Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/02/2021

Read

Manfaat Sayur Kembang Kol White Shot Sakata Seed F1 Cepat Panen

manfaat sayur, sayur kembang kol, kembang kol white shot, benih sakata seed, jual benih kembang kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kembang Kol 
White Shot F1

Manfaat Sayur Kembang Kol White Shot Sakata Seed F1 Cepat Panen. HP 082141747141 ( khusus telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida kembang kol White Shot dari Sakata Seed. Manfaat sayur kembang kol tinggi, mudah cara menanamnya dan cepat panen. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap guna bercocok tanam dan menanam di rumah. Kami menerima layanan konsultasi gratis

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dibantu mitra Kami jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian LMGA Agro. 

Kembang kol White Shot dari Sakata Seed benih hibrida direkomendasikan ditanam di dataran rendah hingga menengah. Kembang kol ( Cauliflower ) White Shot tahan serangan bakteri dan umur genjah. Menanam kembang kol White Shot hibrida cepat panen. 

Manfaat sayur kembang kol tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Kembang kol White Shot dari Sakata Seed benih hibrida memiliki crop padat. Tanaman cepat panen sehingga petani cepat dapat menikmati hasil budidayanya. 

Manfaat sayur kembang kol tinggi karena mengandung gizi lengkap. Salah satunya manfaat sayur kembang kol mengandung antioksidan yang sudah diketahui banyak sekali manfaatnya. Manfaat sayur kembang kol dapat dirasakan cepat pada kembang kol White Shot.

Panen Kembang kol White Shot dari Sakata Seed cepat panen dan memiliki crop keras dan padat. Crop tidak mudah rusak dan tahan perjalanan distribusi jarak jauh. Banyak jenis masakan berbahan baku kembang kol. 


Deskripsi Kembang Kol White Shot


Cauliflower F1 White Shot adalah bunga kol atau kembang kol atau kol bunga benih hibrida dari Sakata Seed. Benih hibrida kol bunga White Shot direkomendasikan untuk dataran rendah hingga menengah. 

Manfaat sayur kembang kol White Shot tahan serangan penyakit disebabkan bakteri patogen. Umur tanaman kembang kol White Shot genjah dan cepat panen. Yaitu umur 40 - 50 HST, manfaat sayur kembang kol White Shot sudah dapat dinikmati. 

Crop kembang kol White Shot putih, keras dan padat. Tahan penyimpanan dan tahan distribusi jarak jauh. Budidaya manfaat sayur kembang kol White Shot cocok di daerah tropis. Tanaman tahan penyakit Downy Mildew atau embun bulu yang disebabkan serangan jamur. 

Kembang kol White Shot dari Sakata Seed warna bunga putih halus, padat dan seragam. Berat crop 1 - 1,2 kg. Tanaman lambat menua dan tahan pengangkutan karena crop padat dan kuat. 

Tekstur dagingnya halus namun bisa renyah. Lama persemaian sekitar 20 HST sehingga semai hingga panen sekitar 75 - 80 hari lamanya. Benih hibrida kembang kol White Shot layak dipilih Petani karena keunggulannya. 

Sakata Seed diproduksi oleh Takii Seed Jepang cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah. Manfaat sayur kembang kol sekarang dapat dinikmati di dataran rendah dan semakin pesat. Tidak kalah dengan budidaya bunga kol dataran tinggi. 

Manfaat sayur kembang kol White Shot cepat panen sehingga bisa menghemat biaya pemeliharaan tanaman. Crop manfaat sayur kembang kol White Shot lebih putih dan padat sehingga nilai jual lebih tinggi dan bersaing. 

Tanaman tahan serangan bakteri patogen sehingga dapat menekan gagal panen. Tanaman tahan curah hujan tinggi dan dapat ditanam di segala musim. 





Manfaat Sayur Kembang Kol Menyehatkan Tubuh


manfaat sayur kembang kol, bunga kol, jual benih bunga kol, benih sakata seed, benih white shot, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Sayur Kembang Kol 

Manfaat sayur kembang kol
tidak berwarna layaknya sayur segar dan menarik yaitu berwarna hijau. Berwarna putih pucat namun manfaat sayur kembang kol sangat banyak. Manfaat sayur kembang kol White Shot kaya vitamun dan mineral. Manfaat sayur kembang kol mampu menyehatkan tubuh kita. 

Manfaat sayur kembang kol mengandung antioksidan, serat, kalium dan asam folat tinggi dan sangat berguna bagi kesehatan. Manfaat sayur kembang kol membantu mencegah beragam penyakit, memperbaiki dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh. 

