TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/10/22

Benih Cabe Rawit ORI 212 Aura Seed Terbaik Harga Murah - LMGA Agro

cabe rawit, benih cabe rawit, ORI 212, Aura Seed, cara menanam cabe rawit, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih ORI 212

Benih Cabe Rawit ORI 212 Aura Seed Terbaik Harga Murah - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telpon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih cabe rawit ORI 212 produk Aura Seed. 

Benih cabe rawit ORI 212 produk Aura Seed harga murah. Produk terbaru dan berkualitas cabe rawit dengan rasa sangat pedas dan hasil panen tinggi. 

Jual benih terbaik dan berkualitas jenis cabai rawit ORI 212. Beli segera benih bibit cabe rawit 212 harga murah di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. 

Kios pertanian terdekat LMGA Agro produk pertanian lengkap. Antara lain benih hibrida tanaman sayur dan buah. Menyediakan beragam jenis pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian sarana prasarana. 

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah barang terjamin aman. Dapatkan promo menarik kebutuhan bercocok tanam harga murah andalan petani. 

Benih cabe rawit ORI 212 produk terbaik Aura Seed. Benih berkualitas tahan penyakit dan potensi hasil panen tinggi. Benih cocok untuk dataran rendah hingga menengah. Buah tumbuh lebat dan mudah perawatannya. 

Cabe rawit salah satu sayuran dengan nilai komoditi yang tinggi. Hal ini karena cabai sangat penting dan menjadi kebutuhan masyarakat setiap hari. 

Harga cabe selalu menguntungkan bagi petani baik saat sedang tinggi maupun sedang menurun. Harga menurun karena ketersediaan cabai di pasaran cukup banyak.

Tantangan budidaya cabe rawit cukup rumit namun semangat Petani untuk tidak mundur dalam budidaya cabai tetap tinggi. Hal ini karena cabe rawit ini merupakan kebutuhan penting masyarakat. 

Cabe Rawit Benih ORI 212 dari Aura Seed 

cabe rawit, benih cabe rawit, ORI 212, Aura Seed, cara menanam cabe rawit, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Rawit Siap Jual 
Cabe rawit ORI 212 produk benih Aura Seed merupakan jenis cabe rawit favorit Petani. Jenis cabe rawit dari benih ORI 212 Aura Seed favorit dan kesukaan Petani. 

Hasil cabe ORI 212 juga favorit pedagang pengepul karena tekstur cabai yang padat dan berbiji banyak sehingga rasa sangat pedas. 

Cara menanam cabe rawit benih ORI 212 cocok untuk dataran rendah sampai menengah. Hasil buah cabe ORI 212 silindris memanjang.  

Permukaan kulit buah bergelombang dan keras. Warna buah cabe rawit ORI 212 saat muda berwarna putih kekuningan. Saat matang akan berubah menjadi berwarna merah. 

Cabai rawit ORI 212 Aura Seed sangat pedas. Panjang cabe yaitu 3,2 - 3,6 cm. Umur panen sekitar 90 - 95 HST. 

Keistimewaan benih ORI 212, tanaman cukup tahan serangan penyakit terutama penyakit Patek atau antraknose.  

Syarat tumbuh cabe rawit yaitu memiliki daya adaptasi cukup luas. Umumnya cabe rawit dapat tumbuh semua dataran tinggi tergantung varietas tanaman. 

Keasaman tanah ( pH ) ideal yaitu 5,5 - 6,5. Hampir semua jenis tanah cocok untuk menanam cabai namun paling baik adalah tanah humus dan kaya unsur hara. 

Drainase dan aerasi tanah cukup baik dan air cukup tersedia selama pertumbuhan hingga panen. Tanaman cabai membutuhkan cahaya matahari penuh sepanjang hari. 

Intensitas penyinaran kebutuhan cabai yaitu lebih dari 70%. Jika kurang mendapatkan sinar matahari maka tanaman terus tumbuh tinggi. 

Daun menjadi lemas sampai umur panen lebih lama dan produksi rendah.  

Baca Juga : Jual Benih Cabe Rawit Madun Mutiara Bumi

Cara Menanam Cabe ORI 212

cabe rawit, benih cabe rawit, ORI 212, Aura Seed, cara menanam cabe rawit, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Sehat

Cara menanam cabe rawit pertama yaitu mempersiapkan persemaian cabe rawit. Persemaian menggunakan media dari campuran tanah, pupuk kandang atau kompos dan sekam bakar. 

Perbandingan tanah : pupuk : sekam = 3 : 2 : 1. Guna mencegah serangan penyakit, media semai harus dalam kondisi steril. 

Cara sterilisasi media yaitu kukus media atau dapat Anda jemur saat terik matahari. Kemudian setelah cukup mendapatkan panas, dinginkan media. 

