BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/07/2024

Read

Obat Padi Sundep Untuk Petani Gunakan

Obat Padi Sundep,obat,padi,sundep,lmga agro
Obat Padi
Sundep

Obat Padi Sundep Untuk Petani Gunakan. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro.

Lmga Agro ialah toko pertanian online yang menjual beraneka kebutuhan pertanian paling lengkap dengan jaminan harga murah.

Kota Kediri, Jawa Timur ialah lokasi fisik dimana toko online Lmga Agro bertempat.

Kami merupakan toko pertanian berbasis online yang telah lama menjalankan kegiatan operasional di Indonesia.

Jaminan reputasi terpercaya telah Lmga Agro miliki dan juga banyak konsumen di semua penjuru Indonesia yang telah bertransaksi dengan kami.

Untuk menjamin pesanan sampai hingga ke alamat konsumen, Lmga Agro bekerja sama dengan berbagai mitra pengiriman bereputasi terpercaya. So, pastinya calon konsumen tak perlu ragu jika ingin melakukan transaksi dalam jumlah berapa pun dengan Lmga Agro.

Obat padi sundep paling ampuh kini telah tersedia di Lmga Agro. Lmga Agro jual pestisida obat padi sundep berkualitas original dan terbaik.

Dapatkan segera obat padi sundep harga murah hanya di toko online Lmga Agro.

Sampai sekarang, tanaman padi masih menjadi salah satu tanaman pangan utama yang menjadi pilar  dalam peradaban manusia.

Diperkirakan bahwa tumbuhan bernama latin Oryza sativa ini berasal dari Negara India, lalu masuk ke Indonesia melalui nenek moyang bangsa Indonesia yang asalnya dari daratan Asia sekitar tahun ± 1500 SM.

Kenapa jumlah petani Indonesia sangat banyak yang membudidayakan tumbuhan pangan ini ? Hal itu sangatlah beralasan karena tanaman palawija ini mempunyai potensi hasil dan juga keuntungan yang nilainya cukup menjanjikan.

Namun, dalam kegiatan pembudidayaan tanaman padi seringkali muncul ancaman yang terus mengintai. Jika terus saja Anda biarkan, bukan tidak mungkin menyebabkan dampak buruk yang berujung pada petani yang mengalami kerugian.

Salah satu bahaya yang seringkali mengancam ketika melakukan pembudidayaan tanaman padi adalah serangan hama. Hama tanaman padi pun juga sangat banyak, contohnya seperti walang sangit, wereng hijau, wereng coklat, penggerek batang, dan lainnya.

  • Walang Sangit

Walang sangit biasanya muncul secara sporadis hanya selama tahapan matang suhu sampai pengisian bulir dan mengeluarkan bau busuk saat malam hari.

Biasanya mereka akan banyak dijumpai di lingkungan persawahan. Daerah berumput luas dekat sawah, daerah berhutan, gulma dekat saluran, dan penanaman padi secara tidak serempak akan mendukung berkembangnya populasi walang sangit.

Saat musim hujan tiba, maka hama ini akan mulai lebih aktif daripada biasanya. Langit mendung, cuaca hangat, dan seringnya gerimis akan membuat populasi walang sangit semakin meningkat. Sementara itu, saat musim kemarau mereka akan kurang aktif. 

  • Wereng Hijau

Wereng hijau ialah hama umum yang seringkali ditemui pada lingkungan lahan basah tadah hujan dan irigasi. Nimfa dan juga wereng dewasa keduanya cenderung lebih memilih untuk memakan permukaan dorsal dari helai daun lateral ketimbang daun dan daun tengah.

Mereka juga lebih menyukai tanaman padi yang sudah diaplikasikan pupuk nitrogen dalam jumlah besar. Biasanya bukan serangan hama ini yang harus dikhawatirkan, namun justru penularan RTV (Rice Tungro Virus) olehnya.

Wereng hijau sendiri adalah wereng paling umum di persawahan dan menularkan penyakit virus tungro.

