BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/07/2024

Read

Tomat TM Blazer F1 Pilihan Unggulan Untuk Petani

TM Blazer F1,tomat,tomat tm blazer f1,benih tomat tm blazer f1,lmga agro
TM Blazer
F1

TM Blazer F1 Benih Tomat Pilihan Unggulan Untuk Petani. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro. Lmga Agro merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian online harga terjamin murah.

Lmga Agro adalah toko tani berbasis online yang berlokasi fisik di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami merupakan agen, reseller, dropshipper, serta distributor produk tani paling lengkap di Indonesia.

Konsumen di seluruh penjuru Indonesia sudah Lmga Agro miliki. Jadi, tentunya calon konsumen tak perlu merasa ragu jika ingin bertransaksi dengan Lmga Agro.

Produk benih tomat TM Blazer F1 kini bisa Anda beli di Lmga Agro. Lmga Agro jual bibit tomat TM Blazer F1 dengan jaminan original.

Segera dapatkan benih tomat TM Blazer F1 harga murah hanya di toko online Lmga Agro.

Tomat ialah salah satu tanaman komoditas hortikultura yang penggemarnya di Indonesia tergolong banyak. Maka tidaklah mengherankan jika jumlah petani yang menjadi pembudidaya tumbuhan hortikultura ini jumlahnya tergolong besar.

Mengapa jumlah penggemarnya tergolong cukup besar ? Salah satu alasannya adalah karena memiliki banyak nutrisi bermanfaat serta penanamannya tergolong relatif cukup mudah.

Tumbuhan asli yang berasal dari benua Amerika ini diketahui pertama kali ditanam oleh suku Aztec & Inca di sekitar tahun ± 700 SM.

Baru di sekitar abad ke 15 Masehi lah Christopher Columbus membawa tumbuhan tomat ke Pantai San Salvador dan memperkenalkanya kepada bangsa Eropa.

Dahulu, ukuran buahnya tergolong relatif kecil dan tingkat produktivitasnya pun tergolong rendah. Cukup berbeda dengan zaman sekarang yang mana buah tomat mempunyai ukuran relatif besar dengan tingkat produktivitas yang tinggi pula.

Tomat memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Tubuh pun akan terjamin lebih sehat apabila kita mengkonsumsinya secara rutin dalam jumlah yang cukup.

Contoh beberapa manfaat mengkonsumsi buah tomat untuk tubuh yakni seperti :

  • Menjaga kesehatan kulit

Di dalam buah tomat terkandung nutrisi berupa vitamin C yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan nutrisi berupa vitamin C ini mampu merangsang produksi kolagen dalam tubuh, sehingga dengan begitu kondisi kesehatan kulit pun akan terus terjaga.

  • Mencegah penyakit kanker

Adanya beraneka macam radikal bebas menjadi penyebab utama beraneka penyakit untuk tubuh. Salah satu dari penyakit berbahaya tersebut ialah kanker.

Dalam buah tomat kaya akan antioksidan, contohnya saja beta karoten serta likopen. Kandungan antioksidan tersebut mampu membantu tubuh dalam mencegah penyakit kanker, dengan begitu tubuh pun tak akan mudah terserang penyakit kanker.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Apabila tubuh tengah mengalami sembelit ataupun susah untuk BAB, mengkonsumsi buah tomat bisa menjadi jalan keluar bagi Anda. Kandungan air dan serat di dalam buah tomat mampu melancarkan gerakan usus, sehingga buang air besar pun menjadi lancar.

Peluang Agribisnis Menjanjikan Budidaya Tomat

Sektor pertanian selalu menjadi primadona dalam peluang bisnis. Agribisnis sektor pertanian sangatlah bervariasi, dan salah satunya ialah dengan membudidayakan tomat.

Budidaya tomat punya prospek terjamin menjanjikan, sehingga sangat cocok untuk dimanfaatkan. Mulai dari pemula ataupun petani yang telah ahli dapat melakukan agrobisnis budidaya tomat.

Asalkan pembaca mempunyai minat dan juga kemauan yang tinggi, maka Anda pun sudah dapat menjalankan bisnis ini secara mudah.

Dengan jumlah modal yang tergolong kecil pun Anda dapat menjalankan bisnis budidaya tomat. Lahan berukuran kecil pun dapat Anda manfaatkan lebih dahulu jika tak punya lahan berukuran besar.

Untuk mencari konsumen sebagai tujuan pemasaran pun tergolong tidak terlalu sulit. Banyak orang menyukai buah tomat, mulai dari anak kecil sampai dengan orang – orang tua.

