TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/06/21

9 Cara Bibit Cabe TM 999 Sehat Untuk Usaha Mandiri Bisnis

cabe tm 999,budidaya cabe,benih cabe,cara menanam cabe


Bibit Cabe TM 999 sehat saat anda menjalankan usaha mandiri bisnis berkebun menjadi harapan semua petani. Lmga Agro : Sms / Wa : 081 25222 117. Tapi tahukah anda bagaimana cara untuk mendapatkan bibit cabe yang sehat? Apa saja langkahnya?

Mari kita ulas secara berurutan satu demi satu ke - 9 cara menanam cabe pada fase pembibitan ini. Benih tanaman cabe yang sehat akan menjadi kunci sukses anda dalam menjalankan peluang usaha berkebun.

Pada kesempatan ini contoh benih yang kami gunakan adalah cabe keriting TM 999 F1 yang merupakan produk dari TM Seeds. Varietas benih ini sudah sangat jadi favorit petani sehingga cocok untuk contoh kali ini.

Mari kita ulas 9 cara yang harus petani lakukan agar benih siap tanam anda sehat. Cara menanam cabe ini pada fase awal yaitu saat masih pembibitan. Ini bisa menjadi kunci sukses bagaimana anda untung dari tanaman cabe.

Benih yang sehat jadi salah satu faktor bagaimana petani bisa sukses dalam menjalankan usaha bisnis berkebun. Petani harus menguasai tanam cabe yang baik dan benar mulai awal hingga akhir.

Tahukah anda bagaimana cara mendapatkan bibit cabe yang sehat selama di tempat pembibitan. Apakah anda pernah mengalami gagal panen gara - gara bibit yang anda gunakan kualitasnya jelek. 

Langkah apa saja yang harus petani lakukan agar bibit cabe anda sehat. Bagaimana proses pembibitan yang sehat dan benar. Bagaimana cara membuat media tanam yang baik. Bagaimana tahapan dalam melakukan transplanting cabe ke lahan. 

Kita juga akan membahas kapan waktu pindah tanam dan umur berapa. Kapan waktu yang tepat untuk menyiram bibit cabe di persemaian. Semua pertanyaan tersebut seringkali muncul dari kalangan petani terutama petani pemula.

Team mandiri bisnis Lmga Agro akan menjawab semua pertanyaan tersebut. Tentu anda harus baca semua artikel ini ya sampai tuntas! Jangan lupa praktek saat anda berkebun ya!

Berikut ini team toko pertanian Lmga Agro akan mengulas 9 cara bibit cabe Tm 999 sehat untuk mandiri bisnis berkebun anda. 

Langkah ini kami harapkan bisa menambah informasi serta memperbaiki kualitas anda dalam menjalankan usaha berkebun.

Berikut ini adalah 9 cara bibit cabe TM 999 sehat

  1. Benih Cabe Harus Jelas
  2. Media Tanam Pembibitan
  3. Tempat Pembibitan
  4. Cara Pembibitan Cabe
  5. Kebutuhan Sinar Matahari
  6. Siram Tanaman
  7. Pemupukan Untuk Pembibitan Cabe
  8. Pengendalian Hama Penyakit
  9. Pindah Tanam
9 Cara di atas jika anda lakukan dengan baik kami yakin anda akan mendapatkan bibit cabe TM 999 yang sehat yang akan membuat anda sukses dalam usaha mandiri bisnis berkebun. 

Faktor bibit sehat masih menjadi penentu bagaimana petani bisa mendapatkan tanaman yang sehat hingga panen. Apakah anda masih mengikuti ulasan 9 cara bibit cabe TM 999 sehat saat masih di persemaian? Jangan tinggalkan infomasi penting ini!

Mari kita ulas secara detail 9 cara agar bibit cabe TM 999 yang akan kita gunakan untuk usaha mandiri bisnis kita sehat.


  • Bibit Cabe TM 999 Asal Benih Jelas

cabe tm 999,benih cabe,budidaya cabe,bibit cabe
Guna mendukung tulisan ini kami menggunakan benih cabe TM 999 dari perusahaan benih Tani Murni. Benih sudah mempunyai kualitas jelas yaitu berkualitas hibrida dengan jenis cabe merah keriting. 

Cabe TM 999 yang saya gunakan sudah saya periksa keasliannya dengan cara cek hologram, label expired date juga masih lama serta kualitas fisiknya benih sudah kami periksa. 