Selanjutnya masukkan pada wadah persemaian bisa menggunakan polybag plastik atau tray semai. Siram media dengan air secukupnya. 

Wadah untuk menyemai benih antara lain yaitu polybag kecil, kantong plastik, daun pisang, gelas aqua hingga baki semai/tray semai. Toko pertanian LMGA Agro jual wadah semai harga murah. 

Persiapan Benih untuk Penyemaian

Sebelum persemaian benih, rendam dahulu benih dalam air hangat kuku bersuhu 45 - 50 derajat Celcius. Rendam selama 1 jam untuk mempercepat perkecambahan benih. 

Selain merendam dalam air hangat, dapat juga rendam dalam larutan fungisida Previcur N dosis 1 - 2 cc per liter selama satu jam. 

Perendaman menggunakan larutan fungisida ini terbukti dapat mencegah serangan jamur juga mempercepat perkecambahan. 

Selama perendaman nanti, tampak ada benih terapung pertanda bukan benih yang sehat dan harus dibuang. Tiriskan benih dan keringanginkan pada selembar kertas koran. 

Tata benih pada lertas koran dan usahakan tidak saling tumpang tindih sekaligus benih tidak lengket pada tangan nantinya. 

Baca Juga : Jual Cabe Shypoon Terbaik Berkualitas Menguntungkan Petani

Penyemaian Benih

cabe rawit, benih cabe rawit, ORI 212, Aura Seed, cara menanam cabe rawit, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih Cabe

Masukkan satu per satu benih dalam wadah semai. Tutup dengan tanah lalu tutup dengan kain goni, karung plastik, kertas koran atau daun pisang untuk mempertahankan kelembabannya. 

Selama menunggu benih berkecambah, siramkan air lewat atas pentup tadi dan air akan menetes ke benih. Sehingga benih tetap terjaga dari kerusakan akibat percikan air. 

Benih nanti akan berkecambah dalam waktu 5 - 7 hari setelah tanam. Buka penutup benih dan berarti bibit telah cukup kuat tumbuh besar. 

Teruskan penyiraman air setiap hari dengan hati-hati sampai tanaman muncul 4 - 5 helai daun atau sekitar 30 hari. Waktu tersebut pertanda bibit sudah dapat pindah ke lahan tetap. 

Selama menunggu bibit tumbuh daun, biasanya melakukan persiapan lahan. Yaitu dengan mencangkul atau membajak lahan untuk menanam cabe rawit. 

Atau bila Anda ingin menanam cabe rawit dalam polybag maka saat menunggu bibit tumbuh, Anda dapat melakukan persiapan menanamnya. 

Media untuk cara menanam cabe rawit dalam polybag yaitu menggunakan media campuran tanah dan pupuk kandang/kompos ( 1 : 1 ). 

Jika tanah cukup padat maka tambahkan sekam bakar atau sekam yang sudah lapuk dengan perbandingan 3 : 2 : 1. Gunakan polybag besar berukuran 40 x 50 cm untuk menanam bibit cabe rawit.  

Waktu untuk menanam atau pindah tanam bibit cabe rawit sebaiknya pada sore hari. Karena bibit mempunyai banyak waktu untuk beradaptasi pada tempat baru. 

Bibit siap tanam yaitu telah berumur 30 HST dan telah ada sebanyak 4 - 5 daun. Sebelum pindah tanam, siram dahulu bibit agar mudah saat pemindahan. 

Baca Juga : Dosis Pupuk KNO3 Merah untuk Cabe dengan Produk CPN Pak Tani

Cara Merawat Cabe Rawit yang Baik dan Benar

cabe rawit, benih cabe rawit, ORI 212, Aura Seed, cara menanam cabe rawit, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Bibit Cabe Sehat

Cara merawat cabe rawit menjadi salah satu kunci keberhasilan budidaya cabe. Perawatan ini harus disiplin, meliputi penyiraman, pemangkasan, penyulaman, penyiangan, pemupukan sampai panen. 

Penyiraman cara merawat cabe rawit yaitu setiap hari sekali atau dua kali tergantung kondisi cuaca. Penyiangan gulma dua minggu sekali tergantung juga kondisi lahan. 

Buanglah rumput dan daun-daun yang gugur, bersihkan lahan agar tidak menjadi sarang hama dan penyakit.

Pemangkasan cabe yaitu pada tunas sampimg dan sebagian daun pada ketinggian pohon cabe 15 - 25 cm dari tanah. Pemangkasan daun agar tidak kena percikan air penyiraman dan menempel lama. 

Saat air menempel pada daun paling bawah dan bercampur tanah mengakibatkan daun kena jamur sehingga menyebabkan penyakit. Pemangkasan membuat batang lebih kokoh dan kuat. 

