BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

30/01/2024

Read

Bibit Blewah Bisma Potensi Hasil Menguntungkan

Bibit Blewah Bisma,bibit,blewah,bisma,blewah bisma,lmga agro
Bibit
Blewah Bisma

Bibit Blewah Bisma Potensi Hasil Menguntungkan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. 

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian online terlengkap dengan harga murah.

Kota Kediri, Jawa Timur merupakan tempat fisik dimana LMGA AGRO bertempat. Kami merupakan toko tani berbasis online yang telah lama melayani konsumen di Indonesia.

Toko online LMGA AGRO telah memiliki jaminan reputasi terpercaya serta memiliki banyak konsumen yang tersebar di semua penjuru Indonesia.

Kami menjalin relasi kerjasama dengan berbagai mitra pengiriman terpercaya untuk memberikan jaminan bahwa pesanan akan sampai hingga ke alamat konsumen. Jadi, tentunya calon konsumen tak perlu merasa ragu apabila ingin melakukan transaksi dengan LMGA AGRO.

Bibit blewah Bisma kini bisa Anda beli secara mudah di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit blewah Bisma original produksi Bisi dengan harga murah. Dapatkan segera bibit blewah Bisma Cap Kapal Terbang harga murah hanya di toko online LMGA AGRO.

Blewah sangatlah baik jika dikonsumsi oleh tubuh. Selain memiliki buah berukuran besar, tanaman ini juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat bagus dalam menjaga kesehatan tubuh.

Berdasarkan catatan sejarah, buah blewah diperkirakan adalah tanaman asli yang berasal dari Asia Tenggara. Tumbuhan ini berbentuk semak dan tumbuh secara merambat.

Panjangnya berkisar ± 5 hingga 10 meter dengan sistem perakaran serabut serta memiliki mata tunas cukup banyak. Sementara untuk bagian batang bentuknya bulat serta teksturnya lentur dan terdapat bulu – bulu halus.

Buah blewah dari Asia Tenggara baunya wangi, daging buahnya tebal, dan memiliki cita rasa manis. Daging buahnya sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap es buah maupun minuman penyegar saat sedang berbuka puasa.

Selain banyak orang menyebut blewah sebagai garbis, blewah juga sering orang kenali sebagai semangka Belanda. Padahal, buah ini tidak memiliki kemiripan sekalipun dengan buah semangka. Cukup aneh, bukan ?

Manfaat Mengkonsumsi Buah Blewah Untuk Tubuh

Buah garbis memiliki berbagai nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Rasanya yang unik dan menyegarkan tentunya akan semakin diminati oleh banyak orang. Contoh beberapa manfaat mengkonsumsi buah blewah untuk kesehatan tubuh yaitu seperti :

  • Mencegah dehidrasi

Garbis mengandung kandungan air yang tergolong besar. Kandungan air ini mampu mencukupi kebutuhan tubuh terhadap air, sehingga tubuh pun dapat terhindar dari ancaman dehidrasi.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan air dan vitamin C dalam buah garbis mampu membantu mengelola kesehatan dan fungsi ginjal Anda. Dengan begitu, maka fungsi ginjal tidak akan terganggu serta kondisinya akan selalu fit.

  • Menjaga kesehatan tulang

Salah satu nutrisi utama dalam garbis yaitu vitamin C. Vitamin C memiliki berbagai manfaat, salah satunya ialah mampu meningkatkan kekuatan tulang. Dengan begitu, maka resiko tubuh terkena penyakit osteoporosis bisa jauh berkurang.

Dengan beraneka manfaat tersebut, maka semakin membuktikan bahwa blewah memiliki prospek menjanjikan apabila dibudidayakan. So, tertarik untuk memanfaatkan peluang agrobisnis ini ?

Baca Juga : Meraup Untung Dengan Budidaya Bunga

Cara Menanam Blewah Secara Baik Serta Benar

cara menanam,budidaya,garbis,garbis bisma,cap kapal terbang,lmga agro
Cara Menanam Blewah Secara Baik Serta Benar

Apabila tertarik memanfaatkan peluang agrobisnis ini, maka Anda berada pada tempat yang sesuai. Membudidayakan blewah dengan hasil panen besar ? Kenapa tidak ? LMGA AGRO akan memberikan kiat – kiat cara budidaya garbis dengan hasil panen besar.

