BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/07/2024

Read

Bibit Kangkung Potensi Hasil Terjamin Besar

Bibit Kangkung,bibit,kangkung,benih,benih kangkung,lmga agro
Bibit
Kangkung

Bibit Kangkung Potensi Hasil Terjamin Besar. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro. Lmga Agro ialah toko pertanian online yang menjual berbagai macam kebutuhan terbaik harga terjamin murah.

Lmga Agro merupakan toko pertanian berbasis online dengan lokasi fisik yang terletak di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami merupakan agen, reseller, dropshipper, serta distributor produk pertanian terlengkap di Indonesia.

Di seluruh penjuru Indonesia kami telah memiliki banyak konsumen. So, calon konsumen tentunya tak usah merasa ragu dengan kualitas toko online Lmga Agro.

Beraneka produk bibit kangkung telah tersedia di Lmga Agro. Lmga Agro jual berbagai produk bibit kangkung berkualitas unggulan. 

Segera dapatkan bibit kangkung kualitas terbaik di toko online Lmga Agro.

Konsumsi sayuran oleh masyarakat Indonesia sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan serta harus terpenuhi. Meskipun begitu, jumlah konsumsi sayur oleh masyarakat Indonesia tergolong relatif kecil.

Bayangkan saja, masyarakat Indonesia baru mencapai nilai konsumsi sebanyak 180 gram/kapita per hari. Sementara itu, standar dari WHO nilainya sebanyak ± 400 gram/kapita per hari. Sangatlah jauh dari standar yang ditetapkan oleh WHO (World Health Organization).

Menurut data dari BPS sendiri menunjukkan bahwa terjadi penurunan konsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran oleh masyarakat Indonesia.

Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu tugas Pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi buah – buahan serta sayur – sayuran.

Salah satu sayur yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh masyarakat adalah sayur kangkung. Mengapa banyak dikonsumsi ? Kemudian, apa saja kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya ??

Kangkung Serta Manfaatnya Untuk Tubuh

Kangkung ialah tanaman sayur hijau yang asalnya diperkirakan dari India di sekitar tahun ± 500 SM. Lalu, mulai menyebar ke daerah lainnya, contohnya seperti ke Malaysia, Cina, Australia, Myanmar, Afrika, Cina Selatan, dan lainnya.

Tanaman sayur bernama latin Ipomoea reptans ini mempunyai beraneka macam nutrisi penting di dalamnya. Nutrisi itu contohnya seperti fosfor, protein, kalium, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat, dan lainnya.

Tak mengherankan apabila dengan banyaknya nutrisi tersebut membuat kangkung sangat bagus dikonsumsi dalam kehidupan sehari – hari.

Contoh beberapa manfaat mengkonsumsi kangkung yang baik untuk tubuh yaitu seperti :

  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan nutrisi berupa kalium dalam kangkung terbukti mampu mengatur tekanan darah supaya tetap stabil. Dengan begitu, maka penderita penyakit tekanan darah tinggi.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin A serta vitamin C terbukti bisa meningkatkan sistem imun bagi tubuh. Kombinasi antara 2 vitamin ini mampu mengaktivasi sel darah putih. Sel darah putih berguna untuk melawan penyakit, sehingga tubuh dapat terhindar dari beraneka macam penyakit.

  • Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A dan beta karoten terbukti bisa melindungi sel – sel mata serta kornea dari kerusakan. Dengan begitu, maka kondisi mata akan selalu dalam kondisi yang prima.

Baca Juga : Semangka Madrid Produk Unggulan Untuk Petani Budidayakan

Prospek Budidaya Tanaman Kangkung Di Indonesia

Kangkung menjadi bahan sayur yang selalu diperlukan masyarakat sebagai bahan masakan. Cita rasanya sangatlah nikmat, terlebih jika ditambah dengan sambal.

Dengan beraneka manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi kangkung, maka membudidayakan mempunyai prospek yang tergolong menjanjikan.

