TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/11/20

Sayur Sawi Putih Bergizi Tinggi, Budidayanya Bisa Untung Besar

sayur sawi putih, manfaat sawi putih, jual benih sawi putih, cara menanam sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sayur Sawi Putih Itto F1

Sayur Sawi Putih Bergizi Tinggi, Budidayanya Bisa Untung Besar. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam benih sayur sawi putih dan benih sayuran dan buah lainnya. 

Tersedia banyak varietas benih hibrida dan unggul, juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap. Kami juga melayani konsultasi gratis pertanian dan siap membantu permasalahan Anda di lahan. 

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman lama sebagai supplier pertanian. Kami sudah dipercaya petani dan toko pertanian lainnya sebagai penyedia produk pertanian. Sebagai online shop, Kami membuka kerjasama juga sebagai dropship dan reseller dengan syarat yang mudah. 

Sayur sawi putih populer sebagai sayur pelengkap untuk olahan masakan oriental seperti pangsit, capcay hingga asinan. Sayur sawi putih memang bukan sayur asli Indonesia. Namun masyarakat Indonesia sangat menggemari sayur sawi putih. 

Sayur sawi putih kaya nutrisi bermanfaat besar bagi kesehatan kita. Cara menanam sawi tidak terlalu sulit namun harus dilakukan sungguh-sungguh agar hasil panen maksimal. Karena sayur sawi putih banyk diminati masyarakat Indonesia.

Keberadaan sayur sawi putih tidak sulit karena di pasar tradisional juga mudah ditemui. Harganya pun murah meriah dan memiliki nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan kita. Kandungan serat dan vitamin didalam sayur sawi putih sangat tinggi. 

Budidaya sawi putih mudah dan siapa pun dapat melakukannya. Menanam sayuran selain ditanam di kebun luas, juga dapat ditanam di pekarangan rumah dalam polybag/pot. Peluang usaha sawi putih menjanjikan dan menguntungkan. 


Sawi Putih, Sayuran Nutrisi Tinggi


Sayuran sawi putih sejenis tanaman kubis dan berasal dari Beijing, China. Sayuran sawi putih sering digunakan untuk berbagai masakan Asia Timur. Cita rasa sayuran sawi putih mirip tahu tofu dan mampu menyerap rasa segala jenis makanan. Segala masakan oriental ini, selalu ada sayur sawi putih didalamnya. 

Sayuran sawi putih kaya kandungan serat dan vitamin. Agar tidak hilang selama proses pengolahannya, maka waktu memasak sayur sawi putih jangan terlalu lama. Karena agar selain nutrisinya tidak banyak yang hilang juga rasanya terasa lezat di lidah.

Sayuran sawi putih 100 gram mengandung gizi lengkap antara lain : 

- Energi 16 kcal

- Karbohidrat 3,2 gram

- Serat 1,2 gram

- Protein 1,2 gram

-  Vitamin C 27 mg atau 33% kebutuhan harian.

- Kalsium 77 mg atau 8% kebutuhan harian

- Zat besi 0,31 mg atau 2 % kebutuhan harian.

- Magnesium 13 mg atau 4% kebutuhan harian

- Sodium 9 mg atau 1% kebutuhan harian. 

Berdasarkan sebuah penelitian bahwa setiap tahun tingkat konsumsi sayur sawi putih di Indonesia mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi dari tahun ke tahun. Hal ini karena selain bergizi tinggi, sayur sawi putih juga dapat diolah menjadi berbagai masakan. 

Tanaman sayur sawi putih hanya tumbuh baik bila cuacanya sejuk. Dan di Indonesia, dataran tinggi sangat cocok untuk budidaya sawi putih. Panen sayur sawi putih adalah seluruh bagian tubuh tanaman yang ada diatas tanah. 

Penampilan sayur sawi putih mudah dikenali, yaitu memanjang seperti silinder. Pangkalnya membulat seperti peluru. Daun sayur sawi putih tumbuh membentuk roset dan sangat rapat satu sama lain. 



Manfaat Daun Sawi Putih Bagi Kesehatan


1. Vitamin K dan Kalsium dalam sayur sawi putih bermanfaat untuk menguatkan gigi dan tulang. Kalsium membantu meningkatkan fungsi saraf. Vitamin K meningkatkan pemecahan lemak dan pembekuan darah. Satu ikat sayur sawi putih mengandung 64% vitamin K dan 16% Kalsium. 


