BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/09/2018

Read

Jual Benih Cabe Keriting TM 999 Tahan Layu Di Lmga Agro

CABE KERITING TM 999, BIBIT CABE TM 999, CABE TM 999, CARA MENANAM CABE, TANAMAN CABE, CARA MENANAM CABE TM 999, JUAL BENIH CABE TM 999, LMGA AGRO
Jual benih cabe keriting TM 999 F1 Hibrida dari Tani Murni Tahan Layu. Benih dapat anda beli lewat Toko pertanian LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Cabe TM 999 F1 merupakan bibit cabe keriting hibrida tahan penyakit.

Toko pertanian online LMGA Agro menjual berbagai kebutuhan berkebun dan budidaya tanaman meliputi benih hibrida sayur dan buah berbagai varietas, alat-alat pertanian hingga sarana prasarana. 

Kami juga menerima layanan konsultasi pertanian gratis mengenai cara menanam dan budidaya tanaman buah hingga sayur. 

Cara konsultasi pertanian Lmga Agro mudah serta gratis. Bagi petani cabe yang ingin konsultasi siapkan semua kebutuhan yang anda perlukan sehingga kami bisa memberi solusi terbaik bagi tanaman anda.

LMGA Agro mengirim segala pesanan Anda dengan cepat dan tepat waktu dimanapun alamat Anda menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8.


Cabe Keriting TM 999 Tahan Layu dan Atraknosa


CABE KERITING TM 999, BIBIT CABE TM 999, CARA MENANAM CABE TM 999, CARA MENANAM CABE, TANAMAN CABE, JUAL BENIH CABE TM 999, TANAMAN CABE TM 999, LMGA AGRO
Cabe Kriting - Gambar
Bibit cabe TM 999 jenis cabe keriting hibrida. Pertumbuhan bibit cabe TM 999 sangat kuat dan cocok untuk tanam pada dataran rendah hingga dataran tinggi.

Bibit cabe TM 999 produk TM Seeds Bandung ini sangat cocok untuk jadi usaha mandiri bisnis berkebun petani Indonesia.

Tanaman sanggup berbunga secara terus menerus sehingga menghasilkan buah yang lebat dan waktu panen yang panjang.

Berat buah sebesar 6 - 7 g/buah, panjang buah 15 hingga 17 cm dan diameter buah 0,6 - 0,8 cm. Cabe keriting TM 999 berasa sangat pedas dan cocok untuk giling dan menjadi cabe kering.



Produktifitas hasil panen berkisar 0,81 hingga 2 kg. Saat matang cabe keriting TM 999 berwarna merah tua. Jual bibit cabe TM 999 tahan virus menguntungkan sebagai peluang usaha budidaya cabai keriting. 


Deskripsi Cabai Varietas TM 999



Umur panen adalah 80 - 100 hari setelah tanam. Buahnya keras dan padat sehingga dapat tahan saat pengangkutan jarak jauh.  Benih memiliki keunggulan toleran terhadap penyakit Antraknosa dan layu. Kebutuhan menanam cabe keriting TM 999 per hektar benih sebanyak 150 - 300 gram.

Cabe keriting merupakan jenis cabe yang jadi favorit dan pada beberapa daerah wilayah Indonesia, lebih menggemari cabe keriting bila kita bandingkan cabe merah besar. Hal ini karena tingkat kepedasan cabe keriting lebih tinggi banding cabe besar.

Cabe keriting juga sekarang mudah kita temukan pada pasar tradisional. Permintaan pasar akan cabe keriting juga makin meningkat karena mempunyai rasa pedas yang unik dan dapat menghasilkan warna merah alami pada masakan. Harga cabe keriting di pasaran juga cenderung lebih murah dibandingkan cabe besar.

Cabe keriting memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya yang lengkap. Cabe keriting merupakan bahan pokok yang harus ada pada setiap masakan Indonesia. Cabe keriting diolah dengan cara giling atau dihaluskan sesuai selera.