Pertama, pilihlah benih atau bibit dengan jaminan kualitas yang bagus. Dengan memanfaatkan bibit berkualitas unggul, maka nantinya dapat menghasilkan kualitas tanaman yang baik pula.

Berikutnya, siapkan lahan luas kemudian cangkul tanahnya supaya tanah kondisinya menjadi gembur. Lahan yang dipergunakan haruslah cocok untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan kangkung dengan baik.

Apabila Anda merasa tingkat keasaman (pH) tanah masih terlalu asam, maka Anda harus melakukan proses pengapuran. Persiapkan lahan tanam dengan baik supaya perkembangan maupun pertumbuhan kangkung sesuai dengan harapan Anda.

Selanjutnya, tanamlah biji kangkung pada lahan yang telah disediakan. Pertama – tama, buatlah lubang tanam kemudian berikan 2 sampai 5 biji kangkung. Anda bisa menanam biji kangkung ini sesuai keinginan Anda, asalkan rapi dan juga jaraknya juga tepat.

Berikutnya, siramilah tanaman ini secara teratur dan lakukan pencabutan rumput di sekitarnya. Pastikan kangkung supaya tidak terserang penyakit ataupun juga hama.

Lakukan penyemprotan pestisida supaya organisme pengganggu tanaman tidak menyerang sehingga kangkung dapat tumbuh lebat tanpa gangguan.

Umumnya kangkung dapat dipanen ketika usianya ≥ 30 hari setelah masa tanam. Proses pemanenannya tergolong sangat mudah, yaitu dengan cara mencabutnya hingga ke akar ataupun dengan memotong bagian pangkal tanaman.

Kangkung yang telah dapat dipanen ini bisa langsung dicuci ataupun dibilas menggunakan air supaya menghilangkan tanah yang masih menempel. Selanjutnya, kangkung yang telah bersih bisa diikat kemudian mulai dipasarkan.

Untuk tujuan pemasarannya sendiri tergolong sangatlah luas. Anda bisa menyasar ke warung makan, toko sayur, ibu rumah tangga, pasar, pedagang sayur keliling, dan lainnya.

Organisme Pengganggu Tanaman Kangkung Yang Harus Diwaspadai

organisme,opt,hama,penyakit,tanaman kangkung,lmga agro
Organisme Pengganggu Tanaman Kangkung Yang Harus Diwaspadai

Seperti disinggung sebelumnya, salah satu contoh gangguan yang dapat mengganggu perkembangan tanaman kangkung ialah ancaman serangan organisme pengganggu tanaman. 

Organisme pengganggu tanaman (opt) ialah organisme yang mempunyai potensi menimbulkan kerusakan secara ekonomis. OPT tersebut melingkupi hama, penyakit, dan juga gulma.

Contoh beberapa opt tanaman kangkung yang harus diwaspadai yakni seperti :

  • Kutu Daun

Kutu daun (Myzus persicae) ialah hewan serangga yang menjadi salah satu hama yang berbahaya untuk pertumbuhan & perkembangan tanaman.

Hewan ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu jenis kutu daun bersayap (alatae) serta kutu daun tidak bersayap (apeterae).

Serangga ini mempunyai antena di sepanjang tubuhnya, baik nimfa maupun imagonya. Sementara itu, perkembangbiakannya yaitu dengan cara partenogenesis. Periode nimfa berlangsung selama 6 hari dan merusak tanaman saat musim kemarau berlangsung.

Hama Aphid menyerang daun tanaman dengan cara menghisap cairan daun yang keluar. Akibatnya, daun yang terserang pun akan terlihat bercak berwarna kehitaman, keriting, kering, dan pada akhirnya pun akan mati.

Selain itu, hama Aphid pun juga menjadi penular paling efisien ketimbang hama lainnya. Tanda – tanda awal tanaman terserang Aphid terlihat dengan adanya semut dalam jumlah banyak yang berada pada tanaman. Bisa dipastikan bahwa tanaman tersebut telah terserang hama Aphid.

