TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

19/11/20

Khasiat Labu Kuning ( Waluh ) Kaya Manfaat dan Mudah Budidayanya

khasiat labu kuning, waluh, manfaat labu kuning, budidaya waluh, jual benih waluh, toko pertanian, toko online, lmga agro
Labu Kuning Benih F1

Khasiat Labu Kuning ( Waluh ) Kaya Manfaat dan Mudah Budidayanya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih waluh atau labu kuning terbaik dan berkualitas. 

Kami jual juga benih labu madu dari keluarga labu-labuan. Labu madu, buah sayur kaya manfaat dan mengandung banyak nutrisi. Khasiat labu kuning jenis labu madu ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Labu madu juga daging buahnya berwarna kuning. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan juga pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami melayani juga konsultasi gratis pertanian dan siap membantu permasalahan Anda di lapangan.

Kami merupakan distributor berpengalaman, didukung banyak perusahaan pertanian dan dipercaya banyak petani dan toko-toko pertanian. Kami juga mengajak kerjasama secara online sebagai dropship dan reseller pertanian.    

Khasiat labu kuning baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi tinggi terutama keta karoten. Khasiat labu kuning banyak ditemui di bulan Puasa karena sering diolah menjadi minuman manis untuk berbuka.  

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. 

Khasiat labu kuning mengandung beragam nutrisi lengkap dan memiliki fungsi masing-masing untuk menyehatkan tubuh kita. Khasiat labu kuning sangat banyak dan di artikel Kami ini, dijabarkan manfaatnya bagi kesehatan. 


Khasiat Labu Kuning dari Gizinya yang Lengkap   


Khasiat Labu kuning adalah buah dan juga sayur paling diremehkan karenanya di pasaran harganya murah. Tidak banyak orang menyadari bahwa khasiat labu kuning tinggi sekali. Banyak sekali kandungan nutrisi khasiat labu kuning dan lengkap. 

Jenis labu banyak sekali dan kita perlu mengenalnya lebih dekat jenis tanaman menjalar, khasiat labu kuning. Peluang usaha waluh ini juga cukup menjanjikan dan meguntungkan untuk masa depan. Warna kuning dari waluh karena banyak mengandung beta-karoten. 

- Khasiat labu kuning memiliki betakaroten plus Vitamin A yang baik sekali untuk kesehatan mata. 

- Vitamin C dalam khasiat labu kuning untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

- Zat besi terkandung dalam khasiat labu kuning berperan dalam pembentukan darah ( Hb ). 

- Kalium dalam khasiat labu kuning baik untuk proses metabolisme, menjaga keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh. 

- Khasiat labu kuning kaya kandungan serat dan baik untuk mencegah sembelit.   

- Biji waluh mengandung tokoferol, yaitu jenis antioksidan yang baik dan dapat meningkatkan penyerapan gula dalam darah.     

- Khasiat labu kuning mengandung Zn dan fitosterol dapat mencegah risiko terjadinya penyakit kronis. 

- Senyawa karoten dalam daging buah waluh berkhasiat mencegah kanker prostat.       



Tentang Labu Kuning        


Tanaman labu ( Cucurbita spp. ) merupakan jenis tumbuhan merambat dan menghasilkan buah berukuran besar. Buah khasiat labu kuning banyak terdapat di Amerika Utara, Eropa Tengah, Australia, selandia Baru dan negaralainnya. 

Nama buah labu banyak sekali, yaitu mengarah ke sebutan buah waluh atau Pumpkin. Spesies Cucurbita terdapat 4 jenis yaitu Cucurbita moschata, cucurbita maxima, Cucurbita mixta dan Cucurbita pepo. Dikenal juga buah yang temasuk keluarga labu-labuan seperti bligo, labu siam dan labu ular.     

Waluh tumbuh berwarna oranye saat baru tumbuh dan buahnya berwarna sama juga. Jika buah dipotong, penampangnya berbentuk bintang. Labu kuning berbiji besar dan berwarna coklat. Khasiat labu kuning terasa renyah saat dimakan, rasa manis dan sedikit asam. 

Daging buah khasiat labu kuning berwarna oranye karena banyak mengandung betakaroten atau vitamin A. Tiap daerah di Indonesia menyebut labu kuning berbeda-beda. Disebut labu parang untuk melayu dan orang menyebut waluh di Sunda dan Jawa Tengah.                   

