Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/11/2023

Read

Jual Benih Semangka Bali Flower Berkualitas Unggul

Benih Semangka Bali Flower,benih,semangka,bali flower,lmga agro
Benih Semangka
Bali Flower

Jual Benih Semangka Bali Flower Berkualitas Unggul. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual beraneka macam kebutuhan tani online.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO ialah toko pertanian terpercaya dengan lokasi fisik di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami telah lama bergelud dalam sektor pertanian berskala Nasional serta mempunyai konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

Kami menjalin relasi kerjasama dengan beraneka mitra pengiriman terbaik untuk menjamin pesanan sampai hingga ke alamat tujuan pesanan.

So, tentunya calon konsumen tidak usah ragu apabila ingin bertransaksi dengan toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Benih semangka Bali Flower F1 sudah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO menjual benih semangka Bali Flower Cap Kapal Terbang original produksi Bisi. Dapatkan segera benih semangka Bali Flower F1 Cap Kapal Terbang harga murah hanya di LMGA AGRO.

Semangka. Siapa yang tidak mengenal mengenai tanaman buah satu ini ?? Tentunya tanaman ini sudah sangat familiar untuk masyarakat Indonesia.

Hal tersebut dapat terjadi karena buahnya menjadi salah satu komoditas penting yang banyak masyarakat konsumsi.

Tanaman semangka merupakan tanaman asli dari benua Afrika, lalu menyebar secara pesat ke berbagai belahan dunia.

Di Indonesia semangka memiliki nama sebutan lain, yaitu tembikai dan mendikai. Berdasarkan catatan sejarah, tumbuhan hortikultura ini telah ada semenjak zaman Mesir Kuno ribuan tahun lalu.

Saat masa – masa tersebut, semangka telah menjadi favorit untuk Fir’aun. Tetapi, semangka liar dari benua Afrika menunjukkan perbedaan dengan varietas semangka yang telah kita ketahui.

Mendikai liar memiliki bentuk bulat, berukuran kecil, dan daging buahnya mempunyai warna putih bercita rasa pahit.

Sedangkan, varietas semangka yang kita ketahui kini ialah varietas yang asalnya dari proses domestikasi. Rasa buahnya sendiri tergolong sangat manis.

Teksturnya cukup renyah dan cocok untuk dikonsumsi. Selain itu, di dalam buah semangka terkandung beraneka macam nutrisi terbaik untuk tubuh.

Contoh beberapa manfaat mengkonsumsi buah semangka secara teratur dalam jumlah cukup yakni seperti :

  • Menguatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C terkandung di dalam buah semangka. Kandungan vitamin C ini bisa bermanfaat dalam memperkuat sistem imun tubuh, sehingga tubuh menjadi tak mudah terserang penyakit.

  • Menjaga kesehatan mata

Dalam buah semangka terkandung vitamin A dalam jumlah yang tergolong besar. Kandungan nutrisi berupa vitamin A ini sangat bermanfaat dalam membuat kondisi mata tetap sehat.

  • Menjaga kesehatan kulit

Dalam buah semangka terkandung nutrisi berupa likopen dalam jumlah besar. Senyawa likopen ini bisa menjaga kesehatan kulit dan mengurangi penyerapan sinar UV saat melakukan aktivitas outdoor.

Baca Juga : Jual Bibit Bunga Kol & Brokoli Harga Terlengkap

Peluang Agribisnis Semangka Berbiji

peluang,agrobisnis,agribisnis,semangka,budidaya,budidaya semangka,lmga agro
Peluang Agribisnis Semangka Berbiji

Tentu dengan beraneka manfaat diatas membuat banyak orang tertarik ingin membudidayakan tanaman semangka. Tidaklah mengherankan apabila kini jumlah pembudidaya tanaman buah ini tak pernah surut.

Selain alasan tersebut, harganya pun terjamin menguntungkan. Dengan begitu, maka potensi hasil panennya termasuk menjanjikan.

Banyak sekali jenis varietas semangka yang cocok untuk petani budidayakan. Salah satu varietas semangka yang cocok petani budidayakan adalah varietas semangka berbiji. Sama seperti namanya, varietas ini pada buahnya memiliki biji – biji.

Kehadirannya sendiri cukup banyak masyarakat nanti, sehingga tidak salah jika penjualannya hampir selalu merajai.

Masyarakat cukup menyukai semangka berbiji karena saat mengkonsumsinya tergolong relatif mudah. Di pasaran Indonesia sendiri, harga varietas mendikai ini tergolong relatif stabil.

