TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/02/21

Cara Menanam Semangka di Sawah Benih F1 Passport dari Pertiwi

cara menanam semangka, menanam di sawah, semangka passport, benih pertiwi, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih F1 Semangka
Passport
Cara Menanam Semangka di Sawah Benih F1 Passport dari Pertiwi. HP 082141747141 ( khusus telpon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida semangka Passport produk Benih Pertiwi. Benih dapat diusahakan dengan cara menanam semangka di sawah. 

Toko pertanian LMGA Agro jual cara online benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima konsultasi pertanian gratis tentang cara menanam semangka di sawah dan permasalahan lain di lapangan. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang mitra Kami JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama menjadi dropship dan reseller Toko Pertanian LMGA Agro. 

Cara menanam semangka di sawah menggunakan benih hibrida semangka kuning Passport dari Benih Pertiwi. Semangka Passport direkomendasikan untuk dataran rendah dan umur tanaman 64 - 65 HST. Cara menanam semangka di sawah semakin menguntungkan dan hasil bisa optimal. 

Cara menanam semangka di sawah menggunakan benih hibrida Passport dari Benih Pertiwi. Jenis semangka kuning dengan rasa sangat manis dan tahan daya simpan lama. Kulit buah kuat dan tidak mudah pecah. 

Semangka Passport Benih Pertiwi daging buah oranye kekuningan. Tekstur buah semangka Passport renyah dan rasa manis. Potensi hasil tinggi dengan bobot per buahnya 6 - 8 kg. Cara menanam semangka di sawah dapat mendapatkan hasil maksimal. 

Cara menanam semangka di sawah dilakukan paling baik di musim kemarau. Lahan sawah harus dikeringkan hingga dapat menanam semangka Passport dengan baik dan benar. 


Deskripsi Semangka Passport Benih Pertiwi Hibrida  


Benih Pertiwi berkualitas semangka Passpor F1 untuk ditanam di dataran rendah. Tipe semangka black orange kulit lorek hitam. Bentuk buah bulat oval, warna hijau tua. 

Panjang buah semangka Passport 23 cm dengan diameternya 22 cm. Umur panen cara menanam semangka di sawah yaitu di 64 - 65 HST. Daging buah berwarna oranye kekuningan. 

Buah semangka Passport bertekstur renyah dan rasa sangat manis. Buah memiliki kadar gula 9 - 11 Brix. Bobot buah mencapai 6 - 8 kg dengan potensi hasil 36 ton/ha. 

Kulit luar hijau gelap dan daging buah berwarna oranye. Sangat disukai tengkulak karena permintaan pasar jenis semangka Passport cukup tinggi. Meski tipe buah semangka berbiji namun tidak banyak bijinya. 

Tanaman cepat memasuki fase Generatif yaitu umur 27 - 36 HST, tidak sampai 1 bulan setelah tanam. Buah semangka Passport kaya nutrisi dan banyak mengandung air yaitu sebesar 90,48%. 

Kandungan vitamin C semangka Passport cukup tinngi. Berat buah per 100 gram mengandung vitamin C 16,94 mg. Dengan berat buah 5 - 5,7 kg, persentase bagian buah yang dapat dikonsumsi sebesar 67 - 75%. 

Penyimpanan buah semangka Passport sebaiknya pada suhu 25 - 30 C tahan disimpan selama 10 - 11 hari setelah panen. 





Cara Menanam Semangka di Sawah Benih Passport Menguntungkan


cara menanam semangka di sawah, semangka passport, manfaat semangka kuning, jual benih semangka, benih pertiwi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Semangka Passport Menguntungkan

Cara menanam semangka di sawah
dengan benih hibrida semangka Passport membutuhkan benih/ha sebanyak 341,9 - 429 gram. Populasi tanaman cara menanam semangka di sawah mencapai 6700 - 8300 tanaman. 

Cara menanam semangka di sawah sebaiknya di musim kemarau. Semangka Passport baik ditanam di dataran rendah ketinggian 10 - 100 m dpl. Cara menanam semangka di sawah varietas semangka Passport memiliki keunggulanbanyak. Diantaranya : berat buah tinggi, kadar gula tinggi dan daya simpan buah yang lama. 

Buah semangka Passport memiliki ciri utama buah memiliki alur pada kulit buah. Warna biji berwarna kelabu dengan spot coklat.  

Cara menanam semangka di sawah pada musim kemarau merupakan waktu tepat agar mendapatkan buah semangka berkualitas. Curah hujan sedikit dapat meminimalisir perkembangan penyakit semangka. Banyak Petani semangka mengusahakan tanaman semangka di musim kemarau dan dalam skala luas. 