Tanaman khasiat labu kuning berasal dari Ambon dan terdapat 5 spesies labu yang cukup dikenal. Kelimanya merupakan spesies Cucurbita dan disebut labu kuning ( waluh ). Hal ini karena kelimanya berciri-ciri yang sama. 

Khasiat labu kuning, buahnya berbentuk bulat ada yang pipih, lonjong atau panjang. Kulit buah khasiat labu kuning memiliki banyak alur ( sekitar 15 - 30 ) alur. Setiap hari, berat buah cepat bertambah yaitu mencapai 350 gram per hari. 


Baca Juga : Peacock F1 Benih Labu Madu Buah Manis


Manfaat dan Khasiat Labu Kuning Bagi Tubuh Kita


Menurut penelitian semua bagian tanaman labu kuning dapat dimanfaatkan. Mulai dari daunnya memiliki khasiat labu kuning sebagai sayur segar. Biji khasiat labu kuning dijadikan kuaci. Air dari buah khasiat labu kuning dapat dijadikan air penawar racun hewan berbisa. 

Biji labu kuning dapat juga sebagai obat cacing pita. Daging buah khasiat labu kuning mengandung antioksidan berkhasiat sebagai pencegah kanker. Selain itu khasiat labu kuning untuk menyembuhkan radang, pengobatan ginjal demam dan diare. Khasiat labu kuning mengandung karotenoid ( betakaroten ), karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. 

Diketahui bahwa keluarga labu-labuan ada lebih 40 jenis labu. Namun baru sedikit yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan pangan. Tanaman labu kuning adalah tanaman merambat dan sangat kaya kandungan serat, air, vitamin dan mineral. Sehingga khasiat labu kuning sangat baik bagi tubuh kita. 

Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar kesehatan dari bahan herbal menyatakan bahwa khasiat labu kuning dapat mengobati tekanan darah tinggi. selain itu juga dapat menurunkan panas, dibetes dan memperlancar proses pencernaan. 

Labu kuning memiliki nama latin Cucurbita moschata. Labu kuning merupakan jenis labu dari semua jenis labu yang paling banyak dipakai dalam masakan. Labu kuning bisa dibuat kolak, sup, puding, kue-kue basah dan lain-lain. 

Begitu banyak khasiat labu kuning dan tidak ada alasan untuk tidak menyukai buah labu kuning. Harga labu kuning tidak mahal namun khasiat labu kuning sangat berharga bagi kesehatan kita. 




Mengenal Jenis Labu di Indonesia


1. Labu Siam

Labu siam bisa juga disebut jipang atau jepan. Labu siam dimakan buah dan pucuk daunnya yang muda. Labu siam merupakan jenis sayuran yang banyak ditanam di halaman rumah dekat kolam atau penampungan air. Labu siam banyak dipakai untuk olahan sayur dan manisan. 


2. Labu Kuning atau Labu Parang


Labu kuning juga biasa disebut labu parang menjadi produk buah rajanya unsur betakaroten. Karena betakaroten sangat tinggi kadungannya dalam khasiat labu kuning. Di negara barat, labu kuning selalu ada di perayaan pesta Halloween juga biasa dijadikan sup kental dengan krim gurihnya. 

Di Indonesia, labu kuning disebut waluh dan sering dipakai untuk olahan sayur dan paling sering dibuat kolak. Labu kuning populer dan banyak dijual di bulan Puasa. Karena cocok sebagai menu takjil.  


3. Labu Air

Labu air muda dapat diolah menjadi sayur. Namun setelah tua, kulit buah labu air menjadi keras dan biasa dijadikan wadah untuk air munum. Labu air kerabat dekat buah bligo dan rasanya juga sangat mirip. Bentuk buah labu air ada yang bulat hingga lonjong memanjang. 

Khasiat labu air diantaranya mampu menurunkan suhu tubuh tinggi, mampu mengatasi flu dan sariawan. Selain itu juga dapat menyembuhkan sakit tipus, asma dan baik untuk perokok karena mampu membersihkan paru-paru. 


