TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/04/21

Obat Buah Cabe Busuk Kering Daconil 75 WP Harga Termurah

obat buah cabe busuk kering, cabai, pentakit, pestisida, busik buah cabe, jual pestisida, toko pertanian, toko online,lmga agro
Obat Buah Cabe
Busuk Kering
Obat Buah Cabe Busuk Kering Daconil 75 WP Harga Termurah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual Daconil 75 WP obat buah cabe busuk kering. Fungisida untuk mengendalikan penyakit daun cabe. Harga fungisida dakonil murah. 

Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul untuk bibit tanaman sayuran dan buah. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi pertanian tentang obat buah cabe busuk kering dan nama obat penyakit tanaman lainnya. Juga permasalahan pertanian lainnya. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Obat buah cabe busuk kering yaitu untuk mengatasi penyakit akibat jamur tanaman cabe yang sering muncul di musim hujan. Obat buah cabe busuk kering menggunakan fungisida yang sesuai dan jenis fungisida tahan hujan. 

Obat buah cabe busuk kering mengatasi penyakit akibat jamur pada budidaya cabe. Daconil 75 WP fungisida kontak untuk mengendalikan penyakit pada cabe. Daconil 75 WP berbentuk tepung mudah dicampur air.  

Daconil 75 WP jenis fungisida kontak dan langsung bekerja pada bagian tanaman yang terinfeksi. Bahan aktif Klorotalonil 75% mampu mengendalikan penyakit tanaman akibat serangan jamur dan bakteri. Daconil 75 WP adalah obat buah cabe busuk kering. 

Buah cabe rentan kena serangan penyakit terutama di musim hujan. Sehingga diperlukan fungisida tahan hujan untuk membuat perlindungan bagi buah cabe. Bila buah cabe rusak dapat mempengaruhi hasil panen dan jumlah produksi.


Keunggulan Daconil 75 WP  Obat Buah Cabe Busuk Kering


Fungisida Daconil 75 WP jenis fungisida kontak dan langsung bekerja pada bagian tanaman yang terinfeksi. Fungisida Daconil 75 WP berbentuk tepung berwarna putih yang dapat disuspensikan dalam air sebelum dikocorkan ke tanaman. 

Daconil 75 WP fungisida produk PT Exindo Raharja Pratama dengan merk dagang milik SDS biotech K.K Japan. Bahan aktif dari obat buah cabe busuk kering fungisida Daconil 75% adalah klorotalonil 75%. Yaitu senyawa organik berspektrum luas, sifat non-sistemik ( kontak ). 

Daconil 75 WP efektif menjadi obat buah cabe busuk kering yaitu penyakit tanaman cabe akibat serangan jamur. Daconil 75 WP dapat mengatasi penyakit bercak daun, busuk daun dan cacar daun. 

Sebagai obat buah cabe busuk kering, dosis Daconil 75 WP untuk penyemprotan adalah 0,75 - 1,5 gram/liter. Gunakan dosis terendah obat buah cabe busuk kering pada penyemprotan awal untuk mencegah efek residu yang tinggi. Daconil 75 WP juga digunakan untuk penyakit daun cabe bercak daun. Dosis dianjurkan yaitu 0,5 - 1 gram/liter. 

Daconil 75 WP juga efektif mengatasi penyakit bercak ungu bawang merah, busuk daun tomat, bercak daun kacang tanah dan tanaman lainnya. Penyemprotan obat buah cabe busuk kering dilakukan saat tampak gejala serangan dan diulang dengan interval 7 hari sekali. 

Bahan aktif Dakonil berspektrum luas dan efektif mengatasi busuk kering buah cabe. Penyakit busuk kering buah cabe sering disebut antraknosa atau patek. Kerugian karena penyakit ini tidak sedikit. Bubuk kering juga bisa menyerang batang dan daun cabe. 


Cara Kerja Daconil Fungisida 


obat buah cabe busuk kering, fungisida, daconil 75 wp, antraknosa cabe, jual pestisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tangki Elektrik
Penyemprotan 

Dakonil
merupakan fungisida kontak atau non-sistemik dan bekerja hanya pada bagian yang kena cairan semprotan saja. Atau bekerja pada bagian yang terkontak langsung dengan larutan fungisidanya. 

Dakonil sebagai obat buah cabe busuk kering tidak dapat menembus jaringan tanaman dan juga tidak dapat didistribusikan dalam jaringan tanaman. Bagian lain bila tidak terkontak langsung, tidak akan dapat menyerap larutan kimia Daconil 75 WP. 

