TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/09/20

Budidaya Sayuran Mudah, Cepat Panen dan Hasil Menguntungkan

budidaya sayuran, sayur organik, manfaat sayur, jual benih sayur, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Sayuran 
Menguntungkan


Budidaya Sayuran Mudah, Cepat Panen dan Hasil Menguntungkan. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam budidaya sayuran. Tersedia benih untuk budidaya sayuran hibrida dan unggul. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan juga pupuk berkualitas, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis tentang permasalahan Anda antara lain tentang budidaya sayuran. 

Kami mengajak kerja sama dalam online shop sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Budidaya sayuran cocok dilakukan di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Budidaya sayuran di Indonesia dapat dilakukan sepanjang tahun. Karena di Indonesia, sinar matahari tersedia lebih dari cukup untuk syarat tumbuhnya sayur. 

Budidaya sayuran mudah dilakukan cepat panen sehingga hasil dapat cepat dinikmati. Manfaat sayur sangat besar untuk kesehatan. Banyak jenis sayur dapat ditanam di Indonesia. Sehingga dapat dijadikan sebuah usaha sampingan. 

Baik petani maupun ibu rumah tangga dapat melakukan budidaya sayuran di berbagai daerah. Hal ini merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa atas melimpahnya sumber daya alam. Yaitu berupa tanaman sayuran ini. 

Budidaya sayuran dapat dilakukan secara intensif. Kini permintaan pasar akan sayuran semakin meningkat. Ditambah kesadaran masyarakat tentang manfaat sayuran bagi kesehatan. Selera pasar juga berkembang menuju sayuran organik sebagai gaya hidup millenial di era digital ini. 


Tanaman Sayur Baik Untuk Kesehatan


Di era digital serba modern kini, masyarakat mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Dan mereka mengawalinya dengan makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Bahwa apa yang masuk ke perut akan mempengaruhi kesehatan. Sesuatu yang diawali dengan baik maka hasilnya akan baik pula. 

Kesadaran bahwa kesehatan adalah penting menjadi hal utama agar terhindar dari berbagai penyakit. Dan tanaman sayur menjadi paling diinginkan untuk mencegah serangan penyakit. Tanaman sayur mengandung gizi dan serat tinggi yang baik bagi kesehatan. 

Tanaman sayur dikonsumsi masyarakat setiap hari, baik yang tinggal di desa maupun di kota. Bahkan kini semakin bertambah menyukai sayuran karena adanya gaya hidup baru. Yaitu konsumsi sayuran organik menjadi kebiasaan masyarakat kota-kota besar. 

Sayur organik merupakan sayuran dari hasil budidaya sayuran tanpa memakai bahan dan zat kimia. Budidaya sayuran organik menggunakan pupuk organik namun cara menanamnya sama. Karena tidak menggunakan zat kimia apa pun maka sayur organik bersifat aman. 

Budidaya sayuran secara organik ikut menjaga lingkungan. Sayuran hasil organik sehat dan kadang teksturnya lebih renyah. Sebagian besar orang menyatakan bahwa sayuran organik lebih enak. Kadar antioksidan, zat besi, vitamin C dan seng lebih tinggi dari sayur non-organik. 


Sayuran Favorit Organik 

1. Bayam

Tanaman sayur bayam mengandung zat besi, protein, kalium, kalsium, amarantin, purin, klorofil, viatmin A, B dan C. Manfaat sayuran bayam : melancarkan pencernaan, mengatasi tekanan darah dan memperkuat akar rambut. Bayam berkhasiat mencegah keropos tulang dan meningkatkan kesesehatan ginjal. 


2. Sawi

Sawi mengandung banyak serat, kaya vitamin A, B komplek dan C. Juga mengandung kalsium, fosfor. zat besi, tembaga dan magnesium. 

Manfaat sawi : menjaga tekanan darah, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung dan baik bagi ibu hamil. 


3. Cabai

Cabai wajib ada di setiap masakan Indonesia. Cabai bermanfaat sebagai penambah nikmat rasa makanan. Cabai mengandung capsaicin, vitamin A dan C. Terdapat banyak antioksidan yaitu kapsarubin, karoten, zeasanthin, lutein dan lain-lain. 

