TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

10/01/20

Aquaponik, Metode Pertanian Praktis Hasilkan Sayuran dan Ikan

aquaponik, pertanian, budidaya tanaman, hidroponik, lmga agro
Aquaponik
Aquaponik, Metode Pertanian Praktis Hasilkan Sayuran dan Ikan. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.


Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Perkembangan zaman dan arus modernisasi saat ini tidak bisa dilepaskan dari sebagian besar kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Mulai dari kegiatan berkomunikasi antar sesama manusia dengan jarak yang jauh hingga mencari informasi berita terkini sekarang menjadi lebih cepat. Selain itu modernisasi juga mulai membuat berbagai sektor usaha mengalami evolusi teknologi untuk mempercepat dan menambah keuntungan.

Usaha pertanian saat ini juga tidak lepas dari evolusi industri guna mempercepat proses usaha dan meningkatkan keuntungan yang didapat petani. Evolusi dan modernisasi pada bidang usaha pertanian memiliki beberapa bentuk seperti teknologi pertanian, sistem irigasi terbarukan, dan metode pertanian baru. Metode pertanian saat ini memiliki banyak jenis mulai dari hidroponik, vertikultur, dan aquaponik.

Aquaponik Untungkan Petani Masa Kini


Aquaponik merupakan metode pertanian berkelanjutan yang memadukan antara akuakultur dengan hidroponik dalam satu lingkungan yang bersifat simbiotik. Lingkungan simbiotik tersebut meliputi budidaya tanaman yang dilakukan di area pemeliharaan ikan atau biasa disebut kolam ikan. Simbiosis yang terjadi pada metode pertanian aquaponik adalah simbiosis mutualisme karena antara tanaman dan ikan saling bertukar keuntungan dengan adil.

Simbiosis mutualisme pada sistem aquaponik bisa terjadi karena budidaya tanaman mendapatkan tambahan unsur hara dari kotoran ikan yang diserap. Pemanfaatan kotoran ikan pada sistem aquaponik dimaksudkan untuk mengurangi tingkat toksisitas dalam kolam yang tidak baik bagi ikan. Selain itu kotoran ikan memiliki tingkat nutrisi yang baik bagi pertumbuhan tanaman.

Penggunaan metode pertanian aquaponik di Indonesia dimulai pada tahun 2000-an dengan pemisahan antara kolam dengan budidaya tanaman. Antara keduanya dihubungkan dengan filter berisi bakteri dan mikroorganisme yang berfungsi mengurai kotoran ikan menjadi nutrisi tanaman. Setelah itu air yang dipenuhi nutrisi akan mengalir ke budidaya tanaman untuk mendapatkan oksigen dan setelahnya akan kembali menuju kolam ikan.

Penggunaan metode pertanian aquaponik masa kini kian diminati oleh masyarakat Indonesia karena memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan yang paling digemari oleh masyarakat adalah tidak perlu memerlukan lahan yang luas seperti budidaya tanaman konvensional. Sehingga bisa dilakukan pada kawasan perkotaan yang memiliki luas lahan yang terbatas.

Kegiatan aquaponik yang dilakukan para pelaku usaha dan masyarakat saat ini juga menguntungkan apabila memasuki masa panen. Hasil panen dari metode pertanian aquaponik memiliki 2 jenis yang sama-sama bermanfaat bagi manusia, yaitu ikan dan sayur-sayuran. Ikan bermanfaat dalam mencukupi kebutuhan protein bagi tubuh manusia sedangkan sayuran memiliki nutrisi dan gizi yang cukup untuk kesehatan.


Prinsip Kerja Umum Aquaponik

aquaponik, ikan, budidaya tanaman, pertanian, lmga agro
Prinsip Kerja Aquaponik

Metode pertanian aquaponik memiliki konsep menggabungkan budidaya tanaman dengan pemeliharaan ikan pada kolam. Penggabungan 2 pemeliharaan makhluk hidup ini harus memiliki integrasi yang cocok agar keduanya saling menguntungkan dalam kesatuan simbiosis mutualisme. Komponen yang berperan dalam kesuksesan aquaponik ini adalah ikan, tanaman, dan bakteri pengurai.

Ikan dan tanaman merupakan unsur penting yang wajib ada ketika akan melakukan metode pertanian aquaponik. Sedangkan bakteri pengurai adalah mikroorganisme yang berperan penting dalam penguraian zat organik dari kolam agar menjadi nutrisi bagi tanaman. Ketiga unsur tersebut memiliki tugas dan manfaat masing-masing bagi aquaponik seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Ikan


Ikan memiliki peran penting dalam suskesnya pembuatan metode pertanian aquaponik yang sedang diusahakan oleh pelaku usaha maupun masyarakat. Hal ini dikarenakan ikan menghasilkan kotoran yang merupakan sisa makanan dari proses pencernaan ikan. Kotoran ikan atau sisa hasil pencernaan ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tanaman.

