TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

26/09/20

Jenis Tomat Favorit di Pasaran Terbaik dan Benih Berkualitas

jenis tomat, buah tomat, manfaat tomat, cara menanam tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tomat 
Berkualitas

Jenis Tomat Favorit di Pasaran Terbaik dan Benih Berkualitas. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam. Tersedia benih berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis bagi Anda. Siap membantu menyelesaikan permasalahan tentang budidaya di lapangan. Kami juga mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Toko pertanian online LMGA Agro distributor pertanian, produk lengkap dan terbaik. Kami didukung oleh banyak perusahaan benih, pestisida dan alat pertanian terkemuka di Indonesia. 

Jenis tomat cukup banyak dan merupakan salah satu sayuran penting dan selalu dibutuhkan. Buah tomat sudah lama dikenal masyarakat, terutama dijadikan sebagai bahan masakan. Di pasaran, ditemukan banyak jenis tomat dengan beragam bentuk. 

Jenis tomat banyak disukai masyarakat dan laris dipasaran. Manfaat tomat cukup tinggi karena mengandung nutrisi penting, seperti likopen. Cara menanam tomat mudah dan dapat ditanam selain di kebun, juga dapat di kebun rumah. 

Jenis tomat dibedakan berdasarkan tekstur buah seperti ada tomat sayur, tomat dan tomat ceri. Jenis tomat tersebut laris dipasaran dan banyak disukai masyarakat. Manfaat tomat apa pun jenis tomat sama-sama baik bagi kesehatan kita. Kandungan likopen pada buah tomat sangat bermanfaat dalam mencegah kanker. 


Jenis Tomat Laris di Pasaran


1. Tomat Apel

Jenis tomat apel bertekstur padat dan keras. Bentuk mirip buah apel. Tidak seperti rasa tomat yang masam, jenis tomat ini cenderung manis dan cocok dijadikan minuman jus atau dimakan langsung. 

Selain biasanya dibuat jus, tomat apel juga cocok dibuat salad bersama buah atau sayuran. Jenis tomat apel biasanya ditanam di dataran tinggi dan banyak dijual di supermarket. Harga tomat apel cukup mahal. 


2. Tomat Gondol

Jenis tomat ini mudah ditemui di pasaran tradisional. Terdapat berbagai bentuk dan ukuran. Jenis tomat gondol mudah digunakan sesuai kebutuhan. Bentuk agak lonjong dan berukuran buahnya kecil. Sering dijadikan campuran pada masakan. 

Meski berukuran kecil, namun kulit jenis tomat ini tebal sehingga tahan disimpan lama. Kulit tebal membuat jenis tomat gondol kuat pengangkutan jarak jauh.


3. Tomat Hijau

Jenis tomat hijau cocok untuk masak tumisan. Tekstur jenis tomat hijau keras karena sedikit kandungan airnya. Rasa masih sedikit masam. Jenis tomat hijau adalah tomat saat masih muda dan belum matang. Ukuran buahnya biasanya kecil-kecil. Banyak dipakai untuk sayuran berkuah. 


4. Tomat Sayur

Jenis tomat sayur cocok sebagai penyedap alami masakan. Jenis tomat sayur banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Harga jenis tomat sayur cukup murah dan mudah ditemui di toko kelontong penjual sayur. Tekstur buahnya tidak teratur, bisa bulat atau pun lonjong. 

Jenis tomat sayur banyak disukai untuk bahan masakan karena teksturnya lembut dan tidak merusak makanan. Kandungan asam sitrat dalam jenis tomat sayur membuatnya dipilih sebagai penyedap alami olahan sayur. 


5. Tomat Ceri

Jenis tomat ceri mungil dan berwarna merah. Bentuknya bulat seukuran ibu jari atau ada tomat ceri sedikit membujur, mirip plum tomato. Rasa jenis tomat ceri manis dan banyak mengandung air. Sering dijadikan campuran salad atau dimakan langsung. 