Inilah deretan dari manfaat sayur kembang kol secara lengkap : 

1. Menurunkan Berat Badan. Manfaat sayur kembang kol mengandung serat cukup tinggi dan tepat bila dijadikan menu makan dalam program diet. 

2. Membantu menurunkan risiko kanker. Tidak hanya sayur brokoli bentuk yang sama namun berbeda warna kropnya, Krop kembang kol warna putih pucat juga memiliki zat berguna melindungi tubuh dari kanker. 

3. Manfaat sayur kembang kol bagi kekuatan tulang. Dalam 100 gram sayur kembang kol mengandung 15% vitamin K. Fungsinya membantu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan menurunkan risiko osteoporosis. 

4. Manfaat sayur kembang kol bagi kesehatan pencernaan. Kandungan serat dan air dalam kembang kol bersama dapat mencegah sembelit dan gangguan pencernaan. 


Manfaat sayur kembang kol merupakan jenis sayuran silangan antara brokoli dan kubis. Karena kandungan gizinya cukup tinggi, mengkonsumsi jumlah sedang memberikan manfaat kesehatan jangka panjang. 

Manfaat sayur kembang kol terbesar adalah kandungan serat dan airnya dapat melancarkan pencernaan dan membuang racun-racun dalam tubuh. Serat merupakan makanan bagi bakteri sehat dalam usus. Membantu peradangan dan meningkatkan kesehatan tubuh. 


Mengetahui Kandungan Gizi Sayur Kembang Kol White Shot


Manfaat sayur kembang kol sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini karena dalam sayur kembang kol memiliki sejumlah vitamin dan mineral lengkap dan kaya khasiatnya. 

Salah satunya yang paling utama bahwa manfaat sayur kembang kol mempunyai antioksidan dan fitonutrien. Fungsi keduanya mampu melindungi tubuh dari sel-sel kanker. Juga tak kalah penting kandungan serat kembang kol dan kolin yang bermanfaat untuk kesehatan otak. 

Manfaat sayur kembang kol mengandung sejumlah serat. Fungsinya membantu kesehatan pencernaan dan membuang racun dalam tubuh. Banyak sekali manfaat serat sayuran kembang kol untuk tubuh kita. 

Manfaat sayur kembang kol mengandung sulforaphane yaitu antioksidan pencegah kanker. Sulforaphane bersifat protektif mencegah kanker usus besar dan prostat. Dalam kembang kol juga ada jenis antioksidan lain yang terbukti mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi pria dan wanita. 

Kolin bermanfaat untuk otak juga ada dalam manfaat sayur kembang kol. Khasiat kolin membantu nyenyak tidur, pergerakan otot, belajar dan daya ingat. Kolin membantu menjaga struktur membran sel, transmisi impuls saraf da membantu penyerapan lemak. 

Manfaat sayur kembang kol kaya vitamin K. Manfaat vitamin K meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan mencegah ekskresi kalsium dalam urin. Asupan vitamin K yang rendah meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang. 

Serat dalam sayur kembang kol baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Diketahui mengandung Sulforaphane berfungsi mengontrol tingkat tekanan tinggi. Sayur kembang kol mengandung asam lemak omega-3 mampu mengatur kadar kolesterol dan mencegah panyakit jantung. 

Antioksidan paling banyak pada sayur kembang kol. Banyak sekali kandungan antioksidan kuat dalam manfaat sayur kembang kol. Antara lain beta-karoten, kuersetin, asam sinamat dan beta-cryptoxanthin. Semuanya membantu mencegah radikal bebas yang dapat memicu peradangan. 





Budidaya Sayur Kembang Kol 


manfaat sayur kembang kol, bunga kol jual benih bunga kol, benih sakata seed, benih white shot, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Se,ai Untuk Pembibitan 

Sayur kembang kol
juga disebut kol bunga dengan nama ilmiahnya Brassica oleracea dari suku Brassicaceae. Bentuk mirip brokoli hanya berbeda bahwa kepala kol bunga banyak, teratur dan padat. 

Hanya kepala kembang kol saya yang lazim dimakan. Pada dasar kepala terdapat daun-daun hijau tebal dan bersusun rapat. Mengkonsumsi kembang kol harus dimasak dahulu, meski dapat dimakan mentah sebagai acar. 

Awalnya, habitat bunga kol ( Brassica oleraceae ) cocok tumbuh di dataran tinggi. Namun berkat teknologi benih dari perusahaan pertanian maju dapat dibuat benih kembang kol untuk dataran rendah. 

Budidaya bunga kol dimulai dengan membuat pembibitan menggunakan sistem tebar. Pembibitan dalam tray semai atau plibag plastik dilakukan selama 14 hari. Selanjutnya bibit ditanamn di lahan kebun. 