Suka duka dalam cara menanam semangka di sawah antara lain saat panen raya harga semangka turun. Atau bisa harga mahal saat lahan tidak menanam semangka. Sehingga lapak buah semangka kosong saat harga mahal. 

Buah semangka Passport daging buah warna kuning sangat menarik karena mirip kuning madu. Kulit buah tebal dan kuat untuk pengiriman jarak jauh tidak mudah pecah. Bila semangka jenis lain buah pecah mencapai 6 - 10%, buah semangka Passport dibawah 3%. 

Pemasaran semangka Passport lebih mudah dijual di pasaran. Para pengepul buah semangka memilih jenis semangka Passport  dan di lapak-lapak buah, banyak menggemari semangka Passport. 

Menurut Patani, cara menanam semangka di sawah benih Passport tahan penyakit dan tidak cepat kena keriting. Rata-rata berat buah 8 - 9 kg/buah. Keunggulan semangka Passport pada rasa manisnya, bobot buah besar dan buah tahan pecah. 





Manfaat Semangka Kuning Bagi Kesehatan


Semangka Passport sering disebut si Kuning Madu karena daging buah berwarna kuning dan rasanya sangat manis seperti madu. Semangka Passport warna daging buah kuning cerah dan memiliki biji tidak terlalu banyak.  

Jenis semangka dengan daging buah berwarna kuning karena kandungan likopen lebih sedikit dibanding semangka merah. Likopen merupakan senyawa yang memproduksi pigmen kemerahan pada buah dan sayur termasuk semangka. 

Pada semangka kuning, kandungan likopen sedikit sehingga tidak memproduksi warna merah seperti semangka pada umumnya. Semangka merah mengandung cukup likopen dalam buahnya. 

Cara menanam semangka di sawah jenis semangka kuning seperti halnya semangka merah, juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya adalah : 

- Membantu mencegah dehidrasi. Kandungan air dalam semangka yaitu 90% lebih cukup memenuhi kebutuhan cairan dan mineral tubuh untuk aktivitas Anda sehari-hari. 

- Meningkatkan daya tahan tubuh. Semangka kuning Passport mengandung antioksidan berbentuk likopen. Likopen berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh karena aktivitas kita sehari-hari. 

- Semangka Passport daging buahnya berwarna kuning juga kaya akan serat buah. Serat buah bermanfaat mencegah gangguan pencernaan diantaranya sembelit. Kadar airnya membantu pergerakan usus untuk sistem pencernaan.  

- Bagi ibu hamil, semangka mengatasi rasa nyeri perut yang sering kali datang tiba-tiba akibat perubahan hormon dalam tubuh. Terjadi masalah asam lambung hingga terasa mulas perut ibu hamil. Semangka mengandung zat yang memberikan efek menenangkan pencernaan. 

Kandungan gizi semangka Passport berdaging kuning secara umum sama dengan jenis semangka merah. Kalori sebanyak 46 k Kal. Mengandung vitamin A dan C bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit.  

Semangka Passport mengandung beta-karoten sebagai antioksidan yang bertugas melindungi tubuh dari penyakit kanker dan sakit mata. 


Vitamin C pada Semangka Passport Benih Pertiwi


Kandungan vitamin C semangka kuning lebih tinggi dibandingkan semangka merah. Manfaat semangka Passport dipercaya dapat mencegah sariawan dibandingkan semangka merah. 

Fungsi vitamin C yaitu memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Vitamin C pada semangka merah bukan tidak ada, tetapi ada namun tidak sebanyak pada semangka kuning. 

Semangka kuning mengandung vitamin A dan beta-karoten tinggi untuk kesehatan mata. Dalam semangka merah mengandung likopen dan bermanfaat mencegah turunnya kemampuan penglihatan terutama di usia lanjut. 

Vitamin C juga membantu tubuh menghilangkan nyeri dan kaku pada otot. Pola makan penuh buah dan sayur, mampu mengurangi gejala radang sendi ( artthritis ) dan kerusakan tulang lebih lanjut. 

Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen guna membentuk jaringan kulit dan rambut. Vitamin A untuk membantu perbaikan sel-sel kulit. 

Vitamin C mencegah gangguan pada rongga mulut. Semangka Passport kaya vitamin C ampuh mengatasi bakteri dalam mulut penyebab munculnya infeksi dan radang gusi. 




Budidaya Semangka Benih F1 Passport


cara menanam semangka di sawah, semangka Passport, benih pertiwi, manfaat semangka kuning, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cara Menanam Semangka

Tanaman semangka
merambat dan masuk jenis tanaman labu-labuan. Tanaman semangka masih satu marga dengan mentimun. Tanaman ini merambat hingga menjangkau belasan meter. Namun rambatan tidak bisa memanjat dan membentuk akar. 