Makan cabai dapat membantu mengatasi gejala sakit perut, sakit gigi, influenza dan meningkatkan nafsu makan. Budidaya sayuran cabai dalam pot tidak banyak memerlukan biaya. 


4. Kangkung

Sayur kangkung mengandung vitamin A, B1 dan C. Serta mengandung fosfor, kalsium, besi, karoten dan sitosterol yang sangat baik sebagai penawar racun. Kangkung cocok sebagai menu makan malam dan dimasak bersama udang. Sayur kangkung dibagi 2 jenis yaitu kangkung darat dan kangkung air.  


5. Selada

Selada dapat tumbuh di daerah beriklim sedang maupun tropis. Selada biasanya dikonsumsi langsung dan menjadi bahan membuat salad. Kandungan gizi selada antara lain vitamin A, C, K dan mineral. Selada bermanfaat meningkatkan kesehatan kulit menjaga kesehatan tulang dan janin.  

Budidaya sayuran selada dapat ditanam di kebun mapun di pot atau pekarangan rumah. Budidaya sayuran selada juga bisa menggunakan sistem hidroponik. 


Perbedaan Sayur Organik dan Non-Organik 


Label sayuran organik banyak dijumpai di swalayan atau pasar modern. Bentuk sayuran organik memang sama dengan non-organik. Namun perbedaannya terletak pada cara budidaya sayurannya saja. Sayur organik aman dikonsumsi karena tidak mengandung pestisida. 

Budidaya sayuran secara organik tanpa menggunakan bahan kimia apapun. Baik saat pemberian pupuk maupun pegendalian hama dan penyakit.  Perbedaan budidaya sayuran sistem organik dan non-organik dapat dilihat dari hal-hal ini, yaitu : 

- Bibit untuk budidaya sayuran berasal dari teknik budidaya tanaman alami. Bibit tanaman sistem non-organik dari benih hasil rekayasa atau hibrida. 

- Budidaya sayuran secara organik menggunakan minim pengolahan tanah karena untuk mempertahankan organisme dalam tanah masih hidup.   

- Pemupukan budidaya sayuran secara organik yaitu memakai pupuk kandang atau kompos buatan sendiri. Sedangkan non-organik biasanya menggunakan pupuk tambahan yaitu Urea, ZA, TSP dan KCl atau pupuk majemuk NPK.

- Untuk mengendalikan hama, budidaya sayuran secara organik tidak menggunakan pestisida. Cara pengendalian dilakukan secara alami. Sehingga pada sayur organik sering ditemui daun sayur berlubang-lubang. 

Berdasarkan di lapangan, budidaya sayuran brokoli, kubis, bayam. selada, seledri dan kentang secara organik dinilai lebih aman dan sehat. Karena petani biasanya menanam sayuran tersebut melakukan penyemprotan pestisida cukup banyak. 





Budidaya Sayuran Mudah dan Cepat Panen


budidaya sayuran, sayur organik, manfaat sayur, jual benih sayur, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kangkung
Tornado
Budidaya sayuran
semakin gencar dilakukan petani sebagai usaha pertanian. Permintaan sayuran semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Masyarakat membutuhkan sayuran karena sadar akan manfaat mengkonsumsi sayuran. 

Budidaya sayuran secara umum, Anda membutuhkan bahan dan sarana sebagai berikut : 

- Benih atau bibit untuk melakukan usaha budidaya sayuran. Toko pertanian LMGA Agro menyediakan benih sayuran dan beragam varietas lengkap dan terbaik. 

- Pupuk guna menambah kandungan unsur hara dalam tanah. Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk organik ( pupuk kandang, kompos ) dan pupuk an-organik ( NPK, Urea, ZA, TSP, SP-36 dan lain-lain ). 

- Pupuk kandang dibuat dari kotoran hewan ternak sapi, ayam atau kambing. Pupuk kandang memiliki unsur hara lengkap, yaitu unsur N, P dan K. Pupuk kandang yang dipakai harus sudah matang dan tekstur seperti tanah. 

- Pestisida dipakai untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit yang menyerang. Banyak jenis pestisida yang bisa dipakai dan gunakan secara bijak sesuai dosis anjuran pada kemasan. 

- Media tanam adalah tempat tumbuhnya tanaman. Komposisi media tanam disesuaikan jenis sayurannya. Umumnya menggunakan tanah dan dicampur humus, kompos atau pupuk kandang. 




