TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/04/20

Jual Benih Kubis GRAND 22 F1 Hibrida Produk Bisi Berkualitas

kubis grand 22, jual benih kubis, benih cap kapal terbang, budidaya kubis, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Kubis Grand 22 F1
Jual Benih Kubis GRAND 22 F1 Hibrida Produk Bisi Berkualitas. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih berkualitas dan murah Kubis Grand 22.

Benih Kubis Grand 22 cap Kapal Terbang produk PT Bisi International kemasan 15 g. Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier kebutuhan pertanian untuk petani dan para hobiis berkebun. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian dan bercocok tanam.

Kami juga mengajak kerjasama usaha online bagi dropship, reseller, dan online shop pertanian. Jual benih kubis Grand 22 cap Kapal Terbang. Kami didukung sepenuhnya oleh PT Bisi International. Kami juga didukung oleh perusahaan pertanian terkemuka lainnya.

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim benih kubis Grand 22 pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerja sama jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya. Barang dijamin aman dan sampai tempat tujuan.

Kubis Grand 22 merupakan benih kubis kol cap Kapal Terbang hibrida. Benih direkomendasikan untuk dataran menengah dan dapat ditanam di musim kemarau dan hujan.

Kubis Grand 22 produksi PT Bisi International tahan penyakit. berbentuk bulat pipih, kuat dan tahan pengangkutan jarak jauh. Peluang usaha kubis Grand 22 Cap Kapal Terbang menguntungkan bagi petani.

Karakteristik Kubis Grand 22 F1 Hibrida


Kubis Grand 22 merupakan kubis kol cap kapal Terbang. Direkomendasikan ditanam di dataran menengah yaitu ketinggian tempat 200 - 500 m dpl. Kubis Grand 22 dapat ditanam baik di musim kemarau maupun musim hujan.

Benih kubis Grandd 22 F1 Hibrida tahan penyakit busuk hitam dan bercak daun. Pemanenan kubis Grand 22 dimulai umur 65 HST. Crop kepala kubis Grand 22 sangat seragam berbentuk bulat pipih.

Crop kubis Grand 22 sangat padat sehingga dapat tahan selama pengangkutan jarak jauh. Warna crop hijau tua dan berat 2.5 - 3 kilogram per crop.

Kebutuhan benih menanam kubis Grand 22 cap Kapal terbang sebanyak 200 gram/ha. Kemasan benih kubis Grand 22 berisi 15 gram per sachet.

Kubis, kol atau kobis merupakan nama sayuran crop yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia ini. Kubis memiliki nama latin Brassica oleracea Var. Capitata L. Kobis segar dimakan mentah juga nikmat bila diolah.

Biasanya kobis banyak diolah sebagai tumisan atau dicampur untuk olahan sop dan masakan lainnya. Budidaya kubis Grand 22 sebaiknya di tanah yang tidak becek. Cocok ditanam di daerah pegunungan ( dataran menengah ).

Kubis Grand 22 segar banyak mengandung vitamin ( A, B, C dan E ). Mineral yang juga banyak antara lain kalium, kalsium, fosfor, natrium dan besi.

Kubis Grand 22 mengandung sejumlah senyawa yang berfungsi merangsang pembentukan glutation. Yaitu zat yang digunakan untuk menon-aktifkan zat beracun dalam tubuh kita.

Peluang Usaha Budidaya Kubis Grand 22


kubis grand 22, jual benih kubis, benih cap kapal terbang, toko pertanian, online shop, lmga agro, budidaya kubis
Peluang Usaha Budidaya Kubis
Kubis Grand 22 memiliki banyak keunggulan. Hal ini menjadi peluang usaha menguntungkan budidaya kubis di dataran rendah.

Sekaligus bisa memotivasi petani kubis dataran rendah untuk menghasilkan kubis sebaik dataran tinggi. Petani kubis dataran rendah bisa memproduksi kubis Grand 22. Karena keunggulan kubis Grand 22 tidak kalah dengan kubis dataran tinggi.