Virus ini mengakibatkan ujung daun berubah warna, berkurangnya jumlah anakan, kekuatan tanaman menjadi terhambat, dan dalam kasus buruk tanaman akan menjadi layu.

Untuk gejala tanaman yang terinfeksi tungro karena kekurangan nitrogen ataupun keracunan zat besi, periksalah keberadaan serangga dengan cara seperti ini.

Caranya yaitu mengecek adanya telur berwarna kuning putih ataupun pucat di dalam pelepah atau tulang utama daun, nimfa berwarna hijau kuning atau pucat dengan ataupun tanpa adanya tanda hitam, wereng dewasa berwarna hijau pucat dengan ataupun tanda hitam dan memiliki grakan diagonal khas.

  • Wereng Coklat

Wereng coklat (Nilaparvata lugens) dapat menimbulkan masalah pada lahan tadah hujan dan lahan beririgasi basah, dengan kondisi lahan terendam terus – menerus, memiliki banyak tempat teduh, dan berkelembaban tinggi.

Rimbunnya kanopi tumbuhan padi, penanaman yang padat, pemakaian nitrogen dalam jumlah berlebihan, dan penyemprotan insektisida di awal musim juga mendukung berkembangnya hama serangga ini.

Biasanya wereng coklat lebih banyak dijumpai ketimbang musim hujan. Hadirnya serangga ini dapat dipantau dengan cara menekuk tanaman sedikit, serta mengetuknya secara lembut di dekat pangkal.

Baik nimfa maupun serangga dewasa umumnya berlindung pada bagian pangkal tanaman dan menghisap getah dari bagian batang dan juga daun. Tumbuhan pun akan mengalami kelayuan dan juga klorotik.

Tingginya kepadatan populasi dapat menyebabkan daun menjadi berwarna kuning – oranye, kemudian menjadi berwarna coklat serta kering, kemudian akhirnya tanaman menjadi kering dan mati.

Pada lahan tanam, gejala pertama kali terlihat berupa bercak berukuran kecil, namun dapat berkembang secara cepat saat wereng menyebar.

Wereng coklat betina bertelur di dalam batang dan urat bagian tengah daun, sehingga kerusakan tambahan bisa terjadi. Produksi madu pun dapat memicu tumbuhnya jamur jelaga.

Tanaman memiliki malai (butir padi) yang lebih kecil, mengandung lebih sedikit bulir matang dan berat bulir cenderung lebih ringan.

Baca Juga : Tomat TM Blazer F1 Pilihan Unggulan Untuk Petani

  • Penggerek Batang

Penggerek batang umumnya banyak ditemui di Asia Selatan dan biasanya memiliki 2 generasi setiap tahunnya. Ulat penggerek batang akan memakan sebagian besar jaringan internal, sedangkan ngengat dewasa ialah pemakan getah eksternal.

Selain padi, hama penggerek batang juga dapat menyerang sorgum dan juga beberapa jenis gulma. Larva  bertahan pada musim dingin di dalam tunggul dan juga jerami, dan mampu hidup dari embun beku ringan.

Sang betina biasanya meletakkan telur sebanyak ± 300 butir dalam beberapa kelompok pada bagian bawah daun (biasanya di sepanjang vena utama, menutupi daun dengan sekresi berwarna coklat).

Setelah menetas, larva akan mulai memakan epidermis daun serta selanjutnya menggali terowongan ke pelepah daun, sehingga menyebabkan daun menguning serta akhirnya pun mati.

Ketika mencapai bagian batang, mereka akan melubangi ruas satu persatu, menembus lewat buku – buku secara berturut – turut.

Besarnya kandungan silika pada tanaman biasanya akan mengganggu aktivitas makan. Pada pembibitan (seringkali sudah di persemaian), serangan ini ditandai dengan daun muda layu dan kematian titik tumbuh, gejala yang seringkali disebut juga sebagai sundep.

