TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/12/20

Timun Zatavy F1 Panah Merah Tahan Virus Mudah Perawatannya

timun zatavy, panah merah, mentimun, cara menanam ketimun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Timun Zatavy F1

Timun Zatavy F1 Panah Merah Tahan Virus Mudah Perawatannya . HP 082141747141 ( telpon/konsultasi ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih timun Zatavy hibrida terbaik dari Panah Merah.

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam petani dan para hobiis berkebun. Produk Kami lengkap, berkualitas dan harga bersaing. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. 

Sebagai supplier berpengalaman, Kami banyak didukung perusahan pertanian terkemuka. Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan benih buah dan sayuran hibrida terbaik. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pendukung bercocok tanam. 

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller LMGA Agro. 

Timun Zatavy F1 produk Panah Merah buah tidak pahit dan tahan penyakit. Manfaat mentimun sangat banyak, mengandung lebih 95% air dan kandungan nutrisi lengkap. Cara menanam dan merawatnya mudah serta produktivitas tinggi pula.

Timun Zatavy hibrida terbaik cap Panah Merah buah tidak pahit. Buah mentimun menyegarkan kaya manfaat namun harga murah meriah. Timun Zatavy dikonsumsi segar sebagai lalapan sayur bersama sayuran lain. 

Timun Zatavy juga bermanfaat untuk kecantikan karena telah lama diketahui manfaat timun sebagai masker wajah. Timun Zatavy juga disukai sebagai minuman segar karena kandungan airnya yang tinggi. 


Mentimun Zatavy Buah Tidak Pahit


Timun Zatavy F1 Panah Merah direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah. Benih timun Zatavy disebut tahan Gemini Virus sehingga menguntungkan bagi petani. Virus Gemini ditakuti Petani karena bila sudah menyerang tanaman kemungkinan besar akan gagal panen mentimun. 

Umur tanaman budidaya timun Zatavy pendek karena umur 34 HST sudah dapat dinikmati hasilnya. Potensi hasil panen sampai mencapai 55 ton/ha. Peluang usaha timun Zatavy sungguh menggiurkan dengan hasil panen sebesar itu. Bobot per buahnya 270 gram. 

Timun Zatavy buah menyegarkan juga biasa disebut dengan nama mentimun dan ketimun. Nama latin mentimun adalah Cucumis sativus L. Mentimun berasal dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae yaitu jenis tanaman penghasil buah yang dapat dimakan. 

Mentimun biasanya dipanen ketika belum masak benar dan dijadikan sayur penyegar. Mentimun sering ditemukan dalam berbagai hidangan. Mentimun banyak mengandung air dan bersifat menyejukkan. Irisan buah timun Zatavy dapat membantu melembabkan wajah dan mendinginkan. 

Budidaya Timun Zatavy berupa herba lemah melata atau setengah merambat. Timun Zatavy merupakan tanaman semusim dan setelah berbunga, berbuah kemudian tanaman mati. Mentimun berumah satu ( monoecious ) dan tipe bunga jantan bersifat hermaprodit ( kelamin ganda ). 

Bunga jantan lebih dulu muncul pada umur 4 - 5 minggu dan bunga selanjutnya yang muncul bersifat hermaprodit. Satu tanaman timun Zatavy menghasilkan hingga 20 buah. Jumlah buah akan dibatasi agar menghasilkan kualitas yang baik. 


Baca Juga : Budidaya Timun Benih Hibrida Buah Tidak Pahit


Kandungan Nutrisi Timun Zatavy Baik Bagi Kesehatan


timun zatavy, mentimun, manfaat timun, budidaya timun, jual benih mentimun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kandungan Nutrisi Mentimun

Buah timun Zatavy hijau saat muda dan berlarik-larik putih kekuningan. Semakin masak ketimun berubah warna menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk ketimun panjang mirip torpedo. 

Daging buah mentimun merupakan perkembangan dari mesokarp. Panen timun Zatavy saat buah setengah masak dan biji belum masak fisiologis. Masyarakat mengenal manfaat mentimun dengan baik dan buah yang sangat populer. 

Sifat timun Zatavy diuretik, memberikan efek mendinginkan dan pembersih bagi kulit. Kandungan airnya tinggi juga ada vitamin A, B dan C. Mengandung juga mineral magnesium, kalium, mangan dan silika baik untuk kesehatan kulit. 

