TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

02/10/20

Berkebun Di Rumah, Hobi Baru yang Menguntungkan dan Menghasilkan

berkebun di rumah, sayuran, menanam buah, manfaat sayuran, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Berkebun di rumah

Berkebun Di Rumah, Hobi Baru yang Menguntungkan dan Menghasilkan. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ) Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam dan berkebun di rumah. Produk lengkap, berkualitas dan murah. 

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami berpengalaman lama sebagai supplier produk pertanian benih hibrida dan unggul buah dan sayuran. Kami didukung oleh beberapa perusahaan benih terkemuka di Indonesia. 

Toko pertanian online LMGA Agro juga menyediakan pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan berbagai alat pertanian. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Berkebun di rumah menjadi salah satu aktivitas menarik sekaligus hobi baru. Anda dapat melakukannya disela-sela kesibukan rutinitas setiap hari. Berkebun di rumah dapat Anda lakukan dengan menanam sayur-sayuran dan buah.  

Berkebun di rumah dapat menjadi ketahanan pangan bagi keluarga. Mewujudkan sikap mandiri dalam pengadaan sayur dan buah sendiri. Anda dapat memilih menggunakan benih hibrida dan unggul bebas penyakit. 

Berkebun di rumah menjadi aktivitas menyenangkan disela kesibukan Anda. Pekarangan rumah dapat dimanfaatkan dengan menanam sayur dan buah cepat menghasilkan. Pilihlah benih terbaik dan berkualitas untuk berkebun di rumah. 

Benih hibrida bersertifikat membuat lebih efektif dalam pemeliharaan tanaman. Tanaman dari benih berkualitas masih dapat menghasilkan meski lingkungan tidak bersahabat. 

Berkebun di rumah tentunya menggunakan lahan tidak luas. Atau malah menggunakan wadah pot atau barang-barang bekas tak terpakai di rumah kita. Kebutuhan hakiki berkebun di rumah adalah sinar matahari dan air. 


Persiapan Berkebun Di Rumah


1. Wadah 

Wadah bisa menggunakan pot, ember bekas yang sudah tak terpakai dan lain-lain. Bisa juga Anda menggunakan pot plastik atau polybag. Tujuannya adalah memfungsikan barang tak terpakai di rumah. Jangan lupa untuk dibuat lubang di bagian bawah. 


2. Media Tanam 

Peran media tanam sebagai tempat akar tumbuh dan menjadi tempat asupan tanaman. Media tanam diharapkan dapat menopang tegaknya tanaman. Penentuan media tanam sangat berpengaruh pada tanaman. 

Pemakaian media tanam berkebun di rumah dapat menggunakan 2 atau 3 jenis media dan dicampurkan merata. Media tanah untuk berkebun di rumah merupakan kebutuhan pokok selain sinar matahari dan air.   


3. Air 

Menanam sayuran dan buah idealnya menyiram tanaman sebanyak 2 kali sehari. Sebaiknya penyiraman air diarahkan ke tanahnya saja tidak ke tanaman apalagi daunnya. Karena sejatinya, akar tanaman lebih membutuhkan air. 

Akar tanaman akan segera menyerap air dan dialirkan ke bagian tanaman lainnya. Waktu ideal untuk penyiraman adalah pagi hari sebelum pukul 09.00. Atau sore hari sekitar pukul 16.00. 


4. Membuat Pupuk Sendiri

Berkebun di rumah sebaiknya menggunakan pupuk organik lebih banyak. Pupuk kimia hanya perlu ditambahkan sedikit. Yaitu menggunakan pupuk NPK, Urea, ZA, TSP atau KCl. Pupuk organik yaitu pupuk kandang atau kompos bisa kita buat sendiri. 

Pupuk kandang dengan memanfaatkan kotoran hewan ternak yang Anda miliki seperti ayam, kambing atau sapi. Kompos dibuat dari menimbun kulit buah, sayuran layu, kulit telur dan daun-daun kering. 


