SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H, SEGENAP TEAM LMGA AGRO MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SELAMA HARI RAYA, KAMI LIBUR MULAI 10 - 24 JUNI 2018

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Senin, 28 Mei 2018

JUAL BIBIT SEMANGKA KUNING TM GOLDEN BUAH LONJONG

SEMANGKA KUNING TM GOLDEN, TM GOLDEN, SEMANGKA INUL TM GOLDEN
SEMANGKA KUNING
TM GOLDEN
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID -- Jual bibit semangka kuning TM Golden. Benih semangka kuning TM Golden dapat dibeli di Toko pertanian LMGA AGRO. Berminat budidaya semangka kuning TM Golden???. Hubungi P. Budi 082141747141; SMS/WA 08125222117.  LMGA AGRO juga menjual benih sayuran dan buah, pestisida, pupuk, sarana prasarana pertanian lengkap, menyediakan konsultasi gratis. Kami mengirim pesanan Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia.


SEMANGKA KUNING TM GOLDEN


Semangka kuning TM Golden merupakan semangka hibrida F1 dari PT. Tani Murni Indonesia. Termasuk kategori semangka inul kuning beradaptasi untuk dataran rendah sampai sedang. Buah berbentuk lonjong dengan warna hijau kehitaman. Daging buah semangka kuning TM Golden berwarna kuning orange, rasa manis dan renyah.

Pertumbuhan tanaman semangka TM Golden kuat dan mudah membentuk buah dengan berat buah 3 - 4 kg. Setiap tanaman dapat dibuahkan 2 - 3 buah dan memiliki daya tahan simpan dan transportasi yang tinggi. Tanaman memiliki ketahanan terhadap penyakit busuk batang.

Panen buah semangka kuning TM Golden sekitar 60 hari setelah tanam. Benih semangka kuning TM Golden dari Tani Murni tersedia dalam kemasan 20 gram.

MANFAAT SEMANGKA KUNING TM GOLDEN


Semangka kuning merupakan buah asli dari daratan Afrika Selatan. Semangka kuning merupakan salah satu jenis semangka yang memiliki daging buah berwarna kuning dan kandungan air sampai 90%. Buah berasa manis dan tidak kalah segar dengan semangka merah pada umumnya.

Bentuk buahnya lonjong berwarna hijau tua dan bercorak. Warna bijinya berwarna putih. Manfaat mengkonsumsi semangka kuning TM Golden antara lain :

Semangka kuning mengandung vitamin A tinggi sehingga baik untuk kesehatan mata.
  • Semangka kuning mengandung senyawa citruline yang dapat bereaksi dengan senyawa kimia lain dalam tubuh dan dapat melancarkan pembuluh darah lebih fleksibel.
  • Semangka kuning TM Golden  mengandung asam amino yang cukup tinggi dan baik bagi kesehatan jantung.
  • Semangka kuning memberikan efek deuretic yang melancarkan fungsi ginjal sehingga dapat melancarkan buang air kecil.
  • Semangka kuning TM Golden mengandung kalium yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi agar dapat normal.

SEMANGKA INUL KUNING


Semangka kuning TM Golden masuk kategori semangka inul kuning atau semangka pepaya hibrida merupakan semangka yang memiliki bentuk dan ukuran sama seperti pepaya. Bentuk buah lonjong dan warna buah hijau tua memiliki berat buah rata-rata 2.5 - 3.5 kg.

Menanam buah semangka inul kuning memiliki keuntungan dapat menghemat lahan bentuk buah yang lebih pendek dibandingkan buah semangka yang bulat. Usia panen semangka inul kuning juga lebih cepat 1 minggu daripada semangka merah.

Perawatan budidaya semangka inul kuning lebih mudah namun diperoleh berat buah yang maksimal. Dalam satu tanaman dapat berbuah 2 - 3 buah. Selain itu buah mudah ditranspotasi dalam keadaan utuh.

Semangka inul dapat ditanam pada daerah dengan ketinggian tempat mulai 20 - 500 m dpl. Lahan yang ideal adalah yang terpapar sinar matahari minimal 8 jam per hari. Tekstur tanah gembur, kaya akan unsur hara dan memiliki pH tanah normal antara 5.5 - 7.5 juga diusahakan penanaman agak jauh dari tepi pantai agar terhindar dari aerosol air asin.