2. Kandungan zat besi dalam sayur sawi putih tinggi dan membantu produksi hemoglobin dalam darah. Kadar hemoglobin rendah membuat tubuh kita mudah mudah lelah dan kurang aktif. Hemoglobin mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih cepat. 


3. Menjadi sumber Kalium dan Kalsium, sayur sawi putih bermanfaat untuk menurunkan hipertensi. Sayur sawi putih mengandung sodium tingkat rendah dan dikaitkan tekanan darah rendah. Tekanan darah yang stabil baik untuk kesehatan jantung. Sehingga sayur sawi putih baik untuk kesehatan jantung. 


4. Sayur sawi putih memiliki kadar kalori yang rendah meski mengandung serat cukup tinggi. Jadikan sayur sawi putih sebagai suplemen makanan tanpa rasa khawatir berat badan naik. 


5. Vitamin C sayur sawi putih bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan pendorong bagi mekanisme pertahanan tubuh. Vitamin C dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan mencegah infeksi seperti flu. 


6. Betakaroten terkandung dalam sayur sawi putih bermanfaat bagi kesehatan mata. Betakaroten diyakini mampu mencegah katarak dan degenerasi makula terkait usia seseorang.  


7. Serat dalam sayur sawi putih cukup tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Konsumsi serat dapat mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.  



Memasak Sawi Putih, Sayur Hasil Berkebun di Rumah


sayur sawi putih, cara menanam sawi, manfaat sawi putih, jual benih sawi putih, toko pertanian, toko online, lmga agro
Berkebun Sawi Putih
Cara menanam sawi di rumah dapat kita pilih sebagai kegiatan berkebun di rumah. Menanam sayur sawi putih tidak sulit dan mudah merawatnya. Bila dapat ditanam di rumah maka kita akan mudah memasak sayur sawi putih sesuka kita. 

Tanaman sayur sawi putih bisa tumbuh di berbagai tempat, baik dataran tinggi maupun dataran rendah. Sehingga cara budidayanya relatif mudah. Namun meskipun mudah namun harus dilakukan secara benar agar mendapatkan hasil maksimal. 

Cara menanam sawi putih di polybag. Pertama, kita harus memilih benih sawi putih yang baik dan tahan penyakit. Sebaiknya menggunakan benih sawi putih hibrida dan toleran terhadap penyakit. Benih sawi putih berkualitas dapat dibeli di Toko pertanian online LMGA Agro. Tersedia berbagai varietas benih sayur sawi putih. 

Cara menanam sawi putih di pekarangan rumah cukup menggunakan 2 sendok makan benih sawi. Setelah pemilihan benih, selanjutnya adalah proses penyemaian benih sawi putih. Proses penyemaian bertujuan mendapatkan bibit sawi putih berkualitas, sehat, kokoh dan kuat.

Benih kita rendam dalam air hangat selama 6 - 12 jam. Pilih benih yang tenggelam lalu keringkan benih menggunakan tisu. 

Siapkan polybag  berdiameter 15 cm, masukkan tanah humus atau sub soil dalam polybag. Untuk hasil terbaik tambahkan kompos sebagai media. Semaikan 1 benih sayur sawi putih dalam polybag dan tiap polybag ditanam cukup 1 benih saja. 

Setelah ditanam, beri air hingga lembab. Lakukan penyiraman rutin tiap pagi dan sore hari. Perawatan bibit sawi putih sampai umur 3 - 4 minggu kemudian dipindah ke polybag lebih besar. Bibit sawi putih dicabut secara  hati-hati dan sertakan juga tanahnya agar akar tidak rusak.


Baca Juga : Sawi Putih Eikun F1 Takii Seed Dijual Promo


Menanam Sawi Putih dalam Pot atau Polybag


Persiapan untuk polybag pembesaran sama sewaktu penyemaian. Menanam benih sawi putih dalam pot/polybag sebanyak 3 - 5 benih dan buat lubang tanam sesuai jumlah benih. Selesai benih ditanam, siram air secukupnya agat media tetap lembab.  

Penyiraman ritin dilakukan setiap pagi dan sore hari. Berikan juga pupuk organik, kompos atau pupuk kandang satu minggu sekali. Letakkan pot atau polybag ditempat teduh dan sejuk. Hindarkan dari sinar matahari langsung. 