4. Labu Pahit atau Pare

Tanaman pare atau paria juga termasuk dalam keluarga labu-labuan dan memiliki ciri khas rasanya yang sangat pahit. Namun dibalik rasa pahitnya tersebut mengandung manfaat sangat besar bagi kesehatan kita. 

Manfaat pare diyakini dapat meningkatkan imunitas, menyembuhkan gangguan pernapasan dan mengatasi jerawat. Selain itu pare juga membantu mengobati diabetes dan penyakit jantung. 


5. Labu Ular atau Pare Belut

Jenis labu ini bentuk membulat dan panjang mencapai 60 cm. Warna kulitnya hijau dengan belang-belang putih memanjang. Permukaan kulitnya halus tidak seperti  pare dan tidak berasa pahit. Labu ular biasanya dimanfaatkan sebagai bahan membuat sayur, baik sayur bening atau santan. 


6. Oyong ( Ridge Gourd ) 

Oyong merupakan jenis labu-labuan dan dipanen saat muda. Oyong biasanya diolah menjadi sayur dan mempunyai nama lain yaitu gambas atau ceme ( Jawa Tengah ). Oyong atau gambar biasa dibuat sayur bening, sup atau sayur lainnya. Manfaat oyong adalah menurunkan kadar kolesterol, gula darah, menyembuhkan radang usus dan nyeri otot. 


7. Mentimun

Timun atau mentimun  adalah keluarga Cucurbitaceae, buahnya dapat dimakan langsung dan menyegarkan. Timun dipanen belum terlalu matang, untuk dijadikan lalapan segar, acar atau sayur. Manfaatnya memiliki sifat diuretic, yaitu efek pendingin dan pembersih kulit. 

Mengandung vitamin A, B dan C. Mentimun bagian penting perawatan kulit karena mengandung magnesium, kalium, mangan dan silika.  


8. Semangka

Semangka juga merupakan tanaman merambat dari kerabat labu-labuan. Buah semangka memiliki kesegaran dan mengandung banyak air. Semangka dimakan dalam bentuk segar atau dibuat jus. Kulit semangka hijau dan garis-garis warna hijau lebih tua. Mengandung kalium dan magnesium yang baik untuk penderita diabetes.  


Waluh Berkulit Hijau


khasiat labu kuning, waluh, labu madu, manfaat labu kuning, jual benih waluh, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Waluh Suprema F1

Waluh yang selama ini kita kenal warna kulitnya kuning. Namun terdapat jenis waluh dengan kulit berwarna hijau dan bernama Kabocha. Kabocha tetap berkulit warna hijau meski dalam kondisi tua. Kabocha dianggap jenis sayuran berpenampilan eksotis berasal dari Meksiko. 

Di Negara Jepang, jenis waluh satu ini berharga cukup mahal. Memiliki kandungan nutrisi kompleks dan menyehatkan tubuh terutama bagi anak atau bayi. Dikenal banyak memiliki khasiat dalam dunia medis hingga untuk produk kosmetik. 

Waluh berkulit hijau ini memiliki nama latin Cucurbita maxima kategori jenis labu musim dingin dan berasal dari selatan Amerika. Di Jepang, waluh ini menjadi menu utama setiap hari.   

Batang waluh Kabocha bundar, kuat dengan daun lebar dan bundar menyerupai ginjal agak bergigi dan mempunyai sulur. Tangkai buahnya bulat dan berdaging, saat dewasa kulit menjadi keras. 

Buah bulat, kecil, pipih, kulit hijau gelap dan garis-garis hijau muda. Buahnya rata-rata berbobot 1,2 - 2,0 kg. Daging buahnya berwarna oranye atau kuning dan mengandung karoten yang tinggi. Bijinya padat berwarna kecoklatan atau putih dan lembut. Biji berselimut lapisan pelindung yang disebut hull. 

Dibandingkan dengan batang khasiat labu kuning bersudut dan daun sangat melengkung. Komposisi beta-karoten, alfa-tokoferol kabocha paling tinggi dibandingkan labu kuning dan labu manis.  

Daging buah dan kulit Kabocha lebih banyak kandungan karbohidrat dan proteinnya dibandingkan jenis labu lain. Bijinya sumber vitamin, mineral, kalori da protein yang baik. Kaya akan tokoferol, triterpen dan asam lemak tak jenuh. 