Dengan begitu, tujuan untuk memasarkan hasil bisnis budidaya tomat akan sangat mudah. Pabrik besar pun juga dapat menjadi sasaran bagi Anda untuk memasarkan hasil agribisnis ini.

Nah, dalam menjalankan bisnis pembudidayaan tomat tentunya memerlukan berbagai peralatan penting. Beraneka macam peralatan penting itu contohnya saja seperti selang air, cangkul, gunting, dan lain – lain.

Dengan adanya beraneka macam peralatan – peralatan penting diatas, maka usaha pembudidayaan tumbuhan ini akan semakin lancar.

Harga jual tomat per kg umumnya berkisar pada kisaran harga 4000 rupiah sampai 500 rupiah. Penentuan harga jual tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kondisi pasar terkini dan kualitas buah tomat yang Anda pasarkan.

Untung bisnis budidaya tomat tergolong cukup banyak. Terlebih lagi, di pasaran harga jualnya relatif stabil sehingga jumlah keuntungan yang bisa diperoleh bisa semakin besar.

Baca Juga : Jual Bibit Curah Paling Lengkap Lmga Agro

Ancaman Keberadaan Organisme Pengganggu Tanaman Tomat

ancaman,serangan,opt,organisme pengganggu tanaman,lmga agro
Ancaman Keberadaan Organisme Pengganggu Tanaman Tomat

Untuk Anda yang tertarik menjalankan pembudidayaan tomat, Anda bisa melakukannya secara mudah. Proses pembudidayaannya tidaklah jauh berbeda dengan tumbuhan lainnya.

Mulai dari awal hingga akhir, seluruh tahapan pembudidayaan harus dilakukan secara baik serta juga benar. Jika tidak dilakukan secara baik serta benar, maka efek negatif bisa saja menghampiri Anda.

Saat melakukan budidaya tomat, tentu saja akan selalu terdapat ancaman yang bisa menghampiri. Ancaman tersebut ialah ancaman serangan yang berasal dari organisme pengganggu tanaman.

Serangan organisme pengganggu tentu saja menimbulkan kerusakan serta mengganggu pertumbuhan maupun perkembangan tomat. Hal tersebut tentu saja sangat membuat petani mengalami kerugian cukup besar.

Jika terus saja Anda biarkan, maka kerugian yang Anda rasakan akan menjadi semakin lebih besar. Untuk itulah mengetahui jenis organisme pengganggu yang bisa menyerang tentunya sangatlah penting.

Contoh beberapa organisme pengganggu tanaman yang bisa saja menyerang tumbuhan tomat yakni seperti :

  • Busuk Daun

Infeksi jamur Phytophthora infestans menjadi penyebab utama mengapa penyakit busuk daun dapat terjadi. Luka dan juga sobekan yang terdapat pada kulit menjadi jalan masuknya patogen cendawan Phytophthora untuk menginfeksi.

Faktor kelembaban dan juga suhu lingkungan menjadi faktor penting bagi berkembangnya penyakit busuk daun.

Kisaran suhu 18° sampai 26° C dan tingkat kelembaban relatif tinggi (± 90 persen) akan mendukung berkembangnya jamur Phytophthora.

Gejala busuk daun bisa terlihat dengan kemunculan bintik berwarna hijau pada bagian atas dan juga tepian daun. Lalu, setelah itu area besar pada daun berubah warna menjadi coklat seluruhnya.

Ketika kondisi cuaca basah, luka pada sisi bawah daun mungkin tertutupi oleh lapisan jamur yang berwarna coklat serta menjadi keriting dan kering.

Dalam banyak kasus, akan ada bintik berwarna coklat mencolok dengan lapisan berwarna putih. Bintik tersebut muncul pada beberapa bagian seperti bagian tangkai daun, cabang, dan sebagainya.

Keriput muncul beserta munculnya warna hijau kelabu sampai coklat kotor. Daging buah pun bisa saja mengalami pengerasan.

  • Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura) merupakan salah satu hama yang bersifat polifag, sehingga menjadi momok untuk banyak tanaman.

Imago atau ngengat dewasa bisa terbang sampai sejauh 5 kilometer. Telurnya berwarna coklat kekuning – kuningan dengan bentuk bulat yang diletakkan pada daun.

Kumpulan telur – telur tersebut diletakkan secara berkelompok dengan jumlah 25 sampai 500 butir telur yang tertutupi bulu mirip seperti beludru.

Warna larva tergolong sangat beragam, dengan sisi lateral serta dorsal terdapat garis berwarna kuning. Ulat yang baru saja menetas warnanya hijau muda dengan sisi yang berwarna hitam kecoklatan ataupun coklat tua.