Cabe keriting mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin C dalam cabe dapat membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. 

Cabe keriting juga mengandung unsur Kalsium dan Fosfor yang baik untuk kesehatan tulang kita. Konsumsi cabe dapat mengurangi nyeri kepala, menghilangkan rasa dingin, mengencerkan lendir dan merangsang nafsu makan.

Baca Juga : Tanam Cabe Merah Keriting Sios Tavi Benih F1 Bisi Hasil Melimpah


Budidaya Cabe Keriting TM 999 Berbuah Lebat


Budidaya cabe keriting TM 999 terdapat 2 hal utama yang harus diperhatikan yaitu iklim dan jenis tanahnya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, menanam cabe keriting TM 999 harus pada iklim yang sesuai kebutuhan tanaman.

Wilayah Indonesia berada pada garis khatulistiwa sehingga sebagian besar wilayah Indonesia beriklim tropis. Dan budidaya cabe keriting sangat tepat dilakukan petani Indonesia dan dapat anda tanam pada daerah dataran rendah sampai dataran tinggi sesuai varietas.

Suhu udara ideal menanam cabe keriting TM 999 adalah 16° hingga 23 °C. Jenis tanah yang baik menanam cabe keriting adalah tanah yang subur, gembur, kaya bahan organik dan memiliki pH 5,5 - 6,8.


Persiapan Lahan dan Persemaian Budidaya Cabe Keriting TM 999


Persiapan lahan dan persemaian budidaya cabe keriting TM 999 dilakukan bersamaan untuk menghemat waktu. Persiapan lahan dapat anda mulai 30 hari sebelum tanam. 

Lahan yang kita pilih adalah lahan yang bukan bekas tanaman satu famili, yaitu tanaman terong, tomat, kentang dan beberapa jenis rumput. Dan pastinya bukan bekas tanaman cabe.

Persiapan lahan kita awali dengan membersihkan gulma, bisa menggunakan cara penyemprotan herbisida sistemik. Aplikasi penyemprotan herbisida dapat menghemat biaya tenaga kerja dan waktu. 

Penyemprotan herbisida akan efektif bila gulma tumbuh aktif, cuaca tidak sedang hujan ( maksimal 2 jam sebelum hujan ) dan menggunakan air bersih sebagai pelarutnya. 


Persiapan lahan berupa pembajakan tanah, bertujuan untuk menggemburkan tanah, mengangkat lapisan bawah tanah yang sifatnya lebih subur untuk kita pindah ke bagian atas. 

Mengolah tanah juga mampu memutus siklus hidup organisme pengganggu dalam tanah. Lebih penting lagi adalah memberi ruang bagi udara untuk menempati rongga tanah dan melakukan oksidasi dalam tanah.

Tanah kita cangkul sedalam 20 hingga  40 cm, tanah kita bersihkan dari gulma, bebatuan dan sisa-sisa tanaman. 

Setelah bersih dan tanah gembur, selanjutnya membuat bedengan yang harus tinggi yaitu 50 cm dan lebarnya 1 m. Jarak antar bedengan 60 cm. Saluran air kita buat dengan baik karena tanaman cabe keriting tidak tahan genangan air.

Persemaian menggunakan media tanah dicampur kompos yang diayak dulu hingga halus dan di dalam wadah polybag. 

Benih cabe keriting TM 999 pilihan terbaik karena memiliki banyak keunggulan, dibenamkan pada media. Perawatan semai bibit adalah penyiraman setiap hari, bibit kita letakkan pada tempat yang teduh dan dilindungi oleh naungan.

Bibit siap pindah ke bedengan pada umur 20 hingga 24 hari setelah tanam. Memiliki 3 hingga 4 helai daun sejati dan pilih bibit yang segar, kokoh dan tegak.