Timun Zatavy mengandung asam askorbat dan asam caffeic berfungsi menurunkan tingkat retensi air. Mampu mengurangi pembengkakan di sekitar mata bila irisan timun Zatavy diletakkan pada mata. 

Timun Zatavy hibrida, timun Panah Merah tipe mentimun besar dan cocok sebagai timun rujak. Perawatan timun Zatavy mudah dan tanaman tahan virus Gemini. Timun Zatavy sangat vigor dan tanaman mudah merambat. 

Buah berwarna hijau gelap, panjang sekitar 25 cm dan berat sekitar 270 gram per buah. Budidaya timun Zatavy direkomendasikan di dataran rendah dan menengah. Umur 34 HST sudah dapat buah dipanen. Budidaya timun menggunakan ajir berbentuk paragola/para-para. 

Pemasangan para-para penting karena tanaman sangat vigor. Selain itu pertumbuhan tanaman timun Zatavy buah atas cukup banyak. 


Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Ketimun kaya kandungan beta-karoten, mangan, vitamin C. Buah timun Zatavy mengandung beberapa antioksidan flavonoid yang berkhasiat menangkal radikal bebas. Keberadaan radikal bebas diudara memicu penyakit seperti penyakit jantung, diabetes dan terjadinya penurunan daya penglihatan.  

Mentimun mengandung cucurbitacin dan lignan berkhasiat melindungi tubuh dari penyakit kanker. Dari penelitian mengungkapkan bahwa ketimun menghambat pertumbuhan sel kanker karena mengandung flavonoid fisetin.  

Irisan buah timun Zatavy dalam air minum berguna sebagai infused water bila kita bosan dengan air putih. Timun Zatavy berfungsi sebagai tambahan rasa dan mendorong untuk minum lebih banyak air. 

Timun Zatavy bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki nutrisi Kalium. Fungsi Kalium mengatur jumlah garam dalam organ ginjal kita. 

Buah timun Zatavy baik untuk kesehatan tulang karena kandungan vitamin K cukup tinggi. Fungsi vitamin K dapat menyehatkan tulang dan membantu membentuk protein bagi tulang. 

Mentimun mengandung silikon, fluorin dan kalium serta kadar kalori yang rendah. Kandungan nutrisi tersebut membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak tubuh. Rutin mengkonsumsi air perasan ketimun segar setiap hari membuat lambung sehat. 

Rutin mengkonsumsi timun Zatavy membuat tubuh tetap terhidrasi karena mengandung 95,2% air. Sekitar 26% asupan air harian kita tercukupi dengan mengkonsumsi 5 ons mentimun. Timun Zatavy kaya serat yang tidak larut. Air dan serat didalamnya membantu dicernanya lebih cepat makanan yang masuk tubuh kita. 


Baca Juga : Jual Benih Timun Metavy F1 Terbaik Cap Panah Merah


Budidaya Timun Zatavy Peluang Usaha Menggiurkan


Persiapan Lahan

Persiapan lahan yaitu dengan melakukan pengolahan tanah dengan cara dibajak atau dicangkul. Persiapan lahan dilakukan 3 - 4 minggu sebelum penanaman. Tanah dicangkul dengan cara dibalik-balik kedalaman 30 cm. 

Proses pengolahan tanah ini memiliki fungsi bagi pertumbuhan tanaman hingga panen. Yaitu antara lain untuk memperbaiki struktur tanah dari berupa bongkahan menjadi gembur dan memudahkan akar tanaman untuk tumbuh. 

Pengolahan tanah dapat memperbaiki aerasi tanah dengan mengangkat sub soil keatas dan top soil ke bawah. Tanah dicangkul menyebabkan gulma dapat terdekomposisi dengan baik. Bila tanah gembur, lebih mudah dibuatkan bedengan. 

Setelah dicangkul lahan dibiarkan selama 1 minggu. Setelah itu dilanjutkan membuat bedengan sementara. Berukuran lebar 120 cm, tinggi 40 cm dan lebar parit antar bedengan adalah 50 cm. 

Bila selesai membuat bedengan, sebarkan di permukaannya pupuk dasar berupa pupuk kandang sebanyak 5 kg per meter. Tambahkan juga pupuk kimia NPK 300 kg/ha, SP-36 100 kg/ha dan KCl 100 kg/ha. Untuk meningkatkan pH tanah sebarkan Dolomit 200 kg/ha. 