Saat malam hari, ulat grayak akan mulai aktif untuk menyerang tanaman incaran mereka. Ketika siang hari, ulat grayak lebih memilih untuk beristirahat serta bersembunyi di dalam tanah.

Biasanya, ulat berpindah ke tanaman lainnya dalam gerombolan dalam jumlah banyak. Warna dan perilaku instar terakhir cukup mirip dengan ulat tanah.

Ulat grayak berusia 2 minggu sudah mampu untuk tumbuh sampai sepanjang ± 5 centimeter. Sesudah fase larva, berikutnya larva akan memasuki fase kepompong / pupa. Di dalam tanah ulat grayak akan membentuk kepompong dengan panjang ± 1,6 centimeter.

Secara keseluruhan siklus hidupnya berlangsung sekitar ± 30 sampai 60 hari. Dalam sekali bertelur, ngengat betina mampu menghasilkan telur sebanyak 2000 hingga 3000 butir telur.

Ulat grayak merusak daun tanaman, dan meninggalkan sisa – sisa epidermis bagian atas serta hanya akan menyisakan bagian tulang daun saja. Pada bagian buah, akan ada lubang yang tidak beraturan.

Dalam serangan berat, bagian daun dan juga buah akan habis termakan oleh hama ulat grayak.

Baca Juga : Bibit Kangkung Potensi Hasil Terjamin Besar

  • Ulat Tanah

Ulat tanah adalah seekor ngengat kuat dengan tubuh berbintik – bintik berwarna coklat kelabu. Hewan ini memiliki sayap depan berwarna coklat muda serta warna putih pada sayap belakangnya.

Ketika siang hari tiba, ulat tanah akan lebih memilih untuk bersembunyi serta baru akan aktif akan saat malam hari.

Ngengat betina menghasilkan telur berwarna putih mutiara. Telur tersebut umumnya diletakkan pada tanah lembab atau celah – celah pada tanah.

Untuk menetasnya telur sangat bergantung pada kondisi suhu lingkungan  (berkisar sekitar 3 sampai 24 hari). Sesudah menetas, larva yang berumur muda akan berwarna abu – abu muda dengan panjang tubuh berkisar 5 hingga 10 milimeter.

Sementara itu, larva yang umurnya agak tua berwarna coklat tua dengan panjang tubuh berkisar ± 40 milimeter.

Saat malam hari tiba, mereka akan lebih aktif dalam mencari makan. Sementara, ketika siang hari mereka akan bersembunyi membentuk huruf C di bawah permukaan tanah.

Dalam seluruh tahap pertumbuhan, ulat tanah tetap mampu untuk menyerang. Tetapi, biasanya ulat tanah menggemari bibit muda untuk dimakan.

Kerusakan parah bisa muncul apabila lingkungan lahan penuh dengan gulma dan ulat tanah muncul dalam jumlah besar. Ulat tanah berumur muda biasanya mencari makan dekat tanah pada gulma serta akan meninggalkan jejak berupa lubang kecil yang tidak beraturan.

Ulat tanah yang berumur lebih tua akan memilih mengubur diri dalam tanah saat siang hari serta akan muncul ketika malam hari. Tanaman yang masih muda bisa ikut terseret ke bawah tanah.

Batang bisa dipotong pada permukaan tanah serta mengakibatkan jaringan tanaman mengalami kerusakan dan terhambatnya proses pertumbuhan tanaman.

Ulat tanah pun juga dapat menggali ke dalam batang serta mengakibatkan layu serta tanaman tua menjadi tumbang.

  • Bercak Bakteri

Infeksi patogen bakteri dari genus Xanthomonas menjadi penyebab terjadinya penyakit bercak bakteri. Patogen bakteri Xanthomonas bisa bertahan hidup pada berbagai media, seperti di dalam ataupun pada biji, puing – puing tanaman, dan juga gulma – gulma tertentu.

Ketika kondisi lingkungan mendukung, patogen bakteri Xanthomonas akan menyebar melalui lewat berbagai media. Media itu contohnya adalah irigasi pancur dan percikan air hujan ke tanaman yang kondisinya sehat.

Bakteri Xanthomonas masuk ke dalam jaringan tanaman lewat pori – pori dan juga luka pada daun. Suhu optimal untuk penyebarannya berkisar antara 25° hingga 30° C.

Setelah tanaman terinfeksi, penyakit bercak bakteri akan susah dikendalikan serta mampu mengakibatkan kerugian pada hasil panen.

Bagian tanaman yang bisa terserang oleh bakteri Xanthomonas yakni seperti bagian batang, daun, dan juga buah. Gejala awal penyakit bercak bakteri yakni pada daun muda menjadi cacat dan menggulung muncul luka berukuran kecil berwarna kuning kehijauan.

