SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Kamis, 05 Februari 2015

MEMBUAT MEDIA SEMAI YANG BAIK DAN BENAR

tray semai, bak semai, persemaian, media semai
TRAY SEMAI
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Media semai, kalau kita dengar kelihatannya memang permasalahan sederhana. Terbayang dalam benak dan pikiran kita hanya sebongkah tanah yang di gunakan untuk media awal tanam. Namun di balik media semai tersebut kalau tidak di persiapkan secara masak dan seksama kita akan banyak menemui berbagai permasalahan di tanaman kita.
Beberapa permasalahan yang seringkali tidak kita temui kalau kita melakukan penyemaian benih adalah : Benih tidak mau tumbuh, Benih terserang rebah batang ( Phytium Sp ), Benih tidak seragam, Benih terserang hama, Benih terserang keriting DLL. Itu tadi hanya sekilas permasalahan utama yang seringkali terjadi di persemaian apabila media tidak di persiapkan dengan baik dan benar.

Media semai dalam ini adalah tanah, kompos dan campuran lain, banyak mengambil peranan dalam permasalahan tersebut di atas. Karena ini untuk mendapatkan media dengan komposisi dan  fungsi yang tepat untuk media semai tentunya di butuhkan ketrampilan, pengetahuan dan pengalaman agar benih yang di semai bisa bagus.

Beberapa persyaratan media semai tanaman Hortikultura antara lain adalah:
  • Media semai yang di gunakan harus mampu menopang tanaman secara kokoh, sehingga tanaman mampu berdiri tegak dan tidak mudah roboh. 
  • Media semai harus memiliki sifat porous, sehingga mampu mengalirkan kelebihan air yang tidak dibutuhkan, sehingga tanaman terhindar dari rendaman air dan kelembaban yang tinggi. Kelembaban yang tinggi dapat mengakibatkan tanaman menjadi busuk dan serangan jamur. Sehingga kita harus dapat membuat media tanam yang tidak padat dan memiliki rongga atau pori pori, sehingga drainase dan aerasi pada media berjalan baik.
  • Media semai  harus tersedia unsur hara yang dibutuhkan tanaman, baik itu unsur hara makro maupun mikro, sehingga kebutuhan tanaman akan nutrisi dapat terpenuhi. Agar persyaratan tersebut terpenuhi, maka perlu menambahkan pupuk organik atau pupuk kimia pada media tanam.
  • Tanaman membutuhkan media yang bersih sehat dan tidak terkontaminasi jamur, virus atau tercemar bahan kimia yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. 
  • Usaha untuk mendapatkan media semai yang sehat bisa dilakukan dengan cara : a) Mengukus media semai atau memasukan media tanam pada oven dengan suhu selama 6 jam. b) Menjemur media semai pada terik matahari selama kurang lebih dua hari. c) Cara lain yang sering digunakan yaitu dengan mengaplikasikan pestisida dan fungisida pada media tanam.
Media, Semai, Obat Layu, Arashi, Tanah, Pupuk, Organik, Bokashi, Tahan Layu, Murah, LMGA AGRO, Toko Online, Pertanian
BOKASHI SIAP PAKAI
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendapatkan campuran komposisi media semai yang cocok untuk tanaman yang akan kita tanam. Media semai  yang baik dan sesuai persyaratan di atas  biasanya  terdiri dari campuran Tanah : Bokashi : Pasir dengan perbandingan 5 : 3 : 1 bagian. Perbandingan tersebut adalah merupakan perbandingan Ideal untuk media semai benih Cabai, Tomat, Melon, Kubis, Gambas, Semangka, Pepaya,Parea, Gambas, Sengon Laut, Lada. Adapun untuk membuat media semai BOKHASI yang baik dan benar caranya bisa anda Baca di tulisan Artikel kami tanggal 24 Januari 2015 yang berjudul : CARA YANG BAIK DAN BENAR MEMBUAT PUPUK ORGANIK BOKASHI ANTI LAYU.

Demikian sekilas info dan cara membuat media semai yang baik dan benar tersebut kami tuangkan. Apabila pembaca semua ada yang kurang jelas bisa menghubungi toko pertanian Online LMGA AGRO selaku ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) yang menyediakan benih, obat, pupuk, pestisida dan alat pertanian uyang siap mengirim ke seluruh Indonesia dengan cepat dan aman. Kami juga menyediakan Konsultasi Gratis Budidaya Tanaman hubungi CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...