Pada tanaman dewasa, larva muda akan membuat lubang kecil pada daun, terlebih pada bagian pelepah daun. Larva berumur lebih tua akan menggali lubang di pangkal ruas, memasuki bagian dalam tanaman dan memakan jaringan lunak vaskular, kadang – kadang justru melubangi seluruhnya.

Tanaman menjadi kerdil dan menunjukkan klorosis pada daun, yang selanjutnya akan mengering dan mengeriting, berakhir pada kerontokan. Biji – bijian di dalam malai pun tidak terisi, sebuah kondisi yang disebut pula sebagai beluk.

1 larva bisa menghancurkan beberapa tanaman dan serangan yang hebat mampu mengakibatkan hilangnya hasil panen hingga mencapai 100 persen.

Potensi Ancaman Serangan Hama Sundep

potensi,ancaman,hama,serangga,hama sundep,lmga agro
Potensi Ancaman Serangan Hama Sundep

Dari beberapa hama diatas, Lmga Agro ingin lebih membahas mengenai hama penggerek batang padi. Hama penggerek batang padi atau orang sering mengenalnya pula sebagai sundep adalah salah satu musuh utama petani yang harus diwaspadai.

Kemunculan organisme pengganggu ini mengakibatkan dampak negatif pada tanaman padi, sehingga perlu segera petani kendalikan.

Beberapa contoh dampak negatif karena adanya serangan hama sundep pada tanaman padi diantaranya yaitu :

  1. Serangan sundep mengakibatkan turunnya jumlah produksi. Dengan begitu, maka petani perlu segera mengendalikannya supaya tidak mengakibatkan dampak negatif secara berkelanjutan.
  2. Adanya serangan hama sundep mengakibatkan gangguan siklus tanam padi, sehingga memaksa petani untuk mengubah jadwal tanam ataupun memakai benih yang lebih tahan pada serangan tersebut.
  3. Padi yang terserang hama sundep umumnya akan cenderung kurang kompetitif di pasar karena baik kuantitas maupun kualitasnya tergolong sangat rendah.
  4. Serangan hama sundep terhadap tanaman padi akan mengakibatkan turunnya produksi pangan, sehingga dapat terjadi ketidakpastian dalam ketersediaan pangan yang mampu mempengaruhi ketahanan pangan di suatu wilayah.
  5. Tanaman padi yang terserang sundep cenderung menghasilkan bulir cacat atau bahkan tidak berkualitas, sehingga mengakibatkan hilangnya hasil panen.
  6. Kualitas gabah dapat menurun karena serangan sundep bisa merusak tekstur dan rasa padi.
  7. Petani akan merasakan kerugian secara finansial akibat menurunnya hasil dan kualitas panen, serta juga biaya untuk mengendalikan serangan hama sundep.

Obat Padi Sundep Rekomendasi Untuk Petani

obat,pestisida,insektisida,pestisida jenis insektisida,lmga agro
Obat Padi Sundep Rekomendasi Untuk Petani

Untuk mengatasi permasalahan serangan hama sundep, tentunya petani memerlukan solusi terbaik untuk mengendalikannya. Cara paling ampuh untuk mengendalikan serangan sundep adalah dengan menggunakan produk pestisida / obat insektisida.

Di pasaran sendiri telah banyak beredar produk pestisida jenis insektisida terbaik untuk petani. Nah, agar petani lebih mudah memperoleh obat padi sundep unggul maka Lmga Agro akan memberikan rekomendasi berbagai produk pestisida jenis insektisida dari berbagai produsen dengan jaminan reputasi terpercaya.

Contoh beberapa produk pestisida padi sundep paling ampuh rekomendasi Lmga Agro yaitu seperti :

  • Spontan 400 SL

Spontan 400 SL ialah obat pestisida jenis insektisida unggulan hasil keluaran PT Agricon. Produk insektisida ini didistribusikan oleh Agricon dengan merek dagang Agricon.

Obat pestisida Spontan 400 SL memiliki bentuk formulasi berupa pekatan suspensi dengan bahan aktif dimehipo 400 g/l. Obat Spontan 400 SL sudah teruji secara efektif dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok untuk petani gunakan.

