BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/09/2017

Read

Butternut Squash Labu Madu, Daging Buah Manis dan Lembut


labu madu f1, labu madu, benih labu, benih labu madu, jual labu madu,labu madu murah, labu madu terbaik
LABU MADU
Butternut Squash Labu Madu, Daging Buah Manis dan Lembut. Butternut squash Labu Madu jadi peluang usaha terbaru dan menjanjikan petani di Indonesia. Toko LMGA AGRO Sms / Wa : 0812 - 5222 - 117 jual benih labu madu Panah Merah harga murah. 

Butternut Squash jadi salah satu bahan makanan cukup populer di masyarakat terutama kalangan menengah ke atas. 

Jenis labu ini dapat dibilang sangat unik. Bentuknya tidak bulat seperti labu-labu pada umumnya melainkan berbentuk seperti kacang tanah. Selain itu, rasa labu madu juga manis dan bertekstur lembut seperti mentega saat sudah dimasak. 

Labu ini sangat istimewa, keberadaannya masih jarang ditemui di pasaran. Jangkauan pasarnya pun masih sempit dan terkadang hanya tersedia di pasar-pasar buah tertentu saja.

Meskipun begitu labu ini sangat menjanjikan untuk dibudidayakan dan peluang budidayanya tentu masih terbuka sangat lebar bagi siapa saja yang berminat. 

Tak harus petani, siapapun bisa asalkan punya niat sungguh-sungguh dalam membudidayakannya, pasti akan berhasil.

Butternut squash atau labu madu mulai diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 2013-an. 

Jenis labu ini berasal dari daerah Waltham, Amerika Serikat. Labu butternut termasuk golongan tanaman semusim dari keluarga Cucurbitaceae. Tanaman labu tumbuh merambat dan menjalar. 

Namun, tidak seperti keluarga Cucurbitaceae lainnya, budidaya labu madu masih belum banyak dilakukan oleh petani sehingga keberadaannya sangat sulit ditemukan di pasaran. 

Saat ini, hanya ada beberapa daerah tertentu saja yang telah membudidayakan labu secara eksklusif. Bertindak juga sebagai penampung labu madu di daerah Cianjur (Jabar), Bojonegoro (Jatim), Pekanbaru (Riau), dan Lampung. Sedangkan daerah-daerah lainnya masih dalam tahap perkembangan.


Peluang Usaha Labu Madu Yang Menjanjikan


Buah labu (Butternut squash) kaya labu madu manfaat dan sumber gizi. Buah labu mengandung serat yang tinggi, anti oksidan, beta karoten, kalium, mangan, kalori, karbohidrat, vitamin A, C dan vitamin B kompleks. 

Manfaat labu madu antara lain menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan daya penglihatan, memperkuat tulang.

Labu Madu juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, mengontrol gula darah, menurunkan berat badan (makanan diet) dan dapat juga sebagai MPASI (Makanan Pengganti ASI) bagi bayi.

Budidaya labu madu atau butternut squash memiliki peluang besar untuk menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Harga labu madu per kg butternut sangat tinggi dibanding jenis labu biasa. Di tingkat petani, harga labu madu per kg yaitu Rp 50 - 70 ribu / kg sedangkan di pasaran dapat mencapai Rp 100 - 130 ribu / kg. 

Hal ini juga didukung pula dengan potensi hasil tanaman tinggi sekitar 10 kg/tanaman. Jadi, bisa dibayangkan kan berapa kira-kira keuntungan yang didapat dari budidaya labu butternut ini. Cukup menjanjikan bukan?

Teknik dan budidaya labu madu tergolong mudah, tidak rumit dan tidak berbeda dengan labu-labu umumnya. Tanaman labu membutuhkan para-para atau tralis sebagai tempat perambatan sekaligus untuk menjaga buahnya agar kualitasnya terjaga. 

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya labu madu. Salah satunya yaitu pengendalian terhadap hama dan penyakit. Hama dan penyakit yang sering menganggu tanaman labu adalah kumbang oteng-oteng sedangkan penyakit layu bakteri dan layu fusarium

Maka dari itu, pengecekan rutin selama budidaya harus diperhatikan mulai dari tahap awal sampai akhir proses budidaya. 


Budidaya Labu Madu East West Terbaik


Cara pengendalian hama pada tanaman labu ini cukup mudah, dapat dilakukan dengan memungut hama tersebut dan langsung memusnahkannya.  Pengendalian hama dengan penyemprotan insektisida pada pagi dan sore hari. Untuk pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan memperhatikan sanitasi lahan dengan baik.

Labu Madu akan memasuki musim panen saat tanaman sudah berusia 75-90 hari setelah tanam. Ciri-ciri labu yang siap panen adalah buah dan tangkai pada pangkal buah berubah warna dari hijau menjadi kuning kecoklatan. 

Pemanenan dapat dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan pisau atau memetiknya langsung. Buah labu memiliki daya simpan cukup lama mencapai 6 bulan dan tingkat kemanisannya akan meningkat setelah buah ini disimpan minimal 2 bulan setelah panen.

Budidaya labu madu atau butternut squash saat ini menjadi trend baru. Labu madu semakin digemari masyarakat. Selain karena rasanya yang lembut dan manis, bentuk buahnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri. 

Masih sedikitnya pembudidaya labu madu, menjadikan komoditas ini masih memiliki nilai ekonomis yang tinggi. 

Jenis labu yang telah beredar di pasaran pun masih terbatas dan yang terkenal antara lain Labu Peacock dan Torn Ten dari Known You Seed dan Labu Madu F1 dari Panah Merah. 

Salah satu butternut squash yang menjadi pembahasan kali ini adalah Labu Madu F1 dari Panah Merah. Labu dari Panah Merah termasuk jenis labu hibrida yang memiliki banyak pengemar di kalangan masyarakat. 

Buah Labu Madu memiliki rasa yang sangat manis dan lembut. Kulit buahnya yang halus dengan bentuk buah yang unik dan seragam menjadikan buah Labu Madu memiliki niai jual yang relatif tinggi.

Adapun karakteristik yang dimiliki oleh Labu Madu Panah Merah ini sebagai berikut:
  • Labu Madu F1 merupakan labu kuning  (butternut pumpkin) yang memiliki tekstur daging lebih lembut (seperti mentega).
  • Labu Madu Panah Merah memiliki rasa yang sangat manis dibandingkan varian labu kuning lainnya.

  • Tingkat kemanisan buah Labu Madu  mencapai 18 brix

  • Buah Labu berbentuk panjang silindris dengan panjang 18 cm dan diameter 9 cm.
  • Kulit buahnya berwarna krem kecoklatan dan daging buah berwarna jingga
  • Tanaman labu sangat mudah perawatannya dan direkomendasikan untuk ditanam di daerah dataran rendah sampai menengah
  • Tanaman dapat dipanen pada umur 75 HST
  • Potensi Labu Madu Panah Merah mencapai 5 – 5,5 kg/tanaman atau setara 25 ton/ha
Butternut squash Labu Madu daging buah manis dan lembut sangat disukai konsumen. Labu dari Panah Marah cocok menjadi salah satu dari tanaman budidaya kita. 

Budidaya labu sangat menjamin keuntungannya karena harga jualnya yang tinggi dan potensi pasarnya yang ekslusif serta terbuka lebar bagi semua petani.

Apabila berminat benih Labu Madu F1 Panah Merah tersedia di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO jual aneka benih, pestisida, obat pertanian, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. 

LMGA AGRO siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, ALS, dsb. 

Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya butternut squash Labu Madu serta tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.