Namun, ada beberapa syarat tumbuh yang harus terpenuhi dahulu sebelum melakukan budidaya garbis. Syarat tumbuh dalam budidaya blewah yang harus dipenuhi dulu tersebut yaitu seperti :

  • Ketersediaan Unsur Hara

Tumbuhan garbis bisa dibudidayakan di berbagai tempat, mulai dari dataran rendah sampai daerah dataran tinggi. Namun, yang menjadi catatan yakni asalkan lahan tanamnya memiliki tingkat ketersediaan unsur hara yang tergolong baik.

  • Pemilihan Lahan Tanam

Secara umum, tumbuhan blewah bisa dibudidayakan pada lahan tanam di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi. Hal itu karena tanaman ini memiliki tingkat adaptasi sangat bagus terhadap kondisi cuaca dan lingkungan.

Selain itu, tingkat keasaman tanah juga ikut terpengaruh. Tingkat keasaman tanah yang paling sesuai untuk budidaya garbis yaitu sekitar 6 sampai 7.

  • Sinar Matahari

Tanaman blewah memerlukan sinar matahari cukup sepanjang hari. Lahan tanam yang tidak mendapatkan sinar matahari cukup akan membuat pertumbuhan tanaman garbis menjadi tidak maksimal.

Setelah semua syarat tumbuh terpenuhi, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan budidaya tanaman garbis secara baik dan benar. Dengan melakukan budidaya garbis secara baik dan benar, maka tanaman akan menghasilkan hasil panen berkualitas tinggi dan unggul.

Tahapan budidaya blewah secara baik dan benar yaitu seperti :

  • Pengolahan Lahan Tanam

Tahap pertama, lakukan pengolahan lahan tanam lebih dulu. Pengolahan lahan tanam akan semakin membuat tanaman tumbuh baik meskipun struktur tanah keras atau padat.

Pertama, bersihkan lahan tanam dari sisa – sisa tanaman, kerikil, dan lainnya. Berikutnya, bajak atau cangkul tanah sampai kondisi tanah benar – benar gembur.

Gulma yang telah dibersihkan nantinya dapat dimanfaatkan kembali sebagai pupuk kompos. Buatlah bedengan diatas lahan tanam. Bentuk bedengan dengan lebar ± 40 cm serta tinggi ± 60 – 80 cm. 

Berikan juga jarak antar bedengan sekitar ± 2 sampai 3 meter sebagai tempat menjalar untuk batang garbis.

Apabila pembuatan bedengan telah selesai, maka selanjutnya lakukan pengaplikasian pupuk dasar pada bedengan. Namun, sebelum itu berikan dolomit / kapur pertanian jika tingkat keasaman tanah masih belum sesuai.

Selanjutnya, aplikasikan pupuk dasar pada bedengan berupa pupuk kompos / kandang, ZA, NPK, TSP, dan SP 36.

Biarkan bedengan agar terkena air hujan, lalu aplikasikan pupuk NPK. Dosis pengaplikasiannya yaitu sebesar ± 250 gram untuk setiap lubang tanam. Aplikasikan pupuk kandang juga dengan dosis sebanyak ± 1 kg per lubang tanaman.

Tutupi bedengan dengan menggunakan mulsa plastik secara menyeluruh. Hal itu bertujuan untuk mencegah tumbuhnya gulma serta mengoptimalkan pertumbuhan tanaman garbis.

Kemudian, buatlah lubang tanam pada bedengan berkedalaman ± 5 cm. Berikan juga jarak antar lubang tanam sekitar ± 60 sampai 70 cm.

Setelah lubang tanam selesai Anda buat, maka proses penanaman bibit sudah siap dilakukan. Proses pemindahan bibit telah bisa dilakukan setelah 10 hingga 15 hari setelah pengaplikasian pupuk dasar.

  • Penyemaian Bibit

Rendamlah benih blewah terlebih dulu pada air bersih dengan suhu kamar berkisar ± 20° C sampai 26° C selama 12 jam. Sesudah 12 jam, periksa kembali kondisi benih.

