TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/07/21

Jarak Tanam Pepaya Benih Unggulan Bangkok Cap Bunga Matahari

jarak tanam pepaya, pepaya bangkok, manfaat pepaya, benih cap bunga matahari, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pepaya Bangkok
Cap Bunga Matahari
Jarak Tanam Pepaya Benih Unggulan Bangkok Cap Bunga Matahari. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih bibit pepaya Bangkok unggulan cap Bunga Matahari. Jarak tanam pepaya faktor penting dalam budidaya pepaya. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan untuk budidaya tanaman. Tersedia benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis tentang seputar budidaya pepaya, jarak tanam pepaya dan permasalahan di lapangan. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerjasama peluang usaha sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Budidaya pepaya benih unggulan Bangkok cap Bunga Matahari kini banyak diminati petani. Manfaat pepaya sangat baik untuk kesehatan sehingga buah pepaya laris manis di pasaran. Cara menanam pepaya tidak sulit asal kebutuhan tanaman selalu diperhatikan. 

Jarak tanam pepaya menentukan pertumbuhan dan perkembangan pohon pepaya. Jarak tanam tepat akan memudahkan perawatan tanaman. Selain itu intensitas sinar matahari dapat diterima tanaman secara optimal. 

Termasuk jarak tanam pepaya menentukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Jarak tanam pepaya Bangkok yeng tepat akan panen tepat waktu yaitu umur 9 bulam setelah tanam. 

Buah pepaya ( Carica papaya L ) Bangkok menghasilkan buah berkualitas baik seperti rasa manis, buah lebat dan bobot rata-rata 3 - 4 kg per buah. Pohon pepaya dengan jarak tanam pepaya yang tepat akan tumbuh subur dan sehat. 


Pepaya Bangkok Benih Unggulan Cap Bunga Matahari


Jenis pepaya benih unggulan Bangkok cap Bunga Matahari merupakan varietas buah pepaya berukuran besar dan rasa buah pepaya yang manis. Jenis pepaya Bangkok memiliki pertumbuhan cepat.  

Pohon pepaya Bangkok cap Bunga Matahari umur panen 9 bulan setelah tanam. Pohon pepaya Bangkok mampu menghasilkan buah dengan bobot rata-rata 3 - 4 kg per buah.   

Peluang usaha menguntungkan bila budidaya pohon pepaya Bangkok di lahan kosong cepat untung. Masa budidaya pepaya satu tahun sekali dan saat panen nanti berulang-ulang tiap 10 hari sekali. Pasti berbeda dengan budidaya kayu jati yang panennya menunggu puluhan tahun. 

Bila memiliki lahan kosong dekat rumah Anda, dapat dimanfaatkan untuk budidaya pepaya. Daripada ditanam pohon buah-buahan dimana panennya setelah 10 tahun maka lebih baik ditanam pohon pepaya. 

Menanam pohon pepaya banyak sekali manfaatnya. Selain kita mendapatkan manfaat buah pepaya, juga nanti dapat merasakan manfaat daun pepaya juga sangat hebat. Cara menanam pepaya Bangkok mudah dan menerapkan jarak tanam pepaya secara tepat. 

Kualitas buah pepaya Bangkok banyak disukai konsumennya karena rasa daging buahnya manis. Ukuran buah besar sehingga berpotensi menghasilkan untung besar bagi petani penanamnya. 

Buah pepaya Bangkok juga dikenal dengan pepaya Thailand. Pepaya jenis Thailand memiliki rasa dan ketahanan buah cukup baik. Daging buah berwarna jingga kemerahan dan tekstur kulit buah keras membuatnya tahan selama perjalanan jarak jauh. 

Peminat buah pepaya Bangkok sangat banyak. Karenanya pepaya Bangkok tidak hanya mudah ditemui di pasar tradisional namun juga mudah ditemui di supernarket atau swalayan modern. 


Peluang Usaha Menanam Pepaya Bangkok


jarak tanam pepaya, pepaya bangkok, manfaat pepaya, pohon pepaya, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pohon Pepaya 
Jenis pepaya Bangkok banyak disukai masyarakat. Selain enak dimakan langsung juga banyak pabrik industri kosmetik memanfaatkan buah pepaya sebagai bahannya. 

Jenis pepaya lain juga diminati masyarakat adalah pepaya California. Namun pepaya Bangkok punya penggemar tersendiri meski hadir jenis pepaya California. 

