TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

19/06/21

Tanam Cabe Rawit Carika Cabai Tahan Patek Tunas Agro Seed

tanam cabe rawit, benih carika, tunas agro seed, tanaman cabe, cabai,jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanam Cabe Rawit
Carika

Tanam Cabe Rawit Carika Cabai Tahan Patek Tunas Agro Seed. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih cabe rawit Carika dari Tunas Agro Seed. Tanam cabe rawit benih Carika merupakan jenis cabai tahan penyakit patek. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam, ada benih berkualitas tanaman sayur dan buah. Tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Dibantu oleh jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Tanam cabe rawit kini selain petani asli yang melakukannya, juga banyak ibu-ibu rumah tangga mencoba tanam cabe rawit. Ibu-ibu rumah tangga memanfaatkan lahan sepetak di halaman rumah mereka untuk tanam cabe rawit. 

Alasannya tak lain karena harga cabe yang bisa tiba-tiba mahal. Sehingga tanam cabe rawit di rumah dapat menghemat pengeluaran. Selain itu ada sensasi tersendiri memetik cabe segar dari tanaman di kebun sendiri. 

Tanam cabe rawit menghasilkan panen optimal menggunakan benih berkualitas. Cabe rawit Carika benih berkualitas dari Tunas Agro Seed tipe menggantung. Cabe tahan penyakit patek. 

Benih cabe rawit Carika berkualitas dari Tunas Agro Seed. Cabai Carika tipe buah cabe yang menggantung. Saat muda berwarna putih kehijauan dan berubah berwarna merah saat tua. 

Cabai rawit jenis cabe terpedas dibandingkan jenis cabe lain seperti cabe besar dan cabe keriting. Kandungan capsaicin dalam cabe rawit paling bertanggung jawab menentukan tingkat kepedasan cabe. 


Tanam Cabe Rawit Banyak Untungnya


Tanam cabe rawit diminati baik oleh petani lahan luas maupun sekedar berkebun di rumah. Pastinya karena menguntungkan tanam cabe rawit itu. Bagi petani, tanam cabe rawit menguntungkan dan hasil panenya menggiurkan apalagi saat panen harga cabe sedang tinggi. 

Bagi para hobiis berkebun yang didominasi ibu-ibu rumah tangga menyukai tanam cabe rawit karena hemat pengeluaran. Apalagi bila harga cabe rawit sedang tinggi, maka menanam 3 pohon cabe di rumah saja cukup memenuhi kebutuhan cabe rawit setiap harinya. 

Harga cabe rawit memang tidak dapat diprediksi karena sangat fluktuatif. Harga cabe rawit dipastikan naik tajam menghadapi musim hujan bahkan sampai langka di pasaran. Harga tertinggi cabe rawit mencapai Rp. 120.000 perkilogram. 

Meski demikian, tanam cabe rawit tetap diminati karena pasarnya yang bagus dan selalu dibutuhkan terus setiap hari. Harga cabe rawit juga bisa naik menjelang hari raya besar agama dan bulan puasa. 

Cabe rawit banyak penggemarnya meski rasanya sangat pedas. Bahkan jajanan favorit semua kalangan yaitu gorengan kurang nikmat tanpa cabai rawit. Bagi penggemar cabe rawit, memakannya ada sensasi pedas dan membuat tidak berhenti memakannya. 

Tanam cabe rawit dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Hampir semua jenis tanah dapat digunakan untuk tanam cabe rawit. Selain itu, tanaman cabe rawit lebih tahan serangan hama.

Nama ilmiah cabe rawit adalah Capsicum frutescens ditemukan pertama kali tumbuh di benua Amerika. Sehingga tanaman cabe disebut berasal dari daerah tersebut.  


Baca Juga : Mengenal Penyakit Antraknosa Tanaman Cabai


Cabai Carika Produk Tunas Agro Seed


tanam cabe rawit, benih carikam cara menanam cabe, cabai,jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Cabe Rawit 
Siap Panen
Tanam cabe rawit dapat tumbuh pada ketinggian < 500 m dpl. Tanam cabe rawit pada ketinggian lebih dari 500 m dpl masih mampu tumbuh meski produksi kurang baik. 

Tanaman cabe dapat tumbuh optimal dengan produksi baik pula pada iklim sangat basah ( 0 - 1,5 bulan kering ). Juga pada daerah basah ( 1,5 - 3 bulan kering ), agak basah ( 3 - 4 bulan kering ) dan daerah sedang ( 4,5 - 6 bulan kering ).  

Untuk menanam cabe rawit memang harus mengenal lokasi tempat menanam dan disesuaikan dengan varietas cabenya. Kini banyak dijual varietas cabe sesuai ketinggian tempat. Rata-rata tanaman cabe menyukai suhu udara 25 - 30 derajat Celcius. Suhu optimal yang disukai adalah 25 - 28 derajat Celcius. 