Mengapa demikian ? Karena hama Aphid menghisap cairan daun dan mengeluarkan semacam zat gula yang dapat mengundang semut dan cendawan dimana menyebabkan timbulnya bulatan berwarna hitam pada permukaan daun. 

  • Aphid

Aphid (Aphis gossypii) merupakan hewan serangga kecil yang umumnya bergerombol di daun muda untuk menghisap cairan di dalam tanaman.

Serangga Aphid memiliki tubuh seukuran 1 hingga 6 mm, bertekstur lunak, dan berbentuk mirip seperti pear. Pergerakannya sendiri tergolong lambat dan juga hidup secara berkoloni.

Di dalam perisai yang terletak di bawah badannya lah biasanya telur - telur Aphid diletakkan. Periode telur sampai dewasa biasanya berlangsung selama ± 1,5 sampai 2 bulan.

Biasanya, puncak serangan dari hama ini terjadi saat musim kemarau berlangsung. Serangan hama kutu daun mereka lakukan dengan cara menghisap cairan tanaman, sehingga tanaman akan kehilangan serta kehabisan cairan.

Daun yang terserang akan mengeriput, keriting, dan menggulung, sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terhambat.

Gejala serangan Aphid terlihat dengan kemunculan gerombolan semut karena keduanya mempunyai hubungan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan).

Aphid mengeluarkan cairan manis yang semut sukai, kemudian semut mengangkut Aphid ke bagian lainnya yang belum dihisap sehingga dapat mengganggu jalannya proses fotosintesis dan juga pertumbuhan tanaman.

Hama Aphid bisa menurunkan kualitas serta kuantitas produksi sayuran. Hama ini sendiri mampu memakan berbagai macam tanaman atau polifag.

Serangan Aphid dapat menyebabkan daun menjadi menguning serta pucuk berkerut, sehingga pertumbuhan tanaman pun menjadi terhambat.

Serangan berat Aphid dapat menimbulkan noda – noda pada daun, dan daun pun menjadi berwarna coklat kemerahan seperti terbakar, dan juga tepian daun menggulung ke bawah kemudian mengering.

  • Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura) ialah hewan serangga yang punya serangan berbahaya pada beraneka ragam tanaman.

Bentuk dewasa dari ulat grayak yakni seekor ngengat dewasa dengan tubuh berwarna coklat keabu – abuan dan sayap depan dengan tanda bergelombang berwarna putih pada bagian tepinya.

Sayap belakangnya berwarna putih transparan dengan garis berwarna coklat pada sepanjang tepian dan vena. Ngengat betina mampu menghasilkan telur berjumlah ratusan dalam kelompok diatas daun, ditutupi oleh sisik berwarna coklat keemasan.

Setelah menetas, larva berwarna hijau muda menyebar secara cepat dan mulai memangsa bagian daun. Sementara itu, larva dengan umur lebih tua mempunyai warna hijau tua hingga coklat dengan bintik berwarna gelap di panggul dan perut yang agak lebih jernih.

Di sepanjang sisi terdapat 2 pita memanjang berwarna kuning yang membentang, diselingi oleh bintik berbentuk segitiga berwarna hitam. Pita berwarna oranye terlihat pada bagian punggung antara titik – titik ini.

Baca Juga : Katalog Produk Utama Paling Lengkap Lmga Agro

Larva makan saat malam hari dan berlindung di tanah saat siang hari. Baik larva maupun ngengat dewasa berkembang secara pesat pada suhu antara 15 dan 35° Celsius, namun suhu optimalnya berada pada suhu 25° C.

Larva yang baru saja menetas memakan daun, mengikis jaringan daun, dan tanaman akan benar – benar terlucuti. Sementara itu, larva yang berumur lebih tua akan tersebar dan memakan daun secara rakus saat malam hari.