Terlebih lagi, permintaan masyarakat sendiri juga tergolong sangat tinggi serta besar. Maka tak salah apabila peluang usaha agribisnis budidaya semangka berbiji masih sangat menjanjikan prospeknya.

Potensi dari agribisnis budidaya semangka berbiji memang tergolong sangat baik karena memiliki prospek bisnis cukup menjanjikan.

Semua orang bisa menjalankan usaha agribisnis budidaya semangka berbiji. Asalkan memiliki minat dan kemauan yang besar untuk belajar, maka usaha agribisnis ini dapat berjalan secara baik.

Untuk memulai usaha agribisnis budidaya semangka berbiji tidaklah terlalu susah. Menggunakan modal berjumlah kecil pun tak menjadi masalah sama sekali.

Pekarangan rumah atau lahan berukuran kecil bisa menjadi alternatif opsi jika tidak memiliki lahan berukuran besar.

Untuk menunjang proses budidayanya, perlu peralatan – peralatan penting agar proses budidaya bisa berjalan secara lancar. Sprayer, cangkul, pompa air, sabit, timbangan, dan bibit merupakan beberapa contoh peralatan penunjang yang perlu Anda gunakan.

Selanjutnya, lakukan proses budidaya secara tepat mulai dari proses awal hingga sampai proses terakhir / pemanenan. Setelah proses panen, buah semangka sudah siap untuk Anda pasarkan ke berbagai tujuan.

Cara Budidaya Semangka Berbiji Secara Baik & Benar

Sebelum memulai proses budidaya berbiji, maka pertama Anda harus memenuhi syarat tumbuhnya harus dipenuhi terlebih dulu.

Tanaman semangka berbiji sangat cocok petani budidayakan, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Namun, untuk mendapatkan hasil optimal tanaman semangka varietas berbiji direkomendasikan untuk dataran berketinggian 0 – 200 mdpl.

Tanah yang cocok untuk budidaya tumbuhan ini merupakan jenis tanah gembur berpasir. Sementara, iklim yang paling sesuai yaitu iklim hangat bersuhu antara 20° hingga 30° C.

Semangka berbiji membutuhkan sinar matahari sepanjang hari selama ± 7 hari setiap harinya. Untuk tingkat keasaman tanah, maka pH tanah yang cocok yakni berkisar antara 6 hingga 7.

Jika masih terasa kurang, maka perlu dilakukan proses pengapuran hingga memperoleh tingkat pH yang cocok. Sementara, curah hujan yang tepat untuk pertumbuhan tanaman hortikultura ini berkisar sekitar ± 40 – 50 mm setiap bulannya.

Jika syarat tumbuh tersebut telah terpenuhi, maka proses budidaya bisa Anda lakukan. Tahapan cara budidaya semangka berbiji secara tepat sedari awal hingga akhir yaitu :

  • Persiapan Lahan Tanam

Persiapkan lahan tanam yang akan Anda pergunakan. Caranya yakni dengan membajak atau mencangkul tanah hingga benar – benar gembur.

Selanjutnya, buat bedengan ganda dengan parit yang terletak diantaranya. Buatlah bedengan dengan lebar ± 70 – 80 cm, serta tinggi yang menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Untuk lahan datar, rekomendasi tinggi sekitar ± 30 centimeter. Untuk lahan landai sendiri tinggi bedengan tidak perlu terlalu tinggi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat bedengan ialah bagaimana supaya lahan tak tergenang oleh air. Berikan pula jarak antar bedengan dengan kisaran ± 3 hingga 4 meter.

  • Pengaplikasian Pupuk Dasar & Pemasangan Mulsa

Pengaplikasian pupuk dasar bisa menggunakan dolomite jika tingkat pH tanah masih belum cocok (< 6). Cara pengaplikasiannya yakni dengan menaburkan pupuk pada lahan tanam. Setelah Anda melakukan penaburan, lahan tanam perlu Anda biarkan selama 7 hingga 10 hari.

Pupuk dasar yang digunakan bisa menggunakan pupuk organik dan juga anorganik. Pupuk organik dapat menggunakan pupuk kandang dengan cara aplikasi penaburan untuk 1 tanaman sebanyak 1 sampai 1,5 kg.

Anda juga bisa menggunakan pupuk anorganik seperti pupuk ZA, KCL, serta TSP/SP-36. Dosis aplikasi ZA sebanyak ± 100 g/tanaman, KCl sebanyak ± 200 g/tanaman, dan SP-36/TSP sebanyak ± 100 g/tanaman.