Crop kubis Grand 22 padat dan keras. Keunggulannya menjadi tahan untuk tunda panen. Serta tahan pengangkutan jarak jauh.  Berat cropnya mencapai 3 kg bila melalui perawatan baik dan benar.

Peluang menanam kubis Grand 22 menjanjikan karena tanaman tahan hama dan penyakit. Seperti ulat pemakan Daun Plutella.

Petani cepat merasakan keuntungan dari hasil jerih payahnya menanam kubis Grand 22. Karena kubis Grand 22 cepat dipanen yaitu pada umur 65 hari setelah tanam.

Kubis Grand 22 tahan ditanam pada musim hujan. Sifat tanaman kubis Grand 22 tidak mudah busuk. Tanaman mempunyai batang kepala panjang dan tinggi sehingga tahan curah hujan tinggi.

Hasil produksi dari kubis dataran rendah sampai menengah tidak kalah dengan kubis dataran tinggi. Baik itu dari segi kualitas maupun kontinuitas produknya.

Permintaan sayur kubis terus meningkat dari waktu ke waktu. Karena kini sayur kubis dapat dimanfaatkan dalam banyak menu masakan dan semakin beragam. Banyak warung makan bahkan restoran memakai sayur kubis dalam olahan masakan mereka.


Peluang usaha menanam kubis di musim kemarau maupun di musim hujan sama-sama menantang. Tantangan terberat yaitu serangan hama dan penyakit yang sama-sama berat di dua musim tersebut. Di dua musim tersebut, hama dan penyakit susah dikendalikan.

Kubis Grand 22 dibuat tahan ditanam di musim kering maupun basah. Sehingga bisa ikut membantu petani kubis menyelesaikan permasalahan di lapangan.


Kubis Grand 22 Tahan Penyakit


Hama dan penyakit menjadi kendala dan tantangan terbesar dalam budidaya kubis. Kondisi cuaca di musim hujan dan kelembaban tinggi, menyebabkan serangan hama dan penyakit meningkat.

Petani biasanya akan mengeluarkan banyak biaya untuk mengendalikan hama dan penyakit. Karena itu, solusi untuk menekan serangan hama dan penyakit adalah menggunakan benih tahan penyakit.

Kubis Grand 22 varietas kubis yang tahan ditanam di musim kemarau maupun hujan. Umumnya petani akan mencari benih apa yang sesuai bila budidaya di suatu musim. Namun Kubis Grand 22 telah teruji berhasil tumbuh baik di segala musim.

Budidaya kubis Grand 22 memungkinkan petani dapat menanam kubis di sepanjang musim. Biasanya petani akan memilih jenis benih disesuaikan kemampuan benih tumbuh.

Kubis Grand 22 lebih adaptif di musim penghujan. Kubis lebih tahan penyakit, menghasilkan panen maksimal dan crop juga lebih besar. Bobot buah lebih maksimal dan tahan penyimpanan serta pengangkutan.

Kendala penanaman di musim hujan adalah serangan busuk daun kubis ( petani menyebutnya penyakit kresek ).

Umumnya benih kubis ditanam di musim kering. Maka di musim hujan mendapat serangan jamur Alternaria brassicae. Serangan penyakit kresek pada daun kubis bisa meyebabakan kerugian besar. Serangan jamur pada daun kubis menyebabkan kepala kubis tidak bisa besar dan bobotnya ringan.

Kubis Grand 22 tahan dari serangan bakteri Xanthomonas. Bakteri ini menyerang daun kubis dan semakin hebat serangannya bila di musim hujan. Akibat terinfeksi bakteri, daun kubis akan berwarna kuning di tepi daunnya dan berbentuk huruf V. Bila menggunakan benih kubis Grand 22, serangan bakteri menjadi lebih kecil.



