Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/08/2018

Read

JUAL BENIH SEMANGKA KUNING ANGELA F1 PANAH MERAH

SEMANGKA KUNING ANGELA, SEMANGKA ANGELA, ANGELA PANAH MERAH, BIBIT SEMANGKA ANGELA, BENIH SEMANGKA ANGELA, LMGA AGRO
SEMANGKA KUNING
ANGELA
Jual benih semangka kuning Angela F1 cap Panah Merah. Benih dapat diperoleh di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Semangka kuning Angela F1, benih tahan penyakit hibrida produksi PT East-West Seed Indonesia ( EWINDO ).

LMGA Agro juga menyediakan benih dari berbagai varietas buah dan sayur hortikultura, selain itu menyediakan alat-alat pertanian, sarana dan prasarana untuk budidaya pertanian Anda.

LMGA Agro melayani konsultasi pertanian secara gratis  mengenai cara budidaya tanaman terutama tentang budidaya semangka kuning Angela F1.

SEMANGKA KUNING ANGELA F1 PANAH MERAH


Semangka kuning Angela F1 merupakan produk benih cap Panah Merah produksi PT East-West Seed Indonesia ( EWINDO ), merupakan jenis semangka hibrida yang menghasilkan buah semangka yang berbentuk bulat.

Benih semangka kuning Angela F1 cocok ditanam pada dataran rendah dan memiliki sifat vigor yang baik.

Tanaman Semangka kuning Angela F1 dapat tumbuh baik meskipun di daerah beriklim panas, proses pembuahannya mudah sehingga cepat menghasilkan buah.

BACA JUGA : JUAL BIBIT SEMANGKA KUNING TM GOLDEN

Benih semangka kuning Angela F1 menghasilkan buah dengan kulit berwarna hijau tua dan daging buahnya berwarna kuning. Bobot buah semangka kuning adalah 5 - 8 kg/buah.

Buah semangka kuning Angela kuat dan tidak mudah pecah dan tahan untuk penyimpanan dan pengangkutan.

Semangka kuning Angela F1 dapat dipanen pada umur 55 - 60 hari setelah tanam dan potensi hasil adalah antara 22 - 31 ton/ha. Benih semangka kuning Angela F1 tahan terhadap penyakit GSB.

Penyakit GSB ( gummy stem blight ) atau dalam bahasa indonesia adalah penyakit busuk pangkal batang.

Penyebab penyakit adaalah cendawan Mycophaerekka melonis ( Passerini ) Chiu et Walker.

Gejala serangan pada batang tampak seperti baru dicelup minyak, lalu keluar lendir yang berwarna merah coklat.

Selanjutnya adalah tanaman menjadi layu dan mati. Daun yang terserang akan menjadi kering dan bila diremas hancur seperti krupuk atau berbunyi kresek-kresek bila tertiup angin.

PENGENDALIAN dengan menutup bedengan menggunakan mulsa plastik hitam perak untuk menjaga kelembaban tanah disekitar pangkal batang.

Sebaiknya juga dijaga jangan sampai perakaran tanaman terluka, juga pada pangkal batang pohon karena perilaku penyiangan.

Daun-daun tanaman yang terserang dipangkas/dihilangkan dan selanjutnya disemprot dengan fungisida Bendas ( carbendazim ) dengan konsentrasi 1 - 2 ml/liter.

Apabila pada pangkal batang yang diserang maka dapat dioleskan larutan fungisida Sirkus 50 WP ( Dimetomorf 50 % ) dengan konsentrasi 2 gr/liter.

MANFAAT SEMANGKA KUNING ANGELA F1


Semangka kuning adalah tanaman asli dari Afrika Selatan dan seperti halnya semangka lain juga kaya akan kandungan gizi.

Kandungan air daging buah semangka kuning mencapai hingga 90%. Buahnya berasa manis yang menyegarkan tidak kalah dengan semangka berdaging merah.

Buah semangka memiliki kandungan lycopene tertinggi, yaitu 40% lycopene per ons buah semangka. Kandungan ini lebih tinggi dibandingkan dengan tomat.

Beberapa khasiat semangka kuning juga tidak berbeda dengan semangka merah. Yaitu antara lain :
  1. Kandungan vitamin A tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan mata termasuk didalamnya ketajaman mata kita.
  2. Semangka kuning mengandung senyawa citruline, dapat merangsang zat kimia lain dalam tubuh untuk menstabilkan pembuluh darah lebih fleksibel dan rileks.
  3. Kandungan asam amino dalam buah semangka kuning ANGELA F1 bermanfaat untuk kesehatan jantung sekaligus melancarkan peredaran darah tubuh kita.
  4. Buah semangka kuning ANGELA F1 memiliki efek diuretic yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Merangsang buang air kecil semakin sering sebagai salah satu cara membuang segala racun dalam tubuh.
  5. Buah semangka kuning ANGELA F1 mengandung Kalium yang cocok untuk penderita tekanan darah tinggi. Kalium membantu tekanan darah menuju angka normal dan sangat baik dikonsumsi setiap hari.  