Keunggulan utama dari Spontan yaitu efektif membasmi sundep, sehingga paling cocok menjadi obat insektisida pilihan utama petani.

Ingin merasakan & membuktikan sendiri kualitas obat padi sundep Agricon Spontan ? Beli segera obat padi sundep Spontan 400 SL sebelum Anda kehabisan hanya di Lmga Agro !!

Baca Juga : Katalog Sarana Pertanian Terlengkap Lmga Agro

  • Tenchu 20 SG

Tenchu 20 SG ialah obat pestisida jenis insektisida unggulan hasil keluaran PT Agricon. Produk insektisida ini didistribusikan oleh Agricon dengan merek dagang Agricon.

Obat pestisida Tenchu 20 SG memiliki bentuk formulasi berupa butiran dengan bahan aktif berupa dinotefuron 20 %. Obat Tenchu 20 SG sudah teruji secara efektif dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok untuk petani gunakan.

Keunggulan utama dari Tenchu yaitu efektif membasmi sundep, sehingga paling cocok menjadi obat insektisida pilihan utama petani.

Ingin merasakan & membuktikan sendiri kualitas obat padi sundep Agricon Tenchu ? Beli segera obat padi sundep Tenchu 20 SG sebelum Anda kehabisan hanya di Lmga Agro !!

  • Virtako 300 SC

Virtako 300 SC ialah obat pestisida jenis insektisida unggulan hasil keluaran PT Syngenta Indonesia. Produk insektisida ini didistribusikan oleh Syngenta dengan merek dagang Syngenta.

Obat pestisida Virtako 300 SC memiliki bentuk formulasi berupa pekatan suspensi dengan bahan aktif berupa klorantraniliprol 100 g/l & tiametoksam 200 g/l. Obat Virtako 300 SC sudah teruji secara efektif dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok untuk petani gunakan.

Keunggulan utama dari Virtako yaitu efektif membasmi sundep, sehingga paling cocok menjadi obat insektisida pilihan utama petani.

Ingin merasakan & membuktikan sendiri kualitas obat padi sundep Syngenta Virtako ? Beli segera obat padi sundep Virtako 300 SC sebelum Anda kehabisan hanya di Lmga Agro !!

  • Prevathon 50 SC

Prevathon 50 SC ialah obat pestisida jenis insektisida unggulan hasil keluaran PT FMC Indonesia. Produk insektisida ini didistribusikan oleh FMC dengan merek dagang FMC.

Obat pestisida Prevathon 50 SC memiliki bentuk formulasi berupa pekatan suspensi berwarna putih dengan bahan aktif berupa klorantraniliprol 50 g/l. Obat Prevathon 50 SC sudah teruji secara efektif dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok untuk petani gunakan.

Keunggulan utama dari Prevathon yaitu efektif membasmi sundep, sehingga paling cocok menjadi obat insektisida pilihan utama petani.

Ingin merasakan & membuktikan sendiri kualitas obat padi sundep FMC Prevathon ? Beli segera obat padi sundep Prevathon 50 SC sebelum Anda kehabisan hanya di Lmga Agro !!

  • Belt Expert 480 SC

Belt Expert 480 SC ialah obat pestisida jenis insektisida unggulan hasil keluaran PT Bayer Indonesia. Produk insektisida ini didistribusikan oleh Bayer dengan merek dagang Bayer.

Obat pestisida Belt Experts 480 SC memiliki bentuk formulasi berupa pekatan suspensi berwarna putih dengan bahan aktif fluebendiamida 240 g/l & tiakloprid 240 g/l.

Obat Belt Experts 480 SC sudah teruji secara efektif dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok untuk petani gunakan.

Keunggulan utama dari Belt Experts 480 SC yaitu efektif membasmi sundep, sehingga paling cocok menjadi obat insektisida pilihan utama petani.