Kandungan Gizi dan Manfaat Kubis Grand 22


Kubis Grand 22, jual benih kubis, kubis hibrida, LMGA Agro, Budidaya kubis, toko pertanian, toko online
Benih Kubis Tahan Penyakit Berkualitas | LMGA Agro
Kubis atau kobis kol merupakan salah satu favorit sebagai sayur lalapan. Biasa disandingkan dengan mentimun, daun kemangi dan selada. Kubis segar banyak mengandung vitamin dan mineral. Yaitu vitamin A, beberapa B, C dan E. Vitamin C dalam kubis cukup tinggi dan bermanfaat untuk mencegah sariawan akut ( skorbut ).

Mineral dalam kubis Grand 22 adalah kalium, kalsium, fosfor, natrium dan besi. Kubis Grand 22 segar mengandung sejumlah senyawa untuk merangsang pembentukan glutation. Yaitu zat penting untuk menon-aktifkan zat beracun dalam tubuh.

Namun demikian sebagaimana suku kubis-kubisan lainnya. Kubis Grand 22 mengandung sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam lambung. Akibatnya timbul rasa kembung akibat adanya kelebihan zat-zat goiterogen.

Kandungan gizi yang lengkap tersebut memberikan manfaat kubis Grand 22 bagi tubuh dan kesehatan kita. Berikut ini beberapa manfaat kubis Grand 22 :

1. Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Jantung


Khususnya pada jenis kubis ungu/merah kaya akan anthocyanin yang bagus untuk kesehatan jantung. Asupan anthocyanin tinggi terbukti dapat mencegah serangan jantung. Anthocyanin dapat menekan inflamasi yang mengarah pada penyakit kardiovaskular.

Anthocyanin dalam kubis dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit arteri koroner. Kol kubis mengandung senyawa polifenol tinggi. Diyakini dapat menjaga fungsi jantung dan mencegah penumpukan trombosit darah.

2. Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Pencernaan


Kubis Grand 22 mengandung serta tinggi dan baik untuk menunjang kerja sistim pencernaan. Sayur kol kubis masuk dalam golongan serat tidak larut air. Karena serat tidak menyatu dengan air maka serat berjalan melewati sistim pencernaan.

Serat tidak larut air seperti kubis Grand 22 ini, dapat bekerja lebih baik dalam usus pencernaan makanan. Serat dalam sayur kubis juga dapat membantu melancarkan pergerakan kotoran dalam usus. Sehingga sembelit dan susah buang air besar dapat dicegah.

Serat sayur juga dapat membantu menurunkan berat badan. Secangkir kubis mentah mengandung 2 gram serat.

3. Baik Untuk Otak dan Dapat Mencegah Kanker


Kubis Grand 22 mengandung vitamin K dan merupakan nutrisi penting untuk otak. Satu cangkir kubis hijau mentah ( 89 gram ) mengandung 85% vitamin K.  Dalam sayur kubis, mengandung jenis vitamin K1 ( phylloquinone ). Merupakan jenis vitamin larut lemak mendukung dalam fungsi mental dan konsentrasi.

Vitamin C tinggi dalam kubis bermanfaat sebagai pelindung tubuh dari serangan radikal bebas. Penyakit kanker salah satunya dapat dipicu adanya radikal bebas di udara.

Dalam kubis juga mengandung senyawa sulforaphane yang bersifat menangkal serangan kanker. Senyawa sulforaphane memberikan efek positif menghambat kerja enzim histone deacetylase ( HDAC ). Dimana kerjanya terlibat dalam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

Sulforaphane mampu untuk menunda atau menghambat sel-sel kanker. Ditemukan juga komponen lain yaitu apigenin pada kobis, seledri dan parsley. Apigenin dapat menurunkan ukuran tumor saat sel berkembang agresif menjadi kanker payudara.