Saat siang hari, mereka biasanya lebih memilih untuk bersembunyi di tanah di sekitar bagian pangkal tanaman. Pada tanah yang lebih ringan, larva dapat mencapai polong ataupun akar kacang tanah dan merusaknya. Karena meluasnya bekas gigitan, pada akhirnya hanya menyisakan bagian cabang dan tangkai.

Bibit Kangkung Di Pasaran Cocok Petani Budidayakan

budidaya,budidaya kangkung,petani,budidaya tanaman kangkung,lmga agro
Bibit Kangkung Di Pasaran Cocok Petani Budidayakan

Untuk dapat terhindar dari ancaman serangan organisme pengganggu tanaman diatas, maka Anda harus melakukan tindakan pengendalian secara tepat.

Ada beraneka cara yang dapat dilakukan, salah satunya ialah melakukan pembudidayaan dengan menggunakan bibit kangkung yang tepat.

Dengan menggunakan bibit kangkung berkualitas terbaik, maka Anda dapat memperoleh hasil panen tanaman kangkung secara lebih maksimal.

Contoh beberapa bibit kangkung kualitas unggul rekomendasi Lmga Agro yaitu seperti :

  • Bika

Bika ialah bibit kangkung kualitas terbaik hasil keluaran PT Agri Makmur Pertiwi dengan merek dagang Benih Pertiwi. Bibit Bika sudah terdaftar secara resmi dalam sistem Kementan RI melalui SK Kementan nomor 666/Kpts/SR.120/2/2010.

Bibit Bika memiliki beraneka ragam keunggulan, seperti memiliki kemampuan tingkat adaptasi yang baik di daerah dataran rendah, vigor tanaman kokoh dan juga tegak, potensi hasil panen terjamin tinggi, dan sebagainya.

Produk bibit Bika tersedia & bisa dibeli di toko pertanian terdekat Lmga Agro. Lmga Agro jual produk bibit Bika kualitas original kualitas original harga terjamin terjangkau.

  • Serimpi

Serimpi ialah bibit kangkung kualitas terbaik hasil keluaran PT East West Seed Indonesia dengan merek dagang Cap Panah Merah. Bibit Serimpi sudah terdaftar secara resmi dalam sistem Kementan RI melalui SK Kementan nomor 268/Kpts/TP.240/4/2002.

Bibit Serimpi memiliki beraneka ragam keunggulan, seperti daya adaptasinya tergolong sangat baik, dapat dibudidayakan dengan memakai sistem hidroponik, vigor tanaman tergolong kokoh, dan sebagainya.

Produk bibit Serimpi tersedia & bisa dibeli di toko pertanian terdekat Lmga Agro. Lmga Agro jual produk bibit Serimpi kualitas original harga terjamin terjangkau.

  • Bamboo Leaf

Bamboo Leaf ialah bibit kangkung kualitas terbaik hasil keluaran PT Sentra Tani dengan merek dagang Ta Fung Seed. Bibit Bamboo Leaf sudah terdaftar secara resmi dalam sistem Kementan RI melalui SK Kementan nomor 671/Kpts/SR.120/2/2010.

Bibit Bamboo Leaf memiliki beraneka ragam keunggulan, seperti dapat dibudidayakan dengan memakai sistem hidroponik, tahan serangan hama penyakit, tekstur batangnya tergolong lentur, dan sebagainya.

Produk bibit Bamboo Leaf tersedia & bisa dibeli di toko pertanian terdekat Lmga Agro. Lmga Agro jual produk bibit Bamboo Leaf kualitas original harga terjamin terjangkau.

  • Bangkok LP 1

Bangkok LP 1 ialah bibit kangkung kualitas terbaik hasil keluaran PT East West Seed Indonesia dengan merek dagang Cap Panah Merah. Bibit Bangkok LP 1 sudah terdaftar secara resmi dalam sistem Kementan RI melalui SK Kementan nomor 252/Kpts/TP.240/5/2000 (LP-1).