Kumpulan kotoran ikan yang telah dikeluarkan didalam kolam akan menyebabkan tingkat toksisitas air meningkat dan membuat ikan sulit bernapas. Hal ini bisa diatasi dengan penggunaan sistem aquaponik yang memberikan sirkulasi pada kotoran ikan agar masuk ke dalam filter. Didalam filter, kotoran ikan yang terhisap akan disaring dan mengubahnya menjadi zat organik yang memiliki nutrisi baik bagi pertumbuhan tanaman.

Tanaman


Budidaya tanaman menggunakan sistem aquaponik tidak akan berjalan lancar apabila tidak terdapat tanaman didalamnya. Tanaman disini memiliki peran penting untuk menyaring zat organik yang memiliki nutrisi penting bagi pertumbuhan tanaman. Kemudian air sisa yang mengalir ke kolam ikan akan kembali bersih dari zat organik dan mengandung cukup banyak oksigen.

Kandungan oksigen didalam air sisa penyerapan zat organik oleh budidaya tanaman bisa dimanfaatkan oleh ikan untuk keperluan bernafas. Selain itu kandungan oksigen dalam air yang cukup dapat meminimalkan tingkat toksisitas pada air kolam. Sehingga ikan dalam kolam mendapatkan keuntungan sesuai dengan konsep aquaponik yang memberikan keuntungan bagi tanaman dan ikan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual berbagai varietas benih tanaman unggulan dengan harga terjangkau. Jenis benih tanaman yang tersedia mulai dari jenis sayuran seperti cabe dan tomat hingga jenis buah melon dan semangka. Toko Pertanian LMGA Agro siap kirim produk benih pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia.

Mikroorganisme atau Bakteri


Mikroorganisme ini berada pada saluran filter yang menghubungkan antara kolam ikan dengan budidaya tanaman dan berguna untuk menyaring kotoran ikan. Kotoran ikan yang mengangung zat ammonia akan disaring oleh mikroorganisme dan diubah menjadi zat nitrit yang berguna untuk pertumbuhan tanaman. Penggunaan filter pada aquaponik dengan menggunakan mikroorganisme sering disebut dengan biofilter.

Biofilter merupakan salah satu jenis filter yang digunakan oleh para pelaku usaha dalam menjalankan metode pertanian aquaponik. Penggunaan biofilter tidak bisa langsung digunakan karena bakteri didalamnya membutuhkan waktu perkembangan sekitar 1 sampai 3 minggu. Untuk menghasilkan bakteri yang baik juga diperlukan adanya media yang digunakan untuk perkembangan bakteri sebelum digunakan.


Jenis Metode Pertanian Aquaponik

aquaponik, metode pertanian, pertanian, budidaya tanaman, lmga agro
Jenis Jenis Aquaponik

Metode pertanian aquaponik memiliki cara kerja yang menghubungkan antara kolam ikan dan budidaya tanaman dengan filter diantara keduanya. Cara kerja ini menjadi acuan para petani dan pelaku usaha setiap ingin melakukan inovasi pada metode pertanian aquaponik. Inovasi ini diciptakan untuk berbagai kebutuhan untuk petani seperti memudahkan pengawasan maupun efisiensi penggunaan lahan yang terbatas.

Beberapa model atau jenis dari metode pertanian aquaponik telah diciptakan oleh petani dan sudah diimplementasikan menjadi usaha pertanian. Penggunaan jenis-jenis aquaponik ini juga memiliki keunggulan masing-masing. Penjelasan dari setiap model atau jenis aquaponik dapat dibaca dibawah ini.

Sistem Aquaponik Tunggal DFT


Model pertama yang menjadi inovasi dalam metode pertanian aquaponik adalah model akuaponik tunggal DFT (Deep Flow Technique). Model ini dikembangkan oleh para petani atau pelaku usaha dengan tujuan untuk efisiensi lahan sempit supaya bisa digunakan untuk usaha pertanian. Dengan begitu tidak hanya masyarakat pedesaan yang dapat melakukan usaha pertanian dengan memanfaatkan lahan budidaya yang cukup luas.