Kubis Grand 22 mengandung lutein yang berkontribusi baik untuk kesehatan mata. Bersama komponen antioksidan lain, lutein memproduksi retina dan lensa mata dari sinar UV. Adanya vitamin C juga ikut membantu  mengatasi masalah penglihatan. Vitamin C ikut membantu regenerasi vitamin E dalam mata.

Pertumbuhan Kubis Grand 22


Tanaman kubis Grand 22 memiliki ciri khas membentuk crop. Pertumbuhan awal ditandai pemebntukan daun secara normal. Semakin dewasa, daun-daun mulai melengkung ke atas hingga akhirnya daun tumbuh merapat.

Saat sudah sangat rapat, oleh petani crop ditutup daun bagian bawah agar warna crop makin pucat. Sampai ukuran crop telah cukup besar maka kubis siap dipanen.

Kubis merupakan komoditi tanaman budidaya semusim. Secara biologi masuk tanaman dwimusim ( biennial ) dan membutuhkan vernalisasi untuk pembungaan. Bila tidak mendapatkan suhu rendah ( dingin ), kubis akan terus tumbuh tidak berbunga. Setelah berbunga, tanaman mati.

Secara umum, kubis tumbuh baik di dataran tinggi 1000 - 1300 m dpl. Daerah kota Malang, Karo dan Wonosobo termasuk daerah yang banyak ditanami kubis.

Kol kobis menyukai tanah yang sarang dan tidak becek. Relatif tahan terhadap suhu tinggi dan dapat berproduksi di daerah pegunungan ( 400 m dpl ke atas ) di daerah tropis. Dan kini, kubis Grand 22 direkomendasikan dapat ditanam di dataran menengah.

Kubis Grand 22 juga tahan hama ulat pemakan daun Plutella. Dimana sebelumnya, kubis selalu tidak tahan tumbuh di dataran rendah. Dikarenakan adanya serangan  dari ulat Plutella.

Perawatan kubis Grand 22 tidak sulit karena sama dengan perawatan tanaman kubis umumnya. Pemupukan diberikan dalam bentuk cair atau dikocorkan. Tujuannya agar pupuk dapat cepat terserap tanaman dan menekan jumlah pupuk yang terbuang.

Pertumbuhan kubis Grand 22 yaitu crop berbentuk bulat pipih, padat dan keras. Tekstur kubis demikian banyak diminati konsumen karena sesuai selera masyarakat luas. Ukuran crop tidak terlalu besar sehingga cocok dipasarkan di pasar tradisional.



Persiapan Penanaman Kubis Grand 22


Jenis tanah ideal untuk menanam kubis Grand 22 adalah tanah lempung berpasir. Keasaman tanah berkisar antara 5.5 - 6.5 dan irigasi/drainase air yang baik. Tanah harus subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.

Lahan penanaman kubis Grand 22 dibersihkan dulu dari gulma atau tanaman pengganggu lain. Tanah digemburkan menggunakan cara dicangkul atau dibajak dan kedalamannya 20 - 30 cm.

Selanjutnya buat bedengan lebar 1 meter, tinggi 20 - 30 cm dan panjang disesuaikan luas lahan. Antar bedengan dibuat jarak sekitar 30 cm untuk dranase air.

Persiapan benih kubis Grand 22 cap Kapal terbang tahan penyakit. Benih direndam dalam larutan fungisida atau air hangat selama 20 - 30 menit. Benih mengapung dibuang karena benih jelek/tidak bisa tumbuh. Pilih benih yang tenggelam.

Benih disemai dalam polybag semai berukuran 6 x 8 cm atau 8 x 10 cm. Seminggu sebelum persemaian benih, persiapkan media tanam pembibitan kubis Grand 22. Yaitu berupa campuran tanah dan pupuk kandang/kompos perbandingan 2 : 1.

Setelah didiamkan 1 minggu, siram media menggunakan air agar lembab. Lalu masukkan benih 1/2 benih lalu tutup denga sedikit tanah dan siram kembali. Penyiraman harus hati-hati karena benih masih lemah. Bila perlu penyiraman menggunakan spray dengan butiran air yang halus.

