda tak perlu meragukan lagi kualitas toko pertanian terbaik LMGA AGRO.

Ingin membeli produk tani berkualitas terbaik dengan harga terjangkau ? Segera hubungi LMGA AGRO serta order segera kebutuhan pertanian Anda sebelum Anda kehabisan !!

Benih cabe rawit Bara sekarang sudah bisa konsumen dapatkan di LMGA AGRO. LMGA AGRO menjual bibit cabe rawit Bara yang diproduksi oleh PT Eastwestseed Indonesia. Segera dapatkan benih cabe rawit Bara F1 Cap Panah Merah harga murah hanya melalui toko pertanian terdekat LMGA AGRO !!

Di Indonesia, cabe merupakan salah satu bumbu dapur yang hampir selalu ada dalam makanan sehari – hari. Pernyataan tersebut telah terbukti mengingat masyarakat Indonesia sendiri cukup menyukai makanan bercita rasa pedas.

Dengan fakta seperti itu, maka cabe pun bisa menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus terpenuhi. Terlebih lagi, mengkonsumsi cabai pun dapat memberikan banyak manfaat yang sangat bagus untuk tubuh.

Tetapi, dengan catatan bahwa Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Apabila Anda mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, maka hal tersebut akan memberikan efek buruk untuk tubuh. Efek buruk tersebut salah satunya adalah menyebabkan perut menjadi mulas.

Beberapa manfaat mengkonsumsi cabe dalam jumlah cukup untuk tubuh contohnya seperti :

  • Menurunkan resiko tubuh terkena kanker

Berbagai kandungan antioksidan yang bagus untuk tubuh terdapat di dalam buah cabai. Aneka macam kandungan antioksidan tersebut terbukti bisa menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Dengan begitu, maka nantinya akan menurunkan resiko tubuh terkena penyakit kanker.

  • Melancarkan sistem pernafasan

Kandungan nutrisi berupa vitamin A di dalam cabai terbukti sangat baik untuk tubuh. Kandungan vitamin A ini mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh, contohnya seperti melancarkan sistem pernafasan (terutama penderita penyakit asma).

Selain itu, kandungan vitamin A ini juga dapat menurunkan resiko tubuh terkena radang paru – paru karena paparan asap rokok. Dengan begitu, maka kondisi sistem pernafasan tubuh tak akan terganggu serta tetap lancar.

Cabe Rawit Tipe Cabai Unggulan Petani

cabai,cabai rawit,petani,tanaman,budidaya,budidaya cabe rawit
Cabe Rawit Tipe Cabai Unggulan Petani

Ada cukup banyak varietas tanaman cabai di dunia, namun petani Indonesia umumnya hanya membudidayakan 3 jenis cabai. 3 jenis cabai tersebut ialah cabai merah besar, cabai merah keriting, serta cabai rawit.

Nah, kali ini LMGA AGRO ingin membahas mengenai salah satu jenis cabai itu, yakni cabai rawit. Tumbuhan satu ini merupakan tumbuhan asli dari Benua Amerika.

Daerah beriklim tropis menjadi tempat paling cocok untuk pembudidayaan cabai rawit. Maka tidaklah mengherankan bila Indonesia yang beriklim tropis sangat sesuai untuk pembudidayaan tumbuhan bernama latin Capsicum frutescens ini.

Jika Anda pernah membeli gorengan, biasanya penjual akan memberikan pelengkap berupa cabai rawit. Apabila tak ada cabai rawit, rasanya seolah seperti ada yang kurang ketika mengkonsumsi gorengan, bukan ??

Tingkat kepedasan cabai rawit sendiri termasuk relatif tinggi. Hal itu bisa terlihat jelas dari tingkat kepedasannya yang berkisar ± 50.000 – 100.000 SHU (Scoville Heat Unit).

Secara umum, cabai rawit untuk dibudidayakan pada daerah rendah berketinggian ± 0 – 500 mdpl. Namun, seiring berjalannya waktu sudah banyak produk bibit cabe rawit yang bisa tumbuh pada dataran berketinggian ± 500 mdpl.

Petani Indonesia pun sejak dulu sudah banyak membudidayakan tanaman cabe rawit. Produk bibit cabai yang mereka pergunakan pun cukup bervariasi dari berbagai macam produsen.

