TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/12/20

Jagung Manis Bonanza F1 Panah Merah si Lembut Bulir Kuning Tua

jagung manis bonanza, budidya jagung. manfaat jagung manis, jual benih jagung hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jagung Manis
 Bonanza F1

Jagung Manis Bonanza F1 Panah Merah si Lembut Bulir Kuning Tua. HP 082141747141 ( telepon/konsultasi ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih berkualitas jagung manis Bonanza F1 Panah Merah. 

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami menyediakan kebutuhan bercocok tanam petani yaitu benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. 

Pesanan dikirim mitra Kami jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Barang dijamin sampai tujuan dan aman. Kami mengajak kerjasama online sebagai dropship dan reseller pertanian Toko online LMGA Agro. 

Jagung manis Bonanza F1 produk cap Panah Merah terbaik cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah. Rasa manis dan lembut, bulirnya berwarna kuning tua. 

Jagung manis Bonanza F1 Panah Merah banyak disukai. Rasanya manis dan nikmat saat dikonsumsi di musim hujan atau cuaca dingin. Diolah dengan direbus, dikukus, dibakar atau sebagai camilan jagung susu keju ( jasuke ) yang trendi. 

Jagung manis Bonanza menyegarkan dimakan setelah dikukus terutama bila dinikmati setelah turun hujan. Rasa manisnya karena memiliki kandungan gula tinggi namun tidak berbahaya asalkan dimakan tidak berlebihan. 

Budidaya jagung manis menjanjikan keuntungan menggiurkan. Jagung manis banyak disukai terutama dalam bentuk jagung bakar dengan diolesi mentega diberi perasa manis, asin atau pedas. Potensi hasil jagung manis Bonanza F1 tinggi yaitu 14 - 18 ton/hektar. 


Jagung Manis Bonanza Panah Merah


Jagung manis memiliki nama latin Zea mays kelompok Sacharata. Jagung manis Bonanza merupakan kelompok kultivar jagung populer dan cukup penting secara komersial. Selain ada jenis jagug komersial lainnya yaitu jagung biasa atau disebut jagung ladang atau field corn. 

Jagung manis Bonanza memang istimewa karena memiliki kandungan gula terutama sukrosanya tinggi saat panen.  Dipanen untuk produksi saat muda dan pada tahapan masak susu, sekitar 18 - 22 hari setelah penyerbukan. 

Rasa manis jagung manis Bonanza saat panen terjadi karena jagung bermutasi pada satu atau beberapa gennya. Gen-gen tersebut mengatur pembentukan rantai polisakarida sehingga bulir-bulirnya gagal membentuk pati. 

Jagung manis Bonanza gagal membentukpati dalam jumlah besar dan mengakibatkan bulir jagung manis Bonanza menjadi keriput. 

Jgung manis Bonanza berbeda dengan jagung ladang atau jagung biasa. Jagung ladang biasanya dipasarkan untuk pakan ternak atau dibuat tepung. Namun jagung manis dijual untuk dikonsumsi manusia. 

Banyak masyarakat menyukai jagung manis Bonanza karena rasa manisnya. Jagung manis Bonanza diolah dengan cara direbus, dibakar, dibuat camilan jagung susu keju hingga dijadikan bubur. 

Klasifikasi jagung manis Bonanza dikategorikan sayur-sayuran. Sedangkan jagung ladang dimasukkan kategori palawija. Jagung manis Bonanza sering diolah dan dicampur sayuran lain seperti bayam, tumisan dan lain-lain. 

Jagung manis Bonanza sama seperti sifat sayur-sayuran yaitu dapat dijual segar dan mudah rusak ( perishable ). Rasa manisnya tidak bertahan lama yaitu 1 - 4 hari saja sehingga masa simpannya menentukan kualitas jagung manis.  





Manfaat Jagung Bagi Tubuh Kita


jagung manis bonanza, manfaat jagung, budidaya jagung, jual benih jagung, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Jagung
Bagi Kesehatan

Jagung manis Bonanza
menjadi kudapan dan camilan favorit apalagi bila cuaca sedang hujan dan ditempat dingin. Jagung manis Bonanza nikmat sekali dimakan dengan cara direbus atau dibakar dengan diolesi mentega dengan aneka rasa. 