Budidaya pepaya Thailand atau Bangkok ini cocok di dataran rendah hingga dataran tinggi. Yaitu tepatnya mulai 700 - 1000 m dpl. Curah hujan disukai yaitu antara 1000 - 2000 mm/tahun. Suhu maksimal ideal adalah 22 - 26 derajat Celcius. 

Kelembaban udara sekitar 40% dan menyukai hembusan angin sedang untuk membantu proses penyerbukan berjalan baik. Cara menanam pepaya sebaiknya pada jenis tanah subur, gembur dan banyak mengandung humus. Jarak tanam pepaya menyukai tanah yang mampu menahan banyak air. 

Benih pepaya Bangkok cap Bunga Matahari berkualitas dan unggulan. Benih mempunyai daya pertumbuhan tinggi dan menghasilkan panen tinggi. Jarak tanam pepaya seluas 1 hektar membutuhkan benih sebanyak 60 gram. 

Jumlah tanaman dalam satu hektar sekitar 2000 pohon pepaya. Sebelum ditanam, benih pepaya Bangkok disemaikan dulu dalam polybag berukuran 20 x 15 cm. Media tanam untuk menyemai adalah tanah sudah diayak sebanyak 2 ember dan dicampur pupuk kandang 1 ember. 

Pupuk kandang harus sudah matang dan diayak dulu baru dicampurkan tanah. Setelah tercampur merata, selanjutnya bisa untuk media menyemai benih pepaya. 

Teknik menyemai yaitu benih dibenamkan sedalam 1 cm lalu tutup dengan tanah. Penyiraman benih setiap hari dengan hati-hati karena masih belum berkecambah. Benih akan berkecambah setelah 12 - 15 hari ditanam. 

Bibit umur 45 - 60 hari setelah tanam dan tinggi 15 - 20 cm sudah dapat dipindah ke lahan tetap. Penanaman bibit lebih baik bila dilakukan di permulaan musim hujan. 


Baca Juga : Melon F1 Glamour Bernilai Ekonomis Tinggi


Cara Menanam Pepaya dengan Jarak Tanam Pepaya yang Benar 


Persiapan lahan yaitu tanah dibersihkan dari gulma, sampah dan batu-batuan. Bila tanah masih keras maka harus digemburkan dulu dengan cara dicangkul atau menggunakan alat bajak. 

Selanjutnya persiapan tanam yaitu membuat bedengan menanam pepaya. Ukuran bedengan yaitu lebar 2 - 2,5 meter, tinggi 20 - 30 cm dan panjang bedengan sesuai luas lahan. 

Jarak antar bedengan 60 cm. Ukuran lubang tanam di permukaan bedengan adalah 50 x 50 x 40 cm. Jarak tanam pepaya dianjurkan adalah 2 x 2,5 meter. Atau jarak tanam pepaya juga bisa 2,5 x 2,75 meter. Populasi tanaman per hektar sekitar 1200 pohon pepaya. 

Bila dicek pH tanah kurang dari 5 maka selain pupuk kandang juga tambah kapur Dolomit sebanyak 1 kg dan biarkan tanah selama 1 - 2 minggu. Setelah tanah kering, bisa diberikan pupuk kandang. 

Persiapan penanaman bibit yaitu masukkan pupuk pada lubang tanam. Biarkan selama 2 - 3 hari sampai pupuk mengendap. Setelah bibit siap dipindah maka dapat segera ditanam di lubang tanamnya. 

Jarak tanam pepaya hendaknya disesuaikan dengan luas lahan. Luas lahan menanam pepaya kurang dari 1 hektar, jarak tanam pepaya 2 x 2 meter. Luas lahan 1 - 1,5 hektar, jarak tanam pepaya 2 x 2,5 meter. Dan lebih dari 2 hektar, jarak tanam pepaya 3 x 3 meter. 

Jumlah lubang tanam disesuaikan jarak tanam pepaya dan ukuran dari lubang tanam pepaya adalah 50 x 50 x 40 cm. Pembuatan lubang tanam jarak tanam pepaya dilakukan tidak di musim hujan. Pisahkan tanah lapisan atas dan tanah lapisan bawah. Biarkan lubang tanam terbuka 1 - 2 minggu. 

Pemeliharaan tanaman pepaya meliputi penyulaman, penyiangan, penggemburan, pemupukan dan penyiraman. Pemupukan tanaman pepaya menggunakan 50 gram ZA, 25 gram Urea, 50 gram TSP dan 25 gram KCl. Pupuk dicampur lalu ditaburkan mengelilingi tanaman pepaya. Pemupukan setiap bulan sekali dan dosis ditambah secara berkala.  