Baca Juga : Benih Cabe Lado F1 Tahan Layu Bakteri

Cara Merawat Tanaman Cabe Keriting TM 999


Terdapat beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam merawat tanaman dalam budidaya cabe keriting terutama cabe keriting TM 999.

  1. Penyiraman dilakukan secara rutin dan merata untuk semua tanaman dengan kadar air yang sama. Agar dapat efektif, pemberian air dapat memanfaatkan saluran air yang sudah kita buat. Penggenangan air bisa kita lakukan maksimal 2 kali dalam seminggu.
  2. Pengontrolan penampilan dan kondisi tanaman kita lakukan secara rutin juga. Bila kita temukan tanaman yang rusak, segera cabut dan musnahkan dengan cara bakar pada tempat yang agak jauh.
  3. Menancapkan tongkat kayu yang disebut ajir/lanjaran. Biasanya juga terbuat dari bambu yang panjangnya kurang lebih 2 meter. Tujuannya untuk menopang tegaknya tanaman dan tancapkan hari ke-7 setelah penanaman bibit ke bedengan. Bila tanaman sudah tinggi, ikat pada ajir mengguankan tali salaran ( dapat anda beli lewat Toko pertanian LMGA Agro ).
  4. Pemangkasan dan perempelan cabe keriting TM 999 dilakukan pada tunas dan daun-daun di bawah percabangan. Tunas air biasanya muncul pada ketiak daun setelah tanaman berumur sekitar 10 hari.  Pemangkasan dilakukan sebanyak 2 - 3 kali selama musim tanam. Tujuan pemangkasan untuk mendapatkan tanaman dapat tumbuh kuat dan kokoh dan berbuah lebat.
  5. Penyiangan dilakukan sebulan sekali atau bila gulma tumbuh. Bedengan yang tertutup mulsa plastik, gulma tidak banyak tumbuh. Penyiangan dilakukan pada rumput-rumput yang tumbuh di antara bedengan/pada paritnya.

Pemupukan Cabe Keriting TM 999


CABE KERIRING TM 999, PUPUK CABE TM 999, CARA PEMUPUKAN CABE TM 999, LMGA AGRO
Pupuk Cabe 
Pemupukan cabe dapat diberikan dengan cara kocor atau tabur tergantung dengan cuaca. 

Cara kocor dilakukan pada musim kemarau dan aplikasi ini lebih efektif karena pupuk cepat terserap karena diberikan sudah bentuk larutan. Cara kocor juga dapat hemat waktu dan biaya karena diberikan bersamaan penyiraman.

Pupuk cabe susulan bisa kita beri saat cabe keriting TM 999 berumur 10 hari setelah pemindahan bibit dan diberikan setiap 7 hari sekali hingga panen dan tanaman tidak berproduksi lagi. 

Dapat menggunakan pupuk organik ( kompos ) atau pupuk cair (tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro).

Cabe keriting TM 999 sampai umur 2 bulan, dapat anda beri pupuk Phonska Cair. Cara membuat pupuk Phonska cair :

  • Siapkan dan campur pupuk SP 1 kg, 1 kg KCl dan 2 kg Phonska.
  • Siapkan beberapa ember dan air bersih.
  • Isi ember dengan 8 liter air dan masukkan ketiga jenis pupuk tersebut.
  • Pupuk Phonska siap dipakai, caranya yaitu ambil 1 liter dari 8 liter tadi. Dari 1 liter yang diambil tadi dicampurkan ke 20 liter air bersih. Jadi 8 liter larutan pupuk Phonska Cair akan menjadi 160 liter pupuk dan air.

Pencampuran dengan 20 liter air bersih tiap 1 liter pupuk dimaksudkan sekaligus penyiraman tanaman. Pupuk Phonska terbukti dapat menjadikan tanaman cabe menjadi lebat buahnya dan lebih subur dibandingkan tanpa pupuk cair Phonska.