5. Lokasi Harus Kena Sinar Matahari

Karena sinar matahari sangat dibutuhkan tanaman untuh tumbuh dan berkembang. Sinar matahari merupakan salah satu komponen penting dalam proses fotosintesis. Usahakan tanaman terpapar sinar matahari selama 6 - 8 jam. 


Usaha Sampingan Berkebun Sayuran di Rumah


berkebun di rumah, sayuran, menanam buah, manfaat sayuran, usaha sampingan, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Sampingan Berkebun di Rumah dengan Benih Berkualitas


Berkebun di rumah
merupakan salah satu aktivitas usaha sampingan di rumah di sela-sela rutinitas Anda bekerja. Berkebun di rumah bagi seorang karyawan dikerjakan sore atau pagi hari. Atau kala hari libur karena masa Pandemi yang menganjurkan orang lebih sering di rumah.   

Sayuran dapat Anda pilih untuk berkebun di rumah. Di Indonesia banyak jenis sayuran mudah tumbuh dan mudah memeliharanya. Beberapa sayuran ini pendek umur panennya sehingga Anda cepat menikmati hasilnya. 

Menanam sayuran untuk berkebun di rumah tidak banyak membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra. Menanam sayuran cepat tumbuhnya dan dapat ditanam di tanah langsung maupun di pot/wadah. Kebutuhan tanaman sayuran hanya pemberian air yang rutin lalu biarkan tumbuh hingga panen. 

Berikut ini terdapat 5 jenis sayuran yang cocok untuk berkebun di rumah, yaitu : 

- Kangkung merupakan tanaman sayur yang sangat mudah tumbuh dan dapat tumbuh di sepanjang musim. Sayuran kangkung dapat juga tumbuh di lahan sempit secara hidroponik. Umur panennya 30 hari. 

- Sayur kecambah dari benih kacang hijau dapat Anda tanah di wadah, baskom bahkan botol air mineral. Sayuran kecambah ini mudah ditanam dan cepat panennya. Manfaat sayur ini sangat baik karena mengandung vitamin E tinggi. 

- Bayam juga mudah tumbuh dan cocok untuk berkebun di rumah. Benih bayam dapat ditanam di tanah berkompos. Biarkan tumbuh dibawah sinar matahari. Bayam dapat ditanam di sepanjang tahun dan umur panen 40 - 50 hari. Berkebun dirumah menanam bayam dapat bersamaan dengan kubis dan stroberi. 





Mengelola Usaha Rumahan Dari Berkebun di Rumah


Usaha rumahan umumnya diawali secara sederhana dan kecil-kecilan. Meski demikian, tidak ada salahnya bila usaha rumahan dikelola dengan administrasi yang baik. 

Berkebun di rumah dapat kita buat sebagai usaha rumahan. Hal penting dari sebuah usaha adalah tidak mencampur keuangan bisnis atau usaha dengan uang pribadi. Pengelolaan administrasi yang tertib akan membuat usaha rumahan berjalan dengan baik. 

Hilangkan kata-kata takut gagal. Walau masih pemula dalam usaha rumahan berkebun di rumah, harus mampu mengatasi rasa takut gagal. Perasaan ini dapat mempengaruhi setiap keputusan. Dan bisa membuat bisnis akan gagal dan berakhir. Kuatkan mental pemenang dalam diri dan yakin akan sukses. 

Pilihan usaha rumahan harus karena kita menyukai pekerjaan ini. Jadikan bahwa berkebun adalah hobi dan pekerjaan yang kita cintai. Apalagi bila berkebun di rumah bersama seluruh anggota keluarga. 

Visi dan misi harus jelas karena dapat menentukan tujuan arah usaha rumahan. Target menjadi tujuan yang ingin dicapai agar bisnis terus berkembang.  