Apabila terdapat benih mengapung, maka Anda harus membuang benih tersebut. Benih mengapung tersebut mempunyai kualitas kurang bagus, sehingga jika ditanam tidak akan baik.

Setelah itu, ambillah benih yang tersisa dan saring serta cuci dengan menggunakan air bersih. Berikutnya, tiriskan di tempat terbuka dengan udara terbuka sampai kondisinya menjadi kering.

Siapkan wadah semai berupa tray semai, lalu buatkan lubang pada bagian bawah tray semai sebagai tempat air bersirkulasi.

Isi tray semai dengan media semai dari beberapa lahan. Bahan itu berupa campuran antara pasir, tanah, serta pupuk kompos (menggunakan perbandingan 1 : 1 : 1) sebanyak ¾ bagian tray semai sehari sebelum penyemaian benih dilakukan.

Masukkan benih ke dalam media semai sedalam ± 1 hingga 1,2 cm, lalu semprotkan dengan air memakai spray. Lalu, tutupi tray semai dengan plastik bening dan lubangi sebanyak 4 sampai 8 lubang.

Letakkan tray semai di tempat yang menggunakan cahaya matahari secara langsung. Apabila dirasa media semai terlihat kering, bukalah tray semai lalu semprot dengan spray. Tutup kembali setelah selesai.

Saat mulai muncul kecambah, bukalah tutup plastik media semai. Selalu jaga kondisi media semai agar tidak kering maupun terlalu basah.

Setelah kecambah memiliki 4 sampai 7 helai daun, maka bibit / kecambah sudah siap untuk dipindahkan ke lahan tanam.

  • Penanaman

Bibit yang sudah memiliki 4 sampai 7 helai daun, masukkan segera bibit ke dalam lubang tanam. Masukkan bibit secara hati – hati lalu tutupi dengan tanah sekitarnya.

Siramilah dengan air secukupnya agar tingkat kelembaban tanaman terjaga. Lakukanlah proses penanaman saat sore hari supaya terhindar dari terik sinar matahari.

Baca Juga : Jual Bibit Mentimun Terlengkap Harga Terjangkau

  • Pemeliharaan

Untuk dapat memperoleh hasil budidaya blewah yang bagus, maka melakukan proses pemeliharaan menjadi sebuah hal wajib. Dengan melakukan pemeliharaan secara tepat, maka garbis dapat menghasilkan hasil panen berkualitas unggul.

Contoh beberapa proses pemeliharaan yang harus dilakukan dalam proses pemeliharaan yakni :

1. Penyiraman

Proses penyiraman perlu Anda lakukan secara teratur. Apabila tidak, maka tanaman akan mengering karena kebutuhan airnya tidak tercukupi.

Lakukan proses penyiraman sebanyak 2 kali sehari saat musim kemarau. Saat musim hujan, tidak perlu melakukan penyiraman terlalu sering karena kebutuhannya terhadap air telah terpenuhi oleh air hujan.

2. Penyulaman Bibit

Jika ada bibit yang mati atau tumbuh tidak sempurna, maka Anda harus segera melakukan penyulaman bibit. Lakukan penyulaman bibit sampai bibit berumur ± 21 hari setelah tanam.

3. Penyiangan Gulma

Siangi gulma secara teratur agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman blewah. Selain itu, garbis juga semakin lebih mudah menyerap nutrisi karena tidak mengalami persaingan dengan gulma.

4. Pemupukan Susulan

Aplikasikan pupuk susulan pada tanaman garbis. Pemberian pupuk susulan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara dan menghasilkan hasil panen dalam jumlah besar.

Cara pengaplikasian dalam proses pemupukan susulan yakni dengan cara dikocor atau ditaburkan pada tanaman. Gunakan pupuk ZA, TCP, SP 36, TCP, dan KCL.

Aplikasikan dalam dosis kecil saat tanaman sudah berumur ± 15 hari setelah tanam (hst).

  • Pengendalian OPT

Kerusakan karena serangan opt selalu menyebabkan kerugian untuk petani. Oleh karena itu, melakukan pengendalian opt menjadi salah satu cara jitu dalam mengendalikan hal tersebut.