Teknik Dalam Budidaya Sayuran


Teknik budidaya sayuran yang tepat dapat memaksimalkan hasil panen. Beberapa proses ini penting dalam budidaya sayuran. 


Pembibitan

Syarat dalam pembibitan adalah pemilihan benih yang tepat. Pilih benih tahan penyakit karena budidaya sayuran nanti bisa lebih efektif. Benih memiliki daya kecambah minimal 80%. Lakukan perlakuan benih dengan benar sebelum benih ditanam. 


Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah untuk mendapatkan tanah gembur, bebas dari organisme pengganggu dalam tanah dan gangguan gulma. Tanah perlu diolah hingga siap untuk ditanami bibit. Dalam pengolahan tanah ada penggemburan, pengangkatan ke atas tanah sub soil dan pemupukan dasar.  


Penanaman

Penanaman budidaya sayuran bisa lewat proses persemaian maupun tidak. Budidaya sayuran kangkung, bayam tidak perlu melewati persemaian. Namun Cara menanam cabai, kentang biasanya melewati proses persemaian dahulu. 

Jarak tanam harus diperhatikan dan jangan terlalu rapat agar memudahkan pemeliharaan. Bibit dapat ditanam dalam larikan atau bentuk bedengan. 



Manfaat Sayur Bagi Kesehatan


1. Sayur Baik Untuk Pencernaan Kita

Sayur merupakan sumber serat terbaik bagi tubuh. Fungsi serat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan lain. Juga dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar. 


2. Dapat Menjaga Berat Badan Ideal

Sayur merupakan sumber makanan rendah lemak dan kalori. Cocok dikonsumsi bagi yang sedang menjalani diet dan mencoba membatasi asupan kalori masuk ke tubuh. Sayur harus diolah secara benar, tidak digoreng atau dibumbui menggunakan minyak banyk. Juga pemakaian garam berlebihan dan bahan lain tinggi lemak. 


3. Sayur Dapat Mencegah Hipertensi 

Sayur berwarna hijau kaya kandungan nitrit dan nitrat. Fungsi kedua zat tersebut mencegah tekanan darah tinggi. Sayur kacang-kacangan memiliki lemak tak jenuh berkhasiat sama dalam mencegah hipertensi. 


4. Bermanfaat Menurunkan Risiko Kanker

Budidaya sayur kol, kembang kol dan brokoli bermanfaat melindungi tubuh dari kanker. Sayur kol mengandung indoles dan isothiocynates. Budidaya sayuran brokoli berbentuk tunas memiliki kandungan sulforaphane tinggi dibanding brokoli ukuran besar. 

Budidaya sayuran tinggi oksidan dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas dapat merusak sel tubuh dan memicu terbentuknya sel kanker. 


5. Membantu Mengendalikan Stres

Mengkonsumsi sayuran membantu memperbaiki suasana hati dan meredakan stres. Makan sayur secara rutin membuat tubuh kita lebih sehat dan segar. Sayur dipercaya membantu meredakan gejala depresi. 


6. Membuat Kulit Kita Sehat

Khasiat sayur membuat kulit menjadi lebih sehat dan tampak kencang, cerah dan berkilau. Kandungan vitamin C sayur berwarna oranye dan hijau memicu produksi kolagen. Fungsinya membuat kulit tampak kenyal dan kencang. 

Likopen terkandung dlam sayur berwarna merah. Khasiatnya melindungi kulit dari sinar UV matahari. Antioksidan dalam sayur berwarna ungu melindungi tubuh dari radikal bebas. 


7. Bermanfaat Menyehatkan Rambut

Banyak komponen gizi dalam sayur yang baik untuk kesehatan rambut dan mempertahankan kilau rambut. Yaitu vitamin A, C, beta-karoten, likopen dan antioksidan. 



Budidaya Sayuran Wortel


Budidaya sayuran wortel dimulai dari bibit wortel, pengolahan lahan, cara budidaya sayuran wortel hingga panen. Tanaman wortel nama latinnya Daucus carrota banyak mengandung vitamin A dan sangat baik untuk kesehatan mata. Budidaya sayuran wortel berasal dari dataran Asia Timur hingga Asia Tengah. 