Cabe rawit Carika benih berkualitas dari Tunas Agro Seed merupakan jemis cabe tumbuh menggantung. Rasa sangat pedas. Bentuk cabenya mengerucut. 

Tanaman cabe Carika tumbuh tegak, memiliki pertumbuhan yang cepat dan kuat. Keunggulan lainnya yaitu tanaman tahan penyakit patek ( Antraknosa ). 

Tanam cabe rawit sangat mudah asal ditanm sesuai syarat hidup tanaman. Bila dibandingkan dengan budidaya cabe besar lebih banyak beresiko.

Bila ditanam bersamaan dan serentak, hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabe besar cenderung menyerang ke lahan cabe rawit. Sehingga sebaiknya tidak menanam berdekatan dan bersamaan cabe merah besar dan cabe rawit. 

Tanam cabe rawit harus memperhatikan lokasi tanamnya harus sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri. Menentukan lokasi tanam cabe rawit harus terlebih dahulu ditentukan. Karena pada dasarnya tanaman dapat tumbuh baik bila syrat tumbuhnya terpenuhi. 


Baca Juga : Previcur-N Mengatasi Serangan Jamur pada Budidaya Cabai


Pohon Cabe Tumbuh Baik Sesuai Syarat Tumbuhnya


Tanam cabe rawit tumbuh baik pada dataran rendah hingga tinggi yaitu antara 300 - 2000 m dpl. Suhu ideal kebutuhan tanam cabe rawit yaitu 24 - 27 derajat Celcius. Kelembaban tanah pada lokasi tanam cabe rawit sebaiknya tidak terlalu tinggi. 

Tanam cabe rawit bisa dilakukan pada sawah bekas tanam padi atau tegalan. Kondisi tanah sebaiknya gembur, kaya akan unsurhara dan cukup persediaan air tanahnya. 

Tanaman cabe rawit membutuhkan sinar matahari sepanjang hari dan tidak menghendaki adanya naungan seperti pohon besar dan tinggi. Tanam cabe rawit menghendaki pH tanah netral berkisar 5 - 7. 

Setelah mendapatkan lokasi tepat dan sesuai syarat tumbuhnya maka pekerjaan pertama tanam cabe rawit adalah mengolah tanah. Tujuan pengolahan tanah adalah untuk menyiapkan tanah dan dibuat bedengan dimana nanti bibit cabe rawit Carika akan ditanam.  

Tahap-tahap pengolahan tanah antara lain : tanah digemburkan dengan cara dicangkul atau dibajak. Pengolahan tanah ini juga sekaligus membuang gulma dan sisa-sisa tanaman sebelumnya. Setelah tanah sudah digemburkan, biarkan selama beberapa hari.  

Untuk tanam cabe rawit di kebun luas, maka tanah harus dicek dulu nilai pH tanahnya. Bila pH <5 maka tanah terlalu asam dan berbahaya buat tanaman nantinya. Sehingga harus dinetralkan dulu dengan memberikan kapur Dolomit. 

Kemudian diamkan selama 1 minggu dan biarkan pH tanah akan menuju ke angka netral. Setelah 1 minggu pH tanah dicek lagi. Bila sudah netral dilanjutkan dengan pemberian pupuk dasar. Pupuk dasar tanam cabe rawit menggunakan pupuk kandang dosis 1 ton/ha. 

Setelah pupuk kandang diberikan, tanah dibiarkan selama 1 minggu. Tujuannya agar pupuk kandang meresap ke dalam tanah. 


Baca Juga : Semangka F1 Putri Delima


Cara Menanam Cabe Tahan Patek Benih Carika


tanam cabe rawit, benih carika, tunas agro, tanam cabe, cabai, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pelubang Mulsa

Bedengan tanam cabe rawit lebar sekitar 1 meter, tinggi 30 cm dan panjang disesuaikan kondisi lahan. Jarak antar bedengan dijadikan parit yaitu berjarak 50 - 80 cm. Setelah bedengan sudah jadi, tutup dengan mulsa plastik hitam perak. 

Lubang tanam dibuat menggunakan alat pelubang mulsa yang dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro. Jarak tanam tiap bedengan tanam cabe rawit yaitu 50 - 60 cm dan dibuat model zig-zag. Lalu bedengan didiamkan selama 1 minggu sambil menunggu bibit cabe siap ditanam di lahan tetap. 

Sebelum benih ditanam, harus disemaikan dulu menjadi bibit cabe. Persiapan menyemai benih adalah dalam polybag dan media tanam dari tanah, pupuk kandang dan sekam perbandingan 3 : 2 : 1. 