Budidaya semangka Passport buahnya lebih mudah dijual dengan harga lebih mahal hingga Rp. 200 dibandingkan jenis semangka lain. Perawatan cara menanam semangka di sawah lebih mudah dan tanaman lebih tahan penyakit. 

Cara menanam semangka di sawah dimulai beberapa tahap. Pemilihan lahan menjadi salah satu penentu keberhasilan cara menanam semangka di sawah. Kondisi lahan harus memenuhi syarat termasuk jenis tanahnya. 

Lahan untuk cara menanam semangka di sawah sebaiknya kondisi iklim hangat dan suhu udara antar 25 - 30 C. Kondisi tanah gembur dan banyak mengandung bahan organik cocok untuk cara menanam semangka di sawah. 

Setelah mendapatkan lokasi tanam yang tepat, selanjutnya melakukan pengolahan lahan. Lahan tanam cara menanam semangka di sawah dibersihkan dari gulma, bebatuan dan sampah. Selanjutnya tanah digemburkan dengan cara dicangkul atau dibajak mesin. 

Setelah menggemburkan tanah, selanjutnya membuat bedeng atau gundukan tanah lebar 3 meter. Panjang sesuaikan dengan konsidi di lapangan. Bila tanah tampak kering dan kurang subur, beri pupuk organik . Atur jarak tanam cara menanam semangka di sawah yaitu 1 meter antar tanaman. 


Pembibitan Semangka Passport Hingga Siap Tanam


Cara menanam semangka di sawah dari bibit benih berkualitas semangka Passport. Benih semangka kuning tahan penyakit dan tahan keriting. Benih diperam terlebih dahulu sebelum disemaikan menggunakan kertas koran sampai benih berkecambah. 

Biasanya benih diperam butuh 1 - 2 hari benih mulai berkecambah. Setelah muncul kecambah dan menjadi bibit yang siap dipindah ke tempat persemaian. Persemaian menggunakan tray semai atau polybag kecil. 

Tray semai dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro tersedia berbagai macam berdasarkan jumlah lubang tanamnya. Media tanam menggunakan campuran tanah dan pupuk organik. Persemaian menggunakan naungan dari hujan dan sinar matahari. 

Penyiraman persemaian dilakukan setiap hari 1 - 2 kali per hari tergantung cuaca. Bibit cara menanam semangka di sawah siap di tanam di lahan tetap setelah umur 12 - 14 HST. 

Hari ke-14, bibit tumbuh 2 - 3 helai daun. Bibit waktunya dipindahkan ke lahan tetap yang sudah diolah sebelumnya. Bedengan bisa diberi mulsa plastik hitam perak sebelum bibit ditanam. Sebelum bibit ditanam, bedeng diairi sampia basah dan taburkan minyak organik. 

Ratakan bedeng sehingga mulsa plastik dapat menutup erat dan sempurna. Pemasangan mulsa plastik lebih baik di siang hari. Panas matahari membuat plastik mulsa mudah ditarik dan bisa menutup erat bedeng dengan sempurna. 

Mulsa bagian warna hitam menghadap ke bawah dan menempel tanah. Lalu di permukaan mulsa dapat dilubangi membuat lubang tanam cara menanam semangka di sawah. 

Tanam bibit dengan merobek plastik polybag atau mengambil bibit di tray semai. Penanaman bibit ke lahan tetap sebaiknya dilakukan sore hari. Agar tanaman dapat beradaptasi dengan lingkungan baru di malam hari tanpa terik matahari. 




Lahan Sawah Untuk Menanam Semangka Passport


Semangka Passport direkomendasikan untuk dataran rendah dan tekstur tanah sedikit berpasir. Tanaman semangka ( Citrullus lanatus ) mampu hidup di lahan kering namun membutuhkan banyak air selama hidupnya. Namun juga tidak dibolehkan kelebihan air karena dapat menyebabkan tanaman layu dan mati. 

Musim kemarau biasanya dimanfaatkan petani menanam semangka. Lahan sawah di musim kemarau cukup dapat menyediakan air bagi tanaman semangka. Cara menanam semangka di sawah tidak terlalu membutuhkan air hingga menggenang seperti tanaman padi. 

Musim kemarau tidak bisa memaksakan untuk menanam padi karena dipastikan bisa gagal panen. Musim kemarau tidak banyak air tersedia dan tidak mencukupi untuk menanam padi. 

Cara menanam semangka di sawah yaitu mengubah lahan sawah menjadi ladang semangka. Hasil panen cara menanam semangka di sawah bisa saja dapat meraup keuntungan besar bila harga semangka tinggi. Walaupun cara menanam semangka di sawah lebih sulit dan membutuhkan modal lebih besar dari menanam padi. 