BACA JUGA : SEMANGKA HIBRIDA TT DRAGON BENIH DIJUAL PROMO

BUDIDAYA SEMANGKA KUNING ANGELA F1 CAP PANAH MERAH


Budidaya semangka kuning ANGELA F1 tidak berbeda dengan budidaya semangka merah. Umumnya cara menanam semangka lebih cocok ditanam pada daerah dataran rendah dengan ketinggian 600 m dpl.

Memiliki curah hujan sekitar 40 - 50 mm/bulan dan memiliki suhu sekitar 25 - 30 °C. Sinar matahari bersinar sepanjang hari di seluruh areal pertanaman sejak terbit hingga tenggelam.

Tanah yang ideal untuk menanam semangka kuning adalah jenis tanah berpasir dengan pH tanah 6 - 6,7.

Kondisi tanah kaya akan bahan organik, bukan tanah kebun/persawahan yang telah dikeringkan. Buah semangka kuning merupakan buah berair yang memerlukan unsur hara berimbang juga saat pemupukan dasar maupun lanjutan.

1. Persiapan Bibit Semangka Kuning ANGELA F1


Benih semangka kuning ANGELA F1 yang sudah ada dibasahi lebih dahulu lalu diperam menggunakan kertas koran selama 1 - 2 hari hingga benih semangka kuning ANGELA F1 berkecambah.

Setelah benih berkecambah dengan calon akar dengan panjang 2 mm, selanjutnya bibit dipindah ke media semai di polybag.

Sebelumnya polybag diisi dengan media tanah + pupuk kandang/kompos ( 1 : 1 ). Bibit ditanam pada media tanah di polybag dengan hati-hati, selanjutnya diletakkan di bawah sinar matahari.

Penyiraman bibit dilakukan rutin sebanyak 1 - 2 kali sehari hingga bibit berumur 12 - 14 hari atau telah muncul 2 - 3 helai daun. Bibit yang demikian sudah dapat dipindah ke lahan tetap.

2. Persiapan Lahan Tanam Semangka Kuning ANGELA F1


Apabila jenis tanah yang dipakai untuk menanam semangka adalah jenis tanah berpasir, maka tidak perlu melakukan penggemburan tanah seperti dibajak/dicangkul.

Tetapi bila bukan tanah berpasir, maka diberikan perlakuan khusus seperti penggemburan sampai kedalaman 30 cm.

Jika pH tanah kurang dari 5,5 maka tanah perlu ditebarkan kapur Dolomit, untuk luasan per 1000 m² pemberian 75 - 200 kg tergantung pH tanah.

Setelah tanah gembur selanjutnya diberi pupuk dasar menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik agar kesuburan tanah pada lahan tanam semangka meningkat.

Pemakaian pupuk kandang 600 kg/ha, diberikan pada permukaan bedengan seminggu sebelum pemindahan bibit. Bila perlu tambahkan pupuk anorganik yaitu TSP ( 200 kg/ha ), ZA ( 140 kg/ha ), KCl ( 130 kg/ha ).

Bedengan dibuat dengan lebar 3 meter ( sistem tanam tunggal ) dan lebar 6-7 meter (sistem tanam ganda). Tinggi bedengan dibuat 50 cm.

Bedengan harus disiangi hingga tidak ada gulma dan batu-batuan, lalu bedengan disiram.

BACA JUGA : SEMANGKA UNGGUL TERBAIK ANDALAN PETANI

Setelah disiram, bedengan diberi mulsa plastik hitam perak sesuai luas bedengan. Pemasangan mulsa pada siang hari dan warna perak bagian atas.

Pemberian mulsa berfungsi untuk menghambat penguapan tanah dan mengendalikan tumbuhnya gulma.

Di atas permukaan mulsa plastik dilapisi jerami kering setebal 2 - 3 cm untuk tempat merambatnya tanaman semangka dan meletakkan buah.

Keberadaan jerami kering berfungsi untuk menghindari resiko hama dan pertumbuhan buah yang baik dan berkualitas.

3. Cara Menanam Semangka Kuning ANGELA F1


Menanam bibit semangka kuning ANGELA F1 setelah bibit muncul 2 - 3 helai daun atau telah berumur 12 - 14 hari setelah semai.

Jika cara tanam sistem tunggal, jarak tanam ideal yaitu 90 - 100 cm x 3 m, dan bila sistem ganda menggunakan jarak tanam yaitu 90 - 100 cm x 6 - 7 m.

Jika lahan sudah siap dan bibit sudah siap juga, maka penanaman dapat segera dilakukan secara serempak dan satu hari selesai.

Sebelum bibit dipindahkan, bibit dalam polybag disiram lebih dahulu sampai lembab agar mudah dilepas dari polybagnya. Penanaman sebaiknya dilakukan sore hari.

4. Cara Merawat Tanaman Semangka Kuning ANGELA F1


Penyulaman dilakukan 3 - 5 hari setelah tanam dengan mengganti bibit yang sakit, mati atau tumbuh tidak normal.