Baca Juga : Pengaturan Jarak Tanam Bagi Pertumbuhan


Jarak Tanam Pepaya dan Pengaruhnya Bagi Tanaman


Jarak tanam pepaya dapat mempengaruhi hasil. Karenanya penting sekali jarak tanam pepaya diperhatikan dengan tepat dan tidak sembarangan. 

Jarak tanam pepaya menentukan populasi pohon pepaya yang ditanam. Jumlah populasi berbeda menentukan pertumbuhan dan perkembangan berbeda pula. 

Jarak tanam pepaya ditentukan bertujuan untuk memanfaatkan cahaya seefektif mungkin. Penyebaran unsur hara juga dipengaruhi jarak tanam pepaya. Jarak tanam pepaya semakin rapat, populasi juga semakin banyak maka sedikit intensitas cahaya matahari yang diterima tanaman. 

Tingkat kompetisi antar tanaman juga semakin tinggi bila jarak tanam pepaya rapat. Tujuan pengaturan jarak tanam pepaya adalah untuk mendapatkan ruang tumbuh optimal bagi pertumbuhan tanaman. 

Jarak tanam pepaya diatur sebaik mungkin untuk meminimalisir terjadinya persaingan antar tanaman terhadap unsur hara dan sinar matahari. Dari jarak tanam pepaya pula, dapat diketahui kebutuhan benihnya. 

Jarak tanam pepaya bila tepat dapat mempermudah perawatan tanaman seperti peyiangan, penggemburan dan pemupukan.  Rekomendasi jarak tanam ideal disesuaikan jenis tanaman, kondisi iklim dan tingkat kandungan hara dalam tanah. 

Budidaya tanaman pepaya biasanya dihadapkan pada hama dan penyakit yang biasa menyerangnya. Hama kutu Aphid dan tungau paling sering menyerang tanaman pepaya Bangkok. 

Jarak tanam pepaya tepat memudahkan dalam mengontrol pertumbuhan tanaman. Termasuk ada tidaknya serangan hama dan penyakit. Dengan jarak tanam pepaya lebar memudahkan mengamati kondisi tanaman satu per satu.  

Usaha pengendalian serangan hama dan penyakit adalah dengan melakukan perawatan sebaik mungkin, menjaga drainase air dan kebersihan kebun. Sebaiknya tidak menanam pepaya di lahan bekas menanam pepaya juga. 


Baca Juga : Tomat Optima Buah Besar dan Tahan Virus di Dataran Tinggi 


Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan


jarak tanam pepaya, pepaya bangkok, manfaat buah pepaya, manfaat daun pepaya, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Buah Pepaya 
Manfaat buah pepaya mengandung vitamin C dan likopen berkhasiat mengurangi resiko penyakit jantung. Antioksidan manfaat buah pepaya dapat meningkatkan efek kolesterol baik ( HDL ) dalam tubuh. 

Mangkonsumsi buah pepaya boleh setiap hari karena bila dimakan rutin, banyak manfaat buah pepaya akan Anda dapat. Banyak kebaikan bagi tubuh bila pepaya rutin dikonsumsi mulai menjaga kesehatan kulit hingga jantung. 

Kandungan nutrisi dalam buah pepaya antara lain vitamin A, B, C, E dan K. Buah pepaya juga mengandung serat, kalsium, potasium, folat, magnesium dan tentunya antioksidan likopen. 

Masyarakat hanya mengenal buah pepaya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Padahal selain itu, manfaat buah pepaya juga untuk :

- Menjaga Kesehatan Mata

Karena khasiat pepaya mengandung vitamin A sehingga dapat membantu menurunkan resiko gangguan penglihatan berkaitan dengan bertambahnya usia. 

- Memelihara Kesehatan Rambut dan Kuku

Buah pepaya kaya kandungan vitamin dan mineral diyakini dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kuku. Rambut menjadi sehat, tidak mudah rontok dan kuku tidak gampang patah. 

- Menyembuhkan Kulit Terbakar Karena Paparan Sinar Matahari

Likopen terkandung dalam manfaat buah pepaya dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit. Likopen adalah sejenis antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menangkal radikal bebas. Likopen mampu mengurangi kulit iritasi atau kemerahan karena terbakar sinar matahari. 

- Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A, C dan E buah pepaya penting bagi tubuh karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila tubuh kita kebal, maka tidak mudah sakit dan terhindar penyakit infeksi seperti pilek dan influenza. 