Lahan sawah di musim kemarau tidak dibiarkan menganggur tetapi diupayakan dengan memanfaatkan sisa-sisa sumber air irigasi. Cara menanam semangka di sawah cenderung disukai saat musim kemarau. Cara menanam semangka sekaligus memaksimalkan potensi lahan sawah di musim kemarau. 

Persiapan lahan membutuhkan sedikit telaten dan keuletan. Cara menanam semangka di sawah diusahakan menyediakan lahan yang cocok untuk tanaman semangka. Langkahnya, setelah proses panen padi selesai, lahan dibersihkan dari sisa jerami atau batang padi. 

Caranya membersihkan lahan dengan dibabat menggunakan mesin potong rumput atau arit . Sisa-sisa batang padi dibiarkan kering lalu dikumpulkan dan bisa dipakai untuk mulsa. Lubang tanamnya 1,5 x 2 meter dan satu bedeng berisi 2 baris tanaman. Lebar bedeng 3 meter. 


Pemupukan Cara Menanam Semangka di Sawah


cara menanam semangka di sawah, semangka passport, benih pertiwi, manfaat semangka kuning, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk Pertanian

Pemupukan
dilakukan 10 hari setelah pindah tanam. Pemupukan menggunakan pupuk NPK dosis kurang lebih 50 gram per lubang tanam. Pupuk NPK dapat dicampur dengan pupuk Kalsium. Pupuk berkualitas tersedia di Toko pertanian online LMGA Agro. 

Pupuk Kalsium membuat tanaman lebih kokoh dan dapat mengurangi kerontokan calon bakal buah semangka nanti. Pupuk Kalsium dapat meminimalisir serangan jamur cara menanam semangka di sawah. Sekaligus dapat mengurangi penggunaan fungisida. 

Satu kilogram pupuk Kalsium dapat dicampur 10 kg pupuk NPK. Aplikasi pupuk ditaburkan mengelilingi tanaman. Lalu pupuk ditutup dengan tanah. Berikan air agar pupuk cepat menyerap dan segera diserap akar. 

Pemupukan kedua saat sudah muncul bakal buah sebesar telur ayam. Sekeliling tanaman dibuat 4 - 6 lubang pupuk dan jarak 15 cm dari pangkal tanaman. Taburkan pupuk NPK pada lubang lalu tutup dengan tanah. Lakukan penyiraman setelah diberikan pupuk untuk menjaga kelembaban tanah. 

Umur sekitar 30 HST, akan muncul bunga dan tanaman sudah menjalar sejauh satu meter bahkan lebih. Penyerbukan bunga dibantu oleh kumbang karena bunga tanaman semangka terpisah. Bunga jantan akan muncul lebih dulu dan jumlah lebih banyak dari bunga betina. 

Perkembangan buah cara menanam semangka di sawah harus dikontrol terus perkembangannya. Pertumbuhan buah lambat atau tumbuh tidak normal maka perlu aplikasi penambahan dosis pupuk. 

Saat buah sebesar kepalan tangan, tambahkan pupuk Kalsium sesuai dosis anjuran di kemasan. Tujuannya mencegah buah busuk dan meningkatkan daya tahan buah bila disimpan lama. 


Pemanenan Cara Menanam Semangka di Sawah


Cara menanam semangka di sawah membuat tanaman memiliki ketahanan dari hama dan penyakit. Tanaman semangka hanya membutuhkan cukup air terutama minggu-minggu pertama pertumbuhannya. Cara menanam semangka di sawah lahan kaya bahan organik dan dibutuhkan tanaman semangka  

Begitu buah semangka Passport mulai muncul, intensitas penyiraman dikurangi. Air berlebih justru dapat menyebabkan buah tidak manis. Perlunya pengaturan penyiraman dalam cara menanam semangka di sawah agar buah semangka memiliki rasa manis dan segar. 

Panen cara menanam semangka di sawah benih Passport pada umur 65 HST. Ciri buah semangka siap panen yaitu warna buah agak pucat dan tangkai buah mengecil. Sulur dekat tangkai buah mulai kering. 

Demikian artikel Kami judul : Cara Menanam Semangka di Sawah Benih F1 Passport dari Pertiwi. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro melayani konsultasi gratis pertanian. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller produk Toko pertanian LMGA Agro. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat bagi pembaca dan dapat menambah wawasan tentang cara menanam semangka di sawah. Penanaman benih berkualitas semangka Passport dari Benih Pertiwi. Cara menanam semangka di sawah diharapkan dapat meraup keuntungan terutama bila harga semangka tinggi. Salam sukses....



RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.