Dalam melakukan budidaya tanaman blewah, ada beberapa opt yang dapat menjadi ancaman serius bila tidak segera tertangani. Contoh beberapa hama dan penyakit pengganggu dalam budidaya tanaman garbis yakni seperti :

1. Ulat Tanah

Ulat tanah (Agrotis ipsilon) biasanya bersembunyi dalam tanah dan dibalik mulsa. Hal tersebut mengakibatkan kerusakan pada tanaman inang biasanya terjadi pada bagian akar serta pangkal batang tanaman.

Ketika siang hari, mereka akan bersembunyi di dalam mulsa dan tanah, lalu akan mulai aktif saat malam hari untuk menyerang tanaman.

Gejala serangan hama ulat tanah ada beberapa. Contoh beberapa gejala itu yaitu seperti terlihat lubang kecil tidak beraturan pada daun, batang menjadi terpotong, dan lama – lama akan mati.

Untuk mengendalikan serangan hama ulat tanah, caranya yaitu dengan melakukan penyiangan gulma, mengambil dan memusnahkan ulat tanah secara langsung, serta melakukan pengaplikasian insektisida tepat dosis. 

2. Rebah Kecambah

Infeksi jamur Phytium spp. merupakan penyebab terjadinya penyakit rebah kecambah. Penyakit rebah kecambah menjadi salah satu penyakit berbahaya untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Selain menyebabkan kerusakan pada tanaman blewah, penyakit rebah kecambah juga dapat menyebabkan kerusakan pada tumbuhan lainnya. Contoh tanaman itu seperti mentimun, jahe, mangga, jagung, kubis, buncis, dan sebagainya.

Jamur Phytium spp. bisa bertahan hidup selama beberapa tahun pada sisa – sisa tumbuhan atau permukaan tanah. Cendawan ini tumbuh subur pada daerah berkondisi lembab dengan jarak tanaman yang relatif dekat atau padat.

Penyebaran spora bisa terjadi melalui perantara peralatan kerja yang telah terkontaminasi lumpur pada sepatu atau pakaian kerja.

Gejala serangan penyakit rebah kecambah pada blewah yaitu benih menjadi busuk, pangkal batang membusuk, bibit terlihat kuning dan mulai layu, serta muncul cendawan berwarna putih atau abu – abu pada tanaman mati atau permukaan tanah.

Cara mengendalikan penyakit rebah kecambah yaitu membuang dan memusnahkan tumbuhan yang terinfeksi, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan pengaplikasian fungisida dalam dosis yang sesuai.

  • Pemanenan

Proses pemanenan biasanya sudah bisa dilakukan saat garbis sudah berumur ± 50 hari. Dalam sekali masa tanam, proses pemanenan buah blewah ini dapat Anda lakukan hingga sebanyak 2 kali.

Bibit Blewah Bisma Produk Unggul Cocok Petani Tanam

bisi,chia tai seed,bisma cap kapal terbang,bisma chia tai seed,lmga agro
Bibit Blewah Bisma Produk Unggul Cocok Petani Tanam

Untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas terbaik, maka Anda perlu menggunakan benih atau bibit berkualitas unggul. Dengan memanfaatkan bibit berkualitas unggul, maka hasil panen nantinya akan terjamin sempurna.

Di pasaran Indonesia sendiri telah banyak beredar produk bibit blewah berkualitas unggulan. Untuk memudahkan Anda memperoleh bibit berkualitas unggul, maka LMGA AGRO akan memberikan rekomendasi produk bibit garbis berkualitas unggul.

Salah satu contoh produk bibit blewah terbaik rekomendasi LMGA AGRO ialah Bisma. Blewah Bisma ialah benih blewah unggul yang diproduksi oleh PT Bisi International, Tbk (Cap Kapal Terbang).

Blewah Bisma ialah produk unggulan Cap Kapal Terbang serta dijamin mempunyai kualitas terbaik dengan beraneka keunggulan yang dipunyai di kelasnya.