Aduk serta campurkan pupuk dan juga tanah sampai merata serta biarkan larut bersama air hujan. Berikutnya, biarkan tanah selama kurun waktu 10 sampai 15 hari sebelum Anda melakukan penanaman.

Begitu lahan bedengan telah tersirami air hujan ataupun telah Anda sirami, bedengan dapat Anda tutupi menggunakan mulsa. Selanjutnya, buatlah lubang tanam dengan jarak sekitar 50 – 60 cm pada bagian tengah bedengan.

  • Persiapan Benih

Setelah mendapatkan benih, maka Anda perlu merendam benih selama ± 1 jam dengan air hangat – hangat kuku. Hal itu mempunyai tujuan agar tekstur benih menjadi lebih lunak.

Sesudah ditiriskan, jepitlah ujung benih untuk membuka sedikit kulit benih supaya air mudah terserap serta benih menjadi semakin mudah berkecambah.

Lalu, peram benih menggunakan kertas merang serta handuk basah. Proses pemeraman mempunyai tujuan supaya mendapatkan benih yang lebih seragam.

Bakal kecambah lalu disemai pada polybag semai dengan menggunakan perbandingan 5 : 1 memanfaatkan media tanah serta pupuk kandang matang.

  • Penanaman

Bibit telah bisa Anda pindahkan ke lahan tanam ketika berumur ± 7 hingga 10 hari sesudah semai ataupun sudah muncul sebanyak 2 – 3 helai daun.

Sebaiknya, lakukan proses pemindahan tanam ketika sore hari. Sebelum penanaman, pastikan kondisi lubang tanam pada bedengan basah atau sirami terlebih dulu.

Ambil bibit yang akan dipindahkan ke lahan tanam, kemudian robeklah polybagnya. Lalu, keluarkan bibit secara hati – hati dan masukkan ke dalam lubang tanam.

Tutupilah memanfaatkan tanah di sekitarnya, kemudian sirami dengan air secukupnya hingga cukup basah.

  • Pemeliharaan

Proses pemeliharaan atau perawatan perlu dilakukan secara teratur serta berkelanjutan. Dengan melakukan perawatan secara teratur, maka tanaman bisa tumbuh secara sempurna.

Pertama, sirami tanaman secara teratur. Sebaiknya, siramilah sebanyak 2 kali ataupun sesuaikan dengan kondisi lahan tanam.

Kedua, siangilah gulma secara rutin. Jika gulma terus tumbuh serta tidak tersaingi, maka gulma menjadi masalah yang tak terselesaikan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyiangi gulma secara rutin.

Ketiga, lakukanlah pemberian pupuk susulan. Pemberian pupuk susulan dapat diberikan saat berumur 10 hst dengan memanfaatkan pupuk NPK dengan dosis ± 5 gram/300 ml air untuk 1 tanaman.

Cara pengaplikasiannya yakni dengan mengocorkannya pada tanaman. Keempat, lakukanlah pul perempelan ranting dan juga tunas.

Peliharalah ranting serta tunas yang tumbuh daun pertama dan kedua. Sementara itu, bagian ranting serta tunas lainnya dapat Anda rempeli.

Baca Juga : Bibit Timun Cap Kapal Terbang Harga Terjamin Murah

  • Pengendalian OPT Pengganggu

Seringkali ketika membudidayakan semangka muncul gangguan dari opt (Organisme Pengganggu Tanaman).

Apabila gangguan tersebut terus terjadi serta tak ada tindakan nyata dari petani untuk mengatasinya, maka hal itu akan menyebabkan kerugian besar. Oleh karena itu, selalu waspada terhadap ancaman serangan organisme pengganggu.

Walaupun benih pilihan Anda telah memiliki ketahanan terhadap serangan opt, tetapi Anda tidak bisa menyepelekan serangan opt pengganggu.

Untuk mengatasi ancaman serangan opt pengganggu, ada beberapa cara yang bisa Anda jalankan. Caranya contohnya seperti menyiangi gulma secara rutin, memotong dan membakar tanaman terinfeksi, mengaplikasikan pestisida tepat dosis, dan sebagainya.

Beberapa contoh organisme pengganggu yang harus petani waspadai ancaman serangannya yakni :

1. Embun Bulu

Infeksi cendawan Pseudoperonospora cubensis menjadi penyebab terjadinya penyakit embun bulu. Patogen jamur ini mampu menular melalui perantara media angin.

Penyakit embun bulu dapat menyebar secara cepat saat cuaca lembab dan curah hujan tinggi. Saat cuaca sedang memasuki musim penghujan, butuh kewaspadaan ekstra terhadap ancaman penyakit embun bulu.