Fungisida kontak sebagai obat buah cabe busuk kering tidak dapat ditranslokasikan dalam jaringan tanaman. Jenis fungisida kontak hanya membentuk lapisan penghalang di permukaan tanaman atau daun. Artinya di bagian yang terkena semprotan.  

Cara kerja Daconil fungisida sebagai obat buah cabe busuk kering berfungsi mencegah infeksi cendawan. Bahan aktif dalam Daconil 75 WP bekerja dengan cara menghambat perkecambahan spora atau miselium jamur yang menempel di permukaan tanaman. 

Obat buah cabe busuk kering Daconil 75 WP sebagai fungisida kontak berfungsi sebagai protektan. Cara kerja Daconil akan efektif bila digunakan sebelum tanaman terinfeksi oleh penyakit. 

Aplikasi obat buah cabe busuk kering Daconil 75 WP harus sering diberikan pada tanaman agar bagian tanaman terus terlindungi dari infeksi baru. Penyakit busuk kering dapat menyerang batang dan menyebabkan batang layu lalu kering. Cendawan menyerang baik di bagian pucuk tanaman maupun batang tua. 




Buah Cabe Busuk Sebelum Masak


Seringkali ditemui buah cabe busuk sebelum masak atau sebelum dipanen. Buah cabe busuk karena serangan penyakit dan di musim hujan. Serangan penyakit lebih banyak dibandingkan musim kemarau. Meski beresiko tinggi, petani cabe sangat antusias menanam cabe di musim hujan. Hal tersebut karena harga cabe tinggi saat musim hujan.

Buah cabe busuk sebelum masak diawali dengan busuk basah dan lama kelamaan busuk kering. Obat buah cabe busuk kering cukup banyak pilihannya. Cara mengatasi cabe busuk kering adalah mengetahui penyebab buah cabe busuk. 

Dengan mengetahui jenis penyebab buah cabe busuk, akan mudah mendapatkan obat buah cabe busuk kering. Pada tanaman cabe, penyakit busuk ada antraknosa, mati pucuk dan patek menyerang tanaman menjelang panen atau buah masak.  

Bila saat akan panen, buah cabe diserang penyakit jelas ini sangat merugikan Petani. Petani rugi karena telah banyak mengeluarkan biaya operasional selama budidaya cabai dan hasil panen tidak bagus. 

Buah cabe busuk disebabkan faktor cuaca dan serangan lalat buah. Lalat buah menusukkan telurnya ke buah cabe hingga larva lalat menggerogoti buah hingga busuk dan rontok. Buah cabe busuk bila dibelah terdapat belatung. Pertanda busuk disebabkan oleh gigitan lalat buah. 

Penyebab buah cabe busuk kering kemungkinan besar adalah karena cuaca ekstrim. Warna cabe menjadi kekuningan. Cuaca tidak menentu sehingga terjadi perubahan suhu dan kelembaban ekstrim. Kondisi cuaca ekstrim tidak baik bagi perkembangan tanaman. 

Saat hujan, buah cabe mengandung banyak air dan hal tersebut menyebabkan busuk dengan cepat. Ditambah aktivitas dari hama lalat buah, bakteri, jamur parasit dan lain-lain. Cendawan spesies Colletotrichum sangat cepat berkembang pada suhu rendah dan kelembaban yang tinggi. 




Busuk Buah Cabai


obat buah cabe busuk, fungisida, daconil 75 wp, pengendalian penyakit, jual pestisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Busuk Buah Cabai

Inilah tips agar terhindar busuk kering cabe. Busuk kering buah cabai dipicu oleh cuaca yang tidak menentu dan biasanya terjadi saat pergantian musim saat budidaya cabai. Untuk mencegah busuk buah cabai, carilah waktu menanam cabe dengan resiko rendah. 

Penanaman cabe sebaiknya saat perubahan musim baik dari kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Gunakan benih dari varietas tahan panas karena cuaca. Menanam cabe di musim hujan lebih aman dilakukan  di wilayah dataran rendah. 

Obat buah cabe busuk kering dan insektisida digunakan agar serangan busuk buah tidak meluas. Daconil 75 WP obat buah cabe busuk kering dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro.