Baca Juga : Pentingnya Pengendalian Gulma Terhadap Pertumbuhan Tanaman


Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh


- Mengobati Penyakit Demam Berdarah

Selain buahnya, daun pepaya juga memiliki manfaat yang tak kalah hebat dengan buahnya. Selama ini manfaat daun pepaya digunakan menyembuhkan penyakit demam dengue atau demam berdarah dengue ( DBD ). 

Manfaat daun pepaya diyakini dapat meningkatkan trombosit darah dengan cepat. Demam berdarah adalah suatu penyakit akibat virus yang dibawa oleh nyamuk. 

Penyakit DBD menyebabkan penurunan trombosit dalam darah sehingga resiko terjadinya pendarahan tinggi. Pengobatan menggunakan manfaat daun pepaya tidak memiliki efek samping apapun. 

- Sebagai Pengontrol Gula Darah

Manfaat daun pepaya digunakan dalam terapi alami penderita diabetes. Manfaat daun pepaya memiliki efek antioksidan dan mampu menurunkan gula darah dengan cepat. Manfaat daun pepaya mampu melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan organ tubuh. 

- Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat rebusan daun pepaya digunakan dalam terapi alternatif untuk meredakan gejala pencernaan dan rasa tidak nyaman pada perut seperti kembung dan mulas. Manfaat daun pepaya mengandung serat bernama papain berfungsi memperbaiki gangguan pada pencernaan. Papain mampu memecah protein besar menjadi protein dan asam amino lebih kecil dan lebih mudah dicerna. 

- Daun Pepaya Mengandung Efek Anti-Inflamasi

Olahan daun pepaya mampu menyembuhkan gangguan peradangan internal dan eksternal seperti ruam kulit, nyeri otot dan nyeri sendi. Manfaat daun pepaya mengandung senyawa papain, flavonoid dan vitamin E berfungsi sebagai anti-inflamasi. 

- Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Rambut

Saat kondisi sedang stress, rambut seringkali mengalami kerontokan. Sehingga saat demikian, tubuh membutuhkan makanan kaya antioksidan untuk membantu mengurangi stres. 

Daun pepaya kaya antioksidan mampu mengatasi stres sehingga memulihkan kesehatan rambut. Manfaat daun pepaya juga mengandung antioksidan flavonoid dan vitamin E yang baik untuk pertumbuhan rambut.   


Jarak Tanam Pepaya Menentukan Hasil Panen


Panen adalah saat paling ditunggu-tunggu dalam budidaya tanaman juga pada budidaya pepaya Bangkok ini. Panen pepaya Bangkok bisa dipanen umur 9 - 12 bulan. Kondisi kulit buah berwarna mulai menguning. 

Cara panen buah pepaya menggunakan songgok terbuat dari bambu dan ujungnya ada keranjang untuk menangkap buah saat dipetik. Keranjang akan menahan buah agar tidak jatuh. Panen buah pepaya dilakukan tiap 10 hari sekali.

Buah pepaya merupakan buah asli daerah tropis dan dipercaya berasal dari benua Amerika. Kemudian menyebar ke seluruh negara di belahan bumi ini. 

Cara menanam pepaya dapat dilakukan hingga ketinggian 1000 m dpl namun ketinggian optimal jarak tanam pepaya adalah di ketinggian 50 - 700 m dpl. Jarak tanam pepaya dapat hidup dan berbuah di daerah kering namun harus rutin melakukan penyiraman.  

Jarak tanam pepaya menyukai drainase yang baik karena genangan air akan menyebabkan akar menjadi busuk. Jarak tanam pepaya menghendaki tanah gembur dan porositas baik dengan pH tanah sekitar 6 - 7. 

Tanaman pepaya merupakan tanaman perdu dengan tinggi hingga 3 meter. Batang pohon pepaya berongga dengan jaringan lunak dan berair. Akar pohon pepaya berakar tunggang. Akar samping lunak dan pertumbuhan akarnya dangkal dan sedikit lemah. 

Demikian artikel Kami judul : Jarak Tanam Pepaya Benih Unggulan Bangkok Cap Bunga Matahari. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih pepaya unggulan Bangkok cap Bunga Matahari. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian dan permasalahnnya. Kami siap kirim pesanan ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa ekspedisi barang JNE, Ki8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat tentang jarak tanam pepaya dengan menanam benih unggulan pepaya Bangkok cap Bunga Matahari. Selamat memcoba budidaya pepaya Bangkok dan salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.