Selanjutnya pupuk dibolak-balik agar tercampur tanah secara merata dan bedengan dirapikan. Biarkan lahan selama 1 minggu setelah diberi pupuk dasar. 

Setelah 1 minggu kemudian, tutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak. Pemasangannya sebaiknya di siang hari agar mulsa dapat menutup dengan erat. Dua hari setelah mulsa terpasang rapi dapat dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 50 x 60 cm. 




Penanaman Benih Timun Zatavy F1 Panah Merah


Sehari sebelum benih akan ditanam dalam lubang tanam, benih timun Zatavy perlu direndam dalam air hangat dulu. Perendaman dalam air hangat selama 3 - 5 jam lalu diletakkan di kain basah dan lembab. 

Biasanya dalam 15 - 24 jam benih akan muncul tunas dan siap dimasukkan dalam lubang yang telah disiapkan. Masukkan satu benih untuk satu lubang tanam lalu tutup dengan kompos. Kedalaman benih sekitar 2- 3 cm. 

Siram air sesudahnya dan lakukan rutin setiap hari pagi dan sore hari. Setelah 2 hari sejak ditanm, akan muncul tunas lebih tinggi dan beri air rutin setiap hari. Pemberian air dilakukan dengan hati-hati agar tanaman tidak roboh. 

Selama 7 hari sejak penanaman, lakukan penyulaman secepatnya bila ditemui ada tanaman mati atau layu. Penyulaman segera dilakukan dan sampai hari ke-7 untuk menjaga keseragaman pertumbuhan tanaman. 


Pemeliharaan dan Perawatan Timun Zatavy


1. Pemupukan 

Pemupukan susulan berikut diberikan dalam dosis gram per tanaman. 

- Pemupukan I umur 14 HST pupuk NPK 20 gram/tanaman dan KCl 10 gram/taaman. 

- Pemupukan II umur 28 HST pupuk NPK 20 gram/tanaman, KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman. 

- Pemupukan III umur 35 HST pupuk NPK 10 gram/tanaman, KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman.

- Pemupukan IV umur 40 HST pupuk NPK 10 gram/taaman, KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman. 

- Pemupukan V umur 60 HST pupuk KCl 10 gram/tanaman dan TSP 10 gram/tanaman. 


2. Penyiraman

timun zatavy, alat siram, manfaat timun, budidaya timun, jual benih mentimun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Siram Tanaman

Lahan penanaman timun Zatavy harus selalu lembab. Lahan kekeringan dapat menyebabkan tanaman stres sehingga buah ketimun akan berasa pahit. Pemberian air dengan cara penggenangan dilakukan 1 minggu sekali. 


3. Perambatan 

Cabang timun Zatavy perlu dirambatkan karena siklus hidup mentimun adalah merambat. Media rambatan yaitu menggunakan lanjaran dan dipasang 2 minggu setelah penanaman. Pemasangan lanjaran dilakukan saat tanaman masih muda agar tidak melukai perakaran tanaman. 

Batang tanaman diikatkan pada lanjaran saat tinggi tanaman sudah 30 cm dan ikat lagi setiap tinggi bertambah 30 cm. 


4. Penyiangan

Bedeng tidak tertutup mulsa biasanya gulma mudah tumbuh sehingga penyiangan harus lebih sering dilakukan. Bedeng tertutup mulsa, pertumbuhan gulma ada di sekitar lubang tanam dan parit saluran air. Gulma juga tumbuh di pinggir-pinggir bedengan. 



Hama dan Penyakit Mentimun


Hama Mentimun


1. Oteng-Oteng ( Epilachna sp. )

Hama oteng-oteng menyerang daun dan memakannya hingga dapat mengganggu pertumbuhan. Bekas gigitan hama berupa lingkaran. Pengendalian yaitu penyemprotan insektisida bahan aktif Profenofos dan Metidation. 


2. Ulat 

Hama ulat menyerang daun, bunga dan buah yaitu dengan cara menggigit. Tanda terdapat bekas gigitan  dan ada kotorannya. Pengendalian yaitu penyemprotan insektsida bahan aktif Siromazin. 


3. Thrips

Serangan thrips menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat dan tanaman menjadi kerdil. Terjadi perubahan warna pada bunga dan buah juga menjadi gugur. Pada daun terdapat bekas berwarna keperakan. 