Letakkan pada tempat terlindungi atau buat khusus tempat untuk pembibitan. Beri sungkup/tutup dari plastik untuk melindungi bibit dari hujan dan angin. Lakukan pemeliharaan bibit dan rutin melakukan penyiraman. Bibit baru bisa dipindahkan setelah berumur 25 - 30 hst.

Penanaman dan Perawatan Kubis Grand 22


Setelah bibit siap untuk dipindahkan dan lahan sudah siap maka penanaman bibit dapat dilakukan. Lubang tanam dibuat menggunakan tugal dan menggunakan jarak tanam 50 x 60 cm. Bibit kubis bisa dipindahkan setelah berumur 3 - 4 minggu.

Masukkan bibit kubis dalam lubang yang sudah dibuat. Penanaman tumpang sari kubis Grand 22 dan tanaman tomat. Yaitu 2 baris kubis dan  1 baris tomat. Tomat ditanam lebih dulu 1 bulan setelah itu menanam kubis.

Polybag semai disobek perlahan dan usahakan media semai tidak rusak. Setelah ditanam, bibit disiram hingga cukup lembab. Penanaman dilakukan serentak dan selesai dalam satu hari agar dapat tumbuh seragam dan panen bersamaan.

Penyiraman penting dilakukan di awal masa tanam. Penyiraman rutin dilakukan setiap pagi dan sore hari. Kecuali bila hujan turun. Kubis Grand 22 umur 30 hari, pemberian airnya menggunakan cara di-leb. Pemberian air di-leb ini dilakukan setiap 2 - 3 hari sekali disesuaikan kondisi lahan.

Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit yang mati atau tidak tumbuh baik. Penyulaman dilakukan sampai tanaman berumur 2 minggu.

Pemupukan susulan menggunakan pupuk Urea, KCl dan ZA perbandingan 1 : 2 : 1. Pemupukan susulan pertama dilakukan saat tanaman berumur 25 HST. Pemupukan berikutnya setiap 10 - 15 hari sekali. Pemberian pupuk menggunakan cara dikocor.

Jika penanaman tidak menggunakan mulsa maka harus rutin melakukan penyiangan gulma. Terutama di sekitar tanaman dan diparitnya. Bila penanaman menggunakan mulsa maka penyiangan di bagian parit saja. Petani biasa melakukan penyiangan sebanyak 2 - 3 kali selama musim tanam.



Tips Menyuburkan Tanaman Kubis


Di pasaran, konsumen menjadikan penampilan kubis untuk menetapkan harga jual dari kubis. Sehingga di lapangan sering dijumpai petani melakukan penyemprotan insektisida dalam jumlah berlebihan.

Tujuannya tidak lain adalah agar penampilan kubis mulus tanpa lubang gigitan ulat. Konsumen perlu memperhatikan ini dan disarankan untuk selalu mencuci kubis yang baru dibeli. Biarpun tampak tidak kotor, namun pencucian akan mengurangi residu bahan kimia pada kubis.

Cara untuk menyuburkan tanaman kubis yaitu memperhatikan iklim, varietas, kondisi tanah dan pH tanah. Pemberian pupuk organik dan non-organik dapat ditambahkan pada tanah.

Pada dasarnya nutrisi sudah tersedia di tanah, namun kadang tidak mencukupi kebutuhan tanaman. sehingga agar tanaman semakin subur perlu ditambahkan pupuk.

Pemupukan pada kubis dilakukan 3 - 4 kali dalam satu kali tanam. Dimulai dari pupuk dasar kemudian pupuk susulan setelah penanaman bibit.

Jenis-jenis pupuk untuk kubis adalah pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro. Pupuk unsur hara makri mengandung unsur poko seperti Nitrogen, Fosfat, Kalium dan Kalsium. Pupuk mikro yaitu pupuk daun dengan cara disemprotkan.