Pembaca serta petani semua juga harus melakukan hal yang sama jika anda ingin mendapatkan bibit cabe TM 999 F1 yang sehat sebelum anda semai. Harga bibit cabe 999 yang saya gunakan normal serta saya beli dari dari penyalur resmi.

Jangan tergiur jika anda mendapatkan benih cabe TM 999 yang jauh lebih murah, bisa jadi itu awal anda celaka karena benih kualitas nomor 2. Jadi tetap hati - hati dan waspada!

Keunggulan cabai TM 999 produk TM Seeds tidak perlu anda ragukan lagi. Sebagai bibit cabai varietas  cabe keriting yang pertama kali keluar, benih ini sudah jadi favorit petani.

Anda bisa membeli benih cabe TM 999 F1 terbaru dengan kualitas terbaik lewat toko pertanian Lmga Agro. Toko pertanian terdekat petani ini memberi jaminan semua belanja anda pasti datang dan aman.

Jual bibit cabe TM 999 harga murah hingga diskon bisa menjadi penarik usaha anda agar cabai TM 999 cepat laku. Apakah anda tertarik untuk usaha jual benih cabe TM 999?

  • Media Tanam Pembibitan

Siapkan media tanaman pembibitan yang sesuai dengan benih yang kita tanam. Bibit adalah awal dari sebuah kehidupan. Bibit masih lemah terhadap pengaruh luar. Menjadi pertanyaan kita adalah media apa yang baik untuk pembibitan.

Maka kita harus menggunakan media pembibitan yang tepat sehingga proses persemaian berjalan normal. Team kami selalu menggunakan media tanah yang kami ambil dari bahan pohon bambu.

Tanah dari sekitar pohon bambu kaya bahan organik dan bebas dari jamur hingga bakteri. Ambil secukupnya kemudian ayak tanah agar kita peroleh material bahan yang halus. 

Jangan menggunakan pupuk kandang, apalagi masih baru dan belum anda lakukan fermentasi. Jika salah nanti bibit cabe anda akan banyak terserang rebah batang. Media juga bisa banyak rumput tumbuh, hal ini akan membuat masalah baru bagi anda.

Siapkan kompos yang sudah anda fermentasi! Campur dengan media tanah dari bahan pohon bambu dengan perbandingan tanah 5 bagian, kompos 1 bagian. Aduk rata dan tempatkan media dalam tray semai atau polybag semai dengan ukuran 6 x 8 cm.

Buat pupuk dan fungisida dengan bahan 10 liter air dan beri pupuk KNO3 Putih 2 sendok makan dan Magnesium Sulfat 1 sendok makan dan fungisida Saromyl 5 Gr. Larutkan dan siram media dengan campuran ini. Biarkan selama 2 hari sebelum anda gunakan.


  • Tempat Pembibitan Untuk Bibit Cabe TM 999

tray semai,benih cabe,cabe tm 999,budidaya cabe
Tempat pembibitan cabe TM 999 F1 agar kita peroleh bibit yang sehat bisa menggunakan trai semai 105 lubang atau polybag semai 6 x 8 cm. Tempat harus bisa menampung media yang cukup media dan nutrisi untuk 23 hari.

Lokasi pembibitan harus terbuka sehingga cahaya matahari bisa masuk hingga mengenai semua bagian tanaman cabe. Buat atap dari plastik UV sehingga cabe akan tumbuh sehat karena cukup cahaya dan udara. 

Buat ketinggian atap 2 meter sehingga anda bisa leluasa keluar masuk dengan cepat saat melakukan pemeliharaan. Jangan lupa buat tempat pembibitan dengan mengarah utara selatan sehingga bibit cabe TM 999 bisa menerima cahaya penuh sepanjang hari.

Jika anda hanya membutuhkan tempat yang sedikit bisa menggunakan pelindung dengan bentuk setengah lingkaran. Ketinggian plastik 75 cm, namun dengan cara ini kita harus buka tutup setiap hari.

Harga bibit cabe TM 999 yang petani semai sendiri akan lebih murah sehingga bisa menekan biaya operasional saat menjalankan usaha mandiri bisnis berkebun.

  • Cara Pembibitan Cabe

Cara pembibitan cabe TM 999 F1 yang saya lakukan ini adalah dengan merendam benih cabe selama 6 jam dengan air hangat kuku. Setelah ini benih tiriskan. 