Beberapa contoh karakteristik serta kelebihan dari bibit Bisma yaitu :

  1. Garbis Bisma cocok serta direkomendasikan ditanam di daerah dataran rendah ketika musim kemarau.
  2. Blewah Bisma Cap Kapal Terbang bisa Anda beli secara mudah dan praktis di LMGA AGRO.
  3. Tanaman blewah Bisma mempunyai vigor tanaman yang kokoh dan kuat.
  4. Cara menanam blewah Bisma perlu dilakukan secara baik serta benar supaya menghasilkan buah berkualitas sempurna.
  5. Jual blewah Bisma Cap Kapal Terbang bisa Anda beli serta dapatkan di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.
  6. Kebutuhan bibit blewah Bisma per ha ialah sebanyak 500 gram.
  7. Jual bibit blewah Bisma Cap Kapal Terbang bisa dimanfaatkan sebagai sebuah peluang usaha serta peluang bisnis berprospek menjanjikan.
  8. Bibit blewah Bisma tersedia dalam kemasan sachet berisi bersih ± 15 gram.
  9. Garbis Bisma Cap Kapal Terbang mempunyai ketahanan terhadap hama serta penyakit, sehingga banyak petani menyukainya.
  10. Blewah Bisma Cap Kapal Terbang sudah bisa dipanen setelah berumur ± 50 hari sesudah pindah tanam.
  11. Potensi hasil panen dari budidaya blewah Bisma Cap Kapal Terbang tergolong cukup besar, yaitu mencapai ± 24 ton per ha.
  12. Buah blewah Bisma Chia Tai Seed berbentuk bulat oval, daging buahnya berwarna orange dan mempunyai kulit buah berwarna kuning muda serta bercak – bercak berwarna hijau keabu – abuan.
  13. Tanaman garbis Bisma Cap Kapal Terbang mampu menghasilkan 4 buah per tanaman, dengan berat masing – masing per buah sekitar ± 2 kg serta rasa yang manis karena tingkat kadar gulanya mencapai ± 13 % (Brix).

Dengan beraneka kelebihan – kelebihan diatas, maka menjadikan blewah Bisma sangat cocok untuk petani gunakan. So, tertarik untuk membudidayakan bibit garbis Bisma ??

Baca Juga : Cabai Horison 97 Produk Benih Unggulan Untuk Petani Tanam

Jual Bibit Blewah Bisma Cap Kapal Terbang Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Blewah Bisma Cap Kapal Terbang Harga Murah

Apabila pembaca tengah mencari produk bibit blewah Bisma Cap Kapal Terbang, maka Anda berada pada tempat yang tempat. LMGA AGRO jual bibit garbis Bisma berkualitas unggulan.

Toko pertanian LMGA AGRO juga menyediakan beraneka tips serta trik dalam mengoptimalkan budidaya blewah menggunakan bibit Bisma. Dengan begitu, maka hasil panen yang didapatkan dari budidaya garbis menggunakan bibit Bisma bisa lebih maksimal.

Selain itu, LMGA AGRO juga menjual berbagai macam kebutuhan pertanian lain selain bibit blewah Bisma. Anda bisa memperoleh beragam kebutuhan pertanian lengkap selain bibit Bisma seperti zpt, pupuk, alat pertanian, pestisida, dan lainnya.

Untuk mengirimkan pesanan bibit blewah Bisma maupun pesanan lainnya, LMGA AGRO memanfaatkan jasa pengiriman logistik bereputasi terpercaya. Beberapa contoh mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO yakni seperti JNE, JNT, KI8, serta Pos Indonesia.

Mitra pengiriman kami reputasinya telah teruji, sehingga pesanan bibit blewah Bisma terjamin pasti sampai ke alamat tujuan.

Jadi, tunggu apalagi ? Segera order bibit blewah Bisma dari LMGA AGRO dan buktikan sendiri kualitas dari bibit Bisma Chia Tai Seed !!

Nah, itulah dia artikel bertema bibit blewah Bisma ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa banyak memberikan manfaat serta berdampak positif untuk semua pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Blewah Bisma Potensi Hasil Menguntungkan ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa lagi dalam artikel – artikel terbaru LMGA AGRO selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.