TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/10/19

Pestisida, Salah Satu Solusi Hama Budidaya Tanaman

Pestisida, Salah Satu Solusi Hama Budidaya Tanaman. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.


Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Budidaya tanaman yang merupakan salah satu bagian dari sektor pertanian, sangat menguntungkan bagi pelaku usaha seperti petani. Hasil panen yang dihasilkan dari budidaya tanaman sangat bermanfaat bagi ketersediaan sumber makanan untuk masyarakat. Ketersediaan pangan dari hasil panen budidaya tanaman ini juga memiliki ancaman, yaitu serangan penyakit dan hama tanaman.

Hama tanaman merupakan salah satu penyebab gagal dan berkurangnya hasil panen budidaya tanaman yang dilakukan oleh petani. Selain hama, penyakit tanaman juga merupakan ancaman bagi kelangsungan usaha budidaya tanaman. Dengan adanya ancaman tersebut, maka perlu adanya penangkal atau pembasmi penyakit dan hama seperti racun pestisida.

Definisi Pestisida


Pestisida adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu. Nama pestisida berasal dari kata pest yang mempunyai arti hama yang diberi akhiran –cide yang berarti pembasmi. Bila digabungkan maka akan menjadi sebuah kata yaitu pembasmi hama atau pembasmi organisme pengganggu tanaman.

Sasaran dari penggunaan pestisida sendiri adalah membasmi hama serangga, tikus, gulma, burung, mamalia, ikan, atau mikroba yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Walaupun bermanfaat sebagai pembasmi hama, namun jika digunakan secara tidak teratur maka ekosistem akan terganggu. Karena berdasarkan penelitian, pestisida merupakan senyawa kimia yang berbahaya.

Pestisida digunakan untuk mengendalikan keberadaan hama yang diyakini berbahaya dan berpotensi merusak dan menggagalkan budidaya tanaman. Seperti hama tikus yang bisa membuat petani mengalami kerugian atau yang lebih parah, bisa menyebabkan budidaya padi gagal panen. Selain bermanfaat untuk mengendalikan hama, pestisida juga bermanfaat untuk menanggulangi rayap yang merusak struktur bangunan yang terbuat dari kayu.

Pestisida dapat menyelamatkan budidaya tanaman dengan mencegah hilangnya hasil pertanian akibat serangga dan hama lainnya. Penggunaan racun ini terbukti dapat menjadikan hasil panen tetap terjaga dan menguntungkan bagi pelaku usaha. Pestisida sendiri memiliki berbagai jenis mulai dari insektisida hingga rodentisida.

Baca Juga : Cara Mencampur Pestisida Pertanian yang Baik dan Benar

Jenis Pestisida Berdasarkan Sasaran Hama Tanaman




Pestisida yang berguna untuk mengendalikan dan membasmi hama tanaman untuk membantu pelaku usaha dalam melakukan budidaya tanaman. Dengan berbagai jenis hama tanaman yang beraneka ragam, maka cara pengendaliannya juga harus sesuai agar mendapatkan hasil maksimal. Jika pengendalian hama tepat secara penanganan dan dosis, maka petani bisa mendapatkan hasil panen dan ekosistem lingkungan tetap terjaga.

Pestisida sendiri memiliki jenis – jenis yang beragam tergantung hama yang menyerang budidaya tanaman. Setiap hama memiliki pestisida masing – masing yang mengandung zat yang akan dapat mengendalikan hama secara maksimal. Uraian dibawah ini akan menjelaskan secara lebih lanjut tentang jenis – jenis pestisida yang bermanfaat bagi para petani.

Akarisida


Akarisida adalah salah satu jenis racun yang bermanfaat dan membantu pelaku usaha budidaya tanaman dalam menjaga tanamannya. Akarisida sendiri berasal dari kata acarina yang berarti tungau, sehingga jenis ini cocok digunakan untuk mengendalikan hama yang masih satu keluarga dengan tungau. Tungau merupakan hama yang seringkali menyusahkan petani, karena mengurangi hasil panen dari budidaya tanaman.

Tungau sendiri merupakan salah satu hama yang mempunyai daya adaptasi yang tinggi di berbagai macam tempat. Selain mempunyai tingkat adaptasi yang tinggi, tungau juga memiliki banyak jenis dan berukuran sangat kecil. Sehingga dibutuhkan solusi seperti akarisida untuk dapat mengendalikan dan mengatasi hama tungau yang menyerang budidaya tanaman.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual akarisida kualitas unggul dengan harga yang murah dan terjangkau. Juga menyediakan varietas benih unggul, pupuk, dan alat pertanian dengan harga murah. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai kendala dan masalah yang terjadi pada budidaya tanaman secara gratis.