Penanaman bibit menggunakan sistem baris ganda dan jarak tanam 40 x 60 cm. Bedengan penanaman bibit kembang kol ditutup mulsa plastik hitam perak. Pengolahan tanah hingga tanah gembur dan dibuat bedengan lebar 1meter dan tinggi 20 cm. 

Pupuk dasar diberikan 1 minggu sebelum tanam. Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang ayam 20 ton/ha, Dolomit 2 ton/ha, pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 300 kg/ha. Tambahkan juga pupuk TSP 300 kg/ha dan KCl 250 kg/ha. 

Pupuk susulan menggunakan sistem kocor. Yaitu : 

1. Umur 7 dan 14 HST dosis pupuknya 0,6 kg NPK 16 + 0,3 kg Urea. Larutkan dalam air 200 liter dan dikocorkan 200 ml ke tanaman. 

2. Umur 21 HST dosis 0,6 kg NPK 16 + 0,3 kg Urea + 0,8 KCl dilarutkan dalam 200 liter. Car kocor sama. 

3. Pemupukan ke-3 umur 28 HST dosis 1,2 kg NPK 16 + 0,6 kg Urea + 0,8 kg KCl larutkan dalam 200 liter air. Cara kocor sama. 

4. Umur 35 HST dosis 1,2 kg NPK 16 + 0,6 kg Urea + 0,8 KCl dilarutkan ke 200 liter air. 



Cara Menanam Kembang Kol Dalam Polybag


Tanaman kembang kol berasal dari Mediterania Timur Laut. Selanjutnya menyebar ke berbagai belahan dunia hingga sampai di Indonesia. Diduga masuk ke Indonesia melalui pedagang India abad ke-19 jaman penjajahan Belanda. 

Umumnya kembang kol adalah tanaman dataran tinggi ( pegunungan ) dan wilayah di ketinggian 800 - 1000 m dpl. Namun kini dibuat benih kembang kol untuk dataran rendah. Benih hibrida kembang kol White Shot Sakata Seed untuk dataran rendah hingga menengah. Dataran rendah dibawah 800 m dpl. 

Budidaya sayur kembang kol di dataran rendah harus memperhatikan media dan pemberian nutrisi yang sesuai bagi tanaman. Benih hibrida kembang kol White Shot dari Sakata Seed tahan penyakit. Daya tumbuh baik dan terjamin kualitasnya. 

Ciri benih yang baik adalah saat direndam, benih yang baik adalah dalam keadaan tenggelam. Menanam kembang kol lebih menyukai media tanam lempung berpasir dibanding tanah liat. Tanah mengandung pasir mampu menahan akar. 

Tanah menanam kembang kol White Shot harus subur dan banyak mengandung bahan organik. Tanah mengandung unsur Magnesium, Molibdenum dan Boron. 

Pembibitan benih kembang kol White Shot menggunakan tray semai. Tray semai bisa dibeli di Toko pertanian LMGA Agro dengan berbagai pilihan jumlah lubang tanam. 

Media persemaian benih menggunakan campuran tanah dan kompos dengan jumlah sama dan masukkan ke tray semai atau polybag plastik kecil bila menggunakan wadah polybag. Masukkan benih dengan kedalaman 0,5 cm. Letakkan di tempat terkena sinar matahari namun tidak kena air hujan langsung. 




Pemeliharaan Tanaman Kembang Kol Dalam Polybag


Penyiraman setiap hari dilakukan karena biasanya di dataran rendah kelembaban rendah. Penyiraman bisa setiap pagi dan sore tergantung kondisi tanah. Tanaman kembang kol disemai di tray semai setelah sudah muncul beberapa daun, bisa dipindahkan. Pemindahan tanam ke polybag berukuran besar. 

Pemindahan tanam saat bibit kembang kol berumur 1 bulan atau telah muncul daun 3 - 4 helai. Proses pemindahan tanam dilakukan pelan dan hati-hati ke polybag lebih besar dan jangan merusak akar. 

Caranya, tekan tanah media agar bibit erat pada tanahnya. Lalu balik posisi tanaman dan tahan menggunakan tangan agar media tidak tumpah saat dibalik. Lalu tarik polybag. Bisa juga plastik disobek bagian sampingnya. 

Bibit di tray semai cukup diambil menggunakan tangan dan beserta tanahnya langsung dipindahkan di polybag. Untuk satu lubang tanam, dimasukkan satu bibit kembang kol White Shot. Setelah penanaman selesai, bibit harus disiram air hingga basah. 

Setelah dipindahkan ke polybag lebih besar, tetap diletakkan terlindungi dari air hujan namun masih kena sinar matahari. Penempatan di lokasi tersebut hanya 1 minggu saja sebagai masa adaptasi karena media yang baru dan menunggu tanaman lebih kuat. 