Usaha rumahan pasti membutuhkan modal. Perhitungan modal apakah cukup untuk memulai usaha berkebun di rumah ini. Hitung semua kebutuhan dalam membuka suatu usaha. Pilih kebutuhan yang paling murah terebih dahulu untuk menekan biaya. 

Pilih waktu yang tepat untuk memulai usaha rumahan dan lakukan perencanaan yang baik. Seperti mulai berkebun di rumah menanam blewah 2 bulan menjelang bulan Puasa. Sehingga buah bisa dipanen tepat di bulan Ramadhan. 

Lakukan promosi yang tepat dan cara terbaik dalam mempromosikan usaha rumahan kita. Berkebun di rumah menanam sayuran dapat dijual di lapak sendiri. Dengan memasang nama usaha dan promosi lewat media sosial. 



Berkebun di Rumah Menanam Selada


berkebun di rumah, sayuran, usaha sampingan, usaha rumahan, menanam buah, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih selada
Berkualitas

Tanaman selada
memiliki nama latin Lactuca sativa merupakan sayuran mudah ditanam. Berkebun di rumah menanam selada dapat dilakukan di manapun asal media tanam terjaga kelembabannya. 

Berkebun di rumah pastikan bahwa sesuai dengan syarat tumbuh tanaman. Menanam selada ideal pada ketinggian tempat 500 - 2000 m dpl. Suhu udara 15 - 20 derajat Celcius. jenis tanah yang disukai adalah tanah liat berpasir. 

Kondisi tanah berkebun di rumah menanam selada harus gembur, remah dan air tidak mudah tergenang. Tanah memiliki pH 6 - 6,8. Tidak ada naungan dan intensitas cahaya matahari cukup. Tidak banyak awan. Lahan tanam berkebun dirumah harus di tempat terbuka namun teduh. 


Bibit Selada dan Media Tanam

Bibit selada menggunakan benih berkualitas. Dapat Anda beli secara online di Toko Pertanian LMGA Agro. Setelah mendapatkan benih selada yang diinginkan, selanjutnya mulai mempersiapkan media tanamnya. 

Media tanam adalah tanah gembur dan kaya nutrisi. Gunakan pupuk kandang atau kompos agar diperoleh sayuran organik. sekam padi dapat dipakai sebagai campuran media tanam. Wadah untuk menanam bibit menggunakan pot atau polybag. Pastikan bagian bawah pot sudah dibuat lubang. 

Campurkan tanah + sekam padi + pupuk kandang/kompos ( 2 : 1 : 1 ). Ayak halus dan aduk rata menggunakan cetok. Masukkan ke polibag/pot sebanyak 3/4 bagian. Lalu buah lubang di bagian tengah sedalam 2 cm. 

Tanamkan 2 benih selada dalam lubang tadi dan tutup dengan tanah tipis saja. Padatkan dengan cara ditepuk perlahan. Siram air secukupnya sampai media lembab. Letakkan polybag di tempat teduh. benih selada akan berkecambah setelah umurnya 3 - 4 HST. 

Bibit akan tumbuh dan dipelihara hingga umur 17 hari. Nanti bibit akan muncul daun sebanyak 4 - 5 helai dan tanda bibit siap dipindah ke lahan tetap. Namun bila ingin tidak dipindah maka tanaman bisa dipelihara sampai umur 40 - 60 HST. 


Menanam Selada di Kebun


Berkebun di rumah menanam selada dapat Anda pindah juga ke tanah karena masih ada tanah kosong. Tanah harus dibersihkan dari gulma dan batu-batuan. Lalu lakukan penggemburan tanah dan berikan pupuk kandang. Biarkan selama 2 hari. 

Setelah dibiarkan, tanah dicangkul ulang untuk menghaluskan tanah dan pupuk serta arang sekam. Bila sudah gembur, bibit dilepas dari polybagnya secara perlahan. Tanam bibit secara hati-hati dan jaga agar tanah tidak terpecah/rusak. 