Algasida


Algasida adalah salah satu jenis pestisida yang berguna untuk mengendalikan hama tanaman seperti algae. Karena algasida berasal dari kata alga yang berarti ganggang laut dalam bahasa latin. Pengendalian hama algae dimaksudkan untuk menghambat pertumbuhan alga dan tumbuhan air di perairan.

Bakterisida


Bakterisida adalah jenis yang digunakan untuk mengendalikan penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit yang bisa disebabkan oleh bakteri diantaranya adalah penyakit layu bakteri, busuk bakteri, dan kerak bakteri. Dengan pemakaian yang teratur diharapkan penyakit akan segera teratasi dan pertumbuhan tanaman akan normal kembali.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia dan jual bakterisida kualitas unggul dengan harga yang terjangkau. Serta menyediakan varietas benih unggul, pupuk, dan alat pertanian dengan harga murah. Toko Pertanian LMGA Agro juga bersedia menerima konsultasi mengenai kendala dan permasalahan yang terjadi di lahan pertanian secara gratis.

Fungisida


Fungisida adalah salah satu jenis dari pestisida yang memiliki fungsi dalam mengendalikan dan membasmi hama tanaman yang berbentuk jamur. Fungisida tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari cair, gas, butiran, dan serbuk. Dengan pemakaian fungisida secara tepat dan teratur maka serangan jamur akan berhenti dan tanaman akan tumbuh secara normal.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia dan menjual fungisida kaulitas unggul dengan harga yang terjangkau. Serta menyediakan varietas benih unggulan, pupuk, dan alat pertanian dengan harga murah dan kualitas yang terjamin. Toko Pertanian LMGA Agro juga menerima konsultasi mengenai kendala dan permasalahan yang terjadi pada budidaya tanaman.

Herbisida


Herbisida adalah senyawa atau material yang disebarkan pada lahan pertanian untuk mengendalikan pertumbuhan dan persebaran tanaman pengganggu atau gulma. Gulma merupakan tanaman pengganggu yang tumbuh di lahan pertanian, yang menyebabkan penurunan hasil pertanian. Jika pertumbuhan gulma tidak dikendalikan maka akan menghambat proses pertumbuhan dari tanaman yang sedang dibudidayakan.

Herbisida sendiri dibedakan menjadi 2 jenis menurut aplikasinya, yaitu herbisida pratumbuh dan herbisida pascatumbuh. Herbisida pratumbuh diberakan pada saat lahan baru selesai diolah namun sebelum benih ditebar. Sedangkan untuk herbisida pascatumbuh, pemakaian diberikan setelah daun pertama sudah tumbuh dari benih yang ditanam.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia dan jual herbisida solusi hama gulma kualitas unggul dengan harga murah. Serta menyediakan varietas benih sayur dan buah unggulan dengan harga yang terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga jual alat – alat penunjang pertanian dengan harga murah.

Insektisida


Insektisida merupakan bahan kimia bersifat racun yang dipakai untuk mengendalikan dan membasmi hama tanaman yang terdiri dari serangga yang merugikan petani. Dalam aplikasinya, insektisida dapat mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, tingkah laku, perkembangbiakan serta aktivitas biologi serangga hingga berujung kematian hama. Jika pemakaian tepat maka bukan tidak mungkin hama yang menyerang tanaman bisa hilang dan tidak merugikan petani lagi.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia dan jual insektisida untuk mengendalikan hama serangga dengan kualitas unggul dan harga murah. Insektisida yang dijual juga tersedia dengan stok lengkap dan beragam. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan varietas benih sayur dan buah unggulan serta peralatan pertanian dengan harga murah.

Molluskisida


Molluskisida adalah jenis pestisida yang secara khusus diciptakan untuk mengendalikan hama siput dan keluarga mollusca lainnya. Bentuk dari produk molluskisida ini biasanya butiran seperti pasir, dengan cara penggunaan ditabur pada sekitar tanaman. Dengan ditaburkan pada sekitar tanaman, diharapkan hama mollusca tidak akan mendekat untuk mengganggu pertumbuhan tanaman.

Nematisida


Nematisida merupakan jenis pestisida yang digunakan untuk memberantas hama cacing yang sering merusak akar atau umbi tanaman. Jika tidak dibasmi maka hama cacing ini dapat merusak dan merugikan bagi hasil panen petani. Selain dapat membasmi nematoda atau cacing, nematisida juga bisa diaplikasikan untuk membasmi serangga dan cendawan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia dan jual nematisida kualitas unggul dengan harga murah dan terjangkau. Serta menyediakan varietas benih buah dan sayuran unggul dengan harga yang terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga menerima konsultasi mengenai permasalahan yang terjadi pada budidaya tanaman secara gratis.