Di kalangan petani, busuk kering buah cabe disebut juga antraknosa, patek, krapak, api-api atau cendawan api. Penyebabnya adalah cendawan Colletotrichum. Busuk kering/antraknosa menyebabkan kerugian budidaya cabe yang tidak sedikit. Karena busuk kering menular dengan cepat. Pengendalian harus segera dilakukan salah satunya pemberian obat buah cabe busuk kering.

Busuk buah cabai selain menyerang buah cabe juga menyerang batang dan daun. Batang menjadi layu dan kering baik pada batang tua maupun pucuk tanaman. Bila cendawan Colletotrichum menyerang batang, penyakitnya disebut busuk batang atau mati pucuk. 

Cemdawan Colletotrichum menyerang daun menyebabkan bercak-bercak coklat kehitaman, daun menguning dan rontok. Buah cabe yang terinfeksi menunjukkan bintik hitam. Bila awalnya kecil, lama-kelamaan menjadi bulat besar.

Buah cabe terserang seperti terbakar sehingga inilah oleh petani disebut penyakit cendawan api atau api-api. Pucuk buah cabai akan mengkering dan mengkerut. Selanjutnya akan merembet ke seluruh bagian buah, tangkai buah menguning dan rontok.  

Penyakit antraknosa bisa terbawa dari benihnya. Pengamatan sejak dini dilakukan secara seksama dan rutin. Bila tanaman sudah terkena maka pengendalian yang bisa dilakukan adalah meminimalisir serangan agar tidak semakin parah. 




Cara Mengatasi Buah Cabe Rontok dan Busuk


Beberapa tindakan bisa dilakukan cara mengatasi buah cabe rontok dan busuk. Pertama gunakan bibit dari benih berkualitas dan sehat. Benih cabe hibrida bebas antraknosa dapat Anda beli di Toko pertanian online LMGA Agro. 

Selanjutnya tidak melakukan pemupukan Nitrogen secara berlebihan. Pupuk Nitrogen berlebihan menyebabkan tanaman sukulen dan mudah terserang penyakit. Penyemprotan obat buah cabe busuk kering diberikan sejak buah pertma muncul. Obat buah cabe busuk kering gunakan Daconil 75 WP harga termurah. 

Perbanyak pemberian pupuk Kalsium dan Kalium. Unsur keduanya tersebut dapat meningkatkan ketahanan dari serangan penyakit. Kulit buah menjadi lebih keras dan jamur sulit untuk menembus kulit buah. Buah cabe sakit karena terinfeksi harus dipetik lalu dibuang atau dibakar. 

Menggunakan mulsa plastik hitam perak untuk penanaman cabe di musim hujan. Tujuannya untuk mengurangi kelembaban. Mulsa dapat melindungi tanaman dari serangan cendawan yang terbawa percikan air hujan. 

Jaga jarak tanam agar tidak terlalu berdekatan. Jarak tanam rapat menyebabkan kelembaban tinggi dan mudah diserang cendawan. Jika tanaman terlalu rimbun, lakukan perempelan supaya sirkulasi udara lancar. 

Lakukan kontrol tanaman dan pengamatan setiap hari sambil melakukan penyiraman atau mencabut rumput dan membersihkan lahan. Pengontrolan rutin berguna untuk mengetahui gejala serangan penyakit lebih dini. 

Gunakan dosis obat buah cabe busuk kering sesuai anjuran yang tertera pada kemasan produk. Jangan berikan dosis berlebihan karena akan menimbulkan keracunan dan membahayakan lingkungan termasuk manusia. Berikan insektisida karena ada kemungkinan busuk buah disebabkan serangga lalat buah. 




Penyakit yang Menyerang Buah Cabe


obat buah cabe busuk kering, fungisida, daconil 75 wp,pengendalian penyakit cabai, jual pestisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Fungisida Obat Buah Cabe Busuk

Busuk kering atau Antraknosa salah satu penyakit penting yang bisa menyerang cabe besar, keriting dan cab kecil. Sampai kini, penyakit antraknosa/patek menjadi monok dan ditakuti petani terutama saat musim hujan. 

Budidaya cabe musim hujan dipastikan bila panen sukses maka harga cabe bisa tinggi. Di musim hujan, banyak cabe kena penyakit namun bila baik pemeliharaannya maka keuntungan tinggi bisa diperoleh. 

Meski menggiurkan namun menanam cabe di musim hujan bisa mendatangkan penyakit dan kehilangan hasil 20 - 90% bahkan 100%. Banyak petani memanen cabenya saat masih muda karena biasanya cabe tua atau masak sering kena penyakit busuk buah. 