Namun, ada salah satu produk benih cabe rawit yang belakangan cukup menjadi pilihan utama untuk petani Indonesia. Lalu, sebenarnya produk apakah itu ??

Baca Juga : Anggun Tavi Bibit Gambas Kualitas Unggul

Cabe Rawit Bara Produk Unggulan Produksi Panah Merah

bara f1,panah merah,cap panah merah,eastwestseed,ewindo,lmga agro
Cabe Rawit Bara Produk Unggulan Produksi Panah Merah

Di pasaran Indonesia telah cukup banyak beredar produk benih cabe rawit berkualitas unggul. Salah satu produk yang banyak petani budidayakan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir adalah Bara F1.

Bara F1 ialah produk bibit cabe rawit hibrida hasil produksi PT Eastwestseed Indonesia (Panah Merah). Meskipun memiliki jumlah pesaing cukup banyak, namun Panah Merah tak gentar sama sekali karena sudah mempersiapkan produk Bara F1 Cap Panah Merah dengan sangat baik.

Dengan begitu, produk cabe rawit Bara produksi Panah Merah sangat cocok konsumen pergunakan. Terlebih lagi, cabe rawit Bara memiliki beraneka karakteristik unggul daripada produk pesaingnya.

Contoh beberapa karakteristik unggul yang dipunyai oleh Bara yakni seperti :

  1. Bara memiliki vigor yang tergolong kokoh, tegak, ruasnya pendek, serta percabangannya termasuk banyak
  2. Kemampuan adaptasi cabe rawit Bara termasuk baik di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi saat musim kemarau maupun musim hujan
  3. Cabe rawit Bara toleran terhadap serangan penyakit bakteri, dan tahan terhadap serangan hama Aphid, thrips, serta CMV
  4. Tanaman cabe rawit merah Bara Ewindo lebih aman serta mudah karena tahan hama penyakit
  5. Proses pembentukan buah cabe rawit Bara tergolong mudah meskipun kondisi cuaca tengah buruk
  6. Pembudidayaan cabe rawit Bara lebih mudah juga aman & mudah karena sudah mempunyai ketahanan serangan organisme pengganggu
  7. Buah cabe rawit Bara mempunyai panjang ± 3 cm, berdiameter ± 0,4 cm, dengan kulit buah berwarna hijau mengkilap ketika muda dan berubah menjadi kemerahan saat sudah tua / matang
  8. Buah cabe rawit Bara produksi Panah Merah lebih tahan simpan, pengemasan, sampai jarak jauh
  9. Budidaya cabe rawit Bara sudah bisa Anda panen ketika berumur ± 100 hari sesudah pindah tanam
  10. Potensi hasil panen budidaya cabe rawit Bara termasuk relatif besar, yakni mencapai ± 0,6 kg/tanaman (10 ton/ha)
  11. Hasil panen cabe rawit Bara mudah terjual kepada pedagang kaki lima sampai pedagang besar sekalipun
  12. Buah cabe rawit Bara bisa dipetik tua sebagai buah cabai rawit merah, namun juga dapat dipetik muda sebagai buah cabe rawit hijau
  13. Produk benih cabe rawit Bara telah terdaftar legal di Kementan RI lewat peraturan Kepmentan No. 874/Kpts/TP.240/7/1999
  14. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO menjual benih cabe rawit Bara hasil produksi Panah Merah dan berisikan 3200 butir

Prospek Menguntungkan Agribisnis Budidaya Cabe Rawit Bara

Karakteristik unggul dari produk unggul cabai rawit Bara menjadi daya tarik utama untuk petani Indonesia. Terlebih lagi, harga jual buah cabe Bara di pasaran memang cenderung tinggi.

Potensi budidaya cabe rawit Bara akan lebih meningkat bila permintaan pasar terhadap cabai ini juga semakin bertambah. Maka tak salah serta mengherankan bila banyak petani tertarik dengan potensi hasil agrobisnis budidaya cabe Bara F1.

Budidaya cabe rawit Bara bisa Anda lakukan di banyak tempat. Bahkan, pekarangan rumah sekalipun yang ukurannya tak terlalu besar dapat Anda manfaatkan sebagai tempat pembudidayaan.