Rodentisida


Rodentisida adalah jenis pestisida yang berfungsi untuk membasmi jenis hama binatang pengerat seperti tikus. Tikus merupakan hama yang paling sering merugikan petani karena bisa sampai mengakibatkan petani mengalami gagal panen. Hama ini paling sering menyerang budidaya tanaman hortikultura, tanaman pangan, dan tanaman perkebunan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia dan jual rodentisida kualitas unggul dengan harga murah dan terjangkau. Serta menyediakan varietas benih buah dan sayur unggul tahan virus dengan harga murah. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan peralatan pertanian dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Pestisida Pertanian Lengkap Tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro


Jenis Pestisida Tanaman Berdasarkan Bahan Aktif


Setelah sebelumnya telah dijelaskan jenis – jenis pestisida menurut hama sasarannya yang bisa dikendalikan. Setiap pestisida yang akan digunakan untuk mengendalikan hama yang menyerang tanaman, pasti memiliki bahan aktif tersendiri. Bahan aktif ini berfungsi untuk membuat hama tanaman menjadi lemah atau mati.

Bahan aktif pada pestisida juga beragam mulai dari bahan alami atau hayati hingga berbahan dasar kimia atau anorganik. Masing masing bahan memiliki keunggulan dan kekurangan. Uraian dibawah ini akan menjelaskan bahan bahan aktif yang terdapat pada pestisida.

Pestisida Organik


Pestisida organik atau nabati merupakan pestisida yang memiliki bahan aktif yang bersumber dari tumbuh – tumbuhan. Bisa berasal dari akar, daun, batang, atau buahnya yang dimanfaatkan sebagai pestisida yang bersifat organik. Bahan yang digunakan sebagai komposisi obat tersebut, dapat berupa bahan penolak ataupun penghambat perkembangan serangga.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia dan jual pestisida berbahan dasar organik kualitas unggul dengan harga murah. Serta jual varietas benih sayur dan buah unggul dan pupuk unggul dengan harga murah. Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan peralatan pertanian dengan harga terjangkau.

Pestisida Kimia


Pestisida kimia adalah kebalikan dari pestisida organik, karena bahan dasarnya adalah campuran beberapa bahan kimia yang dijadikan satu. Dengan menyatukan beberapa bahan kimia maka akan menjadi campuran yang akan ampuh membasmi hama tanaman. Untuk tetap menjaga kelestarian ekosistem, penggunaan pestisida kimia harus secara hati – hati dan sesuai dosis.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual pestisida kimia dengan kualitas unggul dengan harga murah. Serta menyediakan varietas benih buah dan sayur unggul, pupuk, dan alat pertanian dengan harga murah. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai kendala dan permasalahan yang dialami petani pada budidaya tanaman.

Baca Juga : Tips Menggunakan Pestisida yang Baik dan Benar

Jenis Pestisida Tanaman Berdasarkan Cara Kerja


Setelah mengetahui komposisi bahan aktif yang terdapat dalam pestisida, maka selanjutnya adalah mengetahui cara kerjanya. Cara kerja dan aplikasi dari setiap obat hama berbeda beda satu sama lain. Setiap cara kerja memiliki keunggulan masing masing dalam penggunaannya.

Secara garis besar pestisida membunuh hama dengan menggunakan 2 cara mekanisme, yaitu langsung meracuni hama dan meracuni melalui tanaman. Untuk yang meracuni melalui tanaman, prosesnya adalah hama akan mati keracunan setelah makan salah satu bagian tanaman. Uraian dibawah ini akan menjelaskan tentang jenis – jenis pestisida yang dibedakan berdasarkan cara kerjanya.

Pestisida Sistemik


Pestisida sistemik adalah jenis yang bahan aktifnya dapat masuk ke dalam bagian – bagian tanaman. Obat hama akan disemprotkan dan cairan akan menempel pada permukaan dan diserap oleh tanaman yang dibudidayakan. Sehingga hama tanaman akan mati ketika memakan bagian tanaman yang telah disemprot pestisida.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual pestisida sistemik dengan kualitas unggul dan harga murah. Serta menyediakan varietas benih sayur dan buah kualitas unggul, pupuk, dan alat pertanian dengan harga yang terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai kendala dan permasalahan yang terjadi pada budidaya tanaman.

Pestisida Non Sistemik


Pestisida jenis ini jika disemprotkan ke struktur tanaman, hanya akan menempel pada luar tanaman. Cairan pestisida hanya akan menempel dan tidak diserap oleh tanaman yang telah disemprot. Kekurangan dari obat hama non sistemik adalah jika terjadi hujan maka residu obatnya akan hilang karena tercuci oleh air.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual pestisida non sistemik dengan kualitas unggul dan harga terjangkau. Pestisida non sistemik yang dijual di Toko Pertanian LMGA Agro memiliki stok yang lengkap dan sangat membantu petani. Serta menerima konsultasi mengenai kendala dan permasalahan yang terjadi pada budidaya tanaman.