Hama thrips dikendalikan dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif Profenofos, Imidakloprid, Abamectin dan Alfa Sipermetrin.  




Mengenal Penyakit Mentimun


1. Virus Gemini

Virus Gemini menyebabkan daun menguning, mengeriting dan ukuran daun mengecil. Tanaman terinfeksi virus Gemini menjadi kerdil ruas-ruas cabang memendek. Bila menyerang di fase generatif maka kebanyakan bunga akan berguguran. 

Pengendalian dengan rutin memonitoring pertumbuhan tanaman dan perkembangan adanya kutu kebul ditemui di kebun. Kutu kebul hama vektor virus Gemini harus dikendalikan insektisida. Memusnahkan dan membuang tanaman terinfeksi agar tidak menular ke tanaman lainnya. Rutin melakukan kebersihan kebun. 


2. Layu Fusarium ( Fusarium wilt )

Gejala terserang layu fusarium adalah sebagian tanaman daunnya akan menguning. Tanaman layu dan lama kelamaan akan kering lalu mati. Bila batang dibelah melintang akan tampak jaringan pembuluh berwarna kecoklatan. 

Usaha pencegahan lebih efektif  yaitu tidak memberikan pupuk N berlebihan agar batang tidak bersifat sukulen. Perhatian drainase air, jangan biarkan air menggenang terlalu lama karena alirannya tidak lancar. Mencabut lalu dibakar tanaman yang terinfeksi layu fusarium. Semprotkan Fungisida yang sesuai. 


3. Busuk Batang Berlendir ( Gummy Stem Blight )

timun zatavy, mentimun, manfaat timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Fungisida Score
Gejala serangan tampak pada daunnya dan tampak ada bercak tidak beraturan. Juga tampak ada lingkaran konsentris berwarna abu-abu kecoklatan. Bila batang terinfeksi akan keluar cairan berupa getah coklat kehitaman dan mengeras. 

Pencegahan agar tidak terserang yaitu sanitasi kebun, pemangkasan daun agar tidak terlalu lembab dan memperbaiki drainase. Tanaman sakit harus segera dicabut lalu dibakar. Penyemprotan fungisida Heksakonazol, Tridemorf, Mankozeb dan lain-lain.


4. Embun Bulu (  Downy mildew )



Gejalanya, tanaman mentimun tampak ada bercak coklat kehitaman dan tidak beraturan. Pencegahan embun bulu yaitu rutin sanitasi lahan trutama gulmanya. Perbaikan drainase agar air tidak menggenang di lahan. Menerapkan pergiliran tanaman dengan tanaman selain famili timun-timunan. Lakukan penyemprotan fungisida Heksakonazol, simoksanil, Propineb atau Mankozeb.



Pemanenan Timun Zatavy


Timun Zatavy dipanen umur 32 - 35 hari setelah semai. Bila panen baby mentimun dan untuk lalapan disarankan untuk panen setiap hari. Tujuannya agar tetap mendapatkan kualitas buah optimal.  

Panen mentimun pada pagi hari sebelum pukul 09.00. Cara panen yaitu memotong tangkai buah timun Zatavy menggunakan pisau tajam. Panen dilakukan berkali-kali  dengan interval 5 - 10 hari sekali dan tergantung dari ukuran atau umur buah yang dikehendaki. 

Biasanya panen mentimun juga dengan memperhatikan ukuran buahnya dan disesuaikan permintaan konsumennya. Swalayan biasanya menginginkan sayuran mentimun dalam 2 jenis kemasan yaitu mentimun acar dan mentimun sayuran. 

Mentimun acar kriterianya panjang 10 - 15 cm, bentuk lurus, kulit mulus dan segar. Panen potensi hasil mentimun ukuran besar  panjang 15 - 20 cm, lurus, kulit segar dan mulus. Setiap selesai dipetik, timun Zatavy dikumpulkan di tempat teduh. Atau gudang berventilasi dalam keranjang plastik. 

Demikian artikel Kami judul : Timun Zatavy F1 Panah Merah Tahan Virus Mudah Perawatannya. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon/konsultas ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan pertanian lengkap dan berkualitas. 

Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak pula kerjasama online sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang tentang budidaya mentimun, terutama timun zatavy Panah Merah. Peluang usaha timun Zatavy menjanjikan karena buah tidak pahit dan tahan virus terutama virus Gemini. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.