Syarat Tumbuh Budidaya Sayuran Wortel


budidaya sayuran, sayur organik, manfaat sayur, jual benih sayur, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Sayuran Mudah dan Cepat Panen 


Tanaman wortel
banyak ditanam di daerah dengan iklim sedang ( tempared ) pada musim dingin. Budidaya sayuran wortel di dataran rendah mengakibatkan wortel hanya tumbuh tinggi saja dan tidak membentuk umbi.  

Jenis tanah ideal untuk budidaya sayuran wortel adalah jenis Andosol, Alluvial, Regosol dan Latosol dan kebanyakan ada di dataran tinggi. Nilai pH ideal adalah 5,5 - 6,5.  

Suhu berpengaruh pada proses metabolisme budidaya sayuran wortel. Suhu optimal idealnya adalah 15,6 - 21,1 derajat Celcius. 

Curah hujan mempengaruhi ketersediaan air pada tanah. Kekurangan air mengakibatkan pertumbuhan wortel terhambat. Bila kelebihan air, tanaman akan mudah terserang penyakit. Budidaya sayuran wortel sesuai di iklim basah ( 1,5 - 3 bulan kering dalam 1 tahun ) dan iklim agak basah ( 3 - 4,5 bulan kering dalam setahun ). 

Kelembaban udara ideal adalah 80 - 90%. Kelembaban terlalu tinggi dapat merangsang tumbuhnya jamur penyebab penyakit. 

Sinar matahari merupakan sumber energi untuk proses fotosintesis. Semakin besar intensitas cahaya yang diterima tanaman maka semakin cepat proses pembentukan umbi wortel. Budidaya sayuran wortel membutuhkan sinar selama 9 - 10 jam per hari.  


Persiapan Benih Wortel


Pilih benih wortel terbaik dari toko pertanian online LMGA Agro produksi pabrik benih terpercaya. Gosok antar benih menggunakan telapak tangan agar benih tidak saling menempel. Rendam benih dalam air dingin selama 1 malam untuk mempercepat perkecambahan. 

Tiriskan benih dan beberapa benih ini sudah berkecambah. Benih siap ditanam. 


Persiapan Lahan Budidaya Sayuran Wortel

Lahan dibersihkan dari gulma dan rumput liar. Usahakan pH menjadi 6 - 7. Gemburkan tanah. Selanjutnya diamkan tanah hingga 2 minggu. Membuat bedengan, lebar 150 cm dan tinggi 40 cm. Jarak antar bedengan 50 cm. 


Penanaman Benih

Cara menanam benih wortel yaitu benih ditabur merata pada jalur yang sudah disiapkan. Posisi ujung akar berada di bagian bawah. Tutup kembali menggunakan tanah tipis. 


Pemeliharaan

Budidaya sayuran wortel membutuhkan pemeliharaan berupa penjarangan. Bertujuan untuk menghasilkan wortel yang subur dan optimal. Hasil panen juga bisa lebih tinggi. Pemeliharaan lainnya adalah membersihkan gulma dan pemupukan. 

Panen wortel biasanya 12 minggu setelah penanaman. Bila terlambat dalam pemanenan, wortel akan mengeras dan kualitasnya menurun. Hasil panen wortel bila dipelihara dengan baik dan benar adalah sebesar 25 ton/hektar. 




Manfaat Wortel Sangat Baik Bagi Kesehatan


Wortel, sayuran bertekstur renyah banyak mengandung air dan karbohidrat. Sayur ini sumber serat alami. Satu wortel berukuran sedang mengandung 2 gram serat. Indeks glikemik rendah sehingga mengkonsumsinya tidak membuat gula darah naik. 

Wortel mengandung vitamin dan mineral penting. Seperti vitamin A, B, K, B6. Ada senyawa antioksidan beta-karoten, alpha-karoten, lutein, likopen hingga antosianin. Manfaat sayuran wortel antara lain : 

- Mendukung kesehatan organ paru-paru, kulit hingga mata. Vitamin A dan antioksidan melindungi retina dan lensa mata. 

- Mengatur kadar gula darah, insulin dan memperbaiki kesehatan pencernaan. 

- Wortel sayuran rendah kalori dan tinggi kandungan serat dan air. Ketiganya faktor penting dalam menjaga berat badan agar ideal. 