Dengan memanfaatkan lokasi lahan tanam yang sesuai dan memenuhi syarat tumbuhnya, maka hasil panen tentunya akan bisa didapatkan secara optimal. Hal itu tentu saja sangat berefek sangat baik untuk petani cabai.

Jika Anda memiliki masalah keterbatasan lahan tanam, pemakaian pekarangan rumah sebagai tempat pembudidayaan cabe rawit Bara dapat menjadi solusi paling bagus.

Di pekarangan rumah tersebut petani bisa membudidayakan benih cabe rawit Bara dengan memanfaatkan metode tanam hidroponik. Pemanfaatan metode tanam hidroponik dapat menjadi pilihan realistis serta memberikan berbagai kelebihan.

Kelebihan tersebut contohnya seperti bisa terbebas dari serangan opt (organisme pengganggu tanaman) yang berasal dari dalam tanah. Selain itu, metode tanam hidroponik juga mempunyai manfaat lain.

Manfaat lain tersebut sebutlah saja seperti membuat penggunaan air semakin hemat dan memudahkan proses perawatan.

Baca Juga : Batara F1 Benih Mentimun Unggul Cocok Petani Gunakan

Ketahanan Cabe Rawit Bara Terhadap Serangan OPT

Salah satu kelebihan utama dari cabe rawit Bara ialah memiliki ketahanan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman (opt).

Serangan opt tentunya mengakibatkan kerugian untuk petani, baik dalam jumlah sedikit ataupun besar. Nah, dengan memanfaatkan produk benih cabai rawit Bara F1 maka kerugian tersebut dapat dihindari.

Contoh beberapa opt tersebut yakni seperti :

  • Aphid

Aphid atau orang sering mengenalnya sebagai kutu daun ialah seekor hewan serangga bertubuh kecil dengan tekstur lunak. Mengapa kecil ? Karena ukuran tubuhnya saja hanya berkisar ± 0,5 – 2 mm.

Tipe Aphid sendiri cukup beragam, namun tipe yang mendominasi adalah tipe Aphid tidak bersayap. Sementara itu, tipe lainnya adalah tipe Aphid bersayap.

Aphid memanfaatkan ovipositornya (bagian mulutnya yang panjang) agar bisa menembus jaringan tanaman bertekstur lunak dan juga menghisap cairan.

Virus – virus tanaman juga bisa terbawa melalui beberapa spesies Aphid, sehingga bisa menyebabkan penyakit karena virus menjadi berkembang.

Kerumunan Aphid dalam jumlah besar bisa mengakibatkan daun dan pucuk menjadi layu, berkerut, menguning, serta juga mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu.

Saat memakan tanaman, selanjutnya kotoran berupa embun madu akan Aphid hasilkan. Dalam beberapa kasus, kotoran berupa embun madu tersebut dapat menyebabkan infeksi tambahan dengan patogen cendawan oportunistik.

Madu tersebut dapat memikat gerombolan – gerombolan semut – semut. Bahkan, Aphid dalam jumlah kecil pun bisa menularkan virus dari satu tanaman ke tanaman lainnya secara terus – menerus. 

  • Antraknosa

Antraknosa atau patek ialah salah satu penyakit yang seringkali menyerang tanaman cabe rawit. Patogen cendawan dari genus Colletotrichum merupakan penyebab utama terjadinya penyakit ini.

Jamur ini bisa menginfeksi tanaman mulai dari fase vegetatif, fase generatif, hingga masa panen. Mereka bisa bertahan hidup dalam biji, sisa – sisa tumbuhan, hingga inang alternatif. Mereka juga bisa melahirkan perkembangan baru pada jaringan transplantasi tumbuhan yang sebelumnya telah terinfeksi.

Patogen cendawan Colletotrichum mampu tumbuh subur (baik dalam periode basah serta hangat). Patogen jamur ini dapat menyebar ke tanaman lainnya melalui perantara air hujan atau air irigasi.

Infeksi pada buah bisa terjadi pada suhu 10 hingga 30° C, tetapi suhu optimal bagi perkembangannya berkisar sekitar ± 23 hingga 27° C.

Bila permukaan buah basah, maka penyakit patek akan semakin parah. Selain itu, pada buah akan muncul luka melingkar atau bersudut basah yang kemudian menjadi sedikit cekung dan lunak.