Jagung manis Bonanza juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Jagung manis Bonanza menjadi alternatif makanan sumber karbohidrat selain nasi. Jagung manis Bonanza mengandung nutrisi dan vitamin yang tidak ada di nasi. 

Jagung manis Bonanza bila dikonsumsi rutin bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan otak kita. Berikut beberapa manfaatnya : 

1. Baik Untuk Kesehatan Penglihatan

Jagung manis Bonanza kaya antioksidan dan membantu meningkatkan kemampuan penglihatan kita. Jagung manis Bonanza memiliki pigmen zeaxanthin dan melindungi mata dari penyakit seperti degenerasi makula. Beta karoten dan folat didalamnya mampu mencegah penyakit lain terkait kemampuan penglihatan. 


2. Manfaat Jagung  Manis untuk Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan Thiamin dan vitamin B dalam jagung manis Bonanza dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit terkait ingatan. Yaitu seperti masalah penyakit Alzheimer. 


3. Manfaat Jagung Manis Bonanza Mencegah Masalah Jantung

Kandungan Folat atau dikenal juga vitamin B9 membantu menurunkan asam amino dalam pembuluh darah. Asam amino tinggi menyebabkan masalah pada pembuluh darah dan berlanjut pada masalah jantung. Folat dalam jagung manis menurunkan asam amino dan mencegah kerusakan pada organ jantung.  


4. Dapat Mencegah Kanker Paru-Paru


Jagung manis Bonanza mengandung zat kimia alami cryptoxanthin dan bila diserap tubuh berubah menjadi vitamin A. Manfaatnya mampu mencegah perkembangan sel kanker paru-paru juga jenis sel lain. 


5. Mampu Meningkatkan Kekuatan Tulang

Kekuatan tulang membutuhkan zat Mangan, seng dan tembaga dimana kesemuanya terdapat dalam jagung manis Bonanza. Nutrisi tersebut mampu meningkatkan otot dalam tubuh dan menurunkan rasa sakit Arthtritis. Fungsi magnesium membantu mencegah mati rasa otot dan tubuh. 


6. Bermanfaat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan protein dan vitamin C dalam jagung manis Bonanza membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat vitamin C membantu mencegah demam, pilek dan flu. Protein jagung manis Bonanza memberikan asupan energi buat tubuh. 


7. Jagung Manis Bonanza Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi cukup tinggi sehingga mampu mengatasi anemia. Konsumsi jagung manis Bonanza rutin selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin hingga 50%. Asam folat didalamnya juga dapat mengatasi anemia. 


8. Mampu Menurunkan Kolesterol

Jagung manis Bonanza mampu menurunkan tingkat kolesterol tinggi sekaligus mencegah penyakit jantung. 



Deskripsi Jagung Manis Bonanza Panah Merah


Jagung manis banyak disukai masyarakat, terkenal dan populer. Jagung manis Bonanza seringnya diolah sebagai jagung bakar atau dengan cara dikukus. Rasa manis jagung manis Bonanza terbukti ada dan cocok di cuaca dingin setelah hujan. 

Bulir jagung manis Bonanza berwarna kuning tua dan bertekstur keriput serta transparan bila matang. Bahkan kadar gula jagung manis Bonanza belum matang lebih tinggi dibandingkan pati. Jagung manis Bonanza dipanensaat masih muda atau masak susu. 

Rekomendasi penanaman di dataran rendah hingga menengah. Umur panen 70 - 85 HST. Bobot per buah saat panen adalah 300 - 400 gram per buah. Budidaya jagung manis Bonanza memiliki potensi hasil sebesar 14 - 18 ton/ha. 

Benih Bonanza, jenis jagung manis hibrida. Pertumbuhan tanaman seragam dan ukuran tongkol juga seragam. Warna kulit bulirnya kuning tua dengan rasa bulir manis dan lembut. 

Tinggi tanaman 175 - 200 cm dan warna daun hijau. Klobot jagung manis Bonanza hijau muda dan tipis. Ukuran tongkol kategori besar dan memiliki daya simpan 4 - 6 hari. 

Bulirnya kadar manis sebesar 12 Brix dan tahan penyakit kresek. Panen baby corn dengan ciri bulat, putih dan memiliki potensi 400 kg per 1 kg benih. 