Manfaat Berkebun Sayuran di Rumah Bagi Kesehatan


sayur sawi putih, berkebun, cara menanam sawi, manfaat sawi putih, jual benih sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Hibrida Untuk Berkebun
Tidak setiap rumah memiliki lahan kosong di halaman mereka untuk kegiatan berkebun. Inovasi teknologi pertanian memperkenalkan berkebun menggunakan gaya urban farming. Yaitu berkebun memanfaatkan pot-pot bunga, wadah plastik bekas atau menanam tanam tanah ( hidroponik ). 

Tanpa kita sadari, berkebun dan memelihara tanaman di halaman rumah memberikan manfaat bagi kesehatan. Menggunakan wadah dan cara apapun, manfaat berkebun diantaranya adalah : 


1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berkebun di luar ruangan membuat tubuh kita terpapar sinar matahari pagi. Sinar ultraviolet menyentuh kulit di pagi hari akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D mampu menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan penyerapan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang kita. 


2. Menghilangkan Stres

Hal ini terutama bermanfaat bagi para pekerja kantor yang melakukan rutinitas sama setiap hari. Pastinya akan bosan, dan untuk menghilangkan rasa jenuh yaitu kita memelihara tanaman. Semua kegiatan berkebun seperti menyiram, dapat memicu otak dan melepas hormon seratonin ( hormon mengatur suasana hati ). 


3. Menjadi Olahraga Ringan Bagi Tubuh Kita

Gerakan dalam berkebun sama dengan berolahraga karena juga sama-sama mengeluarkan keringat. Saat berkebun banyak kegiatan dilakukan seperti mencangkul, mengisi pot, memindah pot, menyiram dan lain-lain. 


4. Berkebun meningkatkan Kesehatan Otak

Kegiatan berkebun merangsang otak kita untuk berpikir, sibuk dan fokus. Sehingga otak kita terus bekerja sambil memandang hijaunya tanaman dapat menyejukkan mata. Ditambah dengan berinteraksi ke tetangga membuat pikiran selalu positif dan segar. 


5. Terbiasa Selalu Untuk Mengkonsumsi Makanan Sehat

Berkebun menanam sayuran dan buah memberikan dampak positif bagi gaya hidup sehari-hari. Kita dapat mengusahakan sayur dan buah organik bagi keluarga kita. Setiap hari, kita memasak sayuran dari hasil berkebun sendiri. Atau menikmati buah dari hasil berkebun sendiri.    



Peluang Usaha Menanam Sawi Putih


Sayur sawi putih banyak digemari masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi. Cara mengolah sayur sawi putih mudah sehingga banyak masyarakat mengolahnya menjadi sebuah masakan. Sayur sawi putih bisa diolah dengan cara digoreng, direbus atau campuran masakan mie. 

Pemasaran sayuran sawi putih juga tidak sulit karena banyak diminati masyarakat luas. Setiap hari, sayur sawi putih dibutuhkan dan laris di pasar-pasar tradisional. Hasil panen bisa langsung dapat dipasarkan dan mendapatkan keuntungan. 

Cara menanam sayur sawi putih tidak terlalu sulit dan mirip seperti menanam kangkung. Namun meski mudah menanamnya, kita tetap menanam sayur sawi putih secara baik dan benar. Setiap proses pemeliharaan dilakukan tidak asal-asalan. 

Tanaman sayur sawi putih memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap lingkungan. Sayur sawi putih dapat ditanam baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Sayur sawi putih juga dapat dibudidayakan di kondisi tanah kering dan tidak membutuhkan banyak air. 

Cara menanam sawi putih dibuat bentuk bedengan agar saat turun hujan deras, lahan tidak sampai tergenang air. Cara menaam sawi putih juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Cara menanam sawi putih tergantung kebutuhan dari penanamnya.

Bila ingin mendapatkan hasil panen melimpah untuk dijual maka diperlukan lahan yang luas. Lahan luas pastinya akan menghasilkan panen tinggi dan keuntungan tinggi pula. Namun bila ingin dikonsumsi sendiri atau dijual ke tetangga, cara menanam sawi putih dapat dilakukan di lahan sempit. 




Pembibitan Menanam Sawi Putih 


Pembibitan tanaman sayur sawi putih diawali yaitu perlakuan terhadap benih. Berupa benih direndam air hangat 6 - 12 jam. Pilihlah benih yang tenggelam dan benih terapung tidak perlu ditanam. 