Tanam bibit dengan posisi tegak lurus pada lubang tanam. Tutup dengan tanah dan tekan-tekan perlahan. Sirami dengan air agar tanah menjadi lembab dan tanaman tidak stres. 

Perawatan menanam selada antara lain penyiraman, penyiangan dan pemupukan. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari, pagi dan sore. Bila sedang musim hujan, penyiraman tidak setiap hari namun tergantung kondisi tanah. 

Rumput-rumput sekitar tanaman selada harus sering dibersihkan. Karena untuk menghindari persaingan menyerap nutrisi antara selada dan gulma. 


Panen Selada

Selada dapat dipanen begitu umur 40 - 60 HST. Saat pane, selada harus dicabut berikut akarnya. Pilih selada dengan daun yang segar. Selada dengan daun layu dan kering sebaiknya dibuang. 

Selada yang sudah dipanen selanjutnya harus dicuci dibawah air mengalir hingga bersih. Kelompokkan selada yang sudah dipanen berdasarkan besar kecilnya daun. Lalu masukkan dalam keranjang bersih. 

Demikian beberapa cara menanam sayuran untuk berkebun di rumah. Sebenarnya apa manfaat dari kegiatan berkebun di rumah ? Kegiatan dibawah terik matahari dan bergelut dengan tanah kotor ini ? Ternyata inilah manfaat yang bisa Kita terima bila melakukan berkebun di rumah.





Manfaat Berkebun di Rumah


berkebun di rumah, sayuran, manfaat sayur, usaha sampingan, usaha rumahan, jual benih, toko pertanian, toko online, lmga agro
Menanam Sayuran di Rumah
Aktivitas berkebun di rumah
pasti untuk mengisi waktu luang. Namun ternyata terdapat manfaat luar biasa berkebun di rumah bagi kesehatan kita. 

Setiap rumah pasti memiliki pekarangan baik sempit maupun luas. Berkebun di rumah dengan pekarangan sempit memakai gaya urban farming. Yaitu memanfaatkan pot-pot, wadah plastik bekas atau menanam secara hidroponik ( tanpa tanah ). 

Berkebun di rumah dilakukan di luar ruangan dan tubuh kita terpapar sinar matahari. Berkebun di rumah pada pagi hari, sinar UV matahari akan menyentuh kulit. Sinar matahari merupakan sumber vitamin D terbaik asalkan tidak berlebihan. 

Peran Vitamin D adalah menjaga daya tahan tubuh. Vitamin D membantu meningkatkan penyerapan Kalsium dimana fungsi klasium adalah menguatkan tulang dan gigi. 

Berkebun di rumah dapat mengusir rasa jenuh dan stres dari aktivitas rutin di kantor. Menanam sayuran dan melihat perkembangan setiap hari membuat kita senang dan bangga. Pemandangan kebun di rumah menjadi lebih asri dan sejuk. 

Paparan sinar matahari saat berkebun di rumah atau sekedar menyiram tanaman dapat memicu otak melepas hormon serotonin. Hormon ini dapat meningkatkan suasana gembira hati kita. 

Berkebun di rumah sebagai sarana berolah raga. Banyak gerakan dalam berkebun di rumah dan setidaknya 1 minggu sekali kita aktif bergerak dalam berkebun. Gerakan tersebut seperti mencabut rumput, pembumbunan, menyiram dapat membuat kita berkeringat. 

Berkebun di rumah membuat kita selalu fokus dan berpikir sehingga membuat otak selalu bekerja. Kegiatan selalu fokus ini baik bagi kesehatan otak dan baik bagi para lanjut usia. 

Berkebun di rumah membuat kita terbiasa mengkonsumsi makanan sehat. Melihat hasil panen dari sayur-sayur yang kita tanam memotivasi kita untuk menikmati jerih payah sendiri. Melihat buah matang di pohon membuat kita ingin mencobanya. 