Benih Terbaik Jenis Tomat di Pasaran 


Tomat Buah


jenis tomat, buah tomat, tanaman tomat, manfaat tomat, cara menanam tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Marta 9 F1

Benih tomat Marta 9 F1 produk cap Panah Merah. Tipe pertumbuhannya indeterminate. Benih direkomendasikan untuk dataran tinggi. Tahan serangan virus Gemini. Jenis tomat berbentuk oval berwarna merah. Buah terisi penuh, keras dan seragam. 

Tahan pengangkutan jarak jauh. Berat tomat Marta 135 - 150 gram/buah. Umur panen 85 - 90 HST. Potensi hasil sekitar 3,5 kg/tanaman atau setara 90 ton/ha. 


Jenis tomat Fortuna F1 produk Cap Kapal Terbang. Disukai dan banyak ditanam petani. Benih telah terbukti tahan serangan virus dan tetap bisa panen meski ditanam di daerah endemik virus. 

Potensi hasil jenis tomat Fortuna F1 mencapai 75 ton/ha dan berat rata-rata buah sekitar 75 - 80 gram/buah. Jenis tomat buah berwarna merah, terisi penuh dan keras. Tahan pengangkutan jarak jauh. 




Tomat Sayur 


Benih tomat Mutiara F1 produk Known You seed. Benih tahan late blight, penyakit virus, layu, busuk batang dan buah. Cocok untuk dataran rendah hingga dataran tinggi. Jenis tomat Mutiara F1 berbentuk bulat atau oval, besar. 

Berat buah 80 - 100 gram/buah. warna buah merah saat masak dan produktivitas tinggi. Potensi hasil 1 - 2 kg/tanaman. Tahan penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh. Umur panen 83 HST setelah semai. 


Jenis tomat Gustavi F1 produk Cap Panah Merah. Benih tahan virus Gemini dan layu bakteri. Cocok untuk dataran tinggi dan kuat ditanam di musim hujan. Jenis tomat Gustavi F1 rasa manis agak masam. Buah berbentuk hati. 

Warna buah saat muda adalah hijau kekuningan dan berubah merah saat tua. Berat buah 65 - 72 gram/buah. Potensi hasil 2 - 3 kg/tanaman, hasil panen 48 - 68 ton/ha. Daya simpan tahan sampai 7 - 8 hari setelah panen. Tahan pengangkutan jarak jauh. 


Jenis tomat Servo F1 produk Cap Panah merah. Benih adalah andalan petani dan dikenal tahan serangan virus Keriting dan Genini. Ukuran buah besar dan cocok untuk ditanam di dataran rendah. 

Potensi hasil panen mencapai 70 ton/ha dan berat rata-rata buah 80 gram/buah. Jenis tomat Servo buah berwarna merah, buah lebat dan tahan pengangkutan jarak jauh. 


Tomat Ceri

Jenis tomat ceri Golden Gem F1 produk Known You Seed. Benih merupakan andalan petani dan sudah dikenal tahan serangan virus kuning dan keriting. Ukuran jenis tomat ceri sekitar 16 gram dan jumlah buah lebat. 

Jenis tomat indeterminate, rasa buah manis dan harum. Tanaman cocok ditanam di dataran menengah hingga tinggi. 



Kandungan Gizi Buah Tomat


Jenis tomat hijau disebut buah tomat belum matang. Namun meski belum matang, jenis tomat hijau sering digunakan sebagai bahan campuran mengolah sayur. 

Jenis tomat hijau memiliki tekstur keras dan mudah diiris. Satu buah tomat berukuran sedang mengandung sebanyak 28 Kalori. Jenis tomat hijau dalam industri makanan dijadikan sebagai bahan pembuat saus. Hal ini karena rasa tomat hijau unik dan warna hijaunya.  