Baca Juga : Waluh Suprema F1 Benih Labu Terbaik dan Murah Panah Merah


Mengenal Jenis Labu Madu


khasiat labu kuning, waluh, labu madu, manfaat labu kuning, jual benih labu kuning, toko pertanian, toko online, lmga agro
Labu madu F1 Panah Merah

Labu madu
memiliki nama latin Cucurbita moschata dan di luar negeri terkenal dengan sebutan pumpkin butternut. Bentuk buahnya unik mirip kacang tanah, daging buah berwarna mentega dan rasa manis, teksturnya lembut. 

Tingkat kemanisan labu madu semakin meningkat setelah disimpan minmal 2 bulan. Daya simpan labu madu mencapai enam bulan. Labu madu tidak hanya enak rasanya namun mengandung serat tinggi, juga antioksidan, betakaroten dan vitamin A, B kompleks. Labu madu banyak dipakai sebagai makanan pendamping ASI.

Rata-rata konsumen labu madu adalah kalangan menegah ke atas. Menjadikan harga labu madu cukup mahal dan mudah ditemukan di swalayan. Karena nilai jualnya tinggi, seringkali lahan budidaya labu madu dijadikan sebagai daya tarik agrowisata. Seperti yang dilakukan Petani di Purbalingga Jawa Barat. 

Bentuk labu madu yang unik dan belum banyak pertanaman labu madu maka lahan budidayanya mampu menarik wisatawan. Dijadikan juga wisata petik labu madu dengan biaya Rp. 20 ribu per kilogram. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan harga di swalayan mencapai Rp. 50 - 70 ribu per kilogram.  


Budidaya Labu Kuning


Di pasar tradisional, harga waluh masih murah karena sistem pemasarannya masih di pasar lokal saja. Dan seiring perkembangan kemajuan kuliner, waluh semakin banyak diminati bukan hanya dibuat kolak saja. Namun waluh bisa menjadi bahan dasar kue atau puding sehingga harga waluh semakin naik. 

Petani menjadi bersemangat menanam waluh karena kini keuntungan menjadi meningkat. Demikian juga, budidaya waluh dapat dilakukan di lahan terbatas atau sempit. Hingga kemudian, menanam waluh dapat menggunakan metode hidroponik. 

Cara menanam waluh tergolong mudah dan waluh tumbuh mejalar hingga jauh lebih dari 10 meter. sehingga bila ditanam di lahan terbatas maka anda harus kreatif mengarahkan sulur tanaman waluh. 


1. Persiapan Lahan

Lahan untuk budidaya waluh harus terbuka dan mendapatkan paparan sinar matahari langsung tanpa ada naungan. Lama paparan sinar matahari minimal 4 jam sehari dan akan lebih baik sampai lebih dari 8 jam. 

Bila Anda menanamnya di bawah pohon atau menggunakan pagar sebagai rambatannya, maka tanaman akan merambat ke atas. Tanaman merambat ke atas untuk mendapatkan sinar matahari. 

Tanah untuk budidaya labu kuning haruslah gembur dan cukup air. Tanaman labu kuning memiliki perakaran luas dan bergerak jauh untuk menyerap banyak air. Jika budidaya labu kuning di lahan luas, maka penanamannya seperti menanam semangka. Namun bila di lahan sempit maka dapat ditanam di pot atau polybag besar. 




Pemupukan Dasar


Tanaman khasiat labu kuning merupakan jenis tanaman yang sangat rakus terhadap pupuk dan air. Akarnya mampu menyebar lebih luas dari tanaman melon dan semangka. Sehingga sebaiknya, saat pembuatan bedengan, pupuk dasar diberikan pupuk kandang sebanyak mungkin.  

Selain pupuk kandang, Anda dapat menambahkan pupuk NPK Phonska sebagai pupuk dasar. Tujuan pemberian pupuk NPK untuk mempercepat laju pertumbuhan tanaman. Taburkan pupuk di permukaan bedengan lalu diaduk bercampur dengan tanah. Biarkan minimal 2 minggu agar pupuk terurai dulu. 


Persiapan Bibit Tanaman Labu Kuning

Tanaman labu kuning dibibitkan melalui benihnya. Sebaiknya gunakan benih waluh berkualitas diproduksi oleh perusahaan benih. Benih waluh berkualitas dapat Anda beli di Toko Pertanian online LMGA Agro. Tersedia benih waluh lengkap sesuai keinginan Anda. 