Selanjutnya setelah 1 minggu diletakkan di luar dan rajin diberi air. Berilah pupuk kompos atau pupuk kandang selama 3 hari berturut-turut setelah pindah tanam. Selanjutnya pemupukan organik diberikan 1 minggu sekali. 

Panen sayur kembang kol bila massa bunga mencapai ukuran maksimal dan tampak padat. Panen sayur kembang kol sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari. Caranya dengan memotong tangkai bunga kembang kol juga batang dan daunnya. 





Kembang Kol White Shot Sakata Seed Tahan Penyakit


Benih hibrida kembang kol White Shot tahan penyakit embun bulu atau Downy Mildew. Penyakit tersebut disebabkan oleh jamur. Gejala serangan embun bulu Downy Mildew yaitu adanya bercak mngikuti tulang daun. 

Bercak pertama muncul di daun tua dan bagian bawah tanaman. Penyakit karena jamur ini cepat sekali menyebar. Daun menjadi kering lalu mati. Bagian bawah daun terdapat bulu halus miselium. Penyebabnya adalah jamur Pseudoperonospora cubensis

Spora jamur cepat menyebar karena oleh angin dan kondisi kering. Cara mencegah dan mengendalikan penyakit dengan mengatur jarak tanam tidak terlalu dekat. Sehingga kelembaban antar tanaman berkurang. 

Tanaman gejala kena penyakit harus segera dipangkas agar tidak menyebarkan ke daun sehat lain. Saluran air atau drainase harus dalam kondisi baik. Tidak ada air menggenang pada tanaman. Langkah terakhir yaitu aplikasi fungisida dengan cara disemprotkan. 

Fungisida dapat mengendalikan Downy Mildew adalah fungisida berbahan aktif propineb, mankozeb, tembaga hidroksida atau fluopikolid. Penyakit ini juga menyerang tanaman budidaya yaitu melon, kedelai dan lain-lain. 

Jenis penyakit embun bulu biasanya tidak menyebabkan kerugian besar. Kerugian kehilangan hasil panen hanya berkisar 15% saja. Kerugian cukup besar bila menimpa pertanaman kedelai. Karena penyakit Downy Mildew menurunkan kualitas biji kedelai sehingga tidak laku dijual. 

Tanda serangan juga menyebabkan bercak warna kuning pada daun. Daun lalu akan berubah menjadi kuning kecoklatan. Dan warna agak kekuningan disekitar bercak. Permukaan bawah daun berubah warna coklat. 


Manfaat Sayur Kembang Kol Pasca Panen


Manfaat sayur kembang kol dapat dipanen sekali tiap musim tanam. Sayur berbentuk bunga dan bobotnya 500 gram - 1,5 kg. Manfaat sayur kembang kol setelah dipanen mempunyai laju respirasi dan produksi etilen lebih tinggi dibandingkan jenis sayuran lain. 

Sehingga umur simpan kembang kol cukup pendek dan perlu penanganan pasca panen yang tepat. Panen kembang kol segar dimana sayuran dipanen lalu disortasi. 

Syarat kembang kol panen segar panjang potongan 4 - 5 cm dan diameter bunga 3 - 4 cm. Petani atau perusahaan sayuran kemasan, memangkas sayur kembang kol segar dilakukan secara manual. 

Pemilihan sayur kembang kol yang bagus adalah warna putih cerah, tidak ada bintik, tekstur sayur tidak lembek, aroma dan rasa sayur masih segar. Pemotongan manfaat sayur kembang kol dilakukan manual yaitu pisau khusus untuk kembang kol. 

Standar dari konsumen atau pembeli menentukan sayur kembang kol yang dipanen oleh perusahaan. Bagian kembang kol yang dibuang yaitu bagian batang, daun dan bagian yang busuk bila ada. Sayur harus bebas hama cacing dan ulat.  

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Sayur Kembang Kol White Shot Sakata Seed F1 Cepat Panen. Hubungi nomer kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida kembang kol Sakata Seed.

Kami juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap. Kami menerima konsultasi pertanian gratis tentang permasalahan bercocok tanam di lapangan. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang manfaat sayur kembang kol bagi kesehatan tubuh. Sayur kembang kol mengandung banyak gizi lengkap. Diantaranya yang penting yaitu antioksidan, serat, vitamin dan mineral. 

Benih hibrida kembang kol White Shot Sakata Seed tahan penyakit Downy Mildew serta penyakit akibat jamur lainnya. Tanaman cepat panen sehingga petani segera dapat menikmati hasil budidaya kembang kolnya. Salam sukses...


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.