Benih sayur sawi putih ditiriskan lalu dikeringkan dalam kain atau tisu. Siapkan polybag untuk persemaian benih. Gunakan media semai dari tanah humus dan pupuk organik perbandingan 1 : 1. Sebelumnya tanah dan pupuk harus diayak halus sebelum dimasukkan polybag. 

Benamkan benih sesuai besar polybag yang Anda pakai. Bila polybag ukuran kecil, benamkan 1 - 2 benih. Lakukan penyiraman dua kali sehari sampai benih berkecambah dan muncul daun. Agar benih cepat muncul tunas sebaiknya letakkan benih ditempat teduh. 

Bila sudah muncul tunas, lakukan penyiraman terus hingga 10 hari kedepan sebelum siap dipindahkan ke lahan tanam. Sambil menunggu bibit tumbuh, lakukan pengolahan lahan untuk membuat bedengan  sayur sawi putih. 


Pengolahan Tanah Menanam Sawi Putih


sayur sawi putih, manfaat sawi putih, cara menanam sawi, berkebun sayuran, jual benih sawi putih, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Pelubang Tanam
Pengolahan tanah
bertujuan mempersiapkan tanah hingga tanah menjadi gembur. Tanah gembur membuat tanaman tumbuh baik. Proses pengolahan tanah berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah. 

Tanah diolah dengan cara dicangkul hingga gembur. Tanah dibersihkan dari gulma dan rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Tanah dicangkul sampai kedalaman 20 - 40 cm. 

Setelah gembur, tanah diberi pupuk organik sebanyak 10 ton/ha tanah dengan maksud untuk memperbaiki unsur hara tanah. Pastikan juga tidak ada naungan pohon besar di atas lahan menanam  sayur sawi putih.  


Selanjutnya cek pH tanah menggunakan pH-meter. Bila pH < 6 maka lakukan pengapuran untuk menaikkan pH tanah menjadi 6 - 7. Setelah pengapuran, tanah dibiarkan selama 7 - 10 hari. 

Setelah pengapuran dan pH tanah normal, bisa dilanjutkan membuat bedengan. Bedeng sayur sawi putih dibuat lebar 80 - 120 cm. Panjang 1 - 3 meter atau disesuaikan luas kebun. Tinggi bedengan 20 - 30 cm. 

Bedengan dibuat lubang tanam dan jarak tanamnya adalah 25 - 30 cm. Dalam lubang tanam 10 cm dan Anda bisa menggunakan alat pelubang buat jarak tanam. Alat tersebut dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro. 

Bibit bisa dtanam ke lubang tanam bila lahan sudah siap untuk ditanam. Masukkan bibit beserta tanahnya dan tutup mengguanakan pupuk organik. Siram tanaman menggunakan air bersih hingga lembab. 


Pemeliharaan Tanaman Sayuran Sawi Putih 


Pemeliharaan tanaman sayur sawi putih cukup sulit dan harus hati-hati. Bila salah selama pemeliharaannya, tanaman bisa tidak tumbuh baik atau bahkan tanaman mati. Pastikan selama tumbuhnya, tanaman sayur sawi putih mendapatkan sinar matahari cukup. 

Paparan sinar matahari tidak melebihi 8 jam setiap harinya. Lakukan juga penyiraman dua kali sehari untuk mempertahankan tanah agar tetap basah dan lembab. Bila memasuki musim hujan, pemberian air disesuaikan kondisi tanah. 

Pemeliharaan berikunya adalah penjarangan, biasanya dilakukan setelah 14 - 18 hari setelah tanam. Penjarangan dilakukan yaitu mencabut tanaman sawi putih yang tumbuh terlalu rapat. Tanaman terlalu rapat menyebabkan tanaman tidak tumbuh maksimal dan terjadi persaingan. 


Penyulaman yaitu mengganti tanaman yang mati atau rusak dengan bibit tanaman baru yang sehat dan kuat. Penyulaman dilakukan sampai tanaman umur 7 hari setelah pindah tanam.  

Penyiangan adalah mencabut gulma pada kebun. Penyiangan cara menanam sawi putih bisa dilakukan 3 - 4 kali selama masa tanam. Penyiangan dapat digabung dengan melakukan penggemburan di sekitar tanaman. 

Pemupukan susulan setelah pindah tanam menggunakan pupuk Urea. Pemupukan dilakukan dapat dimulai umur 3 minggu setelah tanam.Pupuk Urea sebanyak 1 sendok teh dilarutkan dalam 25 liter air. Setelah pupuk larut, siramkan bagian bawah tanaman sebanyak 200 ml ( gelas aqua ).  