Penanaman serempak lebih baik lewat pembibitan atau persemaian benih. Persiapkan polybag kecil untuk menyemai benih waluh sampai tumbuh tunas. Pembibitan budidaya labu kuning sampai umur 1 minggu. Selanjutnya bibit bisa dipindah tanam ke lahan bedengan. 


Penyiraman Tanaman Waluh


Khasiat labu kuning dapat dibudidayakan di sepanjang musim. Jika khasiat labu kuning ditanam di musim penghujan maka pengairan bisa tidak diperlukan lagi. Namun jika khasiat labu kuning ditanam di musim kemarau maka pengairan dilakukan setiap hari.   

Tanaman labu kuning merupakan jenis tanaman rakus air sehingga saat musim kemarau, penting sekali penyiraman. Air berguna untuk mendukung proses fotosintesis. Fungsi air juga untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tanaman.  


Pemupukan Susulan Khasiat Labu Kuning


Fungsi dari pemupukan susulan adalah untuk mempercepat laju pertumbuhan tanaman labu kuning. Pemupukan susulan budidaya khasiat labu kuning sama pada tanaman semangka dan melon. Pupuk susulan menggunakan pupuk NPK dalam bentuk larutan. Dosisnya sebanyak 100 gram dilarutkan dalam 30- 40 liter air. 

Pupuk lalu dikocorkan ke bagian bawah tanaman. Pupuk susulan juga diberikan menjelang tanaman berbuah. Pupuk yang digunakan adalah pupuk dengan kandungan Kalium tinggi yaitu KCl dan KNO.  


Pemberian Zat Pengatur Tumbuh ( ZPT )

Pemberian ZPT dalam budidaya khasiat labu kuning terbukti mampu meningkatkan hasil panen budidaya tanaman. Menanam labu kuning menggunakan ZPT auksin dan giberelin. 

Fungsi auksin untuk meningkatkan laju pertumbuhan tunas dan akar pada awal pertumbuhan. Fungsi Giberelin adalah meningkatkan pembungaan dan prosentase buah di fase generatif. Jadi Giberelin diberikan saat muncul bunga sehingga jumlah bunga menjadi buah akan meningkat drastis. 


Lanjaran atau Ajir Tanaman Khasiat Labu Kuning

Tanpa lanjaran/ajir, buah waluh dapat menjadi besar di permukaan bedengan. Namun bila dipasangkan ajir maka bentuk buah labu kuning akan makin baik dan warnanya merata. Ajir untuk budidaya labu kuning dibuat seperti pagar untuk merambat dan buahnya menggantung. Syarat pagar untuk merambat harus kuat karena bobot buah waluh sampai mencapai lebih 3 kg. 




Panen Khasiat Labu Kuning


Panen waluh biasanya dilakukan pada umur 90 hari setelah tanam. Ciri-ciri khasiat labu kuning panen adalah adanya perubahan warna kulit buah menjadi kekuningan. Bagi waluh berkulit hijau, sampai tua tidak berubah tetap berwarna hijau. Hanya dapat dilihat gagang buah yang sudah mengering dan keriput. 

Tanaman waluh tidak bisa berumur lama. Bila buahnya sudah matang maka tanaman akan mulai mengering lalu mati. Tanaman waluh dapat anda tumpangsari dengan tanaman pisang di lahan tegalan. 

Panen dalam bentuk waluh muda juga dapat Anda lakukan dan panen bisa mencapai 40 buah waluh muda setiap hari. Bila khasiat labu kuning langka di pasaran maka pemasaran saat tiba panen bisa sangat menguntungkan. Pemasaran khasiat labu kuning biasanya petani didatangi penjual sayur keliling dan laku terjual Rp. 5000 per buah. 

Demikian artikel Kami judul : Khasiat Labu Kuning ( Waluh ) Kaya Manfaat dan Mudah Budidayanya. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA menyediakan benih labu kuning berkualitas. 

Kami juga menyediakan benih hibrida dan unggul sayuran dan buah lain, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Kami juga mengajak kerjasama secara online shop sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Semoga artikel Kami bermanfaat dan dapat menambah ilmu tentang khasiat labu kuning. Salam sukses.... 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.