Baca Juga : Resep dan Formula Budidaya Jagung Manis Bebas Bulai


Syarat Tumbuh Budidaya Jagung


Iklim

Tanaman jagung menyukai iklim suhu antara 21 - 30 derajat Celcius. Namun khusus jagung hibrida agar pertumbuhannya baik maka suhu optimum budidayanya adalah 23 - 27 derajat Celcius. 

Suhu terlalu tinggi dan kelembaban rendah dapat mengganggu proses penyerbukan. Jagung manis Bonanza memerlukan pengairan cukup selama pertumbuhannya. Terutama saat berbunga dan saat pengisian biji. 

Budidaya jagung menghendaki curah hujan normal yaitu sekitar 250 mm/tahun hingga 2000 mm/tahun. Direkomendasikan ditanam pada daerah beriklim sedang hingga iklim sub-tropis yang basah. 

Tanaman jagung tumbuh baik di daerah dengan letak antara 0 - 50 derajat Lintang Utara ( LU ) hingga 0 - 40 derajat Lintang Selatan. Tumbuh baik pada dataran rendah hingga pegunungan dengan ketiggian tempat antara 1000 - 1800 meter di atas permukaan laut. 

Saat fase pembungaan dan pengisian biji jagung manis Bonanza harus mendapatkan cukup air. Selama perkembangannya, jagung manis Bonanza membutuhkan sinar matahari tanpa ada naungan. Bila ternaungi, pertumbuhan akan terhambat. Pertumbuhan biji kurang baik atau bisa juga tidak mebentuk buah.  


Tanah


Tanah untuk menanam jagung harus menganunga hara yang cukup. Budidaya jagung menyukai tanah gembur, subur dan kaya humus sehingga akan memberikan hasil maksimal. Drainase dan aerasi harus dalam kondisi baik. 

Jenis tanah yang baik untuk budidaya jagung adalah tanah andosol, latosol, grumusol dan tanah berpasir. Pengelolaan bagus dapat membantu keberhasilam usaha budidaya jagung. 

Jagung manis Bonanza menyukai pH tanah 5,5 - 7,0. Derajat keasaman tanah ( pH ) netral menjadikan banyak tersedia unsur-unsur hara dalam tanah untuk pertumbuhan tanaman. Tanah dengan pH kurang dari 5,5 dianjurkan melakukan pengapuran untuk menaikkan pH. 

Jagung manis Bonanza dipanen umur 70 - 75 HST. Sedangkan bila dipanen baby corn dilakukan umur 35 - 40 HST. 


Persiapan Lahan Budidaya Jagung Manis Bonanza


jagung manis bonanza, manfaat jagung, budidaya jagung, jual benih jagung hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kapur Dolomit Untuk Menaikkan pH

Persiapan lahan dengan membersihkan lahan dari gulma. Bila gulma terlalu lebat bisa disemprotkan herbisida. Tanah dibajak satu kali dan digaru sebanyak dua kali. 

Budidaya jagung manis Bonanza dapat dilakukan di lahan bekas sawah secara langsung tidak dibuat bedengan atau dibuat bedengan. Bila di lahan bekas sawah, usahakan lahan tidak tergenangi air. Pembuatan bedengan berguna untuk mengatur saluran drainase. 

Bedengan jagung manis Bonanza lebar 100 cm dan tinggi sekitar 20 cm. Panjang bedengan disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedengan 40 - 50 cm. Untuk pupuk dasar menggunakan pupuk kotoran ayam dicampur pupuk kotoran sapi atau kambing ( 1 : 1 ). 

Pupuk kandang dari kotoran ayam mengandung kadar N lebih banyak dan bersifat cepat terurai. Pupuk kotoran sapi atau kambing kaya kandungan unsur K dan P. Berikan pupuk organik sebanyak 5 ton per hektar. 

Lubang tanam dibuat sedalam 2 - 3 cm dan jarak tanamnya 60 x 30 cm dengan cara ditugal. Satu bedeng dapat dibuat 2 baris tanaman. Masukkan 1 benih untuk setiap satu lubang tanam. Kemudian tutup lubang tanam menggunakan pupuk kandang matang. Kemudian siram air agar kelembaban terjaga. 

Budidaya jagung manis Bonanza membutuhkan unsur Nitrogen dalam jumlah besar. Namun juga harus memperhatikan keseimbangan antara Nitrogen, Kalium ( K ) dan Phosphat ( P ). 





Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Jagung


Pemeliharaan jagung manis Bonanza F1 Panah Merah yaitu : 

1. Pemupukan Susulan

Dilakukan 2 kali selama masa tanamnya yaitu :

- Umur 15 HST dipupuk Urea sebanyak 10 gram/tanaman dan TSP 5 gram/tanaman. Diberikan dengan cara ditugal. Dosis 10 gram setara dengan 1 sendok makan.

- Umur 35 HST dipupuk NPK sebanyak 15 gram/tanaman dengan cara ditugal. 


2. Penyulaman

Penyulaman adalah mencabut tanaman yang mati atau tidak tumbuh dan digantikan benih baru. Harus dilakukan segera yaitu 7 - 10 hari terhitung awal menanam agar tanaman bisa seragam. Tanaman mati atau sakit harus segera dicabut agar tidak menularkan ke tanaman lain. 

Disarankan agar membuat lahan khusus untuk menanam bibit persediaan penyulaman minimal 20% dari jumlah bibit yang ditanam. 


3. Pembumbunan

Pembumbunan dilakukan dengan maksud agar posisi batang kokoh dan tanaman tidak mudah rebah. Pembumbunan juga menutup akar-akar tanaman yang bermunculan di permukaan tanah karena tanah terkikis air. 

Pembumbunan dilakukan bersamaan waktu pemupukan. Tanah di kanan dan kiri barisan tanaman diuruk menggunakan cangkul. Lalu timbunkan di barisan tanaman sehingga membentuk guludan memanjang. 





Hama yang Menyerang Tanaman Jagung


1. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon )

Gejala serangan yaitu batang yang patah di dekat permukaan tanah atau saat berkecambah. Karena ulat menyerang dengan memotong bagian pucuk atau pangkal tangkai daun muda. 

Ulat tanah dikendalikan dengan cara dikumpulkan lalu dimatikan. Tanaman yang diserang ulat tanah harus segera dibakar. Sebelum penanaman, area lahan digenangi air dan pengolahan tanah dilakukan dengan baik dan benar. 


2. Jangkrik ( Gryllus bimaculatus )

Baik jangkrik muda maupun dewasa memakan akar atau pangkal batang tanaman muda. Serangan berat yaitu pada saat pembukaan lahan dan gulma sisa-sisa akar tanaman tidak disingkirkan. 

Pengendalian dengan selalu membersihkan lahan sebelum tanam. Memasang perangkap cahaya karena jangkrik dewasa menyukai cahaya. Lahan diairi karena jangkrik dewasa akan mati di lahan berair. 


3. Kutu Akar ( Geoica lucifuga )

Bila populasi kutu akar tinggi menyebabkan tanaman menjadi kerdil. Nimfa dan kutu dewasa menghisap cairan tanaman. Namun biasanya populasi kutu akar rendah dan tidak begitu penting.

Pencegahannya yaitu memilih benih jagung yang tahan penyakit, selalu membersihkan kebun dari gulma. Biarkan semut-semut bila ada karena berguna sebagai predator. 


4. Pengerek Batang ( Ostrinia furnacalis )


Mulai menyerang tanaman umur 3 - 4 minggu setelah tanam dan berlanjut sampai pemasakan tongkol. Ulat baru menetas biasanya memakan epidermis helai daun yang lunak dan di dekat tempat penetasan telur. 

Ulat lalu berpindah ke tanaman lain dan menggerek batang yang tertutupi pelepah daunnya. Nenerapa ulat ada yang masuk ke dalam kuncup bunga lalu digigitnya. Serangan juga pada buku-buku jaringan batang yang lunak hingga merusak tongkol jagung. 

Pengendalian dengan cara tanaman terserang langsung dicabut lalu dibakar atau digunakan makanan ternak. Gulma-gulma dibersihkan karena menjadi tanaman inang hama. Melakukan rotasi tanaman dan menanam serentak bersama petani lainnya. 


5. Lalat Bibit Jagung ( Atherigona oryzae Malloch )

Awalnya  lalat akan merusak pusat batang lalu turun ke tengah batang. Serangan menyebabkan tanaman menjadi kerdil, berwarna kuning dan menjadi busuk. Pengendalian sanitasi kebun dan memasang perangkap lampu. 