- Sayuran kaya antioksidan berperan menjaga tubuh dari risiko terserang kanker. 

- Kalium dalam wortel berperan penting dalam menjaga tekanan darah tetap stabil. Yaitu dengan cara menyeimbangkan kadar Natrium dan cairan tubuh. 

- Sayuran berwarna cerah bermanfaat melindungi jantung kita hingga 32%. 



Budidaya Sayuran Bawang Daun


budidaya sayuran, sayur organik, manfaat sayur, jual benih sayur, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Bawang Daun 

Budidaya sayuran bawang daun
merupakan salah satu jenis tanaman sayuran dengan potensi cerah untuk dikembangkan secara intensif. Hasil produktifitasnya menguntungkan dan menjanjikan secara komersil. 

Budidaya sayuran bawang daun banyak dicari konsumen dan laris di pasaran. Bawang daun biasanya dipakai sebagai penambah rasa masakan dan untuk pengobatan juga. Dimanfaatkan bagian daunnya sebagai hasil panen. 

Bawang daun atau bawang prei ( Allium porum ). Tidak berumbi dan ukuran daun lebar dibandingkan daun bawang putih dan merah. Pelepahnya panjang dan liat, bagian dalam daun berbentuk pipih. 

Kucai ( allium schoercoprasum ). Daun kecil, panjang dan rongga dalam daun kecil. berwarna hijau dan berumbi kecil. 

Budidaya sayuran bawang daun cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Ketinggian tempat mulai 250 - 1500 m dpl. Budidaya sayuran bawang daun di dataran rendah menghasilkan anakan bawang daun yang sedikit. 

Budidaya sayuran bawang daun menyukai pH netral ( 6,5 - 7,5 ), jenis tanah andosol ( bekas lahan gunung berapi ). Atau tanah jenis lempung berpasir. Curah hujan ideal adalah 150 - 200 mm/tahun. Suhu harian 18 - 25 derajat Celcius. 




Persiapan Lahan Budidaya Sayuran Bawang Daun


Pengolahan lahan budidaya sayuran bawang daun dengan cara dicangkul sampai kedalaman 30 - 40 cm. Tambahkan pemberian pupuk kandang. Budidaya sayuran bawang daun menghendaki tanah gembur untuk pertumbuhannya. Buat bedengan lebar 1 - 1,2 m dan panjang disesuaikan kondisi lahan. 

Saluran air yaitu jarak antar bedengan 30 cm dan dalamnya 30 cm. Drainase harus lancar karena bawang daun tidak menyukai genangan air. Buat jarak tanam 25 x 25 cm. 


Persemaian Bawang Daun

Toko pertanian online LMGA Agro jual benih bawang daun terbaik dari pabrik benih terkemuka. Bila persemaian menggunakan benih harus disemai terlebih dahulu. Media semai menggunakan campuran pupuk kandang dan tanah ( 1 : 1 ) dan telah diayak halus dan gembur. 

Benih disebar merata lalu tutup menggunakan tanah tipis lalu beri air secukupnya. Bibit siap dipindahkan ke lahan tetap bila telah muncul 2 - 3 helai daun. 


Penanaman

Penanaman dengan membuat lubang tanam lalu bibit atau tunas anakan ditanam. Posisi menanam adalah tegak lurus lalu padatkan tanah disekelilingnya dan beri air secukupnya. Waktu tanam sebaiknya pagi atau sore hari saat sinar matahari tidak terik. 


Pemeliharaan Budidaya Sayuran Bawang Daun


Penyiraman dilakukan dengan jumlah secukupnya sampai tanaman basah. Budidaya  sayuran bawang daun tidak menyukai tanah becek atau terlalu basah. Media tanam terlalu lembab menyebabkan jamur dan bakteri berkembang biak dengan cepat. 

Penyiangan terhadap gulma dilakukan bersamaan pembumbunan agar tanah tidak terlalu padat. Pembumbunan di pangkal batang secara bertahap untuk mendapatkan warna putih pada batang semu bawang daun. 

Pemupukan susulan budidaya sayuran bawang daun yaitu pupuk Urea sebanyak 200 kg/ha. Pupuk Urea diberikan 2 kali yaitu pada umur 21 HST ( setengah dosis ) dan sisanya umur 42 HST. Pupuk TSP dan KCL diberikan 2 kali cara yang sama. 