Jenis tomat warna hijau mengandung kadar alkaloid lebih tinggi dibandingkan tomat matang. Jenis tomat belum matang ini sulit dicerna sehingga bila dimakan berlebihan menimbulkan gangguan pencernaan. 

Jenis tomat ceri seberat 17 gram mengandung 3 kalori dan sejumlah vitamin dan mineral. Berukuran kecil sehingga cocok sebagai campuran membuat salad. 

Buah tomat dikenal lama memiliki manfaat besar bagi kesehatan terutama kesehatan kulit kita. Satu buah tomat terkandung antioksidan alami bernama likopen. Likopen berkhasiat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker. 

Selain mengandung likopen, dalam buah tomat mengandung antioksidan lain. Antara lain : polifenol, naringenin dan chlorogenic acid. Buah tomat bermanfaat besar dan baik dikonsumsi karena rendah lemak dan kalori. Buah tomat kaya akan karotenoid, lutein, vitamin A, vitamin C, folat dan Kalium. 





Jenis Tomat, Masuk Buah Atau Sayur


jenis tomat, buah tomat. manfaat tomat, cara menanam tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tomat adalah Buah juga Sayur

Tomat
termasuk buah atau sayur menjadi perdebatan di dunia kuliner khususnya. Beberapa pihak berusaha menganggap tomat termasuk buah dan pihak lain menyebutnya sayur. 

Hal tersebut karena dilihat berdasarkan bentuk, tomat masuk kategori buah. Namun kegunaannya selama ini justru sering dipakai untuk campuran olahan sayur. 

Konon di Amerika Serikat, tomat kategori buah tidak dikenai pajak. Karena itu, petani tomat berupaya menganggap bahwa tomat bukanlah sayur agar terhindar penetapan pajak impor sebesar 10%. 

Secara botani, bentuk tomat termasuk kategori buah yaitu mengacu pada struktur benih tanaman berbunga. Akhirnya karena tomat sering digunakan sebagai bagian sayur untuk salad, sup dan sandwich. Maka diputuskan tomat adalah sayur. 

Secara nutrisi, sayur dan buah sama-sama kaya sumber vitamin, mineral dan serat. Buah terbentuk dari bunga dan memiliki biji untuk proses reproduksi tanaman. Sementara sayur terdiri atas akar, batang dan bagian lainnya. Contoh sayur adalah bayam, wortel, sawi dan lain-lain. 

Umumnya buah bertekstur lembut dan berasa manis. Buah tomat ada berasa masam dan aroma tajam. Buah biasa disajikan sebagai hidangan penutup, selai atau dimakan langsung. Sayur rasanya hambar dan pahit. Tekstur lebih keras dibandingkan buah. Sebagian besar sayur tidak bisa dimakan langsung. 

Secara ilmiah, jenis tomat adalah buah-buahan. Karena semua buah memiliki biji tunggal atau banyak seperti semangka, melon. Buah juga tumbuh dari bunganya. Tomat terbentuk dari bunga-bunganya berukuran kecil dan berwarna kuning. Biji tomat banyak.  

Secara ilmiah, tomat adalah buah. Namun dalam pemanfaatannya, tomat sering diolah bersama sayur lainnya, seperti membuat sup atau tumisan. Saat dimasak, tomat bisa diolah sendiri atau bersama sayuran lainnya. Jenis tomat juga ada dimanfaatkan sebagai penyedap alami karena rasanya. 

Bukan hanya buah tomat mengalami krisis identitas namun sayuran seperti timun, labu, paprika dan terong. Karena itu semuanya boleh disebut buah maupun sayuran. 


Inilah Manfaat Besar Buah Tomat


1. Kandungan Gizinya Mampu Menangkal Kanker

Kaya kandungan vitamin C dan antioksidan sehinga diyakini mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan beta-karoten di dalamnya bersifat antioksidan mampu mencegah tumor pada kanker prostat. 

Warna tomat merah berarti memiliki kandungan likopen. Zat likopen dipercaya mampu mencegah kanker secara efektif. 