6. Ulat Grayak ( Spodoptera maurita

Pelukaan yang dibuat ulat grayak tergantung dari umur tanaman dan tingkat populasi ulat. Serangan berat pada tanaman muda dapat menghabiskan seluruh tanaman. Batang dipotong hingga semua bagian tanaman dimakan. Tanaman dewasa/tua umumnya lebih tahan serangan ulat grayak.

Pengendalian dengan mematikan ulat langsing di kebun, pengamatan tanaman secara teratur dan lakukan penyemprotan. Telur ulat sebaiknya juga dibinasakan. 


7. Ulat Jagung ( Helicoverpa armigera )

Ulat muda memakan daun dan pelepah hingga buah dan bulir jagung. Juga ulat dapat mengerek batang tanaman muda atau pucuk daun tanaman. Pencegahan yaitu menggunakan benih tahan penyakit dengan sifat pelepah buah panjang dan kuat. Lakukan rotasi tanaman untuk memutus siklus hama. 


Penyakit yang Menyerang Tanaman Jagung


1. Penyakit Bulai ( Downy mildew )

Penyebab : jamur Peronosclerospora sp. Gejala : ada garis kuning atau putih sejajar tulang daun. Pada titik tumbuh biasanya tampak klorosis. Tanaman tidak tumbuh baik karena akar tanaman terganggu pertumbuhannya. Bila terserang saat tanaman dewas, biji tidak tubuh optimal. 

Penyakit mudah berkembang bila kondisi lembab. Biasanya banyak terjadi di dataran rendah dan di musim hujan. jamur menyebar karena angin dan percikan air hujan. Lakukan sanitasi kebun, mencabut tanaman terinfeksi, 

Penyemprotan fungisida berbahan aktif Metalaksil, Dimetomorf dan lain-lain. Pergantian tanaman selain jagung, menggunakan benih hibrida dan pastikan tanaman cukup air.  


2. Karat Daun ( Leaf Rust )

Disebabkan jamur Puccinia sp. Gejala berupa bintil-bintil kecil dan dikelilingi halo kuning. Gejala ini akan muncul pada daun, tangkai daun dan batang. Karat adalah uredium jamur dan tumbuh di bawah jaringan epidermis lalu menonjol ke permukaan. 

Suhu lingkungan hangat dan kelembaban tinggi serta kondisi hujan diselingi panas merupakan kondisi yang disukai jamur. Jamur mudah menyebar karena angin dan gesekan antar tanaman yang terlalu rapat. 

Pencegahan yaitu rutin membersihkan lahan dari gulma dan sisa daun rontok dan lain-lain. Lakukan penyemprotan fungisida yang sesuai. 


3. Penyakit Gosong Bengkak 

Disebabkan oleh jamur Ustilago sp. yang menyerang biji. Menyebabkan pembengkakan dan pembungkus menjadi rusak. Pengendalian menggunakan fungisida Saromyl. 


4. Penyakit Busuk Tongkol dan Biji

Penyebabnya adalah jamur Fusarium sp. atau Giberella zeae. Pengendalian dengan menyemprotkan fungisida Mankozeb, Klorotalonil dan Propineb. 



Waktu Panen Jagung Manis Bonanza


Tanda-tanda jagung manis Bonanza muncul bunga dan mulai pengisian biji adalah waktu mendekati pemanenan. Bunga muncul setelah umur 42 HST. Setelah muncul bunga lalu berlanjut dengan proses pengisian biji secara penuh. 

Waktu panen dilakukan setelah memasuki umur 2 bulan. Dipanen ketika rambut pada jagung manis Bonanza telah tampak kering. 

Jagung manis Bonanza panen setelah 63 HST agar tongkol jagung terisi penuh. Namun jangan sampai hingga lebih 67 HST karena jagung manis Bonanza akan tidak manis lagi. Juga dapat terjadi perubahan warna, bentuk dan struktur jagung. 

Panen saat jagung muda/janten atau baby corn pada umur 45 HST. Disarankan, setiap satu tanaman diambil jantennya satu saja. 

Demikian artikel Kami judul : Jagung Manis Bonanza F1 Panah Merah si Lembut Bulir Kuning Tua. hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam dan budidaya. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat-alat pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seleuruh wilayah Indonesia. Bersama mitra jasa ekspedisi terpercaya JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang jagung manis Bonanza. Peluang usaha budidaya jagung manis Bonanza F1 Panah Merah menjanjikan. Cara perawatan dan pemeliharaannya tidak sulit. Salam sukses...





RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.