Siapkan kotak oven dengan ukuran 50 x 50 x 50 Cm yang terbuat dari bahan triplek. Buat rak untuk menampung nampan yang terdapat benih cabe. Jangan lupa kasih lubang bagian samping dan atas dengan jumlah 15 lubang agar suhu udara bisa keluar. 

Pasang lampu bolam dengan ukuran 15 Watt. Lampu bolam bertujuan agar suhu dalam oven bisa stabil dan benih akan mendapatkan suhu yang cukup hangat.

Siapkan kertas merang ( dilarang keras menggunakan kertas koran ) yang bisa anda beli di toko kertas yang anda pada sekitar anda. Lipat kertas sesuai lebar nampan plastik yang sudah anda siapkan. Kemudian semprot kertas sampai basah, tunggu 5 menit. 

Ambil benih cabe TM 999 yang sudah anda rendam dan tiriskan kemudian tata secara rapi dalam kertas nampan. Tutup benih dengan kertas merang lagi dan semprot sampai basah. 

Masukkan nampan benih tata dalam rak yang ada dalam kotak oven, tutup oven yang rapat. Tunggu selama 2 hari 2 malam. Semprot kembali! bila kertas terlihat kering dengan durasi 4 hingga 5 jam. 

Lakukan rotasi posisi nampan semai pada rak yang berbeda. Hal ini bertujuan agar benih mendapatkan panas yang merata setiap saat.

Cek rutin agar anda tahu perkecambahan bibit cabe TM 999 F1 ini. Ada jangan meninggalkan pengecekan dan penyemprotan setiap 4 hingga 5 jam. Ini adalah aktivitas penting untuk kesuksesan tahap ini.

Jika benih cabe TM 999 F1 sudah keluar titik kecambah maka anda bisa keluarkan. Benih cukup keluar mata / titik tumbuh saja. Jangan terlalu panjang karena ini akan membuat kesulitan saat pindah dalam media semai. 

Segera tanam bibit cabe TM 999 F1 produk TM Seeds ini ke tempat pembibitan yang sudah anda siapkan. Tanam bibit cabe bisa anda lakukan pagi hari jam 07.00 hingga 09.00 WIB.

  • Kebutuhan Sinar Matahari

Bibit cabe TM 999 sehat hanya bisa kita peroleh jika bibit mendapatkan sinar matahari yang cukup. Usahakan bibit cabe mendapat sinar matahari penuh minimal 6 hingga 7 jam setiap hari. Manfaat matahari bagi tanaman penting bagi bibit cabe anda.

Suhu yang baik untuk tanaman cabe adalah 25 - 27 oC saat siang hari, sedangkan malam hari  18 - 20 oC. Jika perlu anda harus memiliki alat pengukur suhu sehingga bisa untuk mengamati suhu harian sekitar tanaman anda.

Pembibitan tanam cabe akan terhindar etiolasi jika menerima panas matahari dengan jumlah yang cukup. Tanaman cabe juga tidak mudah terserang hama hingga penyakit karena batang, akar dan daun bisa tumbuh sempurna.

Sinar matahari juga akan menjaga media semai dalam keadaan baik serta tidak lembab. Ini adalah kondisi yang sangat cocok bagi bibit cabe untuk bisa tumbuh sempurna. Bibit cabe TM 999 akan bisa fotosintesis normal jika matahari bisa diterima tanaman.

  • Siram Tanaman


Bibit cabe TM 999 yang sehat bisa kita hasilkan jika kebutuhan air cukup. Walau air hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun wajib ada dalam jumlah cukup.

Cara cukupi kebutuhan air saat masih di persemaian bisa anda lakukan dengan menyiram sehari 2 kali. Waktu yang tepat untuk penyiraman tanaman cabe adalah pagi hari dan sore hari. 

Jangan lakukan penyiraman saat matahari panas karena tanaman akan mati atau stress. Siram bibit cabe TM 999 dengan air yang mempunyai butiran lembut. Hal ini bertujuan agar tanah penutup benih tidak bergeser atau hilang.

Budidaya cabe TM 999 yang terjaga kebutuhan airnya mulai saat pembibitan hingga pindah tanam akan menghasilkan tanaman cabe yang sehat dengan produksi tinggi.