Bibit Bangkok memiliki beraneka ragam keunggulan, seperti potensi hasil panennya tergolong tinggi, tekstur batangnya tergolong lentur, tahan serangan penyakit layu bakteri, dan sebagainya.

Produk bibit Bangkok LP 1 tersedia & bisa dibeli di toko pertanian terdekat Lmga Agro. Lmga Agro jual produk bibit Bangkok LP 1 kualitas original harga terjamin terjangkau.

  • Super

Super ialah bibit kangkung kualitas terbaik hasil keluaran PT Sari Benih Unggul dengan merek dagang Ta Fung Seed. Bibit Super sudah terdaftar secara resmi dalam sistem Kementan RI melalui SK Kementan nomor 2292/Kpts/SR.120/5/2011.

Bibit Super memiliki beraneka ragam keunggulan, seperti memiliki vigor kokoh, dapat dibudidayakan secara hidroponik, potensi hasil panennya tergolong tinggi, dan sebagainya.

Produk bibit Super tersedia & bisa dibeli di toko pertanian terdekat Lmga Agro. Lmga Agro jual produk bibit Super kualitas original harga terjamin terjangkau.

  • Tornado

Tornado ialah bibit kangkung kualitas terbaik hasil keluaran PT Agri Makmur Pertiwi dengan merek dagang Benih Pertiwi. Bibit Tornado sudah terdaftar secara resmi dalam sistem Kementan RI melalui SK Kementan nomor 665/Kpts/SR.120/2/2010.

Bibit Tornado memiliki beraneka ragam keunggulan, seperti vigor tanaman tergolong kokoh, kemampuan adaptasinya tergolong sangat baik, nilai jualnya tergolong tinggi, dan sebagainya.

Produk bibit Tornado tersedia & bisa dibeli di toko pertanian terdekat Lmga Agro. Lmga Agro jual produk Tornado kualitas original harga terjamin terjangkau.

Baca Juga : Cabe Rawit Panah Merah Produk Berkualitas Unggul

Jual Bibit Kangkung Unggulan Harga Terjamin Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Kangkung Unggulan Harga Terjamin Murah

Jika pembaca artikel ini tengah mencari produk bibit kangkung berkualitas unggulan, maka jawaban paling tepat ialah Lmga Agro. Lmga Agro jual bibit kangkung unggul dengan jaminan kualitas terbaik.

Selain itu, Lmga Agro juga punya tips maupun trik dalam mengoptimalkan pembudidayaan kangkung memanfaatkan bibit berkualitas unggulan. Dengan begitu, maka baik pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan sayur ini tidak akan terganggu.

Lmga Agro jual bibit kangkung kualitas terbaik untuk konsumen dari beraneka ragam produsen. Kami berani memberikan jaminan bahwa semua produk bibit tersebut terjamin original dari produsen pembuatnya.

Harga bibit kangkung yang Lmga Agro jual terjamin murah dan juga terjangkau untuk seluruh kalangan konsumen. Sangat cocok sekali untuk petani manfaatkan untuk petani budidayakan.

Untuk memastikan pesanan bibit kangkung berkualitas unggulan, Lmga Agro menjalin kerjasama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya.

Mitra pengiriman rekanan Lmga Agro sebut saja seperti Pos Indonesia, JNE, KI8, dan juga J&T. Semua pesanan bibit kangkung yang dipesan dari kami pun pasti terjamin sampai hingga ke alamat konsumen.

Ingin merasakan sendiri kualitas bibit kangkung yang Lmga Agro jual ? Pesan segera sekarang juga bibit kangkung serta aplikasikan sendiri untuk membuktikan sendiri kualitasnya !!

Nah, itulah dia artikel dengan topik bahasan bibit kangkung ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga Anda semua dapat memperoleh banyak manfaat dari artikel kali ini.

Jika masih terdapat hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Bibit Kangkung Potensi Hasil Terjamin Besar ini, segera hubungi Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sampai jumpa kembali dan sukses selalu untuk semua pembaca.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.