Agar Berkebun di Rumah Tanaman Cepat Berbuah


1. Kontrol dan Amati Penyiraman

Pemberian air tidak boleh berlebihan meski kita menanam dalam pot. Berkebun di rumah menanam mangga dan jambu air, cukup disiram 2 kali seminggu saat baru ditanam. 

Penyiraman berlebihan dapat menghambat pembentukan bunga dan justru menyebabkan daun tumbuh lebat. Awal penanaman, biarkan tanaman terpapar sinar mataharo untuk mempercepat proses fotosintesis. 

Awal memasuki musim kemarau, kita dapat menambah jadwal penyiraman menjadi setiap hari. Jangan menyiram air langsung pada daunnya. Karena bisa mengganggu proses fotosintesis.


2. Pemangkasan Daun Mempercepat Muncul Buah

Tanaman lebih lebat daunnya membuat tanaman menjadi stres dan menghambat pembungaan. Anda bisa menggores batang dan memangkas daun-daun tua dan kering. Sehingga hanya daun muda yang ada. 


3. Tambahkan Pupuk Kandang 

Pupuk kandang merupakan pupuk organik dan bersifat alami sehingga baik untuk kesuburan tanah dan tanaman. Tanaman menjadi subur dan bersifat organik. Biasanya pupuk diberikan 1 - 2 kali dalam sebulan. 


4. Sinar Matahari

Beberapa tanaman menyukai sinar matahari langsung seperti buah mangga dan kelengkeng. Dan mampu bertahan meski sinar matahari cukup terik. Namun buah jeruk dan belimbing menyukai intensitas sinar sedang. Karena daunnya mudah layu bila kena panas.   

Menanam sayuran juga sebaiknya bila panas terik, pot-pot sayuran dipindah ke tempat lebih teduh dan sejuk. Bila tanah kering karena panas, beri air secukupnya. 

Bila ada daun jatuh harus segera disingkirkan agar tidak membusuk. Daun membusuk di area kebun dapat mengundang jamur dan bakteri pembawa penyakit. Pemangkasan dilakukan setiap bulan agar tanaman tidak rimbun dan menghambat munculnya buah. 





Tips Berbisnis Mulai Dari Berkebun di Rumah


Biasanya orang berkebun di rumah hanya sekedar hobi dan untuk kesenangan semata. Bila Anda mengawali hanya sekedar hobi, pastikan bahwa masih ada pemasukan lain dalam berkebun di rumah. Sehingga bila gagal di awal, masih tertutupi dari pemasukan lain. 

Hobi berkebun di rumah tidak dimaksudkan untuk mencari keuntungan. Hasil panen biasanya untuk dipakai sendiri namun bisa berkembang bila hasilnya maksimal. 

Modal memulai berkebun di rumah tidak dari berhutang. Karena kegiatan ini hanya sekedar bersenang-senang dan hobi sehingga jangan diawali dengan hal yang merumitkan seperti berhutang. 

Banyaklah mencari informasi dari bacaan tentang bertani. Baik dari buku maupun internet. Banyak berteman dengan sesama petani. Anda dapat menggali informasi dan ilmu pengetahuan dari petani profesional yang sudah banyak pengalamannya. 

Agar berkebun di rumah berhasil dan pertumbuhan tanaman baik maka pilihlah benih yang baik pula. Gunakan benih berkualitas untuk mendapatkan hasil tanaman yang memuaskan. 

Benih berkualitas dapat Anda beli di toko pertanian. Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan banyak ragam varietas benih sayur dan buah untuk berkebun di rumah. Tersedia benih cabai, tomat, mentimun, terong, kacang panjang sampai sayuran daun. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Berkebun Di Rumah, Hobi Baru yang Menguntungkan dan Menghasilkan. Hubungi nomer kontak kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online shop jual benih, pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami juga mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Semoga artikel Kami bisa bermanfaat dan menambah wawasan tentang berkebun di rumah. Dari sekedar hobi dan kesenangan semata menjadi suatu usaha menguntungkan. Salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.