2. Berkhasiat Menstabilkan Tekanan Darah

Jenis tomat mampu mempertahankan asupan natrium dalam takaran rendah. Sehingga mampu menjaga tekanan darah tetap normal.  


3. Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat

Buah tomat mengandung serat, vitamin C dan kolin dan penting bagi kesehatan jantung. Asupan Kalium meningkat dan asupan Natrium dikurangi merupakan pola makan benar dan tepat. Pola tersebut dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Folat membantu menyeimbangkan kadar homosistein. Yaitu asam amino pecahan dari protein dan bisa meningkatkan terjadinya serangan jantung dan stroke. 


4. Mampu Mengontrol Gula Darah

Konsumsi makanan diet tinggi serat seperti buah tomat baik bagi penderita diabetes tipe 1. Buah tomat mampu menurunkan kadar glukosa darah ke tingkat lebih rendah. 


5. Dapat Melancarkan Pencernaan

Makanan mengandung banyak air dan serat seperti jenis tomat dapat membantu pergerakan usus menjadi normal. Buah tomat merupakan pencahar paling efektif. 




6. Memelihara Kesehatan Mata


Kandungan gizi jenis tomat bersifat antioksidan kuat dan terbukti mampu melindungi mata akibat kerusakan. Termasuk penyakit katarak dan degenerasi makula terkait dengan usia seseorang. 


7. Memperbaiki Kerusakan Akibat Asap Rokok

Asam kaumarik dan asam klorogenat dalam tomat memberikan efek mampu melindungi tubuh dari asap rokok. Baik perokok aktif maupun bukan perokok ( pasif ). 


8. Gizi Tomat Mendukung Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C tinggi mampu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kita. Mampu mengendalikan hormon penyebab stress. Membuat tubuh kita tetap berenergi dan menjadi fit setiap hari. 


9. Mampu Membantu Membakar Lemak

Jenis tomat sering disertakan dalam campuran salad karena rendah lemak dan kalori. Cocok dijadikan menu dalam program penurunan berat badan. Buah tomat mendorong produksi asam amino, namnya carnitine. Carnitine meningkatkan kemampuan membakar lemak tubuh hingga 30%. 


10. Vitamin Jenis Tomat Mempercantik Kulit

Telah lama kandungan jenis tomat berkhasiat besar merawat kecantikan kulit. Tomat dapat membantu mengatasi pori-pori besar, menghilangkan jerawat dan mendinginkan kulit terbakar. Serta menyegarkan kembali kulit kusam. 


11. Mendukung Masa Kehamilan

Vitamin C buah tomat menjadi salah satu nutrisi paling dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga janin dan dirinya. Kandungan gizi tomat membantu pembentukan tulang, gigi dan untuk mendapatkan gusi sehat. Buah tomat membantu penyerapan zat besi dan nutrisi lainnya baik bagi ibu hamil.  



Jenis Tomat Menurut Tipe Tumbuhnya


Tomat memiliki nama latin Solanum lycopersicum syn Lycopersicum esculentum. Tanaman tomat masuk pada keluarga Solaneceae. Tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan. Yaitu daerah Meksiko hingga Peru. 

Tanaman tomat memiliki siklus hidup singkat dan tumbuh setinggi antara 1 - 3 meter tergantung tipe pertumbuhan jenis tomatnya. Di Indonesia, tanaman tomat menjadi favorit masyarakat dan banyak ditemui di pasaran setelah cabe. 

Budidaya tomat disukai petani karena produktivitas hasil panennya tinggi dan harga relatif stabil. Pemasaran hasil tomat juga mudah dan permintaan pasar juga tinggi. Semua jenis tomat disukai dan dibutuhkan orang. Petani menanam jenis tomat berdasarkan lokasi tanam dan permintaan pasar. 