Hama dan Penyakit Cara Menanam Sawi Putih 


Hama utama cara menanam sawi putih adalah ulat perusak daun, ulat tanah dan ulat grayak. Sedangkan penyakit utama cara menanam sawi putih adalah penyakit bercak daun, penyakit busuk Alternaria, penyakit akar gada dan penyakit busuk daun. 

Serangan hama dan penyakit dapat menurunkan kualitas tanaman sayuran sawi putih. Oleh karena itu penting untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan bila serangan sudah parah. Pengendalian yaitu menyemprotkan pestisida selama 2 minggu sebelum panen tiba. 

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman sawi putih yaitu seperti akar membusuk, penyakit kuning pada daun dan hama-hama ulat. Pengendalian mekanis begitu kita mengetahuinya, yaitu melakukan penyulaman. 

Jika tampak ada tanaman sakit atau rusak, segera cabut dan dimusnahkan dengan cara dibakar di tempat jauh dari lahan, Cara pengendalian ini mencegah tanaman lain tertular. Pangkas daun yang sakit dan matikan bila meneukan hama ulat.


Cara Pengendalian dan Pencegahan Hama dan Penyakit Sawi Putih


Untuk pencegahan, lakukan sanitasi dan kebersihan kebun. Terutama pada parit-parit sekitar lahan. Jika serangan hama sudah terjadi, berikan insektisida granul ( berbentuk buturan ). Insektisida ditaburkan di sekitar tanaman. Dosis 0,3 - 0,4 gram per tanaman atau sekitar 6 gram/hektarnya. 

Hama ulat  grayak, dapat kita pasang perangkap kupu-kupu di beberapa sasaran. Perangkap menggunakan botol bekas dan diolesi lem sex-pheromone. 

Agar tidak diserang penyakit, sebaiknya penanaman tidak dilakukan di musim hujan. Pengaturan jarak tanam cara menanam sawi putih 30 x 25 cm. Saluran air dibuat lebar agar air mengalir lancar. 

Penyakit juga dapat muncul bila kita menanam di lahan bekas tanaman caisim, brokoli, bunga kol, sawi putih, kailan dan kubis. Apalagi bila tanaman sudah terinfeksi penyakit akar gada.

Lakukan pergiliran tanaman untuk membunuh dan memutus rantai hidup penyebab penyakit akar gada. Seperti pergiliran tanaman dengan jagung dan kacang. Lakukan kombinasi teknologi EMP dan pengaturan tanah saat pengolahan tanah untuk menaikkan pH tanah. 




Pemanenan Tanaman Sayur Sawi Putih 


Pemanenan sayur sawi putih setelah umur 50 - 60 HST. Cara panen sayur sawi putih adalah mencabut tanaman beserta akarnya. Atau sayur sawi putih dipanen dengan cara dipotong batang dan daunnya saja. 

Setelah sayur sawi putih dipanen, cuci pada air mengalir untuk menghilangkan kotoran pada daun sawi putihnya. Selanjutnya sayur sawi putih yang sudah dipetik, diletakkan dengan posisi berdiri. Percikkan sedikit air untuk menjaga kesegaran daun sawi putih. 

Tanaman sayur sawi putih tidak membutuhkan perawatan terlalu sulit. Sayur sawi putih dapat tumbuh asalkan cukup perairan, cahaya dan pupuknya. Hal ini juga berlaku untuk budidaya semua jenis sawi. 

Jika ingin menanam sawi putih di musim hujan sebaiknya menggunakan media pot/polybag. Lalu bisa kita letakkan tanaman sawi putih di bawah atap. Jika serin terkena air hujan, tanaman bisa membusuk. Namun juga jangan terlalu lama terkena sinar matahari langsung. 

Demikian artikel Kami judul : Sayur Sawi Putih Bergizi Tinggi, Budidayanya Bisa Untung Besar. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala keperluan bercocok tanam. Juga tersedia benih hibrida sayur sawi putih. 

Kami juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap dan berkualitas. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Kami mengajak kerjasama online senagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga bermanfaat artikel dari Kami tentang sayur sawi putih. Budidaya sayur sawi putih menjanjikan dan menguntungkan karena banyak yangmenyukai sayuran ini. Harga juga terjangkau serta kita dapat mencoba berkebun menanam sawi putih di rumah. Selamat mencoba, salam sukses...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.