BACA JUGA : SEMANGKA INUL

PENGOLAHAN TANAH CARA MENANAM SEMANGKA KUNING TM GOLDEN


Persiapan lahan untuk budidaya semangka kuning TM Golden ini adalah tanah diolah dengan cara dibajak. Bertujuan untuk mendapatkan tanah yang gembur dan kandungan unsur hara tercampur merata. Tanah dibajak dengan kedalaman 20 cm untuk memutus rantai hidup jamur dalam tanah.

Bersamaan pengolahan tanah dibuat juga bedengan, jarak antar bedengan 1 - 2 meter. Dan sepasang bedengan diberi jarak 30 - 50 cm sebagai aliran air. Sedangkan jarak antar bedengan yang lebar tersebut untuk memudahkan dalam perawatan tanaman semangka.

Setelah selesai dibuat bedengan, dibiarkan selama 3 hari agar terpapar sinar matahari dan untuk mematikan siklus hidup patogen tanah yang merugikan tanaman.

PUPUK DASAR BUDIDAYA TANAMAN SEMANGKA KUNING TM GOLDEN


Pemberian pupuk dasar bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan unsur hara dalam tanah. Pupuk dasar yang berikan adalah campuran pupuk organik ( kompos/pupuk kandang ) dengan pupuk kimia ( TSP, NPK, ZA, Urea ).

Sebelum pemupukan dasar, pH tanah dicek. Apabila kurang dari 5.5 maka perlu ditambahkan dahulu Dolomit. Lalu tanah dibiarkan selama 3 hari dan biarkan bedengan tersiram air hujan. Setelah penjemuran selesai, bedengan ditaburkan pupuk dasar dan diaduk merata dengan tanah.

Bedengan selanjutnya diberi tutup mulsa agar kelembaban tanah stabil dan menjaga kebersihan kebun. Pemakaian mulsa bisa digantikan dengan jerami. Membuat lubang tanam dengan jarak tanam 20 - 30 cm dan jarak antar lubang tanam 1 meter.

PERSEMAIAN BENIH SEMANGKA KUNING TM GOLDEN


Benih yang dikeluarkan dari kemasan sebaiknya dipotong ujung benih untuk memudahkan perkecambahan benih. Benih semangka yang keras, bagian ujung dipotong dengan pemotong kuku. Lalu benih dibungkus kain dan direndam dalam larutan Vitaflora 100 ml sebanyak 5 cc/liter air selama 10 jam.

Setelah 10 jam, benih diperam dalam kertas sampul coklat atau koran selama kurang lebih 2 hari hingga tumbuh akar dan siap dipindahkan ke tempat semai.

Tempat semai benih semangka kuning TM Golden yaitu polybag berisi media tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 1. Benih yang disemaikan bagian ujung calon akar ( yang dipotong ) yang ditancapkan pada media. Sebelumnya media semai diayak hingga halus. Media disiram air dulu agar mudah dalam penanaman benih.

Penanaman Benih Semangka Kuning TM Golden


Setelah semua benih semangka TM Golden sudah ditanam, polybag ditata rapi menghadap ke timur. Lakukan penyiraman rutin setiap pagi hari menggunakan sprayer, gembor atau disiram dengan perlahan dan hati-hati agar bibit tidak mati/rusak.

Bibit yang telah tumbuh 2 - 3 helai daun, atau sekitar 7 hari maka bibit siap dipindah ke lahan tetap. Pemindahan dilakukan pagi atau sore hari saat cuaca cerah, tidak hujan juga tidak terik matahari. Penyulaman bibit yang mati atau sakit, setelah 5 - 10 hari dari penanaman.

PEMUPUKAN SUSULAN BUDIDAYA SEMANGKA KUNING TM GOLDEN


Pemupukan susulan pertama dilakukan pada umur 7 hari setelah tanam dan pemupukan selanjutnya dilakukan dengan interval 7 hari sekali. Pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK yang dilarutkan dalam air dengan takaran 1 gelas pupuk NPK dilarutkan dalam 35 - 40 liter air bersih.

Pemberian pupuk selanjutnya, takaran pupuk ditambah menjadi 2 - 3 gelas dan interval pemberian menjadi 10 - 14 hari sekali.

Penyiraman dilakukan dengan 7 hari sekali atau disesuaikan dengan kondisi lahan dan cuaca. Bila sudah tumbuh buah sebesar telur ayam, penyiraman menjadi setiap 5 hari sekali.