Warna bagian tengah luka oranye atau kecoklatan  dan akan mengalami perubahan warna menjadi berwarna hitam. Sementara itu, jaringan sekitarnya mempunyai warna yang lebih cerah.

Luka – luka bisa menutupi sebagian besar permukaan buah. Bentuk cincin – cincin tersebut konsentris serta sering terlihat pada bintik – bintik buah.

Buah yang masih hijau (masih belum matang) dapat mengalami infeksi tersembunyi dan tak menunjukkan gejala apapun hingga buah sudah matang.

Gejala pada daun serta buah muncul sebagai bintik kecil berwarna abu – abu kecoklatan dengan bagian tepi dengan warna coklat tua. Ketika akhir musim, buah yang sudah matang akan membusuk lalu cabangnya mengalami kematian pucuk.

  • Thrips

Thrips (Scirtothrips dorsalis) memiliki tubuh berwarna kekuning – kuningan. Sang betina mampu bertelur sebanyak 50 butir dan berbentuk kacang putih keabu – abuan, umumnya di dalam daun muda serta kuncup.

Seiring meningkatnya populasi, selanjutnya mereka juga akan memilih permukaan daun dewasa. Masa inkubasinya berlangsung selama ± 3 hingga 8 hari.

Nimfa yang baru menetas ukurannya tergolong kecil, dengan tubuh berwarna kemerahan yang lalu berubah menjadi berwarna coklat kekuningan.

Nimfa yang memasuki proses fotosintesis akan turun dari tanaman lalu menyelesaikan perkembangannya di tanah gembur ataupun sisa – sisa dedaunan di bagian dasar inang mereka. Masa pupa umumnya berlangsung selama ± 2 hingga 5 hari.

Nimfa serta kutu daun dewasa memakan bagian bawah dedaunan muda. Mereka menyerang dengan memarut serta menembus jaringan kemudian menyedot cairan yang keluar.

Daun yang terserang mengalami bercak berwarna coklat muda sampai perak serta mungkin memperlihatkan tanda – tanda deformasi (keriting).

Dalam kasus parah, terjadi pengeritingan parah pada daun serta daun mengalami kerontokan sebelum waktunya dari tanaman. Bekas gigitan pada bunga nampak berupa goresan kelopak serta bisa mengakibatkan bunga mengering dan rontok.

Bercak, keropeng, serta perubahan bentuk buah akan mengurangi nilai jualnya di pasaran. Walaupun serangan biasanya terjadi di sepanjang tahun, namun puncaknya terjadi selama bulan – bulan kemarau serta di tanah yang diaplikasikan pupuk nitrogen secara berlebihan.

Baca Juga : Katalog Produk Benih Bunga Kol & Brokoli Harga Terjangkau

Jual Bibit Cabe Rawit Bara Eastwestseed Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,online,lmga agro
Jual Bibit Cabe Rawit Bara Eastwestseed Harga Murah

Jika pembaca sedang mencari produk benih cabe rawit Bara, tentu saja jawabannya ialah LMGA AGRO. LMGA AGRO menjual bibit cabe Bara F1 dengan jaminan kualitas terbaik.

LMGA AGRO ialah supplier, agen, distributor, serta distributor beraneka kebutuhan pertanian dengan harga murah serta promo.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO juga menjual beraneka produk pertanian paling lengkap, semisal seperti pestisida, pupuk, zpt, alat pertanian & spare part, benih, dan sebagainya. Semua tersedia lengkap hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Mitra pengiriman terpercaya LMGA AGRO gandeng untuk mengirimkan pesanan produk benih cabe Bara F1. KI8, Pos Indonesia, JNT, serta JNE merupakan beberapa nama – nama mitra pengiriman terpercaya rekanan LMGA AGRO.

Semua pesanan konsumen dari toko pertanian terdekat LMGA AGRO tentunya terjamin pasti sampai hingga ke alamat konsumen.

Tertarik membuktikan sendiri kualitas produk bibit cabe rawit Bara F1 Cap Panah Merah ? Hubungi segera LMGA AGRO lalu order benih cabe rawit Bara harga terjangkau sebelum out of stock !!

Nah, itulah dia artikel bertema bahasan cabe rawit Bara ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga semua pembaca artikel kali ini bisa mengambil manfaatnya.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Cabe Rawit Bara Kualitas Terbaik Untuk Petani ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.