Dosis pupuk TSP sebanyak 50 kg/ha dan KCl 50 kg/ha pada pemberian umur 21 HST. Kedua, umur 42 HST, pupuk TSP sebanyak 50 kg/ha dan KCl 25 kg/ha.  

Pemupukan diberikan pada larikan 5 cm di kanan dan kiri tanaman. Pupuk ditaburkan lalu ditutup dengan tanah secukupnya saja. 


Panen Bawang Daun

Bawang daun dipanen umur 2,5 bulan setelah pindah tanam. Ciri-ciri bawang daun siap panen adalah jumlah rumpun sudah banyak. Tekstur daun keras bila ditekan tangan, dan sebagian daun sudah menguning. 

Cara panen bawang daun yaitu seluruh bagaian tanaman juga akarnya dicabut perlahan. Bila bawang daun berniat ditanam kembali pada tanam berikutnya, maka pilih tunas anakan yang sehat. Bawang daun tidak bisa bertahan lama dalam penyimpanan. Sehingga setelah dipanen sebaiknya segera dipasarkan agar tetap segar di tangan konsumen. 





Budidaya Sayuran Buncis


budidaya sayuran, sayur organik, manfaat sayur, jual benih sayur, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Lebat-3
Buncis

Buncis
( Phaseolus vulgaris ) merupakan sayuran kelompok keluarga leguminosa. Budidaya sayuran buncis cocok dilakukan di dataran sedang hingga tinggi. Ketinggian tempat ideal adalah 100 - 1500 m dpl. Suhu yang cocok adalah 20 - 25 derajat Celcius. Budidaya sayuran buncis masih bisa tumbuh di ketinggian 400 m dpl. 

Budidaya sayuran buncis menyukai cahaya matahari penuh sepanjang hari dan curah hujan sedang. Sebaiknya ditanam di akhir musim hujan dan awal kemarau. Tanaman buncis peka genangan air sehingga drainase air harus baik. 


Pengolahan Lahan

Budidaya sayuran buncis diawali dengan mengolah tanah hingga gembur. Bila pH tanah asam, beri kapur Dolomit. Selanjutnya buat bedengan lebar 1 meter dan tinggi 20 - 30 meter. Jarak antar bedengan 30 - 40 cm. 

Tiap bedengan dibuat lubang tanam sebanyak 2 baris. Jarak antar baris 50 - 60 cm dan jarak lubang dalam baris adalah 30 cm. Tiap-tiap lubang tanam diberi pupuk kandang/kompos sebanyak 1 genggam tangan. 

Untuk luasan 1 hektar dibutuhkan 20 ton pupuk kandang atau kompos lalu biarkan lahan selama 1 - 3 hari. Pilih benih buncis terbaik dan tahan penyakit hanya di Toko Pertanian online LMGA Agro. 

Budidaya sayuran buncis lebih efektif langsung menanam benihnya tanpa proses persemaian. Benih buncis dimasukkan ke dalam lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. 

Setiap lubang tanam diisi 2 benih, lalu tutup dengan tanah. Lakukan penyiraman secara berkala bila kondisi tanah kering. Benih buncis mulai berkecambah setelah 4 - 7 HST. Biasanya hari ke-7 sudah tumbuh secara serempak. 


Perawatan Dalam Budidaya Sayuran Buncis


Budidaya sayuran buncis merupakan tanaman sayur yang tahan kekeringan. Sehingga kita tidak perlu menyiramnya setiap hari. Hujan turun satu minggu sekali, tanaman buncis masih tumbuh baik meski tanpa disiram. Penyiraman dilakukan bila kondisi tanah kering. 

Perawatan selanjutnya yaitu, tanah sekitar tanaman buncis harus dinaikkan. Yaitu mulai umur 2 minggu setelah tanam. Pembumbunan sambil tanah dinaikkan ini untuk menutup akar yang kadang menyembul keluar. Juga dimaksudkan untuk menguatkan kedudukan akar. 

Pembumbunan ini sekaligus membersihkan rumput-rumput sekitar tanaman. Karena menaikkan tanah biasanya menggunakan cangkul kecil atau sekop, otomatis rumput ikut tercabut. 