Pertumbuhan tanaman atas juga menjadi lebih baik dan melancarkan sirkulasi udara. Pemasangan ajir atau lanjaran untuk menahan tegaknya tanaman agar tidak roboh saat kena angin atau hujan. 

Ajir sebagai penopang tanaman cabe berasal dari kayu bambu atau kayu jenis lainnya asalkan ajir harus kuat menahan tanaman. Ikat tanaman ke ajir menggunakan tali.   

Pemangkasan menggunakan gunting tanaman yang tajam. Gunting juga pucuk tanaman untuk membuat struktur tanaman lebih terjaga. Namun jangan potong daun atau buah masih muda. 

Pemangkasan cukup satu bulan sekali. Jagalah selalu kebersihan kebun karena tanaman cabe rentan serangan hama dan penyakit. Lakukan pengamatan setiap hari untuk melihat perkembangan tanaman.

Baca Juga : Fungisida yang Bagus Untuk Cabe Acrobat 50 WP  dari PT BASF

Pemupukan Cabe 

cabe rawit, benih cabe rawit, ORI 212, Aura Seed, cara menanam cabe rawit, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 

Pemupukan cabe bertujuan mendapatkan buah cabai lebat dan menyediakan unsur hara bagi tanaman. Pupuk untuk tanaman cabai rawit biasanya Petani menggunakan NPK 15-15-15. 

Pupuk NPK ini bagus untuk merangsang pertumbuhan daun dan buah cabai. Selain pupuk NPK 15-15-15, Anda juga bisa menggunakan pupuk NPK Mutiara 16-16-16. 

Takaran pemakaian pupuk NPK yaitu siapkan satu liter air dan berikan satu sendok pupuk NPK dan aduk sampai larut. Selanjutnya kocorkan ke tanaman sebanyak 200 ml per tanaman. 

Perhatikan bahwa cara mengocorkan pupuk ke tanaman tidak langsung ke batang tanaman namun pada tanahnya. Pengocoran kena tanaman mengakibatkan tanaman stress, bunga rontok dan daun layu. 

Pemupukan cabe setelah pindah tanam yaitu berumur 1 bulan. Pupuk NPK sebanyak 10 gram larutkan dalam satu liter air. Kocorkan ke tanaman sebanyak 200 ml dan interval 10 hari sekali. 

Air cucian beras, air cucian daging atau ikan, pupuk dari urine ternak dapat Anda pakai sebagai pupuk tambahan. Untuk air cucian beras dan daging/ikan sebaiknya lakukan penyaringan dahulu. 

Sedangkan untuk urine ternak harus melalui tahap fermentasi dahulu. Tambahkan bila perlu vitamin untuk nutrisi tanaman cabe agar cepat berbuah dan panen. 

Pemupukan susulan tanaman cabe yaitu setiap 2 minggu sekali hingga panen. Sambil mengocorkan pupuk, lakukan pembumbunan tanah untuk menutup akar tanaman.  

Sebab tanah akan selalu terkikis oleh air siraman atau air hujan sehingga akar akan muncul di permukaan. Sehingga pembumbunan dapat menutup akar sekaligus menguatkan tanaman. 

Baca Juga : Obat Patek Cabe Paling Ampuh Fungisida Copcide 77 WP PT Tanindo

Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman ( OPT ) Cabe Rawit

Pemakaian pestisida organik dan alami terbuat dari bawang putih dapat mencegah hama menyerang tanaman cabe rawit. Semprotkan campuran dari air dan bawang putih. 

Aroma bawang putih sangat kuat dan hama tidak menyukainya. Siapkan air sebanyak 250 ml dan satu siung bawang putih. Gunakan semprotan atau sprayer sebagai alat semprotnya. 

Potong bawang putih dalam ukuran kecil-kecil, masukkan air lalu diamkan selama 10 menit agar bawang putih meresap ke air. Larutan bawang putih ini pemakaian sampai 3 minggu. 

Semprotkan merata seluruh daun tanaman sehingga aroma bawang putih menyebar dan mencegah penyerangan hama. Semprotkan sebanyak 2 kali dalam satu minggu

Bila terdapat serangan hama maka semprotkan setiap hari. Pengendalian hama dan penyakit dapat Anda lakukan sebelum serangan terjadi atau saat tanaman sakit. 

Penyemprotan pestisida secukupnya dan jangan terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan banyak kerugian bagi tanaman dan lingkungan. Penyemprotan bahkan sampai panen tiba. 

Cara merawat cabe rawit yang baik dan benar serta tepat maka tidak sampai satu bulan, tanaman akan berbuah lebat dan segera panen. 

Hama utama tanaman cabai yaitu ulat tanah, ulat grayak, ulat buah, kutu kebul, kutu daun, thrips dan tungau. 

Penyakit utama tanaman cabai yaitu virus kuning, kusuk buah Antraknose, Layu Fusarium, layu bakteri, bercak daun serkospora dan rebah kecambah. 