Cara Pemupukan Kubis Grand 22


Pemupukan kubis Grand 22 menggunakan cara dikocor atau ditaburkan. Kebutuhan pupuk tanaman kubis dalam 1 hektar adalah :

  • Pupuk kandang 8 - 10 ton.
  • Pupuk Urea 200 kg.
  • Pupuk ZA 250 kg.
  • Pupuk TSP 250 kg.
  • Pupuk KCl 200 kg.
  • Kapur Dolomit disesuaikan kebutuhan dan pH tanah.

Pupuk dasar diberikan saat pengolahan tanah yaitu terdiri dari pupuk kandang 8 - 10 ton/ha, Urea 100 kg/ha, ZA 100 kg/ha, TSP 150 kg/ha dan KCL 150 kg/ha. Seluruh pupuk kimia ditaburkan merata di permukaan bedengan. Kemudian tambahkan pupuk kandang. Aduk dan bolak balik tanah sampai sedlama 10 cm.

Terakhir bila pH tanah belum netral, berikan Dolomit dan ditabur di pemukaan. Biarkan tersiram air hujan. Pemupukan dasar ini dilakukan 10 - 15 hari sebelum penanaman bibit.

Cara Pemupukan Susulan Pertama

Dilakukan pada umur 12 HST dan dosisnya : Urea 30 kg/ha, ZA 30 kg/ha, TSP 30 kg/ha dan KCL 30 kg/ha. Pupuk ditaburkan di sekeliling pangkal batang lalu tutup dengan tanah. Atau bisa juga menggunakan cara ditugal 2 lubang per tanaman.

Cara Pemupukan Susulan Kedua

Dosis dan Cara Pemupukan II Tanaman Kubis dilakukan pada umur 30 HST. Pupuk dan dosisnya adalah Urea 35 kg/ha, ZA 35 kg/ha, TSP 35 kg/ha dan KCl 35 kg/ha. Pupuk ditaburkan mengelilingi pangkal batang tanaman lalu ditutup tanah. Cara lain yaitu ditugal 2 lubang per tanaman.

Cara Pemupukan Susulan Ketiga

Dilakukan umur 40 HST dan dosisnya adalah sama pada pemupukan kedua. Cara pemberiannya juga sama dengan pemupukan kedua. Pupuk daun diberikan dalam bentuk larutan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.


Pemupukan Kubis Menggunakan Pupuk NPK


kubis grand 22, jual benih hibrida, jual pupuk, budidaya kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK
Pemupukan kubis terbagi 2 menjadi pupuk dasar dan pupuk susulan. Pemupukan dasar bersamaan pengolahan tanah. Pupuknya adalah pupuk kandang sebanyak 20 - 30 ton dan NPK 300 kg/ha ( 10 gram/lubang tanam ).

Pemupukan dasar ditaburkan secara merata dan bersam pengolahan tanah. Kemudian biarkan tanah selama sekitar 1 - 2 minggu sebelum tanam.

Pemupukan susulan kubis dilakukan pada umur 25 - 30 HST dan dilakukan setelah penyiangan. Dosis pupuk NPK sebanyak 300 kg/ha atau 10 gram/ tanaman. Cara pemberian yaitu membuat alur mengelilingi tanaman kubis berjarak 5 - 7 cm dari tanaman.