Gejala tanaman terserang penyakit embun bulu yakni muncul bintik pada bagian atas daun, warnanya kekuningan, biru pucat, kecoklatan, ataupun keunguan.

Bintik tersebut terlihat memanjang pada tulang daun. Gejala serangan umumnya berawal dari bagian bawah daun tumbuhan karena biasanya cenderung lebih lembab.

Dalam serangan parah, daun akan mengalami perubahan warna menjadi coklat atau kuning tua, kemudian rontok secara prematur. Jika hal – hal ini terus dibiarkan saja, maka kerugian yang petani alami akan terus bertambah.

2. Ulat Tanah

Bentuk dewasa ulat tanah merupakan ngengat kuat dengan tubuh berbintik berwarna coklat keabu – abuan. Warna sayap depan coklat tua dan coklat muda dengan sayap belakang berwarna putih.

Mereka biasanya cenderung aktif ketika malam hari, dan akan memilih bersembunyi di tanah ketika siang hari. Ngengat betina menghasilkan telur berwarna putih mutiara serta meletakkannya pada celah – celah tanah, tanah lembab, dan sebagainya.

Telur tersebut akan menetas menjadi larva dari 3 hingga 24 hari (tergantung dengan faktor lingkungan serta suhu).

Larva muda tubuhnya berwarna abu – abu muda, halus, berminyak, serta panjangnya sekitar ± 5 hingga 10 mm. Larva berumur lebih tua warnanya coklat tua dengan panjang ± 40 mm dengan 2 garis putus – putus kuning memanjang pada bagian punggungnya.

Meskipun dapat menyerang dalam semua fase pertumbuhan, namun biasanya ulat tanah lebih menyukai bibit muda. Kerusakan parah dapat terjadi karena kemunculan ulat tanah dalam jumlah besar bertepatan dengan kemunculan bibit dan lingkungan lahan penuh gulma.

Ulat muda mencari makan dekat tanah pada gulma, meninggalkan lubang kecil tidak beraturan pada dedaunan lembut.

Ulat lebih tua menghibur diri dalam tanah untuk menghindari siang hari dan muncul saat malam hari untuk mencari makan. Tanaman berusia muda akan mereka seret ke bawah tanah.

Bagian batang dapat diputus pada permukaan tanah, mengakibatkan jaringan yang tumbuh menjadi rusak, serta gangguan pertumbuhan bahkan kematian.

Ulat tanah juga dapat menggali ke dalam batang yang dapat mengakibatkan layu dan tumbangnya tanaman berumur lebih tua.

3. Bercak Bakteri

Infeksi bakteri dari spesies Xanthomonas menjadi penyebab terjadinya penyakit bercak bakteri pada tanaman. Penyakit ini sendiri menjadi salah satu penyakit paling merusak pada beraneka ragam tanaman.

Patogen bakteri Xanthomonas mampu bertahan hidup pada biji ataupun di dalamnya, pada puing – puing tanaman, dan gulma tertentu.

Ketika kondisi mendukung, bakteri akan menyebar melalui percikan air hujan atau irigasi pancur ke tanaman sehat.

Bakteri Xanthomonas masuk ke dalam jaringan tumbuhan melalui pori – pori dan luka pada daun. Kisaran suhu maksimal untuk penyebarannya yakni pada suhu 25 – 30° C.

Beberapa bagian tanaman (seperti daun, batang, dan buah) dapat terserang. Gejala awalnya yakni pada daun muda terdapat luka kecil berwarna kuning kehijauan, yang biasanya nampak cacat dan menggulung.

Pada daun – daun lebih tua, luka dibatasi oleh vena serta seiring berjalannya waktu akan menjadi kaku. Pada awalnya, warna luka akan berwarna hijau tua, nampak berminyak, dan dikelilingi oleh lingkaran cahaya berwarna kuning. Luka – luka ini umumnya cenderung berada pada tepi ataupun ujung daun.

  • Pemanenan

Masa panen budidaya semangka berbiji biasanya sudah bisa dilakukan ketika sudah berumur ± 70 – 100 hst. Buah semangka berbiji yang sudah matang bisa terlihat dengan pudarnya warna buah serta sulur pada tangkai buah telah mengering.

Benih Semangka Bali Flower Cap Kapal Terbang Cocok Petani Tanam

bisi,cap kapal terbang,semangka berbiji,tembikai,mendikai,lmga agro
Benih Semangka Bali Flower Cap Kapal Terbang Cocok Petani Tanam

Tentu supaya bisa memperoleh buah semangka berbiji dengan kualitas yang bagus, maka petani membutuhkan benih berkualitas unggulan.