Penyakit Busuh Basah Bakteri

Patogen : Erwinia carotovora. Gejala : busuk basah pada buah diawali dari tangkai dan kelopak buah. Juga bisa infeksi masuk dari luka bagian apapun pada tanaman. Buah terinfeksi akan menjadi lunak dan luka melebar merusak bagian dalam. Dalam hitungan hari, buah menjadi rusak, lunak dan berlendir. 

Pencegahan dan pengendalian : jarak tanam tidak terlalu rapat, sanitasi kebun secara rutin dan panen saat cuaca kering. Saat buah dipetik jangan sampai terluka. Lalu buah cabe disimpan di tempat teduh. Tidak perlu dicuci karena bisa meningkatkan infeksi. 


Antraknosa akibat cendawan Colletotrichum spp. 

Pada buah menyebabkan buah busuk. Dapat menyerang buah matang dan buah muda. Gejala awal : bercak kecil seperti tersiran percikan air. Bercak akan berkembang cepat sampai berdianeter 3 - 4 cm. Bercak lalu membuat lekukan warna merah tua dan coklat muda. 

Menyebabkan buah rusak 100% karena cendawan. Pencegahanya : menggunakan benih hibrida bebas penyakit, perendaman benih dengan air panas selama 30 menit. Berikan juga fungisida obat buah cabe busuk kering untuk merendam benih dosis rendah. 

Buah busuk dikumpulkan dan dimusnahkan. Lakukan penyemprotan fungisida kontak bergantian dengan fungisida sistemik obat buah cabe busuk kering. 


Bercak Phytopthora


Penyebabnya cendawan Phytopthora capsici. Gejala awal pada buah terdapat bercak seperti kena air panas. Bercak menyebar cepat menutupi buah. Selanjutnya buah akan lembek atau lunak dan mengkerut. 

Pencegahannya dengan melakukan pemupukan berimbang Urea 150 - 200 kg, ZA 450 - 500 kg, TSP 100 - 150 kg dan KCl 100 - 150 kg. Tambahkan pupuk organik 20 - 30 ton/h. Untuk penanaman di dataran tinggi, menanam cabe tumpang sari dengan tanaman tomat. Tujuannya untuk mengurangi serangan hama dan menambah hasil panen. 

Pemakaian mulsa pada bedengan dapat mengurangi inetnsitas serangan cendawan terutama di musim hujan. Tanaman sakit segera dicabut agar tidak menularkan ke tanaman lain. Bila memungkinkan, lakukan penyulaman dengan bibit pengganti yang sehat dan kuat. 

Bercak akibat Phytopthora dapat dikendalikan fungisida sistemik bergantian fungisida klorotalonil yaitu Daconil 75 WP obat buah cabe busuk kering. Fungisida sistemik diberikan maksimal 4 kali untuk sekali musim tanam. Gunakan nozel kipas yang butiran semprotnya berupa kabut agar merata ke seluruh bagian tanaman.


Penyakit Virus CMV


Disebut juga penyakit mosaik belang dan penyebabnya Cucumber Mosaic Virus. Gejala menunjukkan bentuk buah abnormal, melengkung dan permukaan tidak merata. Warna buah belang kuning sepanjang alur buah. Warna kuning tampak sekali pada cabe yang masih hijau. Menjelang matang, warna cabe menjadi belang coklat dan kekuningan. 

Pencegahannya dengan memberikan pupuk secara berimbang. Urea 150 - 200 kg/ha, ZA 450 - 500 kg/ha, TSP 100 - 150 kg/ha dan KCl 100 - 150 kg/ha. Tambahkan pupuk organik 20 - 30 ton/ha. Untuk dataran tinggi, menanam cabe ditumpang sari dengan tanaman tomat untuk mengurangi serangan hama dan penyakit. 

Pemakaian mulsa dapat mengurangi serangan kutu kebul sebagai hama vektor pembawa virus. Tanaman muda sakit segera dicabut dan dimusnahkan lalu lakukan penyulaman dengan bibit baru yang sehat. Berikan insektisida untuk mengendalikan kutu kebul. 

Demikian artikel Kami judul : Obat Buah Cabe Busuk Kering Daconil 75 WP Harga Termurah. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. 

Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis tentang obat buah cabe busuk kering dan permasalahan pertanian lainnya. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang obat buah cabe busuk kering. Fungisida Daconil 75 WP jenis fungisida kontak sebagai obat buah cabe busuk kering dan tanaman pertanian lainnya. Salam sukses....
  

RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.