TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/10/13

Kunci Sukses Menanam Jagung Manis

Jagung Manis periode 2 tahun terakhir ini menjadi usaha mandiri bisnis favorit hingga idola baru oleh di Indonesia.  

Hal ini tentu berkaitan dengan tingkat kesadaran masyarakat kita yang semakin paham akan bagaimana konsumsi jagung manis membuat kita jadi sehat.

Manfaat jagung manis bagi kesehatan tubuh kita tidak perlu kita ragukan lagi. Tentu hal ini bisa kita nikmati jika kita konsumsi dengan jumlah yang cukup dan teratur.

Jagung manis adalah satu sayuran untuk bahan pangan yang harus cepat kita konsumsi ( makan ). Jagung manis yang sudah lama kita simpan rasanya akan beda.

Begitu  pula dengan tingkat kadar kemanisan yang ada pada jagung ini. Komoditas jagung manis kini menjadi salah satu tanaman yang jadi trending untuk usaha berkebun.

Hal ini tentu tidak lepas karena harga jagung manis per kg yang lebih mahal, bila kita bandingkan dengan jagung biasa. 

Memang perbedaan jagung manis dengan jagung biasa ini tidak lepas dari kadar gula yang lebih tinggi pada jagung manis.

Faktor rasa serta semakin banyak serta bervariasinya olahan jagung manis membuat jagung manis semakin banyak permintaan dari pasar. Permintaan jagung ini akan semakin tinggi jika mendekati tahaun baru.

Hal ini seiring dengan naiknya kesadaran, kegemaran, variasi hingga rasa jagung manis yang enak serta dapat diterima lidah masyarakat Indonesia. 

Jagung manis yang dahulu jadi barang exclusive dan pasar tertentu yang menyediakan sekarang sudah semua lini pasar  ada, 

Bahkan kini sudah tersedia berbagai macam olahan makanan yang menggunakan bahan dasar dari jagung manis. Bubur jagung manis serta puding jagung manis adalah jadi salah satu variasi olahan dari produk ini.

Bahkan olahan produk ini yang saat ini begitu mudah kita temukan adalah dadar jagung manis. Bumbu dadar jagung manis dengan rasa enak serta lezat kini dengan mudah kita temukan lewat Google.

Perkembangan luas tanaman jagung manis pada tingkat petani juga tidak terlepas karena cara menanam yang mudah serta bisa cepat panen. Hal ini menyebabkan cara budidaya yang mudah dan dapat di adopsi oleh petani. Rev. 06/09/22.

Peluang Usaha Jagung Manis Bagi Petani


Karena itu tanaman jagung manis mempunyai potensi yang luar biasa untuk dikembangkan pada semua masyarakat.

Apabila kita melihat jumlah perusahaan yang mengembangkan dan variasi produk jagung manis yang keluar pun sekarang sudah sangat variasi. 

Dengan begitu dari segi kompetisi antara perusahaan benih pun sekarang sudah sangat ketat. Sehingga hanya barang dan benih yang berkualitas saja yang bisa diterima oleh petani. 

Benih jagung manis sudah banyak tersedia pada toko pertanian terdekat kita. Apabila memerlukan juga tersedia lewat toko online LMGA AGRO .  

Hubungi langsung kontak yang ada LMGA AGRO juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan keperluan Sarana Lain.

Jagung manis bisa kita budidaya dengan lokasi dataran rendah hingga tinggi. Akan tetapi akan memberi hasil yang optimal bila kita tanam pada lokasi dataran rendah hingga menengah. 

Kendala apabila kita tanam dengan dataran tinggi biasanya adalah mudah terserang becak daun. Bahkan potensi kurang maksimal hingga waktu panen lebih panjang 10 hari bila kita dibandingkan tanam lokasi dataran rendah. 

Saat kita jalangkan usaha berkebun harus menggunakan bibit jagung manis terbaik yang sudah tahan hama penyakit dengan produksi tinggi.