Sistem aquaponik tunggal DFT memiliki cara kerja yang sederhana dan dapat memaksimalkan air yang digunakan. Air yang berada pada kolam akan dialirkan melalui pipa yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk penanaman bibit tanaman seperti hidroponik. Modifikasi pipa dilakukan dengan melubangi pipa sesuai dengan wadah bibit tanaman.

Setelah air mengaliri budidaya tanaman sepanjang pipa yang telah disediakan maka selanjutnya air akan kembali lagi ke kolam. Sistem aquaponik ini bisa dibilang sebagai pengembangan lebih lanjut dari sistem hidroponik dengan metode deep flow technique. Perbedaannya hanyalah pada perkembangannya diintegrasikan dengan kolam yang berisi ikan dan menjadi sumber nutrisi bagi pertumbuhan tanaman.

Sistem Aquaponik Aliran Atas


Selanjutnya terdapat sistem aquaponik aliran atas yang merupakan hasil inovasi balai penelitian dan pengembangan budidaya air tawar. Salah satu jenis sistem akuaponik ini juga bisa dilakukan pada lahan yang tidak terlalu luas seperti pada perkotaan. Hal ini menjadi keuntungan bagi para penghobi tanaman yang mempunyai sepetak lahan di perkotaan dan bisa dimanfaatkan.

Cara kerja dari sistem aquaponik aliran atas ini berupa pengaliran air kolam dengan pipa kecil yang terhubung dengan rangkaian pot. Pipa yang telah dialiri air diletakkan pada posisi diatas rangkaian pot dengan tujuan agar air dapat mengucur ke tanaman. Rangkaian pipa kecil yang terdapat diatas pot ditujukan untuk sistem irigasi pada tanaman agar tetap mendapatkan nutrisi dan air.

Air hasil pengaliran dari kolam ke rangkaian pot selanjutnya akan diserap oleh tanaman sebagai nutrisi dan airnya dikembalikan ke kolam. Pengembalian air sisa pada tanaman memanfaatkan pipa yang telah disediakan di setiap bagian bawah pot tanaman. Sehingga air yang telah disaring dan kaya akan oksigen tidak terbuang dan kembali ke kolam.

Sistem Aquaponik Model Pasang Surut


Jenis aquaponik selanjutnya yang tercipta karena inovasi para pelaku usaha seperti petani adalah sistem aquaponik model pasang surut. Model pasang surut merupakan salah satu jenis akuaponik yang dapat diimplementasikan pada lahan yang terbatas dan tidak terlalu luas. Cara kerja dari sistem akuaponik model pasang surut pun cukup mudah untuk dipahami dan dijalankan.

Cara kerja aquaponik model pasang surut adalah dengan mengalirkan air dari kolam ke bak penampungan yang berada di bibir kolam. Ketika bak penampungan air sudah terisi maka langkah selanjutnya adalah mengalirkannya ke deretan pot melewati pipa yang terhubung ke tanaman. Aliran air dari bak penampungan tidak dari atas ke bawah melainkan dari bagian bawah tanaman sampai tanaman terendam air.

Perendaman air pada tanaman berlangsung sekitar 5 menit saja karena dikhawatirkan akan mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman budidaya. Air yang merendam tanaman akan disurutkan dan kembali ke bak pembuangan lalu menuju kolam ikan. Konsep pada sistem aquaponik ini mungkin terinspirasi dari proses pasang surutnya air laut secara periodik pada pagi dan malam hari.

Sistem Aquaponik Kolam Bertingkat


Salah satu dari perkembangan dan inovasi dari metode pertanian aquponik adalah terciptanya sistem aquaponik kolam bertingkat. Sistem ini memiliki cara kerja yang cukup unik dan perlu dipahami lebih lanjut oleh para pelaku usaha seperti para petani. Apabila para petani sudah bisa memahami cara kerja jenis akuaponik ini maka akan dengan mudah meraup keuntungan yang dihasilkan.

Cara kerja yang unik dan perlu pemahaman lebih dari sistem aquaponik kolam bertingkat ini dimulai dengan mengalirkan air dari kolam. Air dari kolam yang berada dibawah akan dialirkan melalui rangkaian pipa menuju rak tanaman yang berada paling atas. Setelah melalui rak tanaman atas, air akan bergerak ke rak tanaman yang berada dibawahnya terus menerus hingga kembali ke kolam.

Keuntungan penggunaan sistem aquaponik kolam bertingkat ini adalah dapat melakukan budidaya tanaman dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu kolam yang digunakan dapat menampung ikan berjumlah banyak, sehingga nutrisi untuk budidaya tanaman bisa tercukupi tanpa perlu khawatir. Dengan begitu para pelaku usaha atau masyarakat yang mengimplementasikan sistem ini mendapatkan keuntungan pada saat masa panen.