Pemupukan cabe keriting TM 999 juga bisa menggunakan pupuk NPK 4 kg per 1000 tanaman.  Dicampurkan dalam 250 liter air dan dikocorkan ke tiap tanaman sebanyak 250 ml ( gelas aqua ). 

Pemupukan dilakukan setiap 7 hari sekali dan tambahkan pupuk Za, KNO Putih, TSP dan MKP. Pupuk diatas dapat diberikan dengan cara tabur 15 cm dari pangkal batang tanaman atau pada lubang pupuk.

Pengendalian Hama Penyakit Cabe Keriting


Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengendalikan serangan hama dan penyakit pada cabe keriting adalah :

  1. Melakukan sanitasi lahan dengan penyemprotan insektisida secara berkala. Insektisida berbahan aktif imidakkloprid dan provenovos dengan konsentrasi 0,5 gram per liter. Dapat digunakan untuk mencegah serangan hama kutu-kutuan seperti Aphids, Thrips dan Tungau juga hama Spodoptera litura ( ulat grayak ).
  2. Tutuplah bedengan dengan mulsa plastik hitam perak untuk menekan pertumbuhan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman pokok, yaitu dalam hal ini cabe keriting TM 999. Jika ada gulma yang tumbuh segera cabut.
  3. Penanaman cabe tidak berdekatan dengan lahan penanaman cabe yang telah tua umurnya.
  4. Tidak menanam pada lahan yang sebelumnya juga menanam cabe atau yang satu famili seperti tanaman tomat, kentang dan terong.
  5. Menjaga tanaman agar tidak kekeringan/kurangnya pemberian air yang dapat menyebabkan tanaman terserang hama tungau.
Baca Juga : Sukses Dengan Tanaman Cabai Keriting Kiyo


Panen Cabe Keriting


CABE KERITING TM 999, CABE TM 999, CARA MENANAM CABE KERITING TM 999, JUAL BENIH CABE KERITING TM 999, BIBIT CABE TM 999, LMGA AGRO
Benih Cabe TM 999

Pemanenan merupakan tahapan akhir dari budidaya tanaman, dalam hal ini tahap akhir dari menanam cabe keriting TM 999. 

Panen cabe bisa kita lakukan pada umur 80 hingga 100 hari. Waktu panen tanaman cabe keriting tergantung varietas, kondisi tanah, iklim dan teknik budidaya yang kita gunakan.

Buah cabe keriting TM 999 yang panen berada pada kisaran tingkat kematangan 80 - 90%. Waktu panen yang baik adalah pada pagi hari. 

Buah cabe yang kita panen harus serta tangkai untuk menjaga ketahanan daya 
simpan yang lebih lama. Cabe keriting yang telah disimpan, kita letakkan pada tempat yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari langsung dan air hujan.

Panen cabe keriting TM 999 dilakukan berkali-kali dengan interval 3 hingga 5 hari sekali setelah panen pertama. Panen cabe bisa kita lakukan hingga 30 hingga 40 kali tergantung dari kondisi tanaman. 

Namun beberapa petani ada yang memanen tanpa jeda hari karena tuntutan dan situasi pasar. Panen dilakukan berlangsung hingga tanaman tidak berproduksi lagi. 

Demikian artikel tentang cabe keriting TM 999, benih hibrida dari Tani Murni. Benih dapat anda beli lewat Toko Pertanian LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) 08125222117 (SMS/WA). Jual bibit cabe keriting TM 999. 

Kami juga melayani konsultasi pertanian gratis tentang cara menanam tanaman budidaya terutama menanam cabe keriting TM 999. Segera beli benihnya dan nikmati konsultasi gratis hingga hasilnya.

LMGA Agro jual benih sayur dan buah hibrida seperti benih cabe keriting TM 999, benih terbaik produksi pabrik benih terkemuka dan terpercaya di wilayah Indonesia. Juga terdapat berbagai macam jenis pupuk dan pestisida, alat pertanian dan sarana prasarana budidaya tanaman.



LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.