Pengendalian Hama dan Penyakit Kubis


Ada beberapa cara untuk menekan serangan hama dan penyakit kubis, yaitu antara lain :
  • Mencabut tanaman segera bila diketahui ada serangan bengkak akar pada tanaman muda. Setelah dicabut lalu dimusnahkan yaitu tanaman mati dibakar di tempat agak jauh.
  • Memanfaatkan musuh alaminya ( parasitoid disdegma semiclausum ).
  • Tumpangsari kubis dan tomat. Tomat umur 1 bulan baru dilakukan penanaman kubis.
  • Pengendalian hama dan penyakit menggunakan pestisida dan dosis sesuai anjuran pada kemasan produk.
  • Penanaman refugia. Tanaman refugia adalah bunga-bungaan penyedia polen dan nektar yang dibutuhkan predator/parasitoid. Serangga nantinya akan memangsa hama ( ulat ) untuk tempat bertelur.
  • Rotasi tanaman yaitu menggilir atau mengganti jenis tanaman yang akan dibudidayakan selanjutnya pada satu petak lahan. Sehingga keanekaragaman organisme penghuni lahan menjadi lebih kompleks dan bermacam-macam jenis.
  • Tidak terjadi ledakan populasi satu atau dua jenis organisme. Terutama populasi dari jenis hama/organisme penggangu tanaman. Kerabat dari kubis ( famili Brassicaceae ) adalah sawi, kembang kol, brokoli dan lobak.
  • Bila musim ini lahan ditanami aneka tanaman Brassicaceae, maka musim selanjutnya diganti tanaman jenis lain.


Hama Kubis : Ulat Jengkal ( Trichoplus )


Hama ulat jengkal berwarna hijau dan cara bergeraknya dengan menekuk bagian belakang tubuhnya. Ulat jengkal menjadi hama pemakan daun muda dan tua tanaman kubis. Fase dewasa menjadi ngengat dan setiap bertelur sebanyak 500 butir telur.

Jumlah telur sebanyak itu membuat ulat jengkal merusak tanaman dalam waktu singkat. Kerusakan yang ditimbulkan bisa cukup parah. Hingga menimbulkan gagalnya panen bila serangan hama ulat jengkal tidak segera diatasi.

Hama Kubis : Ulat Plutella xylostella


Hama ulat Plutella menjadi hama paling sering dan dalam jumlah banyak pada tanaman kubis. Warna ulat Plutella hijau muda dan berukuran 0.5 - 1 cm. Siklus hidup ulat Plutella 10 - 14 hari. Selama berbentuk larva, akan terus menggerogoti daun muda dan tua hingga di bagian titik tumbuhnya.

Serangan ulat mendadak dan sulit diprediksi karena ngengat dewasa akan meletakkan telurnya di bagian bawah daun. Kerusakan daun juga kadang disebabkan larva tiba-tiba menetaskan telurnya.

Pengendalian biologis ulat Plutella menggunakan bakteri Bacillus thuringiensis. Pengendalian secara kimiawi tidak terlalu dianjurkan. Karena kini ulat Plutella mulai resisten pestisida kimiawi organofosfat. Pencegahan dini lebih dianjurkan dalam pengendalian ulat Plutella.

Hama Kubis : Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon )


Gejala serangan ulat tanah : tanaman mati mendadak. Terutama tanaman muda atau yang baru saja pindah tanam ke lahan. Tanaman tampak terkulai dan pangkal batang patah.

Ulat tanah aktif di malam hari dan sepanjang siang bersembunyi dalam tanah. Malam hari, ulat akan berkeliaran memakan pangkal batang tanaman muda. Ngengat ulat tanah menghasilkan telur hingga ribuan.

Itulah sebab serangan ulat tanah sangat ganas. Serangannya menyebabkan kerugian besar di awal penanaman kubis. Karena ulat menyerang tanaman muda/baru pindah.

Namun ulat tanah ini cukup mudah dikendalikan. Pencegahan serangan ulat tanah paling mudah adalah rotasi tanaman. Namun bila dengan rotasi, keberadaan ulat tanah masih ditemukan maka lakukan pengendalian kimiawi.

Pengendalian efektif menggunakan pestisida berbahan aktif carbofuran. Pestisida diberikan dengan cara ditaburkan di permukaan tanah. Terutama di sekitar persembunyian ulat tanah yang ditandai adanya lubang kecil dekat pangkal batang.