Sejujurnya, sangat mudah untuk mendapatkan benih semangka berbiji berkualitas unggulan. Namun, pastikan agar benih yang Anda gunakan harganya terjangkau namun kualitasnya terjamin bagus.

Nah, untuk itu LMGA AGRO akan membantu Anda dalam memperoleh benih semangka berbiji berkualitas unggulan. Salah satu benih semangka berkualitas unggul rekomendasi LMGA AGRO adalah Bali Flower F1.

Bali Flower F1 merupakan benih semangka berbiji hibrida terbaru hasil produksi PT Bisi International, Tbk. Benih Bali Flower mempunyai banyak karakteristik serta keunggulan, sehingga sesuai petani pilih untuk ditanam.

Contoh beberapa karakteristik serta keunggulan dari benih Bali Flower yakni :

  1. Benih mendikai Bali Flower memiliki vigor tanaman kokoh dengan ukuran percabangan seragam dan juga sama besar.
  2. Varietas benih Bali Flower F1 direkomendasikan untuk ditanam di daerah dataran rendah.
  3. Semangka Bali Flower Cap Kapal Terbang tahan terhadap serangan penyakit layu bakteri dan layu fusarium, serta tahan kekurangan kalsium.
  4. Proses pembentukan buah semangka Bali Flower tergolong mudah walaupun kondisi cuaca sedang tidak bagus, sehingga petani akan sangat menyukainya.
  5. Buah semangka Bali Flower memiliki berat ± 12 – 13 kg dan mampu menghasilkan buah lebih dari 1 buah per tanaman.
  6. Buah tembikai Bali Flower sudah lebih tahan simpan serta tahan pengangkutan jarak jauh.
  7. Semangka Bali Flower sudah bisa dipanen saat berumur ± 60 hari sesudah pindah tanam.
  8. Potensi hasil panen Bali Flower tergolong cukup tinggi, yakni mampu mencapai ± 45 ton/ha.
  9. Cara budidaya semangka Bali Flower tergolong relatif mudah karena telah tahan terhadap ancaman serangan hama maupun penyakit.
  10. Peluang usaha budidaya semangka Bali Flower cocok menjadi usaha agribisnis untuk petani dalam bercocok tanam.
  11. Prospek budidaya Bali Flower tergolong menguntungkan untuk usaha agribisnis.

Beraneka macam karakteristik serta keunggulan dari benih Bali Flower membuat produk ini tidak salah menjadi pilihan utama untuk petani. So, tertarik untuk membuktikan sendiri kualitas dari benih Bali Flower F1 ??

Baca Juga : Bibit Cabe Imperial Hijau Produk Unggul Kualitas Terjamin

Jual Benih Semangka Bali Flower Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Semangka Bali Flower Harga Terjangkau

Jika pembaca sedang mencari produk benih semangka Bali Flower, maka LMGA AGRO ialah tempat paling tepat. LMGA AGRO jual benih semangka Bali Flower berkualitas unggulan.

Selain itu, LMGA AGRO mempunyai tips serta trik dalam memaksimalkan budidaya semangka berbiji menggunakan benih Bali Flower. Dengan begitu, maka hasil budidaya semangka berbiji Bali Flower bisa diperoleh secara optimal.

Berbagai macam kelebihan dari benih semangka Bali Flower tentu saja menjadikan benih ini sangat sesuai untuk petani budidayakan. So, tentunya kualitas dari Bali Flower sudah tidak usah lagi Anda ragukan.

Toko online LMGA AGRO menjual benih semangka Bali Flower Cap Kapal Terbang original produksi Bisi. Kami menjual benih tembikai Bali Flower dalam kemasan sachet bernetto 20 gram.

Harga jual produk benih semangka Bali Flower terjamin murah dengan jaminan kualitas terbaik. Toko pertanian LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan benih semangka Bali Flower sampai ke alamat tujuan.

Kami bekerjasama dengan mitra pengiriman terpercaya, sehingga pesanan benih Bali Flower untuk konsumen terjamin pasti sampai ke alamat tujuan.

KI8, JNE, Pos Indonesia, serta J&T ialah beberapa nama – nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan benih Bali Flower. Nama – nama mitra kami itu tentunya sudah sangat familiar, bukan ?

Jadi, segera order benih semangka Bali Flower sekarang juga sebelum out of stock !!

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Jual Benih Semangka Bali Flower Berkualitas Unggul ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu dan sampai berjumpa kembali.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.