TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/07/14

SNOW WHITE BUNGA KOL DATARAN RENDAH CROP BESAR DAN CEPAT PANEN

snow white,dataran rendah,hasil tinggi,cepat panen,know you seed,kys,genjah,murah
BUNGA KOL F1 SNOW WHITE
Kubis bunga   merupakan tumbuhan   yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis  Brassica oleracea ( suku Brassicaceae ). Sebagai sayuran, tumbuhan ini lazim dikenal sebagai kembang ( bunga / cauliflower ) kol yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool.
     Kubis bunga ( Bunga Kol) berbentuk mirip dengan brokoli. Perbedaannya, kubis bunga memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Hanya "kepala" kembang kol yang lazim dimakan (dalam literatur berbahasa Inggris  disebut white curd). Pada dasar kepala tersebut terdapat daun-daun hijau yang tebal dan tersusun rapat. Kubis bunga juga mirip dengan kubis romanesco.
    Manfaat kembang ( Bunga ) kol merupakan sumber vitamin dan mineral dan lazimnya dimakan dengan dimasak terlebih dahulu, meskipun dapat pula dimakan mentah maupun dijadikan acar.
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), manfaat kembang ( bunga kol ) dalam secangkir kembang kol mentah dapat memasok 77% vitamin C dari "Acuan Konsumsi Makanan" (Dietary Reference Intake) bagi orang dewasa. Kembang ( bunga ) kol juga merupakan sumber penting protein, tiamin, riboflavin, niasan, kalsium, besi, magnesium, fosfor dan zink, serta sangat baik sebagai sumber serat makanan , vitaman B6, asam folatasam pantotenat, dan kalium. Sayur ini mengandung sedikit lemak jenuh, dan sangat sedikit kolesterol (kurang dari 1 g per kg).
Sebagaimana kubis-kubisan yang lain, kembang kol ( Cauliflower ) mengandung zat antigizi pula (goiterogen, "pembangkit kembung") sehingga perlu dipertimbangkan pembatasan konsumsinya.
     Kubis bunga merupakan tumbuhan semusim dengan daur hidup berlangsung minimal empat bulan dan maksimal setahun, tergantung tipenya, tipe summerspring atau tipe winter.
Saat ini tanaman tanaman Bunga Kol ( Cauliflower ) sudah banyak di Budidayakan oleh petani baik yang berada di lokasi dataran tinggi maupun di lokasi dataran rendah. Namun demikian bunga kol di Dataran Rendah termasuk termasuk Trend Baru tanaman di petani.  Walaupun Bunga Kol di dataran rendah ini termasuk tanaman yang baru namun demikian perkembangan penanamnya jauh lebih banyak di banding di dataran tinggi. Bahkan resep pengolahan bunga Kol sudah banyak di bukukan dan di cetak dengan baik dan inovatif dan bisa di dapatkan di berbagai toko buku seperti toko buku Gramedia. Dari segi variasi pengolahan bunga kol ( kembang / cauliflower ) ini  sangat bervariasi seperti sebagai bahan olahan : sayur bunga kol, jus bunga kol, bunga kol goreng, kripik bunga kol, sup bunga kol dll.
     Sebenarnya saat ini sudah banyak pabrikan yang mengeluarkan benih yang cocok di dataran rendah antara lain :  PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang )  bunga kol  F1 ORIENT, F1 LIBERTY,  PT. East West Seed ( Cap Panah Merah ) F1 PM 126, Sakata Seed Jepang F1 WHITE SHOT, Clouse F1 TEGAR, Known You Seed ( KYS ) F1 Snow White, Winon Seed F1 SPRING 46. Namun demikian pada kesempatan ini saya hanya akan membahas tentang Bunga Kol yang sangat cocok di tanam di dataran rendah dengan hasil yang  crop besar ( tinggi ) dan umur yang cepat panen ( genjah ). Produk ini adalah bunga kol hibrida ( F1 ) SNOW WHITE produk dari Known You Seed. Dari sekian banyak benih bunga kol dataran rendah yang ada, benih bunga kol Snow White ini termasuk mempunyai ukuran Crop yang luar biasa besar di bandingkan dengan bunga kol yang lain. Bunga kol F1 Snow White ini dapat di panen dengan ukuran ( Crop bersih tanpa daun ) mencapai 800 Gram/Tanaman, dalam tengang waktu panen 57 hari dari pindah tanam. 
     Pengalaman penulis yang sudah banyak mencoba tanam berbagai macam jenis bunga kol dataran rendah dari perbagai pabrikan jenis bunga kol F1 Snow White ini akan sangat cocok untuk mencari hasil tonase yang tinggi yaitu 800 Gram / Tanaman. Selain Crop yang besar juga bunga kol Snow White ini Cropnya sangat tahan terhadap serangan busuk hitam  yang biasanya menyerang bunga kol. selain itu bunga Kol / Cauliflower / Kembang Kol  F1 Snow White ini juga tahan terhadap penyakit busuk batang yang banyak menyerang kalau petani tanam saat musim penghujan terutama di bulan Januari -  April. Selain keunggulan di atas bunga Kol dataran rendah F1 Snow White  ini adalah tidak di jumpai adanya bulu-bulu halus yang biasanya berwarna ungu kehitaman terdapat pada benih bunga kol yang kurang adaptasi terhadap ketinggian lokasi tanam.
      Dengan dasar tersebut maka petani di dataran rendah akan sangat di untungkan apabila melakukan Budi daya dan penanaman dengan menggunakan benih bunga kol F1 Snow White, hasilnya pun akan semakin banyak dalam luasan yang sama apabila dengan dasar hasil 700 Gram / Crop, maka dalam setiap cropnya panen yang didapat lebih banyak hampir 200 Gram / Tanaman di bandingkan dengan benih Bunga Kol yang lain yang rata - rata hanya menghasilkan 500 Gram. Maka dengan jarak tanam 60 Cm x 60 Cm maka akan terdapat populasi sekitar 30.000 batang / Ha. Maka dengan hitungan kasar saja dalam 1 Ha akan terdapat selisih 30.000 batang x 200 Gram yaitu sebesar 6 ton / Ha, sungguh nilai yang lumayan hasilnya. 
       Siapa yang berani mencoba benih bunga Kol F1 Snow White ini, bisa menghubungi Toko Online LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Kami selain menyediakan Benihnya juga menyediakan Jasa Konsultasi Gratis untuk semua petani di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...