Dalam kondisi normal, luka bisa membesar secara signifikan hingga lebarnya berukuran ± 0,25 cm hingga 0,5 cm. Pada akhirnya, bercak – bercak tersebut akan terlihat seperti lubang bekas tembakan. Bercak – bercak buah berawal dari buah berwarna pucat dengan area yang nampak berair.

Tomat TM Blazer F1 Hasil Terbaik Kualitas Terjamin

bibit,bibit tomat,tm seeds,tani murni,lmga agro
Tomat TM Blazer F1 Hasil Terbaik Kualitas Terjamin

Nah, dengan begitu banyaknya ancaman yang bisa menyerang tanaman tomat membuat banyak petani ingin membeli benih berkualitas terbaik.

Dengan menggunakan benih dengan jaminan kualitas unggulan, maka hasil optimal tentunya bisa Anda dapatkan. Di Indonesia sendiri sudah banyak beredar benih berkualitas terbaik.

Nah, supaya lebih mudah Lmga Agro siap membantu Anda dalam memperoleh benih tomat berkualitas unggul.

Benih yang Lmga Agro rekomendasikan ialah benih tomat TM Blazer F1. Benih TM Blazer F1 merupakan produk bibit tomat hibrida unggulan di kelasnya dan hasil produksi dari PT Tani Murni Indonesia.

Karakteristik serta kelebihan dari benih TM Blazer F1 TM Seeds yaitu :

  1. TM Blazer F1 TM Seeds mempunyai fisik kokoh dengan tipe indeterminate.
  2. TM Blazer F1 Tani Murni direkomendasikan untuk pembudidayaan di daerah dataran menengah sampai dataran tinggi.
  3. Daya tumbuh benih TM Blazer F1 tergolong sangat tinggi, yakni mencapai ± 98 %.
  4. Tingkat kemurnian benih TM Blazer F1 sempurna, yakni mencapai nilai ± 100 persen.
  5. Benih TM Blazer F1 tahan terhadap serangan penyakit layu bakteri, layu fusarium, serta tahan serangan virus Gemini.
  6. Penanaman memanfaatkan benih TM Blazer F1 tergolong lebih mudah karena lebih tahan terhadap serangan hama maupun penyakit.
  7. Proses pembentukan buah tomat TM Blazer F1 tergolong tetap mudah meskipun dalam kondisi cuaca buruk, sehingga petani sangat menggemarinya.
  8. Bentuk buah tomat TM Blazer F1 agak bulat dengan warna hijau ketika muda dan berubah menjadi merah mengkilap ketika sudah tua.
  9. Buah tomat TM Blazer F1 sudah bisa Anda panen ketika telah berumur ± 85 sampai 95 hari sesudah pindah tanam.
  10. Berat buah TM Blazer F1 berkisar sekitar ± 110 sampi 130 gram.
  11. Potensi hasil panen TM Blazer F1 tergolong besar, yaitu mencapai ± 4 sampai 6 kg per batang.
  12. Benih tomat TM Blazer F1 TM Seeds tersedia di Lmga Agro dalam kemasan sachet isi berisikan 3000 butir.

Baca Juga : Kandungan Buah Semangka Bergizi Tinggi

Jual Benih Tomat TM Blazer F1 Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Tomat TM Blazer F1 Harga Terjangkau

Dengan karakteristik serta kelebihan – kelebihan diatas, maka tak salah bila semakin hari semakin banyak petani mencari produk TM Blazer F1. Jika Anda tengah mencari produk TM Blazer F1, maka Lmga Agro ialah tempat yang paling tepat.

Lmga Agro jual benih TM Blazer F1 dari Tani Murni. Kami menjual benih TM Blazer F1 Tani Murni berkualitas unggulan.

Benih TM Blazer F1 Tani Murni yang Lmga Agro jual dikemas dalam kemasan sachet yang berisikan 3000 butir.

Masih bingung bagaimana caranya membeli TM Blazer F1 ? Tidak perlu khawatir lagi. Anda dapat langsung menghubungi Lmga Agro sekarang juga untuk membelinya.

So, ingin langsung merasakan sendiri kualitas produk TM Blazer F1 produksi Tani Murni ? Hubungi segera Lmga Agro sekarang juga dan pesan produk tersebut sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema bahasan TM Blazer F1 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga pembahasan dari artikel kali ini bisa banyak memberikan manfaat serta dampak positif untuk seluruh pembaca.

Jika masih terdapat hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul TM Blazer F1 Benih Tomat Pilihan Unggulan Untuk Petani ini, segera hubungi Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses terus untuk Anda semua.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.