Menanam jagung manis dengan produksi tinggi ada harus standar perawatan yang harus petani lakukan. Mulai dari pengolahan lahan, perawatan tanaman hingga tahapan panen.

Kunci Sukses Menanam Jagung Manis Agar Hasil Tinggi


Berikut ini adalah beberapa langkah yang jadi syarat kunci sukses menanam jagung manis harus kita siapkan agar jagung manis bisa menguntungkan secara ekonomi. 

Persiapan itu antara lain :

    1. Persiapan lahan untuk media tanam


Tanah yang kita gunakan harus diolah terlebih dahulu baik dengan cara tradisional ( bajak dengan hewan ) maupun bajak dengan menggunakan tractor. 

Hal ini berfungsi untuk mempersiapkan agar tanah gembur kembali. Lebih penting lagi adalah akan memutus hama penyaki dan perakaran tanaman bisa berkembang maksimal. 

Selain itu juga berfungsi untuk memutus tumbuhnya gulma yang akan mengganggu pertumbuhan awal Jagung Manis

Kedalaman olah tanah minimal 15 cm dan diolah 15 hari sebelum tanam sehingga mengasih kesempatan tanah untuk terkena panas sehingga hama dan penyakit yang merugikan bisa terputus. 

    2. Pemilihan  Area tanam


Pemilihan area tanam untuk jagung manis mutlak diperlukan agar hasil tanaman bisa maksimal. Cari lahan yang tidak berdekatan dengan tanaman jagung manis biasa. 

Hal ini agar kadar kemanisan tidak terganggu karena adanya perkawinan silang. Kalau tidak bisa menghindari dari segi jarak maka perlu dihindarkan adalah waktu tanam. Jangan bersamaan sehingga pecah bunganya juga berbeda. 

Dengan begitu rasa yang dihasilkan tetap manis dan rasanya pun tetap terjaga. Hal ini perlu petani perhatikan agar produk higga kualitas hasil penen jagung manis kita terbaik.

    3. Pemilihan Benih dan Penanaman Jagung Manis


Benih jagung manis sudah banyak pabrikan mulai dari PT. Bisi International, PT. East West Seed Indonesia, Pertiwi Agri Makmur dan Syngenta yang memproduksi.


Berdasarkan pengalaman yang kami peroleh selama ini varietas benih jagung manis yang saya sebutkan tadi tidak perlu kita ragukan lagi kualitasnya.

Namun sebagai pelaku usaha tanam jagung manis petani harus sesuaikan dengan daerah dan lokasi tanam.  

Idealnya Jagung Manis dalam 1 Ha memerlukan benih 12 Kg, dengan jarak tanam 20 Cm x 80 Cm atau 25 Cm x 75 Cm. 

Apabila jarak terlalu rapat maka produksi jagung manis menjadi kurang maksimal. Tingkat serangan hama dan penyakit juga akan meningkat.

Benih yang mau yang kita tanam bisa ditambah dengan obat hama atau fungisida sehingga bisa mencegah serangan ulat tanah dan serangan bulai

Penaman dengan cara menyugal lubang tanam dengan kedalaman 5 Cm dan ditutup dengan tanah yang sudah halus dan kita ayak. 

Jagung yang baik daya tumbuhnya maka akan tumbuh dalam 6 hingga 10 hari. Apabila lebih dari 10 hari belum tumbuh maka jagung kurang bagus daya tumbuhnya. 

Jumlah benih per lubang 1 benih sehingga nanti akan memberi hasil panen jagung manis yang maksimal. 