Jenis tomat selain berdasar bentuk buahnya juga tipe tumbuhnya. Ada 3 macam tipe tumbuh jenis tomat, yaitu : 

1. Tipe Determinate

Jenis tomat tipe determinate, pertumbuhan tanaman berakhir dengan munculnya rangkaian bunga atau buah. Batang jenis tomat tipe determinate tidak bisa tumbuh tinggi. Tinggi pohon hanya sampai 50 - 80 cm. 

Umur panen jenis tomat determinate relatif pendek dan batang cepat tumbuh. Agar batang bisa lebih tinggi maka tunas tidak perlu dipotong. Yaitu tunas ini tumbuh terlalu dini pada ketiak daun. 


2. Tipe Semi Indeterminate ( Intermediate )

Jenis tomat semi indeterminate merupakan jenis tomat persilangan antara determinate dan in-determinate. Persilangannya akan menghasilkan jenis tomat hibrida dan memiliki sifat-sifat dari kedua tipe tersebut. Pertumbuhan tanaman sedang dan umur panen bisa lebih lama. 


3. Tipe Indeterminate

Merupakan jenis tomat dimana pertumbuhannya belum berakhir meski sudah muncul bunga dan buah. Umur panen relatif lama dan pertumbuhan batang relatif lambat. Panen lebih dari sekali dan pohon tomatnya mencapai ketinggian 160 - 200 cm. Meski bisa tinggi namun umurnya hanya sampai 4 bulan. 



Cara Menanam Tomat di Lahan Pekarangan Rumah


jenis tomat, manfaat tomat, buah tomat, cara menanam tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tomat 
Timoty F1

Cara menanam tomat
dapat diusahakan di lahan sempit seperti di pekarangan rumah kita. Asalkan tanah gembur dan mengandung unsur hara banyak . 

Lahan menanam tomat harus mendapat sinar matahari penuh dan tanah berdrainase dengan baik. Sekurang-kurangnya, mendapatkan sinar matahari selama 6 jam setiap hari. 

Persiapan tempat menanam selama 2 minggu. Gali tanah sedalam 30 cm dan taburkan pupuk kandang atau kompos. Jarak menanam tomat sekitar 60 cm antara satu tanaman dengan tanaman lainnya. 

Pasanglah ajir atau turus sejak tanaman masih kecil untuk mencegah mengenai perakaran tanaman. Bila batang sudah semakin tinggi dapat diikatkan pada ajir agar bisa berdiri tegak. Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban.  

Cara menanam tomat di pot. Gunakan pot atau wadah lainnya dan diberi lubang di bagian bawah untuk keluarnya air siraman. Usahakan tanah tidak terlalu padat agar air juga dapat mengalir dengan baik. Campuran terbaik adalah tanah dan pupuk kandang/kompos perbandingan seimbang. 

Setelah benih tomat dibenamkan pada tanah, letakkan pot di tempat terbuka dan terkena sinar matahari penuh. Penyinaran minimal selama 6 - 8 jam per hari. Biasanya menanam dalam pot, media tanam akan cepat mengering.

Rajinlah melakukan kontrol tanaman dan sirami setiap hari saat pagi atau sore hari. Bila sudah kering segera berikan air lagi sampai tanah basah. 




Merawat Tanaman Tomat


Penyiraman merupakan hal paling penting dalam perawatan pohon tomat. Penyiraman sebaiknya pada pagi hari. Karena untuk memberikan kelembaban cukup bagi tanaman melewati sepanjang hari yang panas. Sebaiknya tidak menyiram pada sore atau malam hari. 

Lakukan penyiangan gulma terutama di sekitar tanaman. Untuk menjaga kelembaban tanaman tomat dalam pot, taruhlah batu-batu pipih sekitar tanaman. Batu pipih tadi dapat mencegah air menguap dari tanah. 

Berikan pupuk organik kompos setiap 2 minggu sekali. Dimulai saat sudah muncul buah dengan diameter 2,5 cm. Lakukan pemangkasan di semua daun paling bawah dan sudah layu. Hal ini dapat mencegah penyakit menyebar dalam tanah ke dedaunan. 