Buah yang dipertahankan untuk budidaya semangka cukup 2 buah saja. Caranya dengan mengatur cabang primer yang cenderung banyak, dipelihara 2 - 3 cabang tanpa memotong ranting sekunder.

Ranting yang tidak berguna dihilangkan dan ujung cabang sekunder dipangkas dan disisakan 2 helai daun. Cabang sekunder yang tumbuh pada ruas dimana tumbuh buah, sebaiknya dipotong karena mengganggu perkembangan buah.

BACA JUGA : JUAL BIBIT SEMANGKA INUL PUTRI DELIMA 

Pemangkasan terhadap tunas-tunas muda yang tidak berguna karena akan mempengaruhi pertumbuhan pohon atau buah semangka yang sedang berkembang.

Pemberian air melalui saluran air antar bedengan atau menggunakan alat gembor dengan interval 4 - 6 hari. Pemberian air secukupnya saja dan tidak berlebihan.

5. Pemupukan Susulan Semangka Kuning ANGELA F1


Pemupukan susulan I pada umur 10 hari setelah pindah tanam. Pengocoran NPK 16-16-16 dengan dosis 5 gr NPK/300 ml air per tanaman. Pemupukan selanjutnya diberikan setiap 4 - 5 hari sekali dengan penambahan dosis secara berkala.

6. Pemangkasan/Perempelan Buah Semangka Kuning ANGELA F1


Perempelan dilakukan terhadap buah yang tumbuh tidak normal dan juga buah yang tumbuh pada daun pertama sampai daun ke-13. Buah yang dipertahankan adalah buah yang ada pada daun ke-14 keatas.

HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN SEMANGKA

  • Pengerek Daun. Hama ini memakan dan merusak daun, terutama pada tanaman yang masih muda. Pencegahan dan pengendalian dengan penyemprotan insektisida.
  • Kutu Daun ( Aphids ) menyerang dengan cara menghisap cairan pada daun muda dan sampai daun menjadi keriting. Penanggulangan menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin.
  • Thrips adalah hama yang menyerang daun muda dan menyebabkan keriting pada daun. Penanggulangan menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin.
  • Lalat Buah menyerang buah muda dan menyebabkan buah busuk dan rontok. Pencegahan dapat menggunakan perangkap lalat buah atau insektisida yang berbau tajam.
  • Ulat Grayak merusak dan memakan daun juga merusak bakal buah. Dikendalikan dengan insektisida.
  • Ulat Tanah menyerang tanaman aktif pada malam hari, merusak tunas muda dan tanaman muda. Dapat dikendalikan dengan insektisida. 
  • Penyakit Rebah Semai atau dumping-off disebabkan oleh cendawan, dapat dicegah dengan penyemprotan fungisida.
  • Penyakit Layu Fusarium yaitu tanaman yang terserang akan tampak segar pada pagi hari, namun layu pada siang hari dan kembali segar pada sore hari. Selanjutnya tanaman akan layu dan mati. Pencegahan dengan melakukan perlakuan trichoderma, PGPR dan penyemprotan fungisida.
  • Bercak Daun/Antraknosa ditandai dengan adanya bercak-bercak berwarna hitam kecoklatan yang berbentuk bulat dan menyebar hingga daun menjadi kering. Dikendalikan dengan fungisida.
  • Busuk Buah disebabkan oleh bakteri, cendawan dan lalat buah. Dapat dikendalikan dengan menyemprotkan bakterisida dan fungisida.

PANEN SEMANGKA KUNING ANGELA F1


Semangka kuning ANGELA F1 dipanen pada umur 55 - 60 hari setelah pindah tanam. Bobot buah semangka kuning ANGELA F1 5 - 7 kg per buah. Potensi hasil panen semangka kuning ANGELA F1 adalah 22 - 31 ton/ha.

Buah yang masak ditandai dengan ciri-ciri warna kuit buah memudar dan sulur yang ada di pangkal tangkai buah tampak mengering.

Pemanenan dilakukan setelah embun kering ( tidak saat hujan ) agar kulit buah tidak basah dan mudah busuk saat di penyimpanan.

Buah semangka kuning ANGELA F1 dipetik beserta tangkai buahnya agar dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Demikian artikel tentang benih semangka kuning ANGELA F1 cap Panah Merah produksi PT East-West Seed Indonesia ( EWINDO ).

Benih semangka kuning Angela F1 dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ).

LMGA Agro juga melayani konsultasi gratis mengenai cara menanam semangka kuning ANGELA F1 dan permasalahan yang ditemui selam di lahan tanam.

LMGA Agro juga tersedia benih buah dan sayur hortikultura hibrida lain, produksi dari pabrik - pabrik benih terkemuka di Indonesia bahkan benih import.

BACA JUGA : SEMANGKA KULIT KUNING LEGIMO IDOLA PETANI

Tersedia juga alat-alat pertanian, sarana dan prasarana pertanian untuk menunjang budidaya tanaman Anda.

LMGA Agro siap mengantarkan pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat menggunakan jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI dan lain-lain.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.