    4. Pemeliharaan Tanaman Jagung Manis

       
      * Pemupukan :
  • Pupuk ke - 1  diberikan pada saat jagung manis berumur 15 HST dengan menggunakan ZA : TSP : KCL dengan dosis 250 : 220 : 60 KG 
  • Pemupukan ke - 2  kita berikan pada saat jagung manis berumur 25 HST dengan menggunakan ZA : TSP : KCL dengan dosis 100 : 150 : 100 KG 
  • Pemberian pupuk ke - 3 ( Pupuk Tutup )  diberikan pada saat jagung manis berumur 45 HST dengan menggunakan ZA :  KCL dengan dosis 150   : 100 KG 
Pada saat Aplikasi pupuk ke 3 bersamaan dengan pembersihan gulma dalam tanaman sehingga sekaligus kita lakukan aktivitas penggulatan tanaman. 

Hal ini dilakukan agar tanaman tidak rebah apabila ada hujan yang bersaman dengan tiupan angin yang keras.

    *  Pengairan Tanaman Jagung


Pengairan jagung idealnya kita lakukan 3 - 4 hari sebelum tanam. Hal ini bertujuan agar tanah masih lembab sehingga akan memudahkan jagung untuk tumbuh sempurna karena proses imbibisi akan berlangsung normal. 

Setelah tumbuh pengairan total dilakukan pada saat jagung manis berumur 15, 30, 45 dan 55 hari melihat kondisi tanah yang ada.
    

     * Pembubunan dan Pendagiran


Pendangiran merupakan  usaha  secara  manual  untuk  menghilangkan   rumput  liar   ( Gulma ) yang ada di lahan sehingga tidak mengganggu tanaman.

Aktivitas pembubunan merupakan kegiatan untuk membalik tanah sehingga akan terjadi sirkulasi udara yang lancar di dalam tanah. 

Kegiatan juga berfungsi untuk melindungi jagung tidak roboh apabila terkena angin. Kedua kegiatan ini bisa dilakukan saat jagung manis berusia 18 dan 35 HST.
  

     * Pengendalian HPT tanaman Jagung Manis


     - Penggerek buah 

Penggerek buah ini biasanya disebabkan oleh ulat Helicoverpa armigera. Hama ini hanya mengganggu dan didapati pada tanaman buah jagung. 

Pengendalian dapat kita lakukan dengan insectisida berbahan aktif Sipermetrin atau Beta silfutrin. Obat ulat ini bisa anda beli lewat toko pertanian Lmga Agro.

     - Becak Daun

Becak daun disebabkan oleh jamur Helmintosporium  dengan ciri - ciri daun yang diserang akan terdapat becak basah memanjang dan akan jadi coklat mengering pada daun. 

Pengendalian bisa kita lakukan dengan fungisida berbahan aktif klorotalonil, karbendasin hingga metalxyl. 

Dan masih banyak lagi HPT yang lain yang apabila kurang jelas bisa di tanyakan ke Teknisi Lapang Toko Online LMGA AGRO.

    5. Panen Jagung Manis


Pemanenan jagung manis dapat kita lakukan saat tanaman bermur 65 hingga 70 HST. Hal ini  tergantung varietas benih yang kita gunakan dan ketinggian lokasi tanam. 

Aktivitas panen jagung manis sebaiknya kita lakukan pada saat cuaca panas siang hari sehingga jagung akan manis rasanya. 

Jika pembaca serta petani semua membutuhkan benih jagung manis kualitas terbaik dengan harga murah anda bisa belanja lewat toko pertanian Lmga Agro.

Kami siap kirim bibit jagung manis terbaik favorit usaha mandiri bisnis berkebun petani dengan jaminan barang pasti datang.

Toko pertanian terdekat Lmga Agro juga melayani konsultasi pertanian gratis bagaimana cara menanam jagung manis agar berbuah besar dengan rendemen tinggi.
     
Demikian sekilas info tips dan trik yang bisa jadi kunci sukses tanam jagung manis ini kami tulis semoga membawa manfaat bagi semuanya.

Apabila ada yang kurang jelas bisa hubungi ke penulis langsung dengan mengubungi CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Terima kasih.


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.