  • Pemupukan Untuk Pembibitan Cabe


Bibit cabe TM 999 sehat jika kita bisa memberi pupuk dengan cara yang tepat. Cara pemupukan bibit tanaman cabe saat masih di persemaian cukup 2 kali. Yaitu awal sebelum tanam seperti yang sudah saya jelaskan diatas. 

Cara pupuk cabe yang ke dua adalah saat cabe umur 15 hari setelah semai. Terus apa yang bisa kita berikan saat umur 15 hari. 

Gunakan KNO3 Putih sebanyak 2 sendok makan dan MKP 1 sendok makan larutkan dalam 10 liter air. Siramkan hingga rata ke seluruh bibit cabe TM 999 yang ada.

  • Pengendalian Hama Penyakit


Bibit cabe TM 999 yang sehat harus terbebas dari serangan hama dan penyakit. Cara pencegahan harus kita utamakan dengan cara menjaga bibit cabe dalam kondisi terus sehat. Namun jika ada serangan yang masuk segera ambil tindakan penyelamatan.

Walaupun benih biasanya sudah ada perlindungan hama penyakit lewat perlakuan benih dari perusahaan. Kita tetap harus tetap waspada, gunakan pestisida yang tepat saat kita mengendalikan. 

Karena masih kecil serta posisi di pembibitan maka kita bisa menggunakan dosis 50 % dari dosis anjuran. Silakan baca petunjuk aplikasi yang ada pada setiap kemasan pestisida.

Semprotkan maksimal 2 kali selama bibit cabe TM 999 masih di persemaian. Jika anda ragu tentang bagaimana cara menanam cabe anda. bisa konsultasi pertanian gratis lewat toko pertanian Lmga Agro.



  • Pindah Tanam Bibit Cabe TM 999


budidaya cabe,cabe tm 999,benih cabe,cara menanam cabe
Cara bibit cabe TM 999 sehat untuk usaha mandiri bisnis berkebun anda sudah saya jelaskan secara urut dan jelas. Jangan lupa saat transplanting atau pindah tanam juga harus mencari waktu yang tepat.

Bibit cabe TM 999 F1 dari TM Seeds ini bisa and pindah tanam setelah berumur 20 hingga 23 hari. Jika anda lupa mak bisa anda lihat dengan tumbuhnya 3 - 4 daun sempurna pada tanaman cabe.

Menjadi pertanyaan adalah kapan waktu yang tepat untuk melakukan transplating tanaman cabe?? Pagi hari, siang hari atau sore hari? Dan tahapan apa saja yang harus kita lakukan sebelum transplanting.

Jangan sampai tahapan dan cara waktu transplanting anda mengalami kesalahan. Resiko tanaman bisa cabe anda bisa mati. 

Cara menjaga agar bibit cabe sehat pada awal tanaman adalah :
  1. Lakukan seleksi tanaman 4 hari sebelum pindah tanam cabe anda lakukan.
  2. Geser dan pisahkan tanaman cabe yang normal dan butuh perawatan lanjutan.
  3. Taruh bibit cabe TM 999 sehat dalam satu kotak khusus yang terbuat dari kayu.
  4. Jemur dan jangan terlalu banyak menyiram air pada tanaman yang mau pindah tanam.
  5. Tanaman cabe yang mengalami gangguan silakan anda pelihara secara khusus hingga sehat.
  6. Cara pemeliharaan sama seperti pada fase perawatan bibit.
Waktu pindah tanam yang tepat andalah pagi hari 07.00 - 09.00 WIB atau bisa anda lakukan saat sore hari 15.00 - 17.00 WIB. Jangan pernah lakukan!! Transplanting saat siang hari, jika tanaman anda tidak ingin mati.

Demikian tadi adalah ulasan jelas 9 cara bibit cabe TM 999 sehat sehingga siap dan aman untuk usaha mandiri bisnis berkebun anda. Kami yakin jika anda mengikuti 9 cara bibit TM 999 sehat maka cara menanam cabe anda akan lebih mudah dan sukses.

Jika anda tulisan tentang materi yang saya tadi segera hubungi team mandiri bisnis toko pertanian Lmga Agro. Kami juga menyediakan layanan konsultasi pertanian gratis dengan kualitas terbaik.

Segera beli! Benih cabe TM 999 F1 di toko pertanian terdekat Lmga Agro. Kami siap kirim ke seluruh Indonesia bibit cabe TM 999 F1 produk TM Seeds dengan jaminan barang pasti datang....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.