Agar terhindar dari serangan penyakit maka media tanam persemaian bisa disterilisasi. Cara sterilisasi yaitu media tanam dikukus atau dijemur dibawah terik matahari. Lalu media tanam didinginkan setelah itu dimasukkan ke wadah penyemaian terus disiram. 

Menyamai benih cabe rawit Carika dapat menggunakan polybag kecil, kantung plastik, gelas plastik atau tray semai. Toko pertanian LMGA Agro jual tray semai dengan beragam lubang tanam buat menyemai benih. 

Sebelum ditanam, benih Carika dapat direndam dalam air hangat sekitar 30 menit untuk mempercepat benih berkecambah. Dan agar tanaman terhindar serangan jamur, benih direndam dalam larutan fungisida selama 1 jam.. 

Kemudian setelah ditiriskan, benih diangin-anginkan di atas kertas koran. Tata benih dengan baik dan jangan sampai lengket satu sama lain. Agar kondisi media tetap lambab maka persemaian sebaiknya ditutup kertas koran atau daun pisang. 


Bibit Cabe Rawit Carika Siap Ditanam di Lahan Tetap


Selama menyemai benih, benih disiram air menggunakan sprayer. Benih nanti akan tumbuh dalam waktu 5 - 7 hari dan tidak perlu ditutup lagi. Hanya saja tempat persemaian dilindungi oleh penghalang dari paranet atau plastik anti UV. Yaitu untuk mengurangi panas sinar matahari dan melindungi dari hama. 

Bibit dipelihara dalam tempat persemaian sampai umur 20 - 30 hari dan memiliki daun 4 - 5 helai. Selanjutnya bibit sudah bisa dipindah ke lahan tetap karena bibit sudah cukup kuat dan mampu hidup di lahan. Bila Anda ingin menanamnya di polybag, bisa menggunakan polybag diameter 30 cm. 

Bila menggunakan polybag besar, tanam cabe rawit menggunakan media tanam dari tanah dicampur pupuk kandang ( 1 : 1 ). Media tanam harus diayak hingga halus lalu dicampur merata. Bila media terlalu padat, tambahkan sekam bakar secukupnya. 

Bibit cabe rawit ditanam sebaiknya sore hari agar dapat beradaptasi pada malam hari tanpa ada panasnya sinar matahari. Untuk di lahan kebun, usahakan menanam bibit selesai dalam satu hari agar serempak nanti pertumbuhannya. 

Setelah bibit ditanam, pemeliharaan difokuskan untuk perkembangan tanaman cabe Carika. Pemeliharaan tanam cabe rawit dilakukan secara disiplin. Mulai dari penyiraman, penyulaman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. 

Penyiraman dilakukan setiap hari bila tidak ada hujan. Penyulaman bibit mati atau sakit diganti bibit baru dan sehat. Maka dari itu, jumlah bibit harus dilebihkan sebanyak 10% dari jumlah tanaman di kebun. 

Penyiangan dilakukan sewaktu-waktu bila tampak gulma di sekitar tanaman. Bila bedengan tertutup mulsa plastik hitam perak, gulma tidak begitu banyak tumbuh. 

Pohon cabe mencapai tinggi 15 - 25 cm, adanya tunas samping atau sebagian daun harus dipangkas atau dihilangkan agar tidak terlalu lembab. Pemangkasan ini bertujuan agar air percikan saat penyiraman dan dari hujan tidak menempel ke tanaman. 


Baca Juga : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Air oleh Tanaman


Pemeliharaan Bibit Tanam Cabe Rawit Carika


tanam cabe rawit, benih carika, budidaya cabe, cabai, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pohon Cabe Rawit

Selama menyemai benih, benih disiram air menggunakan sprayer. Benih nanti akan tumbuh dalam waktu 5 - 7 hari dan tidak perlu ditutup lagi. Hanya saja tempat persemaian dilindungi oleh penghalang dari paranet atau plastik anti UV. Yaitu untuk mengurangi panas sinar matahari dan melindungi dari hama. 

Bibit dipelihara dalam tempat persemaian sampai umur 20 - 30 hari dan memiliki daun 4 - 5 helai. Selanjutnya bibit sudah bisa dipindah ke lahan tetap karena bibit sudah cukup kuat dan mampu hidup di lahan. Bila Anda ingin menanamnya di polybag, bisa menggunakan polybag diameter 30 cm. 

Bila menggunakan polybag besar, tanam cabe rawit menggunakan media tanam dari tanah dicampur pupuk kandang ( 1 : 1 ). Media tanam harus diayak hingga halus lalu dicampur merata. Bila media terlalu padat, tambahkan sekam bakar secukupnya. 

Bibit cabe rawit ditanam sebaiknya sore hari agar dapat beradaptasi pada malam hari tanpa ada panasnya sinar matahari. Untuk di lahan kebun, usahakan menanam bibit selesai dalam satu hari agar serempak nanti pertumbuhannya. 