Penyakit Kubis Akibat Serangan Bakteri


Bakteri menyerang tanaman kubis menyebabkan penyakit busuk hitam dan penyakit busuk lunak. Penyakit busuk hitam disebabkan oleh bakteri : Xanthomonas campestris. Gejala serangan : tampak warna merah di tepi daun dan berbentuk huruf V. Bila bakteri di dalam tanah, akan sulit diberantas.

Pencegahan lebih disarankan untuk penyakit akibat bakteri. Antara lain : tidak menanam kubis di lahan bekas tanaman famili Cruciferae. Penggunaan benih hibrida berkualitas bebas penyakit. Sehingga bibit nantinya akan sehat dan subur.

Penyakit akibat serangan bakteri lain adalah busuk lunak. Penyebabnya adalah bakteri Erwinia carotovorus. Gejala serangan adanya aroma adanya pembusukan yaitu seperti bau telur busuk. Pembusukan terjadi di crop dan batang kubis.

Penyakit busuk lunak sulit dikendalikan karena penularannya sangat cepat. Biasanya busuk lunak muncul setelah adanya serangan penyakit busuk hitam.

Penyakit Kubis Karena Cendawan


Serangan cendawan atau jamur menyebabkan penyakit busuk akar ( damping off ) dan penyakit bengkak akar ( club root ). Keduanya menyerang pada akar kubis.

Busuk akar disebabkan oleh cendawan Rhizoctonia sp. Cendawan menyerang tanaman muda di persemaian. Gejalanya tampak bibit tiba-tiba menjadi layu lalu roboh. Bila tanaman dicabut, tampak akar dan bagian leher busuk berwarna hitam.

Busuk akar dapat dikendalikan menggunakan pestisida. Pencegahan lebih baik yaitu persemaian disterilkan selama 2 minggu sebelum penanaman bibit. Cara mensterilkan adalah menggunakan larutan Formalin 4% sebanyak 10% larutan per m². Cara lainnya adalah pengasapan media tanam.

Bengkak bakar disebabkan cendawan Plasmodiophora brassicae. Cendawan dapat bertahan hidup dalam tanah yang pH < 7. Cendawan penyebab bengkak akar sulit dikendalikan.

Pencegahan yaitu melakukan rotasi dan pergiliran tanaman. Melakukan pemberian air dengan cara di-leb atau penggenangan.

Pemananen Kubis Grand 22


Ciri-ciri kubis siap dipanen adalah krop daun besar, berisi penuh dan padat. Kubis siap panen jika dijentik dengan jari berbunyi nyaring.

Daun berwarna hijau mengkilap dan daun paling luar sudah layu. Pemanenan kubis Grand 22 umur genjah yaitu 65 HST. Krop berbentuk bulat pipih, berwarna hijau tua dan berat 2.5 - 3 kilogram per krop.

Cara pemetikan yaitu memotong krop daun beserta sebagian batang. Pemetikan disertakan 4 - 5 lembar daun luar agar krop kubis Grand 22 tidak rusak.

Bila saat panen terlamat melakukan pemetikan maka krop kubis akan pecah atau kadang-kadang menjadi busuk. Potensi hasil dari budidaya kubis Grand 22 sebanyak 30 - 40 ton/ha.

Demikian artikel Kami dengan judul : Jual Benih Kubis Grand 22 F1 Hibrida Produk Bisi Berkualitas. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Kami juga menerima layanan konsultasi gratis tentang benih kubis Grand 22 dan cara menanam kubis yang baik dan benar.

Toko pertanian Online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami menyediakan berbagai keperluan untuk bercocok tanam terlengkap dan murah.

Kami telah berpengalaman bertahun-tahun dan didukung perusahaan pertanian terkemuka. Diantaranya benih kubis Grand 22 produk PT Bisi International. Produk terbaik benih cap Kapal Terbang.

Semoga artikel kami dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan pertanian pembaca. Selamat mencoba peluang usaha menanam kubis Grand 22 karena perawatannya cukup mudah. Selamat mencoba dan salam sukses....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.