Baca Juga : Formulasi dan Cara Penggunaan Pestisida

Kelebihan dan Kekurangan Dalam Penggunaan Pestisida


Pada budidaya tanaman, banyak sekali cara yang dilakukan oleh petani untuk dapat menghasilkan panen yang berlimpah dan menguntungkan. Mulai dari memilih benih yang unggul, membuat irigasi agar pengairan tanaman lancar, dan memberikan pupuk terbaik agar tanaman tumbuh subur. Serta melakukan serangkaian cara untuk menghalau hama dan penyakit yang akan menyerang tanaman, salah satunya adalah dengan menggunakan pestisida.

Penggunaan pestisida pada budidaya tanaman sangat membantu petani dalam mengantisipasi serangan hama yang akan merugikan. Namun jika penggunaan pestisida pada tanaman tidak dikontrol, maka akan merugikan bagi lingkungan sekitar. Uraian dibawah ini akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya.

Kelebihan Dalam Penggunaan Pestisida


Penggunaan obat hama ini sangat mudah dilakukan oleh para petani, baik menggunakan alat yang sudah modern maupun tradisional. Mulai menggunakan mesin penyemprot manual, mesin penyemprot otomatis hingga menggunakan pesawat. Dengan menggunakan semua alat, mulai dari yang sederhana hingga menggunakan alat yang sangat modern.

Waktu yang digunakan untuk menyemprot obat juga bisa dilakukan hampir setiap waktu. Jadi, jika petani merasa hama yang menyerang tidak kunjung hilang atau mati maka penyemprotan bisa dilakukan lagi. Namun, penyemprotan harus sesuai dengan porsi dan dosis yang dianjurkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyemprotan obat dilakukan dengan dosis yang tepat, maka hasilnya akan cepat dirasakan oleh petani. Hasil yang dimaksud adalah, hama yang menyerang tanaman sudah mati dan telah dibasmi dengan obat hama tersebut. Dengan matinya hama, maka tanaman dapat tumbuh secara normal dan menguntungkan petani jika nanti sudah masa panen.

Obat hama dapat diaplikasikan pada area budidaya tanaman yang luas, dengan menggunakan alat yang tepat. Seperti menggunakan alat penyemprot otomatis disertai dengan alat penyemprot manual untuk menyisir tanaman yang diluar jangkauan penyemprot otomatis. Hingga menggunakan pesawat yang dikhususkan untuk kebutuhan pertanian, biasanya ditemukan pada pertanian di negara – negara maju.

Obat atau racun hama ini sudah tersebar ke berbagai belahan kota atau kabupaten khususnya Indonesia, karena mayoritas bekerja sebagai petani. Dengan proses distribusi yang cepat maka obat hama ini sangat mudah ditemukan di berbagai toko pertanian. Selain di toko pertanian, obat hama juga bisa ditemukan di toko online yang sudah mulai marak di zaman sekarang ini.

Kekurangan Dalam Penggunaan Pestisida


Penggunaan racun hama yang berlebihan juga akan berdampak pada lingkungan yang telah ditanami dan lingkungan disekitarnya. Ekosistem di sekitar lingkungan tanam seperti daerah perairan akan tercemar karena sisa – sisa pestisida akan mengalir ke daerah tersebut. Daerah perairan tersebut diantara lain adalah sungai, kolam, danau, dan daerah perairan lainnya.

Selain mencemari ekosistem daerah perairan sekitar daerah penanaman atau area budidaya tanaman, obat hama juga mencemari ekosistem lahan budidaya. Lahan budidaya yang telah tercemar biasanya memiliki ciri predator alami dari hama tanaman juga ikut mati. Untuk mengurangi resiko tercemar, penggunaan dari racun hama harus sesuai dengan yang telah direkomendasikan dan tidak berlebihan.

Kesehatan manusia juga bisa terpengaruhi dengan penggunaan obat hama atau racun hama ini. Biasanya buah atau sayur hasil budidaya masih terpapar zat kimia yang terkandung pada obat hama, dan bisa saja masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk mencegah hal tersebut maka sebelum melakukan pengolahan perlu dilakukan pembersihan secara berulang untuk menghilangkan bahan kimia yang tersisa.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Serta Pestisida Pengendalinya Pada Budidaya Cabai

Demikian artikel tentang Pestisida, Salah Satu Solusi Hama Budidaya Tanaman. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang pestisida ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...