Setelah bibit ditanam, pemeliharaan difokuskan untuk perkembangan tanaman cabe Carika. Pemeliharaan tanam cabe rawit dilakukan secara disiplin. Mulai dari penyiraman, penyulaman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. 

Penyiraman dilakukan setiap hari bila tidak ada hujan. Penyulaman bibit mati atau sakit diganti bibit baru dan sehat. Maka dari itu, jumlah bibit harus dilebihkan sebanyak 10% dari jumlah tanaman di kebun. 

Penyiangan dilakukan sewaktu-waktu bila tampak gulma di sekitar tanaman. Bila bedengan tertutup mulsa plastik hitam perak, gulma tidak begitu banyak tumbuh. 


Pemupukan Tanam Cabe Rawit Carika


Pohon cabe mencapai tinggi 15 - 25 cm, adanya tunas samping atau sebagian daun harus dipangkas atau dihilangkan agar tidak terlalu lembab. Pemangkasan ini bertujuan agar air percikan saat penyiraman dan dari hujan tidak menempel ke tanaman. 

Pemangkasan membuat pohon cabe lebuh kuat dan kokoh, pertumbuhan bagian atas lebih bagus dansirkulasi udara lebih lancar. Pemasangan ajir untuk menahan tegaknya pohon cabe terutama nanti saat buah cabe sudah mulai tumbuh. 

Pemupukan cabe setelah bibit ditanam yaitu umur 1 bulan menggunakan pupuk NPK. Pupuk diberikan dengan cara kocor dan diberikan sebanyak 1 gelas aqua. Interval pemupukan cabe rawit 10 hari sekali. 

Pemupukan cabe rawit menggunakan pupuk NPK 15-15-15. Hal tersebut karena pupuk NPK 15-15-15 mampu merangsang pertumbuhan buah dan daun cabe rawit Carika. Bisa juga menggunakan NPK 16 - 16-16 dikocorkan dalam 1 liter air. 

Masukkan sebanyak 1 sendok makan pupuk dalam 1 liter air dan aduk hingga larut. Cara mengocorkan pupuk ke tanaman cabe tidak dibenarkan kena batang cabe karena bisa menyebabkan tanaman stres. Bila tanaman stres, bunganya akan rontok dan daun menjadi layu. 

Tanam cabe rawit tak lepas dari serangan hama dan penyakit. hama tanam cabe rawit antara lain : ulat tanah, ulat grayak, ulat buah,kutu daun, thrips dan tungau. 

Serangan penyakit saat tanam cabe rawit biasanya adalah virus kuning, busuk buah antraknosa, layu fusarium dan bakteri serta bercak daun. Pengendalian hama dan penyakit menggunakan prinsip terpadu yaitu memilih benih sehat hingga pemeliharaan yang tepat. 


Panen dan Pasca Panen Tanam Cabe Rawit

Panen cabe rawit dilakukan saat tanaman cabe umur 80 - 90 hari setelah tanam. Pemetikan buah cabe dilakukan saat cuaca cerah. Panen cabe rawit dilakukan seminggu sekali. Jika tanam cabe rawit dilakukan dengan baik dan benar biasanya pohon cabe mampu berproduksi sampai 3 tahun.  

Tanam cabe rawit termasuk tanaman berumur panjang atau menahun. Tanaman cabe hidup lama 2 - 3 tahun bila dipelihara baik dan mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhannya. Tanam cabe rawit tidak berbeda dengan jenis cabe lainnya. 

Perbedaan tanam cabe rawit hanya pada jarak tanam dan pemupukannya. Karena umur tanaman cabe rawit panjang maka dosis pemupukannya lebih banyak. Setiap selesai panen, tanaman cabe rawit harus diberi pupuk lagi agar tanaman tetap berproduksi optimal. 

Demikian artikel Kami judul : Tanam Cabe Rawit Carika Cabai Tahan Patek Tunas Agro Seed. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan untuk bercocok tanam antara lain seperti tanam cabe rawit. 

Jual benih cabe rawit Carika produk Tunas Agro Seed berkualitas. Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi pertanian secara gratis. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersma jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami dapat membantu cara tanam cabe rawit. Agar tanam cabe rawit berhasil maka gunakan benih berkualitas cabe rawit Carika Tunas Agro. Cabe rawit Carika dapat tumbuh di dataran rendah hingga tinggi dan tumbuh di segala jenis tanah. 

Tanam cabe rawit Carika dapat Anda usahakan sebagai usaha rumahan ditanam di halaman rumah. Juga dapat ditanam di kebun luas untuk dibudidayakan dan jual ke pasar. Selamat mencoba dan salam sukses...  


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.