Ingin merasakan & membuktikan sendiri kualitas obat padi sundep Bayer Belt Experts ? Beli segera obat padi sundep Belt Experts 480 SC sebelum Anda kehabisan hanya di Lmga Agro !!

  • Vayego 200 SC

Vayego 200 SC ialah obat pestisida jenis insektisida unggulan hasil keluaran PT Bayer Indonesia. Produk insektisida ini didistribusikan oleh Bayer dengan merek dagang Bayer.

Obat pestisida Vayego 200 SC memiliki bentuk formulasi berupa pekatan suspensi berwarna putih dengan bahan aktif tetraniliprol 200 g/l. Obat Vayego 200 SC sudah teruji secara efektif dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok untuk petani gunakan.

Keunggulan utama dari Vayego yaitu efektif membasmi sundep, sehingga paling cocok menjadi obat insektisida pilihan utama petani.

Ingin merasakan & membuktikan sendiri kualitas obat padi sundep Bayer Vayego ? Beli segera obat padi sundep Vayego 200 SC sebelum Anda kehabisan hanya di Lmga Agro !!

  • Abenz 22 EC

Abenz 22 EC ialah obat pestisida jenis insektisida unggulan hasil keluaran PT Advancia Indotani. Produk insektisida ini didistribusikan oleh Advancia dengan merek dagang Advancia.

Obat pestisida Abenz 22 EC memiliki bentuk formulasi berupa emamektin benzoat 20 g/l. Obat Abenz 22 EC sudah teruji secara efektif dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok untuk petani gunakan.

Keunggulan utama dari Abenz yaitu efektif membasmi sundep, sehingga paling cocok menjadi obat insektisida pilihan utama petani.

Ingin merasakan & membuktikan sendiri kualitas obat padi sundep Advancia Indotani ? Beli segera obat padi sundep Abenz 22 EC sebelum Anda kehabisan hanya di Lmga Agro !!

Baca Juga : Harga Bibit Pare Panah Merah Raden F1

Jual Obat Padi Sundep Harga Terjamin Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Obat Padi Sundep Harga Terjamin Terjangkau

Apabila pembaca sedang mencari produk obat padi sundep dengan jaminan berkualitas terbaik, maka Lmga Agro merupakan jawaban bagi Anda. Lmga Agro jual obat padi sundep dengan jaminan kualitas pasti unggul di kelasnya.

Toko onlie Lmga Agro menjamin bahwa seluruh produk obat padi sundep yang kami jual terjamin original dan harganya terjangkau. Harganya terjamin murah dan juga asli keluaran produsen pembuatnya.

Selain itu, Lmga Agro juga punya beraneka macam tips beserta trik terbaik dalam memaksimalkan pemakaian obat padi sundep. Dengan tips dan trik dari kami, maka nantinya Anda bisa memperoleh hasil maksimal dari pengaplikasian obat padi sundep.

Agar pesanan pestisida jenis insektisida pembasmi hama sundep sampai ke alamat tujuan, Lmga Agro menjalin kerjasama dengan mitra pengiriman terbaik bereputasi terpercaya.

Mitra pengiriman kami ini sudah mempunyai reputasi terpercaya, sehingga konsumen tak perlu meragukan kualitasnya. JNE, Pos Indonesia, J&T, dan juga KI8 adalah beberapa nama – nama mitra pengiriman rekanan Lmga Agro.

Dengan bantuan jasa mitra pengiriman tersebut, maka pesanan konsumen berupa obat padi sundep maupun pesanan lain dari Lmga Agro pun pastinya akan sampai hingga ke tangan konsumen.

Jadi, sekarang tunggu apalagi ? Segera saja meluncur dan hubungi kami sekarang juga untuk memesan produk obat padi sundep pilihan Anda sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel dengan topik bahasan utama obat padi sundep ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel kami kali ini bisa bermanfaat dan berdampak positif untuk Anda semua.

Jika masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Obat Padi Sundep Untuk Petani Gunakan ini, segera hubungi Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa lagi dalam artikel baru kami berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.