Penyiangan  tanaman semangka kuning TM Golden tetap dilakukan walaupun bedengan ditutupi mulsa plastik atau jerami. Membersihkan lahan dari rumpu-rumput yang tumbuh, dilakukan setiap 3 - 4 minggu sekali. Dapat dilakukan bersamaan dengan pengairan atau pemupukan.

Penataan sulur semangka kuning TM Golden dilakukan karena banyak sekali sulur yang tumbuh pada tanaman semangka. Sulur-sulur tersebut yaitu 3 buah sulur utama/primer yang membentuk huruf W dan sulur sekunder, yaitu sulur cabang dari 3 sulur utama. Sulur yang tumbuh ke samping diluruskan ke depan dan diusahakan antar sulur tidak bergandengan. Penataan sulur ini memudahkan dalam seleksi buah nanti.

BACA JUGA : SEMANGKA NON BIJI AMARA, FAVORIT PENANAM SEMANGKA

CARA SELEKSI BUAH SEMANGKA KUNING TM GOLDEN


Pada saat tanaman semangka berumur 1 bulan, akan tumbuh bunga yang terdiri dari bunga jantan dan betina. Bunga jantan tersedia serbuk sari dan bunga betina terdapat putik dan bakal buahnya.

Di musim kemarau, proses perkawinan Semangka kuning TM Golden  bunga jantan dan betina terjadi secara alami. Sedangkan pada musim hujan, proses perkawinan tersebut dibantu manusia secara manual.

Pemilihan bakal buah semangka kuning TM Golden dipilih yang berpotensi berbuah besar, yaitu buah yang jauh dari akar tanaman. Bakal buah yang dipilih terletak pada daun ke-11 sampai 14 dan terletak pada 3 sulur utama. Pemilihan buah ditunggu sampai buah sebesar telur ayam guna memastikan telah tumbuh buah.

Pemilihan buah semangka kuning TM Golden juga dapat pada bakal buah yang tumbuh pada sulur sekunder atau yang dekat akar, apabila pada 2 tempat tadi tidak ada bakal buah yang jadi. Pada satu tanaman, dapat dipertahankan 2 - 3 buah yang baik dan bentuknya proporsional, disesuaikan kondisi dan kesuburan tanaman.

Perempelan Sulur Sekunder Semangka Kuning TM Golden


Setelah  mendapatkan 2 - 3 buah yang diinginkan, saatnya melakukan perempelan sulur sekunder. Perempelan di tanaman semangka TM Golden ini bertujuan agar unsur hara yang diserap tanaman dapat terpusat untuk pembentukan buah agar maksimal tumbuhnya.

Perempelan tanaman semangka TM Golden dilakukan pada pagi hari dan menyisakan paling sedikit satu daun pada pangkal sulur yang dipotong.

Pembalikan Buah Semangka Kuning TM Golden Secara Teratur


SEMANGKA KUNING TM GOLDEN, TM GOLDEN, SEMANGKA INUL KUNING
BENIH SEMANGKA
TM GOLDEN
Pembalikan buah secara teratur ini dilakukan beberapa petani untuk semangka ekspor. Guna mendapatkan penampilan warna hijau tua yang merata. Buah semangka yang ditemui terdapat sisi yang berwarna pucat maka dimungkinkan bagian sisi tersebut tidak terkena sinar matahari.

Petani yang rutin membalikkan buah semangkanya dilakukan setiap 4 - 7 hari sekali. Bagian sisi yang pucat tersebut bukan karena belum matang, namun karena sisi tersebut tidak terpapar sinar matahari.

Buah semangka yang akan dipanen harus terpapar sinar matahari. Semangka kuning TM Golden dapat dipanen saat berumur 60 hari setelah tanam.

Demikian ulasan kami tentang benih semangka kuning TM Golden dari Tani Murni dan uraian singkat tentang hal-hal yang perlu diketahui dalam budidayanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA : BUDIDAYA SEMANGKA AMARA CAP PANAH MERAH

Anda dapat membeli benih semangka kuning TM Golden di Toko Online LMGA AGRO, dengan menghubungi Bapak Budi 082141747141; SMS/WA 08125222117.

Toko pertanian LMGA AGRO juga  menjual benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap. Kami siap mengirim ke seluruh  wilayah Indonesia dengan cepat dan tepat. LMGA AGRO juga melayani konsultasi Pertanian secara Gratis.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...