Anda dapat membiarkan buah tomat yang sudah muncul selama mungkin. Bila rontok sebelum tamapak matang, simpan dalam kantong kertas dan letakkan di tempat sejuk dan gelap.

Jangan letakkan buah di tempat terkena sinar matahari. Karena bisa membuatnya lebih cepat busuk. Buah juga akan banyak kehilangan kandungan airnya. 

Buah tomat matang berwarna merah, tekstur keras dan padat. Beberapa warna kuning ada di sekitar batangnya. Jangan simpan tomat segar dalam kulkas karena dapat merusak rasa dan tekstur buah. 


Pemupukan Susulan Tanaman Tomat di Polybag


Pupuk untuk tanaman tomat dalam polybag bisa menggunakan pupuk organik saja atau ditambahkan pupuk kimia. Pemupukan cara menanam tomat dalam polybag dimulai umur 15 HST. 

Berikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 2,5 gram per tanaman. Pupuk diberikan di sekeliling pangkal tanaman dengan jarak 10 cm. Lalu tutup dengan pupuk kandang dicampur tanah top soil. Tambahkan media tanah dicampur pupuk kompos sampai ketinggian 3/4 tinggi polybag. 

Pemupukan selanjutnya pada umur 30 HST. Dosis pupuk NPK sebanyak 5 gram per tanamn. Cara aplikasinya sama dengan pemberian sebelumnya. 

Pemberian pupuk menanam tomat di polybag juga bisa dengan cara kocor. Dosis dan waktu pengocoran sama dan dilanjutkan dengan melakukan pembumbunan. Tambahkan media tanah dan kompos juga. 

Memasuki fase generatif atau umur 45 HST, berikan pupuk organik cair dan mengandung unsur N, P dan K serta unsur mikro dan mikroorganisme. Berikan sesuai dosis anjuran dan siramkan pada tanaman. 


Pengendalian Hama dan Penyakit


Hama dan penyakit tanaman tomat cukup banyak. Penting untuk melakukan pengendalian secara mekanis yaitu mengambil hama dan mematikan langsung. Selalu rajin melakukan pengamatan terhadap tanaman untuk mengetahui ada tidaknya hama. Juga mengetahui lebih dini gejala tanaman sakit. 

Bila ada daun menguning, bercak dan berlubang, segera pangkas dan buang ke tempat jauh. Bersihkan selalu kebun dari rumput liar. Karena rumput-rumput menjadi tanaman inang hama penyebar penyakit. 

Perlakuan penyemprotan menggunakan pestisida dilakukan bila serangan sudah parah. Pilih bahan aktif rendah daulu dan dosis sesuai anjuran pada kemasan. Dianjurkan untuk selalu mengganti jenis pestisida yang dipakai untuk mencegah hama mengalami kekebalan bahan aktif tertentu. 

Panen buah tomat tidak perlu waktu lama karena tidak sampai 100 hari Anda sudah dapat menikmati hasil panen tomat. Ciri tomat siap dipetik adalah perubahan warnanya. Warna buah tomat yang tadinya hijau saat masih muda berubah menjadi kekuning-kuningan  dan menjadi merah. 

Panen buah tomat tidak bisa dilakukan sekaligus. Karena munculnya buah juga tidak dalam waktu bersamaan. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Jenis Tomat Favorit di Pasaran Terbaik dan Benih Berkualitas. Hubungi nomer kontak kami di 082141747141 ( telep ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam lengkap. 

Toko pertanian LMGA Agro tersedia benih unggul dan hibrida, pupuk ,pestisida dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Kami siap kirim pesanan Anda bersama mitra jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan tentang jenis tomat laris di pasaran. Cara menanam tomat mudah dilakukan memakai benih dari jenis tomat terbaik. Salam sukses... 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.