Manfaat Cabe Rawit

cabe rawit, benih cabe rawit, ORI 212, Aura Seed, cara menanam cabe rawit, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Cabe Rawit 

Cabe rawit rasa pedasnya begitu khas dan beberapa kadang tidak kuat akan pedas cabe rawit. Namun rasa pedas tersebut ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Manfaat cabe rawit dan rasa pedasnya mampu melegakan hidung tersumbat, meningkatkan imunitas tubuh dan berguna untuk membakar lemak tubuh. 

Manfaat cabe rawit berasal dari banyaknya zat gizi penting dalam buah cabe. Pemakaian cabe adalah sebagai bumbu pelengkap dalam masakan. 

Buah cabai mengandung banyak senyawa bergizi dan berperan sebagai antioksidan. Antara lain : capsaicin pembawa rasa pedas, karotenoid, violaxanthin dan lutein. 

Buah cabai juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, B6, C dan Kalium. Meski menyehatkan bagi tubuh namun sebaiknya tidak mengkonsumsi cabai secara berlebihan. 

Pertama, bahwa konsumsi berlebihan dapat mengganggu pencernaan kita. Berikan secara bertahap untuk mengenalkan rasa pedas pada anak-anak. 

Manfaat cabe rawit bagi kesehatan antara lain : 

1. Mengatasi Hidung Tersumbat

Manfaat cabai langsung mudah terasa adalah hidung tersumbat menjadi lega. Hal ini berasal dari rasa pedas yang memberikan sensasi khas karena ada kandungan capsaicin. 

Kandungan capsaicin dalam cabe membantu meredakan pembengkakan pada saluran nafas. Selain itu juga membantu mengencerkan dahak sehingga mudah untuk keluar. 

2. Menyembuhkan dan Meredakan Nyeri

Peran capsaicin selain meredakan hidung tersumbat juga mampu meredakan rasa sakit. Manfaat inilah membuat cabai menjadi bahan untuk salep/krim pereda nyeri otot dan sendi. 

Capsaicin memberikan sensasi panas saat kita oleskan pada kulit yang nyeri. Terasa neyri otot dan sendi akan berkurang. 

3. Manfaat Cabe Rawit Sebagai Imunitas Tubuh

Vitamin C dalam cabai bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh bahkan lebih banyak daripada buah jeruk. 

Vitamin C membuat imunitas tubuh meningkat sehingga tubuh tidak mudah sakit karena terkena infeksi, bakteri atau kuman penyakit. 

4. Mampu Menurunkan Berat Badan

Memakan masakan pedas atau makan cabe langsung mampu membantu menurunkan berat badan. Kandungan cpasaicin mempu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh. 

5. Mampu Melawan Radikal Bebas

Capsaicin bersama vitamin C memiliki efek antioksidan dan antiradang dalam tubuh. Selain itu juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas tinggi juga penyebab sakit jantung. 

6. Mencegah Penyakit Kanker

Peran capsaicin mampu melawan sel kanker karena sifat antioksidan yang mampu membunuh beberapa sel kanker. Antara lain kanker usus besar, hati, paru-paru dan pankreas. 

Namun terdapat orang penderita sindrom iritasi usus besar merasakan sakit perut dan diare bila mengkonsumsi cabai cukup banyak. 

Benih Cabe Rawit ORI 212

Waktu panen cabai saat masak 90% sekitar umur 70 - 120 HST tergantung dari varietas dan ketinggian tempat menanamnya. Budidaya cabai dataran rendah panen lebih cepat yaitu sekitar 70 HST. 

Sedangkan penanaman pada dataran tinggi waktu panen sekitar 120 HST. Panen cabai berulang kali setiap 3 - 7 hari sekali tergantung lebatnya cabai. 

Waktu panen cabai sebaiknya tidak saat terik matahari jadi lakukan pagi hari atau sore hari. Panen cabai muda atau berwarna hijau saat buah terasa keras. 

Panen cabe muda berjarak 1 bulan sebelum cabe berubah warna merah. Panen cabai dapat panen hasilnya sampai 20 kali dan per tanaman menghasilkan 0,7 - 1,5 kg cabai. 

Demikian artikel judul : Benih Cabe Rawit ORI 212 Aura Seed Terbaik Harga Murah - LMGA Agro. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Toko pertanian online LMGA Agro terdekat jual benih cabe rawit ORI 212 produk Aura Seed. Benih tahan penyakit berkualitas terbaik.

Segera beli sekarang benih cabe rawit ORI 212 produk pertanian harga murah dan grosir lengkap. 

Menyediakan beragam varietas benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT sampai alat pertanian sarana dan prasarana bercocok tanam. 

Kami menerima konsultasi gratis pertanian. Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang cabe rawit ORI 212 dari Aura Seed. Salam sukses....

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.