Kelebihan dan Kekurangan Sistem Aquaponik


Budidaya tanaman sejatinya adalah suatu usaha untuk memanfaatkan sumber daya alam yang memiliki nilai komoditas tinggi untuk diambil keuntungannya. Untuk melakukan usaha pertanian dibutuhkan pengetahuan tentang dunia pertanian mulai dari benih yang ditanam hingga metode pertanian yang digunakan. Benih tanaman dan metode pertanian merupakan 2 unsur didalam pertanian yang harus dipahami sebelum melakukan usaha pertanian.

Metode pertanian aquaponik merupakan satu dari sekian metode pertanian yang bisa dijadikan ladang keuntungan bagi para pelaku usaha seperti petani. Sebelum melakukan metode pertanian sebaiknya para pelaku usaha mengentahui tentang apa itu aquaponik dan kelebihan kekurangannya. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem akuaponik.

Kelebihan Aquaponik


Metode pertanian aquaponik adalah sistem pertanian yang menggabungkan antara budidaya tanaman dan pemeliharaan ikan dalam kolam. Cara kerja dari sistem ini pun cukup mudah dipahami karena hanya berfokus pada aliran air dari kolam ke budidaya tanaman. Sehingga kelebihan yang menonjol dari penggunaan akuaponik pada budidaya tanaman adalah penggunaan air yang efisien.

Penggunaan air yang efisien merupakan kelebihan pada sistem aquaponik yang paling terlihat ketika sudah diimplementasikan. Hal ini dikarenakan budidaya tanaman memperoleh pasokan air dari serapan air kolam yang tersalurkan melewati pipa berukuran kecil maupun sedang. Selain mendapatkan air dari kolam, nutrisi tanaman juga lebih organik karena memanfaatkan kotoran ikan yang ikut pada kandungan air.

Kotoran ikan yang dijadikan sebagai nutrisi untuk tanaman memiliki sifat organik sehingga hasil panen akan menghasilkan tanaman organik. Tanaman organik sangat bagus dikonsumsi oleh tubuh manusia karena jauh dari penggunaan bahan-bahan kimia. Terlebih lagi harga tanaman organik lebih mahal daripada hasil panen konvensional yang memanfaatkan bahan-bahan kimia.

Hasil panen yang diberikan oleh sistem aquaponik juga sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha maupun penghobi tanaman. Hal ini dikarenakan dalam satu metode pertanian bisa menghasilkan 2 produk pertanian sekaligus, yaitu ikan dan sayuran. Sehingga kebutuhan gizi keluarga bisa tercukupi serta hasil panen juga bisa dijual untuk keuntungan tambahan.

Kelebihan dari sistem aquponik yang perlu diketahui oleh para pelaku usaha seperti petani atau penghobi tanaman adalah dapat menghemat lahan. Lahan yang digunakan untuk akuaponik tidak begitu luas dan bisa dimaksimalkan dengan sedikit modifikasi. Selain itu banyak pilihan jenis akuaponik yang cocok digunakan pada lahan terbatas.

Metode pertanian aquaponik disamping memiliki kelebihan pada penggunaan lahan dan efisiensi air, juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diketahui. Kelemahan dari sistem akuaponik sendiri bisa menjadi kendala bagi para pelaku usaha yang tertarik melakukannya. Kelemahan dari aquaponik sendiri bisa terlihat pada fase awal pembuatan instalasi, yaitu biaya yang tidak sedikit.

Biaya yang perlu dikeluarkan oleh para pelaku usaha apabila ingin melakukan budidaya tanaman dengan cara aquaponik terhitung cukup besar. Hal ini menjadikan para pelaku usaha menjadi berpikir 2 kali ketika ingin melakukannya. Namun dengan kesungguhan dan kegigihan dalam berusaha bukan tidak mungkin modal yang dikeluarkan dapat diganti dengan keuntungan yang didapat.

Kelemahan atau kekurangan lain dalam aquaponik adalah para pelaku usaha harus memahami betul mengenai kedua jenis usaha yang dijalankan. Pemahaman tentang perikanan, budidaya tanaman, dan proses aplikasi akuaponik harus sangat dikuasai oleh pelaku usaha. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan pembelajaran mengenai dunia pertanian agar lebih memahami tentang seluk beluk perikanan dan budidaya tanaman.


Demikian artikel tentang Aquaponik, Metode Pertanian Praktis Hasilkan Sayuran dan Ikan. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Aquaponik ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...