Budidaya sayuran buncis perlu pemasangan ajir agar tanaman tidak roboh. Ajir dipasangkan setelah minggu ke-2 dengan panjang 2 meter. Sebanyak 4 ajir/lanjaran dikat bersama menjadi satu pada pangkal atas tanaman. Lanjaran ini membuat tanaman buncis bisa merambat naik dan buah tidak sampai ke tanah. 

Pupuk setelah penanaman diberikan pada minggu ke-3. Berikan sebanyak segenggam tanagn pupuk kandang telah matang ke setiap tanaman. Total kebutuhan pupuk kandang sebanyak 20 ton/hektar.  


Pengendalian Hama dan Penyakit Buncis 


Hama yang menyerang pada budidaya sayuran buncis antara lain : serangga pemotong daun yang merusak jaringan pengangkut. Serangga kumbang pemotong daun menyebabkan tanaman kering dan gagal berbunga. 

Mengatasi serangan kumbang paling efektif dengan mengambil langsung dan mematikannya. Pengambilan hama kumbang maih mungkin dilakukan. Biasanya ukuran lahan 100 m2 ditemukan 50 - 100 hama kumbang. 

Hama lainnya yaitu lalat kacang, kutu daun, ulat grayak, penggerek dan ulat penyerang bunga. Pengendalian dengan menerapkan kultur teknis yaitu rotasi tanaman, penanaman serempak dan sanitasi kebun. Gulma harus dibersihkan dari kebun karena dapat dijadikan tempat bersembunyi hama. 

Penyakit yang menyerang pada budidaya sayuran buncis antara lain : penyakit mosaik daun, penyakit sapu, penyakit layu, antraknosa dan embun tepung. Serangan penyakit dapat dicegah dengan perbaikan drainase dan mencabut tanaman mati. 

Pemilihan benih bebas penyakit meningkatkan efektifitas pemeliharaan tanaman. Rotasi tanaman dengan tanaman lobak, wortel atau kol bunga. Bila serangan semakin parah, lakukan penyemprotan menggunakan pestisida. 

Budidaya sayuran buncis mulai berbunga pada umur 40 HST dan 10 hari kedepan, tanaman buncis sudah bisa dipanen. Pemanenan buncis dilakukan 2 hari sekali yaitu dengan cara dipetik langsung. 

Pemetikan buncis dilakukan hati-hati jangan sampai bunga jatuh atau rontok. Selama musim tanam, panen bisa dilakukan berulang-ulang hingga 10 kali. Pada panen pertama dan kedua, hasil panen biasanya mencapai 2 - 4 ton/hektar. 

Panen tanaman buncis ke-3 hingga ke-5, hasil panen akan maksimal hingga kemudian jumlahnya menurun sampai panen terakhir. Total produktifitas hasil panen mencapai 48 ton/hektar. 


Bisnis Modal Kecil Budidaya Sayuran


Budidaya sayuran dapat menjadi alternatif membangun bisnis modal kecil. Budidaya sayuran mudah dilakukan dan modal usaha penggarapannya tidak banyak. Bagi karyawan kantoran dengan gaji kecil dan memiliki banyak waktu luang, dapat dicoba usaha budidaya sayuran. 

Waktu luang yang banyak dapat dimanfaatkan secara optimal dan pastinya menghasilkan uang. Budidaya sayuran juga dapat dijadikan sebagai hobi sekaligus dapat menguatkan pangan secara mandiri. 

Budidaya sayuran dapat dilakukan di pekarangan rumah sebagai usaha sampingan. Sebenarnya usaha sampingan menarik untuk dijalankan karena tidak ada istilah gagal dalam usaha sampingan. Banyak jenis sayuran bisa tumbuh di Indonesia mulai dataran rendah hingga dataran tinggi. 

Apalagi kini permintaan akan sayuran semakin meningkat seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya sayuran. Bisnis modal kecil budidaya sayuran dapat diawali dari rumah atau luasan sempit. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Budidaya Sayuran Mudah, Cepat Panen dan Hasil Menguntungkan. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul buah serta sayuran. 

Selain benih tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel kami bisa bermanfaat dan menambah wawasan tentang budidaya sayuran mudah dan cepat panen. Budidaya sayuran juga bisa anda usahakan di rumah sebagai usaha sampingan. Salam sukses... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.